TUGAS

TUGAS

Number of replies: 35

assalamulaaikum wr.wb

apakabar mahasiswaku sekalian, setelah tadi kalian membaca materi materi maka hari ini kalian akan langsung ibu berikan tugas, walau berat harus dijalani ya, hehehe...

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
In reply to First post

Re: TUGAS

Hanania Ayu Widya 1913053004 གིས-
Nama : Hanania Ayu Widya
NPM : 1913053004
Izin menjawab,
Perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran beserta contohnya:
Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.

Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma 1913053117 གིས-
Nama : Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma
NPM : 1913053117
No. Absen : 37

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbulah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.
Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif. Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat.
Pada teori pembelajaran, fokus diarahkan kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Oleh karena itu, teori pembelajaran berhubungan dengan upaya mengontrol variable-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat mudah belajar. Dalam hal ini, kondisi dan hasil pembelajaran ditempatkan sebagai given, dan metode yang optimal ditetapkan sebagai variabel yang diamati. Jadi, kondisi dan hasil pembelajaran sebagai variabel bebas, sedangkan metode pembelajaran sebagai variabel tergantung.

Secara spesifik perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran dapat digambarkan sebagai berikut:
a. Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
b. Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar

Contoh Teori Belajar
1.) Teori Belajar Behavioristik
2.) Teori Belajar Kognitifistik
3.) Teori Belajar Konstruktivistik
Contoh Teori Pembelajaran
1.) Teori Pembelajaran Humanistik
2.) Teori Pembelajaran Sosial Kognitif
3.) Teori Pembelajaran Sosial Bandura
In reply to First post

Re: TUGAS

Deli Malisda 1953053027 གིས-
Nama : Deli Malisda 

NPM : 1953053027 

No. Absen : 09   

Izin menjawab 

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar.   

Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif. Teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.   


Berikut beberapa perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran 

1.    Pada teori belajar, tujuan utamanya memberikan proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya menetapkan metode yang optimal. 

2.     Teori belajar menaruh perhatian pada bagaimana seorang belajar, sedangkan teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar 

3.     Teori belajar berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, sedangkan teori pembelajaran berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada teori belajar agar memudahkan belajar. 

4.     Teori belajar tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, sedangkan teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran. 

5.     Teori belajar penelitian dilakukan oleh ilmuwan, karena merupakan penelitian dasar. Sedangkan teori pembelajaran penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan, dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi. 

6.     Teori belajar mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengateproses belajar psikologis dalam diri si belajar(mengungkapkan fenomena yang ada dalam diri si belajar), sedangkan teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologi dalam diri si belajar. 

7.     Salah satu contoh teori belajar adalah teori persepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran, sedangkan salah satu contoh  teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

In reply to First post

Re: TUGAS

Annisa Fahma Rani 1913053090 གིས-

Nama : Annisa Fahma Rani

Npm : 1913053090

Absen : 05

Izin menjawab Bu,

Perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran adalah terletak 

Teori belajar, tujuan utamanya memberikan proses belajar, Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar, Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar), Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

Contoh teori belajar: Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Sedangkan teori pembelajaran, tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal, Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar, Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar, Selalu menyebutkan metode pembelajaran, Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog, Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar, Salah satu contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran. 

Contoh teori pembelajaran: Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.

In reply to First post

Re: TUGAS

Nafazri Eprilia 1953053003 གིས-
Nama : Nafazri Eprilia
NPM : 1953053003
No.Absen : 25

Izin menjawab
Menurut saya Teori belajar yaitu menggambarkan bagaimana siswa menerima, memproses, dan mempertahankan pengetahuan selama belajar, teori belajar juga bisa diartikan bagaimana cara seseorang memahami proses kompleks dari belajar.
Sedangkan teori pembelajaran yaitu tujuan utamanya adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal, rdan teori pembelajaran itu bagaimana seseorang dapat mengajak atau memotivasi oranglain untuk belajar.
Perbedaan teori belajar dan pembelajaran adalah :
Teori belajar :
1. Menaruh perhatian tentang bagaimana seseorang belajar
2. Tujuan utama memberikan proses belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar

Teori pembelajaran :
1. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
2. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar



Contoh teori belajar dan pembelajaran
Teori belajar : Dalam sebuah diskusi pada satu kelompok dan suatu mata pelajaran, disinilah para siswa di beri masalah yaitu tugasnya harus bisa mencari solusi masalah tersebut bersama-sama dengan kelompoknya, biasanya hasil dari solusi pengalaman yang sebelumnya di dapatkan lebih mudah karena berasal dari pengalaman sendiri (Teori belajar Kognitiv).

Teori pembelajaran : anak-anak belajar model melalui pengamatan dan peniruan terhadap sikap dan prilaku orang lain. Disini faktor eksternal, yaitu lingkungan sangat mempengaruhi proses belajar anak-anak (Teori Pembelajaran Sosial bandura).
In reply to First post

Re: TUGAS

Wika Orin Sherialiusani 1913053039 གིས-
Nama : Wika Orin Sherialiusani 

Npm : 1913053039 

Absen: 35

Izin menjawab Bu, Menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. 

Contoh penerapan teori belajar deskriptif adalah : Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik. Sedangkan contoh penerapan teori pembelajaran preskriptif adalah : Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi. 

Teori belajar terdiri dari beberapa macam diantaranya yaitu teori behaviourisme, teori kognitivisme, teori konstruktivisme, teori humanistik, dan teori sibernetik. Contoh penerapan teori sibernetik dalam pembelajaran yaitu: Menentukan kemampuan akhir yang diharapkan; Menentukan materi pembelajaran; Mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi tersebut; Menentukan pendekatan belajar yang sesuai dengan sistem informasi itu (apakah algoritmik atau heuristik); Menyusun materi dalam urutan yang sesuai dengan sistem informasinya; Menyajikan materi dan membimbing mahasiswa belajar dengan pola yang sesuai dengan urutan pelajaran. Sedangkan teori pembelajaran terdiri dari beberapa kelompok yaitu: teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif , teori belajar konstruktivistik, teori belajar social learning, dan teori belajar humanistik.

Secara spesifik perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran dapat digambarkan sebagai berikut:
a. Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran

b. Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran

In reply to First post

Re: TUGAS

Lina Pertiwi 1913053055 གིས-
Nama: Lina Pertiwi
NPM: 1913053055
No.Absen: 21


izin menjawab bu,

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Sedangkan Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.

Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.

Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran adalah sebagai berikut:
TEORI BELAJAR
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

TEORI PEMBELAJARAN
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran


Bentuk-bentuk Implementasi Teori Deskriptif dan Preskriptif
Bentuk-bentuk implementasi teori deskriptif dan preskriptif dalam membedakan teori belajar dan pembalajaran dapat dilihat dari sifat-sifatnya yang telah dikelompokkan oleh Reigeluth (dalam Degeng, 1989). Diantaranya dapat dilihat dari contoh-contoh pernyataan-pernyataan teori belajar dan pembelajaran sebagai berikut:

Teori Belajar yang bersifat deskriptif dan preskriptif
1. Contoh teori belajar deskriptif:
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

2. Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.


Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif
1. Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.


Selain itu peranan atau implementasi antara teori deskriptif dan preskriptif juga terdapat aspek penting yang membedakan antar keduanya, yaitu dapat dilihat dari jenis profesi yang biasa ditemukan dikehidupan manusia. Dimana teori deskriptif ini biasanya hanya ditemukan pada orang-orang yang berprofesi sebagai ilmuwan saja sedangkan teori preskrpitif terlibat dalam tiga profesi, yaitu para ilmuwan, teknolog, dan teknisi. Seperti yang telah dipaparkan Reigeluth, Bunderson, dan Merril (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa ilmuwan adalah orang-orang yang selalu berurusan dengan pengembangan prinsip dan teori, teknolog adalah orang-orang yang menggunakan prinsip dan teori untuk mengembangkan prosedur, dan teknisi adalah orang-orang yang mengembangkan prosedur yang dikembangkan teknolog untuk menciptakan sesuatu.


Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang dinginkan. Oleh karena teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”

Pada teori pembelajaran, fokus diarahkan kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Oleh karena itu, teori pembelajaran berhubungan dengan upaya mengontrol variable-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat mudah belajar. Dalam hal ini, kondisi dan hasil pembelajaran ditempatkan sebagai given, dan metode yang optimal ditetapkan sebagai variabel yang diamati. Jadi, kondisi dan hasil pembelajaran sebagai variabel bebas, sedangkan metode pembelajaran sebagai variabel tergantung. Adapun proposisi yang digunakan dalam teori pembelajaran adalah ”agar …., Iakukan ini.” Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode). Dalam proposisi teori pembelajaran, peningkatan perolehan hasil.
In reply to First post

Re: TUGAS

Anisa Nurjayanti 1913053125 གིས-
Nama : Anisa Nurjayanti
NPM : 1913053125
No. Absen : 04

Izin menjawab Ibu.
Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu, menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar (C.Asri Budiningsih, 2004).

Dari penjelasan di atas, maka beberapa perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran, yaitu:
Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar.
2 . Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar.
3 . Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran.
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar.
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar).

Contoh teori belajar adalah Teori apersepsi disebut juga Herbatisme, bersumber pada Psikologi Strukturalisme dengan tokoh utama Herbart. Menurut aliran ini belajar adalah membentuk massa apersepsi. Anak mempunyai kemampuan untuk memperlajari sesuatu. Hasil dari suatu perbuatan belajar disimpan dan membentuk suatu massa apersepsi,dan massa apersepsi ini digunakan untuk mempelajari atau menguasai pengetahuan selanjutnya.

Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal.
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar.
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran.
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi.
6 . Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar.

Contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yaitu suatu cara untuk mengorganisasikan pembelajaran, mulai dari memberikan kerangka isi dari bidang studi yang diajarkan. Setelah diberikan gambaran secara utuh, maka hal berikutnya adalah memilah-milah pokok bahasan tersebut menjadi bagian-bagian yang rinci. Bagian-bagian yang telah dipilah ini kemudian dijadikan sub bagian, kemudian dikerucutkan lagi menjadi sub bab atau bahasan yang lebih kecil.
In reply to First post

Re: TUGAS

Marsasanda Andarin 1913053026 གིས-
Nama : Marsasanda Andarin
NPM : 1913053926
No. Absen : 22

Izin menjawab,
Belajar dalam dunia pendidikan merupakan konsep pengetahuan yang banyak dilakukan oleh pendidik. Guru yang berperan sebagai pendidik atau pengajar akan berusaha menyampaikan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya atau peserta didik dengan sungguh-sungguh dan giat. Teori belajar menggambarkan bagaimana siswa menerima, memproses, dan mempertahankan pengetahuan selama belajar. Teori belajar dapat membantu guru atau pendidik untuk mendidik dan menyampaikan ilmu pengetahuan kepada murid atau peserta didik. Pada dasarnya teori belajar sangatlah banyak, tetapi teori belajar yang sering digunakan oleh beberapa guru atau pendidik ada empat, antara lain : 
1. Teori Belajar Behavioristik
Teori ini berisi tentang perubahan tingkah laku yang terjadi karena pengalaman belajar.  Pada penerapannya atau proses belajar mengajar, teori belajar behavioristik sangat tergantung dari beberapa aspek, seperti tujuan pembelajaran, karakteristik murid, materi pelajaran, media pembelajaran, dan fasilitas pembelajaran.
2. Teori Belajar Kognitif
Teori kognitif berbicara tentang manusia membangun kemampuan kognitifnya dengan motivasi yang dilakukan oleh diri sendiri terhadap lingkungannya. Proses belajar mengajar dengan teori kognitif tidak hanya beroperasi dengan terpatah-patah atau terpisah-pisah, tetapi melalui proses yang mengalir dan menyeluruh. Hal yang ditekankan pada teori belajar kognitif adalah proses dari belajar bukan hasil belajar.
3. Teori Belajar Konstruktivisme
Menurut teori konstruktivisme, pembentukan pengetahuan yang terjadi pada manusia berasal dari pengalaman-pengalaman yang telah dilewatinya. Dalam penerapannya Teori ini menekankan seseorang yang belajar memiliki tujuan untuk menemukan bakatnya, menambah pengetahuan atau teknologi, dan lain-lain yang dibutuhkan untuk mengembangkan dirinya.
4. Teori Belajar Humanistik
Teori belajar ini lebih cenderung melihat perkembangan pengetahuan dari sisi kepribadian manusia.  Dalam Penerapannya Teori belajar humanistik lebih menekankan pada pembentukan kepribadian, perubahan sikap, menganalisis fenomena sosial, dan hati nurani yang diterapkan melalui materi-materi pelajaran. Dalam teori ini guru atau pendidik sangat berperan sebagai fasilitator.

Sedangkan Teori pembelajaran adalah proses mengumpulkan serta memodifikasi pengetahuan, keterampilan, strategi, kepercayaan, sikap dan perilaku. Mulai dari pengetahuan dan keterampilan yang berbentuk kognitif, linguistik, sosial, dan lain sebagainya. Aplikasi teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran tergantung  dari  beberapa hal seperti: tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran, karakteristik pembelajaran, media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia. Pembelajaran yang dirancang dan berpijak pada teori behavioristik memandangbahwa pengetahuan adalah obyektif, pasti, tetap,  tidak berubah. Pengetahuan telah terstruktur dengan rapi, sehingga belajar adalah perolehan pengetahuan, sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan (transfer of knowledge) ke  orang yang belajar atau pembelajaran. Demikian halnya dalam pembelajaran, pebelajar dianggap sebagai objek pasif yang selalu membutuhkan motivasi dan penguatan dari pendidik. Oleh karena itu, para pendidik mengambangkan kurikulum yang terstruktur dengan menggunakan standar - standar tertentu dalam proses pembelajaran  yang harus dicapai oleh para pebelajar. Begitu juga dalam proses evaluasi belajar pebelajar diukur hanya pada hal‐hal yang nyata dan dapat diamati sehingga hal‐hal yang bersifat tidak teramati kurang dijangkau dalam proses evaluasi.
In reply to First post

Re: TUGAS

Intan Novalia amara 1913053113 གིས-
Nama : Intan Novalia Amara
Npm : 1913053113
Absen :18

Izin menjabab Bu,
Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.
Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.
Untuk membedakan antara Teori Belajar dan Pembelajaran bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif.

Menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar (C.Asri Budiningsih, 2004).

Dengan kata lain, teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.

Teori pembelajaran harus memasukkan variabel metode pembelajaran. Bila tidak, maka teori itu bukanlah teori pembelajaran. Hal ini penting, sebab banyak terjadi apa yang dianggap sebagai teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran, sedangkan teori belajar sama sekali tidak berurusan dengan metode pembelajaran.

- contoh kegiatan teori belajar di sekolah.
1. Teori kognitif
Dalam proses belajar mengajar di sekolah, contoh penerapan teori kognitif adalah guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman-temannya.
2.Teori behavioristik
Aplikasi teori ini dalam pembelajaran, bahwa kegiatan belajar ditekankan sebagai aktivitas “mimetic” yang menuntut siswa untuk mengungkapkan kembali pengetahuan yang sudah dipelajari. Penyajian materi pelajaran mengikuti urutan dari bagian-bagian keseluruhan. Pembelajaran dan evaluasi menekankan pada hasil, dan evaluasi menuntut satu jawaban yang benar. Jawaban yang benar menunjukkan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas belajarnya.
3. Teori konstrukivitik
Guru bersama-sama siswa mengkaji pesan-pesan penting bahwa dunia adalah kompleks, dimana terjadi bermacam-macam pandangan tentang kebenaran yang datangnya dari berbagai interpretasi
4. Teori humanistik
Guru dapat memberikan reward kepada peserta didik yang telah berhasil melakukan suatu hal, agar peserta didik tersebut semakin semangat dalam pembelajaran.

- contoh kegiatan teort pembelajaran di sekolah
Contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujia. Keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
In reply to First post

Re: TUGAS

Chika Nurpalo Afiany 1913053021 གིས-
Nama: Chika Nurpalo Afiany
NPM: 1913053021
No. Absen: 08

Izin menjawab pertanyaan di atas.
Perbedaan Antara Teori Belajar dan Pembelajaran
Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran

Bentuk-bentuk Implementasi Teori Deskriptif dan Preskriptif
Bentuk-bentuk implementasi teori deskriptif dan preskriptif dalam membedakan teori belajar dan pembalajaran dapat dilihat dari sifat-sifatnya yang telah dikelompokkan oleh Reigeluth (dalam Degeng, 1989). Diantaranya dapat dilihat dari contoh-contoh pernyataan-pernyataan teori belajar dan pembelajaran sebagai berikut:
• Teori Belajar yang bersifat deskriptif dan preskripti
• Contoh teori belajar deskriptif:
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.
• Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.
• Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif
• Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.
In reply to First post

Re: TUGAS

Sekar Putri 1913053089 གིས-
Nama: Sekar Putri Hapsari
Npm: 1913053089
No Absen: 31
izin menjawab bu,

Menurut Asri Budiningsih (2004) dalam buku Belajar dan Pembelajaran menjelaskan bahwa upaya dari Bruner untuk membedakan antara teori belajar yang deskriptif dan teori pembelajaran yang preskriptif dikembangkan lebih lanjut oleh Reigeluth dan kawan-kawan, menyatakan bahwa Principles and theories of instructional design may be stated in either descriptive or prescriptive form. Teori dan prinsip-prinsip pembelajaran yang deskriptif menempatkan variabel kondisi dan metode pembelajaran sebagai givens, dan menempatkan hasil pembelajaran sebagai variabel yang diamati. Dengan kata lain, kondisi dan metode pembelajaran sebagai variabel bebas dan hasil pembelajaran sebagai variabel bergantung. Hubungan antara kedua variabel inilah yang menunjukkan perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran yang deskriptif dan preskriptif.

Menurut Reigeluth (1983 dalam Degeng, 1990) mengemukakan bahwa teori preskriptif adalah goal oriented, sedangkan teori deskriptif adalah goal free. Maksudnya adalah bahwa teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. Itulah sebabnya variabel yang diamati dalam mengembangkan teori-teori pembelajaran yang preskriptif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan. Sedangkan dari pengembangan teori-teori pembelajaran deskriptif, variabel yang diamati adalah hasil belajar sebagai efek dari interaksi antara metode dan kondisi.

Perbedaan teoretis di atas pada akhirnya mengarah kepada konsekuensi pada pembedaan proposisi bagi teori deskriptif dan teori preskriptif. Proposisi untuk teori deskriptif menggunakan struktur logis “Bila…, maka…”, sedangkan untuk teori preskriptif menggunakan struktur “Agar…, lakukan ini…” (Landa dalam Degeng,1990). Dalam proposisi teoritik yang pertama (teori deskriptif), model pengorganisasian pembelajaran (model elaborasi) ditetapkan sebagai perlakuan, di bawah kondisi karakteristik isi pelajaran, untuk memberikan perubahan untuk kerja (actual outcomes), berupa peningkatan perolehan belajar dan retansi. Dalam proposisi teoritik yang kedua (teori preskriptif), penigkatan belajar dan retansi ditetapkan sebagai hasil pembelajaran yang diinginkan, dan model elaborasi yang merupakan salah satu model untuk pengorganisasian isi atau materi pelajaran, mempunyai peluang menjadi metode yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

Menurut Landa (dalam Dageng, 1989) menjelaskan bahwa: the major difference between them (instructional theory and learning theory) is that instructional theories … deal with relationships between teachers-or teaching-actions as causes and students psychological and or behavioral process as effects (outcomes), whereas learning theories … deal with relationships between learners-or learning-actions as causes and psychological or behavioral process effects (outcomes).

Dengan kata lain, teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.

Teori pembelajaran harus memasukkan variabel metode pembelajaran. Bila tidak, maka teori itu bukanlah teori pembelajaran. Hal ini penting, sebab banyak terjadi apa yang dianggap sebagai teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran, sedangkan teori belajar sama sekali tidak berurusan dengan metode pembelajaran.

Perbedaan Antara Teori Belajar dan Pembelajaran
Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran dapat digambarkan dalam tabel dibawah ini:

Teori Belajar 
1 Tujuan utamanya memberikan proses belajar 
2 Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar 
3 Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar 
4 Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5 Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar 
6 Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar) 
7 Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran 

Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
In reply to First post

Re: TUGAS

Ayu Farisda Faiz 1913053034 གིས-
Nama: Ayu Farisda Faiz
NPM: 1913053034
No. Absen: 07

Izin menjawab bu,
Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Dalam teori belajar, kondisi dan metode pembelajaran merupakan variabel bebas dan hasil pembelajaran sebagai variabel tergantung. Dengan demikian, dalam pengembangan teori belajar, variabel yang diamati adalah hasil belajar sebagai efek dari interaksi antara metode dan kondisi.
Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang dinginkan. Oleh karena teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”
Dalam proposisi teori belajar tersebut, model pengorganisasian pembelajaran (model elaborasi) ditetapkan sebagai perlakuan di bawah kondisi karakteristik isi pelajaran, untuk memberikan perubahan unjuk kerja (actual outcomes), berupa peningkatan perolehan belajar dan retensi. Dengan demikian, teori belajar mempertanyakan apa yang terjadi secara psikologis bila suatu tindakan belajar dilakukan oleh seseorang.

Pada teori pembelajaran, fokus diarahkan kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Oleh karena itu, teori pembelajaran berhubungan dengan upaya mengontrol variable-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat mudah belajar. Dalam hal ini, kondisi dan hasil pembelajaran ditempatkan sebagai given, dan metode yang optimal ditetapkan sebagai variabel yang diamati. Jadi, kondisi dan hasil pembelajaran sebagai variabel bebas, sedangkan metode pembelajaran sebagai variabel tergantung.
Adapun proposisi yang digunakan dalam teori pembelajaran adalah ”agar …., Iakukan ini.” Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode). Dalam proposisi teori pembelajaran, peningkatan perolehan hasil belajar dan retensi ditetapkan sebagai hasil pembelajaran yang diinginkan, dan model elaborasi yang merupakan salah satu model untuk mengorganisasi materi pelajaran, dijadikan metode yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.
Dalam teori pembelajaran harus terdapat variabel metode pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses psikologis dalam diri peserta didik. Jadi, dalam teori pembelajaran, terdapat preskripsi tindakan belajar yang harus dilakukan agar proses psikologis dapat terjadi.
In reply to First post

Re: TUGAS

Dini Ariska Putri 1913053070 གིས-
Nama : Dini Ariska Putri
NPM : 1913053070
No. Absen : 10

Izin menjawab Bu,
Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran yaitu bahwa teori belajar adalah deskriptif, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif. Artinya teori belajar mendeskripsikan terjadinya proses belajar, sedangkan teori pembelajaran mempreskripsikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal untuk memudahkan proses belajar. Berikut ini merupakan perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran, yaitu :

A. Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

Contoh teori belajar:
1. Teori behaviorisme, Seperti Thorndike (Hukum Pengaruh), Teori Ivan Pavlop (Clasical conditioning), Teori Jhon B Watson, Teori Edwin R. Guthrie, Teori Hull, Teori B.F. Skinner (Operant Conditioning).
2. Teori kognitivisme, Seperti Teori Kolb, Teori Honey dan Mumford, Teori Habermas, Teori perkebangan Kognitif Sosio-Historik (Vigotsky).
3. Teori humanistik, Seperti Teori Kolb, Teori Honey dan Mumford, Teori Habermas, Teori perkebangan Kognitif Sosio-Historik (Vigotsky).
4. Teori sibernitik, Seperti Teori Landa, Pask dan Scoot.

B. Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Contoh teori pembelajaran antara lain :
1. Teori pembelajaran yang dikembangkan oleh Gagne and Briggs
2. Teori Scandura dikenal dengan Teori Belajar Struktural (TBS)
3. Component Display Theory karya Merril (Teori Elaborasi)
In reply to First post

Re: TUGAS

Nabila Salsabila 1913053048 གིས-

Nama: Nabila Salsabila 

NPM  : 1913053048

Izin menjawab bu, 

Perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran. Teori belajar adalah terori yang menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah teori yang menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar 

Teori Belajar

1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar.

2 . Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar.

3 . Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.

4 . Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran

5 . Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar.

6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar).

7 . Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru  dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran. 

Teori pembelajaran 

1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal

2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar

3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar

4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran

5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi

6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar

7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran

Teori pembelajaran menunjukkan beberapa karakteristik seperti berikut.  Pertama, designed oriented, yaitu berfokus pada alat mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk belajar, atau pengembangan daripada description oriented—berfokus pada given events.  Kedua, mengidentifikasi metode pembelajaran (cara untuk mendukung dan memfasilitasi belajar) dan situasi pada mana metode dipakai/tidak dipakai.  Ketiga, metode pembelajaran bisa dipecah-pecah menjadi rinci sebagai panduan.  Keempat, kecenderungan metode pembelajaran adalah probabilistic daripada deterministic.  Sedangkan teori belajar sebagai deskriptif  (untuk memeriksa hasil), karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan hasil belajar. 

Contoh teori belajar: Ani tidak mampu mengerjakan soal tentang peristiwa G30S meskipun ia sudah belajar sejak 2 minggu yang lalu. Tidak mampu mengerjakan soal merupakan contoh dari teori belajar yang man belajarnya tidak berhasil. 

Contoh teori pembelajaran: Ani mampu mengerjakan soal tentang peristiwa G30S setelah melihat film dokumenter yang diputarkan oleh guru dan tugas menghafal sejarah materi tentang G30S. Menonton film dan menghafal merupakan media dan strategi yang digunakan pendidik untuk melakukan kegiatan pembelajaran

In reply to First post

Re: TUGAS

RAHAYU SETIA RESMI 1913053047 གིས-
Nama : RAHAYU SETIA RESMI
NPM : 1913053047
No.Absen : 28

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
Izin memberikan pendapat,menurut saya perbedaannya hampir tidak berbeda jauh karena keduanya saling mempengaruhi dan terikat satu sama lain.
Perbedaan yang mendasar diantara keduanya antara teori belajar dengan teori pembelajaran yaitu jika pada teori belajar itu bersifat deskriptif yang artinya adalah teori ini hanya mendeskripsikan atau menjabarkan tentang terjadinya proses belajar,sedangkan pada teori pembelajaran itu bersifat preskriptif yang artinya adalah teori ini hanya memberikan petunjuk atau ketentuan tentang bagaimana menentukan sebuah strategi atau metode pembelajaran yang optimal untuk memudahkan dalam proses belajar tersebut. Teori belajar lebih menekankan pada “bagaimana seseorang itu dapat belajar”sedangkan pada teori pembelajaran lebih menekankan pada “ bagaimana proses perubahan perilaku sesorang sebagai hasil dari pengalaman atau percobaan dalam proses belajar”.
• Teori belajar terdiri dari teori belajar behavioristik,kognitif,humanistik,konstruktivistik dan sibernetik

Contoh penggunaan teori belajar ketika situasi pandemi covid-19 seperti saat ini, teori belajar sibernetik menjadi pilihan utama dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online dari tempat/rumah masing-masing,karena teori ini menekankan pembelajaran dapat terjadi dimana dan kapanpun tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

• Sedangkan teori pembelajaran merupakan hasil dari proses seseorang memperoleh ilmu dari proses belajar (hasil dari teori belajar) yang berupa memodifikasi pengetahuan dan menambah keterampilan,perubahan prilaku.

Contoh Penggunaan adalah berdasarkan penggunaan teori sibernetik diatas maka penggunaan teori pembelajaran akan menghasilkan proses belajar (hasil dari teori belajar) yaitu ketika seseorang sudah terbiasa melakukan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) ,maka proses yang dihasilkan yaitu peserta didik memiliki keterampilan mandiri dalam penggunaan Zoom,Gmeet, dan aplikasi penunjang lainnya,dan meningkatka perilaku disiplin dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas dari guru.
In reply to First post

Re: TUGAS

Serly Zahra Zetira གིས-
Nama: Serly Zahra Zetira
NPM: 1913053137
No Absen: 32

Izin menjawab,
Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.

Perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran:
1. Tujuan utama teori belajar memberikan proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya menetapkan metode yang optimal.
2. Teori belajar menaruh perhatian pada bagaimana seorang belajar, sedangkan teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar.
3. Teori belajar berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, sedangkan teori pembelajaran berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada teori belajar agar memudahkan belajar.
4. Teori belajar tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, sedangkan teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran.
5. Teori belajar penelitian dilakukan oleh ilmuwan, karena merupakan penelitian dasar. Sedangkan teori pembelajaran penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan, dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi.
6. Teori belajar mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengateproses belajar psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan fenomena yang ada dalam diri si belajar), sedangkan teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologi dalam diri si belajar.
7. Salah satu contoh teori belajar adalah teori persepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran, sedangkan salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

Frischa Ramadhan Putri 1913053112 གིས-

Nama: Frischa Ramadhan Putri

NPM: 1913053112

No. Absen: 11

Izin menjawab,

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.

Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.

Lebih lanjut, Budiningsing menjelaskan bahwa teori belajar lebih fokus kepada bagaimana peserta didik belajar, sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Dalam teori belajar, kondisi dan metode pembelajaran merupakan variabel bebas dan hasil pembelajaran sebagai variabel tergantung. Dengan demikian, dalam pengembangan teori belajar, variabel yang diamati adalah hasil belajar sebagai efek dari interaksi antara metode dan kondisi.

Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang dinginkan. Oleh karena teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”

Bentuk-bentuk implementasi teori deskriptif dan preskriptif dalam membedakan teori belajar dan pembalajaran dapat dilihat dari sifat-sifatnya yang telah dikelompokkan oleh Reigeluth (dalam Degeng, 1989). Diantaranya dapat dilihat dari contoh-contoh pernyataan-pernyataan teori belajar dan pembelajaran sebagai berikut:

-Teori Belajar yang bersifat deskriptif dan preskriptif

Contoh teori belajar deskriptif:

Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Contoh teori belajar preskriptif:

Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.

-Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif

Contoh teori belajar preskriptif:

Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.

Selain itu peranan atau implementasi antara teori deskriptif dan preskriptif juga terdapat aspek penting yang membedakan antar keduanya, yaitu dapat dilihat dari jenis profesi yang biasa ditemukan dikehidupan manusia. Dimana teori deskriptif ini biasanya hanya ditemukan pada orang-orang yang berprofesi sebagai ilmuwan saja sedangkan teori preskrpitif terlibat dalam tiga profesi, yaitu para ilmuwan, teknolog, dan teknisi. Seperti yang telah dipaparkan Reigeluth, Bunderson, dan Merril (dalam Degeng, 1989).

In reply to First post

Re: TUGAS

Khalda Sephina Riswani 1913053045 གིས-
Nama : Khalda Sephina Riswani
NPM : 1913053045
No. Absen : 19

Izin menjawab,
Teori merupakan sekelompok proposisi yang berhubungan dan yang menunjukkan mengapa suatu peristiwa itu dapat terjadi. Dalam sifatnya, teori belajar lebih bersifat “deskripstif”, sedangkan teori pembelajaran bersifat “preskiptif”.

Teori pembelajaran menunjukkan beberapa karakteristik, diantaranya seperti designed oriented yang berfokus pada upaya mencapai tujuan pembelajaran; mengidentifikasi metode pembelajaran—cara untuk mendukung dan memfasilitasi belajar dan situasi pada metode yang akan digunakan ataupun tidak digunakan; dan metode pembelajaran bisa di rinci lagi menjadi serangkaian rencana pelaksanaan suatu pembelajaran. Dalam hal ini teori pembelajaran merupakan teori yang menawarkan panduan ekplisit tentang bagaimana membantu seseorang belajar dan berkembang menjadi lebih baik. Jenis belajar dan pengembangannya mencakup aspek: kognitif, emosional, sosial, fisikal, dan spiritual.

Sedangkan teori belajar sebagai deskriptif atau goal free (untuk memeriksa hasil), karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar dan tidak ada hubungan nya dengan metode pembelajaran. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Jadi dapat disimpulkan bahwa teori pembelajaran berurusan dengan upaya untuk mengontrol variabel-variabel yang spesifik dalam teori belajar, agar dapat memudahkan belajar. Sedangkan fokus dari teori belajar lebih kepada persoalan “bagaimana seseorang itu dapat belajar”.
In reply to First post

Re: TUGAS

Idha Tasya Bella Ananda 1913053042 གིས-
Nama : Idha Tasya Bella Ananda

No. Absen : 17

NPM : 1913053042

Izin menjawab Bu, teori belajar sendiri didefinisikan sebagai metode yang menggambarkan bagaimana seseorang melakukan proses belajar.

Sedangkan perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran adalah.

1. Teori Belajar

a . Tujuan utamanya memberikan proses belajar

b. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar

c. Berfokus pada hubungan diantara variable-variable yang menentukan hasil belajar

d. Tidak berhubunvgan dengan metode pembelajaran

e. Penilaian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan peneletian dasar

f. Mengungkapkan hubungan kegiatan peserta didik dengan proses-proses psikologis dalam diri peserta didik (mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri peserta didik)

g. Salah satu contoh teori belajar adalan teori apserpasi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

2. Teori Pembelajaran

a. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal

b. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar

c. Berfokus pada upaya mengontrol variable-variable yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar

d. Selalu menyebutkan metode pembelajaran

e. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan teknologi

f. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologi dalam diri peserta didik

g. Contig teori pembelajaran yaitu teori elaborasi yanh dihasilkan dari pengujian keaktifan strategi pengorganisasian pengajaran

Adapun pengertian dari belajar menurut Ernest R. Hilgard adalah kegiatan atau proses yang dilakukan secara sengaja dan menimbulkan perubahan atas keadaan sebelumnya. Umumnya setelah belajar seseorang cenderung melakukan perubahan diri ke arah yang lebih baik.  Teori pembelajaran jenisnya cukup beragam. Di antaranya terdapat 5 jenis teori belajar menurut para ahli yang paling terkenal antara lain sebagai berikut.

1. Teori Kognitif

Teori kognitif mulai berkembang pada abad 20-an. Secara sederhana teori ini menggambarkan bahwa belajar adalah aktivitas internal yang terdiri dari beberapa proses, seperti pemahaman, mengingat, mengolah informasi, problem solving, analisis, prediksi, dan perasaan.  Ada juga yang menggambarkan bahwa teori belajar kognitif itu ibarat komputer. Proses awalnya dimulai dengan input data, kemudian mengolahnya hingga mendapatkan hasil akhir. Beberapa tokoh yang berperan mengembangkan teori ini adalah Jean Piaget, Bruner, dan Ausubel.  Dalam proses belajar mengajar di sekolah, contoh penerapan teori kognitif adalah guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman-temannya.

2.Teori Behavioristik

Teori yang dianut sejumlah ilmuwan, seperti Gage dan Berliner ini menyatakan bahwa sebuah pengalaman mampu mengubah tingkah laku (kebiasaan atau proses berpikir) seseorang sebagai hasil proses belajar dari pengalaman itu sendiri.  Untuk mengaplikasikan teori ini, seorang guru perlu melakukan beberapa proses, seperti memberikan dorongan supaya muridnya dapat merasakan rasa ingin tahu, melakukan stimulus guna memperoleh respons siswa, dan melakukan penguatan (reinforcement)—pengulangan stimulus dalam bentuk berbeda.  Teori behavioristik dinilai terlalu fokus pada pendidik. Jadi, tantangannya adalah guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan suatu materi agar siswa tidak bosan. 

3.Teori Humanis

Teori belajar selanjutnya adalah humanistik yang berkembang dari teori behavioristik. Tokoh dari teori humanis adalah Carl Rogers dan Abraham Maslow. Dilihat dari definisinya, teori humanis adalah metode pembelajaran yang fokus pada peserta didik guna mengembangkan potensinya.  Ada beberapa faktor yang mendukung teori humanis, yaitu peran kognitif-pemahaman seseorang tentang ilmu pengetahuan, dan peran afektif—faktor mental yang membentuk individu.  Dengan mengaplikasikan teori humanis, siswa akan merasa senang selama proses belajar dan bisa menguasai materi dengan gampang. 

4. Teori Konstruktif

Teori konstruktif sejatinya sudah ada dari dulu, namun masih digunakan sampai sekarang  karena bersifat efektif dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan zaman. Lewat teori konstruktif, peserta didik diajak untuk mendalami pengetahuan secara bebas atau juga bisa memaknainya sesuai pengalaman.  Dalam praktiknya, siswa akan diberi ruang untuk membuat ide atau gagasan menggunakan bahasanya sendiri. Dampaknya, lewat penjelasan yang familier, orang lain diharapkan mampu menerima ide yang disampaikan dan merangsang imajinasinya.

5. Teori Gestalt

Teori Gestalt merupakan percabangan dari teori kognitif. Teori ini muncul dari buah pikiran seorang psikolog Jerman, yaitu Max Wertheimer. Dalam teori gestalt, proses belajar seseorang dimulai dari mendapatkan informasi, kemudian melihat strukturnya secara menyeluruh.  Setelah itu, proses dilanjutkan dengan menyusun kembali informasi yang didapat dalam struktur yang lebih sederhana hingga individu tersebut mampu memahami informasi yang coba disampaikan.   Menariknya, konsep ini tak hanya diaplikasikan dalam proses belajar mengajar antar guru dan murid, tapi juga biasa dimanfaatkan dalam proses desain.

In reply to First post

Re: TUGAS

Siti Lufiah Dwi Putri 1913053040 གིས-
Nama : Siti Lufiah Dwi Putri

Npm : 1913053040

No absen : 33

Izin menjawab

Teori belajar memiliki pengertian metode yang menggambarkan bagaimana seseorang melakukan proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran memiliki pengertian kumpulan konsep, ide, prosedur yang didalamnya cara mempraktikkan proses belajar. Antara guru dan siswa dan elemen-elemen lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar. Teori belajar dan teori pembelajaran memiliki perbedaan, yaitu :

Teori belajar :

1) Dilihat dari sifatnya, teori belajar lebih bersifat “deskripstif”

2) Tujuan utamanya memerikan proses belajar

3) Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar

4) Berfokus pada hubungan diantara variable variable yang menentukan hasil belajar

5) Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran

6) Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar).



Teori pembelajaran :

1) Dilihat dari sifatnya , teori pembelajaran bersifat “preskiptif”.

2) Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal

3) Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar

4) Selalu menyebutkan metode pembelajaran

5) Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar.



Salah satu contoh teori belajar :

- Teori belajar Kognitif
Dalam Konsep teori ini peserta didik harus bisa mencari solusi suatu masalah, biasanya hasil dari solusi pengalaman - pengalaman yang sebelumnya di dapatkan sehingga peserta didik lebih mudah menemukan solusinya dari suatu masalah karena berasal dari pengalaman sendiri.

Salah satu contoh teori pembelajaran :

- Teori Pembelajaran Humanistik
Dalam teori humanistik aspek kognitif dan afektif adalah prioritas. Dalam konsep teori pembelajaran Humanistik ini memberikan kebebasan kepada peserta didik sehingga peserta didik bisa memahami dirinya sendiri dan memahami lingkungannya.
In reply to First post

Re: TUGAS

Husna Hidayat 1913053134 གིས-
Nama : Husna Hidayat
NPM : 1913053134
No. Absen : 16

Izin menjawab
Menurut analisis saya perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. 

Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang dinginkan. Oleh karena teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”

Menurut Budiningsing, teori pembelajaran adalah goal oriented. Artinya, teori pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, variabel yang diamati dalam teori pembelajaran adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan. Hasil pembelajaran yang diamati dalam pengembangan teori pembelajaran adalah hasil pembelajaran yang diinginkan (desired outcomes) yang telah ditetapkan lebih dulu. Dengan demikian, teori pembelajaran berisi seperangkat preskriptif guna mengoptimalkan hasil pembelajaran yang diinginkan di bawah kondisi tertentu. Adapun proposisi yang digunakan dalam teori pembelajaran adalah ”agar …., Iakukan ini.” Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode).
In reply to First post

Re: TUGAS

Rida Arrafini 1913053116 གིས-
Nama : Rida Arrafini
NPM : 1913053116
No.absen : 29

Dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.
Untuk membedakan antara Teori Belajar dan Pembelajaran bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif.

Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran dapat digambarkan dibawah ini:
Teori belajar : 
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar 
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar 
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran
adapun contoh dari teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme, dan teori belajar konstruktivisme.

Teori Pembelajaran : 
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3 .Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4.Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi.
6 .Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7 .Salah satu contoh teori pembelajaran adalah
Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran


In reply to First post

Re: TUGAS

Khofiah 1913053122 གིས-
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa,
perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memiliki sikap menjadi bersikap benar, dari tidak terampil menjadi terampil melakukan sesuatu. Belajar tidak hanya sekedar memetakan pengetahuan atau informasi yang disampaikan. Namun bagaimana melibatkan individu secara aktif membuat atau pun merevisi hasil belajar yang diterimanya menjadi suatu pengalamaan yang bermanfaat bagi pribadinya.
Menurut Thorndike belajar adalah proses interaksi antara stimulu dan respon. Menurut Thorndike perubahan tingkah laku bisa berwujud sesuatu yang dapat diamati atau yang tidak dapat diamati.

Contoh belajar :
- Aldi belum pandai membaca, setelah dibimbing Ibunya selama satu bulan Kiano pandai membaca. Kesimpulan: anak pandai membaca setelah dibimbing oleh ibunya.
- Mimin belum mampu menuliskan nama sendiri, namun sering kali berlatih menulis sehingga mampu menuliskan nama sendiri tanpa dituliskan oleh ayah bundanya. Kesimpulan: anak pandai menulis setelah latihan mandiri.
- Seorang anak yang baru masuk Sekolah Dasar dan belum pandai menulis, setelah melalui aktivitas proses pembelajaran di kelas maka tiga bulan kemudian dia sudah bisa menulis dengan rapi. Kesimpulan: anak pandai menulis setelah mengikuti pembelajaran atau bimbingan guru.
- Boni adalah siswa kelas 2 Sekolah Dasar belum mahir membaca lancar, namun sering melihat dan menyimak teman-temannya membaca buku di perpustakaan. Beberapa minggu kemudian Boni dites membaca oleh guru, ternyata Boni sudah mahir atau tidak lagi mengalami kesulitan dalam membaca. Jadi Boni belajar hanya dengan sering melihat dan menyimak. Kesimpulan: anak mahir membaca setelah latihan mandiri.

Pembelajaran merupakan suatu sistim yang membantu individu belajar dan berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan. Pengertian Pembelajaran adalah suatu proses belajar dengan adanya pendamping yang mengajar, pendamping di sini adalah seorang pendidik atau guru. Dalam UU No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20, bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. 

Contoh pembelajaran :
- Pak Arya mengajarkan tema drama kepada siswa kelas IV B dengan metode bermain peran 
- Bu Anom membawa siswanya di perkebunan dekat sekolah untuk belajar menanam jangung secara langsung.
- Para siswa kelas VI SD diajak oleh guru berkunjung langsung di tempat pembuatan tempe untuk mengetahui bahan-bahan dan cara membuat tempe.
In reply to First post

Re: TUGAS

Gisella Adinda Putri Panjaitan 1913053044 གིས-
Nama : Gisella Adinda Putri Panjaitan
Npm : 1913053044
Absen : 12
Izin menjawab bu,
•Teori belajar mendeskripsikan terjadinya proses belajar, sedangkan teori pembelajaran mempreskripsikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal untuk memudahkan proses belajar. Teori Belajar Perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Ia perhatian pada “bagaimana seseorang belajar”.
Teori belajar terbagi menjadi 4 yaitu
1. Behavioristik adalah teori belajar yang merupakan perubahan perubahan peserta didik sebagai hasil proses pembelajaran. Contohnya : Terjadinya perubahan tingkah laku yang diakibatkan oleh interaksi antara stimulus dan respon. Teori belajar ini berorientasi pada perilaku yang lebih baik
2. Kognitif, dalam proses belajar mengajar di sekolah, 
Contoh penerapan teori kognitif adalah guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman-temannya.
3. Konstruktivisme merupakan landasan untuk pendekatan pendekatantual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun dari fakta-fakta, konsep, atau penerapan yang siap untuk diingat. Siswa harus mengkonstruksi pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata
4. Teori humanistik dalam pembelajaran adalah memanusiakan, di mana seorang individu dapat mengembangkan kemampuanya sendiri untuk di dalam lingkungan.
Contohnya Beri kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuanya agar peserta didik mendapatkan pengalaman belajar.
• Teori Pembelajaran sebaliknya perhatian pada “bagaiman seseorang mempengaruhi pada “bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar”. Dengan kata lain teori belajar belajar dengan upaya mengontrol variabel-variabeldispesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran
Teori Belajar
- Tujuan utamanya memberikan proses belajar
- Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajarMenaruh perhatian pada
- Berfokus pada hubungan antara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
- Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
- Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
Teori Pembelajaran
- Tujuan utama menetapkan metode pengajaran yang optimal
- Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
- Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
- Selalu menyebutkan metode pembelajaran
- Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan yang dilakukan oleh teknolgi
Terimakasih bu
In reply to First post

Re: TUGAS

Aradatullah Dita Illahiyah གིས-
Nama : Aradatullah Dita Illahiyah
Npm : 1963053001

Izin menjawab,

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuan tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik. Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.

teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. Perbedaan teoretis pada akhirnya mengarah kepada konsekuensi pada pembedaan proposisi bagi teori deskriptif dan teori preskriptif. Proposisi untuk teori deskriptif menggunakan struktur logis “Bila…, maka…”, sedangkan untuk teori preskriptif menggunakan struktur “Agar…, lakukan ini…” (Landa dalam Degeng,1990). Dalam proposisi teoritik yang pertama (teori deskriptif), model pengorganisasian pembelajaran (model elaborasi) ditetapkan sebagai perlakuan, di bawah kondisi karakteristik isi pelajaran, untuk memberikan perubahan untuk kerja (actual outcomes), berupa peningkatan perolehan belajar dan retansi. Dalam proposisi teoritik yang kedua (teori preskriptif), penigkatan belajar dan retansi ditetapkan sebagai hasil pembelajaran yang diinginkan, dan model elaborasi yang merupakan salah satu model untuk pengorganisasian isi atau materi pelajaran, mempunyai peluang menjadi metode yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran dapat digambarkan sebagai berikut.
Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

Anggi Cahyani Putri 1913053083 གིས-
Nama : Anggi Cahyani Putri
Npm : 1913053083
No. Absen : 03

Izin menjawab ibu,
Untuk membedakan antara Teori Belajar dan Pembelajaran bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif. Menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang di spesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar (C.Asri Budiningsih, 2004).

Teori preskriptif adalah goal oriented (untuk mencapai tujuan), sedangkan teori deskriptif adalah goal free (untuk memberikan hasil).
Jadi jika teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif maka dapat disimpulkan bahwa adanya teori pembelajaran adalah untuk mencapai tujuan, sedangkan teori belajar adalah untuk memberikan hasil.

Contoh teori belajar (untuk memberikan hasil) : Pembelajaran jarak jauh mengharuskan peserta didik untuk belajar secara mandiri melalui berbagai sumber dan media elektronik agar dapat menambah dan memperkaya wawasan mereka. Adanya teori belajar ini dapat dilihat dari hasilnya

Contoh teori pembelajaran (untuk mencapai tujuan): Karena adanya pandemi pembelajaran di lakukan secara daring melalui aplikasi zoom dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Teori pembelajaran dapat dilihat dari tercapai tidaknya tujuan pembelajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

Yunida Maharani 1953053025 གིས-
Nama : Yunida Maharani
Npm : 1953053025
Izin Menjawab : Perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran
A. Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
B. Teori Pembelajaran
1.Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi

Contoh teori belajar :
1.Teori Belajar Behavioristik
2.Teori Belajar Kognitifistik
3.Teori Belajar Konstruktivistik
Contoh Teori Pembelajaran :
1. Teori Pembelajaran Humanistik
2. Teori Pembelajaran Behavioristik
3.Teori Pembelajaran Sosial Bandura
4.Teori Pembelajaran David Ausubel
In reply to First post

Re: TUGAS

Marti Fitria Rohmah 1913053076 གིས-
Nama: Marti Fitria Rohmah
NPM: 1913053076
No. Absen: 23

Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat
tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar
kelas. Contohnya yaitu membuat resume tentang isi teks bacaan, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Macam-macam teori belajar: teori belajar Behavioristik, teori belajar Kognitifistik, teori belajar Konstruktivistik, dan teori belajar Humanistik, serta teori belajar Sibernetik.

Teori pembelajaran adalah sebuah proses perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau percobaan. Contohnya yaitu memulai pembelajaran dengan menampilkan pokok materi yang akan dipelajari, maka retansi terhadap pembelajaran akan lebih baik.

Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran sebagai berikut:
Teori Belajar: 1) bertujuan untuk memberikan proses belajar, 2) memperhatikan cara seseorang belajar, 3) berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, 4) tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, 5) penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar, 6) mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar.
In reply to First post

Re: TUGAS

Hanna Wahyu Aruming Tyas གིས-
Nama : Hanna Wahyu Aruming Tyas
NPM : 1953053011

Izin menjawab bu,
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara atau step-step pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan peserta didik, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Namun teori belajar ini tidaklah semudah yang dikira, dalam prosesnya teori belajar ini membutuhkan berbagai sumber sarana yang dapat menunjang, contohnya : lingkungan siswa, kondisi psikologi siswa, perbedaan tingkat kecerdasan siswa.
Pitchard (2009) menyatakan bahwa teori pembelajaran adalah sebuah proses perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau percobaan. Teori ini memperoleh sebuah ilmu atau pengetahuan yang diperoleh dari proses belajar. Tujuannya bervariasi, bisa jadi untuk menambah ilmu, pengetahuan, hingga keterampilan, melalui proses belajar berdasarkan instruksi-instruksi tertentu. Hasil akhir dari proses pembelajaran adalah perilaku yang berubah, terbentuk, atau terkontrol.
Teori belajar tujuan utamanya memberikan proses belajar, teori pembelajaran tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal. Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran. Contoh dalam teori pembelajaran yaitu teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran rule optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Teori pembelajaran berurusan menggunakan upaya buat mengontrol variabel-variabel yang khusus pada teori belajar agar bisa memudahkan belajar. Sedangkan inti dari teori belajar lebih pada persoalan “bagaimana seorang itu bisa belajar”.
In reply to First post

Re: TUGAS

Hana Salsabila Putri 1913053050 གིས-
Nama : Hana Salsabila Putri
NPM : 1913053050
No. Absen : 13

Perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran serta contohnya.
Teori belajar yaitu suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Sedangkan teori pembelajaran merupakan penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar.

Teori belajar :
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar.
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar.
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran.
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar.
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar.

Contoh dari teori belajar : Teori belajar Herbart yang disebut juga dengan teori apersepsi, merupakan sebuah teori belajar yang berpusat pada tanggapan atau ide, dengan kata lain apersepsi adalah sebuah proses penghubungan antara tanggapan yang satu dengan tanggapan yang lainnya dimana ide atau tanggapan itu sendiri tidak lain merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. Implementasi teori belajar Herbart membawa implikasi baik terhadap peserta didik, pengajar maupun materi dan cara peyampaian pelajaran, dimana implikasi tersebut mencakup perihal interaksi belajar mengajar, proses belajar siswa, transfer belajar, pendekatan dan teknik pengajaran

Teori pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal.
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar.
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran.
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog.
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar.

Contoh dari teori pembelajaran : Pembelajaran elaborasi adalah pembelajaran yang menambahkan ide tambahan berdasarkan apa yang seseorang sudah ketahui sebelumnya. Pembelajaran ini efektif digunakan apabila ide yang ditambahkan sesuai dengan penyimpulan. Implikasi dari strategi belajar ini adalah mendorong siswa untuk menyelami informasi itu sendiri, misalnya untuk menarik kesimpulan dan berspekulasi tentang implikasi yang mungkin.
In reply to First post

Re: TUGAS

Adhisa Risti Balqis 1913053011 གིས-
Nama: Adhisa Risti Balqis
NPM: 1913053011
No. Absen: 01

Izin menjawab bu,
Secara spesifik perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran dapat digambarkan sebagai berikut:
a. Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
b. Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar

Berikut beberapa contoh Teori Belajar
1. Teori Belajar Behavioristik
2. Teori Belajar Kognitifistik
3. Teori Belajar Konstruktivistik

Berikut beberapa contoh Teori Pembelajaran
1. Teori Pembelajaran Humanistik
2. Teori Pembelajaran Sosial Kognitif
3. Teori Pembelajaran Sosial Bandura
In reply to First post

Re: TUGAS

Syella Nevliyanti 1953053021 གིས-
Nama : Syella Nevliyanti
NPM : 1953053021

Teori belajar :
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Teori Pembelajaran :
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3 .Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4.Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi.
6 .Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7 .Salah satu contoh teori pembelajaran adalah
Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
In reply to First post

Re: TUGAS

Sarah Azizah 1953053008 གིས-
Nama: Sarah Azizah
NPM: 1953053008
No.Absen: 30

Izin Menjawab,
Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
beberapa perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran, yaitu:
Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar.
2 . Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar.
3 . Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran.
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar.
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar).

Contoh teori belajar adalah Teori apersepsi disebut juga Herbatisme, bersumber pada Psikologi Strukturalisme dengan tokoh utama Herbart. Menurut aliran ini belajar adalah membentuk massa apersepsi. Anak mempunyai kemampuan untuk memperlajari sesuatu. Hasil dari suatu perbuatan belajar disimpan dan membentuk suatu massa apersepsi,dan massa apersepsi ini digunakan untuk mempelajari atau menguasai pengetahuan selanjutnya.

Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal.
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar.
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran.
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi.
6 . Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar.

Contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yaitu suatu cara untuk mengorganisasikan pembelajaran, mulai dari memberikan kerangka isi dari bidang studi yang diajarkan. Setelah diberikan gambaran secara utuh, maka hal berikutnya adalah memilah-milah pokok bahasan tersebut menjadi bagian-bagian yang rinci. Bagian-bagian yang telah dipilah ini kemudian dijadikan sub bagian, kemudian dikerucutkan lagi menjadi sub bab atau bahasan yang lebih kecil.
In reply to First post

Re: TUGAS

Puji lestari 1913053088 གིས-
Nama : puji lestari
Npm : 1913053088
No. Absen : 27

Izin menjawab Bu,
Belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk
suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memiliki sikap menjadi
bersikap benar, dari tidak terampil menjadi terampil melakukan sesuatu. Belajar tidak
hanya sekedar memetakan pengetahuan atau informasi yang disampaikan. Namun
bagaimana melibatkan individu secara aktif membuat atau pun merevisi hasil belajar
yang diterimanya menjadi suatu pengalamaan yang bermanfaat bagi pribadinya.
Pembelajaran merupakan suatu sistim yang membantu individu belajar dan
berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan.
Teori adalah seperangkat azaz yang tersusun tentang kejadian-kejadian tertentu
dalam dunia nyata dinyatakan oleh McKeachie dalam grendel 1991 : 5 (Hamzah Uno,
2006:4). Sedangkan Hamzah (2003:26) menyatakan bahwa teori merupakan
seperangkat preposisi yang didalamnya memuat tentang ide, konsep, prosedur dan
prinsip yang terdiri dari satu atau lebih variable yang saling berhubungan satu sama
lainnya dan dapat dipelajari, dianalisis dan diuji serta dibuktikan kebenarannya. Dari
dua pendapat diatas Teori adalah seperangkat azaz tentang kejadian-kejadian yang
didalamnnya memuat ide, konsep, prosedur dan prinsip yang dapat dipelajari, dianalisis
dan diuji kebenarannya. Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat
tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa,
perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar
kelas.