Forum Diskusi Pertemuan-7

Forum Diskusi Pertemuan-7

Number of replies: 6
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-3, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by PUJI LESTARI -
Nama: Puji Lestari
NPM: 2113053033
Dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sumber Belajar sangat baik tentunya karena sesuai dengan teknologi yang semakin canggih, namun disisi lain banyak pendidik senior yang kesusahan dalam memanfaatkan penggunaan TIK sebagai sumber belajar sehingga masih menggunakan sistem yang lama yaitu hanya dengan media seadanya. Bagaimana pendapat kalian terkait hal tersebut dan adakah upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut??
In reply to PUJI LESTARI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by ARIANI KRISHANTI -
Nama : Ariani Krishanti
NPM : 2113053070
izin menjawab pertanyaan Puji
kita sebagai calon peserta didik tentunya harus mengikuti perkembangan zaman, namun untuk pendidik senior yang sekiranya memiliki kesulitan dalam menggunakan TIK sebagai sumber belajar dapat mengatasinya dengan cara-cara di bawah ini yaitu
1. Mengikuti Pelatihan
2. Sering Berlatih di Rumah
3. Jangan Malu Bertanya
4. Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Diri
5. Melakukan Kolaborasi dengan Guru Lain
6. Menggunakan Aplikasi Pendukung Pembelajaran
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Tantri Annisa -
Nama : Tantri Annisa
Npm : 2113053088
Kelas : 4i

Di ppt di jelaskan, E-learning yang digunakan akan lebih efektif dalam meningkatkan kualitas lulusan dan kualitas perguruan tinggi, apa yang membuat sangat yakin dengan E-learning dapat meningkat kan kualitas lulusan? sedangkan pada saat pembelajaran daring/lurung tidak semua mahasiswa mengakses materi yang telah di sediakan oleh dosen, hanya sekedar absen lalu keluar
In reply to Tantri Annisa

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by ARIANI KRISHANTI -
Nama : Ariani Krishanti
NPM : 2113053070
izin menjawab pertanyaan Tantri
Cara mengatasi learning loss dalam pembelajaran daring

Dengan menggunakan aktivitas untuk evaluasi formatif, diharapkan pebelajar dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dan bertanggungjawab dalam belajar. Berikut ini aktivitas yang biasa digunakan untuk evaluasi formatif:

1. Goal Checks
Pada awal pembelajaran, pebelajar diberikan tujuan pembelajaran (goal). Pada akhir pembelajaran mereka diberikan penilaian untuk menentukan apakah mereka berhasil tujuan pembelajaran dan sejauh mana mereka mendalami materi yang diberikan. Tujuan akhir tambahan dapat dibuat di akhir pertemuan/modul.
2. Diskusi satu-satu
Pebelajar dan guru/tutor bertemu dan mendiskusikan harapan kedepannya dan menilai basis pengetahuan dan keterampilan mereka saat ini. Biasanya, fasilitator akan menanyakan tiap pebelajar seperangkat pertanyaan untuk mengidentifikasi area-area mana saja yang akan ditingkatkan. Diskusi ini dapat dilakukan dengan bertemu langsung atau melalui online chat.
3. Observasi Guru/Instruktur
Guru/instruktur mengobservasi pebelajar ketika mereka menyelesaikan aktivitas belajar dan menilai kecakapan dan dari masing-masing individu. Kegiatan yang biasa dilakukan seperti mencatat, dan pertemuan via online antara guru/tutor dan pebelajar.
4. Log belajar pribadi
Pebelajar diminta untuk membuat log atau semacam jurnal belajar online pribadi yang merinci tentang apa yang mereka pelajari, pendapat dan perasaan mereka terhadap topik tertentu, serta intisari atau konsep yang mereka pahami dari materi pembelajar.
5. Presentasi Kelompok
Pebelajar bekerja kelompok atau secara independen untuk membuat sebuah presentasi online yang harus dipresentasikan kepada rekan-rekannya. Sebelumnya, pebelajar disediakan dengan kriteria yang menjelaskan ekspektasi dan menentukan keterampilan dan informasi yang harus digunakan selama project tersebut.
6. Self-assessment
Pebelajar didorong untuk merefleksikan pengalaman belajar mereka sendiri dan menentukan tingkat kecakapan atau keahlian mereka terhadap materi belajar. Pebelajar juga dapat dievaluasi oleh rekannya, yang memberikan feedback terhadap tugas-tugas yang dikerjakan. Bentuk penilaian online ini biasanya dipasangkan dengan aktivitas eLearning lainnya, seperti log belajar pribadi.

cara agar pembelajaran efektif
• Berikan feedback segera
• Progress pebelajar sebagai petunjuk arah dalam mata kuliah eLearning Anda
• Identifikasi kekuatan dan kelemahan yang terukur.
• Selalu ingat fungsi utama dari penilaian formatif
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by ANGGUN QONIATUL AMRIYAH -
Nama: Anggun Qoniatul Amriyah
NPM : 2113053150

Izin bertanya,
Tadi dijelaskan di ppt, salah satu prinsip dasar dalam teknologi pendidikan adalah Pendekatan System, berarti bahwa penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran perlu didesain/ perancangan dengan menggunakan pendekatan sistem. Bagaimana contoh pembelajaran yang dirancang dengan pendekatan system'?