Forum Analisis Jurnal
NPM : 2315061124
Kelas : TI D
Jurnal ini membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 103 mahasiswa, dan menggunakan teknik proporsional cluster random sampling untuk memilih 40 mahasiswa sebagai partisipan. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Analisis regresi juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Jurnal ini juga menyoroti pentingnya sikap dalam menyikapi objek sosial, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi diakui sebagai elemen penting dalam pembangunan suatu negara, dan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Selain itu, artikel ini merekomendasikan perlunya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta perlunya mengaktualisasikan Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan nasional. Pemerintah juga perlu meningkatkan filtering terhadap globalisasi arus informasi untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
Dengan demikian, jurnal ini memberikan wawasan yang penting tentang pengaruh pendidikan Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan teknologi.
Npm:2315061039
Kelas: PSTI C
Jurnal ini bertujuan untuk menyelidiki dampak mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terkait ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian melibatkan 103 mahasiswa, dengan pemilihan 40 partisipan menggunakan teknik proporsional cluster random sampling. Metode analisis data melibatkan analisis deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden menunjukkan pengembangan kepribadian Pancasila yang positif. Analisis regresi menegaskan adanya pengaruh signifikan dari mata kuliah tersebut terhadap sikap mahasiswa terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Implikasinya adalah bahwa pendidikan Pancasila berkontribusi positif terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Artikel ini menyoroti urgensi sikap dalam menghadapi aspek sosial, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi yang diakui sebagai pilar pembangunan negara. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perlunya mempertahankan identitas nasional dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengaktualisasikan nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional.
Selain itu, artikel merekomendasikan langkah-langkah konkret, seperti peningkatan filtrasi terhadap arus informasi globalisasi untuk mencegah penyebaran informasi berpotensi radikal. Kesimpulannya, jurnal ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendidikan Pancasila memengaruhi sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menegaskan perlunya menjaga nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi kemajuan teknologi.
NPM : 2315061004
TI D
Analisis Jurnal: Pengaruh Pendidikan Pancasila terhadap Sikap Mahasiswa dalam Menyikapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi untuk menilai pengaruh variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek. Responden penelitian berasal dari mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal Semester 2 Tahun 2016/2017.
Temuan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Iptek. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan kepribadian Pancasila berpengaruh positif terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek.
Implikasi
Artikel ini menyoroti pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek. Menekankan bahwa mahasiswa perlu menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Selain itu, artikel juga menyarankan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Iptek, serta evaluasi efektivitas mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila.
NPM: 2315061056
Kelas: TI D
Berdasarkan hasil analisis saya dapat disimpulkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki sikap yang baik dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Meskipun demikian, hanya sekitar 28,2% variabel sikap menyikapi perkembangan IPTEK dapat dijelaskan oleh variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengembangan kepribadian Pancasila dan sikap menyikapi perkembangan IPTEK pada mahasiswa. Selain itu, penting bagi mahasiswa untuk tetap menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi perkembangan IPTEK dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Upaya aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda juga perlu dilakukan melalui metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi, serta peningkatan filtering terhadap informasi yang disajikan dalam berbagai media, terutama teknologi informasi, untuk mencegah penyebaran informasi yang berbau radikalisme.
NPM : 2315061068
TI D
Jurnal ini membicarakan dampak dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini melibatkan 103 mahasiswa dengan pemilihan 40 partisipan menggunakan teknik proporsional cluster random sampling. Data dianalisis melalui analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang positif. Analisis regresi juga menunjukkan pengaruh yang signifikan dari mata kuliah tersebut terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
Artikel ini menekankan pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa diingatkan untuk menjaga identitas bangsa dan tetap setia pada nilai-nilai Pancasila di tengah tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Disarankan pula untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta untuk mengevaluasi efektivitas mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila.
Urgensi ilmu pengetahuan dalam pembangunan negara tidak dapat dipandang enteng. Ilmu pengetahuan berperan kunci dalam menggerakkan kemajuan dan perkembangan suatu negara. Pertama-tama, ilmu pengetahuan memberikan landasan untuk inovasi dan teknologi, memungkinkan penemuan baru dan efisiensi dalam berbagai sektor, termasuk ekonomi, kesehatan, dan energi. Selain itu, ilmu pengetahuan membentuk masyarakat yang berpengetahuan, membuka peluang pendidikan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.Ilmu pengetahuan juga memainkan peran penting dalam pemecahan masalah kompleks, baik itu terkait lingkungan, kesehatan, atau tantangan sosial lainnya. Dengan memanfaatkan pengetahuan dan penelitian, suatu negara dapat mengembangkan kebijakan yang lebih efektif dan berkelanjutan. Selain itu, ilmu pengetahuan juga memperkuat daya saing suatu negara di tingkat global, menciptakan kemampuan untuk bersaing dalam pasar internasional.
Nama : Muhammad Faisal
NPM : 2315061111
Kelas : PSTI C
Menurt analisis saya jurnal ini menyelidiki bagaimana mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila berdampak pada cara siswa melihat ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penelitian ini melibatkan 103 siswa, dan 40 dari mereka dipilih sebagai sampel proporsional dari kelompok sampel acak. Ketika data dikumpulkan, kuesioner dianalisis dengan teknik deskriptif, regresi, dan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum menunjukkan kepribadian Pancasila yang positif.
Jurnal ini juga turut membahas topik pendidikan yang relevan dan penting, terutama tentang hubungan antara perkembangan kepribadian dan sikap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memainkan peran penting dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap IPTEK. Metode penelitian yang digunakan sangat kuat karena penggunaan metode sampel yang tepat dan analisis data yang menyeluruh.
Meskipun penelitian menunjukkan hasil yang baik tentang pembentukan kepribadian Pancasila, masih perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai kualitas metodologi dan konsekuensi praktis dari hasil tersebut. Bagaimana sikap siswa terhadap kemajuan IPTEK di dunia nyata dipengaruhi oleh perkembangan ini? Apakah ada faktor lain di luar mata kuliah ini yang memengaruhi persepsi mahasiswa terhadap teknologi informasi dan komunikasi (IPTEK)?
NPM:2315061092
Kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terkait ilmu pengetahuan dan teknologi dibahas dalam jurnal ini. Dengan melibatkan 103 mahasiswa melalui proporsional cluster random sampling, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden mengalami perkembangan positif dalam kepribadian Pancasila. Analisis regresi memvalidasi temuan tersebut, mengonfirmasi bahwa mata kuliah tersebut memiliki dampak signifikan pada sikap mahasiswa terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, menunjukkan kontribusi positif pendidikan Pancasila pada persepsi mereka terhadap perkembangan tersebut.
Selain itu, jurnal ini menyoroti pentingnya sikap dalam menghadapi aspek sosial, terutama dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pilar pembangunan negara. Rekomendasi dari penelitian melibatkan perlunya menjaga identitas nasional di tengah dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional. Artikel juga menekankan langkah-langkah konkret seperti peningkatan filtrasi terhadap aliran informasi global untuk mencegah penyebaran potensi radikalisme. Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan wawasan mendalam tentang dampak pendidikan Pancasila pada sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, sambil menegaskan pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila di era kemajuan teknologi.
NPM : 2315061071
Kelas : TI C
Dalam jurnal ini, dilakukan sebuah penelitian untuk menilai dampak dari mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Pancasakti Tegal dengan melibatkan 103 mahasiswa dari program studi Matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang berfokus pada sikap mahasiswa terhadap kemajuan Iptek. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa secara keseluruhan, sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek cenderung positif. Mereka menyadari pentingnya menggunakan teknologi dengan tanggung jawab, memanfaatkan Iptek untuk mempermudah proses belajar dan berbisnis, serta melakukan seleksi terhadap informasi yang diterima melalui media sosial. Analisis regresi mengungkapkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap kemajuan Iptek. Dalam konteks keseluruhan penelitian, dapat disimpulkan bahwa sekitar 28,2% variabilitas sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek dapat dijelaskan oleh variabel mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila, sedangkan faktor lain di luar penelitian turut memengaruhi sisa variabilitas tersebut. Dengan mempertimbangkan temuan ini, disarankan agar generasi muda, khususnya mahasiswa, memainkan peran penting dalam memelihara karakter bangsa di tengah tantangan kemajuan Iptek, sambil tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila sebagai landasan negara.
NPM : 2315061099
Kelas : PSTI C
Analisis Jurnal
Hal yang dapat saya analisis dari jurnal ini bahwa jurnal ini membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal Semester 2 Tahun 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap variabel menyikapi perkembangan IPTEK pada mahasiswa. Selain itu, mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga kepribadian bangsa dan berpegang teguh pada Pancasila sangat penting dalam menghadapi perkembangan IPTEK.
Selain itu, jurnal ini juga membahas tentang pentingnya pendidikan Pancasila sejak dini dan peran pentingnya dalam keberhasilan pembangunan nasional. Mahasiswa perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila dan sikap disiplin yang tinggi. Selain itu, mahasiswa juga perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari dan menghargai pendapat satu sama lain. Dalam era kemajuan teknologi saat ini, mahasiswa juga perlu memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik dan penuh tanggung jawab untuk mempermudah proses belajar dan bertransaksi. Oleh karena itu, pendidikan Pancasila dan pengembangan kepribadian Pancasila sangat penting dalam membentuk generasi muda yang berkarakter dan mampu menghadapi perkembangan IPTEK dengan bijak.
NPM : 2315061020
Kelas : TI D
Hasil penelitian yang sudah saya amati adalah pendidikan Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Meskipun demikian, hanya sekitar 28,2% variabel sikap menyikapi perkembangan IPTEK dapat dijelaskan oleh variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Artikel ini menyoroti urgensi sikap dalam menghadapi aspek sosial, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi yang diakui sebagai pilar pembangunan negara. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perlunya mempertahankan identitas nasional dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengaktualisasikan nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional. Selain itu, artikel merekomendasikan langkah-langkah konkret, seperti peningkatan filtrasi terhadap arus informasi globalisasi untuk mencegah penyebaran informasi berpotensi radikal.
Dengan demikian, jurnal ini memberikan wawasan yang penting tentang pengaruh pendidikan Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk tetap menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi perkembangan IPTEK dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Upaya aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda juga perlu dilakukan melalui metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi, serta peningkatan filtering terhadap informasi yang disajikan dalam berbagai media, terutama teknologi informasi, untuk mencegah penyebaran informasi yang berbau radikalisme.
NPM: 2315061055
Kelas: TI C
Analisis jurnal berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat pengembangan kepribadian Pancasila yang baik, sebagaimana tercermin dari skor kuisioner yang secara umum berada di atas 80. Hasil ini menggambarkan bahwa responden, khususnya mahasiswa, dianggap memiliki sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila. Aspek-aspek seperti sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, toleransi terhadap perbedaan ras dan agama, serta pemahaman mendalam tentang pendidikan Pancasila dianggap penting oleh responden. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa responden juga mampu menyikapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan baik. Mereka menilai kemajuan teknologi harus dimanfaatkan dengan tanggung jawab, terutama dalam konteks proses belajar, transaksi, dan bisnis di bidang perdagangan. Respons positif ini tercermin dari skor kuisioner di atas 80, dan para responden menyatakan niat untuk melakukan penyaringan informasi media sosial, memblokir konten yang tidak pantas, dan menggunakan bahasa yang santun dalam berkomunikasi online.
Analisis regresi sederhana menggunakan SPSS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap menyikapi perkembangan IPTEK pada mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal Semester 2 Tahun 2016/2017, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 28,2% menunjukkan bahwa sekitar 28,2% variasi dalam sikap menyikapi perkembangan IPTEK dapat dijelaskan oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila, sementara sisanya, sekitar 71,8%, dipengaruhi oleh variabel lain di luar lingkup penelitian. Sebagai saran, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran mahasiswa sebagai generasi muda dalam menjaga kepribadian bangsa di tengah tantangan perkembangan IPTEK. Dorongan untuk menyaring pengaruh buruk dari budaya baru dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara sangat ditekankan. Selain itu, penelitian menyarankan adanya upaya aktualisasi Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional, dengan merancang materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi. Pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi, diingatkan untuk meningkatkan filter terhadap globalisasi arus informasi, khususnya dalam teknologi informasi (internet), untuk menghindari potensi masuknya informasi yang bersifat radikal.
Kelas: TI C
NPM: 2315061031
apa yang saya pelajari pada jurnal ini adalah, Jurnal ini membahas kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara keseluruhan mengembangkan kepribadian Pancasila yang positif, dengan 103 siswa yang dipilih melalui cluster random sampling proporsional. Hasil analisis regresi memvalidasi temuan tersebut dan menunjukkan bahwa kelas tersebut memiliki dampak signifikan pada sikap siswa terhadap kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Analisis juga menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki dampak positif pada cara siswa melihat kemajuan ini.
Selain itu, jurnal ini menekankan betapa pentingnya sikap dalam menghadapi aspek sosial, terutama dalam hal pembangunan negara melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian menemukan bahwa identitas nasional harus dipertahankan di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan Kementerian Pendidikan Nasional harus mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Untuk mencegah penyebaran potensi radikalisme, artikel juga menekankan tindakan konkret seperti meningkatkan filtrasi terhadap aliran informasi global. Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan wawasan mendalam tentang dampak pendidikan Pancasila pada sikap siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ini juga menekankan betapa pentingnya untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila di era teknologi maju.
2315061067
TI C
Berdasarkan dari jurnal tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa menurut hasil penelitian, mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap variabel menyikapi perkembangan IPTEK.
NPM : 2315061064
jurnal ini membahas peran Pancasila sebagai dasar pandangan hidup rakyat Indonesia, khususnya dalam konteks pendidikan. Menurut jurnal Filsafat Indonesia, Pancasila menjadi ideologi dan falsafah bangsa yang diusulkan oleh Bung Karno. Jurnal juga menyoroti hubungan ontologis, epistemologis, dan aksiologis Pancasila sebagai sistem filsafat.
Metode penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan, menelaah sumber-sumber terkait filsafat Pancasila dalam pendidikan di Indonesia. Hal ini mencakup pemahaman hakikat Pancasila, prinsip-prinsipnya, nilai-nilainya, serta peranannya dalam pembangunan karakter bangsa.
Hasil dan pembahasan artikel menyoroti hakikat, prinsip-prinsip, dan nilai-nilai Pancasila. Filsafat Pancasila dijelaskan melalui pendekatan ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Selain itu, artikel juga membahas pengaruh Pancasila dalam pendidikan tinggi berdasarkan UU No.12 Tahun 2012. Pendidikan di Indonesia didefinisikan sebagai usaha sadar untuk mengembangkan potensi peserta didik, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Artikel kemudian memasuki pembahasan tentang karakter, di mana karakter diartikan sebagai serangkaian sikap, perilaku, motivasi, dan keterampilan. Pancasila dijelaskan sebagai dasar ontologis untuk karakter, dengan fokus pada ke-Tuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan, dan keadilan. Selain itu, artikel mengeksplorasi metode pendidikan karakter dan hubungannya dengan filsafat Pancasila.
Selanjutnya, artikel membahas filsafat Pancasila dalam konteks pendidikan di Indonesia. Pendidikan dianggap sebagai usaha sadar dan terencana untuk membantu perkembangan potensi anak. Filsafat pendidikan Indonesia diakar pada nilai-nilai Pancasila, yang diinterpretasikan sebagai pedoman moral dan etika dalam proses pendidikan.
Terakhir, artikel membahas peran Pancasila dalam membentuk bangsa berkarakter. Karakter dijelaskan sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, dan nilai-nilai yang ditanamkan melalui pendidikan. Pancasila dianggap sebagai landasan ontologis yang mendukung hubungan antara negara dan warga negara, dengan pendidikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan bersama.
NPM : 2315061003
Kelas : TI-C
Analisis jurnal berjudul “Pengaruh Mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi"
Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian dari mahasiswa program studi matematika universitas pancasakti tegal semester 2 tahun 2016/2017, memiliki pengembangan kepribadian pancasila yang baik. Dapat kita lihat dari hasil kuisioner yang mencapai nilai di atas 80, menunjukkan sikap jujur, toleransi terhadap perbedaan ras dan agama, serta pemahaman mendalam tentang pendidikan pancasila. Selain itu, responden juga menunjukkan sikap yang baik dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Mereka menyadari pentingnya menggunakan kemajuan teknologi dengan baik.hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila terhadap sikap responden dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 mengindikasikan bahwa variabel mata kuliah tersebut memiliki dampak positif terhadap sikap responden terhadap kemajuan IPTEK
Mata kuliah pendidikan pancasila di perguruan tinggi dijelaskan sebagai suatu pendekatan untuk memberikan pedoman kepada individu dalam mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dengan menggunakan nilai-nilai dasar pancasila sebagai ideologi dan dasar negara republik indonesia. Dasar-dasar penyelenggaraan mata kuliah ini mencakup aspek filosofis, sosiologis, dan yuridis. Pendidikan pancasila di perguruan tingggi bertujuan untuk memperkuat pancasila sebagai dasar falsafah negara, memberikan pemahaman dan penghayatan atas nilai-nilai dasar pancasila kepada mahasiswa, serta mempersiapkan mereka untuk menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakta, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, mencakup penguatan sikap mental mahasiswa, seperti mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa
NPM : 2315061024
Kelas : TI D
Berdasarkan analisis saya dapat disimpulkan bahwa, Pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Mahasiswa perlu menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK dan tetap berpegang teguh pada Pancasila. Selain itu, penting juga untuk mengaktualisasikan Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan nasional dengan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi. Pemerintah juga perlu meningkatkan filtering terhadap informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi, untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
Pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dan sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Hasil analisis menunjukkan bahwa 28,2% variabel sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK dapat dijelaskan oleh variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila. Selain itu, responden dalam penelitian ini secara umum menunjukkan pengembangan kepribadian Pancasila yang baik, yang menunjukkan pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK.
Pengaruh signifikan antara mata pelajaran pengembangan kepribadian Pancasila dan respon siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa 28,2% variabel respon siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijelaskan oleh variabel mata pelajaran pengembangan kepribadian Pancasila. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk sikap siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menekankan pentingnya siswa untuk menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.
NPM : 2315061084
Kelas : TI D
Dari jurnal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui proses pendidikan formal untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi bertujuan untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara, memberikan pemahaman dan penghayatan atas nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa, mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, kesatuan bangsa, dan penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila. Selain itu, jurnal tersebut juga membahas tentang sikap, ciri-ciri sikap, tingkatan sikap, dan fungsi sikap menurut berbagai sumber. Terakhir, jurnal tersebut juga membahas ilmu pengetahuan dan teknologi serta jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, serta target/subjek penelitian.
NPM : 2315061023
Kelas : TI C
Jurnal tersebut membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Penelitian dalam jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling, sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Data yang diperoleh dari kuesioner diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi dan sebelumnya data ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya menggunakan Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Selain itu, responden dalam penelitian ini memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik dan mampu menyikapi perkembangan IPTEK dengan baik pula.
Penelitian di dalam jurnal ini memberikan implikasi penting terhadap pendidikan dan pengembangan kepribadian Pancasila di Indonesia. Beberapa implikasi tersebut antara lain :
1. Mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila perlu diberikan pada setiap program studi di perguruan tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK.
2. Pendidikan karakter dan pengembangan kepribadian Pancasila perlu ditingkatkan di semua jenjang pendidikan, baik formal maupun non-formal, sebagai upaya untuk menjaga kepribadian bangsa dan berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara.
3. Pemerintah dan lembaga pendidikan perlu memperhatikan pentingnya pengembangan kepribadian Pancasila dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK, sehingga perkembangan IPTEK bisa membantu pembangunan negara.
4. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK dengan berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara.
NPM : 2315061008
Kelas : TI D
Dari jurnal ini dapat saya simpulkan bahwa jurnal ini menyelidiki bagaimana mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila berdampak pada cara siswa melihat ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dengan melibatkan 103 mahasiswa melalui proporsional cluster random sampling, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden mengalami perkembangan positif dalam kepribadian Pancasila.
Analisis regresi mengungkapkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap kemajuan Iptek. Dalam konteks keseluruhan penelitian, dapat disimpulkan bahwa sekitar 28,2% variabilitas sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek dapat dijelaskan oleh variabel mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila, sedangkan faktor lain di luar penelitian turut memengaruhi sisa variabilitas tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk sikap siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menekankan pentingnya siswa untuk menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.
NPM : 2315061080
Kelas : TI D
Berikut hasil analisis saya terhadap jurnal tersebut :
Jurnal tersebut membahas tentang Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dalam jurnal tersebut peneliti melakukan kuisioner dengan 103 mahasiswa sebagai responden. Hasi penelitian menyatakan bahwa secara umum mahasiswa dapat menyikapi perkembangan iptek dengan baik. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Responden dapat dengan bijak menggunakan teknologi untuk melakukan hal-hal yang positif seperti membantu bejalar dan menyaring semua informasi yang didapat dari internet dengan kritis. Mahasiswa dinilai perlu untuk menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi globalisasi agar budaya lokal tidak luntur dan dapat menyaring informasi yang negatif agar tidak merugikan bangsa.
NPM : 2315061012
Kelas : TI D
Berikut ini hasil analisis saya berdasarkan jurnal yang telah saya baca dan pahami.
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi mempunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013):
1. Dasar Filosofis: Para pendiri negara RI mampu melepaskan diri dari tarikan ideologi kapitalisme dan ideologi komunisme, dengan merumuskan pandangan dasar (philosophische grondslag) pada sebuah konsep filosofis yang bernama Pancasila.
2. Dasar Sosiologis: Kebhinekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisi budayapenuh perbedaan, menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu.
3. Dasar Yuridis: Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Pembukaan UUD NRI Tahun 1945).
Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.
Adapun tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut.
1) Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2) Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3) Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.
4) Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa.
Dalam buku Notoatmodjo (2003, p.124) mengemukakan bahwa sikap (attitude) adalah merupakan reaksi atau respon yang masih tertutup dari seseorang terhadap stimulus atau obyek. Sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respon-respon yang konsisten). Ciri-ciri sikap menurut Heri Purwanto (1998) dalam buku Notoatmodjo (2003, p.34), yaitu sikap terbentuk, dipelajari, atau berubah senantiasa berkenaan dengan suatu obyek tertentu yang dapat dirumuskan dengan jelas. Menurut Notoadmodjo (2003) dalam buku Wawan dan Dewi (2010), sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu:
1. Menerima (receiving), orang (subyek) mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan (obyek),
2. Merespon (responding), usaha untuk menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Menghargai (valuing), mengajak orang lain untuk mengerjakan atau mendiskusikan dengan orang lain.
4. Bertanggung jawab (responsible), bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah dipilihnya dengan segala resiko
Menurut Katz (1964) dalam buku Wawan dan Dewi (2010, p.23) sikap mempunyai beberapa fungsi, yaitu:
1) Fungsi instrumental atau fungsi penyesuaian atau fungsi manfaat, Fungsi ini berkaitan dengan sarana dan tujuan.
2) Fungsi pertahanan ego, Ini merupakan sikap yang diambil oleh seseorang demi untuk mempertahankan ego atau akunya.
3) Fungsi ekspresi nilai, Sikap yang ada pada diri seseorang merupakan jalan bagi individu untuk mengekspresikan nilai yang ada pada dirinya.
4) Fungsi pengetahuan Individu mempunyai dorongan untuk ingin mengerti dengan pengalaman-pengalamannya.
NPM: 2315061095
Kelas: TI C
Temuan penelitian ini mencerminkan bahwa secara keseluruhan, responden dalam penelitian menunjukkan perkembangan kepribadian Pancasila yang positif, yang tercermin dari skor kuisioner di atas 80. Fokus utama adalah pada nilai-nilai seperti kejujuran, toleransi terhadap perbedaan ras dan agama, serta pemahaman mendalam tentang pendidikan Pancasila. Mahasiswa dianggap perlu memiliki dasar nilai-nilai ini sejak dini untuk hidup bermasyarakat. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa responden mampu menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dengan baik, seperti yang tercermin dari skor kuisioner di atas 80. Harapan adalah agar mahasiswa menggunakan kemajuan teknologi dengan tanggung jawab, memanfaatkannya dalam proses belajar, transaksi, dan berbisnis. Mereka juga diharapkan melakukan penyaringan informasi di media sosial, memblokir konten yang tidak pantas, dan berkomunikasi dengan bahasa yang sopan dalam interaksi online. Analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap menyikapi perkembangan Iptek, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Meskipun begitu, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 28,2% menunjukkan bahwa sebagian besar variasi sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar mata kuliah tersebut.
NPM: 2315061131
Kelas: PSTI C
Berdasarkan jurnal diatas dapat disimpulkan:
Jurnal ini membahas mengenai dampak globalisasi di era modern. Globalisasi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, dan lainnya. Proses ini terjadi melalui dua dimensi, yaitu dimensi ruang dan waktu, dengan ruang yang semakin dipersempit dan waktu yang semakin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi global.
Perkembangan teknologi informasi, terutama internet, memainkan peran penting dalam menyebarkan informasi secara luas dan merata ke seluruh dunia. Hal ini memengaruhi segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Tradisi pendidikan yang awalnya bersumber dari buku tradisional mengalami transformasi dengan munculnya internet. Dalam konteks ini, teknologi informasi membantu memecahkan kendala akses terhadap buku dan informasi, memungkinkan semua lapisan masyarakat untuk mendapatkan informasi pendidikan.
Namun, jurnal ini juga membahas dampak negatif dari globalisasi, terutama terkait dengan nilai-nilai budaya dan ideologi. Globalisasi dapat membawa berbagai kemungkinan perubahan dalam dunia, namun juga menimbulkan tantangan terhadap pemeliharaan nilai-nilai lokal dan tradisional, seperti yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi, seperti televisi, telepon, internet, dapat membawa pengaruh yang signifikan terhadap pola hidup dan pola pemikiran masyarakat, dan juga menimbulkan pertanyaan tentang sejauh mana nilai-nilai tradisional dapat bertahan.
Jurnal ini juga membahas bagaimana perkembangan teknologi informasi di Indonesia, termasuk pengaruhnya terhadap mahasiswa. Meskipun Pancasila dianggap sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, pertumbuhan teknologi informasi yang pesat dapat memengaruhi cara masyarakat, khususnya mahasiswa, menyikapi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka. Jurnal juga menekankan bahwa pentingnya kesadaran kolektif bangsa terhadap posisi vital dan urgensi Pancasila, terutama di kalangan mahasiswa, dan menekankan perlunya pemulihan kesadaran ini melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila di perguruan tinggi. Materi dan metode mata kuliah ini diuraikan, dengan tujuan utama untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa, memberikan pemahaman dan penghayatan atas nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa, serta membentuk sikap mental yang mencerminkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, kesatuan bangsa, dan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat. Sikap sebagai konsep juga dijelaskan, termasuk ciri-ciri, tingkatan, dan fungsi sikap dalam konteks pengembangan kepribadian Pancasila.
Terakhir, jurnal ini juga membahas peran ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam perkembangan negara. Ilmu pengetahuan didefinisikan sebagai rangkaian aktivitas manusia yang sistematis dan objektif untuk memperoleh pengetahuan yang objektif pula. Teknologi diartikan sebagai kemampuan manusia untuk memanfaatkan kekuatan alam guna memenuhi kebutuhan hidupnya melalui penciptaan alat-alat. Dibahas pula fungsi ilmu, termasuk fungsi instrumental, pertahanan ego, ekspresi nilai, dan pengetahuan. Jurnal ini mencerminkan kompleksitas dampak globalisasi, terutama terkait dengan teknologi informasi, dan menyoroti tantangan dalam menjaga nilai-nilai budaya dan ideologi lokal. Pemahaman yang mendalam terhadap perkembangan teknologi dan implikasinya terhadap masyarakat, pendidikan, dan nilai-nilai kultural.
NPM : 2315061063
Kelas : PSTI C
Hasil analisis saya mengenai jurnal yang berjudul “Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” adalah didalam jurnal tersebut membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila seperti yang kita ketahui diera globalisasi saat ini mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.
Peran dari mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila adalah sebagai sarana untuk memberikan pembelajaran dan pedoman bagi bangsa Indonesia untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Didalam jurnal tersebut juga terdapat penilitian Dengan melibatkan 103 mahasiswa melalui proporsional cluster random sampling, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden mengalami perkembangan positif dalam kepribadian Pancasila. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
NPM : 2315061119
Kelas : PSTI C
Hasil analisis jurnal “Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” adalah sebagai berikut.
Jurnal tersebut membahas perkembangan yang terjadi akibat globalisasi dan dampaknya pada berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, dan lain-lain. Proses globalisasi, yang melibatkan dua dimensi utama yaitu dimensi ruang dan waktu, telah menyempitkan ruang dan memperpendek waktu dalam interaksi dan komunikasi skala global.
Salah satu aspek yang dijelaskan dalam jurnal adalah pengaruh globalisasi dalam menghilangkan berbagai hambatan dan rintangan, menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Hal ini juga membawa perspektif baru tentang konsep "Dunia Tanpa Tapal Batas."
Pengaruh globalisasi juga terlihat dalam kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, seperti televisi, telepon, telepon genggam, dan internet, yang memengaruhi masyarakat tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pelosok desa. Meskipun membawa dampak positif, perlu diperhatikan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi juga dapat membawa pengaruh negatif terhadap nilai-nilai budaya, terutama jika tidak dielola dengan bijak.
Jurnal tersebut menggarisbawahi pentingnya pendidikan dalam menghadapi perkembangan globalisasi dan teknologi. Selain itu, pembahasannya juga melibatkan konsep Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dianggap penting untuk memperkuat nilai-nilai dasar Pancasila, memberikan pemahaman kepada mahasiswa, dan membentuk sikap mental yang mencerminkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa.
Selain itu, jurnal tersebut membahas konsep sikap dan ciri-ciri sikap, serta tingkatan sikap yang mencakup menerima, merespon, menghargai, dan bertanggung jawab. Sikap dalam konteks ini dilihat sebagai respons terhadap obyek sosial.
Selanjutnya, jurnal membahas mengenai fungsi sikap, termasuk fungsi instrumental (penyesuaian), fungsi pertahanan ego, fungsi ekspresi nilai, dan fungsi pengetahuan. Fungsi instrumental, misalnya, terkait dengan pemikiran manusia tentang sejauh mana suatu obyek dapat digunakan sebagai sarana atau alat dalam mencapai tujuan.
Kemudian, jurnal membahas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sebagai bagian penting dalam perkembangan sebuah negara. Ilmu dan pengetahuan dilihat sebagai bagian integral dari kemajuan manusia dalam berbagai bidang. Teknologi, dalam konteks ini, dianggap sebagai kemampuan manusia untuk memanfaatkan kekuatan alam guna memenuhi kebutuhan hidupnya, yang diwujudkan dalam bentuk alat dan bahan.
Analisis dalam jurnal tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Iptek.
Dari hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa, sebagai generasi muda, perlu menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila dianggap penting untuk membentuk sikap mahasiswa yang positif terhadap kemajuan teknologi, sambil tetap mempertahankan nilai-nilai budaya dan ideologi bangsa.
Kelas: TI D
NPM: 2315061032
Jurnal ini membahas tentang pendidikan Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi . Analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Artikel ini menyoroti urgensi sikap dalam menghadapi aspek sosial, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi yang diakui sebagai pilar pembangunan negara. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perlunya mempertahankan identitas nasional dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengaktualisasikan nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional. Dengan demikian, jurnal ini memberikan wawasan yang penting tentang pengaruh pendidikan Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk tetap menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi perkembangan IPTEK dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Upaya aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda juga perlu dilakukan melalui metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi, serta peningkatan filtering terhadap informasi yang disajikan dalam berbagai media, terutama teknologi informasi, untuk mencegah penyebaran informasi yang berbau radikalisme.
NPM : 2315061016
Kelas : TI D
Kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terkait ilmu pengetahuan dan teknologi dibahas dalam jurnal ini. Analisis regresi memvalidasi temuan tersebut, mengonfirmasi bahwa mata kuliah tersebut memiliki dampak signifikan pada sikap mahasiswa terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, menunjukkan kontribusi positif pendidikan Pancasila pada persepsi mereka terhadap perkembangan tersebut. Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan wawasan mendalam tentang dampak pendidikan Pancasila pada sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, sambil menegaskan pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila di era kemajuan teknologi.
Kelas : TI D
NPM : 2315061076
Jurnal ini membahas tentang pentingnya melestarikan nilai-nilai Pancasila, ideologi negara Indonesia, dan perannya dalam mempersatukan masyarakat Indonesia yang majemuk. Juga mendalami aspek hukum dan sejarah Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.jurnal ini juga mmbahas tentang pengaruh mata kuliah “Pengembangan Kepribadian Pancasila” pada mahasiswa di perguruan tinggi, yang bertujuan untuk memantapkan Pancasila sebagai landasan filosofis negara dan ideologi bangsa.
Jurnal yang diberikan membahas beberapa hal yang sangat relevan dengan Pendidikan Pancasila dan perkembangan IPTEK di Indonesia.
1) Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
a. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
b. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada pelajar sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
c. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.
d. Membentuk sikap mental yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan berdaya berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
membahas tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan sikap, ciri-ciri sikap, tingkatan sikap, dan fungsi sikap. Disinggung juga tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pembangunan suatu bangsa, menekankan pada pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dampaknya terhadap berbagai bidang. Selain itu, memberikan wawasan tentang hakikat ilmu pengetahuan dan teknologi, jenis penelitian, dan pentingnya teknologi dalam memenuhi kebutuhan manusia.
Jurnal ini menjadi sebuah eksplorasi komprehensif mengenai keterkaitan antara pendidikan Pancasila, sikap, dan pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap perkembangan masyarakat Indonesia.
NPM : 2315061040
KELAS : TI D
Jurnal ini memberikan analisis komprehensif mengenai pengaruh pengembangan kepribadian Pancasila terhadap respon siswa terhadap sains dan teknologi. Metodologi dan temuan penelitian disajikan dengan jelas, menyoroti dampak positif dari nilai-nilai Pancasila terhadap sikap siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ini menekankan pentingnya menjunjung tinggi prinsip-prinsip nasional dalam menghadapi kemajuan teknologi dan menyarankan langkah-langkah praktis untuk mengintegrasikan Pancasila ke dalam pendidikan dan mempromosikan sikap positif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan siswa. Secara keseluruhan, artikel ini menawarkan wawasan yang berharga tentang peran Pancasila dalam membentuk tanggapan siswa terhadap sains dan teknologi dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut di bidang ini.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hartati, Ponoharjo, dan Khamim (2018), ditemukan bahwa responden secara umum memiliki respon positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Penelitian tersebut menggunakan teknik proporsional cluster random sampling untuk memilih 40 mahasiswa sebagai partisipan. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi, dengan validitas dan reliabilitas yang diuji melalui pearson product moment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam merespon ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peserta memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik, dan disarankan agar mahasiswa menjunjung tinggi Pancasila sebagai prinsip nasional untuk membantu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkontribusi terhadap pembangunan nasional.
Jurnal tersebut menyimpulkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila secara signifikan mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki pemahaman dan apresiasi yang kuat terhadap nilai-nilai Pancasila menunjukkan respon yang positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. jurnal ini juga menekankan pentingnya menjunjung tinggi prinsip-prinsip nasional, khususnya Pancasila, dalam memandu respon siswa terhadap kemajuan teknologi. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan perlunya lembaga pendidikan dan Kementerian Pendidikan untuk mempromosikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda. Jurnal ini juga menyoroti peran media pembelajaran dan motivasi siswa dalam membentuk perkembangan kepribadian siswa. Jurnal ini menggarisbawahi pentingnya Pancasila dalam membentuk respon siswa terhadap sains dan teknologi dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut di bidang ini.
Secara keseluruhan, jurnal l ini memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya memahami dan menanggapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam konteks pengembangan kepribadian Pancasila.
NPM : 2315061059
Kelas : PSTI C
Setalah saya analisis, Jurnal yang bapak berikan membahas dampak globalisasi, terutama dalam konteks perkembangan teknologi informasi dan pengaruhnya terhadap nilai-nilai budaya, khususnya dalam kaitannya dengan Pancasila di Indonesia. Jurnal ini juga membahas peran Pendidikan Pancasila dalam upaya mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila dalam masyarakat yang semakin terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi.
Kemudian hal-hal yang saya dapat dari jurnal tersebut adalah:
- Globalisasi, didorong oleh kemajuan teknologi informasi, mempercepat interaksi dan komunikasi di seluruh dunia dalam berbagai bidang kehidupan.
- Perkembangan teknologi memberikan akses luas terhadap informasi, yang pada gilirannya mempengaruhi pola hidup dan pemikiran masyarakat, termasuk dalam hal pendidikan.
- Pengaruh teknologi informasi dapat merusak nilai-nilai budaya tradisional, termasuk nilai-nilai Pancasila di Indonesia, jika tidak ditangani dengan bijaksana.
- Pentingnya Pendidikan Pancasila sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan masyarakat yang semakin terpengaruh oleh teknologi informasi.
Jadi Menurut saya jurnal ini membahas kompleksitas dampak globalisasi dan perkembangan teknologi informasi terhadap budaya dan nilai-nilai dalam masyarakat, serta menyoroti pentingnya Pendidikan Pancasila sebagai upaya untuk menjaga keutuhan nilai-nilai luhur tersebut di tengah-tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat.
2315061028
TI D
Dalam jurnal ini, dilakukan sebuah penelitian untuk menilai dampak dari mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara. Perlu mengaktualisaikan Pancasila khususnya pada generasi muda melalui Kementrian Pendidikan nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi. Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering terhadap globaliasai arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet) untuk menangkal berbagai susupan informasi yang berbau radikalisme.
2315061104
TI D
Jurnal ini membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi IPTEK. Metode yang digunakan dalam penelitian pada jurnal ini menggunakan analisis deskriptif verifikatif dengan teknoik statistik analisis regresi sederhana dan sebelumnya data diuji validias dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment.
Secara umum, hasil dari penelitian inni memiliki hasil responden pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal ini diuktikan dengan analisis terkait koefisien determinasi (R2) dan signifikasi variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap variael menyikapi perkembangan IPTEK.
Dalam jurnal ini dikatakan bahwa mahasiswa perlu menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara.
Oleh karena itu, jurnal ini memberikan pemahaman tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
NPM : 2315061079
Kelas : PSTI C
Menurut analisis saya jurnal ini memaparkan dampak globalisasi di era modern, yang melibatkan aspek-aspek kehidupan seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Proses globalisasi, yang terjadi melalui dimensi ruang dan waktu, menciptakan interaksi dan komunikasi global dengan ruang yang semakin dipersempit dan waktu yang semakin dipersingkat. Peran penting teknologi informasi, terutama internet, dalam menyebarkan informasi secara luas dan merata disoroti, dengan dampak signifikan pada segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Transformasi pendidikan dari sumber tradisional ke internet membuka akses informasi pendidikan untuk semua lapisan masyarakat. Meskipun adanya dampak positif, jurnal ini juga menyoroti dampak negatif globalisasi, terutama terkait dengan nilai-nilai budaya dan ideologi lokal, khususnya di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi di Indonesia, dengan fokus pada pengaruhnya terhadap mahasiswa, menjadi pokok pembahasan. Jurnal menekankan perlunya kesadaran kolektif terhadap posisi vital dan urgensi Pancasila di kalangan mahasiswa, dengan usulan pemulihan kesadaran melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila di perguruan tinggi. Materi dan metode mata kuliah tersebut dirinci dengan tujuan memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa. Terakhir, jurnal membahas peran ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam perkembangan negara, mendefinisikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas fungsi-fungsinya. Jurnal ini mencerminkan kompleksitas dampak globalisasi, terutama dalam konteks teknologi informasi, dan menyoroti tantangan dalam mempertahankan nilai-nilai budaya dan ideologi lokal di tengah perkembangan teknologi yang cepat.
NPM : 2355061008
Kelas : TI D
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada dasarnya diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Namun seiring berjalannya waktu, sering kali ditemukan penyimpanga-penyimpangan yang mengatasnamakan IPTEK. Perkembangan teknologi dan juga globalisasi juga memberikan dampak dampak tertentu kepada kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
Penyimpangan-penyimpangan IPTEK ini seringkali tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Karena penyimpangan ini, bangsa Indonesia sering kali melupakan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.
Maka dari itu, mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Serta harus bisa menyaring segala sesuatu yang didapatkan dari IPTEK juga perlu kita lakukan.
NPM :2315061048
Kelas :TI D
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila berpengaruh signifikan terhadap pengembangan kepribadian Pancasila dan sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Meskipun responden menunjukkan pengembangan kepribadian Pancasila yang baik, variabel mata kuliah Pancasila hanya menjelaskan sekitar 28,2% dari variabilitas sikap terhadap perkembangan IPTEK. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi sikap mahasiswa. Kesimpulannya, perlu upaya menjaga kepribadian bangsa, meningkatkan aktualisasi nilai Pancasila pada generasi muda, dan perbaikan filtering informasi untuk mencegah penyebaran radikalisme.
NPM : 2315061087
Jurnal ini menyajikan analisis komprehensif mengenai dampak pengembangan kepribadian Pancasila terhadap tanggapan siswa terhadap sains dan teknologi. Penelitian ini secara jelas menguraikan metodologi dan hasilnya, menyoroti pengaruh positif nilai-nilai Pancasila terhadap sikap siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Betonannya pada pentingnya memegang teguh prinsip-prinsip nasional dalam menghadapi kemajuan teknologi tercermin dalam saran-saran praktis untuk mengintegrasikan Pancasila dalam pendidikan serta mempromosikan sikap positif siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
Artikel ini memberikan wawasan berharga mengenai peran Pancasila dalam membentuk respon siswa terhadap sains dan teknologi, dan menawarkan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut di bidang ini. Studi yang dilakukan oleh Hartati, Ponoharjo, dan Khamim (2018) menunjukkan respon positif secara umum terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan penelitian menggunakan teknik proporsional cluster random sampling pada 40 mahasiswa. Analisis data dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan regresi, serta uji validitas dan reliabilitas, menghasilkan temuan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik, dan disarankan agar mahasiswa menghormati Pancasila sebagai prinsip nasional yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan nasional. Jurnal ini menyimpulkan bahwa mata kuliah tersebut secara signifikan mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama bagi mereka yang memiliki pemahaman dan apresiasi yang kuat terhadap nilai-nilai Pancasila.
Selain itu, jurnal ini menyoroti peran media pembelajaran dan motivasi siswa dalam membentuk perkembangan kepribadian siswa. Pentingnya Pancasila dalam membentuk respon siswa terhadap sains dan teknologi ditekankan, dan rekomendasi diberikan untuk pengembangan lebih lanjut di bidang ini. Keseluruhan, jurnal ini memberikan wawasan berharga tentang pentingnya merespons perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam konteks pengembangan kepribadian Pancasila.
NPM :2315061011
Kelas :TI C
jurnal ini membicarakan kemajuan yang muncul sebagai hasil dari fenomena globalisasi dan dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, dan aspek lainnya. Proses globalisasi, yang melibatkan dua dimensi utama, yaitu dimensi ruang dan waktu, telah mengurangi ruang dan mempersingkat waktu dalam interaksi dan komunikasi pada dalam lingkup internasional.
Pendidikan mengenai Pancasila memiliki dampak yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Melalui analisis regresi sederhana, dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara partisipasi dalam mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dan sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebanyak 28,2% variasi dalam sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK dapat dijelaskan oleh partisipasi dalam mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila. Secara keseluruhan, responden dalam penelitian ini menunjukkan perkembangan kepribadian Pancasila yang baik, menegaskan pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap kemajuan IPTEK..
yang dimana fungsi Mata kuliah pendidikan Pancasila di perguruan tinggi dijelaskan sebagai metode untuk memberikan pedoman kepada individu dalam mengkaji, menganalisis, dan menyelesaikan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara. Mata kuliah ini menggunakan nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Dasar-dasar penyelenggaraan mata kuliah mencakup aspek filosofis, sosiologis, dan yuridis. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi bertujuan untuk memperkuat Pancasila sebagai landasan falsafah negara, memberikan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa, serta mempersiapkan mereka untuk menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, pendidikan ini mencakup penguatan sikap mental mahasiswa, seperti menghargai nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, cinta tanah air, dan persatuan bangsa.
NPM : 2315061060
Kelas : TI D
Berdasarkan analisis saya jurnal tersebut membahas bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Mahasiswa yang memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik cenderung dapat lebih baik menanggapi kemajuan dalam IPTEK. Selain itu, Jurnal ini juga menekankan pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK, serta perlunya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK dan menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru. Selain itu, Jurnal ini juga menyoroti pentingnya mengaktualisasikan Pancasila pada generasi muda melalui Kementrian Pendidikan Nasional, serta peran penting media pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengembangan kepribadian dan sikap mahasiswa.
NPM : 2315061072
Kelas : TI D
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Meskipun demikian, variabel lain juga turut memengaruhi sikap mahasiswa, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor tambahan yang dapat memengaruhi sikap tersebut.
Pentingnya menjaga identitas nasional dan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK menjadi sorotan utama dari jurnal ini. Rekomendasi untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional menunjukkan kesadaran akan peran pendidikan dalam membentuk sikap dan kepribadian mahasiswa.
Selain itu, artikel menyoroti perlunya peningkatan filtering terhadap arus informasi globalisasi untuk mencegah penyebaran informasi yang berpotensi radikal. Hal ini menunjukkan kesadaran terhadap dampak negatif yang dapat timbul dari perkembangan teknologi informasi yang tidak terkontrol.
Kesimpulannya, jurnal ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang bagaimana pendidikan Pancasila dapat membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Rekomendasi yang diajukan juga memberikan pandangan tentang upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga nilai-nilai Pancasila dan mengatasi tantangan yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi.
2315061083
TI-C
Materi yang ada di jurnal tersebut adalah hasil penelitian tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa dan data yang digunakan dikumpulkan dengan alat kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang dan sampel yang diambil berjumlah 40 orang.
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Dalam penelitian ini, responden diminta untuk memilih salah satu jawaban dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan dalam kuesioner. Skor numerik atas jawaban responden tersebut terdiri dari empat poin yaitu skor yang berturutan dari angka 1 sampai 4. Dalam penelitian ini jenis pertanyaan yang ditanyakan dalam kuesioner adalah jenis pertanyaan positif.
Dari jurnal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengambil mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Selain itu, responden dapat menyikapi perkembangan IPTEK dengan baik dan memanfaatkannya untuk mempermudah proses belajar, bertransaksi, dan berbisnis dalam bidang perdagangan. Responden juga melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial, dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
NPM : 2315061075
Kelas : PSTI-C
Jurnal ini membahas dampak dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan melibatkan 103 mahasiswa dan memilih 40 partisipan menggunakan teknik proporsional cluster random sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui analisis deskriptif dan regresi. Temuan utama penelitian ini mencerminkan bahwa secara keseluruhan, responden mengalami pengembangan kepribadian Pancasila yang positif melalui mata kuliah tersebut. Analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
Jurnal ini menyoroti urgensi pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penekanan pada nilai-nilai Pancasila memandu mahasiswa untuk mempertahankan identitas bangsa dan tetap setia pada nilai-nilai moral dan etika, yang menjadi landasan filosofis negara. Dalam era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, artikel ini mengingatkan mahasiswa akan pentingnya memadukan kemajuan teknologi dengan nilai-nilai luhur Pancasila.
Jurnal ini juga memberikan saran untuk melanjutkan penelitian lebih lanjut guna mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang mungkin memengaruhi sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, pentingnya mengevaluasi efektivitas mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila ditekankan, sehingga dapat diperbaiki dan disesuaikan agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat yang terus berubah. Dengan demikian, jurnal ini tidak hanya menyajikan temuan penelitian, tetapi juga mendorong untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dalam konteks pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi di Indonesia.
NPM : 2355061007
PSTI C
Adapun hasil analisis saya dari jurnal berikut adalah, temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa sebagian besar peserta penelitian menunjukkan tingkat pengembangan kepribadian Pancasila yang tinggi, seperti tercermin dari skor kuisioner yang umumnya melebihi 80. Hasil ini mencerminkan sikap positif, khususnya dari kalangan mahasiswa, terhadap nilai-nilai Pancasila. Aspek-aspek seperti integritas dalam kehidupan sehari-hari, toleransi terhadap perbedaan ras dan agama, serta pemahaman mendalam tentang pendidikan Pancasila dianggap sebagai hal yang penting oleh peserta penelitian. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta penelitian juga mampu menanggapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan baik. Mereka percaya bahwa kemajuan teknologi harus digunakan dengan tanggung jawab, terutama dalam konteks proses belajar, transaksi, dan bisnis di sektor perdagangan. Respons positif ini tercermin dari skor kuisioner yang melampaui 80, dan peserta penelitian menyatakan niat untuk melakukan penyaringan informasi media sosial, memblokir konten yang tidak pantas, dan menggunakan bahasa yang santun dalam berkomunikasi online.
Kemudian mata kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi dijelaskan sebagai suatu metode untuk memberikan panduan kepada individu dalam mengeksplorasi, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan pembangunan bangsa dan negara. Ini dilakukan dengan menggunakan nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan fondasi negara Republik Indonesia. Penyelenggaraan mata kuliah ini mencakup aspek filosofis, sosiologis, dan yuridis. Tujuan dari Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah untuk memperkuat peran Pancasila sebagai landasan falsafah negara, memberikan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa, serta mempersiapkan mereka untuk menganalisis dan menemukan solusi terhadap berbagai tantangan dalam kehidupan bersama sebagai masyarakat, bangsa, dan negara. Selain itu, mata kuliah ini juga bertujuan untuk memperkuat sikap mental mahasiswa, seperti meningkatkan apresiasi terhadap nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa.
2315061015
TI C
Analisis saya mengenai jurnal yang berjudul “Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”.
Jurnal ini membahas dampak mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam era globalisasi yang menghadirkan perubahan signifikan dalam dinamika global. Sebagai pendorong utama, globalisasi membuka peluang untuk transformasi global yang tengah berlangsung. Dalam konteks ini, mata kuliah tersebut menjadi kunci untuk memberikan pengetahuan dan panduan kepada warga Indonesia agar dapat mengkaji, menganalisis, dan menanggapi tantangan pembangunan bangsa dan negara. Dengan memandang dari perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, mata kuliah ini berperan penting dalam menghadapi dampak positif globalisasi, membentuk pemikiran baru mengenai konsep "Dunia Tanpa Tapal Batas."
Jurnal ini juga melibatkan penelitian dengan partisipasi 103 mahasiswa, yang menunjukkan bahwa mata kuliah tersebut secara keseluruhan memberikan dampak positif pada perkembangan kepribadian Pancasila. Responden menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam sikap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Mereka mengakui pentingnya menggunakan teknologi dengan tanggung jawab, khususnya dalam konteks pembelajaran, transaksi, dan bisnis. Para mahasiswa juga menunjukkan kesadaran akan pentingnya menyaring informasi di media sosial, memblokir konten yang tidak pantas, dan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomunikasi online.
Oleh karena itu, jurnal ini menggambarkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memberikan kontribusi positif dalam membentuk sikap dan tanggapan mahasiswa terhadap perkembangan Iptek serta mengajarkan nilai-nilai kebijakan yang relevan dengan tuntutan era globalisasi.
NPM : 2315061108
Kelas : TI D
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap respons terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Dalam penelitian ini, 103 mahasiswa menjadi populasi penelitian, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta penelitian menunjukkan pengembangan kepribadian Pancasila yang positif dan mampu merespons Iptek dengan baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pancasila memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan Iptek, dan merekomendasikan inklusinya dalam kurikulum untuk mengembangkan karakter nasional yang kuat pada mahasiswa.
Dalam konteks ini, pengaruh teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dalam era globalisasi juga dibahas. Globalisasi dan perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan pada pendidikan dan kehidupan masyarakat. Perkembangan teknologi informasi, seperti internet, telah mempengaruhi pola hidup dan pemikiran masyarakat, termasuk dalam konteks nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, penting untuk memperkuat pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan, terutama di perguruan tinggi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap respons terhadap perkembangan Iptek. Variabel ini menjelaskan sekitar 28,2% variasi dalam respons terhadap perkembangan Iptek, sementara 71,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa sebagai generasi muda untuk menjaga kepribadian bangsa dan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan Iptek.
2315061128
TI D
Jurnal ini membicarakan dampak mata kuliah "Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi." Dalam penelitian tersebut, sebanyak 103 mahasiswa diwawancarai melalui kuesioner, dan hasilnya menunjukkan bahwa secara keseluruhan, mahasiswa mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik. Mahasiswa dianggap perlu memiliki sikap jujur, toleransi terhadap perbedaan ras dan agama, serta pemahaman mendalam tentang Pendidikan Pancasila. Pendidikan Pancasila dianggap penting sejak dini untuk membentuk sikap ini. Responden menunjukkan kemampuan bijak dalam menggunakan teknologi untuk hal-hal positif, seperti membantu pembelajaran dan menyaring informasi internet secara kritis. Mahasiswa juga dianggap perlu menjaga identitas budaya lokal dalam menghadapi globalisasi dan menghindari informasi negatif yang dapat merugikan bangsa.
npm : 2315061044
kelas : ti d
mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras
dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentangpendidikan Pancasila. Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. pengguna harus melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
kita harus bisa tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
2355061004
TI D
Jurnal tersebut membahas tentang pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap cara siswa menyikapi perkembangan IPTEK. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara mata kuliah tersebut dan cara siswa menyikapi perkembangan IPTEK. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengembangan kepribadian Pancasila dapat membantu meningkatkan cara siswa menyikapi perkembangan IPTEK.
Jurnal ini mengkaji dampak mata kuliah pengembangan karakter pancasila dan sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi logistik sederhana dengan menggunakan program SPSS Ver. 19. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan karakter pancasila mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap peserta didik terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 28,2% perilaku siswa disebabkan oleh perubahan proses pembangunan manusia Pancasila. Dari hasil analisis regresi diperoleh persamaan yang menunjukkan bahwa jika tidak terdapat perbedaan jenis perkembangan Pancasila maka perubahan perilaku siswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempunyai nilai sebesar 12,525. Penelitian ini juga memberikan nasehat bagi generasi muda khususnya pelajar untuk menjaga karakter negara dalam menghadapi permasalahan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tetap berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara.
NPM : 2315061027
PSTI.C
Jurnal ini membahas tentang Pengaruh Pendidikan Pancasila terhadap Sikap Mahasiswa dalam Menyikapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dalam jurnal tersebut peneliti melakukan kuisioner dengan 103 mahasiswa sebagai responden. Hasi penelitian menyatakan bahwa secara umum mahasiswa dapat menyikapi perkembangan iptek dengan baik. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila.
Jurnal ini juga turut membahas topik pendidikan yang relevan dan penting, terutama tentang hubungan antara perkembangan kepribadian dan sikap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memainkan peran penting dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap IPTEK. Metode penelitian yang digunakan sangat kuat karena penggunaan metode sampel yang tepat dan analisis data yang menyeluruh.
Pengaruh signifikan antara mata pelajaran pengembangan kepribadian Pancasila dan respon siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil analisis dari regresi menunjukkan bahwa 28,2% variabel respon siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijelaskan oleh variabel mata pelajaran pengembangan kepribadian Pancasila. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk sikap siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
NPM : 2315061088
Kelas : TI D
Dari jurnal ini saya simpulkan bahwa pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap sains dan teknologi. Jurnal ini menekankan perlunya siswa untuk mempertahankan kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan aktualisasi Pancasila pada generasi muda melalui metode non-indoktrinasi dalam kurikulum pendidikan nasional. Selain itu, pemerintah didesak untuk meningkatkan penyaringan informasi, terutama melalui teknologi informasi, untuk menangkal radikalisme.Pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap sains dan teknologi. Ditemukan bahwa mahasiswa dengan perkembangan kepribadian Pancasila yang baik cenderung mempertahankan kepribadian bangsa dalam menjawab tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menjunjung tinggi Pancasila sebagai asas kebangsaan, sehingga memungkinkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional. Selain itu, disarankan agar mahasiswa memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila dan menjaga toleransi yang tinggi terhadap perbedaan ras dan agama, serta kedisiplinan, yang semuanya dipengaruhi oleh pengembangan kepribadian Pancasila. Selain itu, perkembangan teknologi informasi yang pesat berpotensi mempengaruhi nilai-nilai Pancasila, dan penting bagi pemerintah untuk meningkatkan penyaringan informasi untuk menangkal radikalisme dan melestarikan nilai-nilai Pancasila.
Npm : 2315061123
Kelas : PSTI C
Berdasarkan jurnal yang dibahas, kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa terkait ilmu pengetahuan dan teknologi telah dilakukan dengan melibatkan 103 mahasiswa melalui proporsional cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden mengalami perkembangan positif dalam kepribadian Pancasila. Analisis regresi memvalidasi temuan tersebut, mengonfirmasi bahwa mata kuliah tersebut memiliki dampak signifikan pada sikap mahasiswa terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, menunjukkan kontribusi positif pendidikan Pancasila pada persepsi mereka terhadap perkembangan tersebut.
Jurnal ini juga menyoroti pentingnya sikap dalam menghadapi aspek sosial, terutama dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pilar pembangunan negara. Rekomendasi dari penelitian melibatkan perlunya menjaga identitas nasional di tengah dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional. Artikel juga menekankan langkah-langkah konkret seperti peningkatan filtrasi terhadap aliran informasi global untuk mencegah penyebaran potensi radikalisme. Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan wawasan mendalam tentang dampak pendidikan Pancasila pada sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, sambil menegaskan pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila di era kemajuan teknologi.
NPM : 2315061115
Izin telat mengumpulkan pak, mohon maaf saya lupa pak, saya sangat memohon maaf.
Jurnal tersebut membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam merespons perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan analisis deskriptif verifikatif di Universitas Pancasakti Tegal, khususnya pada program studi matematika semester II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kepribadian Pancasila berpengaruh signifikan terhadap cara mahasiswa menyikapi perkembangan Iptek. Selain itu, artikel juga menyoroti pentingnya mempertahankan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi kemajuan teknologi, mengaktualisasikan Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional, serta peran media pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengembangan sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek.
NPM : 2315061127
KELAS :TI C
Berdasarkan hasil analisis saya dapat,jurnal ini membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 103 mahasiswa, dan menggunakan teknik proporsional cluster random sampling untuk memilih 40 mahasiswa sebagai partisipan. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Jurnal ini juga turut membahas topik pendidikan yang relevan dan penting, terutama tentang hubungan antara perkembangan kepribadian dan sikap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memainkan peran penting dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap IPTEK. Metode penelitian yang digunakan sangat kuat karena penggunaan metode sampel yang tepat dan analisis data yang menyeluruh. Selain itu, jurnal ini menyoroti pentingnya sikap dalam menghadapi aspek sosial, terutama dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pilar pembangunan negara. Rekomendasi dari penelitian melibatkan perlunya menjaga identitas nasional di tengah dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional. Artikel ini juga menekankan langkah-langkah konkret seperti peningkatan filtrasi terhadap aliran informasi global untuk mencegah penyebaran potensi radikalisme. Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan wawasan mendalam tentang dampak pendidikan Pancasila pada sikap mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, sambil menegaskan pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila di era kemajuan teknologi.
NAISYAH NOPRIANI
2315061007
TI C
- Jurnal ini menyimpulkan bahwa kursus pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap respons terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- jurnal ini menunjukkan bahwa sebagai generasi muda, harus menjunjung tinggi kepribadian bangsa dan berpegang pada Pancasila sebagai fondasi negara dalam menghadapi tantangan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Jurnal ini juga merekomendasikan penggunaan berbagai media, khususnya teknologi informasi (internet), untuk melawan radikalisme dan mencegah penyebaran ide-ide radikal.
NPM : 2315061035
Kelas : TI C
Analisis saya berdasarkan jurnal di atas membahas tentang pengaruh mata kuliah Pendidikan Pancasila dalam menghadapi dampak ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era globalisasi. Pada zaman ini, banyak aspek yang mengalami kemajuan signifikan, dan kemajuan tersebut membawa perubahan positif pada berbagai bidang yang terpengaruh oleh globalisasi. Saat ini, semua lapisan kehidupan mengalami perkembangan pesat, termasuk perkembangan pendidikan yang beralih dari tradisional ke modern. Secara otomatis, perkembangan ini mendorong masyarakat untuk bergerak menuju arah globalisasi.
Kemajuan teknologi memiliki dampak besar pada kehidupan manusia, termasuk peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya di masyarakat yang memiliki budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, responden dalam penelitian ini mampu merespons perkembangan IPTEK dengan baik, sebagaimana tercermin dalam skor hasil kuesioner yang mencapai angka di atas 80. Menurut responden, kemajuan teknologi saat ini seharusnya dimanfaatkan dengan bijaksana dan bertanggung jawab.
Perkembangan IPTEK diaplikasikan untuk mempermudah proses belajar, transaksi, dan berbisnis, terutama dalam bidang perdagangan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang positif.
NPM: 2315061043
KELAS: TI-C
Data berupa kuesioner diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi, dan sebelumnya data ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas nya menggunakan pearson product moment.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik.Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara.Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia.Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.
NPM : 2315061091
Kelas : TI C
Hasil analisis saya adalah:
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Hartati, Ponoharjo, dan Khamim (2018) , dapat disimpulkan bahwa responden dalam penelitian ini secara umum menyikapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuisioner yang menunjukkan skor di atas 80, yang menurut peneliti menandakan bahwa responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi Iptek, dengan populasi sebanyak 103 orang dan sampel sebanyak 40 orang .
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Analisis deskriptif dilakukan untuk menjelaskan tanggapan responden yang dikelompokkan dalam rentang skala, dengan perhitungan rentang skala yang dilakukan dengan mengalikan seluruh frekuensi data dengan bobotnya . Hasil analisis regresi sederhana menggunakan program SPSS menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 12,525 + 0,616 X, di mana konstanta 12,525 menunjukkan bahwa jika tidak ada variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila, variabel menyikapi perkembangan Iptek memiliki nilai sebesar 12,525. Sementara itu, koefisien regresi untuk variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila sebesar 0,616, yang menunjukkan adanya pengaruh positif antara mata kuliah tersebut dengan sikap menyikapi perkembangan Iptek .
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh positif dalam menyikapi perkembangan Iptek, yang sejalan dengan temuan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik.
Npm : 2315061051
Kelas : TI C
Jurnal ini membahas pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
Penelitian dilakukan di Universitas Pancasakti Tegal pada mahasiswa program studi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan Iptek. Hal ini menunjukkan pentingnya mempertahankan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi kemajuan teknologi.
Selain itu, juga diperlukan aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui metode pembelajaran yang tidak bersifat indoktrinasi, serta peningkatan filtering terhadap informasi yang disampaikan melalui berbagai media, khususnya teknologi informasi, untuk mencegah penyebaran informasi radikalisme.
Saya kira penting bagi mahasiswa menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara. Selain itu, juga diperlukan penekanan terhadap langkah-langkah konkret untuk memastikan nilai-nilai Pancasila tetap relevan dan terjaga di tengah kemajuan teknologi.
Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui kuesioner yang diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi, serta diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini menyikapi perkembangan Iptek dengan baik.
Npm : 2315061047
Kelas : Ti C
Di dalam jurnak ini terdapat penjelasan mengenai pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Analisis regresi juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi.
NPM : 2315061112
Kelas : TI D
Berdasarkan analisis saya terhadap jurnal tersebut, dapat disimpulkan sebagai berikut :
Pendidikan Pancasila memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penelitian dari ketiga sumber menunjukkan hasil serupa, dengan analisis regresi yang secara konsisten menegaskan hubungan yang kuat antara mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dan sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Meskipun hanya sekitar 28,2% variasi dalam sikap dapat dijelaskan oleh mata kuliah tersebut, hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor lain juga memainkan peran dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap IPTEK. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi pengembangan kepribadian Pancasila dan sikap mahasiswa terhadap IPTEK.
Selain itu, jurnal tersebut menyoroti pentingnya menjaga identitas nasional dan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK. Rekomendasi mencakup upaya aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui Kementerian Pendidikan Nasional, penggunaan metode pembelajaran non-indoktrinasi, dan peningkatan filtrasi terhadap arus informasi global untuk mencegah penyebaran informasi berpotensi radikal. Kesimpulan ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara pendidikan Pancasila, sikap mahasiswa terhadap IPTEK, dan pelestarian nilai-nilai kebangsaan dalam menghadapi tantangan dinamika teknologi, menciptakan landasan yang kokoh bagi pemahaman yang holistik dan positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
NPM : 2315061036
Kelas : PSTI D
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, responden, terutama mahasiswa, telah mengalami perkembangan kepribadian Pancasila yang positif. Dalam konteks ini, penting bagi generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk mempertahankan nilai-nilai kepribadian bangsa di tengah dinamika perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Keterikatan pada Pancasila sebagai fondasi negara dianggap kunci untuk memastikan bahwa kemajuan Iptek dapat memberikan kontribusi yang positif pada pembangunan negara, pengembangan kepribadian, dan ilmu pengetahuan.
Perkembangan pesat teknologi saat ini, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, mempengaruhi berbagai aspek kehidupan dan pendidikan, mendorong masyarakat menuju arah globalisasi. Namun, dampaknya bisa bermacam-macam, bergantung pada cara masyarakat, terutama mahasiswa, mengelolanya. Meskipun perkembangan teknologi informasi tidak secara langsung memengaruhi Pancasila, kesadaran kolektif masyarakat, terutama penganut ideologi Pancasila, perlu dijaga agar tidak terpengaruh oleh pengaruh luar yang mungkin bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila diakui sebagai sarana penting untuk membangkitkan kesadaran kolektif dan mengatasi pengaruh luar yang mungkin tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Mata kuliah Pendidikan Pancasila dijelaskan sebagai pembelajaran yang memberikan panduan dalam menganalisis dan menyelesaikan berbagai masalah pembangunan bangsa, dengan fokus pada nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.