PARTISIPASI

PARTISIPASI

Jumlah balasan: 16
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Njuah Mayatih Lumban Gaol -
Strategi pembelajaran eksperimen adalah metode yang berfokus pada aktivitas langsung siswa dalam melakukan percobaan, mengamati fenomena, dan menyimpulkan berdasarkan fakta yang diperoleh di lapangan atau laboratorium / merupakan prosedur secara sistematis untuk melihat sebab akibat. Metode ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga melatih keterampilan proses sains, berpikir kritis, serta kemampuan pemecahan masalah.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Annisa Fitria -
Terima kasih atas penjelasan materinya. Dapat dipahami bahwa strategi pembelajaran eksperimen merupakan metode yang menekankan pada pengalaman langsung siswa dalam proses belajar. Pendekatan ini dinilai efektif untuk menumbuhkan keterlibatan aktif, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Siswa tidak hanya menerima teori, tetapi juga membuktikannya melalui percobaan. Meskipun memiliki beberapa kelemahan seperti keterbatasan alat, waktu, dan kemungkinan eksperimen tidak berjalan sesuai rencana, strategi ini sangat relevan terutama dalam pembelajaran sains dan teknologi karena mampu mengaitkan teori dengan praktik secara nyata.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Anisa Maharani Azzahra -
Terima kasih atas penjelasan materinya. Dapat dimengerti bahwa strategi pembelajaran eksperimen adalah metode yang berfokus pada aktivitas langsung siswa dalam melakukan percobaan, mengamati fenomena, dan menyimpulkan berdasarkan fakta yang diperoleh di lapangan atau laboratorium / merupakan prosedur secara sistematis untuk melihat sebab akibat.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Aulia Dewi Rachmawati -
Terima kasih atas penjelasan materinya. Dapat dimengerti bahwa strategi pembelajaran eksperimen adalah metode yang berfokus pada aktivitas langsung siswa dalam melakukan percobaan, mengamati fenomena, dan menyimpulkan berdasarkan fakta yang diperoleh di lapangan atau laboratorium / merupakan prosedur secara sistematis untuk melihat sebab akibat.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Arlita Ratna Dewi 2413053167 -
Strategi pembelajaran eksperimen merupakan rangkaian dari teori konstruktivisme yang menekankan pada pembelajaran aktif serta partisipatif dari peserta didik sehingga mereka mendapatkan pengalaman baru dengan cara melakukan suatu percobaan dan mengamati prosesnya, serta menarik kesimpulan sendiri dari hasil yang diperoleh. strategi pembelajaran eksperimen adalah metode yang berfokus pada aktivitas langsung siswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Ratu Ayu Aprilia Melga -
Baik Terimakasih Kelompok 3. Jadi, pembelajaran eksperimen merupakan metode yang mengajak siswa terlibat aktif dalam kegiatan percobaan untuk memahami konsep secara langsung. Metode ini mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, eksploratif, dan keterampilan memecahkan masalah. Walaupun menarik dan efektif, metode ini membutuhkan alat, waktu, serta perencanaan yang matang. Dengan penerapan yang tepat, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh YULIA CITRA -
Terima kasih atas penjelasan materi nya dapat kita ketahui bahwa Pembelajaran eksperimen adalah suatu pendekatan dalam proses belajar mengajar yang menekankan pada kegiatan percobaan atau praktik langsung untuk menemukan, membuktikan, atau memahami suatu konsep atau prinsip. Pembelajaran ini biasanya digunakan dalam mata pelajaran yang bersifat ilmiah, seperti sains, fisika, kimia, atau biologi, namun juga bisa diterapkan di bidang lain.
Sebagai balasan YULIA CITRA

Re: PARTISIPASI

oleh Ni Kadek Indah Sari -
Terimakasi untuk penyampaian materi yang sangat baik, saya dapat memahami bahhwa strategi Pembelajaran eksperimen adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan praktis untuk mengamati, mengeksplorasi, dan menganalisis fenomena.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Cantika Nabilla -
Terima kasih atas penjelasan materinya. Dapat dipahami bahwa strategi pembelajaran eksperimen merupakan metode yang memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung, sehingga mereka dapat memahami materi secara nyata dan melatih kemampuan berpikir ilmiah serta kreativitas
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Sabrina Azzahra -
terima kasih atas pemaparannya yaitu Strategi pembelajaran eksperimen adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam melakukan percobaan atau eksplorasi untuk memahami konsep atau fenomena tertentu. Siswa diajak merancang, mengamati, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari kegiatan praktik secara langsung. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam proses eksperimen.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Annisa Rahayu -
Terimakasih atas pemaparan materi nya, dapat saya pahami bahwa strategi ini mendorong siswa untuk aktif mengeksplorasi, berpikir kritis, dan memahami konsep secara mendalam melalui praktik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Hikmah Apriasih Riswanti -
Terima kasih penjelasan materinya sangat baik. Jadi dapat saya pahami bahwa metode eksperimen merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman langsung dan metode ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: PARTISIPASI

oleh Cintia Dwi Cahyati -
Terimakasih atas materi yang telah diberikan. Dari materi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran eksperimen adalah metode mengajar yang mengajak siswa untuk melakukan percobaan, mengamati, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari hasil percobaan tersebut. Tujuan utama metode ini adalah untuk mempraktikkan teori yang telah dipelajari, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran melalui pengalaman langsung.