Kepada seluruh mahasiswa dipersilahkan untuk melaksanakan diskusi mengenai materi Islam dan IPTEK serta Pendidikan Anti Korupsi dalam Perspektif Islam. Bagi kelompok yang bertugas bertanggung jawabn untuk menjawab. Keaktifan saudara dalam forum diskusi akan menjadi salah satu point penilaian penting.
FORUM DISKUSI PERTEMUAN 04 DESEMBER 2023
Perkenalkan nama saya Putra Batin Kartadilaga dengan npm 2353042007
saya ingin bertanya Apakah ada kontradiksi antara nilai-nilai Islam dalam anti-korupsi dengan realitas politik atau ekonomi yang sering terjadi di negara-negara mayoritas Muslim yang terdapat tingkat korupsi yang tinggi?
terimakasih
saya ingin bertanya Apakah ada kontradiksi antara nilai-nilai Islam dalam anti-korupsi dengan realitas politik atau ekonomi yang sering terjadi di negara-negara mayoritas Muslim yang terdapat tingkat korupsi yang tinggi?
terimakasih
In reply to Putra Batin Kartadilaga
Re: FORUM DISKUSI PERTEMUAN 04 DESEMBER 2023
Saya Mutiara Rahma Novalia dari kelompok 8 (2313042081)
Saya akan menjawab pertanyaan dari putra batin jawabannya adalah Ya, ada kontradiksi antara nilai-nilai Islam dalam anti-korupsi dengan realitas politik atau ekonomi yang sering terjadi di negara-negara mayoritas Muslim yang terdapat tingkat korupsi yang tinggi. Untuk itu, diperlukan upaya-upaya yang komprehensif, mulai dari penguatan sistem hukum dan penegakan hukum, hingga perubahan budaya dan sosial.
Terima kasih
Saya akan menjawab pertanyaan dari putra batin jawabannya adalah Ya, ada kontradiksi antara nilai-nilai Islam dalam anti-korupsi dengan realitas politik atau ekonomi yang sering terjadi di negara-negara mayoritas Muslim yang terdapat tingkat korupsi yang tinggi. Untuk itu, diperlukan upaya-upaya yang komprehensif, mulai dari penguatan sistem hukum dan penegakan hukum, hingga perubahan budaya dan sosial.
Terima kasih
Perkenalkan nama saya Mungky Larasati
Npm 2313042072 izin bertanya untuk materi kelompok 6
Bagaimana konsep pendidikan anti korupsi dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan etis?
Npm 2313042072 izin bertanya untuk materi kelompok 6
Bagaimana konsep pendidikan anti korupsi dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan etis?
In reply to Mungky Larasati
Re: FORUM DISKUSI PERTEMUAN 04 DESEMBER 2023
Saya Mutiara Rahma Novalia dari kelompok 8 (2313042082)
Karena ini pertanyaan yang menyangkut materi kelompok saya, izinkan saya untuk menjawabnya. Barangkali ada yang ingin menambahkan di silahkan.
Konsep pendidikan anti korupsi dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan etis dengan cara berikut:
* Mengembangkan kurikulum pendidikan anti korupsi yang berbasis pada nilai-nilai Islam. Kurikulum ini harus mencakup materi-materi tentang pengertian korupsi, bahaya korupsi, nilai-nilai anti korupsi dalam Islam, dan contoh-contoh perilaku anti korupsi.
* Menerapkan pembelajaran pendidikan anti korupsi yang inovatif dan kreatif. Pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti ceramah, diskusi, simulasi, dan permainan.
* Menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi. Lingkungan pendidikan yang kondusif dapat diciptakan dengan cara:
* Menjadi teladan bagi peserta didik dalam bersikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, adil, berani, peduli, kerja keras, sederhana, dan mandiri.
* Mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya korupsi.
* Menegakkan disiplin dan aturan yang tegas terhadap perilaku korupsi.
Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengintegrasikan pendidikan anti korupsi dengan nilai-nilai Islam di lingkungan pendidikan:
* Pembelajaran tentang kisah-kisah teladan dari Al-Qur'an dan hadis yang berkaitan dengan anti korupsi.** Misalnya, kisah Nabi Nuh yang menolak menerima suap dari kaumnya, kisah Nabi Yusuf yang menolak godaan wanita-wanita Mesir, dan kisah Nabi Muhammad SAW yang selalu bersikap jujur dan adil.
* Diskusi tentang bahaya korupsi dan dampak negatifnya bagi masyarakat. Diskusi dapat dilakukan dengan melibatkan peserta didik dari berbagai latar belakang, termasuk orang tua, guru, dan tokoh masyarakat.
* Simulasi tentang situasi-situasi yang dapat menimbulkan perilaku korupsi. Melalui simulasi, peserta didik dapat belajar untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi situasi tersebut.
* Permainan yang dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya korupsi. Misalnya, permainan "Menjadi Presiden" yang dapat mengajarkan peserta didik tentang pentingnya kejujuran dan keadilan dalam menjalankan kekuasaan.
Dengan mengintegrasikan pendidikan anti korupsi dengan nilai-nilai Islam, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan etis, serta menghasilkan generasi muda yang jujur, adil, dan bertanggung jawab.
Karena ini pertanyaan yang menyangkut materi kelompok saya, izinkan saya untuk menjawabnya. Barangkali ada yang ingin menambahkan di silahkan.
Konsep pendidikan anti korupsi dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan etis dengan cara berikut:
* Mengembangkan kurikulum pendidikan anti korupsi yang berbasis pada nilai-nilai Islam. Kurikulum ini harus mencakup materi-materi tentang pengertian korupsi, bahaya korupsi, nilai-nilai anti korupsi dalam Islam, dan contoh-contoh perilaku anti korupsi.
* Menerapkan pembelajaran pendidikan anti korupsi yang inovatif dan kreatif. Pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti ceramah, diskusi, simulasi, dan permainan.
* Menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi. Lingkungan pendidikan yang kondusif dapat diciptakan dengan cara:
* Menjadi teladan bagi peserta didik dalam bersikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, adil, berani, peduli, kerja keras, sederhana, dan mandiri.
* Mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya korupsi.
* Menegakkan disiplin dan aturan yang tegas terhadap perilaku korupsi.
Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengintegrasikan pendidikan anti korupsi dengan nilai-nilai Islam di lingkungan pendidikan:
* Pembelajaran tentang kisah-kisah teladan dari Al-Qur'an dan hadis yang berkaitan dengan anti korupsi.** Misalnya, kisah Nabi Nuh yang menolak menerima suap dari kaumnya, kisah Nabi Yusuf yang menolak godaan wanita-wanita Mesir, dan kisah Nabi Muhammad SAW yang selalu bersikap jujur dan adil.
* Diskusi tentang bahaya korupsi dan dampak negatifnya bagi masyarakat. Diskusi dapat dilakukan dengan melibatkan peserta didik dari berbagai latar belakang, termasuk orang tua, guru, dan tokoh masyarakat.
* Simulasi tentang situasi-situasi yang dapat menimbulkan perilaku korupsi. Melalui simulasi, peserta didik dapat belajar untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi situasi tersebut.
* Permainan yang dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya korupsi. Misalnya, permainan "Menjadi Presiden" yang dapat mengajarkan peserta didik tentang pentingnya kejujuran dan keadilan dalam menjalankan kekuasaan.
Dengan mengintegrasikan pendidikan anti korupsi dengan nilai-nilai Islam, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan etis, serta menghasilkan generasi muda yang jujur, adil, dan bertanggung jawab.
Perkenalkan nama saya Fitria Insani, NPM 2313042074.
Izin bertanya, apa saja kontribusi Islam dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi?
terima kasih
Izin bertanya, apa saja kontribusi Islam dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi?
terima kasih
Saya jamila mulya kholifa dengan npm 2353042006, Akan menjawab pertanyaan Dari fitri Islam memiliki kontribusi yang signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa kontribusi tersebut antara lain:
Menjadikan aqidah Islam sebagai paradigma pemikiran dan ilmu pengetahuan: Dalam konsep agama Islam, ilmu pengetahuan lahir sejak diciptakannya manusia pertama, Adam AS. Aqidah Islam dijadikan sebagai landasan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimaksudkan sebagai konsep ilmu pengetahuan dan teknologi yang wajib bersumber kepada Al-Qur'an.
Menjadikan syariah Islam sebagai standar penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi: Syariah Islam dijadikan sebagai tolok ukur pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi: Islam telah memberikan sumbangan dalam pengembangan berbagai disiplin ilmu, mulai dari ilmu agama hingga ilmu pengetahuan alam.
Dengan demikian, Islam telah memberikan kontribusi yang beragam dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik melalui landasan pemikiran maupun pengembangan disiplin ilmu.
trimakasi
Menjadikan aqidah Islam sebagai paradigma pemikiran dan ilmu pengetahuan: Dalam konsep agama Islam, ilmu pengetahuan lahir sejak diciptakannya manusia pertama, Adam AS. Aqidah Islam dijadikan sebagai landasan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimaksudkan sebagai konsep ilmu pengetahuan dan teknologi yang wajib bersumber kepada Al-Qur'an.
Menjadikan syariah Islam sebagai standar penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi: Syariah Islam dijadikan sebagai tolok ukur pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi: Islam telah memberikan sumbangan dalam pengembangan berbagai disiplin ilmu, mulai dari ilmu agama hingga ilmu pengetahuan alam.
Dengan demikian, Islam telah memberikan kontribusi yang beragam dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik melalui landasan pemikiran maupun pengembangan disiplin ilmu.
trimakasi
Perkenalkan nama saya Bayu Anggara Putra dengan NPM 2313042087
Dalam makalahnya kelompok 5 dijelaskan bahwa umat Islam mengembangkan pemikiran tentang sistem politik, ekonomi, dan peradaban Islam.Pertanyaan saya,contoh pengembangannya di sistem politik,ekonomi dan peradaban islam itu yang bagaimana?
Dalam makalahnya kelompok 5 dijelaskan bahwa umat Islam mengembangkan pemikiran tentang sistem politik, ekonomi, dan peradaban Islam.Pertanyaan saya,contoh pengembangannya di sistem politik,ekonomi dan peradaban islam itu yang bagaimana?
In reply to Bayu Anggara Putra Putra
Re: FORUM DISKUSI PERTEMUAN 04 DESEMBER 2023
Saya Melur Fahmidasari Wahyudi dengan npm 2353042005, ingin menjawab pertanyaan dari bayu
Jadi Perkembangan agama Islam melalui politik yaitu dengan strategi dakwah Islam di Indonesia melalui politik biasanya dilakukan di lingkungan kerajaan. Pengaruh politik raja sangat membantu tersebarnya Islam karena biasanya masyarakat akan mengikuti agama rajanya. Ajaran Islam pun semakin mudah menyebar seiring dengan perkembangan kerajaan.
Sedangkan ekonomi yaitu Ekonomi islam di indonesia dalam tahun ketahun semakin berkembang secara bertahap dan akan menjadi ekonomi islam terbesar didunia. Hal tersebut terdapat pasar yang sangat besar dan terdapat pula sektor riil ekonomi syariah yang sudah berjalan dengan baik sesuai aturan syariah islam yang sudah ada didalam Al-qur'an. Dan sedangkan dari peradaban Islam yaitu Adapun bentuk-bentuk peradaban Islam di Indonesia antara lain pesantren, organisasi Islam, dan ekonomi. Peradaban keislaman di Indonesia dalam bidang pendidikan paling menonjol adalah pesantren. Adapun peradaban gerakan masyarakat tercermin dalam organisasi masyarakat yang berasaskan Islam.
semoga dari jawaban ini dapat menjawab pertanyaan dari bayu terima kasih.
Jadi Perkembangan agama Islam melalui politik yaitu dengan strategi dakwah Islam di Indonesia melalui politik biasanya dilakukan di lingkungan kerajaan. Pengaruh politik raja sangat membantu tersebarnya Islam karena biasanya masyarakat akan mengikuti agama rajanya. Ajaran Islam pun semakin mudah menyebar seiring dengan perkembangan kerajaan.
Sedangkan ekonomi yaitu Ekonomi islam di indonesia dalam tahun ketahun semakin berkembang secara bertahap dan akan menjadi ekonomi islam terbesar didunia. Hal tersebut terdapat pasar yang sangat besar dan terdapat pula sektor riil ekonomi syariah yang sudah berjalan dengan baik sesuai aturan syariah islam yang sudah ada didalam Al-qur'an. Dan sedangkan dari peradaban Islam yaitu Adapun bentuk-bentuk peradaban Islam di Indonesia antara lain pesantren, organisasi Islam, dan ekonomi. Peradaban keislaman di Indonesia dalam bidang pendidikan paling menonjol adalah pesantren. Adapun peradaban gerakan masyarakat tercermin dalam organisasi masyarakat yang berasaskan Islam.
semoga dari jawaban ini dapat menjawab pertanyaan dari bayu terima kasih.