Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.
Forum Analisis Video 2
NPM : 2213053168
Kelas : 3H
Moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama orangtua dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja Indonesia sehingga permasalahan mengenai Moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia.
Tiga faktor yang menjadi penyebab kemrosotan pendidikan moral yaitu
1. kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga yang
2. adanya pengaruh dari globalisasi
3. kurangnya peranan dari agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri
Bagaimana cara mengatasi permasalahan moral?
Dengan cara melakkukan berbagai penyuluhan dari pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama moral dan karakternya pada usia remaja menuju dewasa
Npm: 2213053034
“ Pengaruh Lingkungan dalam Pembentukan Moral “
Nilai-nilai moral yang ada dimasyarakat pada pendidikan. Perkembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja-remaja di Indonesia sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan saat ini.
Moral sendiri memiliki arti akhlak. Pendidikan moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang taqwa kepada tuhan yang maha esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
Dikemukakan oleh suseno dalam sigit mulyono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama,orang tua,dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
Pendidikan Moral dikembangkan dilingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan rumah sendiri yaitu faktor keluarga dan juga faktor masyarakat. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan di setiap masyarakat kemasyarakatannya. Ada 3 faktor yang menjadi penyebab khususnya pendidikan moral , yang pertama kurangnya pendidikan moral dikeluarga yang kedua adanya pengaruh globalisasi yang ketiga kurangnya peranan dari agama,lingkungannya maupun disetiap individu itu sendiri. Maka dari itu untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembangnya seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Pada usia remaja menuju dewasa khususnya bagi para mahasiswa pembentukan moral dan karakter seharusnya bisa dikondisikan dan dibenahi melalui diri sendiri. Tetapi di perkuliahan mahasiswa akan diberikan pembelajaran mengenai moral pada mata kuliah pendidikan pancasila untuk menyempurnakan pembentukan dari moral yang sudah dimiliki. Mahasiswa sendiri perlu membantu dan membentuk susunan moral dilingkungannya agar tercipta rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Sehingga dapat dikatakan bahwa moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan disetiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan ditetapkan akan disenangi oleh banyak orang disekitarnya.
Npm : 2253053034
Kelas:3H
Analisis video 2
PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENDIDIKAN MORAL
masyarakat ada pada perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja-remaja di Indonesia sehingga permasalahan mengenai Moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia . untuk menemukan solusi yang baik Bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pasti terpenting yang ada saat ini mereka sendiri memiliki rasa tidak berwujud . pendidikan moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat . dikemukakan oleh Suseno dan Sigit muryono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia , sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk , layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri , yang diajarkan oleh agama , orangtua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari . Pendidikan moral ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan di rumah sendiri juga faktor keluarga faktor masyarakat pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap jenis sesuai dengan lingkungannya berada , adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan setiap masyarakat . ada tiga faktor-faktor yang menjadi penyebab pendidikan moral yaitu
pertama kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
kedua adanya pengaruh dari globalisasi
tiga kurangnya peranan agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri maka dari itu untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang .
NPM : 2213053247
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Nilai- nilai moral yang ada di masyarakat ada pada urgensi pendidikan. Perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral, khususnya pada remaja-remaja di Indonesia. Sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik, bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan yang ada saat ini. Moral sendiri memiliki arti akhlak dan tidak berwujud. Pendidikan moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak, mendidik menjadi generasi bangsa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral, juga memiliki sikap yang baik dalam masyarakat.
Dikemukakan oleh Suseno dalam psikis Mulyono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri, yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan sekitar. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai dalam Pancasila dapat melahirkan moral yang baik.
Ada tiga faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan moral yaitu:
1. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga.
2. Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan dari agama dan lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri.
Maka dari itu untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik, tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya.
Npm : 2213053002
Analisis video 2
Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral
nilai-nilai moral pada masyarakat ada pada orgensi pendidikan seperti penemuan iptek,jadi penemuan utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja-remaja di indonesia sehingga permasalahan nilai moral slalu menjadi perhatian masyarakat indonesia Untuk menemukan solusi yang baik ,bagaimana cara menyelesaikan permasalahan pendidikan pada saat ini.
•dikemukakan oleh Suseno dalam sigit mulyono tahun 2011
bahwa kata moral pengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang di lihat dari segi kebaikannya ,dapat di katakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran Tentang baik buruk , Kaya tidak kaya dan benar atau salah yang bersumber dari diri Sendiri yang diajarkan oleh agama, Orang tua dan dukungan dalam bertingkahlaku sehari-hari.
•selain itu juga pendidikan moral itu di kembangkan di lingkungan sekolah atau setiap pendidikan juga di lingkungan sekitar kita sendiri , Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu Sesuai dengan lingkungan yang berada selain itu Karena menjunjung nilai-nilai Pancasila.
• Terdapat tiga faktor yang menyebabkan krisis moral
1. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh dari Globalisasi
3. Kurangnya peranan agama ,lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri
Maka dari itu untuk membangun kualitas Anak-anak bangsa untuk Memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai Penyuluhan, Pemerintah juga harus turun tangan untuk Membenahi lingkungan Yang tidak layak bagi pertumbuhan merah setiap individu Dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang Dalam berbagai aspek terutama pendidikan nilai moral Dan karakternya.
NPM : 2213053255
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Nilai-nilai moral yang ada di dalam masyarakat ada pada urgensi pendidikan, perkembangan iptek menjadi faktor utama kemerosotan nilai yang terjadi pada remaja-remaja di Indonesia. Sehingga permasalahan nilai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan yang ada pada saat ini. Moral sendiri memiliki arti tidak terwujud. Pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan yang maha esa juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. Dikemukakakan oleh Suseno dalam Sigit Mulyono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang manusia dari segi baiknya manusia. Sehingga bidang moral adalah bidang manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Moral adalah aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari. Adanya rasa kemanusiaan dan rasa menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik serta memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta keadilan bagi masyarakatnya. 3 faktor yang menyebabkan krisis pendidikan di Indonesia yaitu, 1) kurangnya pendidikan moral dalam lingkungan keluarga, 2) adanya pengaruh dari globalisasi, 3) kurangnya peran dari agama, lingkungan dan setiap diri individu sendiri. Pemerintah dan masyarakat harus turun tangan dalam membenahi lingkungan moral setiap individu dan memberikan lingkungan baru dalam membangun tumbuh kembang seseorang dalam pendidikan moral dan karakter. Moral merupakan sesuatu yang harus ditanamkan dalam setiap diri individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Memiliki nilai moral dalam diri individu akan menjadi cerminan dalam bersikap sesuai dengan ketentuan yang ada dan telah ditetapkan sehingga disenangi oleh orang di sekitarnya.
Npm : 2213053142
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Nilai-nilai moral yang dimasyarakat, ada pada urgensi pendidikan. Perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja sehingga menjadi perhatian masyarakat untuk menemukam solusi.
Pendidikan moral adalah usaha nyara dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada tuhan Yang Maha Esa dan bermoral serta memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
Pendidikan moral di tumbuhkembangkan dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakat. Adanya rasa kemanusia dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta keadilan setiap kemasyarakatan .
Ada tiga faktor penyebab krisisnya pendidikan moral :
1. Kurangnga pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan dari agama, lingkunganya maupun setiap individu
Untuk membangun individu kualitas anak bangsa agar memiliki moral yang baik pemerintah dan masyarakat harus turun tangan untuk membenahi lingkungan tidak layak bagi pertumbuhan moram tiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung.
Npm:2253053035
Kelas :3H
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan dalam pembentukan Moral
Nilai nilai moral yang ada di masyarakat ada pada urgensi pendidikan. Perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral, khususnya pada remaja-remaja di Indonesia. Sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik, bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan yang ada saat ini. Moral sendiri memiliki arti akhlak dan tidak berwujud.Dalam pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membetuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa terdapat tuhan yang maha esa dan bermoral.
Dikemukakan oleh Suseno dan Sigit muryono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia , sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk , layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri , yang diajarkan oleh agama , orangtua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari .
Pendidikan Moral dikembangkan dilingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan rumah sendiri yaitu faktor keluarga dan juga faktor masyarakat. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan di setiap masyarakat kemasyarakatannya.
Ada 3 Faktor Faktor yang menjadi penyebab Krisisnya pendidikan moral yaitu
1. kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. adanya pengaruh dari globalisasi
3. kurangnya peranan dari agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri
Maka dari itu untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik, tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Pada usia remaja menuju dewasa khususnya bagi para mahasiswa, pembentukan moral dan karakter seharusnya bisa dikondisikan dan dibenahi melalui diri sendiri, tetapi diperkuliahan mahasiswa akan diberikan pembelajaran mengenai moral pada mata kuliah Pendidikan Pancasila untuk menyempurnakan pembentukan dari moral yang sudah dimiliki. Mahasiswa sendiri perlu membantu dan membentuk susunan moral di lingkungannya agar tercipta rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Sehingga dapat dikatakan bahwa moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan kembangkan oleh individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan ditetapkan, serta akan disenangi oleh banyak-banyak orang di sekitarnya.
Pendidikan bukan Hanya untuk mendapatkan gelar, tetapi juga untuk membentuk moral.
Npm : 2213053277
Kelas: 3H
PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENDIDIKAN MORAL
Nilai nilai moral pada Masyarakat ada pada urgensi Pendidikan, perkembangan IPTEK jadi faktor utama kemerosotannya moral khususnya pada remaja di Indonesia sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian Masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik, bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada Pendidikan saat ini. Moral sendiri memiliki arti abstrak dan tidak berwujud. Pendidikan moral ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takut kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Menurut Suseno dalam Sigit Mulyono (2011) bahwa kata moral mengacu baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak, dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orangtua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari hari. Pendidikan moral ditumbuh kembangkangkan dilingkungan sekolah atau lingkungan rumah dan Masyarakat. Pada dasarnya Pendidikan moral akan lahir pada setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai- nilai manusia dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta keadilan untuk setiap kemasyarakatannya.
3 faktor yang menjadi penyebab krisisnya moral
1. Kurangnya Pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh globalisasi
3. Kurangnya peranan dari agama dilingkungannya maupun individu itu sendiri
Maka dari itu untuk membangun kualitas anak anak bangsa agar memiliki mora, yang baik tidak bisa hanya melakukan berbagai penyuluhan, pemerintah dan Masyarakat harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama Pendidikan moral dan karakternya. Pada usia remaja menuju usia dewasa khususnya mahasiswa Pendidikan moral karakter seharusnya bisa dikondisikan melalui diri sendiri, tetapi diperkuliahan mahasiswa diberi Pelajaran mengenai moral pada mata kuliah Pendidikan pancaasila untuk menyempurnakan pembentukan dari moral yang sudah dimiliki. Mahasiswa perlu membantu dan membentuk susunan moral dilingkungannya agar tercipta rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama.
NPM: 2213053234
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Nilai-nilai moral yang ada dimasyarakat ada pada urgensi pendidikan, perkembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral pada remaja indonesia, sehingga permasalahan moral ini selalu menarik perhatian masyarakat indonesia untuk menemukan solusi yang baik. Pendidikan moral merupakan usaha nyata untuk membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada tuhan yang maha esa, yang mermoral, juga memiliki etika yang baik dalam kehidupan masyarakat.
Kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Moral adalah aturan atau ajaran tentang baik buruk, layak tidak layang, dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri. Ada 3 faktor yang menjadi penyebab rusaknya pendidikan moral:
1. Kurangnya pendidikan moral di keluarga
2. Adanya pengaruh globalisasi
3. Kurangnya peranan agama, lingkungan, maupun setiap individu itu sendiri.
Untuk membangun kualitas anak bangsa yang bermoral baik tidak hanya dengan membererikan penyuluhan, pemerintah dan masyarakat harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembangnya dalam berbagai aspek.
NPM : 2213053209
Analisis Video 2
"Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral"
Perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral, khususnya pada remaja-remaja di Indonesia. Moral sendiri memiliki arti akhlak dan tidak berwujud. Pendidikan moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak, mendidik menjadi generasi bangsa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral, juga memiliki sikap yang baik dalam masyarakat.
Sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri, yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan sekitar. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada.
Ada tiga faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan moral yaitu:
Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga,Adanya pengaruh dari globalisasi dan Kurangnya peranan dari agama dan lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri.
Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu.
NPM : 2213053127
Analisis video 2
Nilai dan moral yang ada pada masyarakat ada pada urgensi pendidikan, pengembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan nilai dan moral pada remaja, sehingga permasalahan nilai dan moral selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemui solusi yang baik bagaimana mengatasi permasalahan saat ini.
Moral sendiri memiliki arti rasa atau tidak terwujud, moral juga merupakan usaha nyata dalam membentuk moraliras anak didik generasi bangsa yang bertakwa kepada tuhan YME., memiliki etika yang baik dalam masyarakat
Di kemukakan oleh suseno dalam Sigit Mulyono 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya sebagai manusia, sehingga bidang moral aralah bjdang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya, dapat dikatakan bahwa moral diartikan sebagai aturan atau suatu ajaran yang baik atau buruk, benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari hari.
Pendidikan nilai dan moral dapat dikembangkan di sekolah maupun lingkungan sekitar seperti faktor keluarga dan faktor masyarakat.
Ada 3 faktor penyebab krisisnya pendidikan moral
1. Kurang nya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. Pengaruh globalisasi
3. Kurangnya peranan agama
Pemerintah dan masyarakat harus ikut serta dalam membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral. Pada usia remaja nilai dan moral seharusnya bisa dikondisikan melalui dirinya sendiri contohnya mahasiswa diajarkan melalui mata kuliah pendidikan pancasila untuk menyempurnakan nilai dan moral yang dimiliki.
NPM : 2213053129
Kelas : 3H
Pengaruh Lingkungan terhadap Pendidikan Moral
Iptek menjadi permasalah utama kemerosotan moral. Moral memiliki arti akhlak dan tidak berwujud. Pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak, mendidik menjadi generasi bangsa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral, juga memiliki sikap yang baik dalam masyarakat. Suseno dalam psikis Mulyono tahun 2011 mengungkapkan bahwa bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Moral merupakan aturan atau ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri, yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan sekitar. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai dalam Pancasila dapat melahirkan moral yang baik untuk rakyat serta masyarakat.
Ada tiga faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan moral yaitu:
1. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga.
2. Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan dari agama dan lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri.
Dapat disimpulakn bahwa untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik, tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Untuk mahasiswa diberikan pendidikan pancasila untuk penyempurnaan moral dalam dirinya.
NPM: 2213053233
ANALISIS VIDEO 2
pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral
perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja-remaja di Indonesia, sehingga permasalahan mengenai Moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia. untuk menemukan solusi yang baik. Bagaimana cara mengatasi permasalahan moral? pasti terpenting yang ada saat ini mereka sendiri memiliki rasa tidak berwujud pendidik. Muara juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. dikemukakan oleh Suseno dalam Sigit muryono aku 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orangtua, dan lingkungan. dalam bertingkah laku sehari-hari berikan orang ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan di rumah sendiri. faktor keluarga juga faktor masyarakat pada dasarnya moral akan lahir dari perilaku setiap jenis gitu sesuai dengan lingkungannya berada. adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan setiap masyarakat kemasyarakatannya juga.
NAMA: MESRI RAHAYU
NPM: 2213053250
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Nilai nilai moral yang ada di masyarakat ada pada urgensi pendidikan. Perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral, khususnya pada remaja-remaja di Indonesia. Sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik, bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan yang ada saat ini.
Dikemukakan oleh Suseno dan Sigit muryono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia , sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk, dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri , yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
3 faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan moral.
- Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga.
- Adanya pengaruh dari globalisasi
- Kurangnya peranan dari agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri.
Oleh sebab itu, untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik, tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus ikut andil turun tangan dalam membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dengan membangun lingkungan baru.
Nama : Refiana Sari
NPM : 2213053261
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Nilai nilai moral yang ada di masyarakat ada pada urgensi pendidikan. Perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral, khususnya pada remaja-remaja di Indonesia. Sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik, bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan yang ada saat ini. Moral memiliki arti akhlak dan tidak berwujud. Pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak, mendidik menjadi generasi bangsa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral, juga memiliki sikap yang baik dalam masyarakat.
Dikemukakan oleh Suseno dalam Sigit muryono pada tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orangtua, dan lingkungan. dalam bertingkah laku sehari-hari berikan orang ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan di rumah sendiri. faktor keluarga juga faktor masyarakat pada dasarnya moral akan lahir dari perilaku setiap jenis gitu sesuai dengan lingkungannya berada.
Ada tiga faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan
moral yaitu:
1. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan
keluarga.
2. Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan dari agama dan lingkungannya
maupun di setiap individu itu sendiri.
Maka dari itu untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik, tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya.
NPM: 2213053091
Kelas: 3H
ANALISIS VIDEO
PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENDIDIKAN MORAL
Perkembangan IPTEK menjadi faktor utama terjadinya kemerosotanya nilai dan moral yang ada dilingkungan masyarakat. Sehingga permasalahan ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral dengan kondisi saat ini.
Moral sendiri memiliki arti ada dan tidak berwujud. Pendidikan moral ialah usaha nyata dalam membentuk nilai moralitas anak dalam mendidik nsib bangsa yang taqwa terhadap Tuhan yang maha esa dan bermoral dan juga memiliki etika yang baik dalam berlingkungan masyarakat.
Kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia, sehinggga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikanya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik dan buruk layak tidak layak dan benar tidak benar yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
Pendidikan moral dikembangkan disetiap sekolah atau dilingkungan mencangkup lingkungan keluarga.. pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari setiap individu sesuai dengan lingkungan yang beradap, adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai dalam Pancasila dapat melahirkan moral yang baik.
NPM : 2213053070
Pengaruh Lingkungan terhadap Pendidikan Moral
Kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Pendidikan moral di tumbuh kembangkan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Moral seseorang tergantung dimana lingkungannya berada.
Tiga faktor penyebab krisisnya pendidikan moral :
1. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh globalisasi
3. kurangnya peranan agama di lingkungan
Pemerintah dan masyarakat harus turun tangan untuk membenahi linngkungan tidak layak bagi pertumbuhan moral
Npm:2213053100
Ada 3 faktor yang menjadi penyebab khususnya moral pendidikan, yang pertama tidak terpenuhinya moral pendidikan dikeluarga yang kedua adanya pengaruh globalisasi yang ketiga tidak terpenuhinya peranan agama,lingkungannya maupun disetiap individu itu sendiri. Maka dari itu untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembangnya seseorang dalam Berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Pada usia remaja menuju dewasa khususnya bagi para pelajar pembentukan moral dan karakter seharusnya bisa dikondisikan dan dibenahi melalui diri sendiri. Tetapi di perkuliahan siswa akan diberikan pembelajaran mengenai moral pada mata kuliah pendidikan pancasila untuk menyempurnakan pembentukan moral yang sudah dimiliki,Maka dari itu untuk membangun kualitas Anak-anak bangsa untuk Memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai Penyuluhan, Pemerintah juga harus turun tangan untuk Membenahi lingkungan Yang tidak layak bagi pertumbuhan merah setiap individu Dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang Dalam berbagai aspek terutama pendidikan nilai moral.
NPM : 2253053040
Kelas : 3H
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Di dalam video tersebut dijelaskan bahwa perkembangan IPTEK menjadi faktor utama kemerosotan moral pada remaja Indonesia. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kemerosotan moral yaitu kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, kurangnya peran agama dalam lingkungan hidupnya. Untuk menghasilkan moral yang baik pada anak tidak hanya melakukan penyuluhan penyuluhan tetapi pemerintah dan juga masyarakat harus turun tangan membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternyakarakternya.
NPM : 2213053107
Kelas : 3H
ANALISIS VIDEO 2 "Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral"
Nilai-nilai moral yang ada dimasyarakat ada pada urgensi pendidikan. Perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja Indonesia, sehingga permasalahan moral selalu menjadi perhatian warga Indonesia untuk mencari solusi dari permasalahan moral tersebut. Pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak menjadi generasi bangsa yang takwa pada Tuhan yang maha esa, memiliki moral dan etika yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.
Menurut Suseno dalam psikis Mulyeno (2011) kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya.
Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai dalam Pancasila dapat melahirkan moral yang baik.
Tiga faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan moral yaitu:
1. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga.
2. Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan dari agama dan lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri.
Maka dari itu untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik, tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang.
Nilai-nilai moral yang ada dimasyarakat pada pendidikan. Perkembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja-remaja di Indonesia sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan saat ini.
Moral sendiri memiliki arti akhlak. Pendidikan moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang taqwa kepada tuhan yang maha esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
Pendidikan Moral dikembangkan dilingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan rumah sendiri yaitu faktor keluarga dan juga faktor masyarakat. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan di setiap masyarakat kemasyarakatannya.
NPM : 2213053290
ANALISIS VIDEO 2
“pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral”
Pengembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral pada remaja di Indonesia, sehingga permasalahan mengenai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik, bagaimana cara menyelesaiakn permasalahan pendidikan pada saat ini. Pendidikan moral merupakan usaha nyata dalam membentuk moralitas anak.
Dikemukakan oleh Suseno dalam Sigit Mulyono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Moral adalah suatu aturan atau ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
Terdapat tiga faktor yang menyebabkan krisis pendidikan moral.
a. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
b. Adanya pengaruh dari globalisasi
c. Kurangnya peran dari agama, lingkungan maupun setiap individu itu sendiri.
Maka dari itu untuk membangun kualitas anak bangsa agar memiliki moral yang baik tidak bisa kalau hanya melakukan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang membantu mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Sehingga dapat dikatakan bahwa moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan kembangkan oleh individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan ditetapkan, serta akan disenangi oleh banyak-banyak orang di sekitarnya.
NPM : 2213053285
KELAS : 3H
“ Pengaruh Lingkungan dalam Pembentukan Moral “
Moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama orangtua dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja Indonesia sehingga permasalahan mengenai Moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia.
Tiga faktor yang menjadi penyebab kemrosotan pendidikan moral yaitu
1. kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga yang
2. adanya pengaruh dari globalisasi
3. kurangnya peranan dari agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri
Bagaimana cara mengatasi permasalahan moral?
Dengan cara melakukan berbagai penyuluhan dari pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru.
Npm : 2253053054
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Nilai-nilai moral yang dimasyarakat, ada pada urgensi pendidikan. Perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja sehingga menjadi perhatian masyarakat untuk menemukam solusi.
Pendidikan moral adalah usaha nyara dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral serta memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
Pendidikan moral ditumbuhkan dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakat. Adanya rasa kemanusian dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta keadilan setiap kemasyarakatan. Ada tiga faktor penyebab krisisnya moral pendidikan :
1. Kurangnya moral pendidikan pada lingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh globalisasi
3. Kurangnya peranan agama, lingkunganya maupun setiap individu
Untuk membangun kualitas individu anak bangsa agar memiliki moral yang baik pemerintah dan masyarakat harus turun tangan untuk membenahi lingkungan tidak layak bagi pertumbuhan moram setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung.
NPM : 2213053033
Analisis Video 2
"Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral"
Nilai-nilai moral yang ada dimasyarakat pada pendidikan. Perkembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja-remaja di Indonesia sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan saat ini.
Moral sendiri memiliki arti akhlak. Pendidikan moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang taqwa kepada tuhan yang maha esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
Dikemukakan oleh Suseno dalam Sigit Mulyono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama,orang tua,dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
Pendidikan Moral dikembangkan dilingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan rumah sendiri yaitu faktor keluarga dan juga faktor masyarakat. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan di setiap masyarakat kemasyarakatannya.
Ada 3 faktor yang menjadi penyebab khususnya pendidikan moral , yaitu:
1. Kurangnya pendidikan moral dikeluarga
2. Adanya pengaruh globalisas
3. Kurangnya peranan dari agama,lingkungannya maupun disetiap individu itu sendiri.
Maka dari itu untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembangnya seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Pada usia remaja menuju dewasa khususnya bagi para mahasiswa pembentukan moral dan karakter seharusnya bisa dikondisikan dan dibenahi melalui diri sendiri. Tetapi di perkuliahan mahasiswa akan diberikan pembelajaran mengenai moral pada mata kuliah pendidikan pancasila untuk menyempurnakan pembentukan dari moral yang sudah dimiliki. Mahasiswa sendiri perlu membantu dan membentuk susunan moral dilingkungannya agar tercipta rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Sehingga dapat dikatakan bahwa moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan disetiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan ditetapkan akan disenangi oleh banyak orang disekitarnya.
NPM : 2213053241
Kelas : 3H
Analisis video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral.
Perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja sehingga menjadi perhatian masyarakat untuk menemukam solusi. Pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral serta memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
Ada tiga faktor penyebab krisisnya moral pendidikan :
1. Kurangnya moral pendidikan pada lingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh globalisasi
3. Kurangnya peranan agama, lingkunganya maupun setiap individu
Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan moral?
Dengan cara melakukan berbagai penyuluhan dari pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru.
Npm : 2213053046
Kls :3H
Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral
nilai-nilai moral pada masyarakat ada pada orgensi pendidikan seperti penemuan iptek,jadi penemuan utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja-remaja di indonesia sehingga permasalahan nilai moral slalu menjadi perhatian masyarakat indonesia Untuk menemukan solusi yang baik ,bagaimana cara menyelesaikan permasalahan pendidikan pada saat ini.
•dikemukakan oleh Suseno dalam sigit mulyono tahun 2011
bahwa kata moral pengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang di lihat dari segi kebaikannya ,dapat di katakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran Tentang baik buruk , Kaya tidak kaya dan benar atau salah yang bersumber dari diri Sendiri yang diajarkan oleh agama, Orang tua dan dukungan dalam bertingkahlaku sehari-hari.
•selain itu juga pendidikan moral itu di kembangkan di lingkungan sekolah atau setiap pendidikan juga di lingkungan sekitar kita sendiri , Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu Sesuai dengan lingkungan yang berada selain itu Karena menjunjung nilai-nilai Pancasila.
• Terdapat tiga faktor yang menyebabkan krisis moral
1. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh dari Globalisasi
3. Kurangnya peranan agama ,lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri
Maka dari itu untuk membangun kualitas Anak-anak bangsa untuk Memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai Penyuluhan, Pemerintah juga harus turun tangan untuk Membenahi lingkungan Yang tidak layak bagi pertumbuhan merah setiap individu Dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang Dalam berbagai aspek terutama pendidikan nilai moral Dan karakternya.
NPM : 2213053088
Analisis video 2
Perkembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja-remaja di Indonesia sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan saat ini.
Moral sendiri memiliki arti akhlak. Pendidikan moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang taqwa kepada tuhan yang maha esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
Dikemukakan oleh suseno dalam sigit mulyono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama,orang tua,dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
Pendidikan Moral dikembangkan dilingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan rumah sendiri yaitu faktor keluarga dan juga faktor masyarakat. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan di setiap masyarakat kemasyarakatannya.
Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya.
NPM : 2213053259
Kelas : 3H
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Nilai-nilai moral yang ada di dalam masyarakat ada pada urgensi pendidikan, perkembangan iptek menjadi faktor utama kemerosotan nilai yang terjadi pada remaja-remaja di Indonesia. Sehingga permasalahan nilai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan yang ada pada saat ini. Moral sendiri memiliki arti tidak terwujud.
Pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan yang maha esa juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. Dikemukakakan oleh Suseno dalam Sigit Mulyono tahun 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang manusia dari segi baiknya manusia. Sehingga bidang moral adalah bidang manusia yang dilihat dari segi kebaikannya.
Moral adalah aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari. Adanya rasa kemanusiaan dan rasa menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik serta memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta keadilan bagi masyarakatnya.
3 faktor yang menyebabkan krisis pendidikan di Indonesia yaitu, 1) kurangnya pendidikan moral dalam lingkungan keluarga, 2) adanya pengaruh dari globalisasi, 3) kurangnya peran dari agama, lingkungan dan setiap diri individu sendiri. Pemerintah dan masyarakat harus turun tangan dalam membenahi lingkungan moral setiap individu dan memberikan lingkungan baru dalam membangun tumbuh kembang seseorang dalam pendidikan moral dan karakter.
Moral merupakan sesuatu yang harus ditanamkan dalam setiap diri individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Memiliki nilai moral dalam diri individu akan menjadi cerminan dalam bersikap sesuai dengan ketentuan yang ada dan telah ditetapkan sehingga disenangi oleh orang di sekitarnya
NPM : 2213053251
Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan dalam Pembentukan Moral
Nilai-nilai moral yang ada dimasyarakat pada pendidikan. Perkembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral khususnya pada remaja-remaja di Indonesia sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan saat ini.
Moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama orangtua dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja Indonesia sehingga permasalahan mengenai Moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia.
Tiga faktor yang menjadi penyebab kemrosotan pendidikan moral yaitu
1. kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga yang
2. adanya pengaruh dari globalisasi
3. kurangnya peranan dari agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri
Bagaimana cara mengatasi permasalahan moral?
Dengan cara melakkukan berbagai penyuluhan dari pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama moral dan karakternya pada usia remaja menuju dewasa.