Forum Diskusi Pertemuan-4

Forum Diskusi Pertemuan-4

Number of replies: 9
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-1, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by KHAIRANI ULYA 2213053115 -
Nama : Khairani Ulya
NPM : 2213053115
Kelas : 2G

Izin bertanya, Komponen kurikulum kan ada Tujuan, bahan pelajaran, Proses belajar mengajar, Evaluasi dan penilaian. Nah, apa keterkaitan antar komponen komponen tersebut?
In reply to KHAIRANI ULYA 2213053115

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by RILIAN TSABITHA SURI 2213053141 -
Nama: Rilian Tsabitha Suri
NPM: 2213053141
Kelas: 2G

Izin menjawab pertanyaan dari Khairani Ulya:
Keterkaitan antara tujuan, bahan pelajaran, proses belajar mengajar, evaluasi dan penilaian adalah untuk menciptakan metode pembelajaran yang efektif dan efisien bagi para peserta didik. Tujuan penilaian mencakup hal-hal yang ingin dicapai melalui proses pembelajaran maka dari itu materi atau metode mengajar dalam proses pembelajaran menggunakan tujuan pembelajaran sebagai dasarnya. lalu alat penilaian digunakan untuk mengecek apakah metode pengajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran sudah sesuai atau belum.
In reply to KHAIRANI ULYA 2213053115

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Safira Sita Salsabilla 2213053027 -
Nama:Safira Sita Salsabilla
NPM  :2213053027

Izin menambahkan jawaban dari Rilian Tsabita atas pertanyaan dari Khairani Ulya.
Dalam kegiatan belajar dan pembelajaran dibutuhkan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran.Kemudian untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan bahan ajar untuk mendukung kegiatan belajar dan pembelajaran.Kemudian setelah terdapat bahan ajar dibutuhkan strategi yang tepat agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan.Selanjutnya dibutuhkan evaluasi agar guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan.
In reply to KHAIRANI ULYA 2213053115

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by KHAIRANI ULYA 2213053115 -
Maaf ralat, maksudnya strategi pembelajaran ya bukan proses pembelajaran, ada kesalahan sedikit dimakalah nya hehe. Terimakasih Rilian atas jawabannya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by NADIA NUR SAFITRI 2213053275 -
Nama : Nadia Nur Safitri
Npm : 2213053275

Izin bertanya
Di makalah terdapat 4 komponen kurikulum salah satu nya komponen evaluasi,yang ingin saya tanyakan kapan waktu yang paling tepat dalam mengevaluasi kurikulum?
In reply to NADIA NUR SAFITRI 2213053275

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Rohmah Shela Saputri 2213053112 -
Nama : Rohmah Shela Saputri
NPM : 2213053112

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Nadia Nur Safitri 
Setiap satuan pendidikan diberi kewenangan untuk mengembangkan kurikulum operasionalnya masing-masing. Artinya, kurikulum ini harus bersifat dinamis, disesuaikan mengikuti perubahan zaman dan kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, kurikulum operasional satuan pendidikan harus dievaluasi secara berkala. Idealnya, evaluasi dilakukan setiap menjelang tahun pelajaran baru. Evaluasi kurikulum ini bertujuan untuk melakukan pengembangan kurikulum sehingga bisa menentukan arah satuan pendidikan di masa depan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Chindy Alviona 2213053093 -
Nama: Chindy Alviona
NPM: 2213053093
Kelas: 2G

Izin bertanya, Kurikulum itu menempati posisi yang sangat strategis dalam kebijakan pendidikan di Indoensia. Jelaskan kaitan antara Kurikulum dengan pendidikan dan pembelajaran!
In reply to Chindy Alviona 2213053093

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Aura Fitria Ananda 2213053094 -
Nama : Aura Fitria Ananda
NPM : 2213053094
Kelas : 2G
Izin menjawab pertanyaan dari Chindy Alviona

Pendidikan merupakan hal yang harus terencana dan dikonsep secara matang dengan desain yang sebaik-baiknya, Karena tujuan dari pendidikan yang sangat agung itu harus dicapai, namun kemudian dlam prosesnya terkadang banyak hal yang kemudian menjadi penghambat jalannya proses pendidikan, maka untuk mengantisipasi semua kemungkinan-kemungkinan itu kita perlu membuat sebuah aturan, pedoman dan pijakan agar pendidikan bisa berlangsung sesuai dengan yang diharapkan maka disusunlah kurikulum, adapun kurikulum ini akan terlihat atau diaktualisasikan dalam proses pembelajaran. Sehingga ketiga hal tersebut menjadi sangat berkaitan menjadi sebuah system. Yang bisa dibedakan namun tidak bisa dipisahkan satu sama lain.