forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 20

menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,? terimakasih..

silahkan dijawab: 

In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ayu Indah Wulandari -
Nama : Ayu Indah Wulandari
NPM : 1913053012
No. Absen : 06

Izin memberikan pendapat bu
Menurut saya, cara menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media belajar yang sesuai di kelas rendah yaitu dengan mendesain media tersebut semenarik mungkin, karena semakin menarik tampilan media yang digunakan, maka akan membuat perhatian siswa tertuju kepada pembelajaran yang dilakukan, sehingga siswa lebih berminat dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Selain itu, dalam penggunaan medianya, sebisa mungkin libatkan siswa dalam pelaksanaannya. Ajak siswa untuk berinteraksi dengan menyenangkan atau bisa diselingi dengan permainan. Dan juga buatlah media yang sesuai dengan materi pelajaran dan tujuan yang akan dicapai, sehingga media tersebut tidak membingungkan siswa, dengan begitu materi pelajaran pun dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dina Yestiliana 1913053108 -
Nama: Dina Yestiliana
NPM: 1913053108
No. Absen: 08

Izin menjawab, salah satu upaya atau cara pendidik untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang baik dan benar serta kreatif dan menarik. Penggunaan media pembelajaran juga dapat menjadikan proses pembelajaran terasa manfaatnya dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna yang berarti materi pada pembelajaran tersebut akan mudah diingat oleh peserta didik. Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan minat dan juga motivasi belajar peserta didik sekolah dasar khususnya di kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum mampu berpikir yang abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/konkret. Peserta didik sekolah dasar pada kelas rendah cenderung memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi, mereka lebih suka dengan hal-hal baru, unik dan juga menyenangkan. Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelas rendah misalnya permainan, media pembelajaran interaktif dan media lainnya. Dalam menggunakan media pembelajaran pada kelas rendah pendidik dapat menggunakan media pembelajaran yang memiliki bentuk ataupun model kreatif sehingga peserta didik lebih tertarik untuk mengetahui materi yang disampaikan melalui perantara media tersebut. Dengan adanya pendidik menggunakan media pembelajaran yang kreatif, menarik dan juga menyenangkan maka peserta didik akan memiliki tingkat antusias belajar yang tinggi dan akan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik pada proses pembelajaran. Selain itu pendidik juga dituntut untuk lebih kreatif serta lebih mengembangkan penggunaan media pembelajaran agar peserta didik juga tidak merasa bosan ketika pada saat pembelajaran pendidik menggunakan media pembelajaran yang sama. Pendidik harus mengembangkan media pembelajaran sehingga hal ini juga dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam mengembangkan media pembelajaran pendidik harus mengetahui karakteristik peserta didik di kelas, kebutuhan dan tujuan pembelajaran apa yang ingin dicapai pada proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini selain dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik juga dapat memperjelas materi atau informasi yang pendidik berikan sehingga dapat berpengaruh juga terhadap hasil belajar peserta didik di kelas. Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Fahiratu Sania -
Nama: fahiratu sania
Npm: 1913053074

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar dan berfungi untuk membantu dalam menyampaikan pesan kepada siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Dengan media pembelajaran maka kualitas belajar menjadi meningkat karena tidak hanya guru yang aktif memberikan materi kepada siswa tetapi siswa juga dapat aktif di dalam kelas dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih muudah mnerima materi yang disampaikan oleh guru.
Ada beberapa hal yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan adanya media pembelajaran:
1) Proses belajar mengajar yang mudah dan menarik
Dengan adanya media pembelajaran, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran menjadi menarik dan mudah dimengerti oleh siswa. Sehingga siswa dapat mengerti dan memahami pelajaran dengan mudah.
2) Efisiensi proses belajar
Siswa yang belajar dengan menggunakan media maka
belajar menjadi lebih efisien karena sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru memberikan materi bisa lebih berurutan dengan memberikan materi yang lebih mudah terlebih dahulu.
3) membuat konsentrasi belajar siswa
Media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan
kebutuhan siswa maka dapat membantu konsentrasi belajar siswa di dalam kelas dalam menerima materi yang diberikan oleh guru. Siswa tidak merasa bosan berada di dalam kelas dalam menerima materi yang di berikan guru karena dengan menampilkan media pembelajaran maka siswa menjadi senang berada di dalam kelas untuk belajar dengan baik.
4) Meningkatkan motivasi belajar siswa
Media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa sehingga ketika guru menyampaikan materi di dalam kelas maka perhatian siswa terhadap pelajaran dapat meningkat. Guru dapat menampilkan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa sebelum pembelajaran di mulai.
5) Memberikan pengalaman menyeluruh dalam belajar
Dalam proses pembelajaran, siswa bukan hanya memahami hal absrak yang di sampaikan guru tetapi siswa juga harus memahami secara nyata dari materi tersebut. Guru menggunakan media pembelajaran untuk membantu siswa supaya mempunyai lebih mengerti materi secara keseluruhan. Sehingga guru daan siswa mempunyai pengalaman yang
sama dalam belajar.
6) Siswa terlibat dalam proses pembelajaran
Supaya proses pembelajaran di dalam kelas berlangsung dengan baik, bukan hanya guru yang terlibat aktif di dalam kelas tetapi siswa juga aktif mengikuti dan terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa bukan hanya sebagai objek tetapi menjadi subjek dalam kegiatan belajar. Maka siswa memiliki kesempatan melakukan kreativitas dan mengembangkan potensi yang dimiliki melalui aktivitas dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Andini Pratiwi -
Nama : Andini Pratiwi
NPM : 1913053061
Absen : 04

Izin menjawab ibu,
Menurut saya, ada beberapa cara untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah, yaitu :
1. Menciptakan media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Jika menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video belajar dengan animasi untuk membantu penjelasan yang disampaikan.
2. Menentukan dan memilih media yang terbaik dalam proses belajar mengajar serta berkaitan dengan materi pembelajaran.
3. Sebelum memulai pembelajaran dengan media, harus menciptakan suasana kelas yang kondusif terlebih dahulu. Karena kelas yang aman umumnya akan membuat siswa merasa didukung untuk berusaha. Hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar secara tidak langsung. Apabila siswa belajar di suatu kelas yang kondusif, maka siswa cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar.
4. Meningkatkan kualitas guru dalam merancang media pembelajaran. Agar penyampaian materi menggunakan media dapat tersampaikan dengan jelas.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Najoya dolok saribu 1953053012 -

Nama : Najoya Dolok Saribu

NPM : 1953053012 

No absen : 22

Izin menanggapi,

Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Melalui berbagai metode dan media pembelajaran, pembelajar akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa, tentu saja media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan. ada beberap cara meningkatkannya motivasi belajar siswa yaitu  sebagai berikut : 

1. Menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kebosanan siswa saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Jika siswa sudah mulai bosan dengan materi yang disampaikan. 

2. Menjadikan siswa sebagai peserta didik yang aktif cara selanjutnya adalah dengan membuat siswa menjadi aktif di kelas. Keaktifan siswa bisa mendorong dirinya untuk terus belajar dan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan.  

3. Memanfaatkan media seoptimal mungkin ,Guru bisa memanfaatkan media sebagai cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui media, siswa bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Adapun contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar.

4. Menciptakan kompetisi Kompetisi atau persaingan yang terjadi selama pembelajaran, ternyata bisa menumbuhkan motivasi tersendiri bagi siswa. Melalui kompetisi, mereka akan saling membuktikan bahwa merekalah yang terbaik.

5. Sampaikan motivasi secara langsung Salah satu cara meningkatkan motivasi siswa adalah dengan memberinya motivasi. contohnya memberi siswa motivasi secara langsung, yaitu dengan menceritakan kisah sukses Bapak/Ibu atau tokoh-tokoh lain. 

In reply to First post

Re: forum diskusi

by Elsa Apriliasari -
Nama : Elsa Apriliasari
NPM : 1913053008
Absen : 10

Izin menjawab,
Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar dan berfungi untuk membantu dalam menyampaikan pesan kepada siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Dengan media pembelajaran maka kualitas belajar menjadi meningkat karena tidak hanya guru yang aktif memberikan materi kepada siswa tetapi siswa juga dapat aktif di dalam kelas dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru.
Menurut saya cara yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar yaitu dengan cara membuat media belajar semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian anak, selain itu dengan mengembangkan media pembelajaran tidak hanya mengandung unsur artistic saja akan tetapi memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan gairah siswa untuk belajar. Menentukan dan memilih media yang terbaik dalam proses belajar mengajar serta berkaitan dengan materi pembelajaran. Sebelum memulai pembelajaran dengan media, harus menciptakan suasana kelas yang kondusif terlebih dahulu. Kemudian peningkatan kualitas guru dalam merancang media pembelajaran. Agar penyampaian materi menggunakan media dapat tersampaikan dengan jelas.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Indah Rahayu 1953053018 -
Nama : Indah Rahayu
Npm : 1953053018
Absen : 15

Izin menjawab
Seperti yang kita ketahui bahwa Media pembelajaran adalah adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Salah satu manfaat yang didapatkan jika menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar.Pada dasarnya motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan,
menggarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan
sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.

Untuk anak-anak kelas rendah yang karakteristik nya masih senang bermain, sulit untuk memahami materi,bahkan sering kali peserta didik kelas rendah tidak memperhatikan penjelasan dari guru ,oleh karena itu diperlukannya motivasi belajar agar anak mau untuk fokus belajar caranya dengan menggunakan media pembelajaran untuk anak kelas rendah seperti media visual berupa power point,media audio berupa video,atau media realis berupa benda nyata.

Cara menumbuhkan motivasi belajar dengan media tersebut adalah dengan mencari dan membuat media yang baik,benar,serta menarik.

Cara memilih media yang baik dan benar yaitu dengan memperhatikan hal hal berikut:
- Memenuhi harapan kurikulum – tematik.
-Sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa.Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Kenali gaya belajar mereka (dominan audial, visual, atau kinestetik). Pilih media yang sesuai dengan gaya belajar mereka.
-Otentik. Media pembelajaran bersifat konkret, tidak abstrak. Menggunakan kursi dalam bentuk aslinya lebih baik daripada menunjukkan gambar kursi di kelas 1 sampai 3 SD.
-Praktis dan Fungsional. Prinsip utama penggunaan media adalah untuk mengefektifkan pembelajaran dalam menggunakan waktu sehingga dalam waktu yang singkat murid dapat belajar banyak hal. Penggunaan media yang malah menghabiskan waktu, sebaiknya dihindari.
-Menarik minat. Guru perlu mengenali minat murid mereka pada bacaan jenis apa, makanan apa, mainan apa, dan semacamnya. Dengan mengenali minat mereka, guru dapat memilih media yang menarik minat itu.

-Selain memilih media yang menarik minat,guru juga perlu mendesain media pembelajaran tersebut semenarik mungkin.agar siswa dapat tertarik sehingga termotivasi untuk belajar.

Dengan menggunakan media yang baik,benar Serta menarik hal tersebut akan menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Laila Fitriani -
Nama : Laila Fitriani
Npm : 1913053060

Izin menjawab
Media pembelajaran memiliki tiga fungsi utama , yaitu untuk memotivasi minat, memberikan informasi, dan memberikan petunjuk. Adapun damak positif menurut Kemp dan Dayton dalam pembelajaran adalah, penyampaian pembelajaran akan menjadi lebih baku, pembelajaran bias lebih menarik, pembelajaran menjadi lebih interaktif, hemat waktu, kualitas belajar meningkat, pembelajaran dapat dilakukan kapan dan dimanapun diinginka, dan meringankan beban guru, (Putri : 2017). Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan suatu alat/media yang dapat menunjang proses belajar siswa untuk lebih memahami pesan yang disampaikan oleh guru. Sehingganya media pembelajaran memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Beberapa manfaat menggunakan media pembelajaran yaitu sebagai berikut.
a. Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
b. Metode mengajar akan semakin bervariasi, tidak hanya monoton.
c. Bahan pengajaran akan akan lebih jelas maknanya, sehingga akan lebih mudah dipahami oleh siswa. Media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga ketika guru menyampaikan materi di
dalam kelas maka perhatian siswa terhadap pelajaran dapat meningkat. Guru dapat menampilkan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa sebelum pembelajaran di mulai.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ketut cahya permata -
Nama: ketut cahya permata
Npm: 1953053016
Absen: 17
Izin menjawab
Seperti yang kita ketahui bahwa Media pembelajaran adalah adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Salah satu manfaat yang didapatkan jika menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar.Pada dasarnya motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, menggarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.

Untuk anak-anak kelas rendah yang karakteristik nya masih senang bermain, sulit untuk memahami materi,bahkan sering kali peserta didik kelas rendah tidak memperhatikan penjelasan dari guru ,oleh karena itu diperlukannya motivasi belajar agar anak mau untuk fokus belajar caranya dengan menggunakan media pembelajaran untuk anak kelas rendah seperti media visual berupa power point,media audio berupa video,atau media realis berupa benda nyata.

Cara menumbuhkan motivasi belajar dengan media tersebut adalah dengan mencari dan membuat media yang baik,benar,serta menarik.

Cara memilih media yang baik dan benar yaitu dengan memperhatikan hal hal berikut:
1. Memenuhi harapan kurikulum – tematik.
2. Sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa.Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Kenali gaya belajar mereka (dominan audial, visual, atau kinestetik). Pilih media yang sesuai dengan gaya belajar mereka.
3. Otentik. Media pembelajaran bersifat konkret, tidak abstrak. Menggunakan kursi dalam bentuk aslinya lebih baik daripada menunjukkan gambar kursi di kelas 1 sampai 3 SD.
4. Praktis dan Fungsional. Prinsip utama penggunaan media adalah untuk mengefektifkan pembelajaran dalam menggunakan waktu sehingga dalam waktu yang singkat murid dapat belajar banyak hal. Penggunaan media yang malah menghabiskan waktu, sebaiknya dihindari.
5. Menarik minat. Guru perlu mengenali minat murid mereka pada bacaan jenis apa, makanan apa, mainan apa, dan semacamnya. Dengan mengenali minat mereka, guru dapat memilih media yang menarik minat itu.

6. Selain memilih media yang menarik minat,guru juga perlu mendesain media pembelajaran tersebut semenarik mungkin.agar siswa dapat tertarik sehingga termotivasi untuk belajar.

Dengan menggunakan media yang baik,benar Serta menarik hal tersebut akan menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Windi Junistia 1953053015 -
Nama: Windi Junistia
NPM: 1953053015
No. Absen: 30
izin menjawab, Penggunaan media atau alat peraga yang bervariasi dan menarik, sangat membantu baik bagi siswa maupun bagi gurunya. Media menarik akan membuat peserta didik termotivasi mengikuti pelajaran dan akan belajar dengan perasaan senang. Penggunaan media yang menarik juga akan membantu siswa untuk belajar lebih lama. Sedangkan bagi gurunya dengan menggunakan banyak media atau alat peraga yang menarik akan membantu memudahkan menyampaikan materi. Oleh karna itu guru perlu dapat memilih media yang menarik dan tepat agar peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran. guru perlu memilih media yang melibatkan peserta didik aktif dalam pembelajaran juga dapat menggunakan media media gambar yang menarik agar peserta didik kelas rendah dapat lebih sengat mengikuti pembelajaran. selain itu, guru bahkan sekolah dapat memberikan reward berupa tambahan media pembelajaran (peraga ringan) yang diberikan kepada mereka sebagai reward bagi anak yang berkembang dengan baik dan disiplin dalam kelas.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Susi Firmanda 1953053002 -
Nama: Susi Firmanda
NPM: 1953053002
No. Absen: 27
izin menjawab,
Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar dan berfungi untuk membantu dalam menyampaikan pesan kepada siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Dengan media pembelajaran maka kualitas belajar menjadi meningkat karena tidak hanya guru yang aktif memberikan materi kepada siswa tetapi siswa juga dapat aktif di dalam kelas dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru.
Penggunaan media atau alat peraga yang bervariasi dan menarik, sangat membantu baik bagi siswa maupun bagi gurunya. Media menarik akan membuat peserta didik termotivasi mengikuti pelajaran dan akan belajar dengan perasaan senang. Penggunaan media yang menarik juga akan membantu siswa untuk belajar lebih lama. Sedangkan bagi gurunya dengan menggunakan banyak media atau alat peraga yang menarik akan membantu memudahkan menyampaikan materi. Oleh karna itu guru perlu dapat memilih media yang menarik dan tepat agar peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran. guru perlu memilih media yang melibatkan peserta didik aktif dalam pembelajaran juga dapat menggunakan media media gambar yang menarik agar peserta didik kelas rendah dapat lebih sengat mengikuti pembelajaran. selain itu, guru bahkan sekolah dapat memberikan reward berupa tambahan media pembelajaran (peraga ringan) yang diberikan kepada mereka sebagai reward bagi anak yang berkembang dengan baik dan disiplin dalam kelas.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Triana Angguncahyani 1913053009 -
Nama : Triana Angguncahyani
Npm : 1913053009
No absen : 29

Izin menjawab, cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar adalah dengan mendesain media belajar dengan menarik. Pemakaian media
pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan
menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang disampaikan dapat disederhanakan
dengan bantuan media.Melalui berbagai metode dan media pembelajaran, pembelajar akan dapat banyak
berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa, tentu saja media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada hakekatnya media pembelajaran juga merupakan media komunikasi, karena proses pendidikan juga merupakan proses
komunikasi. Yang secara khusus digunakan untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan
meningkatkan motivasi siswa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ajeng Diana Putri -
Nama : Ajeng Diana Putri
Npm : 1913053030
Absen : 02

Izin menjawab bu, salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi siswa adalah dengan memanfaatkan atau menggunakan media dalam proses pembelajaran. Penggunaan Media belajar haruslah di buat menarik dan kreatif sehingga bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa di kelas rendah yaitu media pembelajaran manipulatif / alat peraga manipulatif, bisa juga dengan permainan, karena pada dasarnya karakteristik siswa kelas rendah yaitu belajar dafi hal yang kongkrit
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Cicilia Rici Rafistri 1913053053 -
Nama : Cicilia Rici Rafistri
NPM : 1913053053
Absen : 07

Izin menjawab, peningkatan kualitas pembelajaran di kelas bisa dilakukan dengan berbagai cara dan guru memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan minat belajar siswa dalam kelas sehingga siswa terasa nyaman dan ilmu yang mereka peroleh akan mudah mereka terima. Salah satu cara guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam kelas bisa dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik pada setiap materi yang akan disampaikan. Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar, khususnya di kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum mampu berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/kongkrit. Selain itu, penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat pula memberikan pengalaman bermakna bagi para peserta didik. memberikan pembelajaran yang menarik sehingga dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar, karena bahan yang disajikan lebih jelas maknanya dan tidak bosan dalam menyerap materi ajarnya.perlu melakukan sebuah inovasi dalam pembelajaran. Salah satu hal yang perlu diperhatikan guru agar mampu meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung. visual, media audio visual, dan multimedia. Media pembelajaran saat ini yang dirasa menarik bagi siswa adalah dengan menggunakan media audiovisual berupa video. Penggunaan video yang melibatkan indra paling banyak dibandingkan dengan alat peraga lainnya, dengan video siswa dapat melihat dan mendengar. Penggunaan slide dan audiovisual (video) sangatlah efektif. Apabila video tersebut dilengkapi dengan software interaktif, maka kemungkinan siswa akan melakukan interaksi dengan program yang ada penggunaan media pembelajaran audiovisual berupa video tersebut akan memberikan motivasi terhadap siswa untuk lebih tertarik terhadap pelajaran yang akan disampaikan, penggunaan video menimbulkan kegairahan siswa selama penggunaannya tepat dan sesuai dengan topik yang disampaikan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Adelia Intan Utami -
Nama : Adelia Intan Utami
Npm : 1913053028
No. Absen 1

Izin menyampaikan pendapat,,
Seperti yang kita ketahui bahwasanya motivasi diartikan sebagai dorongan. Oleh karena itu guna menumbuhkan motivasi belajar anak kelas rendah adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan semenarik mungkin. Media pembelajaran itu harus dapat menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik, dengan begitu mereka akan tertarik untuk belajar dan akhirnya tumbuhlah motivasi belajar.
Sebisa mungkin Media pembelajaran yang digunakan melibatkan siswa dalam penggunaannya karena siswa akan lebih memahami materi pembelajaran apabila mereka melakukan praktek sendiri. Peserta didik juga akan termotivasi untuk lebih giat belajar apabila ia merasa diikut sertakan dalam penggunaan media pembelajaran tersebut.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yolanda Pola Kredibelia -
Nama: Yolanda Pola Kredibelia
NPM: 1913053072
Absen: 31

Izin menjawab bu, menurut saya dalam menumbuhkan motivasi belajar anak itu Seorang guru harus mampu mengoptimalkan kreativitasnya. Kreativitas serta aktivitas guru harus mampu menjadi inspirasi bagi para siswanya, sehingga siswa akan lebih terpacu motivasinya untuk belajar, berkarya dan berkreasi. Guru berperan aktif dalam pengembangan kreativitas siswa yaitu dengan memiliki karakteristik pribadi guru yang meliputi motivasi, kepercayaan diri, rasa humor, kesabaran, minat dan fleksibel (keluwesan). Guru yang kreatif mempunyai semangat dan motivasi tinggi sehingga bisa menjadi, motivator bagi siswanya untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas siswa, khususnya yang tertuang dalam sebuah bentuk pembelajaran yang inovatif, artinya selain menjadi seorang pendidik, guru juga harus menjadi seorang kreator yang mampu menciptakan kondisi belajar nyaman dan kondusif bagi anak didik. Guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mengoptimalkan media dan sumber belajar. Guru mengenalkan konsep kepada siswa dan siswa mengembangkan konsep tersebut, guru bertindak sebagai fasilitator sehingga pengetahuan siswa tidak hanya dari guru dan materi yang dikuasai akan lebih luas. Kesimpulannya, selain guru harus menggunakan media yang sesuai tetapi juga harus dibarengi dengan kreativitas guru agar dapat menunjukkan motivasi belajar anak didik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ismi Tri Astuti -
Nama : Ismi Tri Astuti
NPM : 1913053031
Absen : 16

Izin menjawab, salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu dengan menggunakan atau membuat media itu menjadi menarik dan juga kreatif agar pembelajaran tersebut dapat digunakan secara baik dan bermakna bagi peserta didik. Karena dengan media pembelajaran yang menarik akan membuat peserta didik antusias untuk mengikuti pembelajaran dan juga jika media tersebut tepat digunakan peserta didik akan lebih memahami materi pembelajaran yang diterima sehingga pembelajaran tersebut bermakna.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Tiara Farashinta -
Nama : Tiara Farashinta
Npm : 1953053006
Absen : 28
menurut saya cara cara menumbuhkan motivasi belajar anak khususnya anak SD kelas rendah yaitu dengan Penggunaan media atau alat peraga yang bervariasi dan menarik, sangat membantu baik bagi siswa maupun bagi gurunya. Bagi siswa tunagrahita mengikuti pembelajaran dengan media atau alat peraga yang menarik akan termotivasi mengikuti pelajaran dan akan belajar dengan perasaan senang. Melalui media atau alat peraga itulah materi pelajaran mudah diterima oleh siswa. Penggunaan media atau alat peraga yang menarik juga akan membantu siswa untuk belajar lebih lama. Sedangkan bagi gurunya dengan menggunakan banyak media atau alat peraga yang menarik akan membantu memudahkan menyampaikan materi. Jika siswa mengikuti pembelajaran dengan perasaan senang dan tidak mudah bosan, maka gurunya juga akan nyaman mengelola pembelajaran, dan materi juga lebih mudah tersampaikan atau mudah diterima siswa.
Kenyataan di lapangan banyak guru yang mengajar dengan minim media atau alat peraga, bahkan ada yang tanpa menggunakan alat peraga. Kondisi inilah yang memicu siswa tunagrahita tidak tertarik mengikuti pelajaran, dan berusaha keluar kelas mencari sesuatu yang menarik. Jika siswa sudah tidak nyaman mengikuti pelajaran maka hasilnya juga tidak optimal. Dampak negatif dengan tidak menggunakan media atau alat pembelajaran tidak saja dirasakan siswa, tetapi guru merasakan mengajar tidak nyaman dan tujuan yang sudah direncanakan juga tidak tercapai. Bahkan muncul kesimpulan-kesimpulan bahwa siswa tidak mampu, siswa lemah, dan pernyataan-pernyataan negatif lainnya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nurdini Estika Putri 1913053094 -
Nama: Nurdini Estika Putri
NPM: 1913053094
No Absen: 23

Izin menjawab,
Salah satu upaya untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu
dengan digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Pemakaian media
pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap pembelajaran.
Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Melalui media belajar tersebut, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Dengan demikian satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran yang baik dan menarik serta sesuai dengan kebutuhan siswa. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa kelas rendah bisa berupa media gambar, media relia berupa benda nyata serta video belajar ber animasi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Gusti Ayu Putu Ardani 1953053017 -
Nama: Gusti Ayu Putu Ardani
Npm : 1953053017
Absen : 13
Izin menjawab,
Sesuai dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Citra Umbara, 2003). Tujuan diatas dapat dicapai salah satunya melalui proses pembelajaran yang menekankan kepada motivasi anak dalam mencapai prestasi belajar yang maksimal. Seiring dengan pergeseran makna pembelajaran yang dulunya berorientasi pada guru dan beralih ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa, maka peran guru dalam proses pembelajaran juga mengalami pergeseran salah satunya guru menjadi motivator bagi siswa.
Motivasi belajar yang tinggi berkolerasi dengan hasil belajar yang baik. Sehingga berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan harapan dapat menghasilkan kader pendidikan yang mempunyai prestasi yang maksimal. Jika motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan maka diharapkan bahwa prestasi belajar siswa akan
meningkat.
Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media yaitu membuat media pembelajaran yang kreatif yang mampu membuat peserta didik memiliki rasa penasaran dan senang dalam proses pembelajaran. Karena jika siswa dalam proses pembelajaran sudah senang dan tidak cepat bosan maka proses pembelajaran akan tersampaikan dengan baik. Penggunaan media saat proses pembelajaran akan merubah metode pembelajaran yang tidak lagi berfokus kepada guru melainkan mengasah kemampuan imajinasi dan ingatan siswa.