Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Jumlah balasan: 37
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh STEVANI . -
Nama : Stevani
NPM : 2315012068

Menurut Saya, Jurnal ini membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya adalah untuk mengetahui efek mata kuliah pengembangan kepribadian dalam menanggapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian melibatkan 103 mahasiswa, dengan 40 peserta yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak berkelompok proporsional. Hasil penelitian menemukan bahwa peserta memiliki perkembangan kepribadian Pancasila yang baik dengan menunjukkan bahwa 28,2% varians respon siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijelaskan oleh mata pelajaran pengembangan kepribadian Pancasila. Selain itu, jurnal ini menyoroti dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan serta menekankan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia, khususnya dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Globalisasi dan teknologi berdampak signifikan terhadap pendidikan, karena keduanya menyebabkan pesatnya perkembangan dan penyebaran informasi dan pengetahuan. Selain itu, kemudahan akses terhadap berbagai bentuk informasi juga membawa dampak positif dan negatif di bidang pendidikan. Oleh karena itu, diperlukannya nilai-nilai Pancasila dapat membantu mengatasi tantangan tersebut dengan memberikan landasan yang kuat untuk membimbing individu dalam merespons dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan. Pancasila menekankan pentingnya persatuan, demokrasi, keadilan sosial, dan keberagaman budaya, yang dapat menjadi pedoman bagi individu dalam mengarungi perubahan yang dibawa oleh globalisasi dan teknologi di bidang pendidikan. Selain itu, nilai-nilai Pancasila juga dapat memandu individu dalam mengevaluasi secara kritis informasi yang mereka peroleh melalui teknologi, membantu mereka membedakan antara pengaruh positif dan negatif, serta memungkinkan mereka mengambil keputusan berdasarkan informasi mengenai pendidikan dan pengembangan pribadi.Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam pendidikan, individu dapat mengembangkan pedoman moral dan etika yang kuat yang memungkinkan mereka menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi dengan tetap menjunjung tinggi prinsip persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial. Singkatnya, nilai-nilai Pancasila dapat memainkan peran penting dalam mengatasi dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan dengan memberikan kerangka moral dan etika bagi setiap individu agar mampu mempertahankan rasa identitas dan budaya nasional yang kuat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan meningkatkan penyaringan arus informasi global untuk menangkal pengaruh radikal. Lebih lanjut, peneliti menyarankan untuk memanfaatkan penelitian ini sebagai dasar penelitian lebih lanjut untuk terus mengeksplorasi dampak pendidikan Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap mahasiswa. Tindakan tersebut dapat berkontribusi dalam menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan teknologi dan global.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Rona Asmahani Maulidia -
Nama: Rona Asmahani M aulidia
NPM: 2315012050
Kelas: S-1 Arsitektur B

kemajuan teknologi memberikan dampak perubahan yang begitu besar bagi kehidupan manusia khususnya bagi bangsa Indonesia yang memiliki nilai luhur yang kuat. perkembangan teknologi tidak memberikan dampak kepada nilai-nilai Pancasila. Karena memberikan dampak baik dan buruk terhadap Pancasila bergantung pada cara masyarakat menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. karena Pancasila bukan hanya teks yang bisa dibaca, namun pancasila adalah sebuah pedoman hidup yang berada di dalam diri masyarakat.
oleh karena itu mata kuliah pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang cukup besar untuk memberi pengarahan bagaimana sikap yang seharusnya diambil saat dihadapkan pada kemajuan teknologi yang pesat dan penanaman nilai-nilai Pancasila agar terjaganya nilai-nilai Pancasila di dalam diri masyarakat terutama mahasiswa. Juga sebagai wadah pembelajaran bagi mahasiswa untuk secara terprogram mempelajari, menganalisis, dan menyelesaikan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila.Serta mempersiapkan mahasiswa agar mampu mengapresiasi nilai-nilai pancasila guna berinteraksi dengan permasalahan internal maupun eksternal bangsa Indonesia.
Dari analisis jurnal tersebut didapatkan bahwa mata kuliah Pendidikan Pancasila sangat berpengaruh pada cara mahasiswa menyikapi kemajuan teknologi baik yang bernilai positif maupun negatif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Isabel Friskilla 2315012070 -
Nama:Isabel Friskilla
NPM:2315012070

Dari apa yang saya dapatkan jurnal ini memberikan informasi tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila dalam menyikapi IPTEK dengan melakukan penelitian lansung terhadap mahasiswa.Dengan tujuan untuk mengetahui apakah mata kuliah tersebut memberikan pengaruh atau tidak.
Dari jurnal ini,saya mengetahui bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK memberikan pengaruh dan dapat diterapkan.Tentu ini merupakan awalan yang baik untuk mencegah terjadinya perubahan yang tidak diinginkan pada perilaku atau sikap pada mahasiswa yang terus berinteraksi dengan IPTEK.Memang sudah seharusnya mahasiswa bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan IPTEK.IPTEK bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran juga bisa dimaanfaatkan untuk pengembangan diri.Penyalahgunaan IPTEK harus dihindari karena akan memberikan dampak buruk untuk penggunanya.Kita sebagai mahasiswa bisa berkontribusi jika menemukan penyalahgunaan IPTEK dengan memblokir akun yang menampilkan konten yang tidak sesuai.Kita sebagai mahasiswa juga dapat memulai dari diri sendiri dengan menggunakan Bahasa yang santun dalam berkomentar.Dari sini kita tahu bahwa pengembangan kepribadian Pancasila sangat dibutuhkan dalam menyikapi IPTEK untuk mencegah memudarnya kepribadian Pancasila pada setiap mahasiswa agar nilai-nilai Pancasila terus melekat pada setiap diri penerus bangsa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh 2315012022 Ananda Putri Nabila -
Nama : Ananda Putri Nabila
NPM : 2315012022
Kelas : Arsitektur-B

pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam media massa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan normatif, yaitu dengan mempelajari norma-norma dalam sistem hukum yang terkait dengan media massa dan mengeksplorasi prinsip-prinsip dan doktrin-doktrin yang berkaitan dengan kontrol sosial media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila dalam media massa masih belum terlaksana dengan baik. Masih banyak berita yang tidak terpercaya dan dapat merusak tatanan sosial, dan massa media hanya memberikan informasi tanpa menanamkan pentingnya nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menekankan pentingnya media massa dalam memberikan edukasi dan kontrol terhadap kebijakan pemerintah serta pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam media massa untuk menjaga kesejahteraan sosial.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan meningkatkan penyaringan arus informasi global untuk menangkal pengaruh radikal. Dari analisis jurnal tersebut didapatkan bahwa mata kuliah Pendidikan Pancasila sangat berpengaruh pada cara mahasiswa menyikapi kemajuan teknologi baik yang bernilai positif maupun negatif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Steven Nugraha -
Nama : Steven Nugraha
NPM : 2315012020

Dari pengamatan saya, jurnal ini membahas tentang globalisasi yang membawa kemajuan dalam berbagai aspek, termasuk teknologi informasi yang mempengaruhi masyarakat Indonesia. Namun, pengaruh ini tidak langsung terhadap Pancasila, melainkan tergantung pada sikap masyarakat terhadap obyeknya. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa untuk mengukur sikap mereka terhadap perkembangan Iptek dan Pancasila. Responden dikatakan memiliki sikap yang baik jika total skor kuesioner lebih dari 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dapat mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek dan Pancasila. Mahasiswa perlu memiliki sikap jujur, toleransi, dan pemahaman mendalam tentang Pendidikan Pancasila. Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditanamkan sejak dini. Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak signifikan pada masyarakat, terutama kalangan mahasiswa di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan kepribadian menjadi semakin penting untuk menghadapi perubahan zaman. Sikap merupakan hal yang dapat dipelajari dan berubah pada seseorang dalam keadaan tertentu. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk memiliki sikap yang baik terhadap perkembangan iptek dengan memiliki pemahaman mendalam tentang Pancasila, toleransi tinggi terhadap perbedaan ras dan agama, serta sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Responden dikatakan dapat menyikapi perkembangan iptek dengan baik jika memiliki total skor lebih dari 80.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Alfian wardana 2315012042 -
Nama : Alfian Wardana
NPM : 2315012042


Dalam jurnal ini dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan kepribadian Pancasila terhadap respon siswa terhadap sains dan teknologi. Penelitian dilakukan terhadap 103 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional cluster random sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Penelitian tersebut menekankan pentingnya menjaga kepribadian bangsa dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai asas nasional sebagai pedoman pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan nasional. Penelitian tersebut juga menyoroti tantangan globalisasi dan perlunya generasi muda menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pancasila berperan penting dalam membentuk ideologi nasional dan menegaskan kembali kesadaran kolektif bangsa akan kedudukan vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan berbangsa. Jurnal ini juga membahas dampak globalisasi terhadap ideologi dan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila untuk mempersatukan bangsa. Nilai-nilai Pancasila diusulkan sebagai solusi untuk menyatukan kembali bangsa Indonesia yang pluralis, dengan menekankan perlunya melestarikan nilai-nilai tersebut secara turun-temurun melalui pendidikan formal.

Selain itu, penelitian ini juga mendalami konsep pengembangan kepribadian dan pengaruhnya dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menyoroti peran pendidikan Pancasila di perguruan tinggi yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar bagi mahasiswa untuk menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan menemukan solusi terhadap permasalahan masyarakat berdasarkan nilai-nilai tersebut. Peran teknologi dan perkembangannya yang pesat juga digarisbawahi dalam aspek memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat di berbagai bidang salah satunya pendidikan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya persepsi positif terhadap perkembangan iptek di kalangan responden, dan analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pengembangan kepribadian Pancasila terhadap menyikapi iptek. Studi tersebut menyimpulkan bahwa 28,2% pembangunan dipengaruhi oleh Pancasila, yang menunjukkan pentingnya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab dengan tetap menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara.

Secara keseluruhan, jurnal ini berfokus dalam mengkaji keterkaitan antara pengembangan kepribadian, Pancasila, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan menekankan peran penting Pancasila sebagai prinsip panduan dalam menjawab tantangan global dan tanggung jawab.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Rina Susanti -
Nama: Rina Susanti
NPM: 231512072

Dari hasil analisis saya, jurnal tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang dan hasil penelitian membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.

Sebagai generasi muda, mahasiswa harus mempertahankan identitas bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi informasi. Mereka juga harus menghindari pengaruh budaya asing yang tidak baik agar budaya asing tidak merugikan atau berdampak negatif pada bangsa Indonesia. Mereka juga harus tetap berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara agar kemajuan teknologi informasi dapat membantu kemajuan bangsa. Sangat penting bagi Kementrian Pendidikan nasional untuk mengaktualisasikan Pancasila, terutama pada generasi muda, dengan memasukkan materi dan pendekatan pendidikan yang tidak indoktrinasi. Untuk mencegah berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme, pemerintah, khususnya kementrian komunikasi dan informasi, harus meningkatkan filter arus informasi yang dikemas di berbagai media, terutama internet.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh 2315012038 Wulan Rismawati -
NAMA: WULAN RISMAWATI
NPM: 2315012038

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Yaitu
bahwa secara umum hasil dalam
penelitian ini mempunyai pengembangan
kepribadian Pancasila yang baik.
Menurut hasilnya mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan
sehari-hari, perlu mempunyai toleransi
yang tinggi akan adanya perbedaan ras
dan agama dan perlu memiliki
pemahaman yang mendalam tentang
pendidikan Pancasila. Karena hal itu
Pendidikan Pancasila penting dalam
kehidupan bermasyarakat dan harus
ditetapkan sejak dini.

Menurut hasil Kemajuan IPTEK
saat ini harus digunakan dengan baik dan
penuh tanggung jawab. Perkembangan
IPTEK yang ada dimanfaatkan untuk
mempermudah proses belajar, untuk
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
bidang perdagangan. Hasil dalam
penelitian ini akan melakukan
penyaringan terhadap semua informasi
yang masuk melalui media sosial,
memblokir teman atau situs yang sering
menampilkan konten pornografi dan
kekerasan di media sosial dan
menggunakan bahasa yang santun saat
berkomentar terhadap suatu peristiwa
baik di media online maupun di sosial
media.

disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan variabel mata kuliah
pengembangan kepribadian Pancasila
terhadap variabel menyikapi
perkembangan IPTEK pada mahasiswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Rivaldo Marcelino Waas -
Nama: Rivaldo Marcelino Waas
NPM: 2315012008

Jurnal tersebut membahas tentang hubungan mata kuliah Pendidikan Pancasila, sikap mahasiswa dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

1. Bahan dan Metode :
- Mata Kuliah Pendidikan Pancasila : Memberikan bimbingan dalam pengkajian permasalahan pembangunan nasional dalam perspektif nilai-nilai Pancasila.

- Dasar pelaksanaan : Asas filosofis, sosiologis, dan hukum menjadi dasar pelaksanaan pengajaran Pancasila di perguruan tinggi.

2. Sikap :
- Pengertian dan Ciri-ciri Sikap : Sikap dijelaskan sebagai tanggapan yang runtut terhadap objek sosial yang mencakup komponen kognitif, perilaku, dan emosional.

Ciri-ciri sikap menyangkut pembentukan dan perubahan sikap terhadap objek tertentu.

3. Fungsi Sikap :
- Fungsi Sikap : Sikap mempunyai fungsi instrumental, melindungi ego, mengungkapkan nilai dan pengetahuan.

4. Dampak mata kuliah diklat pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi :
- Hasil Penelitian : Mahasiswa mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila mempunyai sikap yang positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
seperti yang ditunjukkan oleh skor pada angket diatas 80.

- Analisis Regresi : Mata kuliah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan iptek, dengan koefisien determinasi sebesar 28,2%.

5. Kesimpulan :
- Pentingnya Pendidikan Pancasila : Kajian ini menekankan pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap peserta didik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jurnal ini menyajikan pemahaman komprehensif tentang peran Pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap peserta didik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan menekankan nilai-nilai Pancasila sebagai landasannya.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Aura Syafhiranaya Era -
Nama : Aura Syafhiranaya Era
NPM : 2315012036

Menurut saya, jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya adalah untuk mengetahui efek mata kuliah pengembangan kepribadian dalam menanggapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, jurnal ini membahas tentang dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan serta menekankan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia, khususnya dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Globalisasi dan teknologi berdampak signifikan terhadap pendidikan, karena keduanya menyebabkan pesatnya perkembangan dan penyebaran informasi dan pengetahuan. Pancasila menekankan pentingnya persatuan, demokrasi, keadilan sosial, dan keberagaman budaya, yang dapat menjadi pedoman bagi individu dalam mengarungi perubahan yang dibawa oleh globalisasi dan teknologi di bidang pendidikan.

Simpulannya, nilai-nilai Pancasila dapat memainkan peran penting dalam mengatasi dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan dengan memberikan kerangka moral dan etika bagi setiap individu agar mampu mempertahankan rasa identitas dan budaya nasional yang kuat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan meningkatkan penyaringan arus informasi global untuk menangkal pengaruh radikal.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Wira Sony Winata Wira Sony Winata -
Nama: Wira Sony Winata
Npm: 2315012004
Kelas: B

Menurut Saya, Jurnal ini membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya adalah untuk mengetahui efek mata kuliah pengembangan kepribadian dalam menanggapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian melibatkan 103 mahasiswa, dengan 40 peserta yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak berkelompok proporsional. Hasil penelitian menemukan bahwa peserta memiliki perkembangan kepribadian Pancasila yang baik dengan menunjukkan bahwa 28,2% varians respon siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijelaskan oleh mata pelajaran pengembangan kepribadian Pancasila. Selain itu, jurnal ini menyoroti dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan serta menekankan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia, khususnya dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan meningkatkan penyaringan arus informasi global untuk menangkal pengaruh radikal. Dari analisis jurnal tersebut didapatkan bahwa mata kuliah Pendidikan Pancasila sangat berpengaruh pada cara mahasiswa menyikapi kemajuan teknologi baik yang bernilai positif maupun negatif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Elsa Miyandamela -
Nama : Elsa Miyandamela
NPM : 2315012006

Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Di era globalisasi ini, nilai-nilai Pancasilalah yang dikedepankan sebagai solusi untuk menyatukan kembali masyarakat yang terpecah bela dengan adanya perkembangan globalisasi ke arah negatif.

Dasar Sosiologis; kebhinnekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, di mana agama, ras, etnik, bahasa, tradisi, budaya penuh perbedaan, menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu. Hal tersebut hingga kini menjadi dasar bangsa Indonesia dalam melangkah kedepanya untuk menyikapi banyaknya paham ideologi yang berkembang saat ini.
Pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai Pancasila tersebut dapat disemaikan dan dikembangkan secara terencana dan terpadu. Pendidikan Pancasila yang diajarkan sejak dini mampu menumbuhkan secara mendasar nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia. Hal tersebut menjadi pegangan generasi muda dalam menyikapi adanya globalisasi. Dengan berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila diharapkan generasi muda tidak terpengaruh perkembangan ke arah negatif.

Seiring dengan perkembangannya, pendidikan Pancasila tidak hanya sebatas diajarkan pada jenjang wajib belajar saja, tetapi dalam jenjang Perguruan Tinggi dan selanjutnya juga penting. Mahasiswa dalam jenjang Perguruan Tinggi banyak sekali mengalami pergolakan dan mudah terpengaruh dengan perkembangan yang ada. Oleh karena itu, Pendidikan Pancasila juga perlu diselenggarakan dalam pendidikan di Perguruan Tinggi.

Dengan adanya penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi diharapkan dapat memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa dalam jiwa mahasiswa, memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nila dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara, serta membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta berdemokratis berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila.

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia. Dengan tetap berpegang teguh terhadap Pancasila dalam menghadapi perkembangan zaman, adanya perkembangan Iptek bukan menjerumuskan ke arah negatif, tetapi malah dapat membantu perkembangan dan pembangunan negara. Oleh karena itu kita harus menghadapi dan menyikapi perkembangan dengan kritis dan tetap berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila, dengan begitu kita dapat mengambil yang baik dan menyaring hal-hal buruk dari globalisasi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Lielianie Pratiwi Ruslie 2315012002 -
Nama : Lielianie Pratiwi Ruslie
NPM : 2315012002

Dari apa yang saya baca dari jurnal yang diberikan saya dapat simpulkan bahwa mata kuliah pengembangan pancasila dalam menyikapi IPTEK memberikan pengaruh kepada mahasiswa dan dapat diterapkan dalam kehidupan. Hal ini menjadi salah satu tonggak mangatasi terjadinya hal" yang tidak diinginkan pada mahasiswa dalam perilaku maupun sikap saat berinteraksi atau menggunakan IPTEK. Oleh karena itu, mahasiswa sudah sepantasnnya dapat dengan bijak dan bertanggungjawab dalam menggunakan IPTEK dengan baik dan benar.
Penyalahgunaan IPTEK masih sering dijumpai di media-media internet yang dapat memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Oleh karena itu, untuk menghindari penyalahgunaan tersebut kita sebagai mahasiswa dapat memulai dari diri kita untuk mulai menyadari dan mulai menggunakan bahasa yang santun dan sopan dalam berkomtar maupun bersosial media agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.
Dengan demikian, mata kuliah ini sangat dibutuhkan untuk menyikapi perkembangan IPTEK yang semakin cepat dan mengatasi kepudaran pribadi Pancasila dalah diri mahasiswa sehingga nilai-nilai pancasila akan terus ada dan melekat dalam diri kita sebagai rakyat indonesia dan penerus bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Timoti Fileonero Kevinias Hendra -
Nama: Timoti Fileonero Kevinias Hendra
NPM: 2355012002


Pancasila sebagai dasar pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia memiliki peran yang sangat penting.
Memberikan dasar etis dan moral bagi ilmuwan dan peneliti dalam mengembangkan IPTEK. Mendorong pengembangan teknologi yang beretika dan sesuai dengan nilai-nilai keagamaan. Menekankan pentingnya IPTEK untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan menciptakan masyarakat yang adil dan beradab. Memotivasi pengembangan teknologi yang bersifat inklusif dan dapat meningkatkan kualitas hidup seluruh masyarakat. Mendorong kolaborasi antar ilmuwan dan peneliti dalam negeri untuk mengembangkan IPTEK yang dapat memperkuat persatuan bangsa. Menekankan pentingnya IPTEK sebagai alat untuk membangun kebersamaan dan solidaritas di tengah perbedaan. Menekankan pada partisipasi masyarakat dalam pengembangan dan pemanfaatan IPTEK. Memotivasi pengembangan teknologi yang dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat luas. Mendorong pengembangan IPTEK yang dapat mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi. Menekankan perlunya distribusi manfaat IPTEK secara merata untuk seluruh lapisan masyarakat.

Pancasila sebagai dasar pengembangan IPTEK tidak hanya menetapkan kerangka moral dan etis, tetapi juga memberikan arah untuk pemanfaatan IPTEK yang sesuai dengan kepentingan nasional dan kesejahteraan masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, pengembangan IPTEK yang diarahkan oleh nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat membawa manfaat positif dan berkelanjutan bagi bangsa Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Fadillah Adawiyah -
Nama: Fadillah Adawiyah
NPM: 2315012012

Dari jurnal tersebut dijelaskan bahwa, Globalisasi mendorong munculnya
berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung khususnya di bidang IPTEK. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan.
Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupunpedesaan(modernisasi).
Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa.
Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Masyarakat juga mulai mengubah pola perilaku,polahidup,pola pemikiran seiiring berkembang teknologi, dengan adanya pengaruh tersebut memberikan dampak positif ataupun negatif bagi masyarakat kita terhadap pancasila tergantung bagaimana kita dapat menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Farah syakila Putri -
Nama: Farah Syakila Putri
NPM: 2315012040

Berdasarkan hasil pemahaman terhadap jurnal tersebut didapatkan hasil sebagai berikut.

Sebagai generasi muda kita perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hariperlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus diterapkan sejak dini

Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan dan juga kita sebagai masyarakat yang bijak kita harus melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh 2315012054 Badriah Humairroh -
Nama: Badriah Humairroh
NPM: 2315012054

Dari hasil analisis yang saya lakukan, jurnal tersebut memiliki tujuan untuk mengevaluasi dampak mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap respons terhadap IPTEK. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 103 orang, dan temuan penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden memiliki perkembangan kepribadian Pancasila yang positif. Hal ini terlihat dari hasil kuisioner yang mencapai skor di atas 80. Mahasiswa dianggap perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, toleransi terhadap perbedaan ras dan agama, serta pemahaman mendalam tentang pendidikan Pancasila. Oleh karena itu, Pendidikan Pancasila dianggap penting untuk diterapkan sejak dini dalam kehidupan masyarakat.

Sebagai generasi muda, mahasiswa diharapkan mempertahankan identitas bangsa di era perkembangan teknologi informasi. Mereka diingatkan untuk menjauhi pengaruh budaya asing yang dapat merugikan bangsa Indonesia. Selain itu, mereka diimbau untuk tetap setia pada Pancasila sebagai dasar negara agar kemajuan teknologi informasi dapat membantu kemajuan bangsa. Penting bagi Kementrian Pendidikan Nasional untuk mengintegrasikan Pancasila, terutama pada generasi muda, melalui materi dan pendekatan pendidikan yang tidak mengindoktrinasi.

Selain itu, perlu kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam mengembangkan sistem etika yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan IPTEK. Ini dapat dilakukan melalui program-program pendidikan dan pelatihan yang memasukkan nilai-nilai Pancasila sebagai bagian integral dari pengembangan IPTEK.

Penting juga untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung di mana mahasiswa dapat belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Ini dapat dicapai melalui pengembangan kurikulum yang memasukkan mata kuliah tentang pengembangan kepribadian Pancasila dan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, pengembangan IPTEK yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila akan membantu membentuk generasi muda dengan etika dan moral yang kokoh dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi. Ini akan berkontribusi pada pemeliharaan keutuhan bangsa dan negara Indonesia, serta memastikan bahwa kemajuan IPTEK sesuai dengan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara yang telah ditetapkan dalam Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh muhammad reyhan aqila -
Nama: Muhammad Reyhan Aqila
NPM: 2315012046

Dari hasil analisis yang telah saya lakukan, jurnal tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK.
Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa untuk mengukur sikap mereka terhadap perkembangan Iptek dan Pancasila. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang dan hasil penelitian membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Studi tersebut menyimpulkan bahwa 28,2% pembangunan dipengaruhi oleh Pancasila, yang menunjukkan pentingnya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab dengan tetap menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara. Menurut hasil Kemajuan IPTEK saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan IPTEK yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang-bidang perdagangan. Hasil dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap variabel menyikapi
perkembangan IPTEK pada mahasiswa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ricky Febrian -
Berdasarkan pendahuluan yang disajikan, dapat saya disimpulkan bahwa globalisasi memiliki dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi pendorong utama dalam proses globalisasi.

Proses globalisasi tidak hanya mempersempit ruang dan mempersingkat waktu dalam interaksi antar bangsa, tetapi juga membuka kemungkinan perubahan dunia menuju "Dunia Tanpa Tapal Batas." Kemajuan teknologi, khususnya internet, telah mengubah paradigma pendidikan dari tradisional menjadi modern, memungkinkan akses informasi yang luas.

Meskipun kemajuan teknologi memberikan manfaat besar, terdapat juga dampak negatif, terutama terkait dengan nilai-nilai dan identitas kultural. Dalam konteks Indonesia, perubahan ini dapat mempengaruhi nilai-nilai Pancasila, ideologi dasar bangsa, terutama jika tidak diantisipasi dengan baik.

Pentingnya mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila di perguruan tinggi menjadi jelas dalam mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila. Mata kuliah ini diharapkan dapat memperkuat kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat, terutama di kalangan mahasiswa.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) juga memainkan peran kunci dalam perkembangan suatu negara. Ilmu sebagai pengetahuan dan teknologi sebagai aplikasi kreativitas manusia bersama-sama menciptakan kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan. Perlu diakui bahwa teknologi memiliki dampak besar terhadap sikap dan nilai-nilai masyarakat, terutama di era globalisasi ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikatif. Melibatkan mahasiswa program studi matematika semester II, penelitian ini bertujuan untuk memahami tanggapan mahasiswa terhadap mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.

Dengan adanya mata kuliah tersebut, diharapkan mahasiswa dapat memperkuat pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai dasar Pancasila, serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Analisis data akan membantu membuktikan pengaruh variabel independen (mata kuliah) terhadap variabel dependen (perkembangan kepribadian mahasiswa).

Namun, hasil dan pembahasan lebih lanjut dari penelitian tersebut tidak disertakan dalam teks pendahuluan yang diberikan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Al habib ahmad fajransyah Habib -
NAMA: Al Habib Ahmad Fajransyah
NPM: 2315012062

Artikel membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Tujuannya adalah untuk mengetahui efek mata kuliah pengembangan kepribadian dalam merespons ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hasil analisis regresi menunjukkan pengaruh signifikan mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap respons mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Artikel juga membahas dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan serta pentingnya mempertahankan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia.
Saran dari penelitian ini mencakup peningkatan pengembangan kepribadian Pancasila pada mahasiswa dan penggunaan penelitian sebagai dasar untuk studi lebih lanjut dalam bidang ini.
Selain itu, artikel menekankan pentingnya mempertahankan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia, termasuk dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dalam menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru.
Disarankan juga untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan meningkatkan filtering terhadap arus informasi global untuk menangkal pengaruh radikalisme.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Fahira Helmi -
Nama: Fahira Luthfia Helmi
NPM: 2315012028

Menurut penelitian ini, mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila berperan dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam konteks globalisasi dan teknologi, nilai-nilai Pancasila menjadi landasan moral yang membantu individu merespons dampak positif dan negatif. Lebih lanjut, integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan diharapkan mampu membimbing generasi muda menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi, mempertahankan identitas nasional, serta membangun pedoman moral dan etika yang kuat.

Rekomendasi peneliti mencakup aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional, peningkatan penyaringan informasi global untuk menangkal pengaruh radikal, dan memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk penelitian lebih lanjut. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat berkontribusi pada menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila di tengah perubahan teknologi dan tantangan global.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Hengki Wirawan -
Nama: Hengki Wirawan
NPM: 2315012064

dalam jurnal yang telah saya analisis, jurnal ini membahas tentang pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam media. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan normatif, yang meliputi kajian terhadap norma-norma sistem hukum terkait media massa dan menggali asas-asas dan doktrin-doktrin terkait kontrol sosial.Perkumpulan media massa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam media belum terlaksana dengan baik. Masih banyak informasi yang tidak terpercaya dan dapat merugikan ketertiban masyarakat, media hanya memberikan informasi tanpa mengedepankan pentingnya nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menekankan pentingnya media massa dalam mengedukasi dan mengendalikan kebijakan pemerintah serta pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam media massa untuk menjaga kesejahteraan masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menyarankan pemutakhiran nilai-nilai Pancasila pada anak usia dini. melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan memperkuat penyaringan arus informasi global untuk menghindari pengaruh ekstremis. Analisis ulasan ini menunjukkan bahwa mata kuliah Pendidikan Pancasila memberikan dampak besar terhadap cara mahasiswa menyikapi kemajuan teknologi, baik positif maupun negatif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Za'im Rasyid Aulia -
Nama : Za’im Rasyid Aulia
NPM : 2315012032
Kelas : Arsitektur B

Menurut Saya, Jurnal ini membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian dilakukan terhadap 103 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional cluster random sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Tujuannya adalah untuk mengetahui efek mata kuliah pengembangan kepribadian dalam menanggapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, jurnal ini membahas tentang dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan serta menekankan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia, khususnya dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Globalisasi dan teknologi berdampak signifikan terhadap pendidikan, karena keduanya menyebabkan pesatnya perkembangan dan penyebaran informasi dan pengetahuan. Selain itu, kemudahan akses terhadap berbagai bentuk informasi juga membawa dampak positif dan negatif di bidang pendidikan.Oleh karena itu Penelitian ini menekankan pentingnya media massa dalam memberikan edukasi dan kontrol terhadap kebijakan pemerintah serta pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam media massa untuk menjaga kesejahteraan sosial.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan meningkatkan penyaringan arus informasi global untuk menangkal pengaruh radikal. Dari analisis jurnal tersebut didapatkan bahwa mata kuliah Pendidikan Pancasila sangat berpengaruh pada cara mahasiswa menyikapi kemajuan teknologi baik yang bernilai positif maupun negatif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Aisyah Amalia Adana -
Nama: Aisyah Amalia Adana
NPM: 2315012034

Menurut saya, jurnal ini membahas di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep "Dunia Tanpa Tapal Batas" yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya. Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek teknologi informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada pendidikan yang masih tradisional dulu dalam mendapatkan sumber ilmu hanya dari buku, hal tersebut juga masih mempunyai kendala yaitu tidak semua orang bisa mendapatkan buku yang harganya relative mahal. Namun, sekarang pada tingkat yang lebih modern telah muncul internet yang memberikan banyak informasi tentang pendidikan dan dapat dijangkau di semua kalangan masyarakat. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Celang Pra Jovanka -
Nama: Celang Pra Jovanka

NPM: 2315012048

Menurut yang saya baca jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pada pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi iptek dengan cara meneliti langsung kepada mahasiswa. Hal ini merupakan langkah-langkah yang baik guna mencegah terjadinya perubahan yang buruk terhadap perilaku dan sikap siswa yang kerap menghabiskan waktu dengan menggunakan iptek. Iptek sendiri dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dan pengembangan dalam diri siswa. Namun, iptek ini juga dapat salah digunakan yang akan berdampak buruk bagi penggunanya. Hal ini dapat mempengaruhi sikap siswa terhadap perkembangan iptek dan Pancasila. Pendidikan Pancasila ini sangat penting ditanamkan dari hal kecil agar dapat memberikan dampak yang lebih besar pada keseharian masyarakatnya. Karena, kebanyakan pengguna iptek pada masa sekarang merupakan pelajar, maka dari itu setiap siswa diharapkan memiliki sikap yang baik terhadap perkembangan iptek dan memilih dalam memahami berdasarkan Pancasila yang akan diterapkan pada kehidupan sehari-hari. 

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Khansa Madania -
Nama: Khansa Madania
NPM: 2315012014

Menurut analisis saya, jurnal ini berisi penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Penelitian ini melibatkan 103 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik dengan kuesioner di atas 80. Dari penelitian ini, mahasiswa diharapkan menggunakan teknologi dengan bertanggung jawab terutama dalam proses belajar, mereka juga diharapkan melakukan penyaringan informasi di media sosial dan menggunakan bahasa santun dalam berkomunikasi online, menjaga kepribadian bangsa, menyaring pengaruh buruk budaya yang baru dan tetap berpegang kepada Pancasila. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pancasila berperan penting dalam menjawab tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan patut diajarkan kepada mahasiswa untuk membantu mereka mengembangkan karakter bangsa yang kuat.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ramadhan Shidiq Novrianto 2315012076 -
Nama : Ramadhan Shidiq Novrianto
NPM : 2315012076


Berdasarkan pengamatan saya jurnal ini melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan kepribadian Pancasila terhadap respon siswa terhadap sains dan teknologi. Penelitian dilakukan terhadap 103 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional cluster random sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Penelitian tersebut menekankan siswa bahwa pentingnya menjaga kepribadian bangsa dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai asas nasional, pedoman pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk kemajuan nasional. Penelitian tersebut juga menyikapi tantangan globalisasi dan perlunya generasi muda untuk bisa menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, penelitian ini juga menganalisa konsep pengembangan kepribadian dan pengaruhnya dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menyoroti peran pendidikan Pancasila di perguruan tinggi yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar bagi mahasiswa untuk mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan menemukan solusi terhadap permasalahan masyarakat berdasarkan nilai-nilai tersebut. Peran teknologi dan perkembangannya yang pesat juga digarisbawahi dalam aspek memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat di berbagai bidang salah satunya pendidikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi positif terhadap perkembangan iptek di kalangan responden, dan analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pengembangan kepribadian Pancasila terhadap menyikapi iptek. Studi tersebut menyimpulkan bahwa 28,2% pembangunan dipengaruhi oleh Pancasila, yang menunjukkan pentingnya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab dengan tetap menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Mahesa Deva Augusta -
Nama: Mahesa Deva Augusta
NPM: 2315012060

Kemajuan teknologi ini menyebabkan
perubahan yang begitu besar pada
kehidupan manusia dengan segala
peradaban dan kebudayaannya. Perubahan
ini juga memberikan dampak yang begitu
besar tehadap dunia pendidikan.Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon
dan telepon genggam (HP), bahkan internet
bukan hanya melanda masyarakat kota,
namun juga telah dapat dinikmati oleh
masyarakat di pelosok-pelosok desa.
Akibatnya, segala informasi yang bernilai
positif maupun negatif, dapat dengan
mudah di akses oleh masyarakat.jika dikaitkan dengan ideologi
yang dianut Indonesia yakni pancasila.
Maka akar permasalahan yang dihadapi
adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila
yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh
perkembangan teknologi informasi.

Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektifbangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan
masyarakat terutama mahasiswa melalui
mata kuliah Pengembangan Kepribadian
Pancasila.

Responden dikatakan dapat menyikapi
perkembangan Iptek dengan baik jika
mempunyai total skor lebih dari 80. Dan
responden dikatakan tidak dapat
menyikapi perkembangan Iptek dengan
baik jika mempunyai total skor dibawah
80.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Adnan Fahrezi -
Nama: Adnan Ahmad Fahrezi
NPM: 2315012074

Dari hasil analisis saya, jurnal ini membahas tentang hubungan antara mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila dengan perkembangan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi).
Penelitian dengan berjumlah 103 orang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK dengan tehnik pengambilan sampel dalam penelitian atau disebut juga proporsional cluster random sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil 70% sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan
sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Data berupa kuesioner diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi,
dan sebelumnya data ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas nya menggunakan pearson product moment. Hasil
penelitian akan membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Kita sebagai mahasiswa generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi
tantangan perkembangan IPTEK, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan
IPTEK bisa membantu pembangunan negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Audrey Maharani Putrawan -
Nama: Audrey Maharani Putrawan
NPM: 2315012018

Menurut saya Jurnal tersebut membahas dampak dari mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap cara kita merespons dan menyesuaikan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata kuliah ini menekankan nilai-nilai Pancasila dalam membentuk sikap, kepribadian, dan etika terkait perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Tujuannya adalah mengajarkan cara menghadapi kemajuan teknologi dengan tetap memegang teguh nilai-nilai moral dan kearifan lokal. Diharapkan bahwa pelajaran ini dapat membantu dalam membentuk individu yang mampu menghadapi tantangan teknologi modern sambil tetap memegang prinsip-prinsip kebijakan Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh M. Ragheed Fattan Maulana -
M. Ragheed Fattan Maulana
2315012026

Penelitian dari Universitas Pancasakti Tegal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dan IPTEK, dengna populasi penelitian berjumlah 103 orang. Di era sekarang perkembangan yang terjadi sangatlah pesat sehingga masyarakat banyak yang ikut arus globalisasi. Tentu perubahan yang terjadi ada yang positif dan negatif, era sekarang dapat dijuluki era tanpa batas. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan juga harus mengiringi perkembangan tersebut mulai dari tradisional dan modern. Pancasila sebagai ideologi tidak berpihak kepada hanya satu pihak sehingga tidak bisa dikatakan bahwa pancasila berubah mengikuti perubahan, melaikan manusia yang memiliki pemahaman berbeda terhadap pancasila yang berubah mengikuti perumabahan. Mudahnya informasi yang masuk dapat menjadi ancaman terhadap pancasila, sehingga perlu adanya pendidkan pengembangan karakter pancasila. Dalam penelitian ini terdapat hasil bahwa secara umum responden mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik dengan rata rata skor diatas 80. Mahasiswa harus memiliki pemahaman yang mendalam terhadap pancasila serta mengamalkannya, pendidikan pancasila harus ditetapkan sejak dini.
Responden dapat menyikapi perkembangan IPTEK dengan baik, mereka mampu menggunakan teknologi dengan bijak dan mampu memfilter informasi yang masuk. Mahasiswa harus menjaga kepribadian bangsa untuk menghadapi perkembangan IPTEK yang akan terus maju agar dapat menyeleksi pengaruh baik dan buruk yang masuk. Perkembangan IPTEK juga dijadikan sarana untuk memajukan Negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Maula Azra Feriant -
MAULA AZRA FERIANT
2315012030

Menurut saya jurnal kali ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Tujuannya adalah untuk mengetahui dampak kursus pengembangan kepribadian terhadap respon terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi
Penelitian ini melibatkan 103 siswa, 40 diantaranya dipilih dengan menggunakan teknik proporsional group random sampling
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mempunyai perkembangan kepribadian pancasila yang baik dengan menunjukkan bahwa 28,2% perbedaan respon siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dipertanggungjawabkan dijelaskan oleh topik pengembangan kepribadian pancasila
Lebih lanjut, ulasan ini menyoroti dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan, serta menekankan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Globalisasi dan teknologi mempunyai dampak yang signifikan terhadap pendidikan karena mengarah pada pesatnya perkembangan dan penyebaran informasi dan pengetahuan
Selain itu, kemudahan akses terhadap berbagai macam informasi juga mempunyai dampak positif dan negatif dalam bidang pendidikan Oleh karena itu, perlunya nilai-nilai Pancasila dapat membantu mengatasi tantangan tersebut dengan memberikan landasan yang kokoh untuk menjadi pedoman individu dalam menghadapi dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan.

Pancasila menekankan pentingnya solidaritas, demokrasi, keadilan sosial, dan keberagaman budaya, yang dapat menjadi pedoman bagi individu dalam menghadapi perubahan yang dibawa oleh globalisasi dan teknologi di bidang pendidikan
Selain itu, nilai-nilai Pancasila juga dapat membimbing individu untuk mengevaluasi secara kritis informasi yang diperolehnya melalui teknologi, membantu mereka membedakan pengaruh positif dan negatif, serta memungkinkan mereka mengambil keputusan yang tepat mengenai pendidikan dan pengembangan pribadi
individu dapat mengembangkan pedoman moral dan etika yang kuat yang memungkinkan mereka menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi dengan tetap menghormati prinsip-prinsip solidaritas, demokrasi, dan keadilan sosial
Singkatnya, nilai-nilai Pancasila dapat berperan penting dalam mengatasi dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan dengan memberikan kerangka moral dan etika bagi setiap individu untuk menjaga kuatnya rasa jati diri dan budaya bangsa.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti merekomendasikan pemutakhiran nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan meningkatkan penyaringan arus informasi global untuk menghindari dampak buruk.

Selanjutnya peneliti mengusulkan untuk menggunakan penelitian ini sebagai landasan penelitian selanjutnya untuk menggali lebih jauh dampak pendidikan Pancasila dalam menyelesaikan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi pada peserta didik
Tindakan tersebut dapat membantu menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan teknologi dan global.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Cut Arifah -
Nama : Cut Arifah
NPM : 2315012056

Globalisasi mencakup segala aspek kehidupan, seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi pendorong utama dalam fenomena globalisasi ini. Saat ini, perkembangan teknologi berlangsung dengan cepat, memungkinkan berbagai informasi dengan beragam bentuk dan kepentingan tersebar secara luas di seluruh dunia. Dampak globalisasi menciptakan peluang beragam terkait perubahan dunia. Pengaruh globalisasi dapat mengatasi hambatan dan rintangan, menciptakan keterbukaan dan ketergantungan antarnegara yang semakin erat.

Budaya Barat yang berkembang tidak dapat menggeser keistimewaan Pancasila sebagai warisan luar biasa dari para pendiri bangsa, mencerminkan nilai-nilai luhur. Tanpa ragu, mayoritas masyarakat Indonesia sepakat bahwa Pancasila, sebagai dasar negara dan pandangan hidup masyarakat yang beragam, memiliki nilai yang tak tergantikan. Sifat akomodatif Pancasila terhadap agama menjadikannya tidak dapat digantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu sejalan dengan nilai-nilai keagamaan. Oleh karena itu, penting untuk mengembalikan kesadaran kolektif bangsa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh M.Reza Ashriansyah Azhar -
Nama: M.Reza Ashriansyah Azhar
NPM :2315012024

Penelitian ini menyimpulkan bahwa mayoritas responden menunjukkan perkembangan kepribadian Pancasila yang positif. Generasi muda, khususnya mahasiswa, diingatkan untuk mempertahankan identitas kebangsaan dalam menghadapi dinamika perkembangan Iptek. Mereka diimbau untuk tetap setia pada Pancasila sebagai fondasi negara, memastikan bahwa kemajuan Iptek berkontribusi pada pembangunan negara. Kemajuan teknologi, yang terus berkembang pesat, memainkan peran utama dalam globalisasi dengan informasi tersebar secara luas dan cepat. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi pendorong utama perubahan dalam kehidupan manusia dan berbagai aspek kebudayaan. Di Indonesia, dampaknya terlihat signifikan pada sektor pendidikan di berbagai lapisan masyarakat, termasuk perkotaan dan pedesaan. Perkembangan ini secara perlahan mulai mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakat, dan dapat berdampak baik atau buruk tergantung pada cara mereka menyikapi kemajuan teknologi informasi. Oleh karena itu, ditekankan perlunya mengembalikan kesadaran kolektif tentang peran penting Pancasila, terutama di kalangan mahasiswa, melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila. Materi dan metode pengajaran dalam mata kuliah ini bertujuan untuk membimbing individu dalam menganalisis dan memecahkan masalah pembangunan bangsa dan negara dengan mempertimbangkan nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan landasan negara Republik Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Celenna Ardelia Putri Syuhada -
Nama : Celenna Ardelia Putri
Npm : 2315012016

menurut saya forum ini menjelaskan tentang penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila menyikapi IPTEK.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional cluster random sampling, dalam hal ini tiap kelas diambil 70% sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara

Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi.
Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu
Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Lulu Marwa Nasfia -
Nama: lulu marwa nasfia
NPM: 2315012044

Artikel ini mengeksplorasi dampak mata pelajaran pengembangan kepribadian pancasila terhadap respon mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam konteks studi kuantitatif yang dilakukan di Universitas Pancasakti Tegal. Metodologi penelitian melibatkan analisis deskriptif-verifikasi menggunakan angket skala Likert untuk mengumpulkan data dari 40 siswa pada program matematika. Temuan penelitian mengungkapkan adanya pengaruh yang signifikan mata pelajaran pengembangan kepribadian pancasila terhadap sikap siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Disimpulkan bahwa responden menunjukkan perkembangan kepribadian Pancasila yang positif, menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi kemajuan teknologi. Artikel tersebut juga menggarisbawahi perlunya mahasiswa menjaga karakter bangsa dalam menjawab tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mendorong aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui metode pengajaran yang berbasis non-indoktrinasi. Lebih lanjut, disarankan agar pemerintah meningkatkan penyaringan informasi, khususnya di bidang teknologi informasi, untuk menangkal radikalisme.

Secara ringkas artikel ini menyajikan kajian kuantitatif yang menyoroti pengaruh signifikan mata pelajaran pengembangan kepribadian pancasila terhadap sikap siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar dan perlunya menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut dalam menghadapi kemajuan teknologi. Selain itu, artikel tersebut menekankan peran pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda dan menyarankan metode pengajaran non-indoktrinasi untuk mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut. Hal ini juga memerlukan peningkatan upaya pemerintah dalam menyaring informasi, khususnya di bidang teknologi informasi, untuk memerangi radikalisme dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Evan kristovaldo saragih Turnip -
Evan kristovaldo Saragih turnip
2315012066
Berdasarkan pengamatan saya, ulasan kali ini membahas tentang bagaimana globalisasi telah membawa kemajuan dalam berbagai aspek, termasuk teknologi informasi yang telah mempengaruhi masyarakat Indonesia.
Namun pengaruh tersebut tidak mempengaruhi Pancasila secara langsung tetapi tergantung pada sikap masyarakat terhadap subjeknya.
Penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa untuk mengukur sikap mereka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan Pancasila.
Responden akan mempunyai sikap yang baik jika total skor angket diatas 80.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila dapat mempengaruhi sikap peserta didik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pancasila.
Mahasiswa perlu memiliki sikap jujur, toleransi, dan pemahaman mendalam tentang Pendidikan Pancasila.
Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditanamkan sejak dini.
Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak signifikan pada masyarakat, terutama kalangan mahasiswa di Indonesia.
Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan kepribadian menjadi semakin penting untuk menghadapi perubahan zaman.
Sikap merupakan hal yang dapat dipelajari dan berubah pada seseorang dalam keadaan tertentu.
Oleh karena itu, penting bagi peserta didik untuk mempunyai sikap yang baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memiliki pemahaman yang mendalam tentang Pancasila, memiliki toleransi yang tinggi terhadap perbedaan ras dan agama serta sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa dan diuji validitas dan reliabilitasnya.
Responden dapat merespon dengan baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi jika mencapai skor total di atas 80.