FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Jumlah balasan: 11


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz




Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Dhea Novalia Azzahra -

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya izin memperkenalkan diri, nama saya dhea novalia azzahra dengan npm (2313053223) dari kelas 3G selaku perwakilan kelompok 2 yang beranggotakan:

Juwita Juwandono 2313053199

Fauzya Putri Ramadani 2313053221

Mella Oktarini 2313053222

Arief Darmawan 2353053033

izin mengirimkan link google drive yang berisikan makalah, ppt, serta mandmapping hasil kerja kelompok kami

https://drive.google.com/drive/folders/13hopumd2Fem68Q5X7Cn-zOHhxGfXnInq

Sebagai balasan Dhea Novalia Azzahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Dea Puspita -
Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenal kan diri saya Dea Puspita dengan NPM 2313053196
Izin bertanya nah bagaimana relevansi kurikulum IPS saat ini dalam menghadapi tantangan sosial yang terus berkembang di masyarakat modern?
atas waktunya saya ucapkan terima kasih
Sebagai balasan Dea Puspita

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Arief Darmawan 2353053033 -
Nama : Arief Darmawan
NPM   : 2353053033

Izin menjawab pertanyaan dari Dea Puspita
Relevansi kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam menghadapi tantangan sosial di masyarakat modern sangat penting, mengingat bahwa masyarakat terus berkembang dan berubah dengan cepat. Kurikulum IPS memiliki peran besar dalam membantu siswa memahami, menganalisis, dan mengatasi masalah sosial yang ada. Namun, kurikulum IPS juga perlu terus dikembangkan agar tetap relevan dengan perkembangan zaman, seperti dengan memasukkan isu-isu kontemporer yang lebih spesifik (misalnya, cyberbullying, multikulturalisme, dan urbanisasi), serta metode pengajaran yang lebih interaktif dan berbasis proyek agar siswa lebih terlibat dalam memahami tantangan sosial yang kompleks.
Sebagai balasan Dhea Novalia Azzahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Kurnia Citrawati Utami -
assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatu selamat siang semuanya, izin memperkenalkan diri nama saya Kurnia Citrawati Utami, dengan NPM 2353073019 di sini saya ingin bertanya;

“ Jika ilmu sosial adalah pengetahuan yang berkembang secara alami dalam kehidupan masyarakat, mengapa harus ada penekanan yang begitu besar pada pendidikan formal dalam bentuk mata pelajaran IPS di SD? Apakah ini tidak berisiko mengasingkan siswa dari pengalaman sosial langsung yang lebih relevan?”

sekian terimakasih:)
Sebagai balasan Kurnia Citrawati Utami

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Fauzya Putri Ramadani -

Saya Fauzya Putri Ramadani dengan NPM 2313053221 sebagai anggota kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Kurnia Citra

Pendidikan formal dalam bentuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD penting untuk memberikan kerangka teoretis dan pemahaman yang sistematis tentang konsep sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Ini melengkapi pengalaman sosial langsung siswa dengan pengetahuan yang lebih luas dan terstruktur, sehingga mereka bisa memahami masyarakat dengan perspektif yang lebih mendalam. Tanpa dasar formal, siswa mungkin sulit memahami isu-isu yang lebih kompleks yang tidak selalu terlihat dalam pengalaman sehari-hari. 

Sebagai balasan Dhea Novalia Azzahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Batin Kiani -
Nama: Batin Kiani
NPM: 2353053017

Izin bertanya, bagaimana perkembangan kurikulum IPS di tingkat SD mempengaruhi pendekatan pengajaran dan materi yang diajarkan kepada siswa?
Sebagai balasan Batin Kiani

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Mella Oktarini -

Nama :Mella Oktarini

NPM.  :2313053222

Anggota kelompok 2


Izin menjawab pertanyaan dari saudari Batin Kiani 

Perkembangan kurikulum IPS di tingkat SD mempengaruhi pendekatan pengajaran dan materi yang diajarkan kepada siswa, di mana pendekatan holistik dan tematik kini lebih diutamakan, mengintegrasikan IPS dengan mata pelajaran lain. Pembelajaran berbasis proyek menjadi bagian penting dalam pengajaran, yang mendorong siswa untuk terlibat langsung dalam proyek yang relevan dengan lingkungan mereka. Selain itu, kurikulum juga menekankan pendidikan karakter dengan nilai-nilai sosial seperti toleransi dan tanggung jawab. Teknologi digunakan untuk mendukung pembelajaran yang lebih interaktif, dan materi yang diajarkan menjadi lebih kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa sehari-hari. Kurikulum ini juga berfokus pada peningkatan keterampilan berpikir kritis dan analitis, yang membantu siswa tidak hanya menghafal fakta, tetapi juga memahami dan mengevaluasi fenomena sosial dengan lebih baik. Pendekatan ini diharapkan membentuk siswa yang lebih aktif, kreatif, dan kritis dalam menghadapi dunia sosial.

Sebagai balasan Dhea Novalia Azzahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Syahrani Harahap -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, perkenalkan saya Syahrani Harahap dengan NPM 2313053216. Di makalah dijelaskan bahwa tujuan dari pendidikan ips adalah untuk membina peserta didik menjadi warga negara yang baik, memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya, bagi masyarakat dan negara. pertanyaan saya menurut presenter apakah tujuan itu saat ini sudah tercapai? jika sudah tolong berikan penjelasan serta contohnya dan jika belum berikan alasannya.
terimaksih
Sebagai balasan Syahrani Harahap

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Juwita Juwandono -


Saya Juwita Juwandono (2313053199) izin menjawab pertanyaan dari saudari Syahrani Harahap


Untuk menilai apakah tujuan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sudah tercapai, kita perlu melihat beberapa aspek dari pendidikan IPS di masyarakat saat ini. Tujuan utama pendidikan IPS adalah membina peserta didik menjadi warga negara yang baik, serta memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang bermanfaat. 

1. Jika Sudah Tercapai:

   Contoh 1: Banyak sekolah yang menerapkan program-program sosial dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendidik siswa tentang tanggung jawab sosial, seperti kegiatan bakti sosial atau proyek lingkungan hidup. Ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

   Contoh 2 : Kurikulum IPS sering mencakup materi tentang hak dan kewajiban warga negara, demokrasi, dan tata kelola pemerintahan. Siswa yang memahami konsep-konsep ini dapat terlibat lebih aktif dalam masyarakat dan membuat keputusan yang lebih baik sebagai warga negara.


2. Jika Belum Tercapai:

   Alasan 1: Kurikulum dan metode pengajaran IPS di beberapa daerah mungkin belum sepenuhnya memadai atau kurang diperbarui, sehingga siswa tidak mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu sosial dan kewarganegaraan.

   Alasan 2: Terdapat kesenjangan dalam pelaksanaan pendidikan IPS di berbagai daerah, terutama di daerah terpencil atau kurang berkembang. Kurangnya akses terhadap materi dan pelatihan yang memadai dapat menghambat pencapaian tujuan pendidikan IPS.

   Alasan 3: Beberapa siswa mungkin lebih fokus pada aspek akademis dan kurang mendapatkan pengalaman praktis dalam kegiatan sosial atau kewarganegaraan, sehingga kepedulian sosial mereka tidak berkembang secara optimal.

Penting untuk terus mengevaluasi dan memperbaiki kurikulum serta metode pengajaran IPS untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan tersebut dapat tercapai secara efektif.

Jadi dilihat dari beberapa alasan tersebut maka dianggap sudah mencapai tujuan, namun belum maksimal.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Amalia Salsabilla -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Amalia Salsabilla dengan NPM 2313053214, Izin bertanya Apakah penerapan Kurikulum IPS 2013 dimana digunakan pendekatan berpikir tingkat tinggi (HOTS) lebih efektif dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sosial? Berikan alasan dan bukti yang mendukung!
Terima kasih
Sebagai balasan Amalia Salsabilla

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

oleh Dhea Novalia Azzahra -
nama: dhea novalia azzahra
npm:2313053223

izin menjawab Penerapan Kurikulum IPS 2013 yang menggunakan pendekatan berpikir tingkat tinggi (HOTS) lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sosial dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya. Berikut adalah alasan dan bukti yang mendukung:

1. Integrasi Materi: Kurikulum 2013 mengintegrasikan IPA dan IPS menjadi satu muatan pelajaran, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) atau IPAS[4]. Integrasi ini memungkinkan siswa untuk memahami hubungan antara aspek alam dan sosial secara utuh, meningkatkan pemahaman konsep sosial.

2. Penggunaan HOTS: Kurikulum 2013 menggunakan metode HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang meliputi analisis, evaluasi, dan kreativitas HOTS memungkinkan siswa untuk berpikir secara logis, kritis, dan inovatif, sehingga mereka dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang lebih baik.

3. Aktivitas Siswa: Dengan penerapan HOTS, siswa diharapkan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Aktivitas ini meningkatkan kemampuan siswa untuk mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan, dan menganalisis materi. Hal ini memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dan memahami konsep sosial secara lebih mendalam.

4. Hasil Penelitian: Penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa penerapan HOTS dalam kurikulum 2013 dapat meningkatkan prestasi siswa dan mengoptimalkan kemampuan mereka. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa HOTS dapat menekan kekurangan dan memacu kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dan inovatif.

Dengan demikian, penerapan Kurikulum IPS 2013 yang menggunakan pendekatan berpikir tingkat tinggi (HOTS) lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sosial dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.