Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Jumlah balasan: 32
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Zaqi Hariz Mu'tasim -
Menurut saya ini membahas dampak dari pengembangan kepribadian Pancasila dalam merespons ilmu pengetahuan dan teknologi. Studi ini mengeksplorasi bagaimana pengajaran mata pelajaran pengembangan kepribadian Pancasila mempengaruhi tanggapan individu terhadap perkembangan sains dan teknologi. Dengan fokus pada nilai-nilai Pancasila sebagai landasan moral dan etika, penelitian ini mencoba mengidentifikasi hubungan antara pemahaman nilai-nilai tersebut dengan sikap dan keterlibatan dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil dari jurnal ini dapat memberikan wawasan yang berharga terkait peran nilai-nilai kebangsaan dalam membentuk perspektif individu terhadap kemajuan ilmiah dan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Cahya Saputri Arasy -
NAMA : CAHYA SAPUTRI ARASY
NPM : 2315031006

Menurut saya ,Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh signifikan dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memperoleh pemahaman tentang prinsip dan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi, mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk memahami betapa pentingnya etika dan tanggung jawab dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kebaikan bersama. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan kesadaran akan dampak sosial dan lingkungan yang timbul akibat penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Petrus Kanisius Bonavilus Gurning -
Nama: Petrus Kanisius Bonavilus Gurning
NPM: 2315031085

Berdasarkan temuan dari penelitian tersebut, jelas terlihat bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap respons mahasiswa terhadap tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Studi ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki pemahaman yang baik tentang pengembangan kepribadian Pancasila lebih siap dalam merespons tantangan tersebut.
Hal ini menegaskan pentingnya untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila di tengah kemajuan teknologi dan globalisasi.
Hal ini juga menekankan perlunya pemerintah untuk berperan dalam menyaring pengaruh globalisasi untuk menangkal infiltrasi informasi radikal.
Secara keseluruhan, artikel ini menekankan peran penting Pancasila dalam membentuk sikap dan respons mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, dan pengaruh budaya.
Referensi : Memberikan pemahaman dan penghayatan terhadap semangat dan nilai-nilai inti Pancasila kepada peserta didik sebagai warga negara Republik Indonesia, serta pedoman bagaimana menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui sistem berpikir berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Menumbuhkan sikap spiritual peserta didik yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, cinta tanah air dan persatuan bangsa, serta memantapkan masyarakat madani yang memiliki, keadilan dan bermartabat berdasarkan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal Indonesia.
Pancasila merupakan warisan luar biasa para bapak pendiri yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Afrizal Herdiansyah -
Nama : Afrizal Herdiansyah
NPM : 2315031061
Menurut pendapat saya Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dapat memberikan dampak yang signifikan dalam membentuk paradigma ilmu pengetahuan dan teknologi mahasiswa.
Dengan mengakar pada nilai-nilai Pancasila, Mahasiswa dapat memiliki sikap kritis, etis, dan bertanggung jawab sosial terhadap kemajuan teknologi.
Pembelajaran ini tidak hanya menciptakan individu dengan keterampilan teknis tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika dan dampak sosial dari pengetahuan dan inovasi.
Oleh karena itu, mata kuliah ini berpotensi menghasilkan lulusan yang tidak hanya berkompeten di bidang teknologi namun juga mempunyai landasan moral yang kuat untuk memberikan kontribusi yang kekal dan beretika bagi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ahmad Zaky Saputra -
Nama: Ahmad Zaky Saputra
NPM: 2315031022

Menurut saya jurnal yang dibahas pada forum kali ini membahas mengenai keterkaitan mata kuliah Pancasila dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Mata kuliah Pancasila mengungkapkan bahwa integrasi nilai-nilai kebhinekaan dan moralitas dalam pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah suatu keharusan. Pancasila memiliki kemampuan untuk merangkum nilai-nilai universal dan lokal dalam konteks perkembangan teknologi dalam upaya menyikapi dampak etis dan sosial yang mungkin timbul dari perkembangan IPTEK. Sebagai panduan filosofis, Pancasila tidak hanya memberikan landasan bagi pengetahuan, tetapi juga menuntun untuk memanfaatkan teknologi dengan bijaksana demi kesejahteraan bersama. Di dalam 5 sila yang terkandung pada dasar negara kita ini mengandung nilai-nilai yang melindungi serta menuntun perkembangan dari IPTEK itu sendiri. Hasil penelitian yang terkandung di dalam jurnal yang menggunakan metode kuantitatif ini, membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan IPTEK bisa membantu pembangunan Negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Nazwa Aulia Syifa -
Nama: Nazwa Aulia Syifa
NPM: 2315031037

Saya dapat menanggapi bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang besar dan signifikan terhadap sikap seorang siswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Sikap tersebut erat kaitannya dengan hal seperti, bagaimana Pancasila berperan dalam perkembangan IPTEK ataupun atau responden sebagai bagian dari penilitian yang mempunyai kepribadian baik. Selain itu, artikel tersebut juga membahas dan menyoroti betapa pentingnya sebuah upaya dalam mempertahankan kepribadian bangsa di tengah arus perkembangan IPTEK namun senantiasa berlandaskan pada Pancasila. Upaya tersebut dapat dilakukan oleh generasi muda melalui aktualisasi Pancasila. Aktualisasi Pancasila yang dimaksudkan dapat berupa sebuah agenda untuk menekankan pentingnya kesadaran dalam pendidikan yang tidak mengarah pada suatu propaganda. Kemudian menurut saya, Pemerintah harus terus meningkatkan penjagaan dalam penyiaran ataupun publikasi berbagai media, terutama pada Informasi Teknologi untuk dapat mencegah berbagai hal yang tidak sesuai dengan nilai dan norma dalam Pancasila, contohnya radikalisme.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ni Putu Tanti Sumerti -
Nama : Ni Putu Tanti Sumerti
NPM : 2315031078

Saya dapat menanggapi bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang besar dan signifikan terhadap sikap seorang siswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Mata kuliah Pancasila mengungkapkan bahwa integrasi nilai-nilai kebhinekaan dan moralitas dalam pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah suatu keharusan. Pancasila memiliki kemampuan untuk merangkum nilai-nilai universal dan lokal dalam konteks perkembangan teknologi dalam upaya menyikapi dampak etis dan sosial yang mungkin timbul dari perkembangan IPTEK. . Selain itu, artikel tersebut juga membahas dan menyoroti betapa pentingnya sebuah upaya dalam mempertahankan kepribadian bangsa di tengah arus perkembangan IPTEK namun senantiasa berlandaskan pada Pancasila. Upaya tersebut dapat dilakukan oleh generasi muda melalui aktualisasi Pancasila. Aktualisasi Pancasila yang dimaksudkan dapat berupa sebuah agenda untuk menekankan pentingnya kesadaran dalam pendidikan yang tidak mengarah pada suatu propaganda. Kemudian menurut saya, Pemerintah harus terus meningkatkan penjagaan dalam penyiaran ataupun publikasi berbagai media, terutama pada Informasi Teknologi untuk dapat mencegah berbagai hal yang tidak sesuai dengan nilai dan norma dalam Pancasila, contohnya radikalisme.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh ABIYYU FADHIL SHIDQI -
Nama : Abiyyu Fadhil Shidqi
Npm : 2315031062

menurut pandanga saya untuk mengetahui dampak mata kuliah pengembangan diri pancasila dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi untuk menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa responden dalam penelitian ini secara umum memberikan respon yang baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada.
Dari hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi yang menunjukkan bahwa variabel mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi peserta didik pada mata kuliah matematika.
Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 28,2% menunjukkan bahwa beberapa variabel yang berhubungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penelitian ini dapat dijelaskan oleh variabel mata kuliah Pancasila tentang pengembangan kepribadian.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik.
Oleh karena itu, disarankan bahwa mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK, serta tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan IPTEK bisa membantu pembangunan Negara.
Dari analisis jurnal di atas  ini, saya dapat menyimpulkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK.
Saran yang diberikan adalah penelitian ini dapat menjadi dasar untuk lebih meningkatkan pemahaman dan penerapan pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan IPTEK pada mahasiswa.
Selain itu, penelitian lebih lanjut juga dapat dilakukan untuk melihat pengaruh variabel lain terhadap variabel menyikapi perkembangan IPTEK.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Hendra Wijaya -
Nama : Hendra wijaya
NPM : 2315031094
Kelas : TE C

Menurut saya mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila di perguruan tinggi merupakan salah satu cara untuk memperkuat kesadaran kolektif terhadap nilai-nilai luhur Pancasila dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan globalisasi dan diharapkan juga dapat berperan dalam membentuk sikap positif mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Penelitian ini memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Populasi dan sampel penelitian juga telah dijelaskan dengan baik, menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional cluster random sampling.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Daniel Dermawansyah Putra Saragih Daniel -
Nama : Daniel Dermawansyah Putra Saragih
NPM : 2315031077

Menurut saya, jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah Pancasila pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata kuliah Pancasila memberikan pemahaman tentang prinsip dan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kepada mahasiswa untuk menerapkan kehidupan yang mampu menganalisis dan bertanggungjawab dalam memanfaatkan perkembangan IPTEK untuk kesejahteraan bersama. Hasil penelitian yang terdapat pada jurnal ini, menyatakan bahwa secara umum responden dapat menyikapi perkembangan IPTEK dengan baik. Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus memiliki kepribadian bangsa yang baik, untuk menghadapi segala tantangan yang ada pada perkembangan IPTEK di era globalisasi, dengan menyaring budaya serta informasi diterima dan terus berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila, agar dapat membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Dimas Bambang Permadi -
Nama : Dimas Bambang Permadi
NPM : 2315031029
Kelas : PSTE-C

Jurnal dengan judul “Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” memberikan data informasi tentang seberapa pentingnya mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan IPTEK di masa kini. Penelitian dalam jurnal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menghadapi perkembangan IPTEK, hal tersebut menurut saya menegaskan betapa pentingnya mempertahankan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwasanya mahasiswa perlu untuk memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, toleransi yang tinggi terhadap perbedaan ras dan moderasi dalam beragama, serta pemahaman mendalam tentang pendidikan Pancasila. Dalam konteks kehidupan saat ini, di mana teknologi terus berkembang dengan cepat, pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila secara utuh dan sikap yang demokratis dan berkeadilan sangat penting dalam membentuk generasi muda yang mampu menyikapi perkembangan IPTEK dengan bijaksana dan bertanggung jawab.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh HERMAN SITINJAK -
Nama:Herman Sitinjak
Npm :2315031101

Jurnal ini menyoroti peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi yang bertujuan memperkuat pemahaman dan membentuk sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Konsep sikap dijelaskan sebagai respons konsisten terhadap obyek sosial dalam konteks ide, perilaku, dan emosi.Selain itu, jurnal ini juga membahas konsep ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penelitian yang dilakukan dalam bentuk kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikatif pada mahasiswa program studi matematika di Universitas Pancasakti Tegal pada periode tertentu.Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan wawasan yang komprehensif tentang bagaimana globalisasi dan perkembangan teknologi informasi memengaruhi pendidikan, terutama dalam konteks nilai-nilai Pancasila di Indonesia, serta upaya untuk memperkuat pemahaman dan implementasi nilai-nilai tersebut pada mahasiswa perguruan tinggi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh RISKI AFRIANSA -
Nama Riski afriansa
NPM 2315031054

Jurnal ini membahas dampak globalisasi dalam era modern, terutama dalam konteks pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Globalisasi, yang terjadi melalui dimensi ruang dan waktu, mempengaruhi segala aspek kehidupan, termasuk ideologi, politik, ekonomi, dan sosial budaya. Teknologi informasi menjadi pendorong utama globalisasi, mempercepat pertukaran informasi secara luas di seluruh dunia. Jurnal juga mencermati perubahan dalam pendidikan, dari tradisional ke modern, terutama akibat kemajuan teknologi. Sementara globalisasi membuka peluang, muncul pertanyaan tentang dampaknya terhadap nilai-nilai budaya dan ideologi, khususnya di Indonesia yang menganut Pancasila. Dalam konteks ini, jurnal menyoroti peran Pendidikan Pancasila sebagai mata kuliah yang memegang peranan penting dalam memelihara dan memahamkan generasi muda tentang nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup Indonesia yang plural. Metode pendidikan tersebut didasarkan pada dasar filosofis, sosiologis, dan yuridis, mengaitkan Pancasila dengan sejarah, kebhinekaan masyarakat Indonesia, dan norma hukum yang berlaku.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh faizal bastian anggara faizal -
nama:faizal bastian anggara
npm:2355031007
Secara keseluruhan analisis data menunjukkan adanya persepsi positif terhadap Iptek di kalangan responden, dan mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila berpengaruh signifikan terhadap persepsi tersebut. Temuan-temuan tersebut menunjukkan pentingnya menjaga karakter nasional dan kesadaran budaya yang positif, khususnya di kalangan generasi muda, agar dapat secara efektif menghadapi tantangan-tantangan yang ditimbulkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Alisya Salsabila Fadwa Rahmadhani -
NAMA: Alisya Salsabila F.R
NPM: 2315031013

menurut saya " Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi"
Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dapat memberikan landasan moral dan etika yang kuat dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, mahasiswa dapat mengintegrasikan aspek keberlanjutan, tanggung jawab sosial, dan keadilan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi.
Mahasiswa sebagai generasi muda
sebaiknya menjaga kepribadian bangsa
dalam menghadapi tantangan
perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi
pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga
budaya yang masuk tidak merugikan dan
berdampak negatif kepada bangsa
Indonesia dan harus tetap berpegang teguh
kepada Pancasila sebagai dasar negara
sehingga perkembangan Iptek bisa
membantu pembangunan dan
perkembangan Negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh ALDI TRIARI SIHADI -
Dokumen jurnal ini membahas dampak pengembangan kepribadian dalam menanggapi sains dan teknologi, khususnya sehubungan dengan Pancasila. Ini menekankan pentingnya siswa mempertahankan kepribadian nasional dan berpegang pada Pancasila sebagai prinsip nasional dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian itu mendapati bahwa para partisipan pada umumnya memiliki perkembangan kepribadian Pancasila yang baik, sebagaimana dinyatakan oleh kuesioner di atas 80. Penelitian itu juga menguraikan karakteristik sikap dan komponen sikap, seperti aspek kognitif, perilaku, dan emosi. Selain itu, ini termasuk analisis statistik dan koefisien yang berhubungan dengan dampak pengembangan kepribadian Pancasila pada ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Putri Berlian Damanik -
Nama: Putri Berlian Damanik
NPM : 2315031126

Menurut saya jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila kepada mahasiswa terhadap respon dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum menunjukkan perkembangan kepribadian Pancasila yang positif. Jurnal ini menggarisbawahi tentang perlunya mahasiswa menjunjung tinggi nilai Pancasila sebagai dasar atau landasan pembangunan nasional dalam kemajuan teknologi dan globalisasi. Jurnal ini juga menekankan pentingnya menjaga jati diri bangsa yang berakar pada Pancasila bagi generasi muda yang menghadapi tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pancasila berperan penting dalam melawan potensi pengaruh negatif dari sumber eksternal, dan menekankan perannya dalam membentuk masyarakat yang bersatu dan berkeadilan. Disini kita tahu dan harus menekankan bahwa pendidikan Pancasila tidak boleh sampai terputus karena pendidikan Pancasila sendiri banyak memberikan dampak yang positif bagi kita, baik secara moral maupun secara kemanusiaan dan persatuan bangsa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh M. Naufal Ardiansyah -
Nama : M. Naufal Ardiansyah
Npm : 2315031069
Kelas : PSTE-C


Menurut pendapat saya hal ini menegaskan pentingnya untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila di tengah kemajuan teknologi dan globalisasi.
Hal ini juga menekankan perlunya pemerintah untuk berperan dalam menyaring pengaruh globalisasi untuk menangkal infiltrasi informasi radikal.
Secara keseluruhan, artikel ini menekankan peran penting Pancasila dalam membentuk sikap dan respons mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, dan pengaruh budaya. Jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah Pancasila pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata kuliah Pancasila memberikan pemahaman tentang prinsip dan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kepada mahasiswa untuk menerapkan kehidupan yang mampu menganalisis dan bertanggungjawab dalam memanfaatkan perkembangan IPTEK untuk kesejahteraan bersama. Hasil dari jurnal ini dapat memberikan wawasan yang berharga terkait peran nilai-nilai kebangsaan dalam membentuk perspektif individu terhadap kemajuan ilmiah dan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Dendes Aisyah Santri -
Nama:Dendes Aisyah Santri
NPM:2315031038
Dari jurnal yang telah saya analisis saya bisa simpulkan bahwa pembahasan mengenai dampak dari kepribadian Pancasila dalam merespon ilmu pengetahuan dan teknologi ini sangat di butuhkan oleh para mahasiswa karena melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa,sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri,tak bisa kita pungkiri bahwasanya kemajuan Teknologi ini membawa dampak yang positif dan negatif.Hanya saja perlahan-lahan kemajuan teknologi mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan.Oleh karena itu,menurut saya perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui penyelenggaraan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi.Ada beberapa tujuan dari penyelenggaraan Pancasila di perguruan tinggi salah satunya adalah penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi,Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Naina Wahyuni Naina -
Saya dapat menanggapi bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang besar dan signifikan terhadap sikap seorang siswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Mata kuliah Pancasila mengungkapkan bahwa integrasi nilai-nilai kebhinekaan dan moralitas dalam pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah suatu keharusan. Dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi, mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk memahami betapa pentingnya etika dan tanggung jawab dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kebaikan bersama. Dari analisis jurnal di atas ini, saya dapat menyimpulkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap siswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK.
Saran yang diberikan adalah penelitian ini dapat menjadi dasar untuk lebih meningkatkan pemahaman dan penerapan pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan IPTEK pada siswa.Dalam konteks kehidupan saat ini, di mana teknologi terus berkembang dengan cepat, pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila secara utuh dan sikap yang demokratis dan berkeadilan sangat penting dalam membentuk generasi muda yang mampu menyikapi perkembangan IPTEK dengan bijaksana dan bertanggung jawab.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh ACHMAD RAEHAN DINATA -
Menurut pandangan saya Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dapat berperan penting dalam membentuk sikap dan nilai mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, mahasiswa dapat mengembangkan kesadaran etika, tanggung jawab, dan rasa memiliki terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini membantu mereka menyikapi teknologi dengan landasan moral dan sosial, sehingga tidak hanya mengutamakan perkembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan.
Oleh karena itu, mata kuliah ini berpotensi menghasilkan lulusan yang tidak hanya berkompeten di bidang teknologi namun juga mempunyai landasan moral yang kuat untuk memberikan kontribusi yang kekal dan beretika bagi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh LUTVIA ERVIANA PUTRI 2315031014 -
Nama : Lutvia Erviana Putri

Menurut saya jurnal ini mencoba untuk mengevaluasi pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap cara mahasiswa menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penelitian ini menggunakan metode proporsional cluster random sampling dengan total 103 orang sebagai populasi, dan 40 orang sebagai sampel.

Penekanan pada arti Pancasila sebagai dasar negara juga diangkat sebagai faktor penting dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK.
Penelitian ini memberikan saran bahwa mahasiswa sebagai generasi muda seharusnya mempertahankan nilai-nilai kepribadian bangsa dan memegang teguh Pancasila sebagai dasar negara. Hal ini dianggap penting agar perkembangan IPTEK dapat berkontribusi positif terhadap pembangunan negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Artika Maysafitri -
Nama : Artika Maysafitri
Npm : 2315031030
Kelas : TE C

Menurut saya, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merupakan landasan moral dan etika yang harus dipegang teguh oleh setiap warga negara, termasuk dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nilai-nilai Pancasila dapat memberikan pedoman bagi mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi, antara lain:
1. Ketuhanan Yang Maha Esa, yang mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi harus digunakan untuk kebaikan dan kesejahteraan umat manusia, bukan untuk tujuan yang bertentangan dengan ajaran agama.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, yang mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi harus digunakan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia, bukan untuk mengeksploitasi atau merendahkan manusia.
3. Persatuan Indonesia, yang mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi harus digunakan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, bukan untuk memecah belah bangsa.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, yang mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi harus digunakan untuk mewujudkan demokrasi dan keadilan sosial, bukan untuk mendominasi atau memanipulasi masyarakat.
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, yang mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi harus digunakan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, bukan untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok tertentu.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila, mahasiswa diharapkan dapat menjadi pengguna ilmu pengetahuan dan teknologi yang bijak dan bertanggung jawab. Mahasiswa akan mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tanpa menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan kemanusiaan.

Secara spesifik, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dapat memberikan pengaruh antara lain:
1. Meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Mengembangkan wawasan mahasiswa tentang dampak positif dan negatif dari ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab.

Oleh karena itu, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila perlu diberikan secara intensif dan berkelanjutan kepada mahasiswa, agar mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berilmu, berakhlak mulia, dan berjiwa Pancasila.
Sebagai balasan Artika Maysafitri

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh febri ramadani -
Nama : Febri Ramadani
NPM : 2315031045

hasil analisis yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Analisis deskriptif dilakukan untuk menjelaskan tanggapan responden yang dikelompokkan dalam rentang skala. Adapun perhitungan rentang skala adalah dengan mengalikan seluruh frekuensi data dengan bobotnya, Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden, kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab dan Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sedehana dengan menggunakan program SPSS diperoleh persamaan regresi yaitu Ŷ = 12,525 + 0,616 X. Besarnya nilai koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,282 atau 28,2%. Dengan demikian dapat diartikan bahwa 28,2% variabel menyikapi perkembangan Iptek pada penelitian ini dapat diterangkan oleh variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila sedangkan sisanya yaitu 71,8% (100% - 28,2%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Legi Komara Fajri -
Nama : Legi Komara Fajri
NPM : 2315031070

Menurut pendapat saya mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi, menekankan pentingnya mempertahankan nilai-nilai pancasila dalam menghadapi kemajuan teknologi. Jurnal tersebut juga menyoroti signifikasi Pancasila sebagai prinsip nasional dan perannya dalam membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai dasar Pancasila memberikan pemahaman atas nilai-nilai Pencasila kerpada mahasiswa, dan bertujuan untuk membentuk sikap mental yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sikap tersebut adalah respons terhadap obyek sosial, yang terdiri dari komponen, kognitif perilaku, dan emosi. Fungsi sikap tersebut meliputi fungsi pertahanan ego, ekspresi nilai, dan pengetahuan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Rahmat Alfiqri -
NAMA : RAHMAT ALFIQRI
NPM : 2315031110

Menurut saya hasil analisis yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Analisis deskriptif dilakukan untuk menjelaskan tanggapan responden yang dikelompokkan dalam rentang skala. Adapun perhitungan rentang skala adalah dengan mengalikan seluruh frekuensi data dengan bobotnya, Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden, kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab dan Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sedehana dengan menggunakan program SPSS diperoleh persamaan regresi yaitu Ŷ = 12,525 + 0,616 X. Besarnya nilai koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,282 atau 28,2%. Dengan demikian dapat diartikan bahwa 28,2% variabel menyikapi perkembangan Iptek pada penelitian ini dapat diterangkan oleh variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila sedangkan sisanya yaitu 71,8% (100% - 28,2%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Ardy Sena -
Nama : Ardy Sena
NPM : 2315031053


Jurnal "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" karya Mursyidah Dwi Hartati, Ponoharjo, dan Mohamad Khamim merupakan penelitian yang baik dan bermanfaat. Penelitian ini telah membuktikan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dapat berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi IPTEK.
Saya setuju dengan hasil penelitian ini. Mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila penting untuk diberikan kepada mahasiswa. Mata kuliah ini dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan sikap positif dalam menyikapi IPTEK. Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur, seperti nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan sosial. Nilai-nilai Pancasila ini dapat menjadi pedoman dalam menyikapi IPTEK. Dengan mempelajari nilai-nilai Pancasila, mahasiswa akan lebih bijak dalam menyikapi IPTEK. Mahasiswa akan menyadari bahwa IPTEK memiliki potensi manfaat dan risiko. Oleh karena itu, mahasiswa akan menggunakan IPTEK secara bijak dan bertanggung jawab.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh KAISAR LIBERTY SILAMBI -
Nama : Kaisar Liberty Silambi

Menurut pendapat saya, jurnal tersebut membahas tentang pengaruh mata pelajaran pengembangan kepribadian pancasila terhadap sikap siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata pelajaran pengembangan kepribadian terhadap respon siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ini juga membahas dampak globalisasi dan teknologi terhadap pendidikan serta menekankan pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat Indonesia. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuesioner dengan skor di atas 80. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan negara.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Rifki Sarif -
Nama : Rifki Sarif
NPM : 2355031002
Kelas : PSTE C

 Menurut pandangan saya, Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki dampak yang signifikan dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai landasan moral dan etika berbasis Pancasila, mata kuliah ini memegang peran penting dalam membimbing mahasiswa dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pancasila memberikan panduan nilai bagi mahasiswa dalam memahami ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk prinsip-prinsip seperti penggunaan yang baik untuk kesejahteraan umat manusia, peningkatan martabat manusia, mempererat persatuan bangsa, mewujudkan demokrasi, dan mencapai keadilan sosial. Dengan memahami nilai-nilai ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi pengguna ilmu pengetahuan dan teknologi yang bijak, bertanggung jawab, serta mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat tanpa merugikan lingkungan dan kemanusiaan.

Mata kuliah ini secara khusus dapat mempengaruhi kesadaran, wawasan, dan keterampilan mahasiswa, meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila, dampak positif dan negatif ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemampuan menggunakan pengetahuan tersebut secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, pemberian mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila yang intensif dan berkelanjutan diharapkan dapat membentuk generasi mahasiswa yang cerdas, berakhlak baik, dan memiliki jiwa Pancasila sebagai penerus bangsa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Christian Luis Gonsalves -
Nama : Christian Luis Gonsalves
NPM : 2315031102

Menurut saya , mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa yang memahami Pancasila dengan baik lebih siap dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebaiknya mahasiswa tetap mempertahankan karakter bangsa dalam menghadapi tantangan teknologi, serta pentingnya pemerintah dan lembaga pendidikan untuk menekankan nilai Pancasila dalam membentuk generasi muda.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh M. LUCKY ALFAREL -
Nama: M.Lucky Alfarel
Npm: 2315031093
Menurut saya studi ini mengungkapkan bahwa pengembangan Pancasila memiliki dampak yang signifikan pada respons siswa terhadap teknologi dan globalisasi. studi ini menekankan pentingnya Pancasila dalam mempromosikan nilai-nilainya dalam masyarakat, masyarakat, dan budaya. Studi Ini juga mendorong siswa untuk menganalisis dan menemukan solusi untuk berbagai masalah di masyarakat, masyarakat, dan budaya melalui sistem yang didasarkan pada Pancasila dan Konstitusi 1945 Indonesia. Pancasila adalah agama universal yang mempromosikan nilai.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Muhammad Rizky Ramadhan -
Nama: Muhammad Rizky Ramadhan
NPM: 2315031117
Kelas: PSTE C

menurut saya, jurnal ini membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Penelitian dilakukan di Universitas Pancasakti Tegal pada semester II tahun akademik 2016/2017 dengan 40 orang sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa mata kuliah tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK, dengan koefisien determinasi sebesar 28,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik cenderung lebih mampu menyikapi tantangan IPTEK. Jurnal ini juga membahas pentingnya mempertahankan nilai-nilai Pancasila di tengah pengaruh globalisasi dan teknologi serta memberikan rekomendasi kepada mahasiswa untuk menjaga karakter bangsa dalam menghadapi tantangan teknologi.