TUGAS

TUGAS

Jumlah balasan: 28

assalamulaaikum wr.wb

apakabar mahasiswaku sekalian, setelah tadi kalian membaca materi materi maka hari ini kalian akan langsung ibu berikan tugas, walau berat harus dijalani ya, hehehe...

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Eva Nesa Lia 2253053052 -
Nama : Eva Nesa Lia
NPM : 2253053052

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran terletak pada fokus dan pendekatan yang digunakan dalam memahami proses pembelajaran. Berikut adalah analisa perbedaan antara kedua teori tersebut beserta contohnya:

1. Teori Belajar:
Teori belajar berfokus pada perubahan perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman atau stimulus yang diterima. Teori ini menekankan bahwa belajar terjadi melalui proses asosiasi antara stimulus dan respons. Contohnya, teori klasik Ivan Pavlov tentang pembelajaran terkondisikan, di mana anjing belajar mengaitkan bunyi lonceng dengan makanan sehingga mereka mulai mengeluarkan air liur ketika mendengar bunyi lonceng.

2. Teori Pembelajaran:
Teori pembelajaran lebih luas dan mencakup aspek kognitif, sosial, dan konstruktivis dalam proses pembelajaran. Teori ini menekankan bahwa pembelajaran melibatkan pemahaman, interpretasi, dan konstruksi pengetahuan oleh individu. Contohnya, teori konstruktivisme Jean Piaget, di mana anak-anak aktif membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalaman langsung.

Perbedaan utama antara teori belajar dan teori pembelajaran adalah bahwa teori belajar lebih menekankan pada perubahan perilaku yang terlihat secara eksternal, sementara teori pembelajaran melibatkan pemahaman, interpretasi, dan konstruksi pengetahuan yang lebih dalam. Teori pembelajaran juga mengakui peran penting faktor kognitif, sosial, dan konstruktivis dalam proses pembelajaran.

Dalam konteks pendidikan, teori belajar lebih sering digunakan dalam situasi di mana tujuan utama adalah mengubah perilaku siswa, seperti dalam pelatihan keterampilan atau pembiasaan tertentu. Sementara itu, teori pembelajaran lebih relevan dalam pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana penekanan diberikan pada pemahaman, penerapan pengetahuan, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis.

Penting untuk dicatat bahwa teori belajar dan teori pembelajaran tidak saling eksklusif, dan seringkali dapat saling melengkapi dalam konteks pembelajaran yang lebih komprehensif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Miftaudin Mahfudz 2253053017 -
Nama : Miftaudin Mahfudz
NPM : 2253053017

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran :

1. Teori Belajar: Fokus pada proses internal individu yang terlibat dalam perolehan pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru. Ini lebih menekankan pada bagaimana individu menyusun informasi, mengasimilasi pengalaman baru, dan mengubah perilaku mereka sebagai hasil dari pengalaman tersebut. Contohnya adalah Teori Kognitif Piaget yang menyoroti perkembangan kognitif individu melalui tahap-tahap tertentu, seperti tahap sensorimotor, prapoperasional, konkret operasional, dan formal operasional.

2. Teori Pembelajaran: Lebih menekankan pada proses sosial atau interaksi dengan lingkungan eksternal, baik itu melalui pengajaran langsung, observasi, atau interaksi sosial lainnya. Teori-teori ini mempertimbangkan bagaimana pengaruh lingkungan, guru, dan faktor-faktor eksternal lainnya membentuk pembelajaran individu. Contohnya adalah Teori Konstruktivis Vygotsky yang menekankan peran interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti dalam kerjasama antara guru dan siswa atau antara rekan sebaya.

Dalam praktiknya, teori belajar dan teori pembelajaran sering saling terkait dan digunakan bersama-sama untuk merancang pendekatan pembelajaran yang efektif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Rosa ananta Febrianti 2213053288 -
Nama : Rosa Ananta febrianti
Npm : 2213053288

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuan tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.

Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Habsah afifatul amri 2213053153 -
Nama : Habsah afifatul amri
Npm :2213053153

Teori belajar dan teori pembelajaran adalah dua konsep yang sering kali dibedakan dalam literatur pendidikan, meskipun keduanya berfokus pada proses belajar. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada fokus dan tujuan mereka.

1. Teori Belajar: Fokus pada proses belajar itu sendiri, menjelaskan bagaimana seseorang belajar dan mengapa mereka belajar. Teori ini menaruh perhatian pada hubungan antara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, seperti kondisi belajar, metode pembelajaran, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi proses belajar. Contoh teori belajar adalah Teori Apersepsi, yang menganggap belajar sebagai proses terasosiasi antara gagasan baru dan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
2. Teori Pembelajaran: Fokus pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Teori ini menaruh perhatian pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar untuk memudahkan belajar. Teori pembelajaran juga menyebutkan metode pembelajaran yang optimal. Contoh teori pembelajaran adalah Teori Elaborasi, yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran .
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Rafa Lola Amanda 2213053245 -
Nama : Rafa Lola Amanda
NPM : 2213053245

Terdapat perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran:

Teori belajar
- Studi tentang proses perubahan perilaku manusia sebagai hasil dari pengalaman.
- Fokus pada proses internal siswa seperti proses kognitif, afektif, dan psikomotorik.
- Teori belajar meliputi behaviorisme, kognitif, dan konstruktivisme.
Contoh:
- Menurut teori Behaviorisme Skinner, belajar adalah perubahan dalam perilaku yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan.
- Teori kognitif Piaget menekankan pada tahapan kognitif perkembangan anak dalam memahami lingkungan.

Teori pembelajaran
- Mengkaji proses komunikasi antara siswa, guru dan sumber belajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu .
- Fokus pada proses eksternal seperti metode, strategi, model, dan pengaturan lingkungan pembelajaran.
- Contoh teori pembelajaran: konstruktivisme Vygotsky, pengajaran langsung, discovery learning, inkuiri.
Contoh:
- Pembelajaran konstruktivisme Vygotsky, yang menekankan interaksi sosial untuk membantu siswa menciptakan pengetahuan.
- Pembelajaran discovery learning Bruner, yang memungkinkan peserta didik menemukan konsep secara mandiri melalui proses ketidakpastian.

Oleh karena itu, teori belajar lebih menitikberatkan pada proses internal mata pelajaran, sedangkan teori pembelajaran berfokus pada proses eksternal antar unsur pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh RIRI OKTAVIA ERLINA 2213053098 -
Nama : Riri Oktavia Erlina
NPM : 2213053098

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran terletak pada fokus dan pendekatan yang digunakan dalam memahami proses belajar. Berikut adalah analisis perbedaan antara kedua teori tersebut:

1. Teori Belajar: Teori belajar berfokus pada bagaimana individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan perilaku baru melalui interaksi dengan lingkungan. Teori belajar lebih menekankan pada perubahan perilaku yang dapat diamati secara langsung. Teori belajar cenderung melihat belajar sebagai proses yang terjadi pada individu secara pasif, di mana individu menerima informasi dari lingkungan dan meresponsnya.

Contoh teori belajar adalah Behaviorisme. Dalam teori ini, belajar dipandang sebagai perubahan perilaku yang terjadi melalui stimulus dan respons. Misalnya, dalam konteks pendidikan, guru memberikan instruksi kepada siswa, dan siswa merespons dengan melakukan tindakan yang diinstruksikan. Guru memberikan umpan balik positif atau negatif untuk memperkuat atau menghentikan perilaku tersebut.

2. Teori Pembelajaran: Teori pembelajaran lebih menekankan pada proses internal yang terjadi dalam pikiran individu saat belajar. Teori pembelajaran melihat belajar sebagai konstruksi pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya. Teori pembelajaran mengakui peran aktif individu dalam membangun pemahaman dan makna dari informasi yang diterima.

Contoh teori pembelajaran adalah Konstruktivisme. Dalam teori ini, belajar dipandang sebagai proses konstruksi pengetahuan yang dilakukan oleh individu. Misalnya, dalam konteks pendidikan, siswa tidak hanya menerima instruksi dari guru, tetapi juga aktif dalam membangun pemahaman mereka sendiri melalui refleksi, diskusi, dan eksplorasi. Siswa dapat menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada dan membangun pemahaman yang lebih dalam.

Dalam ringkasan, perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran terletak pada fokus pada perubahan perilaku yang teramati secara langsung (teori belajar) versus proses internal konstruksi pengetahuan (teori pembelajaran).
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Nadila Febilia Afrisa 2213053076 -
Menurut pendapat saya perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran dapat dilihat dari pendekatan, fokus, dan konteks penerapannya.
Teori Belajar:
- Merupakan pandangan tentang bagaimana individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru.
- Lebih berfokus pada proses internal individu dalam mengolah informasi dan pengalaman untuk membangun pemahaman baru.
- Berorientasi pada aspek-aspek psikologis, seperti kognitif, afektif, dan perseptual.
Contoh teori belajar adalah Teori Kognitif dari Piaget. Piaget menyatakan bahwa anak-anak membangun pemahaman mereka tentang dunia melalui proses asimilasi (menginterpretasikan informasi baru berdasarkan pemahaman yang ada) dan akomodasi (mengubah pemahaman mereka untuk mencocokkan informasi baru).

Teori Pembelajaran:
- Lebih menitikberatkan pada interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal, termasuk guru, teman sebaya, dan situasi pembelajaran.
- Memperhatikan strategi, metode, dan lingkungan pembelajaran yang efektif dalam memfasilitasi proses belajar.
- Mengakui peran penting konteks sosial dan budaya dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan.
Contoh teori pembelajaran adalah Teori Konstruktivisme Sosial dari Vygotsky. Vygotsky menekankan peran penting interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti kolaborasi antara siswa dan guru atau kerja kelompok, serta konstruksi pengetahuan melalui zona perkembangan proksimal (jarak antara apa yang dapat dipelajari secara mandiri oleh individu dan apa yang dapat dipelajari dengan bantuan).

Perbedaan inilah yang menunjukkan bahwa teori belajar lebih fokus pada proses internal individu, sedangkan teori pembelajaran menekankan interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal dalam proses pembentukan pengetahuan dan keterampilan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Florentic Helau 2213053023 -
Nama : Florentic Helau
NPM : 2213053023

1. Teori belajar berkaitan dengan proses internal yang dialami individu saat mereka memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap baru. Teori belajar cenderung berfokus pada aspek psikologis dan kognitif dari bagaimana seseorang belajar. Ini mencakup konsep seperti motivasi, pemrosesan informasi, dan memori. Contoh: Misalnya, teori pembelajaran sosial Albert Bandura menyatakan bahwa individu belajar melalui pengamatan dan peniruan perilaku orang lain. Seorang siswa dapat belajar cara menyelesaikan masalah matematika dengan mengamati dan meniru cara teman sekelasnya menyelesaikan masalah serupa.

2. Teori pembelajaran lebih berfokus pada proses eksternal yang dipandu oleh guru atau lingkungan pembelajaran. Ini mencakup bagaimana guru menyampaikan materi, cara siswa terlibat dalam kegiatan belajar, dan cara evaluasi dilakukan. Teori pembelajaran sering kali berkaitan dengan praktik-praktik pengajaran yang efektif. Contoh teori pembelajaran termasuk pendekatan konstruktivis, behaviorisme, dan pembelajaran berbasis proyek.
Contoh: Metode pembelajaran berbasis proyek melibatkan siswa dalam proyek-proyek nyata yang menantang dan bermakna, di mana mereka harus menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai contoh, dalam proyek pembelajaran tentang lingkungan, siswa dapat melakukan penelitian tentang polusi udara di lingkungan mereka, merancang kampanye kesadaran, dan melaksanakan tindakan untuk mengurangi polusi tersebut.

Jadi, perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran adalah bahwa teori belajar fokus pada proses internal individu yang terlibat dalam memperoleh pengetahuan, sedangkan teori pembelajaran berkaitan dengan strategi eksternal yang digunakan untuk memfasilitasi proses pembelajaran oleh guru atau lingkungan pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Christin ananta putri 2213053061 -
Nama : Christin Ananta Putri
NPM : 2213053061

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran :

1. Teori Belajar: Fokus pada proses internal individu yang terlibat dalam perolehan pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru. Ini lebih menekankan pada bagaimana individu menyusun informasi, mengasimilasi pengalaman baru, dan mengubah perilaku mereka sebagai hasil dari pengalaman tersebut. Contohnya adalah Teori Kognitif Piaget yang menyoroti perkembangan kognitif individu melalui tahap-tahap tertentu, seperti tahap sensorimotor, prapoperasional, konkret operasional, dan formal operasional.

2. Teori Pembelajaran: Lebih menekankan pada proses sosial atau interaksi dengan lingkungan eksternal, baik itu melalui pengajaran langsung, observasi, atau interaksi sosial lainnya. Teori-teori ini mempertimbangkan bagaimana pengaruh lingkungan, guru, dan faktor-faktor eksternal lainnya membentuk pembelajaran individu. Contohnya adalah Teori Konstruktivis Vygotsky yang menekankan peran interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti dalam kerjasama antara guru dan siswa atau antara rekan sebaya.

Dalam praktiknya, teori belajar dan teori pembelajaran sering saling terkait dan digunakan bersama-sama untuk merancang pendekatan pembelajaran yang efektif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh ALYA RIFA DWI PANGESTU 2213053152 -
Nama : Alya Rifa Dwi Pangestu
Npm : 2213053152

Teori Belajar adalah teori yang menjelaskan tentang proses bagaimana individu memperoleh, memahami, dan mempertahankan pengetahuan atau keterampilan. Teori belajar bersifat deskriptif, yang berarti teori ini menjelaskan proses belajar seperti apa adanya. Misalnya, Teori Belajar Behavioristik oleh B.F. Skinner yang menjelaskan bahwa belajar adalah proses perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman.
Seperti contohnya seorang siswa belajar matematika kemudian ia mengalami kesulitan dalam memahami konsep tertentu. Dalam proses belajarnya, dia melakukan banyak latihan dan mendapatkan timbal balik dari guru dan akhirnya dapat memahami konsep tersebut dan mampu mengerjakan dengan benar.

Teori Pembelajaran adalah teori yang memberikan panduan tentang bagaimana cara terbaik untuk mengajar atau memfasilitasi belajar. Teori pembelajaran bersifat preskriptif, yang berarti teori ini memberikan rekomendasi atau petunjuk tentang metode pembelajaran yang optimal. Misalnya, Teori Pembelajaran Konstruktivis oleh Jean Piaget yang menyarankan bahwa pembelajaran terjadi ketika siswa aktif dalam proses belajar dan membangun pengetahuan mereka sendiri berdasarkan pengalaman.
Contohnya seperti seorang guru ingin mengajar konsep matematika yang sulit kepada siswanya. Lalu ia merancang kegiatan belajar yang melibatkan siswa secara aktif, seperti diskusi kelompok dan pemecahan masalah. Guru tersebut juga memberikan umpan balik dan bantuan ketika siswa mengalami kesulitan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Azzahra Rindra Tiara 2213053117 -
Nama : Azzahra Rindra Tiara
NPM : 2213053117

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu sebagai berikut:
1. Teori belajar berfokus pada memberikan proses belajar, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, mengungkapkan hubungan kegiatan isi belajar dengan proses-proses psikologis dalam diri si belajar. Contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lainnya sudah membentuk pikiran.
Selain itu contoh teori belajar bersikap deskriptif seperti jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca maka retensi terhadap teks itu akan lebih baik.

2. Teori pembelajaran tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar, berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel dan dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar, selalu menyebutkan metode pembelajaran, mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar.
Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Rahmawati 2213053210 -
Nama : Rahmawati
NPM : 2213053210

Teori belajar dan teori pembelajaran merupakan dua konsep yang terkait akan tetapi, memiliki perbedaan dalam fokus dan pendekatannya. Dalam konteks pendidikan, teori pembelajaran lebih sering diterapkan karena mempertimbangkan pengaruh lingkungan dan interaksi sosial terhadap proses pembelajaran, sementara teori belajar cenderung lebih fokus pada aspek internal individu saja

1. Teori Belajar
•Fokus terhadap proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru.
•Menekankan peran faktor internal seperti motivasi, persepsi, dan pengalaman individu.
Contohnya : Teori kognitif Piaget tentang perkembangan kognitif anak, yang menekankan peran internal seperti skema, asimilasi, dan akomodasi dalam belajar.

2. Teori Pembelajaran
•Lebih menekankan pada interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal, termasuk guru, teman sebaya, dan bahan pembelajaran.
•Meneliti bagaimana faktor-faktor eksternal mempengaruhi proses belajar individu.
Contohnya : Teori behavioristik Skinner tentang operant conditioning, yang menekankan bagaimana rangsangan eksternal (penguatan atau hukuman) mempengaruhi perilaku belajar individu pada siswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Efi yulyana 2213053075 -
Nama : Efi Yulyana
NPM : 2213053075

Teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, Salah satu contoh teori belajar Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran sedangkan
Teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa Salah satu contoh teori pembelajaran adalahTeori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh F. Riska Elisa 2213053249 -
Nama : F. Riska Elisa
NPM : 2213053249

Adapun perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Teori Belajar:
Teori belajar berfokus pada proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Teori ini lebih menekankan pada perubahan perilaku yang terjadi pada tingkat individu. Contoh teori belajar yang terkenal adalah teori behaviorisme yang dikemukakan oleh Ivan Pavlov dan Burrhus Skinner. Menurut teori ini, seseorang belajar melalui rangsangan eksternal dan respon perilaku yang timbul sebagai hasil dari rangsangan tersebut.

Contoh: Ketika seorang anak belajar untuk mengendarai sepeda, teori belajar akan fokus pada perubahan perilaku anak tersebut melalui latihan dan pengalaman langsung dengan sepeda. Perubahan perilaku ini adalah indikasi bahwa proses belajar telah terjadi.

2. Teori Pembelajaran:
Teori pembelajaran melibatkan interaksi sosial dan konteks lingkungan dalam proses pembelajaran. Teori ini berpendapat bahwa pembelajaran terjadi melalui interaksi dengan orang lain, penyampaian informasi, dan pengalaman yang bersifat sosial. Contoh teori pembelajaran yang terkenal adalah teori konstruktivisme yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Menurut teori ini, individu membangun pengetahuan mereka melalui pengalaman langsung dengan dunia sekitarnya.

Contoh: Dalam konteks pembelajaran di kelas, teori pembelajaran akan berfokus pada interaksi antara guru dan siswa serta penerapan strategi belajar yang melibatkan diskusi kelompok, kerja tim, dan kolaborasi. Proses pembelajaran ini melibatkan konstruksi pengetahuan oleh siswa melalui pengalaman dan refleksi dalam konteks sosial yang terstruktur.

Secara singkat, teori belajar menekankan perubahan perilaku individu akibat dari rangsangan eksternal, sedangkan teori pembelajaran menekankan interaksi sosial dan konstruksi pengetahuan dalam konteks sosial.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Andini Puspitasari 2213053099 -
Nama : Andini Puspitasari
NPM : 2213053099

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Fokus: Teori belajar lebih berfokus pada proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Teori ini menekankan peran individu sebagai pembelajar aktif yang memproses informasi dan mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri. Di sisi lain, teori pembelajaran lebih berfokus pada interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal dalam proses pembelajaran. Teori ini menekankan pengaruh lingkungan dan interaksi sosial dalam pembelajaran.

Contoh: Dalam teori belajar kognitif Piaget, anak-anak mengembangkan pengetahuan mereka melalui proses asimilasi dan akomodasi. Misalnya, ketika seorang anak melihat seekor kucing untuk pertama kalinya, ia dapat mengasimilasi pengalaman itu ke dalam skema yang sudah ada tentang hewan berbulu. Namun, jika anak tersebut melihat seekor anjing, ia harus mengakomodasi pengalaman baru itu dengan memodifikasi skema yang ada. Di sisi lain, dalam teori pembelajaran sosial Bandura, individu belajar melalui pengamatan dan peniruan perilaku orang lain. Misalnya, jika seorang anak melihat temannya bermain dengan mainan baru, ia dapat belajar bagaimana menggunakan mainan tersebut dengan mengamati dan meniru temannya.

2. Proses: Teori belajar lebih menekankan pada proses mental dan kognitif yang terjadi dalam pikiran individu. Teori ini melibatkan pemrosesan informasi, pengorganisasian pengetahuan, dan konstruksi pemahaman baru. Di sisi lain, teori pembelajaran lebih menekankan pada penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang dirancang untuk memfasilitasi pemahaman dan penguasaan materi oleh individu. Teori ini melibatkan interaksi langsung dengan lingkungan dan penerapan konsep-konsep pembelajaran.

Contoh: Dalam teori belajar kognitif, individu secara aktif mengorganisasi informasi baru dengan menghubungkannya dengan pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran mereka. Misalnya, ketika seorang siswa belajar tentang konsep matematika baru, mereka dapat menghubungkannya dengan pengetahuan matematika yang sudah mereka miliki sebelumnya. Di sisi lain, dalam teori pembelajaran, siswa dapat menggunakan strategi seperti diskusi kelompok, proyek kolaboratif, atau simulasi untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi yang dipelajari.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ufara Alfadila 2213053114 -
Nama : Ufara Alfadila
NPM : 2213053114

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran diantaranya :
1. Teori belajar berfokus pada individu terkait aspek kognitif, emosional, dan sosial yang diharapkan akan didapatkan dari proses belajar itu sendiri. Teori belajar memiliki beberapa pendekatan seperti behavioristik, kognitivisme, humanistik, dan konstruktivisme.
Contoh teori belajar salah satunya teori belajar konstrukstivisme, bahwa belajar merupakan proses yang dibangun oleh anak secara mandiri dari pengalamannya sendiri. Misalnya anak belajar tentang perubahan wujud benda salah satunya yaitu mencair. Maka pendidik hanya perlu memfasilitasi proses belajar itu dengan memberikan es batu atau es krim kemudian meminta peserta didik untuk meletakkan es tersebut dibawah sinar matahari dan mengamatinya. Dengan begitu, peserta didik dapat memiliki pengalaman langsung sehingga ia dapat memahami materi dengan menggunakan teori belajar konstrukstivisme tersebut.

2. Teori pembelajaran berfokus pada metode dan strategi yang digunakan untuk penyampaian materi dan memfasilitasi proses belajar serta hubungan interaksi antara pendidik, peserta didik, dan lingkungan belajar yang efektif. Teori pembelajaran dapat berupa strategi atau model pembelajaran yang digunakan seperti Model pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran berbasis masalah, dan model pembelajaran kolaboratif.
Contoh teori pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Pendidik meminta peserta didik membuat proyek untuk menciptakan lingkungan bersih dan asri, maka peserta didik dapat memulai untuk membersihkan lingkungan sekolah, menanam dan merawat pohon dan bunga bunga, membuang sampah pada tempatnya, dan merancang kampanye tentang kesadaran untuk menjaga lingkungan dengan membuat poster-poster peringatan akan dampak buruk tidak menjaga kebersihan lingkungan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Khalidah Aurora 2213053200 -
Nama : Khalidah Aurora
NPM 2213053200

Teori belajar berfokus pada tujuan utama dalam belajar yaitu proses belajarnya, teori belajar juga memberikan perhatian apada bagaiaman seseorang belajar, dan teori belajar berfokus pada hubungan anatara variabel - variabel yang menentukan hasil belajar.
contoh teori belajar yaitu pendidik memberitahukan hasil belajar, mengoreksi kesalahan yang dilakukan oleh sisiwa dan memberikannya informasi

Teori pembelajaran merupakan teori yang mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses psikologis dalam diri siswa, tujuan utama nya yaitu menetapkan metode pengajaran yang digunkaan. contohnya pendidikan bersama peserta didik dapat mengkaji pesan - pesan penting bahwa dunia adalah kompleks. dimana tejadi macam - macam pandangan tentang kebenaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Krisna Farhan Fadillah 2213053139 -
Nama : Krisna Farhan Fadillah
NPM : 2213053139

Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun luar kelas.Tujuan utama dari teori belajar ialah pada proses pembelajaran,serta variabel yang menentukan hasil belajar.Contoh: Teori Kognitif oleh Jean Piaget. Piaget mempelajari bagaimana anak-anak mengembangkan pemahaman tentang dunia mereka melalui proses asimilasi dan akomodasi.

Teori pembelajaran merupakan suatu kumpulan prinsip-prinsip yang terintegrasi dan yang memberikan preskripsi untuk mengatur situasi atau lingkungan belajar sedemikian rupa sehingga dapat membantu siswa mencapai tujuan belajarnya dengan mudah. Fokus teori pembelajaran ialah pada strategi dan metode yang digunakan oleh guru atau instruktur untuk mendukung proses belajar individu atau kelompok.Contoh teori pembelajaran adalah Teori Konstruktivisme Sosial oleh Lev Vygotsky. Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam pembelajaran, di mana guru dapat membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman baru melalui kolaborasi dan diskusi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh AYU ARINDA 2213053079 -
Nama : Ayu Arinda
NPM : 2213053079

Teori belajar berkaitan dengan bagaimana siswa memproses dan menyerap informasi. Ini mencakup pemahaman tentang bagaimana siswa membangun pengetahuan, bagaimana mereka memahami dan menginterpretasikan informasi, dan faktor apa saja yang mempengaruhi proses belajar mereka. Beberapa teori belajar yang populer adalah behavioristik, kognitif, konstruktivisme, humanistik, dan sibernetik.

Sementara itu, teori pembelajaran lebih berfokus pada bagaimana informasi disampaikan oleh guru. Ini mencakup strategi pengajaran, metode pembelajaran, dan alat atau bahan ajar yang digunakan. Tujuan utama teori pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal.

Untuk pembelajaran nilai dan moral PKN SD, menurut pendapat saya , teori belajar konstruktivistik adalah teori paling efektif. Teori belajar konstruktivisme percaya bahwa pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri yang aktif dalam proses belajar. Guru bertindak sebagai fasilitator yang membantu siswa untuk membuat koneksi antara konsep dan menerapkannya dalam konteks kehidupan nyata. Dalam konteks PKN, ini bisa berarti membantu siswa memahami bagaimana nilai-nilai seperti Pancasila diterapkan dalam situasi sehari-hari.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Adelia Cherlyana 2213053022 -
Nama : Adelia Cherlyana
NPM : 2213053022

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu :
Tujuan utama dari teori belajar yaitu memberikan proses belajar dan menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, sedangkan tujuan utama dari teori pembelajaran yaitu menetapkan metode pembelajaran yang optimal dan menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar.
Contoh dari teori belajar yaitu teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
Contoh dari teori pembelajaran yaitu teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ladaina Fahrun Nada 2213053044 -
Nama : Ladaina Fahrun Nada
NPM : 2213053044

Teori belajar juga diartikan sebagai suatu kegiatan seseorang untuk mengubah perilaku mereka. Seluruh kegiatan belajar selalu diikuti oleh perubahan yang meliputi kecakapan, ketrampilan dan sikap, pengertian dan harga diri, watak, minat, penyesuaian diri dan lain sebagainya. mana dari itu teori belajar proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku. contohnya yaitu pada teori beljarvioristik pendidik sebagai fasilitator sehingga sering memberika instruksi kepada peserta didik selama proses pembelajaran.
Teori pembelajaran merupakan usaha yang dilaksanakan secara sengaja, terarah dan terencana, dengan tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan, serta pelaksanaannya terkendali, dengan maksud agar terjadi belajar pada diri seseorang atau peserta didik. maka dari itu, teori pembelajar juga sering diartikan sebagai interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. contohnya yaitu dalam teori pembelajaran konstruktivisme yaitu peserta didik aktif dalam proses pembelajaran yaitu pada saat diskusi atau tanya jawab peserta didik dan pendidik sehingga pembelajaran akan lebih efektif.
Perbedaan dari kedua teori tersebut, yaitu Teori belajar memiliki tujuan untuk memberikan proses belajar sedangkan teori pembelajaran untuk menetapkan metode pengajaran yang optimal dalam melaksanakan proses belajar. Sehingga teori pembelajaran sering menghubungkan dengan metode berbeda dengan teori belajar yang tidak menghubungkan dengan metode.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Nadia Ayu Nurjanah 2213053119 -
Nadia Ayu Nurjanah
2213053119


Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran menggambarkan perspektif yang berbeda dalam memahami bagaimana individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Meskipun keduanya berhubungan erat, perbedaan inti terletak pada fokus dan pendekatan yang mereka ambil.

1. Teori Belajar
  • Fokus: Teori belajar memusatkan perhatian pada proses internal mental individu, termasuk bagaimana informasi diproses, disimpan, dan diambil oleh otak.
  • Pendekatan: Teori belajar cenderung menyoroti peran individu dalam memperoleh pengetahuan melalui proses seperti pengamatan, analisis, dan refleksi.
  • Contoh: Dalam teori belajar kognitif, proses belajar dipandang sebagai perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, atau keterampilan yang terjadi di dalam pikiran individu. Sebagai contoh, ketika seorang siswa mempelajari konsep matematika seperti penjumlahan, teori belajar kognitif akan memperhatikan bagaimana siswa memahami konsep tersebut, memproses informasi, dan mengembangkan keterampilan dalam melakukan penjumlahan.

2. Teori Pembelajaran
  • Fokus: Teori pembelajaran menekankan interaksi antara individu dan lingkungan eksternal dalam proses memperoleh pengetahuan.
  • Pendekatan: Teori pembelajaran menekankan penggunaan strategi dan metode dalam menyampaikan materi pembelajaran dan menciptakan lingkungan yang mendukung proses belajar siswa.
  • Contoh: Dalam teori pembelajaran behavioristik, pembelajaran dipandang sebagai perubahan perilaku yang terjadi sebagai hasil dari respons terhadap rangsangan dari lingkungan. Sebagai contoh, ketika seorang guru memberikan penguatan positif kepada siswa setelah mereka berhasil menyelesaikan tugas matematika, itu merupakan contoh dari penerapan teori pembelajaran behavioristik yang mengarah pada pembentukan perilaku yang diinginkan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Aziyatun Adinda Fitria 2213053239 -
Nama. :Aziyatun Adinda Fitria
NPM. : 2213053239

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran terletak pada fokus dan pendekatan yang digunakan dalam memahami proses belajar. Berikut adalah penjelasan singkat beserta contohnya:

Teori Belajar:
Teori belajar lebih berfokus pada proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru. Teori ini berupaya menjelaskan bagaimana individu memproses informasi, membentuk representasi mental, dan mengubah perilaku mereka berdasarkan pengalaman belajar. Teori belajar cenderung menekankan peran individu dalam mengkonstruksi pengetahuan dan memahami dunia.

Contoh teori belajar adalah teori kognitif, seperti teori konstruktivisme Piaget. Menurut teori ini, individu aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan. Misalnya, ketika seorang anak belajar tentang konsep matematika seperti penjumlahan, ia akan membangun pemahaman melalui eksplorasi, manipulasi objek, dan refleksi.

Teori Pembelajaran:
Teori pembelajaran lebih berfokus pada konteks sosial dan interaksi antara individu dengan lingkungan belajar. Teori ini menekankan pentingnya interaksi sosial, kolaborasi, dan pengaruh lingkungan dalam proses belajar. Teori pembelajaran melihat pembelajaran sebagai proses sosial yang melibatkan pengajaran, interaksi dengan guru dan teman sebaya, serta pengalaman belajar yang terstruktur.

Contoh teori pembelajaran adalah teori konstruktivisme sosial Vygotsky. Menurut teori ini, pembelajaran terjadi melalui interaksi sosial, di mana individu belajar melalui kolaborasi, bimbingan dari orang dewasa, dan partisipasi dalam kegiatan bersama. Misalnya, dalam pembelajaran matematika, seorang siswa dapat belajar melalui diskusi kelompok, berbagi strategi, dan mendapatkan bimbingan dari guru atau teman sebaya.

Perbedaan mendasar antara teori belajar dan teori pembelajaran terletak pada fokusnya. Teori belajar lebih berfokus pada proses internal individu, sementara teori pembelajaran lebih menekankan interaksi sosial dan pengaruh lingkungan dalam pembelajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Anggun Putri Pradani 2213053172 -
Nama : Anggun Putri Pradani
NPM : 2213053172

Teori belajar fokus utamanya adalah memberikan proses pembelajaran yang memperhatikan cara seseorang belajar, memusatkan perhatian pada hubungan antar variabel yang menentukan hasil belajar. Contoh teori belajar adalah teori kognitif yang memandang belajar sebagai suatu proses, dikaitkan dengan ide-ide lama yang membentuk pemikiran.
Teori pembelajaran berfokus pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain sehingga terjadi pembelajaran, menekankan upaya pengendalian variabel-variabel yang ditentukan dalam teori pembelajaran untuk memfasilitasi kondisi pembelajaran yang menguntungkan, selalu menyebutkan dasar pembelajaran dan metode penelitian yang dilakukannya. Contoh teori pembelajaran adalah Teori Konstruktivisme Sosial dari Vygotsky. Vygotsky menekankan peran penting interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti kolaborasi antara siswa dan guru atau kerja kelompok, serta konstruksi pengetahuan melalui zona perkembangan proksimal (jarak antara apa yang dapat dipelajari secara mandiri oleh individu dan apa yang dapat dipelajari dengan bantuan).
Perbedaan inilah yang menunjukkan bahwa teori belajar lebih fokus pada proses internal individu, sedangkan teori pembelajaran menekankan interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal dalam proses pembentukan pengetahuan dan keterampilan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh DWI RATNA ASIH 2213053037 -
Nama : Dwi Ratna Asih
NPM : 2213053037

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.
Menurut analisis penulis, Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuan tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.
Sedangkan, Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.
Maka, dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Memorila Dini Oktavia 2213053289 -
Memorila Dini Oktavia
2213053289

Teori belajar merupakan teori yang di dalamnya berisi tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.
Teori pembelajaran merupakan serangkaian prinsip yang saling terkait dan memberikan petunjuk tentang cara mengelola lingkungan atau situasi belajar agar dapat mendukung peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka dengan lebih mudah.

Perbedaan teori belajar dan pembelajaran diantaranya yaitu 1) teori belajar tujuan utamanya memberikan proses belajar sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal 2) teori belajar menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, sedangkan teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar belajar terjadi, 3) teori belajar berfokus pada hubungan antara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, sedangkan teori pembelajaran berfokus pada mengontol variabel dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.

Contoh:
Teori belajar sosial Bandura: manusia mengambil informasi dan memutuskan tingkah laku berdasarkan lingkungan dan tingkah laku orang lain yang ada di sekitarnya (Suardi, 2018)
Teori belajar apersepsi: menganggap belajar sebagai proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
Teori Pembelajaran Konstruktivisme Vygotsky: perkembangan kognitif dihasilkan dari interaksinya dengan lingkungan dan masyarakat sekitarnya.
Teori pembelajaran elaborasi: dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengelolaan pengajaran.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Putri Alya -
Nama : Putri Alya
Npm : 2213053240

Teori belajar dan teori pembelajaran merupakan dua kata yang seringkali digunakan secara bergantung, tetapi ada perbedaan penting antara kedua teori ini.
Teori belajar merupakan teori yang mengatur tentang bagaimana individu berubah dalam pembelajaran. Ini berisi tentang bagaimana individu memproses informasi, membuat pemahaman, dan membentuk kemampuan. Teori belajar menyajikan informasi mengenai cara individu berubah, baik itu secara fizikal, emosional, atau kognitif, ketika mereka belajar. Contoh teori belajar antara lain:
- Teori belajar Piaget
- Teori belajar Skinner
- Teori belajar Bandura
- Teori belajar Hedberg
Teori pembelajaran, atau teori pendidikan, merupakan teori yang mengatur tentang bagaimana guru atau pengajar menggunakan teori belajar untuk mengembangkan pembelajaran yang efektif. Ini berisi tentang bagaimana guru atau pengajar dapat membantu siswa atau siswi untuk memahami dan mengaplikasikan materi yang dipelajari. Contoh teori pembelajaran antara lain:
- Teori pembelajaran constructivisme
- Teori pembelajaran behaviorisme
- Teori pembelajaran cognitivisme
- Teori pembelajaran humanisme
Sebagai contoh, teori belajar Piaget mengatasi tentang cara individu berubah dalam pembelajaran, sedangkan teori pembelajaran constructivisme mengatasi tentang bagaimana guru atau pengajar dapat membantu siswa atau siswi membuat pemahaman yang efektif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Putri Wulandari Dwi Yovan -
Nama : Putri Wulandari Dwi Yovan
NPM : 2213053198

Teori belajar dan teori pembelajaran adalah dua konsep yang berbeda dalam pendidikan. Teori belajar adalah deskriptif, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif. Teori belajar berfokus pada proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Teori ini menjelaskan bagaimana individu belajar dan apa yang terjadi dalam diri mereka saat belajar.
Teori pembelajaran berfokus pada proses eksternal yang dirancang untuk membantu individu belajar. Teori ini menjelaskan bagaimana pembelajaran difasilitasi dan strategi apa yang dapat digunakan untuk membantu individu belajar secara efektif.
Contoh:
• Teori belajar: Teori Behaviorisme menjelaskan bahwa belajar terjadi melalui proses pengkondisian. Individu belajar dengan menghubungkan stimulus dan respons.
• Teori pembelajaran: Teori Pembelajaran Kooperatif menjelaskan bahwa pembelajaran dapat dioptimalkan melalui kerja sama antar individu dalam kelompok.
Contoh Penerapan:
• Teori belajar: Seorang guru menggunakan teori Behaviorisme untuk mengajar anak-anak membaca. Guru memberikan hadiah kepada anak-anak setiap kali mereka berhasil membaca kata dengan benar.
• Teori pembelajaran: Seorang guru menggunakan teori Pembelajaran Kooperatif untuk mengajar siswa tentang sejarah. Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil dan meminta mereka untuk bekerja sama untuk menyelesaikan proyek penelitian.
Kesimpulan:
Teori belajar dan teori pembelajaran saling melengkapi. Teori belajar membantu kita memahami bagaimana individu belajar, sedangkan teori pembelajaran membantu kita merancang strategi untuk membantu mereka belajar secara efektif. Dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD, guru harus menggunakan teori pembelajaran yang sesuai dengan teori belajar yang digunakan. Contohnya, jika guru menggunakan teori kooperatif, maka guru harus menggunakan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar peserta didik, sehingga dapat memudahkan proses belajar.