Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.
Forum Analisis Video 2
Npm:2213053100
Penilaian itu dilaksanakan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, data yang dikumpulkan harus diperoleh dari kegiatan nyata yang dikerjakan anak pada saat melakukan proses pembelajaran. Karakteristik penilaian yang ideal dilaksanakan selama dan sesudah pembelajaran berlangsung, dapat digunakan untuk formatif formasi, berkesinambungan, terintegrasi dan dapat digunakan sebagai feed back.
Untuk menjaring data hasil belajar, Anda dapat menggunakan hal-hal yang dapat memberikan masukan penilaian prestasi anak seperti anak seperti hasil dari kegiatan /proyek, pekerjaan rumah, karya wisata, penampilan anak, peningkatan, dan catatan observasi. Instrumen yang dapat anda gunakan untuk penilaian di TK dengan memperhatikan sifat dan karakteristik adalah hasil kerja anak yang meliputi hasil karya, hasil pengugasan, kinerja anak, tes tertulis, dan format observasi.
Petunjuk Penggunaan Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan Anak Taman Kanak-kanak . Alat penilaian yang digunakan untuk menilai bidang pengembangan nilai-nilai agama adalah sebagai berikut observasi dan pencatatan anekdot, pengugasan melalui tes perbuatan, pertanyaan lisan dan menceritakan kembali.Hal-hal yang dapat dicatat guru sebagai bahan penilaian adalah anak-anak yang belum dapat menyelesaikan tugas dan anak-anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan cepat, kebiasaan anak yang belum sesuai dengan yang diharapkan dan kejadian-kejadian penting yang terjadi pada hari penulisan pelaporan hasil penilaian pada laporan perkembangan anak. Sebelum uraiannya, terlebih dahulu dilaporkan perkembangan anak secara umum untuk tiap-tiap pengembangan program. Untuk laporan secara lisan dapat dilaksanakan dengan bertatap muka dan mengadakan hubungan atau informasi timbal balik antara pihak TK dan orang tua dari si anak.
NPM : 2213053002
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini
• Instrumen penilaian
Merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik
• manfaat penilaian
1.bagi anak
adalah untuk memelihara pe Pertumbuhan anak Agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga tau ketika adanya gejala pertumbuhan pada masing" anak, Kemudian perkembangan anak menjadi lebih optimal, Anak juga mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembanganya, Anak juga mendapat dukungan Dengan kebutuhan dan juga perkembangan nya
2. Orang tua
mereka akan mendapatkan informasi tentang pertumbuhan ,perkembangan dan peminatan anak ,kemudian memudahkan orang tua dalam Memberikan stimulasi yang sesuai ,berkelanjutan ketika dirumah,dan membuat keputusan bersama antara orangtua dengan pihak sekolah
3. bagi guru
untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan ketrampilan anak, dan mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
•prinsip-prinsip penilaian ada 8
1. mendidik
2. Berkeseimbangan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
• Teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses ,catatan Anekdot rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak
• Mekanisme penilaian Terbagi menjadi empat
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penilaian sesuatu dengan tahap, teknik dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak Secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
• Bentuk penilaian
Pada penilaian harian, penilaian mingguan ,penilaian bulanan ,penilaian semester ,portopolio anak ,dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan
Nama : Refiana Sari
NPM : 2213053261
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral
Instrumen nilai : Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik
Manfaat Penilaian:
1. Anak : untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten (dapat mengukur perkembangan setiap anak)
2. Orang Tua : Memperoleh informasi tentang perkembangan, petumbuhan dan minat anak, memepermudah orang tua dalam memberikan stimulasi yg sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah, membuat keputusan bersama dan memberikan dukungan.
3. Guru : Mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan setiap anak, mendapatkan informasi awal ttg hambatan atau gangguan pertumbuhan anak, memberikan dukungan yg tepat bagi setiap anak,
Prinsip-prinsip Penilaian:
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Tingkat dan Lingkup Penilaian :
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan Instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan/atau instrument penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme Penilaian:
1. Menyususn Teknik, instrument penilaian serta menetapkan indicator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penialaian sesuai dengan tahap, Teknik, dan instrument penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak serta akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
Teknik Penilaian :
1. BB (Belum Berkembang)
2. MB (Mulai Berkembang)
3. BSH (Berkembang sesuai harapan)
4. BSB (Berkembang sangat baik)
Bentuk Penilaian: penilaian harian, mingguan, bulanan, semester, portofolio anak, dokumen lain yg diperlukan.
NPM : 2213053247
Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Insturmen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian:
1. Bagi anak, untuk memelihara pertumbuhan anak agar konsisten dan lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minatnya, serta anak mendapat dukungan yang lebih sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.
2. Orang tua, penilaian bermanfaat untuk
- memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak.
- Memudahkan orang tua untuk memberikan stimulasi lanjutan ketika di rumah.
- Membuat keputusan bersama antara orang tua dan pihak sekolah untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Bagi Guru
- Mengetahui sikap, keterampilan, dan pengetahuan anak.
- Mendapatkan informasi tentang hambatan tumbuh kembang setiap anak.
- Mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya.
- Memberikan dukungan kepada setiap anak.
- Memiliki data dan informasi terhadap setiap perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya.
Prinsip-Prinsip Penilaian:
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme Penilaian
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta indikator capaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Teknik Penilaian
1. BB (Belum berkembang)
2. MB (Mulai berkembang)
3. BSH (Berkembang sesuai harapan)
4. BSB (Berkembang sangat baik)
Bentuk Penilaian
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
NPM : 2213053234
Analisis Video 2
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral
Instrumen penilaian
Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian
Bagi anak
• untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten
• perkembangan anak menjadi lebih optimal
• anak mendapatkan stimulai yang sesuai dengan minat
bagi orang tua
• memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak
• memudahkan orang tua memberikan stimulasi yang sesuai
• membuat keputusan bersama antara orang tua dengan paud, dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak
bagi guru
• untuk mengetahui sikap, kemampuan, dan keterampilan anak
• mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan pada anak
• mengetahui kesesuaian stimulasi dengan kebutuhan perkembangannya.
• Memberikan dukungan yang tepat pada setiap anak
• Memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran
Prinsip-prinsip penilaian
• Mendidik
• Berkesinambungan
• Objektif
• Akuntabel
• Transparan
• Sistematis
• Menyeluruh
• Bermakna
Teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan/atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme penilaian
• Menyususn teknik, intrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
• Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
• Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
• Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Teknik penilaian terbagi menjadi 4 yaitu
• BB: Belum Berkembang
• MB: Mulai Berkembang
• BSH: Berkembang Sesuai Harapan
• BSB: Berkembang Sangat Baik
Bentuk penilaian
• Penilaian harian
• Penilaian mingguan
• Penilaian bulanan
• Penilaian semester
• Portofolio anak
• Dokumen lain yang diperlukan
NPM : 2213053107
Kelas : 3H
ANALISIS VIDEO 2 "Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini"
•Instrumen Penilaian
Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
•Manfaat Penilaian
1. Bagi anak : untuk memelihara pertumbuhan anak, perkembangan anak lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangan nya, anak mendapatkan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan nya.
2. Bagi orang tua : memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai di rumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan paud dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak
3. Bagi guru : untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan tumbuh kembang anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangan nya, memberikan dukungan yang tepat, memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran.
•Prinsip-prinsip penilaian
Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh,bermakna.
•Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencangkup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot rubrik, dan instrumen penilaian hasil kemampuan anak
•Mekanisme Penilaian
1. Menyusun teknik, instrumen penilaian serta mendapatkan indikator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap,teknik dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan Penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan pencapaian perkembangan anak pada orang tua
•Teknik Penilaian
1. BB (Belum Berkembang)
2. MB (Mulai Berkembang)
3. BSH (Berkembang sesuai harapan)
4. BSB (Berkembang sangat baik)
•Bentuk Penilaian
Penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester, portofolio anak, dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD
Kelas : 3H
Analisis video 2
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini
pada setiap satuan PAUD guru ini tugasnya tidak hanya merencanakan melaksanakan mengevaluasi saja tetapi juga menilai menilai hasil belajar setiap anak nah penilaian ini merupakan salah satu tugas pokok yang penting dan yang harus dilakukan oleh guru PAUD Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai. Adapun definisi dari Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. penilaian ini memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak bagi orangtua maupun bagi guru manfaatnya bagi anak untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap panas sehingga tahu ketika adanya gejala kesehatan pada pertumbuhan masing-masing anak yang kedua perkembangan anak menjadi lebih optimal yang ketiga anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya yang keempat anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya berikutnya bagi orang tua orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak pada satuan PAUD .
2. memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah .
3. membuat keputusan bersama antara orangtua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak .
manfaat bagi guru manfaat bagi guru untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak .
1. mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
2. mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya .
3. dapat memberikan dukungan yang tepat kepada setiap .
4. memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya .
Penilaian prinsip-prinsip penilaian ini terbagi menjadi 8:
1. mendidikjadi proses hasil penilaian ini dapat dijadikan dasar untuk memotivasi mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal .
2. berkesinambungan berkesinambungan ini penilaian dilakukan secara Hai rencana bertahap dan terus-menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anaknya .
3. objektif jadi penilaian harus dilakukan secara adil .
4. adalah angkun table penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggung jawabkan .
5. transparan jadi penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pihak Hai yang berkepentingan .
6. sistematis penilaian ini dilakukan secara teratur teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan dengan menggunakan berbagai instrumen
7 . menyeluruh jadi penilaian ini mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap pengetahuan maupun keterampilan .
8. bermakna jadi hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak orangtua guru dan pihak lain yang relevan . teknik-teknik dan lingkup penilaian teknik penilaian ini mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak kiri sesuai dengan materi yang sudah kita bahas sebelumnya kita juga sejak mempelajari tentang tingkat pencapaian perkembangan anak sesuai dengan usia yaitu pada usia 2-3 tahun 3-4 tahun 4-5 tahun serta 5 = 6 tahun untuk instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian ini meliputi Instrumen penilaian proses catatan anekdot publik dan atau Instrumen penilaian hasil kemampuan anak jadi kegiatan apa saja yang dilakukan anak-anak pada satu hari pembelajaran itu akan dinilai oleh pendidikan khusus adiknya atau guru anak usia dini ndak Adapun mekanisme penilaian terbagi menjadi empat yang
1. pertama yaitu menyusun teknik Instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak jadi setiap lembaga PAUD pendidik wajib menyusun terlebih dahulu Instrumen penilaian dan disesuaikan dengan indikator capaian perkembangan anak yang .
2. kedua yaitu melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap teknik dan Instrumen penilaian jadi selesai menyusun Instrumen penilaian guru melaksanakan atau menilai perkembangan setiap anak-anak . 3. yang ketiga yaitu mendokumentasikan Penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan yang teratur .
4.yang keempat melaporkan capaian perkembangan anak ini pada orangtua rasanya laporan capaian perkembangan anak ini diterima oleh orangtua pada akhir semester jadi ketika orangtua menerima raport orangtua juga akan menerima laporan capaian perkembangan masing-masing anak .
teknik penilaian ini terbagi menjadi 4 yaitu bibir MB bsh dan BS pke BB ini artinya belum berkembang jadi bila anak-anak ini dalam melakukan kegiatan harus dibantu dibimbing dan dicontohkan itu nilainya BB berikutnya MB artinya mulai berkembang jadi bilang anak-anak melakukan kegiatan tetapi harus diingatkan harus sedikit dibantu oleh guru itu nilainya MB mulai berkembang yang ketiga yaitu bsh biasa ini artinya berkembang sesuai harapan jadi bila anak ini dapat melakukan kegiatannya secara mandiri konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru ini akan mendapatkan bsh .
yang terakhir adalah BSB ini adalah capaian yang tertinggi untuk perkembangan anak-anak BSB ini artinya berkembang sangat baik Jadi jika anak-anak ini sudah dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator anak-anak seperti ini dapat diberi nilai bbbbq yaitu berkembang sangat baik di seluruh kegiatan pembelajaran . pada layanan PAUD yang dilakukan oleh peserta didik perlu dinilai sehingga diperoleh berbagai informasi mengenai keberhasilan anak dan agambar and tumbuh-kembang setiap anaknya nah penilaian ini mencakup seluruh aspek perkembangan yang terkait dengan kompetensi dasar atau Biasa disingkat dengan KG Nah bentuk-bentuk penilaian itu ada : penilaian harian
penilaian mingguan
penilaian bulanan
penilaian semester
portofolio anak
dan dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD jadi setiap satuan PAUD ini memiliki kebijaksanaan masing-masing sehingga dokumen yang dibutuhkan ini beragam atau berbeda-beda hal ini digunakan untuk mencatat seluruh informasi yang akan dapat membantu guru untuk memantau kemajuan belajar hasil belajar dan melakukan perbaikan hasil kegiatan belajar pada setiap panas bentuk penilaian yang telah dilakukan oleh guru PAUD dijadikanrekaman hasil penilaian.
NPM : 2213053070
Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Instrumen penilaian merupakan alat untuk mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik, hasil pencapaian peserta didik.
Manfaat penilaian :
1. Bagi Anak
Perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapat stimulasi yang sesuai dengan minat perkembangannya, anak mendapat dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya
2. Bagi orang tua
Memperoleh informasi tentang perkembangan dan pertumbuhan dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah,membuat keputusan bersama antara orang tua dan pihak satuan PAUD
3. Bagi Guru
Untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi, memberikan dukungan yang tepat kepada setiap anak
Prinsip-prinsip Penilaian yakni mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, trasnparan sistematis, menyeluruh, bermakna.
Teknik dan Lingkup Penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak, penilaian nya meliputi catatan anekdot, rubrik
Mekanisme Penilaian
1.Menyusun teknik instrumen penilaian dan menetapkan indikator capaian
2. Melakukan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan perkembangan capaian anak kepada orang tua
Bentuk Penilaian
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yg di perlu PAUD
NPM : 2253053040
Kelas : 3H
Analisis Video 2
INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI
Didalam video tersebut dijelaskan mengenai definisi atau pengertian dari instrumen nilai. Instrumen nilai adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. Kemudian juga dijelaskan manfaat penilain bagi anak, orang tua, dan guru. Terdapat juga prinsip prinsip penilaian yang terdiri dari 8, yaitu:
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Kemudian dijelaskan tentang Teknik dan Lingkup Penilaian. Teknik dan Lingkup Penilaian adalah teknik yang mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan/atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Setelah itu menjelaskan mengenai mekanisme penilain yang terbagi menjadi 4, yaitu
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta mendapatkan indikator capaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Kemudian Teknik Penilaian terbagi menjadi empat, yaitu:
1. BB ---> Belum Berkembang.
2. MB ---> Mulai Berkembang.
3. BSH ---> Berkembang Sesuai Harapan.
4. BSB ---> Berkembang Sangat Baik.
Setelah itu, dijelaskan pula mengenai bentuk penilain. Bentuk Penilaian tersebut yaitu:
1. Penilaian Harian
2. Penilaian Mingguan
3. Penilaian Bulanan
4. Penilaian Semester
5. Portofolio Anak
6. Dokumen Lain Yang Diperlukan oleh setiap satuan PAUD
NPM : 2213053285
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Instrumen penilaian
Merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik
manfaat penilaian
- Bagi anak
adalah untuk memelihara pe Pertumbuhan anak Agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga tau ketika adanya gejala pertumbuhan pada masing" anak, Kemudian perkembangan anak menjadi lebih optimal, Anak juga mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya, Anak juga mendapat dukungan Dengan kebutuhan dan juga perkembangan nya
- Orang tua
mereka akan mendapatkan informasi tentang pertumbuhan ,perkembangan dan peminatan anak ,kemudian memudahkan orang tua dalam Memberikan stimulasi yang sesuai ,berkelanjutan ketika di rumah,dan membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak sekolah
- Bagi guru
untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan ketrampilan anak, dan mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
- Prinsip-prinsip penilaian
1. mendidik
2. Ber Keseimbangan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
- Teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses ,catatan Anekdot rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak
Mekanisme penilaian Terbagi menjadi empat
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penilaian sesuatu dengan tahap, teknik dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak Secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
- Bentuk penilaian
Pada penilaian harian, penilaian mingguan ,penilaian bulanan ,penilaian semester ,portofolio anak ,dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan
NPM : 2213053127
Analisis video 2
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini
Instrumen penilaian adalah suatu Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian
1. Manfaat penilaian bagi anak
Untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai kemampuannya, dan anak mendapatkan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya
2. Manfaat penilaian bagi orang tua
Orang tua akan memperoleh informasi mengenai pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak sekolah dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Manfaat penilaian bagi guru
Untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan kebutuhan perkembangannya, memberikan dukungan yang tepat pada setiap anak, memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk merencanakan pembelajaran selanjutnya.
Prinsip-prinsip penilaian
Mendidik
Berkesinambungan
Objektif
Akuntabel
Transparan
Sistematis
Menyeluruh
Bermakna
Teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan Instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan/atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme penilaian
- Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
- Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan. tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
- Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
- Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang.
Teknik penilaian
1. BB (belum berkembang)
2. MB (mulai berkembang)
3. BSH (berkembang sesuai harapan)
4. BSB (berkembang sangat baik)
Bentuk penilaian
1. Penilaian harian
2. Penilaian minggu
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan setiap satuan Pendidikan
NPM : 2213053255
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengelolaan informasi yang bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan beragam cara serta berbagai alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian yaitu :
Bagi anak
1. Untuk mengukur perkembangan setiap anak mengenai kesehatan.
2. Perkembangan anak lebih optimal.
3. Anak mendapatkan stimulasi perkembangannya.
4. Anak mendapatkan dukungan yang sesuai dengan pertumbuhannya
Bagi orang tua
1. Memperoleh informasi tentang perkembangan dan minat anak.
2. Memudahkan orang tua memberikan stimulasi.
3. Membuat keputusan bersama untuk memenuhi kebutuhan anak.
Bagi guru
1. Untuk mengetahui perkembangan sikap anak.
2. Memperoleh informasi tentang hambatan perkembangan anak.
3. Mengetahui kesesuaian stimulasi terhadap perkembangan anak.
4. Memberikan dukungan pada setiap anak.
5. Memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk membuat RPP selanjutnya
Prinsip-prinsip penilaian yaitu :
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian berupa tingkat pencapaian perkembangan anak serta instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak yang terdiri dari instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan instrumen, penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme Penilaian
1. Menyusun teknik, instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. Melakukan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses serta hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan pencapaian perkembangan anak pada orang tua.
Teknik Penilaian meliputi :
1. BB (belum berkembang) harus dibantu dan dicontohkan.
2. MB (mulai berkembang) harus diingatkan ketika melakukan kegiatan.
3. BSH (berkembang sesuai harapan) dapat melakukan kegiatan secara konsisten dan mandiri.
4. BSB (berkembang sangat baik) dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan dapat membantu temannya yang belum mengerti.
Bentuk penilaian pada layanan PAUD yaitu :
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan satuan PAUD.
NPM:2213053233
ANALISIS VIDEO 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Modal Anak Usia Dini
instrumen penilaian: alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
manfaat penilaian
1. bagi anak: untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak lebih optimal, mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya, mendapatkan dukungan yang lebih sesuai.
2. bagi orang tua: akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak, memudahkan orang tua memberikan stimulasi, membuat keputusan bersama antara orang tua dan guru, dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. bagi guru: untuk mengetahui perkembangan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan pada tumbuh kembang anak, mengetahui kesesuaian stimulasi, dapat memberikan dukungan yang tepat, memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan RPP.
prinsip-prinsip penilaian
1. mendidik
2. berkesinambungan
3. objektif
4. akuntabel
5. transparan
6. sistematika
7. menyeluruh
8. bermakna
teknik dan lingkup penilaian
instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi: penilaian proses, catatan anekdot, rubik, dan/atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
mekanisme penilaian
1. menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
teknik penilaian
1. BB: Belom Berkembang
2. MB: Mulai Berkembang
3. BSH: Berkembang sesuai Harapan
4. BSB: Berkembang Sangat Baik.
bentuk penilaian
1. penilaian harian
2. penilaian Mingguan
3. penilaian bulanan
4. penilaian semester
5. portofolio anak
6. dokumen lain yang diperlukan
Npm : 2213053142
Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Instrumen penilaian : alat untuk mengumpulkan data sebagi bahan pengolahan informasi untu mengukur capaian hasil belajar peserta didik.
Manfaat penilain :
1. Anak : memelihara bertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai minat, mendapat dukungan.
2. Orang tua : memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan dan minat anak, memberi sitimulus, memberi keputusan dan dukungan untuk kebutuhan anak.
3. Guru : untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak. mendapat informasi awal tentang hambatan tumbuh kembang anak.
Prinsip-prinsip penilain :
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan lingkup penilaian :
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dijadikan pedoman penilain perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubik dan/atau instrumental penilaian hasil perkembangan anak.
Mekanisme penilaian :
1. Menyusun teknik instrumen penilain, serta menetapkan indikator pencapaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai tahap, teknik, dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak kepada orang tua.
Teknik penilaian :
1. BB (belum berkembang)
2. MB (mulai berkembang)
3. BSH (berkembang sesuai harapan)
4. BSB (berkembang sangat baik)
Bentuk penilaian :
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan
NPM: 2213053091
Kelas: 3H
ANALISIS VIDEO
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
• Instrumen Penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengelolaan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
• Manfaat Penilaian
1) Bagi anak
a) Untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten. Dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga mengetahui ketika adanya gejala Kesehatan pada pertumbuhan masing-masing anak.
b) Perkembangan anak menjadi lebih optimal
c) Anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembanganya
d) Anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembanganya
2) Bagi orang tua
a) Memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan dan minat anak pada satuan PAUD
b) Memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan Ketika dirumah
c) Mmebuat keputusan Bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak
3) Bagi guru
a) Untuk mengetahui perkembangan sikap,pengetahuan dan keterampilan
b) Mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
c) Mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembanganya
d) Dapat memberikan dukungan yang tepat pada setiap anak
e) Memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya
• Prinsip-prinsip penialian
1) Mendidik
2) Berkesinambungan
3) Objektif
4) Akuntabel
5) Transparan
6) Sistematis
7) Menyeluruh
8) Bermakna
• Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencangkup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrument yang dapat dijadikan pedoman. Penilaian perkembangan anak meliputi instrument penilaian proses, catatan anekdot, rubik dan instrument penilaian hasil kemampuan anak
• Mekanisme Penilaian
1) Menyusun Teknik, instrument penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2) Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik dan instrument penilaian
3) Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4) Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
• Bentuk-bentuk penilaian
1) Penilaian Harian
2) Penilaian Mingguan
3) Penilaian Bulanan
4) Penilaian Semester
5) Portofolio Anak
6) Dokumen lain yang diperlukan oleh satuan PAUD
NPM : 2213053209
Kelas: 3H
INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI
Instrumen penilaian adalah, alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
manfaat nya yaitu :
*bagi anak(untuk memelihara Pertumbuhan anak Agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga tau ketika adanya gejala pertumbuhan pada masing" anak, Anak juga mendapat dukungan dengan kebutuhan dan juga perkembangan nya
*Orang tua(mereka akan mendapatkan informasi tentang pertumbuhan ,perkembangan dan peminatan anak ,kemudian memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai)
*bagi guru(untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan ketrampilan anak, dan mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak)
"prinsip-prinsip penilaian ada 8" yaitu:
mendidik,Berkeseimbangan,Objektif,Akuntabel,Transparan,Sistematis,Menyeluruh dan bermakna.
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses ,catatan Anekdot rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak itu sendiri.
Mekanisme penilaian Terbagi menjadi empat
1. Menyusun teknik instrumen penilaian
2. Melaksanakan proses penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
Bentuk penilaiannya seperti:
1. Pada penilaian harian,
2. penilaian mingguan ,
3. penilaian bulanan ,
4. penilaian semester ,
5. portopolio anak.
NAMA: MESRI RAHAYU
NPM: 2213053250
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar dari peserta didik.
Manfaat Instrumen Penilaian sendiri memiliki 3 cakupan:
Bagi Anak
- Untuk memeliharanya perkembangan anak agar lebih sehat dan konsisten.
- Perkembangan anak menjadi lebih optimal dan anak juga mendapatkan stimulasi sesuai minat dan bakatnya.
Bagi Orang Tua
- Orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan , perkembangan dan minat anak.
- Memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah.
Bagi guru
- Untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak.
- Mendapatkan informasi awal tentang hambatan dan tantangan mengenai pertumbuhan awal setiap anak.
- Mengetahui kesesuaian stimulasi dalam kesesuaian perkembangan nya.
- Dapat memberikan dukungan yang tepat kepada setiap anak.
- Memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran (RPP)
Prinsip-prinsip Penilaian
- Mendidik
- Berkesinambungan
- Objektif
- Akuntabel
- Transparan
- Sistematis
- Menyeluruh
- Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian sendiri mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijalankan pedoman penilaian perkembangan anak.
Mekanisme Penilaian
- Menyusun Teknik instrumen penilaian
- Melakukan proses penilaian
- Mendokumentasikan Proses penilaian
- Melaporkan capaian perkembangan anak kepada orang tua
Teknik Penilaian
- BB (Belum Berkembang). Dalam proses pembelajaran harus di bantu, dibimbing dan di contohkan.
- MB (Mulai Berkembang). Ketika anak melakukan kegiatan namun harus diingatkan, harus sedikit dibantu oleh pendidik
- BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Ketika anak dapat melakukan kegiatan nya secara mandiri dan konsisten tanpa harus di ingatkan atau di contohkan oleh pendidik
- BSB (Berkembang Sangat Baik). Ketika anak dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator pembelajaran
Bentuk Penilaian
- Penilaian harian
- Penilaian mingguan
- Penilaian bulanan
- Penilaian semester
- Portofolio anak
- Dokumen lain yang di butuhkan oleh satuan PAUD
NPM : 2213053129
Kelas : 3H
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral
• Pendidik dalam satuan pendidkan bukan hanya bertugas merencanakan, melakukan dan mengevaluasi. Tetapi, pendidik juga harus menilai hasil setiap peserta didik. Penilaian ini sangat penting dilakukan agar dapat terdeskripsikan capaian pembelajaran peserta didik dalam perkembangan moral dan agama.
• Instrumen penilaian adalah alat yag digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
1. Bagi Anak, Untuk memelihara pertumbuhan anak agar sehat dan konsisten, pertumbuhan anak menjadi optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minatnya, anak mendapatkan kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.
2. Bagi orang tua, akan memperoleh informasi pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak pada satuan pendidikan, memudahkan orang tua dalam menstimulasi yang sesuai di rumah, membuat persetujuan dengan satuan pendidikan untuk mendukung perkembangan kebutuhan anak.
3. Bagi guru, mengetahui perkembangan sikap dan pengetahuan peserta didik, mendapatkan informasi hambatan perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi layanan kebutuhan perkembangan anak, memberikan dukungan kepada setiap anak, memiliki data dan informasi perkembangan anak membuat rencana pemeblajaran selanjutnya.
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektik
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
• Mekanisme Penilaian
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. Melakukan proses penilaian sesuai tahap, teknik dan instrumen penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
1. BB ( Belum Berkembang) Penilaian dilakuakn kepada anak yang masih dibantu, dibimbing dan dicontohkan.
2. MB (Mulai Berkembang) Penilaian dilakuan kepada anak yang diingatkan dan diingtkan prndidik
3. BSH (Berkembang Sesuai Harapan) Penilaian kepada anak yang melakukan kegiatan sendiri dan konsisten tidak diingatkan
4. BSB (Berkembang Sangat Baik) Penilaian kepada anak yang dapat melakukan kegiatan sendiri dan dapat membantu temannya
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan oelh satuan PAUD
Nama : Adelia Shintia Ningrum
NPM : 2213053192
Kelas : 3H
Npm:2253053035
Kelas:3H
Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai dan moral
Instrumen penilaian adalah alat atau metode yang digunakan untuk mengukur, menilai, atau mengumpulkan informasi tentang kinerja, kemajuan, atau karakteristik tertentu. Ini sering digunakan dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan, penelitian, bisnis, dan sektor lainnya.
Manfaat penilaian
1. Bagi anak Penilaian memiliki beberapa manfaat yang signifikan bagi anak-anak, baik dalam konteks pendidikan maupun perkembangan pribadi mereka. Beberapa manfaat utamanya pertumbuhan anak agar sehat dan konsisten, pertumbuhan anak menjadi optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minatnya, anak mendapatkan kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.
2. Bagi orang tua
Pemahaman tentang Kemajuan Anak,Keterlibatan Orang Tua.
3.Bagi guru
dengan pemikiran pedagogis yang bijak, guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan dampak positif pada kemajuan siswa.
Prinsip - prinsip penilaian
-Mendidik
-Berkesinambungan
-Objektif
-Akuntabel
-Transparan
-Sistematis
-Menyeluruh
-Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian sendiri mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijalankan pedoman penilaian perkembangan anak
Mekanisme penilaian
Setiap mekanisme penilaian memiliki kelebihan dan keterbatasan, dan pemilihan metode penilaian harus sesuai dengan tujuan dan konteks penggunaannya. Kombinasi berbagai metode penilaian sering digunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih holistik tentang kinerja atau pencapaian individu.
Bentuk Penilaian
Penilaian harian
Penilaian mingguan
Penilaian bulanan
Penilaian semester
Portofolio anak
Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
NPM : 2213053241
Kelas : 3H
Analisis video 2
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini.
-Instrumen nilai : Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
-Manfaat Penilaian
1. Bagi Anak
2. Bagi Orang tua
3. Bagi Guru
-Prinsip-prinsip Penilaian
1. Mendidik
2. Objektif
3. Transparan
4. Menyeluruh
5. Berkesinambungan
6. Akuntabel
7. Sistematis
8. Bermakna
-Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan Instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan/atau instrument penilaian hasil kemampuan anak.
-Mekanisme Penilaian
1. Menyusun teknik instrument penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrument penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
-Bentuk Penilaian
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
Npm : 2253053054
ANALISIS VIDIO 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Instrumen penilaian
Merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pemrosesan informasi untuk mengukur hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan alat penilaian peserta belajar didik
manfaat penilaian
- Bagi anak
adalah untuk memelihara pe Pertumbuhan anak Agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga tau ketika adanya gejala pertumbuhan pada masing-masing" anak, Kemudian perkembangan anak menjadi lebih optimal, Anak juga mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya, Anak juga mendapat dukungan Dengan kebutuhan dan juga perkembangannya
- Orang tua
mereka akan mendapatkan informasi tentang pertumbuhan ,perkembangan dan peminatan anak ,kemudian memudahkan orang tua dalam Memberikan stimulasi yang sesuai ,berkelanjutan ketika di rumah,dan membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak sekolah
- Bagi guru
untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan ketrampilan anak, dan mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan cakupan penilaian :
Teknik penilaian mencakup tingkat perkembangan anak dan instrumen yang dijadikan pedoman penilain perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubik dan/atau instrumen penilaian hasil perkembangan anak.
Mekanisme penilaian :
1. Menyusun teknik instrumen penislain, serta menetapkan indikator pencapaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai tahap, teknik, dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan proses penilaian dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan pencapaian perkembangan anak kepada orang tua.
Teknik penilaian :
1. BB (belum berkembang)
2. MB (mulai berkembang)
3. BSH (berkembang sesuai harapan)
4. BSB (berkembang sangat baik)
Bentuk penilaian :
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan
Kelas : 3H
NPM : 2213053290
Analisis Video 2
“INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI (PERTEMUAN 6)”
· Instrumen Penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengelolaan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik
· Manfaat penilaian
1. Bagi anak yaitu untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya.
2. Bagi orang tua yaitu orang tua akan memperoleh informasi tentang anaknya, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan guru dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Bagi guru yaitu untuk mengetahui perkembangan anak, memndapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang semua anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya, dapat memberikan dukungan yang tepat, memiliki adta dan informasi tentang perkembangan anak.
· Prinsip-prinsip penilaian
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
· Mekanisme penilaian
1. Menyusun teknik, instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
· Teknik penilaian
1. BB artinya belum berkembang
2. MB artinya mulai berkembang
3. BSH artinya berkembang sesuai harapan
4. BSB artinya berkembang sangat baik
· Bentuk penilaian
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulannan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan Paud
NPM : 2213053033
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
> Instrumen penilaian
Merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik
Manfaat penilaian
- Bagi anak
adalah untuk memelihara pe Pertumbuhan anak Agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga tau ketika adanya gejala pertumbuhan pada masing" anak, Kemudian perkembangan anak menjadi lebih optimal, Anak juga mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya, Anak juga mendapat dukungan Dengan kebutuhan dan juga perkembangan nya
- Orang tua
mereka akan mendapatkan informasi tentang pertumbuhan ,perkembangan dan peminatan anak ,kemudian memudahkan orang tua dalam Memberikan stimulasi yang sesuai ,berkelanjutan ketika di rumah,dan membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak sekolah
- Bagi guru
untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan ketrampilan anak, dan mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
> Prinsip-prinsip penilaian
1. Mendidik
2. Ber Keseimbangan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
- Teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses ,catatan Anekdot rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak
> Mekanisme penilaian Terbagi menjadi empat
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penilaian sesuatu dengan tahap, teknik dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak Secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
> Bentuk penilaian
Pada penilaian harian, penilaian mingguan ,penilaian bulanan ,penilaian semester ,portofolio anak ,dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan
NPM : 2213053168
KELAS : 3H
NPM : 2213053088
Analisis Video 2
INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI
Pendidikan anak usia dini memiliki prinsip dalam pembelajaran yaitu bermain sambil belajar
sehingga penilaian yang dilakukan harus memiliki kekhususan tersendiri, berbeda dengan
penilaian untuk sekolah dasar dan menengah, yang perlu dilaksanakan secara cermat dan hatihati. Pada tataran aplikasi, seringkali guru melaksanakan penilaian dalam sebuah program
pendidikan hanya dijadikan formalitas, sekedar memenuhi aturan administrasi lembaga atau
menjawab keingintahuan orangtua akan perkembangan anaknya. Sehingga guru tidak
memperhatikan fungsi adanya penilaian untuk anak dengan tidak melihat kepada dampak
psikologis anak. Proses penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses
pembelajaran dan bersifat menyeluruh (holistik) yang mencakup semua aspek perkembangan
anak didik baik aspek sikap, ilmu pengetahuan maupun keterampilan. Agar tujuan penilaian
tersebut tercapai, guru hendaknya memiliki pengetahuan berbagai metode dan teknik penilaian
sehingga memiliki keterampilan memilih dan menggunakan dengan tepat metode dan teknik
yang dianggap paling sesuai dengan tujuan dan proses pembelajaran, serta pengalaman belajar
yang telah ditetapkan.
Prinsip-Prinsip Penilaian
1. mendidik
2. Berkeseimbangan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
manfaat penilaian
- Bagi anak
adalah untuk memelihara pe Pertumbuhan anak Agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga tau ketika adanya gejala pertumbuhan pada masing" anak, Kemudian perkembangan anak menjadi lebih optimal, Anak juga mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya, Anak juga mendapat dukungan Dengan kebutuhan dan juga perkembangan nya
- Orang tua
mereka akan mendapatkan informasi tentang pertumbuhan ,perkembangan dan peminatan anak ,kemudian memudahkan orang tua dalam Memberikan stimulasi yang sesuai ,berkelanjutan ketika di rumah,dan membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak sekolah
- Bagi guru
untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan ketrampilan anak, dan mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
NPM : 2213053251
Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral
Instrumen Penilaian
Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil
belajar peserta didik dengan berbagai cara.
Manfaat Penilaian
1. Bagi anak, untuk memelihara pertumbuhan anak agar sehat, konsisten, dan optimal serta mengasah stimulus.
2. Bagi orangtua, orang tua mendapat informasi mengenai perkembangan anaknya.
3. Bagi guru, untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan, dan minat bakat peserta didik.
Prinsip-Prinsip Penilaian yaitu mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna.
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses ,catatan Anekdot rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak
Mekanisme penilaian Terbagi menjadi empat
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penilaian sesuatu dengan tahap, teknik dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak Secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
Teknik penilaian menggunakan BB, MB, BSH, dan BSB
Bentuk penilaian
Pada penilaian harian, penilaian mingguan ,penilaian bulanan ,penilaian semester ,portopolio anak ,dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan
Npm :2213053046
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Insturmen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian
1. bagi anak
Untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai kemampuannya, dan anak mendapatkan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya
2.bagi orang tua
Orang tua akan memperoleh informasi mengenai pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak sekolah dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3.bagi guru
Untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan kebutuhan perkembanganya.
prinsip-prinsip penilaian:
1. mendidik
2. Berkeseimbangan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses ,catatan Anekdot rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme penilaian Terbagi menjadi empat:
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penilaian sesuatu dengan tahap, teknik dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak Secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
Bentuk penilaian:
penilaian harian, mingguan ,bulanan semester ,portopolio anak ,dokumen, lainnya diperlukan oleh setiap satuan.
Npm: 2213053034
Insturemen penilaian pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini pg paud
Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik
Manfaat penilaian:
1. bagi anak
2. bagi orang tua
3. bagi guru
Prinsip prinsip penilaian terbagi menjadi 8:
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik Penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot , rubrik dan atau instrumental penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme Penilaian
•menyusun teknik, instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
•melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap ,teknik, dan instrumen penilaian.
•mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel, dan transparan.
•melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Teknik penilaian terbagi menjadi 4:
•BB
•MB
•BSH
•BSB
Bentuk Penilaian
•penilaian harian
•penilaian mingguan
•penilaian bulanan
•penilaian semester
•portofolio anak
•dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
2213053029
3H
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral
Instrumen Penilaian
Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara.
Manfaat penilaian
1. bagi anak
Untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai kemampuannya.
2.bagi orang tua
Orang tua akan memperoleh informasi mengenai pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi.
3.bagi guru
Untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak.
prinsip-prinsip penilaian ada 8
1. mendidik
2. Berkeseimbangan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik Penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot.
Mekanisme penilaian Terbagi menjadi empat:
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
2. Melaksanakan proses penilaian sesuatu dengan tahap, teknik dan instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak Secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Bentuk penilaian
Pada penilaian harian, penilaian mingguan ,penilaian bulanan ,penilaian semester ,portopolio anak ,dokumen lainnya diperlukan oleh setiap satuan.
NPM : 2213053277
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Insturmen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian:
1. Bagi anak, untuk memelihara pertumbuhan anak agar konsisten dan lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minatnya, serta anak mendapat dukungan yang lebih sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.
2. Orang tua, penilaian bermanfaat untuk
- memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak.
- Memudahkan orang tua untuk memberikan stimulasi lanjutan ketika di rumah.
- Membuat keputusan bersama antara orang tua dan pihak sekolah untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Bagi Guru
- Mengetahui sikap, keterampilan, dan pengetahuan anak.
- Mendapatkan informasi tentang hambatan tumbuh kembang setiap anak.
- Mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya.
- Memberikan dukungan kepada setiap anak.
- Memiliki data dan informasi terhadap setiap perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya.
Prinsip-prinsip penilaian
• Mendidik
• Berkesinambungan
• Objektif
• Akuntabel
• Transparan
• Sistematis
• Menyeluruh
• Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencangkup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot rubrik, dan instrumen penilaian hasil kemampuan anak
mekanisme penilaian
1. menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
teknik penilaian
1. BB: Belom Berkembang
2. MB: Mulai Berkembang
3. BSH: Berkembang sesuai Harapan
4. BSB: Berkembang Sangat Baik.
bentuk penilaian
1. penilaian harian
2. penilaian Mingguan
3. penilaian bulanan
4. penilaian semester
5. portofolio anak
6. dokumen lain yang diperlukan
NPM: 2213053259
Kelas: 3H
Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, serta menilai hasil belajar setiap anak merupakan salah satu tugas pokok yang penting dan yang harus dilakukan oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai. Adapun definisi dari Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. Penilaian ini memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak bagi orangtua maupun bagi guru manfaatnya bagi anak untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten
Manfaat penilaian :
1. Bagi Anak
Perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapat stimulasi yang sesuai dengan minat perkembangannya, anak mendapat dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya
2. Bagi orang tua
Memperoleh informasi tentang perkembangan dan pertumbuhan dan minat anak pada satuan PAUD, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah,membuat keputusan bersama antara orang tua dan pihak satuan PAUD
3. Bagi Guru
Untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan perkembangan anak, mengetahui kesesuaian stimulasi, memberikan dukungan yang tepat kepada setiap anak
Prinsip-prinsip Penilaian yakni mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, trasnparan sistematis, menyeluruh, bermakna.
Teknik dan Lingkup Penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak, penilaian nya meliputi catatan anekdot, rubrik
Mekanisme Penilaian
1.Menyusun teknik instrumen penilaian dan menetapkan indikator capaian
2. Melakukan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik instrumen penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
4. Melaporkan perkembangan capaian anak kepada orang tua
Bentuk Penilaian
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yg di perlu PAUD