Bacalah kedua bahan literasi berikut, kemudian uraikan pendapat kalian materi IPS Terpadu yang dianggap sulit pada jenjangnya dan berikan alasannya.
Diskusi
Npm :2513032036
Menurut sata bidang Ekonomi kelas IX terasa sulit, contohnya tentang APBN, APBD, ketahanan pangan, dan energi.
Materi ini membutuhkan kemampuan menghitung, memahami istilah ekonomi, serta menghubungkan teori dengan kondisi nyata di Indonesia yang seringkali berbeda dengan apa yang tertera di buku.
NPM:2513032051
Menurut saya materi yang cukup sulit dipelajari adalah Geografi kelas IX, tentang dinamika atmosfer, hidrosfer, dan geosfer. Alasannya karena materi ini banyak istilah ilmiah, membutuhkan pemahaman tentang sains, serta harus dianalisis dengan bantuan peta, grafik, dan lingkungan hidup yang cukup rumit.
Nama : Farhana Nargis
Npm : 2513032057
Menurut saya materi yang sulit itu geografi karena di pelajaran geografi kita harus mengukur atau mengidentifikasi kondisi geografis Indonesia , geosfer, litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer dan efeknya terhadap kehidupan masyarakat termasuk flora-fauna, bentuk muka bumi, kependudukan dan SDA
Npm:2513032040
Materii yang paling sulit menurut saya adalah materi ekonomi kelas VIII ekonomi yang cangkupan materinyaa meliputi kebutuhan manusia & kelangkaan - Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) - Peran manusia sebagai makhluk ekonomi & sosial Sistem ekonomi di Indonesia Perdagangan & kegiatan ekonomi masyarakat Koperasi, BUMN, BUMS - Pembangunan ekonomi nasional - Globalisasi & dampaknya - APBN & APBD -Ketahanan pangan & energi dianggap menantang karena beberapa alasan pertama, banyak konsep ekonomi bersifat teoritis dan abstrak, sehingga sulit dipahami tanpa contoh yang jelas
kedua, ekonomi melibatkan matematika, termasuk angka, grafik, dan analisis data, yang membuatnya menantang bagi siswa yang kesulitan dengan matematika ketiga materi ekonomi seringkali kurang contoh nyata, sehingga sulit bagi siswa untuk menghubungkan teori dengan situasi dunia nyata.
NPM : 2513032053
Menurut saya, materi pada IPS terpadu jenjang SMP yang paling sulit saya pahami adalah bagian Geografi pada materi tentang Peta, globe, atlas dan citra satelit. Karena saya seringkali sulit untuk membaca dan memahami sebuah peta, terlalu banyak komponen dalam peta yang harus dipahami dan dihafal. Kemudian banyak juga simbol yang harus dihafal, saya adalah tipe orang yang sulit untuk menghafal sebuah simbol.
NPM: 2513032045
Menurut sayaa dari ke 4 Bidang IPS itu yang cukup sulit adalah EKONOMI, di karnakan dalam proses pemebelajaran lebih menerapkan proser hitung menghitung apalagi di kelas IX yang cupuk rumit dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari ini yang para peserta didik butuhkan adalah bagaimana cara memecahkan masalah tentang Krisis Ekonomi, Inflasi, Kemiskinan dan masih banyak lagi hal hal tersebutlah yang kita butuh kan. Dan proses pemebalajaran terkadang masih terkesan monoton, bosen, terlalu berpatok dari teori yang ada dan tidak memaparkan dari kondisi yang ada di realitas kehidupan sesungguhnya.
NPM: 2513032069
Menurut saya, materi IPS terpadu yang paling sulit dipahami dijenjang SMP biasanya ada pada geografi (dinamika atmosfer, hidrosfer, geosfer), ekonomi (APBN, globalisasi, ketahanan energi/pangan), serta sosiologi (perubahan dan konflik sosial). Kesulitannya karena materinya yang abstrak, banyak istilah, dan menuntut analisis kritis. Inilah yang membuat siswa dan siswi dijenjang SMP sering kesulitan memahami tanpa bantuan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.
NPM : 2513032046
Jawaban
menurut saya bidang yang lumayan sulit dipelajari pada ips terpadu kelas 8 yaitu pada bidang sejarah karna terlalu banyak cakupan materi ataupun informasi yang ada sedangkan minat membaca siswa jaman sekarang minim, oleh karna itu sulit untuk memahami materi yang diberikan, apalagi dengan sistem pembelajaran yang monoton.
NPM: 2513032054
Menurut saya materi dari ips terpadu yang sulit dipahami pada semua jenjang adalah materi sejarah, karena sejarah itu menurut saya sendiri tidak akan ada habisnya, dan saya pribadi merasakan kesulitan tersebut pada saat sedang duduk di bangku sekolah yang dimana kita harus mempelajari hal yang sama sekali tidak dirasakan secara langsung juga banyak hafalan seperti tahun, nama tokoh, dan peristiwa yang harus diingat. jika kita melewatkan salah satu dari materi yang ada di dalam sejarah tersebut, maka akan sulit untuk memahami materi yang ada dibawahnya karena konsep sejarah sendiri pastinya berurutan.
Npm: 2513032037
Menurut Saya sendiri Materi IPS Terpadu yang sulit Adalah Materi kelas Xl Ekonomi Terutama tentang Pembangunan ekonomi nasional,Globalisasi & dampaknya APBN & APBD Dan Ketahanan pangan & energi.karna materi ini harus mempelajari istiliah istilah rumit,pemahaman angka,tabel dan lain lainnya lagi Dan juga saya tidak terlalu pintar tentang perhitungan. serta Saya sering kesulitan memahami bagaimana anggaran itu dibuat, dibagi, serta dampaknya terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari.
Npm:2513032066
Menurut saya sistem Ekonomi di indonesia kelas VIII perdagangan & kegiatan ekonomi masyarakat koperasi BUMN, BUMS. munurut saya, saya sulit dalam memahami materi ekonomi dan juga rumusnya.
NPM : 2513032049
Menurut saya materi yang di anggap paling sulit di jenjang kelas 8 pada materi sejarah, karena di jenjang tersebut siswa harus lebih banyak analisis terkait kolonialisme di mana harus menganalisis bagaimana penjajahan mempengaruhi Indonesia dari berbagai aspek, seperti ekonomi, politik, dan sosial. Siswa juga harus memahami peran tokoh-tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan dan bagaimana penjajahan membentuk identitas bangsa kita. Ini memerlukan kemampuan analisis yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang konteks sejarah.
Nama: Kharisya Syifa Anindita
NPM: 2513032064
Menurut saya, materi geografi di kelas IX cukup sulit, khususnya pada topik interaksi Indonesia dengan negara ASEAN dan dunia serta dinamika alam yang mencakup atmosfer, hidrosfer dan geosfer.
Alasannya karena siswa harus memahami konsep yang luas dan abstrak, misalnya hubungan kerja sama antarnegara, dampak globalisasi terhadap kondisi geografis, sampai analisis perubahan lingkungan. Materi ini tidak hanya hfalan tapi juga butuh kemampuan untuk mengaitkan fenomena nyata seperti perubahan iklim, pencemaran lingkungan, atau kerja sama internasional dengan materi yang dipelajari.
NPM : 2513032039
Menurut saya materi IPS terpadu yang saya anggap sulit adalah sejarah, baik dari jenjang sekolah dasar (SD) atau sekolah menengah pertama (SMP). Materi sejarah menuntut siswanya untuk memahami sekaligus menghafal mengenai peristiwa penting yang terjadi di Indonesia sampai lingkup global. Apalagi kebanyakan guru Sejarah menjelaskan materi dengan cara metode ceramah karena pastinya siswa punya gaya belajarnya sendiri seperti visual, visualaudio, auditori ataupun kinestetik. Jadi peran guru juga penting dalam cara mengajarkan materi sejarah ini apalagi pembelajaran materinya jika di siang menjelang sore pastinya akan membuat siswanya menjadi malas dan rawan mengantuk
NPM : 2513032041
Saya memilih bidang sosiologi kelas IX sebagai mata pelajaran yang sulit saya pahami tentang - Perubahan sosial & modernisasi - Konflik sosial & Integrasi - Globalisasi dan damlaknya. Karena di situ ada 1 materi yang membuat saya bingung yaitu integarasi, yang dimana disitu banyak macam macam integrasi, yaitu ada integrasi Normatif, Integrasi Fungsional, dan Integrasi koersif yang membuat saya bingung untuk memahaminya.
NPM : 2513032050
Menurut saya materi IPS Terpadu yang sulit pada materi Geografi lebih tepatnya pada Dinamika atmosfer, hidrosfer, dan geosfer di kelas IX itu memang paling bikin pusing. Karena kita harus memahami bagaimana setiap lapisan bumi itu saling terhubung dan memengaruhi satu sama lain. Terus banyak istilah-istilah rumit dan konsep fisika-kimia yang butuh pemahaman mendalam. Mikirin siklus air, perubahan iklim, sampai pergerakan lempeng tektonik aja udah bikin kepala pusing. Materi Dinamika atmosfer, hidrosfer, dan geosfer memang butuh konsentrasi ekstra, beda sama materi di kelas VII atau VIII yang masih lebih ke arah pengenalan. Jadi, wajar kalau materi ini menjadi materi yang sulit.
NPM : 2513030267
Menurut saya yang paling sulit dipelajari adalah pelajaran Sejarah, karna materinya padat dan penuh hafalan (tahun, peristiwa, tokoh, organisasi). selain itu juga harus bisa memahami alur kronologis dari masa perjuangan, demokrasi liberal, terpimpin, Orde Baru, sampai Reformasi.
Jadi sering membuat bingung karena tidak cukup hanya menghafal, tapi juga harus mengerti urutannya dan keterkaitan antar peristiwa.
NPM: 2513032052
Dari hasil analisis yang saya lakukan terhadap 2 bacaan tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa yang paling sulit adalah Geografi di kelas IX, Alasannya dikarenakan disitu belajar tentang Dinamika atmosfer, hidrosfer, geosfer dimana materi tersebut berkaitan dengan pembahsan Lempeng Bumi Tektonik, Perubahan Cuaca, Prediksi Cuaca dan Komposisi Atmosfer dan masuknya pribahasa atau materi Fisika dan Kimia yang di campurkan menjadi satu Menjadi Geografi dan materi per uraiannya.
Nama : Sabila Rismawati
NPM : 2513032055
menurut saya materi yang paling sulit pada jenjangnya yang adalah sejarah pada jenjang kelas VIII, hal ini dikarenakan sejarah pada jenjang tersebut meliputi banyak pembahasan seperti kolonialisme dan imperialisme di Indonesia, perlawanan terhadap penjajah, dan kebangkitan nasional seperti organisasi Budi Utomo dll. Pembahasan sejarah seringkali terpaku pada teoritis sehingga peserta didik kesulitan untuk memahami materi, selain itu pembelajaran yang terlalu terpaku pada pembahasan materi kerapkali membuat peserta didik bosan. Maka dari itu diperlukan pola ajar yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan materi pembelajaran, yang tidak hanya berpaku pada hafalan tetapi juga melibatkan interaksi di dunia nyata.
Nama: Zulfaa Adinda Hasnaa Isnaini
NPM: 2513032044
Menurut saya, salah satu materi yang cukup sulit dalam mata pelajaran IPS Terpadu adalah materi kehidupan masa praaksara di Indonesia dalam pelajaran sejarah. Hal tersebut karena materi tersebut menggunakan banyak istilah khusus yang digunakan untuk menandai berbagai peristiwa penting dalam sejarah, yang seringkali membingungkan karena kemiripannya. Selain itu, materi kehidupan praaksara di Indonesia memiliki cakupan yang sangat luas dan kompleks.
NPM : 2513032059
berdasarkan saya pribadi materi IPS di jenjang SMP yang lumayan sulit untuk di pahami terletak pada mata pelajaran geografi khususnya pada interaksi Indonesia dengan negara Asean karna dari saya pribadi lumayan sulit untuk memahami hubungan antara Indonesia dan negara Asean serta dunia, selain itu materi nya juga lumayan kompleks sehingga perlu memahami lebih dalam mengenai materi tersebut
NPM : 2513032038
Dijabarkan dari dua materi soft file yang tertera bahwasanya materi -materi yang di berikan ada di jenjang sekolah menengah pertama mulai dari kelas VII-IX Bahasan IPS Terpadu, Yang menurut saya sulit atau terkendala di materi nya adalah Materi Citra satelit,Peta dan atlas yang dimana materinya satu sama lain berkaitan., mata pelajaran Geografi kelas VIII dan materi APBN dan APBD mata pelajaran Ekonomi kelas IX.
Alasan mengapa saya katakan bahwa Materi Citra satelit,Peta dan atlas (Geografi) sulit karena menurut saya peta memiliki jenis dan fungsi yang berbeda sehingga harus dipahami satu per satu untuk memposisikan peta ini termasuk yang mana dan salah jenis peta bisa ikut salah rumus dan salah perhitungan, selain itu kemampuan membaca simbol mengingat ngingat letak-letak posisi dan skala banding negara ke negara lain yang kadang membuat bingung dan membutuhkan konsentrasi ekstra.
Dan untuk materi APBN Dan APBD (Ekonomi) sulit karena materi ini menggunakan bahasa bahasa istilah ekonomi yang harus kita tahu terlebih dahulu yang bahasanya kadang jarang kita dengar, selain harus di hafal kita juga harus tau fungsi fungsi bahasa istilahnya, banyak rumus dan komponen ke bawah yang harus di hafalkan untuk memecahkan materi ini serta angka angka yang banyak karna tidak terhitung berapa rupiah saja,.
Alasan-alasan tersebutlah yang membuat saya mengatakan materi materi tersebut saya golongkan ke materi yang sulit.
Npm : 2513032060
Menurut pandangan saya materi yang paling sulit adalah pelajaran Geografi kelas IX di karenakan kita harus memahami lebih mendalam mengenai dinamika atmosfer geosfer untuk lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Dimana untuk mendapatkan itu kita harus meneliti lebih lanjut untuk mengetahui dan memahami dinamika atmosfer di dalam lingkungan hidup
NPM : 2513032065
Menurut saya materi IPS yang cukup sulit yaitu materi geografi kelas IX karena membahas tentang dinamika atmosfer, hidrosfer, dan geosfer. Materi ini menuntut peserta didik untuk memahami konsep ilmiah yang abstrak, seperti lapisan atmosfer, siklus hidrologi, atau proses geologi, yang seringkali sulit dibayangkan tanpa alat peraga atau praktik langsung. Peserta didik tidak hanya dituntut untuk menghafal istilah saja, melainkan juga menganalisis hubungan antara fenomena alam dengan kehidupan sosial, contohnya saja dampak perubahan iklim terhadap aktivitas manusia. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS yang menekankan keterampilan berpikir kritis dan analisis data peta, grafik, serta citra satelit. Tanpa pendekatan secara kontekstual, materi ini terasa rumit dan membuat peserta didik kesilitan menghubungkannya dengan pengalaman nyata.
NPM : 2513032056
Menurut saya dari materi IPS Terpadu yang ada dalam dokumen sebaran materi IPS di atas, yang saya anggap paling sulit dijenjang SMP (kelas 7,8, dan 9) adalah materi Geografi. Karena dalam materi Geografi ada subtema pembelajaran materi seperti peta, citra satelit, globe, bentuk muka bumi, dinamika atmosfer, hidrosfer, dan geosfer yang menurut saya harus memerlukan pendalaman terhadap pemahaman materi yang mendalam seperti menghitung peta, citra satelit harus memerlukan penjelasan dan pemahaman fokus belajar yang mendalam dan intens, dinamika atmosfer, hidrosfer, dan geosfer juga ada perbedaan-perbedaan yang harus bisa membedakan dari materi tersebut. Disini memang harus terdapat kolaborasi yang maksimal dari guru dan juga peserta didik untuk bisa menjelaskan materi yang bisa dengan mudah dipahami oleh peserta didik, serta peserta didik juga harus setimpal dengan berusaha mencari sumber belajar lainnya seperti sumber bacaan dan bisa juga melalui bimbingan belajar tambahan.
NPm: 2513032048
Menurut saya bidang pendidikan yang ada di ips terpadu yang termasuk sulit adalah materi yang ada pada mata pelajaran sejarah, terutama pada kelas VIII, karena dalam materi sejarah pada jenjang ini terutama materi tentang Kolonialisme & Imperialisme , karena kolonialisme ini sendiri merupakan praktik penguasaan suatu negara terhadap wilayah lain untuk eksploitasi sumber daya alam dan tenaga kerja, sedangkan Imperialisme adalah kebijakan untuk memperluas pengaruh dan kekuasaan suatu negara atas negara lain, baik melalui dominasi politik, ekonomi ataupun budaya. sebab konsep yang ada pada materi ini cukup abstrak, selain itu juga kolonialisme ini sendiri bukan sekedar bentuk penjajahan fisik, namun juga melibatkan kekuasaan, politik, ekonomi yang memerlukan kemampuan berpikir yang abstrak dan juga analisis yang cukup tinggi. Jadi pada materi ini memang memerlukan metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif agar dapat membantu siswa memahami materi ini dengan baik.
NPM: 2513032047
Menurut saya materi IPS terpadu yang sulit pada jenjang kelas 7 adalah materi konsep ruang, lokasi, interaksi antarruang, kehidupan masa praaksara di Indonesia, interaksi sosial dan dinamika sosial karena membutuhkan daya analisis tinggi, sedangkan materi IPS di kelas 8 yang sulit menurut saya adalah kolonialisme dan imperialisme di Indonesia karena memuat banyak peristiwa sejarah, dan pada kelas 9 materi yang menurut saya sulit yaitu dinamika atmosfer, hidrosfer, geosfer serta APBN & APBD karena memerlukan pemahaman tentang lingkungan dan pemahaman tentang sistem keuangan negara
NPM : 2513032068
1. kelas VII, materi yang sulit yaitu letak geografis, bentuk muka bumi, kehidupan masa praaksara, interaksi sosial dan dinamika sosial. karena membutuhkan pemahaman peta, melibatkan konsep tiga dimensi yang tidak mudah di bayangkan, serta tentang masa lampau yang jauh dan hanya didukung bukti terbatas.
2. kelas VIII, materi yang sulit yaitu dinamika kependudukan, kolonialisme dan imperialisme, struktur sosial dan diferensiasi sosial. karena memerlukan keterampilan membaca data, tabel, untuk memahami kelahiran, kematian, serta migrasi. selain itu butuh pemahaman sejarah yang mendalam termasuk kebijakan penjajah dan dampaknya yang kompleks.
3. Kelas IX, materi yang sulit yaitu dinamika atmosfer, hidrosfer, geosfer, APBN dan APBD, perubahan sosial dan modernisasi. karena menuntut pemahaman mengenai dataa geografi, analisis data, konsep ekonomi, angka, istilah keuangan negara, dan perlu memahami konsep abstrak mengenai perubahan masyarakat, nilai, dan budaya.
Npm: 2513032061
Menurut saya Mata Pelajaran geografi itu sulit di jenjang SMP, karena di Mata Pelajaran Geografi ini anak di ajarkan bagaimana menghitung peta bumi, dan lain-lain, di umur segitu anak yang barusan beranjak dewasa dan sebagian anak belum bisa meneriima ajaran yang sulit, karena menurut saya sendiri dengan belajar geografi, itu tidak terlalu efektif bagi anak smp, namun jika pelajaran ekonomi itu sangat efektif, karena anak yang intinya di ajarkan untuk memenejemen ekonominya sebaik mungkin.
NPM : 2513032062
Menurut saya, materi IPS Terpadu yang dianggap sulit pada jenjangnya adalah materi Geografi, karena geografi banyak mencakup hal-hal tentang bumi. Geografi bukan hanya menghafal tapi juga memahami hubungan fenomena alam dengan kehidupan manusia , misalnya bagaimana iklim memengaruhi kehidupan manusia atau hubungan letak geografis dengan kegiatan ekonomi.Akan tetapi di sekolah geografi diajarkan lewat buku dan hafalan, bukan lewat praktik lapangan atau eksperimen sederhana, Sehingga siswa sulit memahami nya.
NPM : 2513032043
menurut saya, materi IPS terpadu jenjang SMP yang paling sulit adalah pada kelas XI karena cakupan materinya cukup luas membahas interaksi Indonesia dengan negara ASEAN dan di dunia, dinamika atmosfer, hidrosfer, geosfer serta lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. menurut saya itu cukup sulit untuk di pahami
NPM: 2513032058
menurut saya materi ips yang sulit adalah geografi karena materinya luas, banyak hafalan, harus memahami konsep alam dan sosial sekaligus, serta membutuhkan kemampuan membaca peta dan data. materinya antara lain, dinamika kependudukan, atmosfer hidrosfer, geosfer, lingkungan hidup, kondisi alam, dan peta
NPM:2513032042
Menurut saya materi IPS terpadu sulit adalah ekonomi jenjang sekolah smp karena ekonomi memiliki konsep konsep ekonomi contoh nya kebutuhan ke lengkapan dan harga jual dan beli pada masyarakat dan juga sistem ekonomi bersifat abstrak dan tidak selalu terlihat secara langsung .Kesulitan juga muncul karena materi ekonomi menuntut kemampuan analisis sebab-akibat. Contohnya, kenaikan harga bahan bakar dapat memengaruhi biaya produksi, harga barang, hingga daya beli masyarakat.