BAHAN KAJIAN DAN SUB BAHAN KAJIAN
|
Pertemuan |
Bahan Kajian |
Sub‑Bahan Kajian |
|
1 |
Pengenalan Micro Teaching |
Definisi, sejarah, tujuan, manfaat (adaptasi dari Stanford: video-review model) |
|
Prinsip & Keterampilan Dasar |
8–10 keterampilan mengajar: membuka, menjelaskan, bertanya, variasi, peneguhan, diskusi kecil, manajemen kelas, penutup |
|
|
2 |
Desain Modul & Skenario |
Struktur modul ajar: tujuan, materi, alur, media, durasi |
|
Perencanaan Micro Teaching |
Penyusunan RPP micro teaching |
|
|
3 |
Rekam Diri & Penggunaan Media |
Teknik perekaman video, etika, teknologi digital |
|
4–5 |
Praktik Micro Teaching I |
Sesi kelompok kecil, implementasi keterampilan dasar |
|
6 |
Analisis Video & Feedback |
Teknik peer review, rubrik, umpan balik konstruktif |
|
7 |
Refleksi & Revisi |
Menulis refleksi, melakukan perbaikan berdasarkan feedback |
|
8-9 |
Praktik Micro Teaching II |
Penerapan perbaikan, siklus mengajar berulang |
|
10-11 |
Kolaborasi Peer Supervision (Praktik Micro Teaching III) |
Pengajaran bergilir & self-evaluation |
|
12 |
Micro Teaching di Era Digital |
Penggunaan platform digital dan feedback real-time |
|
13 |
Evaluasi & Asesmen |
Rubrik pengajaran, asesmen peer & dosen |
|
14-15 |
Presentasi & Portofolio (Praktik Micro Teaching IV) |
Penyajian portofolio: modul, video, refleksi |
|
16 |
Refleksi Akhir & Tindak Lanjut |
Diskusi keseluruhan, hubungan ke praktik lapangan (PLP) |