Forum Analisis Video 2

Forum Analisis Video 2

Number of replies: 35

Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Chindy Alviona 2213053093 -
Nama: Chindy Alviona
NPM: 2213053093

Analisis Vidio 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil

Hasil analisis dari vidio tersebut yaitu para siswa sd negeri gelar kabupaten sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah, pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas. teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas sekolah yang terletak di kaki gunung api gone ini, hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru. jangankan kelas, perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga dua kilometer guna bisa belajar di sekolah, mengalami di masa pandemic covid 19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar, dari sekolah ini tak mampu melaksanakannya, di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. anak-anak belajar diteras karena tidak ada ruang belajar. berkekurangan ruang belajar, bagaimana kalau musim hujan anak-anak yang belajar di luar tidak bisa belajar karena hujan angin, mereka harus berteduh dibawah pohon karena panas matahari tembus langsung. harapan saya kepada pemerintah supaya pemerintah segera membangunkan satu ruang kelas supaya anak aman belajar. pihak sekolah pun berharap pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by DINDA MULIA SAPUTRI 2253053042 -
Nama : Dinda mulia saputri
Npm : 2253053042
Analisis video 2
Judul : Potret Pendidikan di Dusun Terpencil

Video tersebut menjelaskan tentang suatu Pendidikan di Dusun Terpencil
Siswa SD Negri 2 Glak

para siswa sd negeri Glak membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas.oleh sebab itu teras dipakai sebagai ruang kelas,lantaran ketiadaan ruang kelas sekolah yang terletak di kaki gunung merapi Egon ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga dua kilometer guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali.karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. baru disini anak-anak belajar ditiris karena tidak ada ruang belajar ruang belajar yang diparkir yang ada di sini. berkekurangan yang kekurangan ruang belajar ruang kelas mengontrol dikonsumsi hujan bagaimana kalau musim hujan anak-anak yang belajar di luar tidak bisa belajar karena hujan angin pagi juga mereka harus berteduh dibawah pohon karena panas matahari tembus langsung keadaan jadi setelah panas matahari hati dan jiwa mereka masuk rezeki harapan dimana setiap orang dalam suatu negara mempunyai hak dan kewajiban untuk menempuh pendidikan tanpa terkecuali, pendidikan itu sendiri sangatlah penting bagi setiap orang jika kita melihat ke belakang, dikatakan bahwa pendidikan yang diberikan oleh negara kita masih jauh dari sempurna, saya pribadi dapat mengambil contoh dari desa saya, khususnya di daerah pemukiman. Dalam Pendidikan di daerah terpencil yang mempunyai banyak permasalahan yang kompleks. Dalam kurangnya media alat pembelajaran yang sangat kurang dan tidak memadai.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Rohmah Shela Saputri 2213053112 -
NAMA: ROHMAH SHELA SAPUTRI
NPM: 2213053112
KELAS: 3G

ANALISIS VIDIO DUA

Judul Video: “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”

Hasil Analisis:
Di dalam video yang berjudul “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil” mengambarkan Kondisi Sekolah yang Tidak Memadai untuk proses pembelajaran yaitu sekolah di dusun terpencil di Kabupaten Sikka. Sekolah tersebut terpaksa menggunakan teras sebagai ruang kelas karena keterbatasan ruangan. Di sekolah itu hanya terdapat enam ruangan, dengan lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas, dan satu sebagai ruang guru. Bahkan, sekolah bahkan tidak memiliki perpustakaan. Keterbatasan ruang kelas memaksa sebagian siswa belajar di luar, bahkan di bawah pohon. Pada saat cuaca buruk atau hujan, di mana siswa yang belajar di luar tidak dapat melanjutkan kegiatan belajar dan pembelajaran mereka.


Kemudian, kesulitan akses peserta didik untuk berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa bersekolah.peristiwa ini mengambarkan kesulitan akses pendidikan di daerah terpencil, yang dapat mempengaruhi motivasi dan kesejahteraan siswa.

Selanjutnya terdapat tantangan Selama Pandemi COVID-19 yaitu Sekolah mengalami kesulitan saat pandemi COVID-19 karena sulitnya melaksanakan pembelajaran jarak jauh di wilayah tanpa jaringan internet. Di dalam video juga Pihak sekolah dan masyarakat setempat berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian lebih terhadap kondisi sekolah ini.
Kesimpulan:

Dapat di simpulkan bahwa video yang berjudul “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil” memperlihatkan ketertingalan dan kekurangan fasilatas sekolah di daerah terpencil. Seperti kondisi sekolah yang tidak memadai, kesulitan akses, dan tantangan selama pandemi COVID-19 menciptakan lingkungan belajar yang sulit bagi para siswa. Permintaan bantuan kepada pemerintah, terutama dalam menyediakan fasilitas tambahan, adalah sebuah panggilan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut. Diharapkan pemerintah dapat memverikan tindakan yang sesuai untuk mendukung perkembangan pendidikan di daerah tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Aulia Zahwa Adinda 2213053103 -
Nama: Aulia Zahwa Adinda
NPM: 2213053103
Kelas: 3G

Analisis Video 2

SD negeri gelar kabupaten sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas sekolah yang terletak di kaki gunung api. SD ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tidak ada. Meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah setiap hari. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 KM guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid19 ini ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar during, sekolah ini tak mampu melaksanakannya di wilayah ini.
Sekolah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Disini anak-anak belajar diteras karena tidak ada ruang belajar.

Dari studi kasus di atas dapat disimpulkan bahwasanya pemerintah kurang memonitoring wilayah-wilayah terpencil di Indonesia. Pemerintah hanya memperhatikan wilayah/kota besar saja. Hal ini membuat wilayah-wilayah terpencil sangat tertinggal dalam pendidikan. Jangankan jaringan internet ada tenaga pengajar dan fasilitas sekolah (Buku, ruang kelas, meja dan kursi) sudah sangat bersyukur. Jadi saya sangat berharap untuk mengimplementasikan tujuan negara, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Afanin Yuli Safitri 2213053020 -
Nama: Afanin Yuli Safitri
NPM: 2213053020
ANALISIS VIDEO 2

Hasil analisis video berjudul "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Dalam video menunjukkan salah satu sekolah di NTT yang kekurangan sarana dan prasarana. SD Negeri Glak hanya memiliki 6 ruang kelas, dimana lima kelas untuk proses pembelajaran dan satu kelas untuk ruang guru. Karena hal itu, ada satu kelas yang terpaksa harus belajar di teras sekolah. Sekolah ini juga tidak memiliki perpustakaan.

Di tengah pandemi yang seharusnya pembelajaran dilakukan secara daring pun tidak bisa dilakukan SD Negeri Glak karena di desa ini belum ada akses internet. Akibatnya pembelajaran tetap dilakukan dengan tatap muka di sekolah. Walaupun dengan kekurangan yang dimiliki desa dan SD Negeri Glak, para peserta didik tetap bersemangat untuk belajar dan menempuh pendidikan.

Pemerintah diharapkan bisa memberikan sarana dan prasarana yang lebih baik pada SD Negeri glak, supaya pembelajaran di sini dapat berjalan dengan baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Evinna Winda Merita 2213053297 -
Nama : Evinna Winda Merita
NPM : 2213053297

Analisis video 2 "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Dari video Para siswa SD Negeri di Kabupaten Sikka memerlukan perhatian pemerintah karena sekolah mereka, terletak di dusun terpencil di kaki Gunung Api Gone, hanya memiliki enam ruangan. Dari ruangan tersebut, lima digunakan sebagai kelas, satu sebagai ruang guru, tanpa ruang perpustakaan. Meskipun tanpa fasilitas, para siswa tetap semangat belajar, bahkan harus berjalan kaki hingga dua kilometer. Selama pandemi, mereka kesulitan mengikuti kampanye belajar dari sekolah karena tidak ada jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut. Kondisi kelas yang terbatas dan tidak tahan hujan mengakibatkan kesulitan dalam kegiatan belajar, terutama saat musim hujan. Pihak sekolah berharap pemerintah dapat membangun satu ruang kelas tambahan untuk memastikan anak-anak dapat belajar dengan aman.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Aura Fitria Ananda 2213053094 -
Nama : Aura Fitria Ananda
NPM : 2213053094

Hasil analisis video "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Dalam video tersebut memperlihatkan bahwa SD negeri gelar kabupaten sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah, karena sekolah yang terletak di dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan pembelajaran di teras kelas, hal ini di karenakan kurangnya ruangan kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api gone ini, hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan digunakan sebagai ruang kelas dan satu ruangan digunakan sebagai ruang guru. Sekolahan ini juga belum memiliki gedung perpustakaan. Setiap hari mereka harus berjalan kaki sejauh dua kilometer untuk bisa belajar di sekolah.

Saat adanya masa pandemic covid-19, sekolah ini tidak mampu melaksanakan pembelajaran jarak jauh karena keterbatasan jaringan di wilayah tersebut, oleh karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah. Pihak sekolah dan masyarakat sangat berharap kepada pemerintah supaya lebih memperhatikan sekolah di wilayah tersebut dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan agar siswa dapat belajar dengan aman dan nyaman.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Ivo Yuniarta 2213053231 -
Nama: Ivo Yuniarta
NPM: 2213053112
Kelas: 3G

Analisis Video yang Berjudul “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”.

Hasil Analisis:
Dalam video tersebut menggambarkan suatu Kondisi sekolah yang tidak memadai untuk melaksanakan pembelajaran. Sekolah yang terletak di dusun terpencil ini sangat membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Dalam proses pembelajaran terpaksa menggunakan teras sebagai ruang kelas karena keterbatasan ruangan. Di sekolah tersebut hanya memiliki enam ruangan, dengan lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas, dan satu sebagai ruang guru, bahkan tidak memiliki perpustakaan sekolah. Keterbatasan ruang kelas memaksa sebagian siswa belajar di luar, bahkan di bawah pohon. Dengan begitu keadaannya siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari peserta didik untuk berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa bersekolah.

Saat pandemi Covid-19 pembelajaran sekolah dipindahkan secara daring, namun sekolah ini mengalami kesulitan saat pandemi Covid-19 karena tidak adanya akses internet. Oleh karena itu, pihak sekolah tetap melaksanakan sekolah secara tatap muka. Di dalam video juga Pihak sekolah dan masyarakat setempat berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian lebih terhadap kondisi sekolah ini.

Dapat disimpulkan bahwa masih banyak daerah daerah terpencil yang belum dapat perhatian dari pemerintah. Sepertinya halnya internet, kualitas dalam pendidikan, insfratruktur jalan, dan kendaraan. Harapannya pemerintah dapat segera membuka mata terkhusus untuk dunia pendidikan yang merupakan pokok penting dalam kualitas anak bangsa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by ADELIA PRASETIYANI 2213053039 -
Nama : Adellia Prasetiyani
Npm : 2213053039
Kelas : 3G

Analisis Video 2

Judul Video: “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”

Hasil Analisis:
Para siswa SD Negeri Gelar Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas sekolah yang terletak di kaki gunung api gone ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga dua kilometer guna bisa belajar di sekolah mengalami di masa pandemic of 19 ini ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar dari sekolah ini tak mampu melaksanakannya di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah nyalakan maumere baru mereka disini anak-anak belajar ditiris karena tidak ada ruang belajar ruang belajar yang diparkir yang ada di sini ada berapa banyak ruang belajar di sini ada enam roger tim tetapi rheumalon primer 5 rombel itu belajar di dalam ruang kelas viii-1 rombel belajar di luar di luar karena satu ruang itu dipakai untuk kantor dan ruang guru berkekurangan yang kekurangan ruang belajar ruang kelas mengontrol dikonsumsi hujan bagaimana kalau musim hujan anak-anak yang belajar di luar tidak bisa belajar karena hujan angin pagi juga mereka harus berteduh dibawah pohon karena panas matahari tembus langsung keadaan act jadi setelah panas matahari hati dan jiwa mereka masuk rezeki harapan saya kepada pemerintah supaya pemerintah segera membangunkan satu ruang kelas supaya anak aman belajar darah oh jadi pihak sekolah pun berharap pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan saudara kita sunnatun kompastv sikka nusa tenggara timur.

Dari vidio diatas dapat disimpulkan bahwa video bertajuk “Potret Pendidikan di Desa Terisolasi” ini menampilkan keterbelakangan dan minimnya infrastruktur pendidikan di daerah terpencil.
Kondisi sekolah yang tidak memadai, kesulitan akses dan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 menciptakan lingkungan belajar yang sulit bagi siswa.
Permintaan dukungan pemerintah, khususnya dalam penyediaan fasilitas lebih, merupakan panggilan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.
Diharapkan pemerintah dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mendukung pengembangan pendidikan di daerah yang mengalami keterbelakangan dan minimnya infrastruktur pendidikan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by AULIA MAHARANI PUTRI 2213053010 -
Nama : Aulia Maharani Putri
Npm : 2213053010
Kelas : 3G

Analisis Video 2

Judul Video "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Hasil Analisis
Video tersebut membahas tentang potret pendidikan di Dusun terpencil yaitu siswa di SD Negeri Glak. Betapa mirisnya para peserta didik yang seharusnya mereka mendapatkan fasilitas yang memadai dari pemerintah, akan tetapi di SD Negeri Glak ini, sekolah ini dengan terpaksa melaksanakan kegiatan pembelajaran di teras kelas sebagai pengganti ruang ruang kelas, keterbatasan ruangan yang menjadi alasan mereka melakukan pembelajaran di teras. Sekolah ini hanya mempunyai 6 ruangan yang dimana 5 ruangan dipakai untuk ruang kelas dan satu ruangan lagi dipakai untuk ruang guru. Jangankan kelas Sekolah ini tidak mempunyai perpustakaan.

Walau mempunyai keterbatasan ruang kelas, para peserta didik tetap bersemangat untuk bersekolah setiap hari mereka harus menempuh hingga 2 km dengan berjalan kakiuntuk menimba ilmu.

Pada saat masa pandemi covid 19 kemarin, pemerintah memberlakukan pembelajaran daring sekolah ini tidak mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran daring, sebab sekolah ini wilayahnya belum tersentuh jaringan telekomunikasi. Oleh sebab itu pihak sekolah terpaksa melakukan kegiatan sekolah. Pada saat hujan turun para peserta didik di sekolah ini tidak bisa belajar karena hujan angin dan di pagi hari mereka harus belajar di bawah pohon sebab panas dari terik matahari.
Pihak sekolah berharap agar pemerintah dapat melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Dinda Kusumawati Subagio 2253053016 -
Nama: Dinda Kusumawati
Npm: 2253053016

Analisis video 2

Peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Gelako di Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah di desa terpencil ini terpaksa melakukan kegiatan mengajar di teras kelas. Meski begitu, siswa tetap semangat bersekolah. Mereka harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer setiap hari untuk belajar di sekolah.

Pada saat masa pandemi Covid-19, ketika pemerintah gencar menggalakkan pembelajaran daring, sekolah tersebut tidak mampu melaksanakannya. Tidak ada jaringan telekomunikasi sama sekali di wilayah tersebut. Akibatnya, sekolah terpaksa melanjutkan aktivitas di sekolah. Pihak sekolah juga berharap pemerintah memperhatikan keadaan mereka dan menyediakan fasilitas yang diperlukan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Widia Nata Saputri 2213053057 -
Nama : Widia Nata Saputri
NPM : 2213053057
Kelas : 3G
Hasil analisis video 2 yang berjudul "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Dalam video tersebut dapat diketahui bagaimana potret sekolah di dusun terpencil yang kekurangan fasilitas. Kurangnya fasilitas yang memadai seringkali menyebabkan peserta didik terganggu dalam proses belajar dan pembelajaran.
Harapannya pemerintah dapat memenuhi sarana dan prasarana sekolah di seluruh Indonesia sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar, tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, dan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Mutiara Deva Gusti 2213053135 -
Nama : Mutiara Deva Gusti
Npm : 2213053135
Kelas :3G

Potret pendidikan di dusun terpencil

Dalam video tersebut menunjukkan kondisi para siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka yang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini. Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by SELVIA NUR SAQINAH 2213053193 -
Nama: Selvia Nur Sakinah
Npm: 2213053193

Potret pendidikan di dusun terpencil

Siswa SD N Glak kabupaten Suka NTT, perlu perhatian lebih dari pemerintah karena harus melakukan kegiatan belajar di teras kelas lantaran ketidakadaan ruang kelas. Karena sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruang, dimana 5 ruangan dipakai untuk kelas dan 1 kelas dipakai untuk ruang guru, bahkan perpustakaan saja sekolah tersebut tidak punya. Namun para siswa tetap semangat untuk bersekolah, setiap hari para siswa harus berjalan sejauh 2 km agar bisa belajar di sekolasekolah. Di wilayah tersebut belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali, jadi pada masa pandemi mereka harus tetap berangkat ke sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah SD N Glak berharap pemerintah segera membangunkan 1 ruang kelas agar anak-anak belajar di dalam kelas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by LATIFA NURMALA 2213053166 -
Nama : Latifa Nurmala
Npm : 2213053166
Kelas : 3G

Analisis video 2 yang berjudul “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”

Berdasarkan video tersebut dapat dianalisis bahwasanya di kabupaten Sika ada sekolah yang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah, hal itu terjadi dikarenakan para siswa yang berada didusun terpencil tersebut terpaksa melakukan kegiatan belajar-mengajar diteras kelas. Hal tersebut dilakukan karena kurangnya kelas yang tersedia. Pada sekolah tersebut hanya mempunyai enam kelas yang dimana lima kelas dipakai sebagai ruang kelas dan satu kelas dipakai sebagai ruang guru. Sekolah tersebut juga tidak mempunyai ruang perpustakaan. Walaupun begitu, para siswa masih tetap bersemangat untuk pergi ke sekolah walaupun harus menempuh jarak 2 kilo meter. Pada saat pandemi, pemerintah melakukan kampanye untuk pembelajaran daring. Akan tetapi, sekolah tersebut tidak dapat mengikutinya karena keterbatasan yang ada. Dengan berbagai keadaan tersebut diharapkan pemerintah lebih melek mata terhadap pendidikan yang ada didaerah terpencil.
In reply to LATIFA NURMALA 2213053166

Re: Forum Analisis Video 2

by Natasya Bunga Nitara 2213053012 -
Nama : Natasya Bunga Nitara
Npm : 2213053012
Analisisi Video 2

Berdasarkan video tersebut yang berjudul “ Potret Pendidikan di Dusun Terpencil” kekurangan fasilitas yang ada di sekolah di daerah terpencil. Seperti kondisi sekolah yang tidak memadai, kesulitan akses, dan tantangan selama pandemi COVID-19 menciptakan lingkungan belajar yang sulit bagi para siswa. Permintaan bantuan kepada pemerintah, terutama dalam menyediakan fasilitas tambahan, adalah sebuah panggilan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut. Diharapkan pemerintah dapat memverikan tindakan yang sesuai untuk mendukung perkembangan pendidikan di daerah tersebut.

Permintaan dukungan pemerintah, khususnya dalam penyediaan fasilitas lebih, merupakan panggilan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah. Dalam hal ini pemerintah diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mendukung pengembangan pendidikan di daerah terpencil yang mengalami keterbelakangan minimnya sarana dan prasarana pendidikan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by NADIA NUR SAFITRI 2213053275 -
Nama : Nadia Nur Safitri
NPM : 2213053275
Kelas : 3G
Analisis video 2
Judul Video "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Analisis video tersebut yaitu mengenai kondisi pendidikan yang sangat memprihatinkan di SD Negeri Glak, sebuah dusun terpencil di Lampung. Video ini menunjukkan bagaimana para siswa harus belajar di teras kelas, tanpa ruang kelas yang layak, tanpa perpustakaan, dan tanpa jaringan telekomunikasi. Hanya memiliki 6 ruangan, namun hanya ada 5 ruangan yang dapat digunakan untuk ruang kelas dan sisanya adalah ruangan guru. Tidak hanya itu, para peserta didik yang bersemangat untuk belajar harus berjalan kaki membutuhkan waktu hingga 2 km untuk menuju ke sekolah, dan pada saat pandemi Covid-19, mereka tidak bisa melakukan kegiatan pembelajaran daring karena wilayahnya belum tersentuh jaringan telekomunikasi. Hal ini menyebabkan sekolah ini harus melakukan kegiatan pembelajaran di bawah pohon saat pagi hari dan tidak dapat mengadakan kegiatan belajar mengajar saat hujan turun. Dalam video tersebut terlihat bahwa pihak sekolah sangat berharap kepada pemerintah untuk dapat membantu dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan bagi para peserta didik, seperti ruang kelas yang memadai dan perpustakaan. Secara tidak langsung, video ini mengkritik ketidakpedulian pemerintah terhadap pendidikan di daerah terpencil, dan meminta agar pemerintah segera menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh sekolah ini.Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang baik dan layak serta pemerintah harus memperhatikan kondisi pendidikan di daerah terpencil.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by RILIAN TSABITHA SURI 2213053141 -
Nama: Rilian Tsabitha Suri
NPM: 2213053141
Kelas: 3G

Analisis Video "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

SD Negeri Glak terletak di sebuah dusun terpencil di kaki gunung api Egon ini hanya memiliki 6 ruang kelas. Dan satu ruangannya di pakai untuk ruang guru. Di karenakan keterbatasan ruang kelas, siswa melakukan pembelajaran di teras kelas.

Meski keterbatasan fasilitas, hal ini tidak menyurutkan semangat para siswa di sekolah ini. Pada saat pandemi covid-19, pemerintah membuat kebijakan pembelajaran di sekolah di alihkan menjadi pembelajaran daring. Namun sekolah ini tak mampu melaksanakannya, lantaran di wilayah sekolah tersebut belum terdapat jaringan telekomunikasi sama sekali. Pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah.

Analisis:
Seharusnya pemerintah lebih membuka mata dan memperhatikan sekolah-sekolah di Indonesia yang terpelosok. Karena sekolah terpelosok/terpencil lebih banyak membutuhkan bantuan dan rasa empati dari pemerintah maupun pihak yang berwenang untuk memperbaiki kualitas sekolah tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Safira Sita Salsabilla 2213053027 -
Nama: Safira Sita Salsabilla
NPM : 2213053027

Analisis Vidio 2
Judul video: Potret Pendidikan di Dusun Terpencil

Para siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki Gunung Api Egone ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru. Perpustakaan juga tak dimiliki sekolah ini. Meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga dua kilometer guna bisa belajar di sekolah.

Di masa pandemic Covid 19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya karena di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Sehingga pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah.

Ketika musim hujan anak-anak tidak bisa belajar karena hujan angin, pagi mereka harus berteduh dibawah pohon karena panas. Pemerintah diharapkan segera membangun satu ruang kelas supaya anak aman belajar dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Ihya Ghulam Halim 2213053178 -
Nama : Ihya Ghulam Halim
NPM : 2213053178
Kelas : 3G

Analisis video 2

Potret Pendidikan di Dusun Terpencil

Pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam meningkatkan kondisi pendidikan di SD Negeri Glak di dusun terpencil yang minim fasilitas untuk belajar. Melalui langkah-langkah konkret, pemerintah bisa memberikan dampak positif yang signifikan. Berikut adalah gambaran dalam teks narasi mengenai langkah-langkah yang bisa diambil oleh pemerintah:

Dalam perbukitan terpencil, terletak sebuah SD Negeri Glak yang menjadi pusat pengetahuan bagi anak-anak dari berbagai desa di sekitarnya. Namun, kesulitan menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai menjadi kenyataan yang tak terhindarkan. Pemerintah dengan tekad kuat berkomitmen untuk mengubah potret pendidikan di daerah tersebut.

Pertama, langkah awal yang diambil adalah pengalokasian anggaran yang cukup untuk memperbaiki infrastruktur sekolah yang sudah rapuh. Gedung-gedung tua yang tak terurus akan diperbaiki, dan ruang kelas yang nyaman akan dibangun untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Kemudian, pemerintah memberikan prioritas pada akses transportasi yang lebih baik. Jalan setapak yang berkelok-kelok menuju sekolah akan diperbaiki, dan sarana transportasi yang lebih layak akan disediakan agar anak-anak dapat tiba di sekolah dengan aman dan nyaman.

Selain itu, pemerintah juga berkomitmen untuk menyediakan buku-buku dan materi pembelajaran lainnya. Program pemberian buku secara gratis atau perpustakaan keliling akan diperkenalkan untuk memperluas akses terhadap bahan bacaan yang memadai.

Guru-guru akan mendapatkan pelatihan intensif dan bantuan teknis dalam menghadapi tantangan mengajar dengan minimnya fasilitas. Mereka akan didorong untuk mengembangkan metode-metode kreatif dan inovatif dalam mengajar tanpa harus bergantung pada teknologi yang canggih.

Pemerintah juga akan menjalin kerja sama erat dengan pihak swasta dan lembaga non-pemerintah. Mereka akan diundang untuk turut serta dalam menyediakan bantuan, mulai dari penyediaan peralatan pendidikan hingga pelaksanaan program-program pendidikan.

Melalui langkah-langkah nyata ini, pemerintah berupaya keras untuk mengubah potret pendidikan di SD Negeri Glak di dusun terpencil. Dengan komitmen, alokasi anggaran yang tepat, serta kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak, harapannya adalah memberikan kesempatan yang setara bagi setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, sehingga mereka dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan komunitas di sekitarnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Fadhila Cahya Ningtyas 2213053271 -
Analisis Video 2
Nama : Fadhila Cahya Ningtyas
NPM : 2213053271
Kelas : 3G
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Dalam video tersebut berisi adanya sebuah sekolah dasar di desa terpencil yaitu SD Negeri Galak yang sangat membutuhkan perhatian pemerintah karena kurangnya fasilitas sehingga melakukan aktivitas pembelajaran di teras sekolah. Pembelajaran dilakukan di teras kelas karena sekolah kekurangan kelas untuk menampung siswa, sekolah ini hanya memiliki 6 ruangan kelas. Bukan hanya kekurangan ruang kelas namun sekolah ini juga tidak memiliki fasilitas seperti perpustakaan. Namun para siswa di sana sangat bersemangat untuk bersekolah, mereka menempuh jarak yang sangat jauh untuk belajar ke sekolah tersebut. Saat pandemi covid 19 sekolah ini bahkan tidak mampu untuk melakukan pembelajaran secara daring, hal ini dikarenakan di daerah tersebut tidak adanya jaringan sehingga tidak memungkinkan untuk para siswa melakukan pembelajaran secara online.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Shelly Shelly -
Nama: Shelly
NPM: 2253053019
Kelas: 3G


Analisis video 2
Judul Video “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”

SD Negeri di Kabupaten Sikka memerlukan perhatian pemerintah karena sekolah mereka terletak di dusun terpencil di kaki Gunung Api Gone, dengan minim nya sarana dan prasarana dan hanya memiliki enam ruangan. etiap hari mereka harus berjalan kaki sejauh dua kilometer untuk bisa belajar di sekolah, Saat adanya masa pandemic covid-19, sekolah ini tidak mampu melaksanakan pembelajaran jarak jauh karena minimnya sarana dan prasarana serta keterbatasan jaringan di wilayah tersebut, oleh karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Dapat disimpulkan bahwa masih banyak daerah daerah terpencil yang belum dapat perhatian dari pemerintah. Sepertinya halnya kendala keterbatasan jaringan internet, fasilitas sarana dan prasarana di sekolah, kualitas dalam pendidikan, insfratruktur jalan, dan kendaraan. Harapannya pemerintah dapat segera membuka mata terkhusus untuk daerah daerah terpencil yang perlunya perhatian khusus demi ke berlangsungan berjalan nya dunia pendidikan yang merupakan pokok penting dalam kualitas anak bangsa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by DEVI KELANA RINDU BINTARA 2213053095 -
Nama: Devi Kelana Rindu Bintara
NPM: 2213053095
Kelas: 3G

Analisis Video 2
“Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”.

Dalam video tersebut menggambarkan suatu Kondisi sekolah yang tidak memadai untuk di pakai. Sekolah ini sangat membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Sekolah tersebut hanya memiliki enam ruangan, dengan lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas, dan satu sebagai ruang guru, bahkan tidak memiliki perpustakaan sekolah. Keterbatasan ruang kelas memaksa sebagian siswa belajar di luar, bahkan di bawah pohon. Dengan begitu keadaannya siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari peserta didik untuk berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa bersekolah.

Saat pandemi Covid-19 pembelajaran sekolah dipindahkan secara daring, namun sekolah ini mengalami kesulitan saat pandemi Covid-19 karena tidak adanya akses internet. Oleh karena itu, pihak sekolah tetap melaksanakan sekolah secara tatap muka. Di dalam video juga Pihak sekolah dan masyarakat setempat berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian lebih terhadap kondisi sekolah ini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Andika Purbaya 2213053169 -
Nama : Andika Purbaya
Kelas : 3G
Npm : 2213053169

Analisis video 2

Setelah melihat video tersebut dapat saya simpulkan bahwasanya Situasi SD Negeri Gelar mencerminkan ketidaksetaraan akses pendidikan dan keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil. Meskipun menghadapi banyak kendala, semangat belajar siswa tetap tinggi. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut, dibutuhkan perhatian lebih dari pemerintah, baik dalam hal fasilitas fisik maupun teknologi. Solusi yang mencakup pembangunan infrastruktur dan penyediaan akses internet dapat membantu meningkatkan kondisi pendidikan di sekolah ini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Ricca Tri Fadillah 2213053161 -
Nama:Ricca Tri Fadillah
Npm:2213053161

Analisis vidio "potret pendidikan di dusun terpencil"
Dalam vidio tersebut dapat diketahui bahwa terdapat sekolah yang terletak di desa terpencil dan terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras karena kurangnya ruang kelas. Sekolah ini bahkan tidak memiliki perpustakaan. Di masa pandemi Covid-19, ketika pemerintah sedang giat mengumumkan pembelajaran daring, sekolah ini tidak mampu melakukannya. Daerah ini tidak memiliki jaringan telekomunikasi. Untuk itu pihak sekolah wajib tetap melaksanakan kegiatan di sekolah. Setiap hari, siswa tetap bersemangat berangkat ke sekolah namun harus berjalan kaki sejauh 2 km ke sekolah. Oleh karena itu, Dengan permasalah tersebut sekolah ini mengharapkan bantuan dari Pemerintah untuk segera membangun ruang kelas agar anak dapat belajar dengan aman. Pihak sekolah juga berharap pemerintah dapat lebih memperhatikan penderitaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Wike Oktaviana 2213053194 -

Nama : Wike Oktaviana

NPM : 2213053194

Kelas : 3G


Analisis video 2 berjudul "Potret Pendidikan di Dususn Terpencil"


Suatu sekolah salah satu dusun terpencil di SIKKA, NTT, sangatlah memperhatinkan yang mana fasilitas sekolah sangatlah minim sampai anak-anak belajar diteras dikarenakan kekurangan kelas. Namun, anak anak sangat bersemangat sekolah meski harus berjalan kurang lebih 2 jam untuk menuju sekolah. Bahkan, pada masa pandemi pada 2019 sekolah sd ini tak dapat melakukan ketentuan pemerintah untuk pelaksanaan dari dikarenakan fasilitas sekola dan daerah yang tidak memadai. Dalam hal ini, peran pemerintah sangatlah diperlukan. Pemerintah harus melihat juga sekolah sekolah dipelosok guna memperbarui fasilitas yang memadai dan sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini agar generasi bangsa semakin cerdas dan memajukan kesejahteraan bangsa.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by MIFTAHUL JANNAH 2253053012 -
Nama : Miftahul Jannah
Npm : 2253053012
Kelas : 3G

Analisis Video 2
Di dalam video tersebut terdapat sekolah yang memiliki kendala karena terletak di tempat terpencil.
Di mana sekolah tersebut memiliki 6 ruangan, 5 ruangan digunakan sebagai ruang kelas dan 1 sebagai ruang guru karena kekurangan ruang sehingga menyebabkan peserta didik belajar di luar ruangan.

Selama Pandemi Covid 19, Pemerintah mendorong pembelajaran dari sekolah melalui internet nmun sayangnya wilayah ini belum memiliki jaringan telekomunikasi sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by RAMADYA VINTIKA LARAS 2213053264 -
Analisis Video 2
Nama : Ramadya Vintika laras
NPM : 2213053264
Kelas : 3G
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Video tersebut menggambarkan keadaan SD Negeri Galak, sebuah sekolah dasar di desa terpencil yang memerlukan perhatian khusus dari pemerintah karena minimnya fasilitas. Kondisi ini membuat aktivitas pembelajaran dilaksanakan di teras sekolah, mengingat keterbatasan ruang kelas yang hanya sebanyak 6 ruangan. Selain itu, sekolah ini juga tidak dilengkapi dengan fasilitas penting seperti perpustakaan.
Meskipun mengalami keterbatasan fasilitas, semangat belajar para siswa tetap tinggi. Mereka rela menempuh jarak yang sangat jauh untuk dapat belajar di sekolah tersebut. Sayangnya, pada masa pandemi COVID-19, sekolah ini tidak dapat melaksanakan pembelajaran daring karena tidak memiliki akses jaringan di daerah tersebut. Kendala ini membuat siswa-siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran secara online.
Dengan adanya kondisi tersebut, SD Negeri Galak menunjukkan kebutuhan mendesak akan perhatian pemerintah untuk meningkatkan fasilitas pendidikan, terutama dalam hal infrastruktur dan teknologi, guna memastikan akses pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak di desa tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by KHAIRANI ULYA 2213053115 -
Nama : Khairani Ulya
NPM : 2213053115

Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Hasil analisis dari video tersebut menunjukkan bahwa para siswa SD Negeri di desa Gelar, Kabupaten Sikka, memerlukan perhatian lebih dari pemerintah. Sekolah yang berada di dusun terpencil ini terpaksa melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas, karena ketiadaan ruang kelas yang memadai. Sekolah yang terletak di kaki Gunung Api Gone ini hanya memiliki enam ruangan, di mana lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas dan satu sebagai ruang guru.

Meskipun hanya memiliki sedikit fasilitas, para siswa tetap bersemangat untuk belajar, meski perpustakaan tidak tersedia. Setiap hari, mereka harus berjalan kaki dua kilometer untuk bisa belajar di sekolah. Saat pandemi COVID-19, ketika pemerintah mengkampanyekan belajar dari sekolah, sekolah ini tidak dapat melaksanakannya karena belum ada jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut. Anak-anak belajar di teras karena kurangnya ruang belajar, dan pada musim hujan, mereka menghadapi kesulitan karena harus berteduh di bawah pohon akibat hujan dan angin.

Harapan saya adalah agar pemerintah segera membangun satu ruang kelas agar anak-anak dapat belajar dengan aman. Pihak sekolah juga berharap pemerintah dapat memperhatikan kondisi mereka dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Nola Diva Brilian 2213053199 -
Nama: Nola Diva Brilian
Npm: 2213053199


Analisis Vidio 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil


Sekolah dasar di Dusun Gelar, Kabupaten Sikka, tengah menghadapi tantangan serius akibat kekurangan ruang kelas dan kelengkapan fasilitas pendukung. Keterbatasan ini menyebabkan siswa terpaksa belajar di luar ruangan, bahkan di teras kelas. Situasi ini memaksa para siswa untuk berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Adanya kondisi ini memunculkan harapan dari pihak sekolah agar pemerintah segera memberikan perhatian dan solusi dengan membangun ruang kelas baru serta menyediakan fasilitas yang diperlukan demi peningkatan kualitas pendidikan di dusun terpencil tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Silvia Novi Fitriana 2213053062 -
Nama : Silvia Novi Fitriana
NPM : 2213053062
Kelas : 3G

Analisis video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Berdasarkan video tersebut hasil analisis yang saya dapat yaitu Di sebuah desa terpencil terdapat SD Negeri Galak yang memerlukan perhatian pemerintah karena minimnya fasilitas. Keterbatasan ruang kelas membuat pembelajaran hanya bisa dilaksanakan di teras sekolah, karena sekolah tersebut hanya tersedia 6 ruang kelas. Selain itu sekolah ini juga belum mempunyai ruang perpustakaan.

Walaupun terdapat beberapa keterbatasan dalam belajar, peserta didik disana tetap memiliki antusias yang tinggi untuk bersekolah meskipun harus menempuh jarak yang jauh. Selama pandemi COVID-19, keterbatasan jaringan di wilayah tersebut membuat pembelajaran secara daring tidak memungkinkan untuk di terapkan di sekolah ini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Chalistya Syahla Ilham Radinda 2213053262 -
Nama : Chalistya Syahla Ilham Radinda
NPM : 2213053262
Kelas : 3G

Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Didalam video tersebut menggambarkan bahwa SD Negeri Galak, merupakan sebuah sekolah dasar di desa terpencil yang memerlukan perhatian pemerintah. Dengan hanya 6 ruang kelas dan tanpa perpustakaan, peserta didik pun melaksanakan pembelajaran di teras sekolah karena keterbatasan fasilitas itu sendiri. Meskipun masih kurangnya ruang kelas, siswa tetap bersemangat belajar meski harus menempuh jarak yang sangat jauh dari rumah. Selama pandemi COVID-19, sekolah ini tidak dapat melakukan pembelajaran daring karena tidak ada jaringan di daerah tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Farida Juwita 2213053179 -
Nama : Farida Juwita
NPM : 2213053179
Kelas : 3G

Analisis video 2 berjudul "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Video di atas menunjukkan kondisi SD Negeri Glak kecamatan Sikka, NTT. Berada di dusun kecil, sekolah tersebut terpaksa melakukan pembelajaran di teras kelas. Hal ini disebabkan tidak adanya ruang kelas yang cukup di sekolah yang letaknya di kaki gunung. Selain itu, SD Negeri Glak tidak memiliki perpustakaan. Tetapi, dapat dilihat bahwa para siswa terlihat antusias mengikuti pendidikan. Mereka harus menempuh 2 km dengan jalan kaki menuju sekolah.

DI era covid-19, tidak adanya jaringan komunikasi di daerah Sikka membuat SD Negeri Glak tidak mampu melaksanakannya secara daring. Sehingga, mereka terpaksa melakukan kegiatan secara luring. SD Negeri Glak pun mengharapkan bahwa pemerintah dapat membantu SD Neger Glak dengan memberikan sarana dan prasarana yang lebih baik supaya pembelajaran dapat berlansung dan terpenuhi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Annisa Fadillah Quraini 2253053026 -
Nama: Annisa Fadillah Quraini
NPM: 2253053026
Analisis Video 2

Berdasarkan analisis video "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil," SD Negeri Glak di NTT menunjukkan kekurangan sarana dan prasarana, termasuk hanya memiliki 6 ruang kelas, yang mengakibatkan satu kelas harus belajar di teras sekolah. Tidak adanya perpustakaan dan akses internet menyulitkan pembelajaran daring di tengah pandemi. Meskipun menghadapi keterbatasan tersebut, para peserta didik tetap bersemangat untuk belajar. Diharapkan pemerintah dapat memberikan perhatian dan peningkatan sarana serta prasarana untuk SD Negeri Glak, sehingga pembelajaran di sana dapat berjalan lebih baik dan memenuhi kebutuhan peserta didik di dusun terpencil tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Nura Assyifa 2213053134 -
Nama : Nura Assyifa
NPM : 2213053134
Kelas : 3G

Hasil Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"

Dari video tersebut, dapat saya lihat bahwa kurangnya perhatian pemerintah kepada sekolah-sekolah di daerah terpencil, terutama pada sarana dan prasarananya. Di sekolah tersebut anak-anak terpaksa belajar di teras kelas karena kekurangan ruang kelas, bahkan untuk pergi ke sekolah mereka harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki ±2km dengan jalanan yang tidak memadai.

Ketika pemerintah menyarankan untuk belajar secara daring ketika pandemi covid 19, sekolah tersebut tidak mampu untuk mengikuti programnya. Karena di daerah tersebut belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali, sehingga pihak sekolah terpaksa tetap melakukan Pembelajaran disekolah.

Hal ini sangatlah perlu perhatian yang lebih dari pemerintah, pasalnya pendidikan merupakan salah satu hal utama yang menentukan kemajuan bangsa ini. Karena anak-anak perlu kenyamanan yang mendukung mereka dalam belajar, sehingga mereka mengikuti pembelajaran dengan suka cita.