Capaian Pembelajaran dan Indikator Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

  • Mahasiswa menguasai konsep teoritis tentang penginderaan jauh dan memiliki keterampilan untuk melakukan interpretasi citra baik secara manual maupun secara digital.
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep penginderaan jauh dan keterampilan interpretasi citra yang telah dikuasai untuk melakukan kajian dan memecahkan berbagai masalah terkait fenomena geografi (geosfer) yang ada di lapangan.
  • Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS dan perkembangannya, baik mencakup perangkat keras maupun perangkat lunak untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam bidang penginderaan jauh dan interpretasi citra.
  • Mahasiswa mampu menyusun/mendesain perangkat pembelajaran dan mengembangkan media pembelajaran untuk menyampaikan materi penginderaan jauh sesuai dengan kurikulum di sekolah (SMA) agar lebih mudah dipahami oleh siswa.

Indikator Capaian Pembelajaran

  • Mahasiswa mampu menjelaskan dan menjabarkan tentang konsep penginderaan jauh (PJ), mulai dari pengertiannya, komponen PJ, sistem PJ, konsep resolusi, jenis-jenis citra PJ, unsur interpretasi citra, hingga berbagai metode interpretasi dan analisisnya.
  • Mahasiswa menguasai berbagai perangkat lunak PJ, khususnya ENVI dan ArcGIS.
  • Mahasiswa mampu melakukan interpretasi citra secara manual dengan memanfaatkan 9 unsur interpretasi menggunakan alat-alat manual maupun secara 3 dimensi menggunakan stereoskop.
  • Mahasiswa mampu melakukan interpretasi citra secara visual menggunakan perangkat lunak ENVI dan ArcGIS.
  • Mahasiswa mampu melakukan analisis citra secara digital berupa transformasi citra NDVI.
  • Mahasiswa mampu melakukan analisis citra secara digital berupa klasifikasi citra multispektral, baik terselia (supervised classification) maupun tidak terselia (un-supervised classification).
Visible groups: All participants
(There are no discussion topics yet in this forum)