Forum Analisis Video 2

Forum Analisis Video 2

Number of replies: 32

Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Kinanti Dyah_ 2213053015 གིས-
Nama : Kinanti Dyah
Kelas : 3F
NPM : 2213053015

Dalam pengantar yang disampaikan oleh Putri Fifa Maulina, dari survei pemetaan dan informasi geografis Universitas Pendidikan Indonesia, disoroti bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Indonesia telah menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral remaja. Permasalahan moral ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia, dan penemuan solusi yang baik dianggap sangat penting.

Pentingnya peran pendidikan dalam membentuk moralitas anak didik diakui sebagai usaha nyata untuk menciptakan generasi yang takwa kepada Tuhan dan memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. Moral didefinisikan sebagai aturan atau ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak, benar atau salah, yang bersumber dari agama, orangtua, dan lingkungan sehari-hari. Faktor-faktor seperti pendidikan moral di lingkungan keluarga, pengaruh globalisasi, dan peranan agama dapat memengaruhi pembentukan moral.

Moral yang baik diyakini dapat lahir dari perilaku yang sesuai dengan lingkungan, didasarkan pada rasa kemanusiaan dan nilai-nilai Pancasila. Terdapat tiga faktor penyebab kurangnya pendidikan moral, yaitu kurangnya pendidikan moral di lingkungan keluarga, pengaruh globalisasi, dan kurangnya peranan agama. Oleh karena itu, untuk membangun kualitas moral anak-anak bangsa, perlu upaya bersama pemerintah dan masyarakat dalam membenahi lingkungan yang tidak mendukung pertumbuhan moral.

Pembentukan moral dan karakter pada usia remaja hingga dewasa, khususnya di lingkungan perkuliahan, dapat diarahkan melalui pembelajaran moral pada mata kuliah pendidikan Pancasila. Pembentukan moral individu juga perlu dilakukan melalui kontribusi dan dukungan dari lingkungan sekitar, menciptakan rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Moral dianggap sebagai suatu tindakan penting yang harus ditanamkan dan dikembangkan oleh setiap individu untuk membantu pembangunan bangsa dan negara. Moral yang baik akan tercermin dalam perilaku dan tindakan yang mendapat penghargaan dari sekitarnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Destia Rahmah Fitriani 2213053082 གིས-
Nama : Destia Rahmah Fitriani
NPM : 2213053082
Kelas : 3F

Analisis Video 2
"Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral"

Lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan moral seseorang. Pengaruh ini dapat terjadi melalui berbagai cara:
1. Nilai-nilai yang Diajarkan oleh Keluarga: Keluarga adalah lingkungan pertama di mana seseorang belajar tentang moral. Nilai-nilai yang diajarkan oleh orang tua dan anggota keluarga lainnya akan membentuk dasar pemahaman moral individu.
2. Pendidikan dan Sekolah: Lingkungan sekolah juga memainkan peran penting dalam membentuk pendidikan moral. Program pendidikan formal dan tidak formal di sekolah dapat membantu memperkuat pemahaman tentang nilai-nilai moral, etika, serta tanggung jawab sosial.
3. Teman Sebaya dan Lingkungan Sosial: Interaksi dengan teman sebaya dan lingkungan sosial juga memengaruhi perkembangan moral seseorang. Penerimaan sosial terhadap berbagai nilai, sikap, dan perilaku dapat memengaruhi individu untuk menginternalisasikan nilai-nilai tertentu.
4. Media dan Teknologi: Pengaruh media massa dan teknologi juga memiliki peran dalam membentuk moralitas. Konten yang dikonsumsi oleh seseorang dari media dapat membentuk pandangan tentang nilai moral, etika, dan cara pandang terhadap berbagai situasi.
5. Nilai-Nilai Budaya dan Agama: Nilai-nilai yang dianut oleh budaya dan agama juga berperan dalam membentuk moralitas individu. Ajaran dan praktik keagamaan serta norma-norma budaya dapat menjadi landasan moral bagi seseorang.

Pentingnya lingkungan dalam pendidikan moral menunjukkan bahwa pengalaman dan interaksi sehari-hari dengan berbagai aspek lingkungan dapat membentuk pandangan dan perilaku moral seseorang. Oleh karena itu, upaya untuk memperkuat nilai-nilai positif dalam berbagai lingkungan, mulai dari keluarga hingga sekolah dan masyarakat secara luas, dapat berkontribusi pada pembentukan moral yang baik pada individu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Jeky Septa Anggara 2213053253 གིས-
Nama : Jeky Septa Anggara
NPM : 2213053253
Kelas : 3F

Analisis Video 2 [ Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral ]

Kemorosatan moral dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya yaitu kemajuan IPTEK. Tentunya hal ini membawa pengaruh terhadap moral di dalam dunia pendidikan. Permasalahan moral ini merupakan masalah yang sering dihadapi dan menjadi masalah utama di dalam kehidupan. Oleh sebab itu masyarakat akan perlu mengetahui dan mencari bagaimana solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan ini.

Pendidikan moral sendiri merupakan usaha nyata yang dilaksanakan dengan tujuan membentuk dan mengembangkan sikap yang baik dan sesuai aturan yang diterapkan di dunia pendidikan. Lingkungan sekitar memang berpengaruh terhadap perkembangan moral seseorang. Ketika seseorang berada di lingkungan yang baik kemungkinan besar akan berdampak pada moral yang baik juga. Oleh sebab itu pemerintah seharusnya dan alangkah baiknya melakukan sosialisasi dan edukasi di setiap lingkungan baik itu di lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Ilma Fuadah 2213053225 གིས-
Nama : Ilma Fuadah
NPM : 2213053225
Kelas : 3F

Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral

Lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk pendidikan moral seseorang. Keluarga, sekolah, teman sebaya, media, dan nilai budaya serta agama berperan dalam membentuk dasar pemahaman moral individu. Interaksi sehari-hari dengan lingkungan ini memainkan peran kunci dalam membentuk pandangan dan perilaku moral seseorang, menekankan pentingnya memperkuat nilai-nilai positif di berbagai lingkungan untuk kontribusi pada pembentukan moral yang baik pada individu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Fatimatuz zahro 2213053160 གིས-
Nama: Fatimatuz Zahro
NPM: 2213053160
Kelas: 3F

Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral

Perkembangan IPTEK menjadi salah satu faktor kemerosotan nilai nilai moral yang terdapat pada remaja remaja di Indonesia, moral memiliki makna rasa dan tidak berwujud, sedangkan pendidikan moral adalah usaha nyata dalam memenuhi bentuk moralitas pada anak didik sehingga menjadi generasi bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan dan memiliki etika yang baik dalam masyarakat. Pendidikan moral dikembangkan di dalam lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat, setiap perilaku moral dalam individu akan muncul tergantung dengan lingkungan dimana mereka berada, jika lingkungan tersebut adalah lingkungan yang dapat menjunjung nilai nilai Pancasila, maka moral pada suatu individu akan terbentuk dengan baik begitupun sebaliknya.

Terdapat faktor yang mempengaruhi kecacatan nilai moral yaitu:
1. Kurangnya pendidikan moral di lingkungan keluarga
2 . Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan lingkungan agama di setiap individu
Maka dari itu pemerintah dan masyarakat harus saling bekerja sama dalam memperbaiki lingkungan sehingga nilai dan moral pada anak akan terjaga dengan baik
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Maya Nurdianti 2213053230 གིས-
Nama : Maya Nurdianti
Kelas : 3F
NPM : 2213053230

Analisis Video 2

Pendidikan moral dikembangkan di dalam lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat, setiap perilaku moral dalam individu akan muncul tergantung dengan lingkungan dimana mereka berada, jika lingkungan tersebut adalah lingkungan yang dapat menjunjung nilai nilai Pancasila, maka moral pada suatu individu akan terbentuk dengan baik begitupun sebaliknya.

Jatuhnya moral dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya yaitu kemajuan IPTEK. Tentunya hal ini membawa pengaruh terhadap moral di dalam dunia pendidikan. Permasalahan moral ini merupakan masalah yang sering dihadapi dan menjadi masalah utama di dalam kehidupan
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Indra Ulfayani 2213053171 གིས-
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 2213053171
Kelas : 3F

Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral
Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral dapat memiliki dampak signifikan pada perkembangan nilai-nilai dan karakter individu. Berikut adalah beberapa aspek analisis terkait pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral:
1. Nilai-nilai Keluarga
2. Pengaruh Sekolah dan Pendidikan Formal
3. Dinamika Sosial dan Teman Sebaya
4. Media dan Pengaruh Budaya
5. Ketidaksetaraan dan Keadilan Lingkungan
6. Kondisi Ekonomi dan Sosial
Analisis terhadap faktor-faktor ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana lingkungan secara keseluruhan dapat membentuk pendidikan moral individu. Penting untuk diingat bahwa pengaruh-pengaruh ini saling terkait dan dapat bervariasi antara individu dan kelompok.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Amanda Gita Devi Rahmawati 2213053092 གིས-
Nama : Amanda Gita Devi Rahmawati
NPM : 2213053092

Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral

Perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja-remaja di Indonesia. Permasalahan mengenai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Moral sendiri memiliki arti abstrak dan tidak berwujud. Pendidikan moral ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. Suseno dalam Sigit Muryono (2011) mengemukakan bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak, dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari. Pendidikan moral ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah atau juga di lingkungan di rumah, yaitu faktor keluarga dan juga faktor masyarakat Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta keadilan setiap masyarakat.
 
Ada tiga faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan moral, yakni kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, serta kurangnya peranan dari agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri. Maka dari itu, untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Pada usia remaja menuju dewasa khususnya bagi para mahasiswa, pembentukan moral dan karakter seharusnya bisa dikondisikan dan dibenahi melalui diri sendiri tetapi di perkuliahan mahasiswa akan diberikan pembelajaran mengenai moral pada mata kuliah pendidikan Pancasila untuk menyempurnakan pembentukan dari moral yang sudah dimiliki. Mahasiswa sendiri perlu membantu dan membentuk susunan moral di lingkungannya agar tercipta rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Sehingga dapat dikatakan bahwa moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan bagi setiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan ditetapkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Depi Septiani གིས-
Nama:Depi Septiani
Npm:2253053005
Kelas:3F

Analisis video 2
“Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral"

Jadi lingkungan merupakan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan moral seseorang.Sebab moral akan lahir dalam diri inividu dalam lingkungan yang beradab.
Adapun 3 faktor yang menyebabkan krisisnya moral yang pertama kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga,kedua adanya pengaruh dari globalisasi,dan yang ketiga kurangnya peranan dari agama dan lingkungannya.

Maka dalam hal ini pemerintah dan masyarakat harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertembuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Meyin syabira 2213053185 གིས-
Nama : Meyin syabira
Npm : 2213053285

"Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral" menggambarkan pentingnya lingkungan dalam membentuk karakter dan moral seseorang melalui proses pendidikan. Penekanan pada pengaruh lingkungan ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana interaksi dengan sekitar dapat membentuk nilai-nilai moral dan etika individu.

Materi ini mungkin membahas berbagai faktor lingkungan, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat, yang berperan dalam membentuk pola pikir dan perilaku moral. Kesadaran akan peran kunci lingkungan dalam mendidik moralitas memberikan landasan bagi upaya meningkatkan pendidikan moral, terutama pada masa perkembangan individu yang sensitif terhadap pengaruh eksternal.

Analisis terhadap pengaruh lingkungan dalam pendidikan moral juga dapat merinci bagaimana nilai-nilai yang diterapkan dalam keluarga, etos moral di sekolah, dan norma sosial di masyarakat dapat membentuk dasar moral seseorang. Implikasinya adalah bahwa pendidikan moral tidak terbatas pada lingkungan kelas, tetapi melibatkan keterlibatan keluarga dan masyarakat sebagai bagian integral dari proses pendidikan.

Dengan mempertimbangkan materi ini, kita dapat memahami bahwa pembentukan moral bukanlah tanggung jawab tunggal sekolah atau institusi pendidikan. Sebaliknya, kolaborasi antara lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan individu yang memiliki landasan moral yang kuat.

Akhirnya, materi ini dapat memberikan perspektif baru tentang bagaimana merancang strategi pendidikan moral yang holistik. Dengan memahami pengaruh lingkungan yang beragam, pendekatan pendidikan moral dapat lebih efektif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari individu, membimbing mereka menuju perkembangan moral yang positif dan berkelanjutan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Putri sarah afifah གིས-
nama : putri sarah afifah
kelas : 3f
npm : 2213053001

Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral sangat signifikan, karena lingkungan tempat seseorang tumbuh dan belajar dapat membentuk nilai-nilai, sikap, dan perilaku moral. Berikut adalah beberapa aspek analisis terkait:

Pengaruh Keluarga:
Keluarga merupakan lingkungan pertama di mana individu menerima pendidikan moral.
Nilai-nilai yang diajarkan oleh orangtua, kebijakan keluarga, dan norma-norma yang diterapkan di rumah membentuk dasar moral individu.
Pengaruh Sekolah:
Lingkungan sekolah juga memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan moral.
Etika dan norma sosial yang diajarkan di sekolah, serta budaya sekolah yang mendorong sikap positif dan tanggung jawab, memiliki dampak pada perkembangan moral siswa.
Pengaruh Teman Sebaya:
Teman sebaya memainkan peran penting dalam membentuk nilai-nilai moral seseorang.
Lingkungan pergaulan yang positif dapat mendorong norma-norma moral, sementara pengaruh negatif dapat menimbulkan risiko perilaku yang tidak etis.
Pengaruh Media dan Teknologi:
Media massa dan teknologi memberikan gambaran nilai dan moral yang dapat memengaruhi pandangan dunia individu.
Pendidikan moral juga harus mengintegrasikan literasi media untuk membantu siswa memahami dampak media terhadap nilai-nilai moral.
Pengaruh Agama dan Kepercayaan:
Lingkungan agama atau kepercayaan juga memainkan peran besar dalam pembentukan moral.
Ajaran agama seringkali memberikan kerangka nilai dan etika yang membimbing perilaku moral individu.
Pengaruh Budaya Lokal dan Global:
Budaya lokal dan global juga memiliki dampak signifikan terhadap pendidikan moral.
Nilai-nilai yang diakui dan dijunjung tinggi dalam suatu budaya dapat memengaruhi cara individu memahami dan merespons situasi moral.
Pengaruh Pemimpin dan Figur Otoritas:
Pemimpin dan figur otoritas dalam masyarakat, seperti guru, tokoh agama, dan pemimpin politik, dapat memberikan contoh moral.
Sikap dan tindakan mereka memberikan panutan moral yang dapat diikuti oleh masyarakat.
Pengaruh Lingkungan Sosial-Ekonomi:
Faktor-faktor sosial-ekonomi, seperti tingkat kemiskinan atau kekayaan, dapat mempengaruhi akses individu terhadap pendidikan moral.
Lingkungan ekonomi juga dapat memengaruhi prioritas dan pilihan moral yang dibuat individu.
Pengaruh Lingkungan Politik:
Lingkungan politik dan hukum dapat membentuk pandangan moral masyarakat.
Peraturan dan norma-norma yang diterapkan oleh pemerintah dapat menciptakan keseimbangan atau ketidakseimbangan dalam perkembangan moral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Richia Deha Azizah 2213053024 གིས-
Nama : Richia Deha Azizah
NPM : 2213053024
Kelas : 3F

Analisis Video 2

Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menjadi salah satu faktor kemerosotan nilai nilai moral yang terdapat pada remaja remaja di Indonesia, moral memiliki makna rasa dan tidak berwujud, sedangkan pendidikan moral adalah usaha nyata dalam memenuhi bentuk moralitas pada anak didik sehingga menjadi generasi bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan dan memiliki etika yang baik dalam masyarakat. Pendidikan moral dikembangkan di dalam lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat, setiap perilaku moral dalam individu akan muncul tergantung dengan lingkungan dimana mereka berada, jika lingkungan tersebut adalah lingkungan yang dapat menjunjung nilai nilai Pancasila, maka moral pada suatu individu akan terbentuk dengan baik begitupun sebaliknya.

Terdapat faktor yang mempengaruhi kecacatan nilai moral yaitu:
1. Kurangnya pendidikan moral di lingkungan keluarga
2 . Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan lingkungan agama di setiap individu

Maka dari itu pemerintah dan masyarakat harus saling bekerja sama dalam memperbaiki lingkungan sehingga nilai dan moral pada anak akan terjaga dengan baik. Moral dianggap sebagai suatu tindakan penting yang harus ditanamkan dan dikembangkan oleh setiap individu untuk membantu pembangunan bangsa dan negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Elyna Aprilia 2253053009 གིས-
Nama : Elyna Aprilia
NPM : 2253053009
Kelas : 3F

Analisis video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral

Perkembangan IPTEK menjadi utama kemerosotan nilai nilai moral yang terdapat pada remaja remaja-remaja di Indonesia, sehingga permasalahan mengenai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia. moral sendiri memiliki memiliki arti abstrak dan tidak berwujud. Pendidikan moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. Suseno dalam Sigit Muryono (2011) bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak, dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari. Pendidikan moral ditumbuh kembangkan di lingkungan sekolah atau juga di lingkungan di rumah, yaitu faktor keluarga dan juga faktor masyarakat Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta keadilan setiap masyarakat. Ada tiga faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan moral, yakni kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, serta kurangnya peranan dari agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri. Maka dari itu, untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Pada usia remaja menuju dewasa khususnya bagi para mahasiswa, pembentukan moral dan karakter seharusnya bisa dikondisikan dan dibenahi melalui diri sendiri tetapi di perkuliahan mahasiswa akan diberikan pembelajaran mengenai moral pada mata kuliah pendidikan Pancasila untuk menyempurnakan pembentukan dari moral yang sudah dimiliki. Mahasiswa sendiri perlu membantu dan membentuk susunan moral di lingkungannya agar tercipta rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Sehingga dapat dikatakan bahwa moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan bagi setiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan ditetapkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Vita Novianti 2213053238 གིས-
Nama : Vita Novianti
NPM: 2213053238
Kelas : 3F

Analisis video 2
" Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral"

Banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari media sosial maupun media elektronik yang menginformasikan tentang tindakan-tindakan negatif yang dilakukan oleh generasi muda yang berkaitan dengan kemerosotan moral. Kemerosotan moral sendiri tentu ada penyebab didalamnya. Faktor penyebab kemerosotan moral antara lain adalah IPTEK. Sekarang adalah jaman modern, dimana perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat. Kehidupan kita sehari-hari sangat dipermudah dengan kecanggihan teknologi dan informasi tersebut. Namun, dibalik dampak positif tersebut IPTEK juga memiliki dampak yang negatif terkhusus bagi karakter seseorang. Permasalahan moral menjadi masalah utama yang harus diselesaikan oleh dunia pendidikan di Indonesia.

Pendidikan moral menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran moral anak. Disamping itu, lingkungan pun memiliki tanggungjawab yang besar terhadap moralitas anak. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap karakter anak. Oleh sebab itu, perlu adanya usaha untuk menciptakan lingkungan yang baik agar dapat meningkatkan kualitas moral. Ketika seseorang berada dilingkup lingkungan yang baik yang didalamnya terdapat hal-hal positif maka seseorang itu pun terpengaruh dan akan menjadi kebiasaan untuk senantiasa bertindak positif.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Selly Defi Maharani 2253053024 གིས-
Nama : Selly Defi Maharani
Npm : 2253053024

Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral

Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral dapat memiliki dampak signifikan pada perkembangan nilai-nilai dan karakter individu.
Adapun 3 faktor yang menyebabkan krisisnya moral yaitu kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga,adanya pengaruh dari globalisasi,dan kurangnya peranan dari agama dan lingkungannya.Moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan bagi setiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya. Sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ada dan ditetapkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Annida Dwi Kirasti 2213053220 གིས-
Nama : Annida Dwi Kirasti
Npm : 2213053220
Kelas : 3F

Analisis Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral:

Pendidikan moral dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, termasuk keluarga, sekolah, dan masyarakat. Lingkungan keluarga dapat membentuk nilai-nilai moral anak melalui contoh, pembicaraan, dan norma yang diterapkan. Di sekolah, lingkungan pembelajaran yang mendukung moralitas dapat meningkatkan kesadaran etika siswa. Sementara itu, pengaruh masyarakat melalui budaya dan norma dapat membentuk perspektif moral individu.

Ketika lingkungan keluarga memberikan nilai-nilai moral yang konsisten, anak cenderung menginternalisasi norma tersebut. Sekolah berperan sebagai agen pembentuk karakter dengan menciptakan atmosfer positif yang mendorong sikap dan perilaku moral. Namun, jika lingkungan ini tidak konsisten atau bahkan bertentangan, hal ini dapat membingungkan anak dalam memahami moralitas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

yunita Lestari 2213053219 གིས-
Nama : Yunita Lestari
NPM : 2213053219
Kelas : 3F

Analisis Video 2
Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral

Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral sangat signifikan dalam membentuk karakter dan moralitas anak-anak lingkungan di sekitar individu, termasuk keluarga, sekolah, teman sebaya, dan media massa berperan penting dalam pembentukan nilai-nilai dan etika yang dianut seseorang. Perkembangan Iptek memberikan dampak ganda terhadap pendidikan moral khususnya pada remaja-remaja di Indonesia, di satu sisi iptek dapat memberikan akses luas terhadap informasi, memperluas wawasan, dan meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai moral. Namun di sisi lain, iptek juga membawa dampak negatif, seperti maraknya konten negatif di media sosial, penyebaran informasi yang tidak benar, dan dekatnya akses remaja terhadap materi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai moral yang dijunjung tinggi.
Adapun tiga faktor yang menyebabkan krisisnya pendidikan moral yaitu
-Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
-Adanya pengaruh dari globalisasi
-Kurangnya peranan dari agama di lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Santika Tri Adelia Putri 2213053055 གིས-
Nama : Santika Tri Adelia Putri
NPM : 2213053055
Kelas : 3F

Analisis video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral

Perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemrosotan moral setiap pada remaja di Indonesia. Sehingga permasalahan nilai dan moral ini perlu menjadi perhatian masyarakat. Pendidikan moral juga merupakan usaha nyata untuk membentuk moralitas pendidik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.

Dikemukakan oleh Suseno dalam Sigit Muryono (2011) mengemukakan bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk atau layak, tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri. Moral biasanya diajarkan oleh orang tua dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari. Pendidikan moral ditumbuh kembangkan oleh pendidikan dan juga di lingkungan sekitar. Pendidikan moral dipengaruhi okeh faktor keluarga dan faktor masyarakat. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari tingkah laku yang sesuai dengan lingkungan. Dengan adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta keadilan setiap masyarakat.

Ada 3 faktor yang penyebab terjadinya krisis pendidikan moral yaitu :
1. Kurangnya pendidikan moral pada keluarga.
2. Adanya pengaruh globalisasi.
3. Kurangnya peranan dari agama dan lingkungannya maupun dari individu itu sendiri.
Maka dari itu, untuk membentuk kualitas anak yang baik perlu adanya keikutsertaan dari pemerintah dan masyarakat untuk membenahi lingkungan yang tidak layak dalam pertumbuhan moral setiap individu. Moral juga dikatakan sebagai tindakan yang penting untuk ditanamankan dan dikembangkan dalam setiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negara. Sebab dengan adanya moral yang baik akan menjadi cerminan setiap individu dalam bersikap dan bertindak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Anis Sarlia གིས-

Nama: Anis Sarlia Putri

Npm: 2213053173

Analisis video 2 (pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral)

Perkembangan IPTEK menjadi perhatian masyarakat Indonesia saat ini yang menyebabkan kemerosotan moral pada remaja penerus bangsa terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan moral sangatlah penting untuk membentuk moralitas peserta didik menjadi generasi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral. Pendidikan moral akan terlahir sesuai dengan lingkungan dimana anak itu berada karena lingkungan merupakan faktor penentu pembentukan nilai moral anak yang baik atau buruk.

Untuk dapat membentuk moral yang baik pada anak tidak hanya dilakukan melalui program penyuluhan saja tetapi pemerintah dan masyarakat harus turun tangan dalam mengatasi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral anak dan menciptakan lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, moral sangatlah penting ditanamkan dengan baik untuk anak bangsa dan negaranya sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai moral yang sudah ditetapkan dan akan disenangi oleh banyak orang.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Fara Adilia 2213053003 གིས-
Nama : Fara Adilia
NPM : 2213053003
Lingkungan memiliki peran besar dalam membentuk pendidikan moral. Keluarga, sekolah, lingkungan sosial, dan media semuanya berkontribusi dalam membentuk nilai-nilai moral seseorang. Keluarga memberikan dasar nilai-nilai, sekolah memberikan pengajaran formal, lingkungan sosial memengaruhi perilaku, dan media memberikan contoh yang bisa memengaruhi persepsi moral seseorang. Semua ini bersama-sama membentuk landasan pendidikan moral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Presti Saraswati 2213053038 གིས-
Nama : Presti Saraswati
NPM : 2213053038
Kelas : 3F

“Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral”

Faktor utama kemerosotan nilai-nilai moral terutama pada remaja terjadi karena perkembangan IPTEK. Sehingga masyarakat Indonesia harus menemukan solusi untuk dapat mengatasi mengatasi kemerosotan nilai moral saat ini. Pendidikan nilai moral usaha dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa Indonesia yang takwa kepada Tuhan YME, dan bermoral dan memiliki etika yang baik.

Moral yaitu baik buruknya manusia, artinya moral dilihat dari sikap baiknya manusia tersebut. Moral bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orang tua, lingkungan masyarakat dan lingkungan pendidikan. Faktor yang menjadi krisis moral yaitu terjadi karena kurangnya pendidikan moral dari orang tua, pengaruh globalisasi, dan pengaruh lingkungan sekitar. Oleh karena itu untuk membentuk moral yang baik tidak bisa dilakukan dengan hanya melalui penyuluhan, tetapi dapat dilakukan dengan cara masyarakat/pemerintah turun tangan dalam membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan setiap individu dan membangun lingkungan baru yang dapat menumbuhkan perkembangan moral seseorang dalam berbagai aspek terutama dalam moral dan karakternya.

Moral merupakan tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan oleh setiap individu untuk mengembangkan bangsa dan agamanya. Moral yang baik bisa dijadikan cerminan dalam bersikap dan bertindak oleh setiap individu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Nazila Amryna 2213053140 གིས-
Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140
Kelas : 3F

Analisis video 2

Secara keseluruhan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Indonesia tampaknya berkontribusi pada kemerosotan moral remaja. Perhatian terhadap isu moral di masyarakat menunjukkan pentingnya pendidikan moral sebagai upaya nyata membentuk generasi yang takwa, bermoral, dan memiliki etika yang baik. Meskipun pendidikan moral dilakukan di sekolah dan dalam lingkungan keluarga, krisis moral muncul akibat kurangnya perhatian dalam hal ini, dipengaruhi oleh globalisasi, dan minimnya peran agama. Untuk mengatasi hal ini, perlu kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan individu untuk membenahi lingkungan yang mendukung pertumbuhan moral, terutama melalui pendidikan Pancasila.

Dalam konteks pendidikan tinggi, khususnya bagi mahasiswa, pembentukan moral dan karakter harus menjadi bagian integral dari pengembangan pribadi. Meskipun mahasiswa dapat mengkondisikan dan membenahi moralitas mereka sendiri, pentingnya pembelajaran moral melalui mata kuliah pendidikan Pancasila di perguruan tinggi menjadi semakin signifikan. Melalui inisiatif personal dan dukungan lingkungan akademis, mahasiswa dapat membentuk suasana moral yang mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan, musyawarah untuk rakyat, dan keadilan. Dengan demikian, moralitas individu menjadi kunci untuk membentuk sikap dan tindakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan demi membangun bangsa dan negara yang berkualitas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Okta Rizkika Ramadhona 2213053191 གིས-
Okta Rizkika Ramadhona
2213053191
3F

#PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENDIDIKAN MORAL#

Dalam video tersebut dibahas dikemukakan oleh Menurut Suseno (1987: 19) kata moral selalu mengacu pada baik-buruknya manusia sebagai manusia. Pengertian moral tidak hanya mengacu pada baik buruknya saja, misalnya sebagai dosen, tukang masak, pemain bulu tangkis atau penceramah, melainkan sebagai manusia yang bertanggung jawab terhadap profesinya.

lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap pendidikan, dimana dengan adanya faktor- faktor pendukung seperti sikap positif dari orang tua, pergaulan yang baik dengan teman sebaya serta motivasi yang selalu diberikan guru di sekolah.
Lingkungan adalah salah satu faktor yang paling besar pengaruhnya bagi pendidikan. Lingkungan mempengaruhi perkembangan karakter anak. Bila anak tumbuh dan berkembang di lingkungan yang baik, santun, dan taat beragama maka anak pun akan tercetak menjadi pribadi yang baik.
Begitupun secara garis besar Yakni dengan judul pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral Lingkungan sangat berpengaruh bagi pendidikan moral yakni jika di lingkungan masyarakatnya terdapat banyak dikelilingi orang yang tidak bermoral maka diri kita sendiri juga akan otomatis mengikuti karakteristik dari lingkungan tersebut
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Septiana Sabila 2213053105 གིས-
Nama :Septiana Sabila
NPM: 2213053105
Kelas: 3F
Analisis Vidio 2
PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENDIDIKAN MORAL
Dalam pembentukan moral terdapat hal penting yang menjadi faktor utama, yakni lingkungan. Moral terbentuk oleh lingkungan dimana seseorang hidup atau tinggal disekitarnya. Terdapat empat jenis lingkungan yang dapat membentuk dan mempengaruhi moral seseorang. Yang pertama adalah lingkungan keluarga, ini merupakan lingkungan utama seseorang hidup dan tumbuh. Keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam meberikan contoh kepada anggota keluarga lainnya, dimana mereka pasti bertemu setiap hari bahkan setiap waktu. Hal utama yang mempengaruhi pembentukan moral seseorang didalam lingkungan keluarganya adalah sikap dan kebiasaan orang tua, lalu juga pola asuh yang diberikan. Misalkan jika orang tua mempunyai kebiasaan yang baik maka sang anak akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya, begitu pula sebaliknya. Selain itu dukungan dari orang tua dan anggota keluarga lainnya juga menjadi hal yang tidak kalah penting dalam menyumbang pembentukan moral seseorang dalam lingkungan keluarga.

Lingkungan yang kedua yaitu sekolah. Sekolah menjadi lingkungan keduan pembentuk moral seseorang setelah lingkungan keluarga. Di sekolah seseorang akan bertemu dengan pendidik yang menjadi agen perubahan dan juga teman-teman sebayanya. Mereka dapat memberikan pengaruh kepada perilaku seseorang. Dalam pergaulannya dengan beberapa teman akan menentukan apakah perilaku yang diterapkan oleh seseorang tersebut merupakan moral yang baik atau buruk. Sedangkan peran guru sebagai pendidik adalah menjadi pemberi contoh dan mediator antara seseorang dengan temen-temannya ataupun dengan orangtuanya.
Lalu yang terakhir adalah lingkungan sosial masyarakat. Lingkungan ini menjadi yang paling luas dalam kehidupan individu dalam menerapkan moral yang ia dapatkan dari berbagai macam kepribadian setiap orang yang ditemui. Keadaan demografi, kultur budaya, agama, adat dan kebiasaan yang berbagai macam menjadi faktor dalam pembentukan moral seseorang dalam lingkungan sosial. Interaksi seseorang misalnya dengan adat dan kebiasaan yang berbeda dengan adat dan kebiasaannya sendiri akan membawa dampak perubahan moral dalam dirinya. Tergantung bagaimana seseorang tersebut dapat mengaturnya, apakah akan berdampak lebih baik atau bahkan menyimpang.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Nida Rahmaniya Hakim 2213053222 གིས-
Nama : Nida Rahmaniya Hakim
NPM : 2213053222

Analisis Video 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral

Dalam video terlampir, disebutkan bahwa perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral remaja di Indonesia. Hal ini menjadikan permasalahan moral pusat perhatian oleh sebagian besar masyarakat dan tuntutan agar solusi permasalahan tersebut segera ditemukan. Tentu, peran pendidik serta pendidikan penting dalam rangka membentuk moralitas anak didik sebagai usaha untuk menciptakan generasi bermoral yang memiliki takwa kepada Tuhan YME. Selain itu, lingkungan sekitar juga memiliki peran besar dalam pengaruh pembentukan dan perkembangan moral seseorang. Baik dan buruk lingkungan tempat seseorang tumbuh dan menetap akan merefleksikan kepada bagaimana individu bersikap di masyarakat yang lebih luas. Oleh karenanya, alangkah baiknya jika dilakukan sosialisasi dan edukasi di setiap lingkungan baik itu di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Hasa Hesta Wahid 2213053042 གིས-
Nama : Hasa Hesta Wahid
NPM : 2213053042

Pentingnya peran pendidikan dalam membentuk akhlak anak diakui sebagai langkah nyata dalam membentuk generasi bertakwa dan berakhlak mulia. Akhlak diartikan sebagai aturan tentang benar dan salah, yang diturunkan dari agama, orang tua, dan lingkungan hidup sehari-hari. Pendidikan moral dalam keluarga, dampak globalisasi dan peran agama dapat mempengaruhi pembentukan moralitas. Etika yang baik dikatakan berasal dari perilaku yang sesuai dengan lingkungan dan nilai-nilai Pancasila. Penyebab rendahnya pendidikan moral ada tiga, yaitu kurangnya pendidikan moral dalam keluarga, pengaruh globalisasi dan kurangnya peran agama. Untuk meningkatkan kualitas moral anak, diperlukan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk memperbaiki lingkungan yang tidak kondusif bagi perkembangan moral.

Pembinaan akhlak pada masa remaja hingga dewasa khususnya melalui perkuliahan dapat dilakukan melalui pembelajaran etika pada mata kuliah pendidikan Pancasila. Pembentukan etika pribadi juga memerlukan masukan dan dukungan dari lingkungan, menciptakan rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Etika dianggap sebagai tindakan penting yang harus dilakukan setiap individu untuk berkontribusi terhadap pembangunan negara dan negara, dan diwujudkan melalui perilaku yang diapresiasi tinggi oleh orang-orang di sekitarnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Tria Selvia གིས-
Nama : Tria Selvia
NPM : 2213053358

Analisis Video 2

Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral

Perkembangan IPTEK menjadi salah satu faktor kemerosotan nilai nilai moral yang terdapat pada remaja remaja di Indonesia, moral memiliki makna rasa dan tidak berwujud, sedangkan pendidikan moral adalah usaha nyata dalam memenuhi bentuk moralitas pada anak didik sehingga menjadi generasi bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan dan memiliki etika yang baik dalam masyarakat. Pendidikan moral dikembangkan di dalam lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat, setiap perilaku moral dalam individu akan muncul tergantung dengan lingkungan dimana mereka berada, jika lingkungan tersebut adalah lingkungan yang dapat menjunjung nilai nilai Pancasila, maka moral pada suatu individu akan terbentuk dengan baik begitupun sebaliknya.
Terdapat faktor yang mempengaruhi kecacatan nilai moral yaitu:
1. Kurangnya pendidikan moral di lingkungan keluarga
2 . Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan lingkungan agama di setiap individu
Maka dari itu pemerintah dan masyarakat harus saling bekerja sama dalam memperbaiki lingkungan sehingga nilai dan moral pada anak akan terjaga dengan baik
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Aulia Amanah 2213053126 གིས-
nama : aulia amanah
npm : 2213053126

pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral
perkembangan iptek menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kemerotan moral khususnya pada remaja, moral sendiri diartikan sebagi tindakan baik buruk manusia atau aturan benar dan salah. pada dasarnya moral akan terbentuk sesua lingkungan individu tersebut maka pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral sangatlah penting apabila lingkungan tidak membrikan contoh moral yang baik maka seseorang akan meniru tingkah dari individu di lingkungan nya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Irvanda Julian Awal 2213053069 གིས-
Nama: Irvanda Julian Awal
NPM: 2213053069
Kelas: 3F

Analisis Video 2

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa pada suatu lingkungan terdapatnya nilai-nilai yang baik tapi perkembangan iptek saat menyebabkan terjadinya kemerosotan moral pada setiap orang terutama pada generasi muda.

Lingkungan sangat berperan penting pada pendidikan moral seseorang seperti di lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggalnya karena dari situlah seseorang belajar tentang nilai-nilai yang baik dalam hidup bermasyarakat karena memiliki moral yang baik menjadi cerminan karakter sikap orang tersebut dan berperan penting dalam kemajuan bangsa di masa yang akan datang agar bangsa ini memiliki masyarakat yang memiliki moral yang baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Arif Rahman Hakim 2213053294 གིས-
Nama : Arif Rahman Hakim
Npm : 2213053294
Kelas : 3/F
Analisis vidio tentang pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral. Pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan masyarakat setempat. Terdapat 3 faktor penyebab terjadinya krisis moral yaitu kurangnya pendidikan moral dalam keluarga, globalisasi, Kurangnya peranan agama dari keluarga maupun lingkungannya maupun dari individu itu sendiri. Pada hakekatnya lingkungan sangat berpengaruh bagi perkembangan sikap dan perilaku anak, bila anak berada dalam lingkungan yang baik maka akan memberikan pengaruh yang baik bagi perkembangan karakter anak, dan begitu juga sebaliknya lingkungan yang tidak baik juga dapat memberikan pengaruh yang tidak baik bagi perkembangan sikap dan perilaku anak, manusia tidak bisa melepaskan diri secara mutlak dari pengaruh lingkungan karena lingkungan senantiasa tersedia di sekitarnya. Oleh karena itu, untuk membangun kualitas anak-anak bangsa yang bermoral baik, tidak bisa hanya memberikan berbagai penyuluhan dan sebagainya, pemerintah dan masyarakat juga harus bekerjasama untuk membenahi lingkungan hidup yang tidak layak bagi pertumbuhan moral anak dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang anak dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

LIZA DWI WAHYUNI 2253053015 གིས-
Nama : Liza dwi wahyuni
Kelas : 3 F
Npm: 2253053015

Analisis video 2

Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral

Pendidikan moral tidak hanya berlangsung di sekolah, tetapi juga di rumah, dan masyarakat.
Perilaku moral seseorang diekspresikan sebagai respons terhadap lingkungan di mana ia berada.
Lingkungan yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila akan membentuk moralitas seseorang, yang terjadi justru sebaliknya.
Rendahnya semangat kerja dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Febrianti Azzahra 2213053208 གིས-
Nama : Febrianti Azzahra
NPM: 2213053208
Kelas: 3 F

Analisis Vidio 2
Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral

Berdasarkan video tersebut ada tiga faktor yang menjadi penyebab krisisnya pendidikan moral, yakni kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, serta kurangnya peranan dari agama lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri. Maka dari itu, untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya.