1. jelaskan Pendidikan Nilai dan Moral menurut para ahli yang kalian ketahui.
2. dari pendapat para ahli kemudian rangkum apa yang kalian pahami tentang pendidikan nilai dan moral bagi anak sekolah dasar?
1. jelaskan Pendidikan Nilai dan Moral menurut para ahli yang kalian ketahui.
2. dari pendapat para ahli kemudian rangkum apa yang kalian pahami tentang pendidikan nilai dan moral bagi anak sekolah dasar?
Nama : Rahmawati
NPM : 2213053210
Kelas : 3/I
1. jelaskan Pendidikan Nilai dan Moral menurut para ahli yang kalian ketahui.
Menurut Wiwit Wahyuning (2003), ketika seseorang berbicara tentang nilai moral pada umumnya akan terdengar sebagai sikap dan perbuatan setiap individu terhadap kehidupan orang lain.
Menurut Hurlock definisi moral ialah perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial. Moral sendiri berarti tata cara, kebiasaan, dan adat. Perilaku moral dikendalikan konsep konsep moral atau peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.
Menurut Russel Swanburg arti moral merupakan pernyataan dari pemikiran yang berhubungan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana hal itu dapat merangsang perilaku seseorang tersebut.
2. dari pendapat para ahli kemudian rangkum apa yang kalian pahami tentang pendidikan nilai dan moral bagi anak sekolah dasar?
Dari beberapa pendapat para ahli diatas, dapat saya simpulkan bahwa Pendidikan nilai moral sangat penting bagi masyarakat modern sekarang ini. Dengan pendidikan, manusia dapat memahami esensi atau arti pentingnya nilai-nilai moral
dan mampu mengembangkan segala potensi yang mewujudkan nilai-nilai moral tersebut dalam setiap perilaku manusia. Pendidikan moral bagi anak Sekolah Dasar diharapkan dapat merubah perilaku anak, sehingga peserta didik jika sudah memasuki usia dewasa lebih bertanggung jawab dan menghargai sesamanya dan mampu menghadapi tantangan zaman yang cepat berubah dan semakin canggih.
Nama : Dian Anjani Cahyaningrum Sasongko
NPM : 2253053018
Kelas : 3i
• Lickona (2004) menggambarkan bahwa nilai terlihat. Nilai terdiri dari sifat baik sebagai bentuk perilaku moral yang sesuai. Dengan demikian, nilai merupakan bentuk perilaku konkrit, atau penerapan akhlak. Akhlak baik yang melandasi moral disebut nilai ketika diwujudkan dalam bentuk perilaku yang terlihat.
• Ahmad Narawi , pendidikan nilai moral adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh manusia (orang dewasa) yang terencana untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik (anak, generasi penerus) menanamkan ke-Tuhanan, nilai-nilai estetik dan etik, nilai baik dan buruk, benar dan salah, mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban; akhlak mulia, budi pekerti luhur agar mencapai kedewasaannya dan bertanggung jawab.
Dari sini saya dapat menyimpulkan bahwa , pendidikan nilai dan moral adalah suatu sikap yang sangat penting dan diperlukan untuk semua orang dan disini pada titik anak sekolah dasar, nilai dan moral harus diterapkan agar anak menjadi pribadi yang memiliki akhlak baik serta dapat diterapkan dimana ia berada. Karena nilai moral ini berpengaruh juga bagi masa perkembangan psikis anak sehingga anak tidak mudah menyaring hal hal yang negatif melainkan mereka dapat melihat hal hal mana yang baik dan mana yang buruk.
Nama : Nadia Ayu Nurjanah
NPM : 2213053119
Kelas : 3/i
1. Lawrence Kohlberg adalah salah satu tokoh dalam psikologi perkembangan moral, yang telah memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana individu menginternalisasi dan mengembangkan nilai-nilai moral mereka sepanjang hidup mereka. Teori yang dibuatnya membentuk dasar yang kuat bagi pendidikan moral, yang dianggapnya sangat penting dalam membentuk karakter dan etika individu. Menurut Kohlberg, pendidikan moral tidak hanya melibatkan pengenalan aturan atau panduan tentang benar dan salah, melainkan lebih tentang mendorong individu untuk berpikir secara kritis tentang dilema moral dan mencapai tingkat pemikiran moral yang lebih tinggi. Dalam visinya, ada tiga tahapan utama dalam perkembangan moral yang perlu dilalui individu. Tahap pertama adalah pramoralitas, kemudian ada tahap moralitas konvensional, dan tahap tertinggi dalam perkembangan moral menurut Kohlberg adalah moralitas otonom Oleh karena itu, Kohlberg melihat pendidikan moral sebagai suatu proses yang berkelanjutan untuk membantu individu bertransisi dari tahap pramoralitas menuju moralitas konvensional, dan akhirnya mencapai tahap moralitas otonom yang lebih matang. Konsep ini telah memiliki dampak yang signifikan pada pendidikan moral dan etika dalam beberapa dekade terakhir.
2. Secara keseluruhan, pendidikan nilai dan moral di sekolah dasar membantu membentuk fondasi yang kuat untuk perkembangan moral anak-anak, membantu mereka menjadi individu yang lebih baik, lebih peduli, dan lebih bertanggung jawab dalam masyarakat. Oleh karena itu pendidikan nilai dan moral memiliki peranan yang sangat penting untuk anak-anak sekolah dasar karena berpengaruh besar pada perkembangan karakter, perilaku, dan kualitas hidup mereka, baik saat ini maupun di masa depan. Secara singkatnya, pendidikan nilai dan moral bagi anak sekolah dasar adalah proses penting untuk membentuk karakter dan perilaku positif pada usia yang masih dini.
Nama : Andini Puspitasari
NPM : 2213053099
1. jelaskan Pendidikan Nilai dan Moral menurut para ahli yang kalian ketahui.
Jawab :
-Menurut Merriam-Webster, Moral merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang sesuai dengan standar perilaku yang tepat pada kelompok atau masyarakat tersebut.
- Menurut John Rawls – nilai-nilai moral harus berdasarkan prinsip keadilan sosial. Menurutnya, tindakan yang moral adalah tindakan yang memperlakukan semua orang dengan adil dan sama.
2. dari pendapat para ahli kemudian rangkum apa yang kalian pahami tentang pendidikan nilai dan moral bagi anak sekolah dasar?
Jawab:
Dari pendapat diatas dapat diketahui bahwa pendidikan nilai dan moral sangat penting bagi anak sekolah dasar karena pendidikan nilai dan moral dapat membedakan baik buruknya perbuatan dan sikap. Karena melalui pendidikan lah, perkembangan moral diharapkan mampu berjalan dengan baik.
Nama : Putu Nia Rahmawati
Npm : 2213053283
Kelas : 3/i
1. * William K. Frankena (1958): Menurut Frankena, pendidikan moral mencakup pembelajaran nilai-nilai yang berhubungan dengan tindakan yang baik dan buruk. Ia mengatakan bahwa pendidikan moral bertujuan untuk membentuk karakter dan kebiasaan baik pada individu.
• Lawrence Kohlberg (1975): Kohlberg adalah seorang psikolog yang terkenal dengan teori perkembangan moral. Ia menyatakan bahwa pendidikan moral adalah proses pengembangan kesadaran moral individu melalui pengalaman problematis. Tujuannya adalah untuk membantu individu mengembangkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai dan sikap moral.
2. Menurut rangkuman dan pemahaman saya mengenai Pendidikan nilai dan moral bagi anak sekolah dasar berdasarkan pendapat ahli, dapat disimpulkan bahwa Pendidikan nilai moral dan moral ini dapat membantu dalam pembentukan karakter anak yang baik, kemudian sikap sosial anak , nilai dan moralitas yang memiliki tujuan untuk membantu anak memahami dan mengembangkan pandangan hidup, rasa empati serta nilai-nilai dalam kehidupan. Tujuannya adalah untuk mengajarkan anak akan pentingnya tanggung jawab, kebenaran, kebaikan, serta membantu mereka untuk hidup dalam nilai sera moral yang diharapkan masyarakat.