PARTISIPASI

PARTISIPASI

Jumlah balasan: 17
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Ade Bagus Putri -
Saya hadir dalam perkuliahan dan mempelajari tentang Pengembangan Keterampilan dalam PIPS di Era 4.0 dan Society 5.0.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Tria Anisa -
Pengembangan keterampilan (skills) dalam pembelajaran IPS menjadi sangat penting di era 4.0 dan Society 5.0. Transformasi digital mendorong pendidikan untuk mengedepankan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas, seiring dengan nilai-nilai sosial dan karakter.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Abdaa Idzaa Shollaa -
Pengembangan keterampilan dalam konteks pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi sangat krusial di tengah kemajuan teknologi yang ditandai oleh era 4.0 dan konsep Society 5.0. Dalam situasi ini, transformasi digital berperan sebagai pendorong utama bagi dunia pendidikan untuk lebih menekankan pentingnya keterampilan berpikir kritis, kemampuan berkolaborasi, serta daya kreativitas. Hal ini sejalan dengan upaya untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan karakter yang kuat dalam diri peserta didik.
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, tantangan yang dihadapi oleh generasi saat ini semakin kompleks. Oleh karena itu, pendidikan tidak hanya dituntut untuk memberikan pengetahuan akademis, tetapi juga harus mampu membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dan aplikatif. Keterampilan berpikir kritis, misalnya, sangat diperlukan agar siswa dapat menganalisis informasi dengan baik, mengevaluasi argumen, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data yang ada.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Indah Handayani -
Izin menanggapi, Bapak. Menurut Indah, di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, pembelajaran PIPS tidak cukup hanya fokus pada pengetahuan sosial, tapi juga harus mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan, seperti critical thinking, problem solving, kolaborasi, dan literasi digital. Masyarakat saat ini dan ke depan sangat dinamis, penuh dengan tantangan global dan perkembangan teknologi yang cepat. Oleh karena itu, guru harus mampu merancang pembelajaran PIPS yang mendorong siswa aktif menganalisis isu sosial, berkolaborasi, dan memanfaatkan teknologi secara bijak, sehingga mereka siap menjadi warga negara yang adaptif, kritis, dan peduli sosial.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Maria Vionita Widiastuti -
Pengembangan keterampilan (skills) dalam pembelajaran IPS menjadi sangat penting di era 4.0 dan Society 5.0. Transformasi digital mendorong pendidikan untuk mengedepankan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas, seiring dengan nilai-nilai sosial dan karakter. Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi integrasi teknologi dan pendekatan pembelajaran yang fleksibel seperti
project-based learning, yang memperkuat aspek kognitif, afektif, danvpsikomotorik siswa. Dengan dukungan semua pihak, pembelajaran IPS dapat mencetak generasi yang adaptif, kompeten, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.