DIskusi 3

DIskusi 3

Jumlah balasan: 46

Menurut Anda, faktor apa saja yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas?

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh 2413021065_Kelsi Lia Azzahra -
menurut saya, faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran di dalam kelas diantaranya adalah peran guru dalam proses pembelajaran di kelas, gaya belajar siswa, motivasi belajar siswa, dan lingkungan belajar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Fajar Miftah Mawla 2413021081 -
Menurut saya Faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas di antaranya adalah faktor Internal, Eksternal dan Faktor Pembelajaran . Karena dari faktor tersebut dapat mengubah ke efektivitasdan dalam pembelajaran
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Muhammad Rizky Aulia 2413021035 -
Menurut saya, yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran dalam kelas merupakan gaya mengajar seorang guru. Sehingga, smakin efisiensi dan relevan nya gaya mengajar seorang pendidik semakin efektif juga kegiatan pembelajaran dalam kelas
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Nur Laela Widianingrum 2413021069 -
Menurut saya, ada banyak faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas seperti:
1. Kualitas Pengajaran
pengajar yang benar-benar menguasai materi akan lebih mudah menjelaskan konsep yang rumit. Metode yang bervariasi, seperti diskusi, studi kasus, atau presentasi, bisa membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami. Guru yang bisa berkomunikasi dengan jelas dan efektif akan lebih mudah menyampaikan informasi dan memotivasi siswa.
2. Lingkungan Belajar
Kelas yang kondusif, tenang, dan nyaman akan membantu siswa fokus belajar. Fasilitas yang memadai, seperti proyektor, papan tulis, dan akses internet, bisa mendukung proses pembelajaran. Jumlah siswa yang ideal dalam kelas memungkinkan interaksi yang lebih baik antara guru dan siswa.
3.Karakteristik Siswa
Siswa yang termotivasi untuk belajar akan lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Memahami gaya belajar masing-masing siswa (visual, auditori, kinestetik) bisa membantu guru menyesuaikan metode pengajaran. Latar belakang pengetahuan dan pengalaman siswa juga memengaruhi kemampuan mereka dalam memahami materi baru.
4. Kurikulum dan Materi Pembelajaran
Materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari akan lebih mudah dipahami dan diingat. Materi yang terstruktur dengan baik akan memudahkan siswa mengikuti alur pembelajaran. Ketersediaan buku, artikel, dan sumber belajar lainnya akan mendukung siswa dalam memperdalam pemahaman materi.
5. Interaksi dan Partisipasi
Mendorong siswa untuk berdiskusi dan berbagi ide bisa meningkatkan pemahaman mereka tentang materi. Kerja kelompok bisa melatih siswa untuk bekerja sama dan belajar dari teman sebaya. Memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa akan membantu mereka memperbaiki diri dan meningkatkan prestasi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Nabila Restu Chania 2413021025 -
Menurut saya, ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas, yaitu:
• Guru yang berkualitas, memiliki pengetahuan yang luas, keterampilan mengajar yang baik, dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
• Murid yang termotivasi, dengan adanya guru yang berkualitas maka mampu membuat murid memiliki motivasi tinggi untuk belajar sehingga lebih mudah menyerap informasi dan mencapai hasil yang baik.
• Kurikulum yang relevan.
• Sarana dan prasarana yang memadai mulai dari buku, alat peraga, dan teknologi akan mendukung proses pembelajaran.
• Lingkungan belajar yang kondusif nyaman, aman, dan bebas dari gangguan akan menciptakan suasana yang baik untuk belajar.
• Metode pembelajaran yang bervariasi membuat pembelajaran tidak membosankan dan sesuai dengan gaya belajar murid yang berbeda-beda.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Fira Aprilia Ningsih 2413021047 -
Efektifitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar kelas.

• Faktor dari dalam kelas meliputi :
1. Penggunaan metode dan strategi pembelajaran
2. Perencanaan materi pembelajaran
3. Penggunaan media pembelajaran
4. Evaluasi pembelajaran
5. Gaya mengajar guru
6. Suasana belajar yang menarik
7. Persiapan belajar siswa
8. Cara siswa mengikuti pelajaran
9. Aktivitas belajar mandiri siswa
10. Pola belajar siswa

• Faktor dari luar kelas meliputi:
1. Kesehatan, kecerdasan, perhatian, minat, dan bakat siswa
2. Keluarga, sekolah, disiplin sekolah, masyarakat, lingkungan tetangga, dan aktivitas organisasi
3. Lingkungan sekolah
4. Kebijakan pemerintah
5. Keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pendidikan anak
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Cahaya Agista 2413021039 -
Efektivitas pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti metode mengajar guru, motivasi dan minat siswa, lingkungan kelas yang kondusif, serta interaksi antara guru dan siswa. Selain itu, faktor seperti kesiapan belajar siswa dan dukungan dari orang tua juga berpengaruh efektivitas pembelajaran dalam kelas.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Charisma Nur Hasanah_2413021045 -
Menurut saya beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas adalah gaya mengajar guru, gaya belajar setiap siswa, kemampuan awal siswa atau pemahaman sebelumnya tentang materi yang mempengaruhi kecepatan belajar. Kemudian metode pengajaran yang digunakan oleh guru juga mempengaruhi efektivitas dalam pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Rohmatu Khoirunnisa 2413021067 -
Menurut saya faktor faktor yang mempengaruhi efektivitasi pembelajaran dalam kelas memiliki beberapa faktor seperti

Faktor Internal
-Kemampuan dan motivasi siswa
-Kualitas dan kemampuan guru
-Materi pembelajaran yang relevan dan menarik

Faktor Eksternal
-Lingkungan kelas yang nyaman dan kondusif
-Sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai
-Dukungan orang tua dan masyarakat
-Kebijakan pendidikan yang efektif

Faktor Interaksi
-Interaksi antara guru dan siswa
-Interaksi antara siswa dengan siswa lain
-Penggunaan teknologi pembelajaran yang efektif
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Cacelia Ferliza_2413021043 -
Efektivitas Pembelajaran dipengaruhi beberapa faktor baik dari dalam maupun dari luar siswa itu sendiri.

Faktor Internal siwa, merupakan faktor yang mempengaruhi pembelajaran siswa yang berasal dari dalam diri siswa seperti fisik atau psikologis. Contohnya minat, motivasi, kecerdasan, rasa Ingin tau dan lainya.
 
Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi siswa dalam proses belajar yang berasal dari luar individu.
Contohnya lingkungan sekolah , keluarga, teman, metode pengajaran guru. fasilitas pembelajaran dan lainnya
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Resti Dea Pratiwi 2413021019 -
Ada berberapa faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas diantaranya yaitu :
1. Penggunaan strategi dan metode pembelajaran
2. Merancang materi pembelajaran
3. Penggunaan media pembelajaran
4. Evaluasi pembelajaran
5. Gaya mengajar guru
6. Suasana belajar
7. Bahan belajar
8. Tujuan pembelajaran
9. Faktor fisik, seperti kondisi kesehatan, gangguan penglihatan, dan kehilangan pendengaran
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Putri Azzahra 2413021071 -
Faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas, diantaranya dipengaruhi oleh :
1. Interaksi antara guru dan siswa
2. materi, metode, lingkungan, teknologi, dan sistem evaluasi yang saling mendukung
Sebagai balasan Putri Azzahra 2413021071

Re: DIskusi 3

oleh Saqinah Zasqiah salsabillah 2413021013 -
Efektivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berhubungan. Adapun faktor utama yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar:
1. Kualitas guru mengajar. Guru yang kompeten dalam bidangnya, memiliki keterampilan mengajar yang baik, serta mampu berkomunikasi dengan siswa akan lebih efektif dalam menyampaikan materi serta guru juga perlu memiliki kemampuan manajemen kelas yang baik agar suasana belajar tetap kondusif.
2. Motivasi dan kesiapan siswa dalam pembelajaran. Siswa yang memiliki motivasi tinggi cenderung lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu, kesiapan mental, emosional, dan intelektual siswa juga berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam memahami materi yang diajarkan.
3. Metode dan strategi pembelajaran. Penggunaan metode yang tepat seperti diskusi, eksperimen, atau pembelajaran berbasis proyek, dapat meningkatkan keterlibatan siswa.
4. Lingkungan kelas yang kondusif. Suasana kelas yang nyaman, rapi, dan mendukung interaksi positif antara siswa dan guru dapat meningkat fokus serta semangat belajar siswa.
5. Penggunakan teknologi dan media pembelajaran. Pemanfaat teknologi seperti video, simulasi, atau platform e-learning dapat membantu menyajikan materi.
6. Diadakannya evaluasi dan umpan balik. Diberikannya umpan balik agar guru dapat mengukur kemampuan siswa terhadap pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Zahra Puspitasari 2413021041 -
Menurut saya faktor yang mempengaruhi pembelajaran yang efektif dikelas diantaranya kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam kelas, motivasi dan kemampuan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dalam kelas sehingga tercapai tujuan yang pembelajaran, dan lingkungan sekolah mempengaruhi proses pembelajaran karena fasilitas yang diberikan dapat membantu proses pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh NI LUH MADE UTARI 2413021075 -
Izin menjawab pertanyaan menurut anda, faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas?

Nama: NI LUH MADE UTARI
NPM: 2413021075
Kelas :24A

Efektivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh motivasi siswa, kualitas guru, strategi pembelajaran, serta lingkungan yang kondusif. Penggunaan media yang menarik, dukungan orang tua, dan umpan balik yang tepat juga berperan dalam meningkatkan pemahaman serta keterlibatan siswa. Semua faktor ini saling berkaitan untuk menciptakan pembelajaran yang optimal.
Sebagai balasan NI LUH MADE UTARI 2413021075

Re: DIskusi 3

oleh M. Rafi Rafsanjani 2413021033 -
Menurut saya, efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti ketrampilan guru dalam mengajar, motivasi siswa, lingkungan belajar, metode pembelajaran, dan yang paling penting adalah dukungan orang tua.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Rosda Yunia Istaltova 2413021017 -
Menurut saya efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, di antaranya yaitu :
1. Kualitas guru dalam mengajar seperti kemampuan untuk mengajar dan metode mengajar, penguasaan materi ajar serta kemampuan komunikasi dan interaksi dengan siswa dan juga kemampuan dalam mengelola kelas.
2. Metode Pembelajaran Penggunaan metode yang sesuai dengan materi dan karakter siswa (misalnya, diskusi, demonstrasi, atau pembelajaran berbasis proyek) dan variasi dalam strategi pembelajaran untuk menjaga keterlibatan siswa.
3. Motivasi dan Partisipasi Siswa
Minat siswa terhadap materi yang diajarkan dan keterlibatan aktif dalam diskusi dan tugas, kemudian rasa percaya diri dan kenyamanan dalam belajar
4. Sumber Belajar dan Teknologi
Ketersediaan buku, materi ajar, dan teknologi pendukung seperti komputer atau proyektor serta penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif yang mendukung proses pembelajaran.
5. Lingkungan Kelas
Suasana kelas yang kondusif dan bebas dari gangguan membuat suasana belajar lebih nyaman kemudian adanya hubungan positif antara guru dan siswa dan juga dukungan teman sebaya dalam proses belajar.
6. Evaluasi dan Umpan Balik
Adanya evaluasi yang jelas untuk mengukur pemahaman siswa dan umpan balik dari guru untuk membantu siswa memperbaiki pemahamannya.

Jika semua faktor ini diperhatikan dan dioptimalkan, pembelajaran dalam kelas dapat menjadi lebih efektif dan berdampak positif bagi siswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Fazila Kesumaningrum 2413021023 -
Faktor faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas diantara lain:

1. Gurunya Bersemangat
Guru yang beneran ngeerti materi, bisa ngejelasin dengan bahasa yang mudah dipahami, dan yang paling penting, semangat ngajarnya itu nular. Kalau gurunya aja udah males-malesan, anak muridnya pasti ikut males. Guru juga harus fleksibel, bisa menyesuaikan cara mengajar sama dengan kebutuhan murid yang berbeda (visual, audiotori, dan kinestetik)

2. Suasana Kelas yang Mendukung
Kelas harus menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk belajar. Tidak ada bullying, tidak ada diskriminasi, semua murid merasa diterima dan dihargai. Suasana kelas juga harus interaktif, ada diskusi, ada kerja kelompok, ada kesempatan membuat murid membuat bertanya dan mengeluarkan pendapat sehingga siswa lebih bisa berekspresi.

3. Metode Pembelajaran yang Bervariasi
Jika kita cuma ceramah atau berbicara terus dari awal sampai akhir pelajaran. Murid bisa bosen, ngantuk, terus kurang nyerap materi secara maksimal. Kita harus pintar-pintar milih metode yang sesuai sama materi dan karakteristik murid. Bisa pake diskusi, games, studi kasus, simulasi, atau apapun yang bikin mereka aktif dan terlibat.

4. Evaluasi Sasaran yang Tepat
Evaluasi itu bukan sekedar membuat ngasih nilai, tapi juga membuat ngasih umpan balik ke murid dan ke guru. Dari hasil evaluasi, kita dapat mengetahui apa yang sudah berhasil, apa yang masih kurang, dan apa yang perlu diperbaiki.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh AULIA ANISA ILYUSUFI 2413021051 -
Menurut saya, efektivitas pembelajaran dalam kelas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti suasana kelas, minat dan kesiapan peserta didik, gaya belajar peserta didik, gaya mengajar dan peran guru dalam pembelajaran, interaksi antara peserta didik dan guru juga dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Adinda Putri Eriyanti 2413021031 -
menurut saya, efektivitas pembelajaran dalam kelas merupakan hasil interaksi yang kompleks antara berbagai faktor. faktor-faktor diantaranya adalah karakteristik peserta didik, peran guru/pendidik kepada pelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran. seorang calon pendidik perlu memahami faktor-faktor ini agar bisa menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Julia Selvira 2413021049 -
Menurut saya faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas yaitu kualitas pengajaran, karakteristik siswa, kurikulum dan materi pembelajaran, dan faktor lingkungan belajar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Suci Rahmadianti 2413021087 -
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas:
1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan pedoman sekaligus tujuan yang akan dicapai dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas.
2. Guru
Guru merupakan komponen yang berperan penting dalam impelementasi strategi pembelajaran. Bisa dikatakan bahwa keberhasilan implementasi suatu strategi pembelajaran akan tergantung pada kepiawaian guru dalam menggunakan metode belajar, teknik belajar.
3. Siswa
Pada umumnya, setiap siswa memiliki latar belakang dan sifat yang beragam. Dengan adanya perbedaan tersebut, guru dituntut untuk memberi perlakuan yang berbeda pula, baik dalam penempatan atau pengelompokkan siswa maupun dalam perlakukan guru dalam menyesuaikan gaya belajar siswa di kelas.
4. Sarana dan Prasarana
Faktor yang memengaruhi kualitas pembelajaran lain yang harus diketahui, yaitu sarana dan prasarana. Sarana merupakan segala sesuatu yang akan mendukung secara langsung kelancaran proses kegiatan pembelajaran siswa, misalnya seperti media pembelajaran, alat-alat pengajaran, perlengkapan sekolah, dan lain sebagainya.
5. Kegiatan Pembelajaran
Pola umum dari proses kegiatan belajar yaitu terjadinya interaksi antara guru dan siswa dengan media belajar sebagai perantaranya. Dalam penerapannya, guru akan berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang tepat untuk siswa. Dalam proses kegiatan belajar, pendekatan yang akan guru gunakan akan menghasilkan kegiatan belajar siswa yang beragam.
6. Lingkungan
Dalam penerapannya, lingkungan belajar siswa akan sangat memengaruhi kualitas pembelajaran. Jika siswa memiliki lingkungan belajar yang tepat untuk karakter dan kemampuan yang dimilikinya, proses kegiatan belajar yang dilakukan siswa akan berjalan dengan lancar.
7. Bahan dan Alat Evaluasi
Bahan evaluasi merupakan suatu bahan yang terdapat di dalam kurikulum yang sudah dipelajari siswa untuk kepentingan ulangan atau ujian.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Intan Nurwafa 2413021007 -
Saya Intan Nurwafa dengan NPM 2413021007 izin menjawab pertanyaan diskusi diatas Bu/pak...

Menurut saya beberapa faktor yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas adalah:
1. Metode Mengajar
Cara guru menyampaikan materi, seperti ceramah, diskusi, atau permainan, sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Jika cara guru mengajar dengan metode yang flat tidak bervariasi dapat membuat siswa sudah memahami materi yang disampaikan dan berkemungkinan siswa akan mengantuk dalam kelas.
2. Lingkungan Kelas
Suasana Kelas yang nyaman, aman, dan kondusif membuat siswa lebih mudah berkonsentrasi. Selain itu sikap sesama siswa juga menjadi bahan acuan, jika ada salah satu siswa yang suka membully siswa lainnya maka Suasana kelas menjadi tidak efektif.
3. Interaksi Guru dan Siswa
Guru yang aktif berkomunikasi dan memahami kebutuhan siswa akan membantu mereka lebih mudah memahami materi. Karena Dengan begitu siswa merasa dipedulikan dan diterima dengan baik.
4. Sumber dan Media Pembelajaran Penggunaan buku, video, atau alat peraga dapat membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami. Karena tidak semua siswa mampu belajar hanya dengan mendengarkan guru menjelaskan dan perlu di ketahui bahwa gaya belajar setiap siswa itu berbeda beda jadi seorang guru harus memahami itu.
5. Biologis
faktor biologis meliputi segala hal yang berhubungan dengan keadaan fisik atau jasmani individu. Jadi jika siswa merasa keadaan fisik dan jasmani nya kurang baik pasti kegiatan belajar nya akan tidak efektif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh MUHAMMAD AL GHIFARI 2413021059 -
Menurut saya, banyak faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran dikelas, yaitu :

• Faktor Guru : Guru yang memiliki pemahaman mendalam tentang materi pelajaran lebih efektif menyampaikan informasi dan menjawab pertanyaan siswa serta efektivitas guru memelihara lingkungan kelas yang produktif.

• Faktor Siswa : siswa termotivasi untuk belajar lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran dan mencapai hasil lebih baik serta setiap siswa memiliki gaya belajar berbeda-beda sehingga guru mampu mengakomodasikan berbagai gaya belajar meningkatkan efektivitas pembelajaran.

•Faktor Lingkungan dan Pembelajaran :
ketersediaan fasilitas memadai, seperti ruang kelas nyaman, buku pelajaran, alat peraga dapat mendukung proses pembelajaran serta kurikulum yang relevan, terstruktur dengan baik, dan sesuai kebutuhan siswa akan meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh AYU LINA WULANDARI 2413021037 -
Menurut saya, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran di dalam kelas, yaitu kualitas pengajaran, kualitas bahan ajar, gaya belajar siswa, kondisi ruang kelas, motivasi siswa, metode pengajaran, lingkungan belajar, dan penggunaan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh ZAFIRA SALMA 2413021001 -
Menurut saya, faktor-faktor yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran adalah kualitas pengajaran guru harus sesuai metode gaya belajar yang berbeda, motivasi dan keterlibatan siswa, lingkungan belajar, kurikulum dan materi pembelajaran. Jadi sebagai calon pendidik, penting untuk memahami faktor-faktor ini dan berusaha menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal. Lingkungan yang memotivasi siswa, melibatkan mereka secara aktif, dan memungkinkan mereka mencapai tujuan pembelajaran mereka
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Tasa Dinda Aulia 2413021061 -
Menurut saya efektivitas pembelajaran dalam kelas bergantung pada beberapa faktor utama yang saling berkaitan, yaitu:
1. Peran seorang guru, guru harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang materi yang diajarkan serta kemampuan mengelola kelas dan memotivasi siswa juga berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran.
2. Metode pembelajaran, penggunaan metode yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa serta pemanfaatan teknologi dan media juga berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran.
3. Keterlibatan siswa dan interaksi umpan balik, penerapan diskusi, tanya jawab, dan proyek kolaboratif dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta pemberian umpan balik yang konstruktif membantu siswa dalam memperbaiki pemahamannya.
4. Sarana dan prasarana, kelas yang nyaman juga mendukung dalam pembelajaran yang efektif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh SITI FAJULLINA ATMIM KHOIRI 2413021079 -
Menurut saya, faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas ialah terdapat pada kualitas guru, lingkungan kelas yg kondusif serta motivasi belajar yang mendukung untuk melaksanakan pembelajaran. Faktor lain yang mungkin dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran ini terdapat pada metode dan strategi pembelajaran dan juga kurikulum yang mendasari beserta teknologi dan media yang digunakan dalam pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Zelinta Febi Ameliya 2413021077 -
Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas adalah
1. Faktor guru: kemampuan mengajar , pengetahuan ,pengalaman dan komunikasi sangat penting dalam efektivitas pembelajaran di kelas.
2. Faktor siswa: kemampuan , karakter dan gaya belajar juga mempengaruhi pembelajaran di kelas.
3. Faktor lingkungan: fasilitas dan dukungan orang sekitar juga menpengaruhi.
4. Faktor kurikulum: kualitas dan struktur kurikulum juga berpengaruh.
5. Faktor evaluasi: kualitas dan umpan balik dalam evaluasi itu sangat penting dalam pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Rias Murti 2413021011 -
Fasilitas dan sumber belajar : Fasilitas dan sumber belajar yang memadai membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.
Lingkungan Kelas: Lingkungan yang kondusif, membuat siswa menjadi nyaman dan aman dalam proses belajar.
Kemampuan seorang guru dalam mengelola kelas, menyampaikan materi dengan jelas.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Ragina Fidini 2413021009 -
Beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas yaitu :
1. Peran guru, peran guru sangat besar dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Cara guru menyampaikan materi, apakah menggunakan metode yang bervariasi atau sekadar monoton, bisa mempengaruhi pemahaman siswa.
2. Lingkungan kelas, fasilitas yang mendukung dan suasana yang nyaman, juga berpengaruh. Jika ruang kelas terlalu bising atau tidak nyaman, konsentrasi siswa bisa terganggu.
3. Metode pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan siswa dan sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing apakah mereka lebih visual, auditori, atau kinestetik.
4. Interaksi antara siswa, jika siswa saling berdiskusi dan berbagi pemikiran, pembelajaran akan jadi lebih bermakna.
5. Teknologi, teknologi yang semakin berkembang, juga dapat menjadi faktor penentu, apakah guru memanfaatkan teknologi untuk mempermudah penyampaian materi atau tidak.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Alifah Fathiyah. MZ 2413021085 -
Menurut saya, faktor-faktor yang memepengaruhi efektivitas pembelajaran dikelas adalah peran guru dan siswa dalam pembelajaran, faktor lingkungan yang meliputi fasilitas dan sumber belajar, serta faktor strategi pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Reva Alya Azzahra 2413021073 -
Menurut saya ada beberapa faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas seperti :
1) Karakteristik Siswa : Faktor ini mencakup kemampuan belajar, kecerdasan, motivasi, minat, bakat, dan latar belakang sosial siswa yang dapat mempengaruhi keefektifan pembelajaran dan hasil yang dicapai oleh siswa.
2) Strategi Pembelajaran : Strategi pembelajaran yang tepat akan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan meningkatkan motivasi belajar.
3) Materi Pembelajaran : Materi pembelajaran yang relevan, menarik, dan bermanfaat bagi siswa juga mempengaruhi keberhasilan pembelajaran.
4) Gaya Pengajaran Guru : Guru yang memiliki gaya pengajaran yang baik dan tepat dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam proses pembelajaran.
5) Metode pengajaran : Metode pengajaran yang berfokus pada pengalaman langsung, interaksi sosial, dan kreativitas dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh FIRA ZAHIRA IMELDA 2413021083 -
faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas antara lain faktor metode pembelajaran dari guru faktor kemampuan, motivasi, minat dari siswa, dan faktor kualitas teknologi
Sebagai balasan FIRA ZAHIRA IMELDA 2413021083

Re: DIskusi 3

oleh Arli Mayasari Zen _2453021027 -
Nama: ARLI MAYASARI ZEN
NPM:2453021027

Izin menjawab:
Menurut saya ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas seperti :
1) Karakteristik Siswa : Faktor ini mencakup kemampuan belajar, kecerdasan, motivasi, minat, bakat, dan latar belakang sosial siswa yang dapat mempengaruhi keefektifan pembelajaran dan hasil yang dicapai oleh siswa.
2) Strategi Pembelajaran :Strategi pembelajaran yang tepat akan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan meningkatkan motivasi belajar.
3) Materi Pembelajaran : Materi pembelajaran yang relevan, menarik, dan bermanfaat bagi siswa juga mempengaruhi keberhasilan pembelajaran.
4) Gaya Pengajaran Guru : Guru yang memiliki gaya mengajar yang baik dan tepat dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam proses pembelajaran.
5) Metode pengajaran : Metode pengajaran yang fokus pada pengalaman langsung, interaksi sosial, dan kreativitas dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
6). Lingkungan tempat pembelajaran: lingkungan tempat pembelajaran juga mempengaruhi efektivitas pembelajaran,lingkungan yang bersih akan menimbulkan rasa nyaman dalam pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Panisa Septiana 2413021015 -
Faktor-faktor penting yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas diantaranya adalah
- kondisi kelas yang nyaman dan tenang sehingga siswa dapat belajar dengan fokus dan nyaman
- motivasi dan minat siswa dalam belajar sehingga siswa akan bersungguh-sungguh untuk memperoleh ilmu dan melaksanakan pembelajaran
- kemampuan mengajar guru dalam menyampaikan materi dengan efektif dan suara yang jelas sehingga seluruh siswa dalam kelas memahami dan mengerti materi yang diajarkan
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Winta Novinola_2413021057 -
Menurut saya, efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah guru sebagai pendidik, yang memiliki peran utama dalam menciptakan pengalaman belajar yang berkualitas. Selain itu, faktor siswa juga menjadi aspek penting dalam efektivitas pembelajaran. Motivasi belajar, kemampuan awal, gaya belajar, serta kondisi fisik dan mental siswa memengaruhi sejauh mana mereka dapat memahami dan menyerap materi yang diajarkan. Kurikulum dan materi pembelajaran pun harus disusun dengan relevan dan menarik agar sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman. Lingkungan pembelajaran, baik secara fisik maupun sosial, juga memainkan peran penting. Suasana kelas yang positif, manajemen kelas yang efektif, serta fasilitas yang memadai dapat menciptakan kondisi yang nyaman bagi siswa untuk belajar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Rahma Suryo Olivia (2413021053) -
Menurut saya, faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas ialah :
1. Strategi dan metode pembelajaran
2. Penggunaan media pembelajaran
3. Gaya mengajar guru
4. Lingkungan yang mendukung
Sebagai balasan Rahma Suryo Olivia (2413021053)

Re: DIskusi 3

oleh VAREL ADI PRATAMA 2413021055 -
Menurut pendapat saya.
Faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran dikelas yaitu:
Yang pertama, Adanya kualitas pengajaran yang diterima siswa dari penguasaan materi seorang guru.
Sebagai guru kita harus lebih memahami bagaimana caranya supaya siswa itu belajar dengan senang sesuai minat bakat nya.
Yang kedua, lingkungan belajar didalam kelas harus dengan suasana nyaman bersih, tentunya siswa harus semangat ada motivasi tujuan untuk belajar. Serta penting nya dukungan dari orang tua dan lingkungan masyarakat sekitar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Wayan Cindy Alya Maharani 2413021027 -
Izin menjawab pertanyaan "menurut anda, Faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas?"

Efektivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor utama. Salah satunya adalah minat belajar siswa, di mana siswa yang memiliki ketertarikan terhadap suatu mata pelajaran akan lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diberikan. Faktor ini berkaitan dengan perhatian, antusiasme, serta partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, strategi dan metode pengajaran yang digunakan oleh guru juga berperan penting. Guru yang mampu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, seperti metode diskusi, problem solving, atau pendekatan konstruktivisme, akan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Faktor berikutnya adalah lingkungan belajar yang kondusif, baik dari segi fisik seperti kenyamanan ruang kelas, pencahayaan, dan fasilitas pendukung, maupun dari segi psikologis seperti hubungan yang harmonis antara guru dan siswa. Lingkungan yang nyaman akan membantu siswa lebih fokus dalam belajar. Motivasi belajar, baik yang berasal dari dalam diri siswa maupun dari dukungan guru dan orang tua, juga mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Siswa yang memiliki motivasi tinggi cenderung lebih tekun dalam menghadapi tantangan akademik. Terakhir, kualitas interaksi antara guru dan siswa menjadi faktor penting dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Guru yang komunikatif dan mampu memahami kebutuhan siswa akan lebih mudah dalam menyampaikan materi, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Rina Riantina 2413021021 -
Rina Riantina 2413021021 PMTK 24A

Menurut saya, faktor yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran antara lain:
1. Pemahaman pendidik dalam memahami teori belajar. 
Pemahaman pendidik dalam memahami teori belajar dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran. Pendidik dapat merancang metode pembelajaran sesuai dengan teori belajar. 

2. Adanya kemauan dan ketekunan belajar peserta didik.
Kemauan dan ketekunan peserta didik di dukung dalam pemberian motivasi dan dukungan kepada peserta didik. Tujuannya agar siswa termotivasi dan memiliki kemauan dalam belajar. 

3. Penguasaan dan pendalaman materi oleh pendidik.
Selain teori belajar, penguasaan dan pendalaman materi oleh pendidik sangat penting, karena pendidik dapat memberikan wawasan yang luas dan membantu peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. 

4. Kemampuan komunikasi pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Selain penguasaan dan pemahaman, kemampuan komunikasi pendidik juga penting. Karena, seorang pendidik dapat memberikan pengetahuan mereka kepada peserta didik dengan cara yang unik. Bisa dengan bercerita, melalui media pembelajaran, dan lain-lain. 
  
5. Adanya pendekatan antara pendidik dan peserta didik dalam interaksi pembelajaran.
Kedekatan antara pendidik dan peserta didik diperlukan agar tercipta pembelajaran yang interaktif dalam kelas, seperti tanya jawab, memberikan pendapat lain-lain. 

6.Penggunaan strategi dan metode pembelajaran. 
Seperti merancang materi dan penggunaan media pembelajaran dalam kelas. Media pembelajaran dapat berupa video animasi, melalui PPT, atau modul ajar, dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. 
 
7.Evaluasi setelah proses pembelajaran.
Melakukan evaluasi pembelajaran agar dapat memperbaiki kualitas pembelajaran kedepannya. 
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Shofiyatussalwa 2413021005 -
Faktor yang Memengaruhi Efektivitas Pembelajaran di Dalam Kelas antara lain:

Faktor Internal
Faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dari dalam diri sendiri seperti minat dan bakat siswa, rasa ingin tahu siswa yang rendah maupun tinggi, role model siswa, kemampuan siswa menurut genetika, dan tekad siswa.

Faktor Eksternal
Faktor dari luar diri sendiri yang memengaruhi efektivitas pembelajaran siswa antaranya:
1. Lingkungan
Lingkungan kelas yang tenang, tentram, disiplin dan kondusif akan mempermudah proses pembelajaran siswa. Begitupun sebaliknya, jika kondisi disekitar lingkungan kelas berisik, kotor, dan tidak kondusif, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan lancar.
2. Fasilitas
Salah satu faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran yaitu fasilitas. Jika sekolah menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang segala kegiatan belajar mengajar maka proses pembelajaran akan efektif.
3. Circle Pertemanan
Circle yang baik akan memberikan efek atau dampak baik dan terarah pada setiap individu nya, sebaliknya circle yang membawa kita kedalam hal yang tak beraturan dan tak terarah harus ditinggalkan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Zaila Dwi Nanda 2413021063 -
menurut saya ada dua faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran siswa dalam kelas, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
faktor internal yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran yaitu faktor minat, bakat, kecerdasan, kesehatan dan motivasi.
faktor eksternal yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran yaitu faktor keluarga, sekolah, lingkungan, masyarakat, dan kebijakan pemerintah
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh I Wayan Satria Wiguna_2453021029 -
Menurut saya,faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran meliputi faktor eksternal dan internal
Faktor eksternal
-fasilitas pembelajaran
-suasana pembelajaran
Dll
Faktor eksternal
-kemampuan daya tangkap siswa dalam belajar
-motivasi siswa dalam belajar
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: DIskusi 3

oleh Muthia Sabrina Kholili 2413021029 -
menurut saya faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas ialah faktor tenaga kependidikannya, faktor gurunya, faktor lingkungan belajarnya, faktor ekonomi juga terkadang mempengaruhi semangat belajar siswa, fasilitas kelas juga sangat mempengaruhi pembelajaran, adapun faktor lain yaitu faktor dari latar belakang dari si siswa tersebut