Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.
Forum Analisis Video 2
Nama : Jeky Septa Anggara
NPM : 2213053253
Kelas : 3F
Analisis Video 2 [ Potret Pendidikan di Dusun Terpencil ]
Salah satu yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah adalah bagaimana memeratakan pendidikan di Indonesia. Seperti yang terlihat, bahwasannya masih ada di Indonesia yaitu sekolah - sekolah yang masih memiliki fasilitas sarana belajar mengajar yang terbatas. Hal ini sering dijumpai di daerah terpencil. Salah satunya yakni di SDN Glak NTT. Sebagian siswa terpaksa belajar di teras kelas lantaran jumlah kelas yang tidak memadai.
Selain itu sarana jalan menuju ke sekolah juga terbilang sangat kurang. Saat pandemi covid-19 sekolah ini juga tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara daring lantaran fasilitas yang kurang memadai. Meskipun demikian, para siswa tetap bersemangat untuk belajar di sekolah. Pemerataan di dunia pendidikan memang menjadi fokus utama. Hal ini agar seluruh generasi muda dapat merasakan dan menerima kelayakan dan kenyamanan dalam proses belajar. Oleh karena itu pemerintah harus lebih intensif dalam mengatasi permasalahan seperti ini.
NPM : 2213053253
Kelas : 3F
Analisis Video 2 [ Potret Pendidikan di Dusun Terpencil ]
Salah satu yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah adalah bagaimana memeratakan pendidikan di Indonesia. Seperti yang terlihat, bahwasannya masih ada di Indonesia yaitu sekolah - sekolah yang masih memiliki fasilitas sarana belajar mengajar yang terbatas. Hal ini sering dijumpai di daerah terpencil. Salah satunya yakni di SDN Glak NTT. Sebagian siswa terpaksa belajar di teras kelas lantaran jumlah kelas yang tidak memadai.
Selain itu sarana jalan menuju ke sekolah juga terbilang sangat kurang. Saat pandemi covid-19 sekolah ini juga tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara daring lantaran fasilitas yang kurang memadai. Meskipun demikian, para siswa tetap bersemangat untuk belajar di sekolah. Pemerataan di dunia pendidikan memang menjadi fokus utama. Hal ini agar seluruh generasi muda dapat merasakan dan menerima kelayakan dan kenyamanan dalam proses belajar. Oleh karena itu pemerintah harus lebih intensif dalam mengatasi permasalahan seperti ini.
Nama : Kinanti Dyah
Kelas : 3F
NPM : 2213053015
Para siswa SD Negeri di Gelar, Kabupaten Sikka, tampaknya membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Sekolah di dusun terpencil ini menghadapi tantangan besar, terutama karena kekurangan ruang kelas. Mereka bahkan harus menggunakan teras sebagai ruang kelas karena hanya memiliki enam ruangan, di mana lima di antaranya digunakan sebagai kelas dan satu untuk ruang guru.
Keadaan ini semakin memburuk karena tidak ada ruang perpustakaan, bahkan jaringan telekomunikasi pun belum tersedia di wilayah tersebut. Selama pandemi, ketika pemerintah mendorong pembelajaran dari rumah, sekolah ini kesulitan melaksanakannya. Para siswa harus berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa belajar di sekolah.
Kekurangan ruang belajar juga membuat beberapa kelas harus dilaksanakan di luar ruangan, dengan risiko terganggu oleh cuaca buruk. Selain itu, kurangnya fasilitas seperti atap di luar ruangan membuat kondisi belajar menjadi sulit, terutama saat hujan atau panas terik.
Harapan mereka sangat sederhana: pemerintah diharapkan dapat memberikan perhatian lebih untuk membangun setidaknya satu ruang kelas tambahan. Dengan adanya fasilitas yang memadai, para siswa di Gelar dapat belajar dengan lebih aman dan nyaman. Semoga pemerintah segera menyadari kebutuhan ini dan memberikan solusi yang tepat untuk mendukung pendidikan di daerah tersebut.
Kelas : 3F
NPM : 2213053015
Para siswa SD Negeri di Gelar, Kabupaten Sikka, tampaknya membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Sekolah di dusun terpencil ini menghadapi tantangan besar, terutama karena kekurangan ruang kelas. Mereka bahkan harus menggunakan teras sebagai ruang kelas karena hanya memiliki enam ruangan, di mana lima di antaranya digunakan sebagai kelas dan satu untuk ruang guru.
Keadaan ini semakin memburuk karena tidak ada ruang perpustakaan, bahkan jaringan telekomunikasi pun belum tersedia di wilayah tersebut. Selama pandemi, ketika pemerintah mendorong pembelajaran dari rumah, sekolah ini kesulitan melaksanakannya. Para siswa harus berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa belajar di sekolah.
Kekurangan ruang belajar juga membuat beberapa kelas harus dilaksanakan di luar ruangan, dengan risiko terganggu oleh cuaca buruk. Selain itu, kurangnya fasilitas seperti atap di luar ruangan membuat kondisi belajar menjadi sulit, terutama saat hujan atau panas terik.
Harapan mereka sangat sederhana: pemerintah diharapkan dapat memberikan perhatian lebih untuk membangun setidaknya satu ruang kelas tambahan. Dengan adanya fasilitas yang memadai, para siswa di Gelar dapat belajar dengan lebih aman dan nyaman. Semoga pemerintah segera menyadari kebutuhan ini dan memberikan solusi yang tepat untuk mendukung pendidikan di daerah tersebut.
Okta Rizkika Ramadhona
2213053191
3F
•POTRET PENDIDIKAN DI DUSUN TERPENCIL•
Dalam video tersebut dapat diambil analisis yakni masih banyak sekali sekolah di pelosok dusun terpencil yang perlu mendapat perhatian khusus pemerintah terutama dalam pembangunan ruang kelas, dan juga dalam pengadaan jaringan internet, agar anak anak yang ingin sekolah dapat berjalan dengan nyaman, karena di dusun tersebut masih ada sekolah yang fasilitas sekolah tidak tersedia bahkan kekurangan ruang kelas, sehingga harus melakukannya KBM di ruang kelas dan terkena panasnya matahari dan juga hujan secara langsung.
2213053191
3F
•POTRET PENDIDIKAN DI DUSUN TERPENCIL•
Dalam video tersebut dapat diambil analisis yakni masih banyak sekali sekolah di pelosok dusun terpencil yang perlu mendapat perhatian khusus pemerintah terutama dalam pembangunan ruang kelas, dan juga dalam pengadaan jaringan internet, agar anak anak yang ingin sekolah dapat berjalan dengan nyaman, karena di dusun tersebut masih ada sekolah yang fasilitas sekolah tidak tersedia bahkan kekurangan ruang kelas, sehingga harus melakukannya KBM di ruang kelas dan terkena panasnya matahari dan juga hujan secara langsung.
Nama : Ilma Fuadah
NPM : 2213053225
Kelas : 3F
Pendidikan di Indonesia seharusnya memiliki perhatian khusus dari pemerintah agar pendidikan di Indonesia merata. Seperti dalam video, Siswa di SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang kekurangan ruang kelas sehingga terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Sekolah tersebut terletak di kaki gunung berapi Egon dan hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan digunakan sebagai ruang kelas dan 1 ruangan digunakan sebagai ruang guru. Di sekolah sekolah tersebut tidak mempunyai perpustakaan kelas. Akan tetapi, para siswa tetap bersemangat untuk berangkat sekolah meskipun setiap harinya harus berjalan kaki hingga 2 km untuk sampai ke sekolah.
Di masa pandemi Covid-19, ketika pemerintah sedang giatnya menganjurkan pembelajaran daring, sekolah ini tidak bisa menerapkannya karena daerah ini tidak memiliki jaringan telekomunikasi. Oleh karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melaksanakan kegiatan sekolah. Pihak sekolah juga berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap situasi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang diperlukan.
NPM : 2213053225
Kelas : 3F
Pendidikan di Indonesia seharusnya memiliki perhatian khusus dari pemerintah agar pendidikan di Indonesia merata. Seperti dalam video, Siswa di SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang kekurangan ruang kelas sehingga terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Sekolah tersebut terletak di kaki gunung berapi Egon dan hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan digunakan sebagai ruang kelas dan 1 ruangan digunakan sebagai ruang guru. Di sekolah sekolah tersebut tidak mempunyai perpustakaan kelas. Akan tetapi, para siswa tetap bersemangat untuk berangkat sekolah meskipun setiap harinya harus berjalan kaki hingga 2 km untuk sampai ke sekolah.
Di masa pandemi Covid-19, ketika pemerintah sedang giatnya menganjurkan pembelajaran daring, sekolah ini tidak bisa menerapkannya karena daerah ini tidak memiliki jaringan telekomunikasi. Oleh karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melaksanakan kegiatan sekolah. Pihak sekolah juga berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap situasi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang diperlukan.
Nama : Hasa Hesta Wahid
NPM : 2213053042
Vidio di atas menggambarkan kondisi yang cukup mengkhawatirkan di SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka. Keterbatasan sarana dan prasarana, seperti kurangnya ruang kelas dan keberadaan jaringan telekomunikasi, menciptakan tantangan nyata bagi pendidikan di sekolah tersebut. Seperti penggunaan teras sebagai ruang kelas mencerminkan adaptasi yang diperlukan untuk mengatasi keterbatasan fisik yang ada di sekolah tersebut. Akan tetapi dengan semangat belajar yang tinggi dari para siswa inilah yang menjadi sebuah aspek positif di dalam situasi yang sulit seperti ini. Meskipun dihadapkan dengan kesulitan akses dan jarak tempuh yang jauh, mereka tetap bersemangat untuk mendapatkan pendidikan. Hal ini menunjukkan ketekunan mereka dalam menghadapi keterbatasan.
Jadi kita sebagai calon pendidik perlu untuk memahami tantangan yang dihadapi oleh sekolah-sekolah di daerah terpencil dan mengingatkan kita akan pentingnya dukungan pemerintah dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.
NPM : 2213053042
Vidio di atas menggambarkan kondisi yang cukup mengkhawatirkan di SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka. Keterbatasan sarana dan prasarana, seperti kurangnya ruang kelas dan keberadaan jaringan telekomunikasi, menciptakan tantangan nyata bagi pendidikan di sekolah tersebut. Seperti penggunaan teras sebagai ruang kelas mencerminkan adaptasi yang diperlukan untuk mengatasi keterbatasan fisik yang ada di sekolah tersebut. Akan tetapi dengan semangat belajar yang tinggi dari para siswa inilah yang menjadi sebuah aspek positif di dalam situasi yang sulit seperti ini. Meskipun dihadapkan dengan kesulitan akses dan jarak tempuh yang jauh, mereka tetap bersemangat untuk mendapatkan pendidikan. Hal ini menunjukkan ketekunan mereka dalam menghadapi keterbatasan.
Jadi kita sebagai calon pendidik perlu untuk memahami tantangan yang dihadapi oleh sekolah-sekolah di daerah terpencil dan mengingatkan kita akan pentingnya dukungan pemerintah dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 2213053171
Kelas : 3F
Analisis Video 2
Peserta didik SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini.
Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
NPM : 2213053171
Kelas : 3F
Analisis Video 2
Peserta didik SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini.
Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Nama : Vita Novianti
NPM: 2213053238
Kelas : 3F
Analisis video 2
" Potret Pendidikan di Dusun Terpencil "
Cuplikan video menggambar tentang anak-anak SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang kekurangan ruang kelas sehingga terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Bahkan disaat pandemi, saat pemerintah mendorong pembelajaran dari rumah sekolah ini tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikarenakan belum tersedianya jaringan telekomunikasi. Para siswa juga harus berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa belajar di sekolah.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwasannya pemerintah memiliki tugas yang penting dalam menghadapi persoalan pendidikan di daerah terpencil. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah pelosok agar pendidikan disana dapat dijalankan dengan baik. Anak-anak sudah seharusnya mendapatkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, dengan fasilitas yang memadai agar kegiatan belajar mengajar dapat dijalankan dengan baik.
NPM: 2213053238
Kelas : 3F
Analisis video 2
" Potret Pendidikan di Dusun Terpencil "
Cuplikan video menggambar tentang anak-anak SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang kekurangan ruang kelas sehingga terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Bahkan disaat pandemi, saat pemerintah mendorong pembelajaran dari rumah sekolah ini tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikarenakan belum tersedianya jaringan telekomunikasi. Para siswa juga harus berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa belajar di sekolah.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwasannya pemerintah memiliki tugas yang penting dalam menghadapi persoalan pendidikan di daerah terpencil. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah pelosok agar pendidikan disana dapat dijalankan dengan baik. Anak-anak sudah seharusnya mendapatkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, dengan fasilitas yang memadai agar kegiatan belajar mengajar dapat dijalankan dengan baik.
Sebagai balasan Kiriman pertama
Re: Forum Analisis Video 2
Nama : Santika Tri Adelia Putri
NPM : 2213053055
Kelas : 3F
Analisis Video 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Para siswa SD Negeri Glak Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Teras sekolah dipakai dalam pembelajaran karena kurangnya ketersediaan ruang kelas. Sekolah ini hanya memiliki 6 ruangan. Meskipun begitu para siswa tetap bersemangat ke sekolah meski harus berjalan kaki 2 km.
Pada saat COVID-19 saat pemerintah mengkampanyekan sekolah daring, sekolah ini tidak dapat melakukannya karena tidak adanya jaringan telekomunikasi. Harapan kepala sekolah ibu Susana Loran dan seluruh pihak sekolah terhadap pemerintah sangat sederhana yaitu membangunkan satu ruang kelas agar anak-anak bisa belajar aman di dalam kelas.
NPM : 2213053055
Kelas : 3F
Analisis Video 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Para siswa SD Negeri Glak Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Teras sekolah dipakai dalam pembelajaran karena kurangnya ketersediaan ruang kelas. Sekolah ini hanya memiliki 6 ruangan. Meskipun begitu para siswa tetap bersemangat ke sekolah meski harus berjalan kaki 2 km.
Pada saat COVID-19 saat pemerintah mengkampanyekan sekolah daring, sekolah ini tidak dapat melakukannya karena tidak adanya jaringan telekomunikasi. Harapan kepala sekolah ibu Susana Loran dan seluruh pihak sekolah terhadap pemerintah sangat sederhana yaitu membangunkan satu ruang kelas agar anak-anak bisa belajar aman di dalam kelas.
Nama: Irvanda Julian Awal
NPM: 2213053069
Kelas: 3F
Analisis Video 2
Dalam video tersebut menggambarkan kondisi SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka yang mengalami keterbatasan dalam ruang belajar gimana sampai ada salah satu kelas yang menggunakan teras kelas untuk kegiatan belajar mengajar bahkan pada saat pandemi covid 19 sekolah ini pun tidak dapat memenuhi kebutuhan pelajar secara daring karena tidak adanya keberadaan jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.
Menurut saya sekolah tersebut sangat memakan perhatian dari pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan dan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif di sekolah.
NPM: 2213053069
Kelas: 3F
Analisis Video 2
Dalam video tersebut menggambarkan kondisi SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka yang mengalami keterbatasan dalam ruang belajar gimana sampai ada salah satu kelas yang menggunakan teras kelas untuk kegiatan belajar mengajar bahkan pada saat pandemi covid 19 sekolah ini pun tidak dapat memenuhi kebutuhan pelajar secara daring karena tidak adanya keberadaan jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.
Menurut saya sekolah tersebut sangat memakan perhatian dari pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan dan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif di sekolah.
Nama:Depi Septiani
Npm:2253053005
Kelas:3F
Analisis video 2
" Potret Pendidikan di Dusun Terpencil "
Dalam video tersebut anak-ank SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang membutuhkan oerhatian lebih dari pemerintah . Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon ini hanya memiliki 6 ruangan yang mana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Bahkan perpustakaan saja sekolah ini tidak punya.Meski demekian , anak-anak disekolah ini tetap semangat untuk sekolah meskipun jaraknya jauh dan hanya berjalan kaki sejauh 2km untuk sampai disekolah tersebut.Saat masa Covid-19 pun sekolah ini tidak dapat melakukan pembelajaran secara daring karena tidak adanya jaringan telekomunikasi. Jadi pihak sekolah pun berharap, kepada pemerintah untuk bisa menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar.
Npm:2253053005
Kelas:3F
Analisis video 2
" Potret Pendidikan di Dusun Terpencil "
Dalam video tersebut anak-ank SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang membutuhkan oerhatian lebih dari pemerintah . Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon ini hanya memiliki 6 ruangan yang mana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Bahkan perpustakaan saja sekolah ini tidak punya.Meski demekian , anak-anak disekolah ini tetap semangat untuk sekolah meskipun jaraknya jauh dan hanya berjalan kaki sejauh 2km untuk sampai disekolah tersebut.Saat masa Covid-19 pun sekolah ini tidak dapat melakukan pembelajaran secara daring karena tidak adanya jaringan telekomunikasi. Jadi pihak sekolah pun berharap, kepada pemerintah untuk bisa menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar.
Sebagai balasan Kiriman pertama
Re: Forum Analisis Video 2
Nama : Amanda Gita Devi Rahmawati
NPM : 2213053092
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Para siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas.Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini. Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah.
Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
NPM : 2213053092
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Para siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas.Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini. Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah.
Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Nama : Richia Deha Azizah
NPM : 2213053024
Kelas : 3F
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil "
Berdasarkan video yang telah saya lihat menggambar tentang anak-anak SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang kekurangan ruang kelas sehingga terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Bahkan disaat pandemi, saat pemerintah mendorong pembelajaran dari rumah sekolah ini tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikarenakan belum tersedianya jaringan telekomunikasi. Para siswa juga harus berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa belajar di sekolah. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki enam ruangan. Dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan satu ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini.
Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Oleh karna itu pemerintah memiliki tugas yang penting dalam menghadapi persoalan pendidikan di daerah terpencil. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah pelosok agar pendidikan disana dapat dijalankan dengan baik. Anak-anak sudah seharusnya mendapatkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, dengan fasilitas yang memadai agar kegiatan belajar mengajar dapat dijalankan dengan baik.
NPM : 2213053024
Kelas : 3F
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil "
Berdasarkan video yang telah saya lihat menggambar tentang anak-anak SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang kekurangan ruang kelas sehingga terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Bahkan disaat pandemi, saat pemerintah mendorong pembelajaran dari rumah sekolah ini tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikarenakan belum tersedianya jaringan telekomunikasi. Para siswa juga harus berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa belajar di sekolah. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki enam ruangan. Dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan satu ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini.
Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Oleh karna itu pemerintah memiliki tugas yang penting dalam menghadapi persoalan pendidikan di daerah terpencil. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah pelosok agar pendidikan disana dapat dijalankan dengan baik. Anak-anak sudah seharusnya mendapatkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, dengan fasilitas yang memadai agar kegiatan belajar mengajar dapat dijalankan dengan baik.
Nama : Maya Nurdianti
Kelas : 3F
NPM : 2213053230
Analisis Video 2
Video ini menjelaskan tentang kondisi yang cukup mengkhawatirkan di SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka. Keterbatasan sarana dan prasarana, seperti kurangnya ruang kelas dan keberadaan jaringan telekomunikasi, menciptakan tantangan nyata bagi pendidikan di sekolah tersebut. Seperti penggunaan teras sebagai ruang kelas mencerminkan adaptasi yang diperlukan untuk mengatasi keterbatasan fisik yang ada di sekolah tersebut. Akan tetapi dengan semangat belajar yang tinggi dari para siswa inilah yang menjadi sebuah aspek positif di dalam situasi yang sulit seperti ini. Meskipun dihadapkan dengan kesulitan akses dan jarak tempuh yang jauh, mereka tetap bersemangat untuk mendapatkan pendidikan.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwasannya pemerintah memiliki tugas yang penting dalam menghadapi persoalan pendidikan di daerah terpencil. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah pelosok agar pendidikan disana dapat dijalankan dengan baik.
Kelas : 3F
NPM : 2213053230
Analisis Video 2
Video ini menjelaskan tentang kondisi yang cukup mengkhawatirkan di SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka. Keterbatasan sarana dan prasarana, seperti kurangnya ruang kelas dan keberadaan jaringan telekomunikasi, menciptakan tantangan nyata bagi pendidikan di sekolah tersebut. Seperti penggunaan teras sebagai ruang kelas mencerminkan adaptasi yang diperlukan untuk mengatasi keterbatasan fisik yang ada di sekolah tersebut. Akan tetapi dengan semangat belajar yang tinggi dari para siswa inilah yang menjadi sebuah aspek positif di dalam situasi yang sulit seperti ini. Meskipun dihadapkan dengan kesulitan akses dan jarak tempuh yang jauh, mereka tetap bersemangat untuk mendapatkan pendidikan.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwasannya pemerintah memiliki tugas yang penting dalam menghadapi persoalan pendidikan di daerah terpencil. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah pelosok agar pendidikan disana dapat dijalankan dengan baik.
Nama: Fatimatuz Zahro
NPM: 2213053160
Kelas: 3F
Protet Pendidikam di Dusun Terpencil
Sebuah sekolah yang terletak di salah satu desa terpencil di Indonesia melakukam kegiatam belajar mengajar di teras kelas, hal ini dikarenakan tidak adanya ruang kelas yang bisa dipakai untuk kegiatan prosea mengajar, dimana sekolah hanya memiliki 6 ruangan, 5 ruangan adalah ruangan kelas dan sisanya adalah ruangan guru. Setiap hari siswa berjalan sepanjang 2 km untuk bisa belajar di sekolah tersebut, pada masa pandemi dimana pemerintah memberikan amanat untuk belajar secara daring, sekolah dan siswa tidak mampu untuk melakukannya, karena tidak adanya jaringan komunikasi, sehingga pada masa pandemi siswa harus aktif belajar di sekolah. Pemerintah harus buka mata melihat apa yang terjadi di sekolah tersebut, sehingga sarana dan prasaran sekolah dapat lebih memadi dan proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara optimal
NPM: 2213053160
Kelas: 3F
Protet Pendidikam di Dusun Terpencil
Sebuah sekolah yang terletak di salah satu desa terpencil di Indonesia melakukam kegiatam belajar mengajar di teras kelas, hal ini dikarenakan tidak adanya ruang kelas yang bisa dipakai untuk kegiatan prosea mengajar, dimana sekolah hanya memiliki 6 ruangan, 5 ruangan adalah ruangan kelas dan sisanya adalah ruangan guru. Setiap hari siswa berjalan sepanjang 2 km untuk bisa belajar di sekolah tersebut, pada masa pandemi dimana pemerintah memberikan amanat untuk belajar secara daring, sekolah dan siswa tidak mampu untuk melakukannya, karena tidak adanya jaringan komunikasi, sehingga pada masa pandemi siswa harus aktif belajar di sekolah. Pemerintah harus buka mata melihat apa yang terjadi di sekolah tersebut, sehingga sarana dan prasaran sekolah dapat lebih memadi dan proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara optimal
Nama : Elyna Aprilia
NPM: 2253053009
Kelas: 3F
Analisis video 2
Potret pendidikan di dusun terpencil
siswa di SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka terpaksa belajar mengajar di teras kelas, karena hanya memiliki 6 ruangan dengan 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini, untuk ke sekolahpun mereka harus berjalan kaki hingga 2 km, kurangnya fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai untuk perlu memberikan perhatian pada sekolah tersebut.
NPM: 2253053009
Kelas: 3F
Analisis video 2
Potret pendidikan di dusun terpencil
siswa di SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka terpaksa belajar mengajar di teras kelas, karena hanya memiliki 6 ruangan dengan 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini, untuk ke sekolahpun mereka harus berjalan kaki hingga 2 km, kurangnya fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai untuk perlu memberikan perhatian pada sekolah tersebut.
Nama : Destia Rahmah Fitriani
NPM : 2213053082
Kelas : 3F
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
SD Negeri Glak Kabupaten Sikka merupakan salah satu sekolah yang sangat sekali minim fasilitas, dengan demikian sekolah ini sangat membutuhkan perhatian dari pihak pemerintah. Pendidikan di daerah terpencil sering kali menghadapi tantangan tertentu, seperti akses terbatas terhadap sumber daya, infrastruktur yang mungkin tidak memadai, dan kesulitan dalam menarik guru yang berkualitas. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi kualitas pendidikan dan pengalaman belajar siswa.
NPM : 2213053082
Kelas : 3F
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
SD Negeri Glak Kabupaten Sikka merupakan salah satu sekolah yang sangat sekali minim fasilitas, dengan demikian sekolah ini sangat membutuhkan perhatian dari pihak pemerintah. Pendidikan di daerah terpencil sering kali menghadapi tantangan tertentu, seperti akses terbatas terhadap sumber daya, infrastruktur yang mungkin tidak memadai, dan kesulitan dalam menarik guru yang berkualitas. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi kualitas pendidikan dan pengalaman belajar siswa.
Nama : Liza dwi wahyuni
Npm : 2253053015
Kelas : 3 F
Analisis video 2
Terdapat suatu sekolah dasar yaitu SDN Negeri Glak yang dimana sekolah tersebut tidak memiliki ruangan untuk belajar, mereka melukan pembelajaran di luar kelas. sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan, 5 ruangan kelas dan 1 ruang guru. bukan hanya kelas perpustakaan pun mereka tidak punya,meski begitu siswa tetap semangat bersekolah untuk mencari ilmu. mereka pergi dengan berjalan kaki sekitar 2km demi bisa belajar di sekolah , saat masa pandemi covid pemerintah aktif mengkampanyekan belajar dari rumah sekolah tak mampu melakukan nya dikarenakan di daerah tersebut belum memiliki jaringan telekomunikasi sama sekali karena hal tersebut sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan sekolah
Npm : 2253053015
Kelas : 3 F
Analisis video 2
Terdapat suatu sekolah dasar yaitu SDN Negeri Glak yang dimana sekolah tersebut tidak memiliki ruangan untuk belajar, mereka melukan pembelajaran di luar kelas. sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan, 5 ruangan kelas dan 1 ruang guru. bukan hanya kelas perpustakaan pun mereka tidak punya,meski begitu siswa tetap semangat bersekolah untuk mencari ilmu. mereka pergi dengan berjalan kaki sekitar 2km demi bisa belajar di sekolah , saat masa pandemi covid pemerintah aktif mengkampanyekan belajar dari rumah sekolah tak mampu melakukan nya dikarenakan di daerah tersebut belum memiliki jaringan telekomunikasi sama sekali karena hal tersebut sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan sekolah
Sebagai balasan Kiriman pertama
Re: Forum Analisis Video 2
Nama: Selfi Yudia Ellsa Agustina
NPM: 2213053305
Kelas: 3 F
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Pada video tersebut dijelaskan bahwa SD Negeri Glak kab. Sikka hanya memiliki 6 ruangan, 5 ruang dipakai untuk kelas 1 untuk ruang guru. di sekolah ini juga tidak memiliki perpustakaan. kepala sekolah nya mengatakan bahwa sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk membatu membangun fasilitas yang lebih memadai.kepala sekolahnya pun menjelaskan bahwa ketika hujan siswa yang belajar di teras pun harus menunggu hujan berhenti untuk melanjutkan belajar karena tidak memungkinkan untuk blajar dalam keadaan hujan.
NPM: 2213053305
Kelas: 3 F
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Pada video tersebut dijelaskan bahwa SD Negeri Glak kab. Sikka hanya memiliki 6 ruangan, 5 ruang dipakai untuk kelas 1 untuk ruang guru. di sekolah ini juga tidak memiliki perpustakaan. kepala sekolah nya mengatakan bahwa sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk membatu membangun fasilitas yang lebih memadai.kepala sekolahnya pun menjelaskan bahwa ketika hujan siswa yang belajar di teras pun harus menunggu hujan berhenti untuk melanjutkan belajar karena tidak memungkinkan untuk blajar dalam keadaan hujan.
Nama : Septiana Sabila
NPM : 2213053105
Kelas: 3F
Analisis Video 2
" Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Pendidikan memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kualitas hidup anak-anak pedalaman atau anak-anak dari daerah terpencil.Penting untuk dicatat bahwa pendidikan yang baik harus mencakup pendekatan yang sesuai dengan budaya dan kebutuhan lokal. Pendidikan yang relevan dan berdampak harus mencerminkan realitas dan tuntutan dari masyarakat pedalaman atau daerah terpencil tersebut. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah.
Saat ini, Indonesia masih menghadapi tantangan serius dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah terpencil. Mutu pendidikan di desa atau daerah tertinggal masih jauh dari kata baik, dengan faktor-faktor seperti kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, guru yang kurang kompeten, dan biaya pendidikan yang mahal menjadi penyebab utama. Salah satu faktor kunci yang mempengaruhi mutu pendidikan adalah kualitas tenaga pengajar. Banyak guru yang masih belum memiliki profesionalisme yang memadai, dan keberadaan guru honorer juga masih menjadi isu. Perbaikan dalam kualitas pendidikan tidak bisa terwujud tanpa guru yang berkualitas.
Biaya pendidikan yang tinggi juga menjadi hambatan besar. Ini membuat banyak keluarga yang kurang mampu harus memilih untuk tidak menyekolahkan anak-anak mereka. Pemerintah harus menjalankan peran pentingnya dalam memastikan akses pendidikan yang berkualitas bagi semua warga negara, terutama mereka yang kurang mampu. Selain itu, permasalahan sarana dan prasarana yang kurang memadai juga harus segera diatasi. Banyak sekolah yang masih kekurangan fasilitas seperti gedung yang rusak, perpustakaan yang tidak lengkap, dan laboratorium yang tidak memadai. Semua ini memengaruhi langsung kualitas pendidikan yang diberikan.
Perlu diakui bahwa ketidakmerataan kualitas pendidikan antara daerah pedesaan dan perkotaan juga menjadi masalah serius. Standar pendidikan yang tidak sesuai dengan realitas di pedesaan menyulitkan proses belajar siswa di sana. Pembaharuan dalam sistem pendidikan dan fasilitasi untuk daerah terpencil sangat diperlukan. Guru yang memerlukan peningkatan kualifikasi juga harus mendapatkan perhatian serius. Mereka adalah elemen kunci dalam penyelenggaraan pendidikan, dan perlu diberikan dukungan yang cukup untuk meningkatkan profesionalisme mereka.
NPM : 2213053105
Kelas: 3F
Analisis Video 2
" Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Pendidikan memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kualitas hidup anak-anak pedalaman atau anak-anak dari daerah terpencil.Penting untuk dicatat bahwa pendidikan yang baik harus mencakup pendekatan yang sesuai dengan budaya dan kebutuhan lokal. Pendidikan yang relevan dan berdampak harus mencerminkan realitas dan tuntutan dari masyarakat pedalaman atau daerah terpencil tersebut. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah.
Saat ini, Indonesia masih menghadapi tantangan serius dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah terpencil. Mutu pendidikan di desa atau daerah tertinggal masih jauh dari kata baik, dengan faktor-faktor seperti kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, guru yang kurang kompeten, dan biaya pendidikan yang mahal menjadi penyebab utama. Salah satu faktor kunci yang mempengaruhi mutu pendidikan adalah kualitas tenaga pengajar. Banyak guru yang masih belum memiliki profesionalisme yang memadai, dan keberadaan guru honorer juga masih menjadi isu. Perbaikan dalam kualitas pendidikan tidak bisa terwujud tanpa guru yang berkualitas.
Biaya pendidikan yang tinggi juga menjadi hambatan besar. Ini membuat banyak keluarga yang kurang mampu harus memilih untuk tidak menyekolahkan anak-anak mereka. Pemerintah harus menjalankan peran pentingnya dalam memastikan akses pendidikan yang berkualitas bagi semua warga negara, terutama mereka yang kurang mampu. Selain itu, permasalahan sarana dan prasarana yang kurang memadai juga harus segera diatasi. Banyak sekolah yang masih kekurangan fasilitas seperti gedung yang rusak, perpustakaan yang tidak lengkap, dan laboratorium yang tidak memadai. Semua ini memengaruhi langsung kualitas pendidikan yang diberikan.
Perlu diakui bahwa ketidakmerataan kualitas pendidikan antara daerah pedesaan dan perkotaan juga menjadi masalah serius. Standar pendidikan yang tidak sesuai dengan realitas di pedesaan menyulitkan proses belajar siswa di sana. Pembaharuan dalam sistem pendidikan dan fasilitasi untuk daerah terpencil sangat diperlukan. Guru yang memerlukan peningkatan kualifikasi juga harus mendapatkan perhatian serius. Mereka adalah elemen kunci dalam penyelenggaraan pendidikan, dan perlu diberikan dukungan yang cukup untuk meningkatkan profesionalisme mereka.
Nama : Presti Saraswati
NPM : 2213053038
“Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”
Pentingnya infrastruktur untuk pendidikan di daerah-daerah terpencil, karena untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Seperti halnya di SDN Glak, kabupaten Sikka yang melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai karena tidak adanya ruang kelas. Jangankan kelas, ruang perpustakaan pun tidak dimiliki sekolah ini.
Walaupun ruang kelas yang kurang mendukung, mereka tetap memiliki semangat belajar yang tinggi. Setiap hari, mereka berjalan sepanjang 2KM untuk bisa belajar di sekolah.
Di masa pandemic Covid 19, ketika pemerintah menerapkan pembelajaran luring, SDN Glak tetap melakukan pembelajaran tatap muka, karena tidak mampu melaksanakannya. Selain itu, wilayah tersebut juga belum ada jaringan telekomunikasi.
Maka dalam hal ini, pemerataan infrastruktur pendidikan untuk sekolah-sekolah di daerah terpencil harus lebih diperhatikan, karena untuk menciptakan pendidikan Indonesia yang lebih baik.
NPM : 2213053038
“Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”
Pentingnya infrastruktur untuk pendidikan di daerah-daerah terpencil, karena untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Seperti halnya di SDN Glak, kabupaten Sikka yang melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai karena tidak adanya ruang kelas. Jangankan kelas, ruang perpustakaan pun tidak dimiliki sekolah ini.
Walaupun ruang kelas yang kurang mendukung, mereka tetap memiliki semangat belajar yang tinggi. Setiap hari, mereka berjalan sepanjang 2KM untuk bisa belajar di sekolah.
Di masa pandemic Covid 19, ketika pemerintah menerapkan pembelajaran luring, SDN Glak tetap melakukan pembelajaran tatap muka, karena tidak mampu melaksanakannya. Selain itu, wilayah tersebut juga belum ada jaringan telekomunikasi.
Maka dalam hal ini, pemerataan infrastruktur pendidikan untuk sekolah-sekolah di daerah terpencil harus lebih diperhatikan, karena untuk menciptakan pendidikan Indonesia yang lebih baik.
Nama : Yunita Lestari
NPM : 2213053219
Kelas : 3F
Analisis Video 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Video tersebut memberikan gambaran yang mengkhawatirkan tentang kondisi pendidikan di SD Negeri Galak, sebuah sekolah di dusun terpencil. Dari penjelasan singkat, terlihat bahwa fasilitas di sekolah ini masih sangat kurang, bahkan sampai-sampai murid-murid harus belajar di teras kelas karena kekurangan ruang kelas. Dengan kondisi ini, sangat penting bagi pemerintah untuk segera mengambil tindakan guna meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.
NPM : 2213053219
Kelas : 3F
Analisis Video 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Video tersebut memberikan gambaran yang mengkhawatirkan tentang kondisi pendidikan di SD Negeri Galak, sebuah sekolah di dusun terpencil. Dari penjelasan singkat, terlihat bahwa fasilitas di sekolah ini masih sangat kurang, bahkan sampai-sampai murid-murid harus belajar di teras kelas karena kekurangan ruang kelas. Dengan kondisi ini, sangat penting bagi pemerintah untuk segera mengambil tindakan guna meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.
Nama: Anis Sarlia Putri
Npm: 2213053173
Kurangnya keadilan dalam pemerataan pendidikan dan sarana prasarana penunjang pendidikan. Mengakibatkan masih banyak daerah daerah terpencil yang tidak terjangkau seperti pada SD negeri glak Nusa tenggara Timur harus merasakan pembelajaran yang tidak nyaman dengan belajar di teras karena jumlah kelas tidak memadai. Bahkan ketika pandemi covid mereka tidak dapat melakukan pembelajaran daring karna fasilitas yang tidak memadai sehingga mereka tetap masuk sekolah. Tetapi walaupun dengan fasilitas belajar yang kurang layak mereka tetap memiliki semangat belajar yang tinggi. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah lebih memperhatikan pemerataan pembangunan pendidikan sampai daerah daerah terpencil tidak hanya berpusat di perkotaan karena jika hanya fokus meningkatkan sekolah diperkotaan agar lebih maju lagi maka sekolah di daerah pedesaan ataupun pelosok terpencil akan semakin tertinggal.
nama : aulia amanah
npm : 2213053126
Potret pendidikan di dusun terpencil, sekolah di dusun itu sudah sangat memperhatikan dan perlu perhatian dari pemerintah karna peserta didik harus belajar teras kelas.namun peserta didik tetap memiliki semangat untuk belajar, dapat kita lihat dari vidio tersebut sarana dan prasarana di sekolah terpencil jauh sekali di bandingkan dengan di kota hala tersebut juga dikarenakan akses yg Masi sulit.
npm : 2213053126
Potret pendidikan di dusun terpencil, sekolah di dusun itu sudah sangat memperhatikan dan perlu perhatian dari pemerintah karna peserta didik harus belajar teras kelas.namun peserta didik tetap memiliki semangat untuk belajar, dapat kita lihat dari vidio tersebut sarana dan prasarana di sekolah terpencil jauh sekali di bandingkan dengan di kota hala tersebut juga dikarenakan akses yg Masi sulit.
Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140
Analisis video 2
“Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”
Dari video tersebut, terlihat bahwa masih banyak sekolah di Indonesia yang mengalami keterbatasan fasilitas belajar, khususnya di daerah terpencil seperti SDN Glak NTT. Sekolah ini menghadapi keterbatasan fasilitas, terutama kurangnya ruang kelas. Beberapa siswa bahkan harus belajar di teras kelas tanpa perlindungan, dan kondisi ini menyulitkan mereka saat hujan karena terkena air.
Keadaan ini seharusnya menjadi perhatian bagi pemerintah untuk menyelaraskan pendidikan hingga ke daerah terpencil, memastikan pembangunan fasilitas yang setara dengan daerah lainnya. Tujuannya adalah agar anak-anak Indonesia dapat belajar dengan kondisi yang nyaman dan setara di seluruh tanah air.
NPM : 2213053140
Analisis video 2
“Potret Pendidikan di Dusun Terpencil”
Dari video tersebut, terlihat bahwa masih banyak sekolah di Indonesia yang mengalami keterbatasan fasilitas belajar, khususnya di daerah terpencil seperti SDN Glak NTT. Sekolah ini menghadapi keterbatasan fasilitas, terutama kurangnya ruang kelas. Beberapa siswa bahkan harus belajar di teras kelas tanpa perlindungan, dan kondisi ini menyulitkan mereka saat hujan karena terkena air.
Keadaan ini seharusnya menjadi perhatian bagi pemerintah untuk menyelaraskan pendidikan hingga ke daerah terpencil, memastikan pembangunan fasilitas yang setara dengan daerah lainnya. Tujuannya adalah agar anak-anak Indonesia dapat belajar dengan kondisi yang nyaman dan setara di seluruh tanah air.
Nama : Tria Selvia
NPM : 2213053358
Analisis Video 2
Peserta didik SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini.
Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwasannya pemerintah memiliki tugas yang penting dalam menghadapi persoalan pendidikan di daerah terpencil. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah pelosok agar pendidikan disana dapat dijalankan dengan baik. Anak-anak sudah seharusnya mendapatkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, dengan fasilitas yang memadai agar kegiatan belajar mengajar dapat dijalankan dengan baik.
NPM : 2213053358
Analisis Video 2
Peserta didik SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini.
Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah. Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwasannya pemerintah memiliki tugas yang penting dalam menghadapi persoalan pendidikan di daerah terpencil. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada daerah-daerah pelosok agar pendidikan disana dapat dijalankan dengan baik. Anak-anak sudah seharusnya mendapatkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, dengan fasilitas yang memadai agar kegiatan belajar mengajar dapat dijalankan dengan baik.
Nama : Arif Rahman Hakim
Npm : 2213053294
Kelas : 3/F
Siswa sekolah dasar negeri gak. Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah karena sekolah tersebut terletak di desa terpencil sehingga terpaksa melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas.
Teras digunakan sebagai ruang kelas karena kurangnya ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung berapi Egon ini hanya memiliki 6 ruangan, 5 ruang kelas dan 1 ruang guru. apalagi kelas perpustakaan. Bidang ini tidak ada.
Meski begitu, para siswa masih sangat antusias untuk bersekolah, setiap hari mereka harus berjalan kaki sejauh 2 km untuk sampai ke sekolah.
Pada masa pandemi Covid 19, ketika pemerintah sedang giat menggalakkan pembelajaran di sekolah ini, daerah tersebut tidak dapat menjangkaunya, dan belum adanya jaringan telekomunikasi, sehingga pihak sekolah terpaksa tetap melaksanakan kegiatan sekolah. Pihak sekolah juga berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap penderitaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan.
Npm : 2213053294
Kelas : 3/F
Siswa sekolah dasar negeri gak. Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah karena sekolah tersebut terletak di desa terpencil sehingga terpaksa melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas.
Teras digunakan sebagai ruang kelas karena kurangnya ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung berapi Egon ini hanya memiliki 6 ruangan, 5 ruang kelas dan 1 ruang guru. apalagi kelas perpustakaan. Bidang ini tidak ada.
Meski begitu, para siswa masih sangat antusias untuk bersekolah, setiap hari mereka harus berjalan kaki sejauh 2 km untuk sampai ke sekolah.
Pada masa pandemi Covid 19, ketika pemerintah sedang giat menggalakkan pembelajaran di sekolah ini, daerah tersebut tidak dapat menjangkaunya, dan belum adanya jaringan telekomunikasi, sehingga pihak sekolah terpaksa tetap melaksanakan kegiatan sekolah. Pihak sekolah juga berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap penderitaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan.
Nama : Selly Defi Maharani
Npm : 2253053024
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Salah satu yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah adalah bagaimana memeratakan pendidikan di Indonesia.Seperti yang kita lihat didalam vidio tersebut,sekolah tersebut kekurangan ruang kelas sehingga harus belajar diluar kelas.Sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan yaitu 5 dipakai untuk kelas dan 1 untuk ruang guru dan kantor.Dan saat pandemi covid-19 sekolah ini juga tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara daring lantaran fasilitas yang kurang memadai.Tetapi para siswa tetap bersemangat untuk belajar di sekolah.Pihak sekolah berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap situasi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang diperlukan.
Npm : 2253053024
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Salah satu yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah adalah bagaimana memeratakan pendidikan di Indonesia.Seperti yang kita lihat didalam vidio tersebut,sekolah tersebut kekurangan ruang kelas sehingga harus belajar diluar kelas.Sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan yaitu 5 dipakai untuk kelas dan 1 untuk ruang guru dan kantor.Dan saat pandemi covid-19 sekolah ini juga tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara daring lantaran fasilitas yang kurang memadai.Tetapi para siswa tetap bersemangat untuk belajar di sekolah.Pihak sekolah berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap situasi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang diperlukan.
Nama : Fara Adilia
NPM : 2213053003
Dalam video tersebut menggambarkan kondisi SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka yang mengalami keterbatasan dalam ruang belajar gimana sampai ada salah satu kelas yang menggunakan teras kelas untuk kegiatan belajar mengajar bahkan pada saat pandemi covid 19 sekolah ini pun tidak dapat memenuhi kebutuhan pelajar secara daring karena tidak adanya keberadaan jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.
Di masa pandemi Covid-19, ketika pemerintah sedang giatnya menganjurkan pembelajaran daring, sekolah ini tidak bisa menerapkannya karena daerah ini tidak memiliki jaringan telekomunikasi. Oleh karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melaksanakan kegiatan sekolah. Pihak sekolah juga berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap situasi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang diperlukan.
NPM : 2213053003
Dalam video tersebut menggambarkan kondisi SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka yang mengalami keterbatasan dalam ruang belajar gimana sampai ada salah satu kelas yang menggunakan teras kelas untuk kegiatan belajar mengajar bahkan pada saat pandemi covid 19 sekolah ini pun tidak dapat memenuhi kebutuhan pelajar secara daring karena tidak adanya keberadaan jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.
Di masa pandemi Covid-19, ketika pemerintah sedang giatnya menganjurkan pembelajaran daring, sekolah ini tidak bisa menerapkannya karena daerah ini tidak memiliki jaringan telekomunikasi. Oleh karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melaksanakan kegiatan sekolah. Pihak sekolah juga berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap situasi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang diperlukan.
Nama : Putri sarah afifah
Kelas : 3F
Npm : 2213053001
Dalam video tersebut dapat diambil analisis yakni masih banyak sekali sekolah di pelosok dusun terpencil yang perlu mendapat perhatian khusus pemerintah terutama dalam pembangunan ruang kelas, dan juga dalam pengadaan jaringan internet, agar anak anak yang ingin sekolah dapat berjalan dengan nyaman, karena di dusun tersebut masih ada sekolah yang fasilitas sekolah tidak tersedia bahkan kekurangan ruang kelas, sehingga harus melakukannya KBM di ruang kelas dan terkena panasnya matahari dan juga hujan secara langsung.
Kelas : 3F
Npm : 2213053001
Dalam video tersebut dapat diambil analisis yakni masih banyak sekali sekolah di pelosok dusun terpencil yang perlu mendapat perhatian khusus pemerintah terutama dalam pembangunan ruang kelas, dan juga dalam pengadaan jaringan internet, agar anak anak yang ingin sekolah dapat berjalan dengan nyaman, karena di dusun tersebut masih ada sekolah yang fasilitas sekolah tidak tersedia bahkan kekurangan ruang kelas, sehingga harus melakukannya KBM di ruang kelas dan terkena panasnya matahari dan juga hujan secara langsung.
Nama : Dwi Harianti
NPM : 2213053295
Kelas : 3 F
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil."
Dalam video tersebut menjelaskan mengenai Siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka yang memerlukan perhatian dari pemerintah. Sekolah yang terletak di Dusun tersebut terpaksa melakukan Kegiatan Belajar mengajar di teras kelas. Teras terpaksa dipakai karena keterbatasan ruang kelas. Bahkan ruang perpustakaan pun sekolah tersebut tidak ada.
Meski dengan keterbatasan tersebut, siswa tetap bersemangat untuk sekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 km guna bisa belajar di sekolah. Saat masa pandemi covid-19, pemerintah aktif mengkampanyekan pembelajaran daring, sekolah ini tidak mampu melaksanakannya. Karena di wilayah ini masih belum terdapat telekomunikasi sama sekali. Pihak sekolah terpaksa melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah berharap pemerintah bisa melihat keadaan sekolah dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
NPM : 2213053295
Kelas : 3 F
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil."
Dalam video tersebut menjelaskan mengenai Siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka yang memerlukan perhatian dari pemerintah. Sekolah yang terletak di Dusun tersebut terpaksa melakukan Kegiatan Belajar mengajar di teras kelas. Teras terpaksa dipakai karena keterbatasan ruang kelas. Bahkan ruang perpustakaan pun sekolah tersebut tidak ada.
Meski dengan keterbatasan tersebut, siswa tetap bersemangat untuk sekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 km guna bisa belajar di sekolah. Saat masa pandemi covid-19, pemerintah aktif mengkampanyekan pembelajaran daring, sekolah ini tidak mampu melaksanakannya. Karena di wilayah ini masih belum terdapat telekomunikasi sama sekali. Pihak sekolah terpaksa melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah berharap pemerintah bisa melihat keadaan sekolah dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Nama:Meyin syabira
Npm:2213053185
Pemerintah Indonesia menaruh perhatian khusus pada tantangan memeratakan pendidikan di seluruh negeri. Hal ini terutama tampak pada kenyataan bahwa masih terdapat sekolah dengan fasilitas sarana belajar mengajar yang terbatas di berbagai wilayah Indonesia. Pemandangan ini tidak jarang dijumpai di daerah terpencil, termasuk contohnya di SDN Glak NTT.
SDN Glak NTT menjadi representasi nyata dari ketidakmerataan pendidikan di dusun terpencil. Keadaan ini memunculkan dampak signifikan pada proses pembelajaran, terutama bagi sebagian siswa yang terpaksa belajar di teras kelas. Keterbatasan jumlah ruang kelas menciptakan tantangan serius dalam memberikan lingkungan belajar yang kondusif dan memadai.
Potret pendidikan di dusun terpencil menjadi cerminan kondisi yang harus segera diatasi oleh pemerintah. Tidak hanya terkait dengan penyediaan sarana belajar yang memadai, tetapi juga melibatkan upaya untuk memperkuat infrastruktur pendidikan dan menjamin akses yang merata. Dengan mengatasi ketidakmerataan ini, pemerintah dapat memastikan setiap siswa memiliki kesempatan yang setara untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas di seluruh penjuru negeri.
Npm:2213053185
Pemerintah Indonesia menaruh perhatian khusus pada tantangan memeratakan pendidikan di seluruh negeri. Hal ini terutama tampak pada kenyataan bahwa masih terdapat sekolah dengan fasilitas sarana belajar mengajar yang terbatas di berbagai wilayah Indonesia. Pemandangan ini tidak jarang dijumpai di daerah terpencil, termasuk contohnya di SDN Glak NTT.
SDN Glak NTT menjadi representasi nyata dari ketidakmerataan pendidikan di dusun terpencil. Keadaan ini memunculkan dampak signifikan pada proses pembelajaran, terutama bagi sebagian siswa yang terpaksa belajar di teras kelas. Keterbatasan jumlah ruang kelas menciptakan tantangan serius dalam memberikan lingkungan belajar yang kondusif dan memadai.
Potret pendidikan di dusun terpencil menjadi cerminan kondisi yang harus segera diatasi oleh pemerintah. Tidak hanya terkait dengan penyediaan sarana belajar yang memadai, tetapi juga melibatkan upaya untuk memperkuat infrastruktur pendidikan dan menjamin akses yang merata. Dengan mengatasi ketidakmerataan ini, pemerintah dapat memastikan setiap siswa memiliki kesempatan yang setara untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas di seluruh penjuru negeri.
Nama : Annida Dwi Kirasti
Npm : 2213053220
Kelas : 3F
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Salah satu yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah adalah bagaimana memeratakan pendidikan di Indonesia.Seperti yang kita lihat didalam vidio tersebut,sekolah tersebut kekurangan ruang kelas sehingga harus belajar diluar kelas.Sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan yaitu 5 dipakai untuk kelas dan 1 untuk ruang guru dan kantor.Dan saat pandemi covid-19 sekolah ini juga tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara daring lantaran fasilitas yang kurang memadai.Tetapi para siswa tetap bersemangat untuk belajar di sekolah.Pihak sekolah berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap situasi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang diperlukan.
Npm : 2213053220
Kelas : 3F
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Salah satu yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah adalah bagaimana memeratakan pendidikan di Indonesia.Seperti yang kita lihat didalam vidio tersebut,sekolah tersebut kekurangan ruang kelas sehingga harus belajar diluar kelas.Sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan yaitu 5 dipakai untuk kelas dan 1 untuk ruang guru dan kantor.Dan saat pandemi covid-19 sekolah ini juga tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara daring lantaran fasilitas yang kurang memadai.Tetapi para siswa tetap bersemangat untuk belajar di sekolah.Pihak sekolah berharap pemerintah dapat membuka mata terhadap situasi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang diperlukan.
Nama : Febrianti Azzahra
NPM : 2213053208
Kelas : 3 F
Analisis Video 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Dari video tersebut kita bisa melihat bahwa pendidikan di indonesia harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Masih banyak sekolah-sekolah yang belum layak bahkan sangat kurang fasilitas belajar yang tidak memadai dan terbatas, khususnya di daerah terpencil. Contohnya seperti yang terjadi di SD Negeri Glak Kabupaten Sikka. Di sekolah tersebut masih kurangnya fasilitas sarana dan prasarana untuk belajar. Kekurangan ruang kelas sehingga terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Belum lagi akses jalan untuk kesekolah itu yang terletak di kaki gunung sangat menyulitkan para peserta didik. Harusnya pemerintah bisa lebih perhatian lagi dunia pendidikan.
Namun hal itu tidak menjadi halangan untuk para siswa disana, mereka tetap bersemangat untuk bersekolah. Di masa pandemi covid-19 ini juga, ketika pemerintah menetapkan pembelajaran daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Karena di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
NPM : 2213053208
Kelas : 3 F
Analisis Video 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil
Dari video tersebut kita bisa melihat bahwa pendidikan di indonesia harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Masih banyak sekolah-sekolah yang belum layak bahkan sangat kurang fasilitas belajar yang tidak memadai dan terbatas, khususnya di daerah terpencil. Contohnya seperti yang terjadi di SD Negeri Glak Kabupaten Sikka. Di sekolah tersebut masih kurangnya fasilitas sarana dan prasarana untuk belajar. Kekurangan ruang kelas sehingga terpaksa menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Belum lagi akses jalan untuk kesekolah itu yang terletak di kaki gunung sangat menyulitkan para peserta didik. Harusnya pemerintah bisa lebih perhatian lagi dunia pendidikan.
Namun hal itu tidak menjadi halangan untuk para siswa disana, mereka tetap bersemangat untuk bersekolah. Di masa pandemi covid-19 ini juga, ketika pemerintah menetapkan pembelajaran daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Karena di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.