FORUM DISKUSI 10

FORUM DISKUSI 10

Number of replies: 15

ZZ

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan video rekaman presentasi untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan Video Presentasi dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah dan ada dua pilihan cara yang dapat kalian lakukan untuk mengupload video presentasi, silahkan diikuti salah satu caranya.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
  3. Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

zz

  • Video presentasi diunggah dengan cara embed file: 1) Masukkan video presentasi ke google drive. 2) Klik get link, 3) ganti menjadi anyone with the link, 4) klik dua kali file yg sudah diunggah, 5) klik titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik buka dijendela baru, 6) klik tanda titik tiga kembali di pojok kanan atas, klik sematkan item (embed file), 7) buka forum vclass, klik reply, 8) klik tanda panah ke bawah samping huruf A di bagian atas sebelah kiri, kemudian klik tana </> dan copykan link video pada sematkan item, 9) ubah angka yg tertera menjadi 500 dan 300.
  • Video presentasi diunggah dengan cara memasukkan video ke youtube dan klik bagikan, copy link youtube, kemudian masukkan di forum diskusi pada bagian create link, lalu terakhir klik create link dan post to forum, seperti gambar berikut ini:

zz



In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 10

Rakih Nova Sagita Sagita གིས-
Nama : Rakih Nova Sagita
Kelas : 2G
NPM : 2453053024
Menurut kalian , Apa tujuan utama dari strategi pembelajaran yang dipilih dalam perencanaan pembelajaran anak SD, dan bagaimana strategi tersebut disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak usia tersebut?
In reply to Rakih Nova Sagita Sagita

Re: FORUM DISKUSI 10

Gyna Nursalapiah གིས-
Tujuan utama strategi pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran anak SD adalah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dan mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Strategi tersebut disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak SD, yang berada dalam tahap operasional konkret, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung, visual, dan interaktif.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 10

Azzahra Diyah གིས-
Nama : Azzahra Diyah Ayu Rahmafitri
NPM : 2413053223
Menurut kalian bagaimana cara menilai keberhasilan langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun? Lalu apa yang perlu di tingkatkan dan bagaimana cara kalian akan meningkatkannya? Terimakasih
In reply to Azzahra Diyah

Re: FORUM DISKUSI 10

Clarisa Daniar གིས-
manurut saya Keberhasilan langkah-langkah pembelajaran dapat dinilai dengan melihat pencapaian tujuan pembelajaran, keaktifan siswa selama proses, dan hasil penilaian baik formatif maupun sumatif. Selain itu, refleksi guru dan umpan balik dari siswa juga penting untuk mengetahui efektivitas setiap langkah.

Hal yang perlu ditingkatkan bisa berupa variasi metode mengajar, penggunaan media pembelajaran, dan cara memotivasi siswa. Untuk meningkatkannya, guru bisa mengikuti pelatihan, mencoba pendekatan baru dalam pembelajaran, serta melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala berdasarkan pengalaman mengajar dan masukan dari siswa.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 10

Clarisa Daniar གིས-
Nama : Clarisa Daniar
2413053220
izin bertanya ya kelompok 4,
Jika seorang siswa menunjukkan hasil buruk pada penilaian sumatif tapi aktif dan berkembang saat tugas proyek atau portofolio, penilaian seperti apa yang seharusnya lebih diprioritaskan? Mengapa?
In reply to Clarisa Daniar

Re: FORUM DISKUSI 10

Rakih Nova Sagita Sagita གིས-
Izin menjawab pertanyaan dari Clarisa Daniar
Jika seorang siswa menunjukkan hasil buruk pada penilaian sumatif tetapi aktif dan berkembang pada tugas proyek atau portofolio, maka penilaian formatif dan autentik (seperti proyek dan portofolio) seharusnya mendapat prioritas lebih tinggi dalam mengevaluasi pemahaman dan perkembangan siswa secara menyeluruh. Berikut alasannya:
1. Penilaian Autentik Lebih Mewakili Kompetensi Nyata
Proyek dan portofolio seringkali mencerminkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi, yang tidak selalu tergambar dalam tes tertulis atau sumatif.
2. Proses Belajar Lebih Penting dari Hasil Akhir
Aktivitas seperti proyek memungkinkan guru untuk melihat proses belajar, bukan hanya hasil akhir. Ini membantu menilai sejauh mana siswa benar-benar memahami materi dan mengaplikasikannya.
3. Penilaian Formatif Mendukung Pertumbuhan Berkelanjutan
Tugas-tugas proyek seringkali memberikan umpan balik berkelanjutan dan mendorong refleksi diri, yang membuat siswa bisa belajar dari kesalahan dan memperbaiki performa.
4. Beragam Gaya Belajar dan Kecerdasan
Penilaian proyek dan portofolio menghargai keanekaragaman gaya belajar siswa. Seorang siswa yang tidak unggul dalam tes tertulis mungkin justru menonjol dalam kegiatan praktis atau kreatif.
5. Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan
Keterlibatan aktif dalam tugas proyek sering kali menunjukkan motivasi intrinsik dan minat yang tinggi terhadap pembelajaran faktor penting dalam kesuksesan jangka panjang.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 10

Leina Ayudya གིས-
Nama : Leina ayudya
Npm: 2453053032
Pertenyaan: bagaimana penilaian formatif dapat membantu guru memantau kemajuan siswa dalam proses pembelajaran?
In reply to Leina Ayudya

Re: FORUM DISKUSI 10

Rakih Nova Sagita Sagita གིས-
Izin menjawab pertanyaan dari Leina Ayudya
Penilaian formatif membantu guru memantau kemajuan siswa dengan cara mengumpulkan informasi secara terus-menerus selama proses belajar. Ini memungkinkan guru untuk:
1.Mengetahui sejauh mana siswa memahami materi.
2.Memberi umpan balik segera agar siswa bisa memperbaiki kesalahan.
3.Menyesuaikan metode mengajar sesuai kebutuhan siswa.
4.Mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 10

GEMPITA TRIANA DEWI 2453053037 གིས-
Nama: Gempita Triana Dewi
NPM: 2453053037
Izin bertanya, menurut kalian apa tantangan yang sering dihadapi dalam menganalisis alat penilaian dan bagaimana solusinya menurut kalian?
In reply to GEMPITA TRIANA DEWI 2453053037

Re: FORUM DISKUSI 10

Rakih Nova Sagita Sagita གིས-
Izin menjawab pertanyaan dari Gempita Triana Dewi
menurut saya:
1. Alat penilaian kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran
Sering kali soal atau tugas tidak benar-benar mengukur kompetensi yang ingin dicapai.
Solusi:
Pastikan alat penilaian dirancang berdasarkan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. Gunakan tabel spesifikasi (blueprint) agar penilaian tepat sasaran.
2. Penilaian kurang valid dan reliabel
Soal bisa terlalu mudah, terlalu sulit, atau menimbulkan tafsir ganda.
Solusi:
Lakukan uji coba soal (item analysis), minta umpan balik dari rekan sejawat, dan gunakan rubrik penilaian yang jelas untuk menjaga objektivitas dan konsistensi.
3. Kesulitan dalam menilai keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS)
Analisis soal yang menilai analisis, sintesis, atau evaluasi sering lebih kompleks.
Solusi:
Gunakan soal terbuka, studi kasus, atau tugas proyek yang mendorong siswa berpikir kritis. Lengkapi dengan rubrik yang jelas agar penilaian bisa dilakukan secara adil.
4. Kurangnya waktu untuk analisis mendalam
Guru sering kewalahan dengan banyaknya siswa dan keterbatasan waktu.
Solusi:
Manfaatkan teknologi atau aplikasi penilaian untuk membantu analisis hasil, dan buat penilaian formatif yang sederhana tapi bermakna untuk memantau proses belajar.
5. Ketidaksesuaian antara penilaian dan konteks siswa
Kadang soal tidak sesuai dengan latar belakang atau pengalaman siswa.
Solusi:
Pastikan alat penilaian kontekstual dan relevan, agar siswa bisa memahami dan menjawab sesuai pengalaman atau kemampuan mereka.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 10

Ria Selvita Aditia Putri 2413053222 གིས-
Nama :Ria Selvita Aditia Putri
NPM : 2413053222
Izin bertanya, Menurut kalian, apa tantangan terbesar dalam menerapkan penilaian proyek di kelas rendah SD? serta bagaimana solusinya?
In reply to Ria Selvita Aditia Putri 2413053222

Re: FORUM DISKUSI 10

Rakih Nova Sagita Sagita གིས-
Izin menjawab pertanyaan dari Ria Selvita Aditia Putri
menurut saya sendiri:
Tantangan terbesar dalam menerapkan penilaian proyek di kelas rendah SD adalah kemampuan siswa yang masih terbatas dalam bekerja mandiri dan memahami instruksi kompleks.
Solusinya:
1.Sederhanakan proyek dengan langkah-langkah yang jelas dan visual.
2.Libatkan orang tua sebagai pendamping di rumah.
3.Berikan contoh konkret dan panduan langsung di kelas.
4.Gunakan rubrik sederhana dengan gambar atau simbol yang mudah dipahami anak-anak.