forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 32
berikan penjelasan kalian tentang macam macam model pembelajaran tematik di dalam video tersebut manakah model pembelajaran tematik yang paling tepat untuk peserta didik di kelas rendah? berikan alasan mu mengapa memilih model tersebut dan dampak nya bagi peserta didikmu ?
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Eka Pramesti Putri -

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Eka Pramesti Putri

NPM 2113053071

Izin Menjawab

Menurut saya model pembelajaran yang cocok untuk kelas rendah yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Karena dengan menggunakan model ini siswa kelas rendah akan lebih mudah memahami pembelajaran dimana siswa dituntut untuk aktif secara individu, menemukan atau menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Model pembelajaran ini juga memberikan anak konsep belajar sambil bermain, itulah mengapa Model Pembelajaran Discovery Learning ini sangat cocok digunakan di kelas rendah.

Terimakasih Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

In reply to First post

Re: forum diskusi

by AYU RAHMAWATI -
Nama : Ayu Rahmawati
Npm :2113053064
Izin menjawab

Model pembelajaran yang ada pada video tersebut adalah model discovery learning, model Inquiry learning, model problem based learning (PBL), dan model project based learning (PJBL)

Menurut saya model pembelajaran yang cocok diterapkan untuk kelas rendah yaitu discovery learning. Pada model pembelajaran discovery learning para guru dan siswa saling dituntut untu aktif dalam proses belajar mengajar agar bisa menciptakan produk pendidikan yang lebih baik.
Model discovery learning khususnya kelas rendah sangat efesien dan mudah di pahami oleh peserta didik, karena mereka dituntut aktif sendiri, menemukan atau menyelesaikan permasalahan yang diberikan, mereka bisa belajar sambil bermain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by JULIA QOIRINA PUTRI -
Nama : Julia Qoirina Putri
NPM : 2113053043

Izin menjawab,
Model pembelajaran yang tepat digunakan untuk kelas rendah yaitu discovery learning karena pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk menemukan pengetahuan baru dari informasi yang telah dimilikinya. Dan mengajak peserta didik untuk berpikir kreatif dan inovatif serta langkah-langkah yang dapat membantu peserta didik menjalani proses pembelajaran yang tersusun sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang baik.

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rida Sandi -
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Rida Sandi Perdana
NPM : 2113053109

Izin menjawab pertanyaan dari ibu.
-Inkuiri Learning
Inquiry learning adalah model pembelajaran yang mendorong pelajar untuk mencari informasi dengan observasi dan eksperimen, pelajar akan mencari jawaban secara mandiri dengan analisis, penyelidikan, menanyakan pertanyaan, meneliti, dan menerjemahkan informasi.

-Discovery learning
Discovery learning merupakan model pembelajaran yang mendorong pelajar untuk mencari jawaban secara mandiri dengan observasi dan analisis.

- Problem Solving
Problem solving learning adalah model belajar dengan melakukan pemecahan masalah.

-Project Based Learning
Project Based Learning adalah metode belajar yang berbasis proyek dalam periode waktu tertentu, dimana dalam proses investigasi untuk menyelesaikan proyek tersebut menjadi bagian dari pelajar mendapat pengetahuan dan keterampilan.

Model yang tepat untuk pembelajaran tematik kelas rendah yaitu model discovery karena pengajar juga berperan aktif dalam proses pembelajaran. Manfaat dari discovery learning akan membantu siswa memahami konsep lebih dalam.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by AMANDA NONISA PUTRI -
Nama: Amanda Nonisa Putri
Npm:2113053066
Izin menjawab

Di dalam video ada model pembelajaran discovery learning, inquiri learning, project based learning dan problem based learning

Menurut pendapat saya model pembelajaran yang cocok di gunakan di kelas rendah adalah Model pembelajaran discovery learning karena merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar serta mengambangkan cara belajar peserta didik yang aktif dengan memperoleh caranya sendiri, maka akan diperoleh hasil belajar yang lebih mudah diingat oleh para siswa tersebut.
Dampak discovery learning sendiri pada peserta didik di kelas rendah yaitu Pengetahuan bertahan lama dan mudah diingat. Hasil belajar memiliki efek transfer yang lebih baik. Meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan berpikir bebas. Melatih keterampilan-keterampilan kognitif siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah tanpa pertolongan orang lain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Riza Nafisah Salsabila Wijaya -
Nama : Riza Nafisah Salsabila Wijaya
Npm : 2113053048

izin menjawab
model pembelajaran tematik :
1. Model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning)
Model ini menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada proyek atau tugas yang menantang siswa untuk menciptakan atau menyelesaikan sesuatu berdasarkan pada tema yang dipilih.
2. Model pembelajaran problem-based learning
Model ini menekankan pada pembelajaran berbasis masalah yang dihadapi siswa dalam kehidupan nyata. Siswa akan didorong untuk memecahkan masalah atau situasi yang terkait dengan tema pembelajaran.
3. Model pembelajaran discovery learning
Model ini menekankan pada pembelajaran yang melibatkan eksplorasi dan penemuan mandiri oleh siswa. Siswa akan diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri pengetahuan baru yang terkait dengan tema pembelajaran.

Untuk peserta didik di kelas rendah, model pembelajaran discovery learning mungkin lebih tepat. Hal ini dikarenakan model pembelajaran discovery learning dapat membantu siswa untuk belajar dengan cara yang aktif dan mandiri, di mana siswa dihadapkan pada masalah atau situasi nyata dan diberi kesempatan untuk menemukan sendiri pengetahuan baru yang terkait dengan tema pembelajaran.

Dampak positif dari model pembelajaran discovery learning adalah meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa karena siswa merasa lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar. Selain itu, model ini juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.







In reply to First post

Re: forum diskusi

by Shita El Qolby -
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Shita El Qolby
Npm:2113053165

Izin menjawab,
Menurut pendapat saya model pembelajaran tematik yang cocok digunakan pada kelas rendah yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Karena pembelajaran mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran dikelas, siswa lebih berperan karena siswa dituntut aktif dalam menyelesaikan masalah. serta siswa lebih kreatif dan inovatif dalam mencari jawaban secara mandiri dengan observasi dan analisis.

sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by SITI. RANISSA -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama: Siti Ranissa
Npm:2113053104

Menurut saya model project based learning . Karena Penerapan model project based learning diharapkan dapat memberikan semangat kepada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dapat mengarahkan kepada pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih memahami materi-materi pembelajaran yang disampaikan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Deta Shadiqah -
Nama : Deta Shadiqah
Npm : 2113053034

Izin menjawab
Macam-macam model pembelajaran tematik dalam video adalah discovery learning, Inquiry learning, problem based learning, dan project based learning.

Model yang cocok untuk peserta didik kelas rendah yaitu discovery Learning karena pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk menemukan pengetahuan baru dari informasi yang telah dimilikinya.

Dampaknya yaitu Membantu peserta didik untuk mengembangkan kesiapan serta penguasaan keterampilan secara kognitif. Peserta didik memperoleh pengetahuan secara individual sehingga dapat dimengerti dan mengendap dalam pikirannya.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Riska Zulkarnaen -
Nama : Riska Zulkarnaen
Npm : 2113053295

Izin menjawab,
Macam-macam Model Pembelajaran Tematik diantaranya :
- Discovery Learning
- Inquiry Learning
- Problem Based Learning
- Project Based Learning

Menurut pendapat saya model pembelajaran tematik yang tepat untuk peserta didik kelas rendah yaitu Model Pembelajaran Discovery Learning, karena model pembelajaran ini lebih menekankan pada penemuan konsep atau prinsip yang sebelumnya, tidak diketahui hingga mampu menyusun sebuah kesimpulan. Selain itu, masalah yang di berikan oleh pendidik yaitu masalah yang di rekayasa oleh pendidik dan peserta didik di minta untuk berfikir kreatif dan Inovatif. Kemudian pendidik memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menjadi problem solver atau scientist.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by LULUK FAUZIAH -
Nama : Luluk Fauziah
Npm : 2113053159

Izin menjawab
Menurut saya model pembelajaran yang paling tepat untuk kelas rendah yaitu Menurut saya model pembelajaran yang cocok untuk kelas rendah yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Karena dengan menggunakan model ini siswa kelas rendah akan lebih mudah memahami pembelajaran dimana siswa dituntut untuk aktif secara individu, menemukan atau menyelesaikan permasalahan yang diberikan aktif dalam proses pembelajaran. Manfaat dari discovery learning akan membantu siswa memahami konsep lebih dalam.Model pembelajaran ini juga memberikan anak konsep belajar sambil bermain, itulah mengapa Model Pembelajaran Discovery Learning ini sangat cocok digunakan di kelas rendah.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ANNISA NUR HIDAYAH -
Nama : Annisa Nur Hidayah
NPM : 2113053056

Izin menjawab
Dalam video tersebut terdapat 4 macam model pembelajaran tematik yaitu
1. Discovery learning
Lebih menekankan pada penemuan konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui hingga mampu menyusun sebuah kesimpulan. Biasanya masalah yang diberikan kepada siswa semacam masalah yang direkayasa oleh guru. Siswa juga diajak untuk berfikir kreatif dan inovatif. Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi problem solver atau scientist.
2. Inquiry learning
Lebih menekankan pada masalah dalam pembelajaran yang bukan hasil rekayasa. Penyelidikan/ pencarioan untuk memuaskan rasa ingin tahu siswa. Siswa tidak memiliki “kewajiban” untuk menemukan sesuatu.
3. Problem based learning
Guru yang secara terus menerus membimbing siswa dengan cara mendorong dan mengarahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan memberi penghargaan untuk pertanyaan-pertanyaan berbobot yang mereka ajukan, dengan mendorong siswa untuk mencari solusi/penyelesaian terhadap asalah nyata yang dirumuskan oleh siswa itu sendiri. Fasilitator dapat memberikan konsep dasar, petunjuk, refrensi, atau link dan skill yang dieperlukan dalam pembelajaran tersebut. Menyajikan masalah yang konsektual. Siswa dalam pembelajaran PBL ini diharapkan mampu berfikir kritis dan terampil dalam memecahkan masalah
4. Project based learning
Pada pembelajaran berbasis PjBL lenih menekankan pada penggunaan proyek sebagai inti pembelajaran. Menggunakan masalah sebagai lngkah awal dalam mengumpulkan dan menhintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Siswa membuat keputusan tentang sebuah kerangka kerja. Siswa mendesain proses untuk menentukan solusi atas permasalahan yang diajakan.

Model pembelajaran tematik yang paling tepat diterapkan utnuk peserta didik dikelas rendah ialah model pembelajaran discovery learning karena pada model pembelajaran ini mampu membantu meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran dengan siswa menemukan informasi sendiri sehingga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa di kelas rendah sekolah dasar.
Dan dampak dari model pembelajaran discovery learning pada kelas rendah ialah hasil belajar memiliki efek transfer yang lebih baik. Meningkatkan penalaran siswa dan keterampilan berfikir bebas. Melatih keterampilan-keterampilan kognitif siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah tanpa pertolongan orang lain namun masih dalam bimbingan guru.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RIVA. SYAFA21 -
Nama : Riva Syafa Azzahra
NPM : 2113053210

Izin menjawab
Menurut saya model pembelajaran tematik yang paling tepat untuk peserta didik kelas rendah yaitu model discovery learning mengapa memilih model ini? Dikarenakan discovery learning memberikan anak konsep belajar sambil bermain, jadi inilah mengapa model pembelajaran discovery learning ini sangat cocok digunakan di kelas rendah.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by NOVIA DWI RAMADHANI -
Nama : Novia Dwi Ramadhani
Npm : 2113053141
izin menjawab
dalam video tersebut terdapat model pembelajaran discovery learning, inquiry learning, promblem besed learning, dan model pembelajaran project based learning.

untuk itu model pembelajaran yang cocok untuk anak kelas rendah adalah model discovery learning.
karena seperti yang dikatakan Kurniasih & Sani (2014) model pembelajaran ini memiliki maanfaat Menimbulkan rasa senang pada siswa karena tumbuhnya rasa menyelidiki dan berhasil.
pada anak kelas rendah yang usianya masuk kedalam usia bermain, "bersenang-senang" dalam belajar adalah sesuatu yang cocok dalam penerapan pembelajaran.

terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Eni Sintia -
Nama : Eni Sintia
Npm : 2113053163
Izin menjawab,
Model pembelajaran yang ada pada video tersebut adalah :
-Discovery learning
Discovery learning merupakan model pembelajaran yang mendorong pelajar untuk mencari jawaban secara mandiri dengan observasi dan analisis.
-Inkuiri Learning
Inquiry learning adalah model pembelajaran yang mendorong pelajar untuk mencari informasi dengan observasi dan eksperimen, pelajar akan mencari jawaban secara mandiri dengan analisis, penyelidikan, menanyakan pertanyaan, meneliti, dan menerjemahkan informasi.
-Problem Solving
Problem solving learning adalah model belajar dengan melakukan pemecahan masalah.
-Project Based Learning
Project Based Learning adalah metode belajar yang berbasis proyek dalam periode waktu tertentu, dimana dalam proses investigasi untuk menyelesaikan proyek tersebut menjadi bagian dari pelajar mendapat pengetahuan dan keterampilan.

Pembelajaran yang sesuai untuk kelas bawah dilakukan melalui model pembelajaran Discovery Learning. Karena dengan model ini, siswa berprestasi rendah dapat lebih mudah memahami pembelajaran dimana siswa diminta melakukan tindakan individu untuk menemukan atau memecahkan masalah yang diberikan. Model pembelajaran ini juga mengajarkan anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan, oleh karena itu model pembelajaran Discovery Learning sangat cocok digunakan di sekolah dasar. 
Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by SYARIFATUL MUAFIFAH -
Nama : Syarifatul Muafifah
NPM : 2113053164

Izin menjawab
Video berisi model pembelajaran discovery learning, inquiry learning, project based learning dan problem based learning

Menurut saya, model pembelajaran yang cocok untuk kelas rendah adalah model pembelajaran discovery learning, karena termasuk model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dengan caranya sendiri sehingga siswa dapat mengembangkan keaktifanya yang berujung pada hasil belajar.

Dampak penggunaan model discovery learning antara lain
Peserta didik lebih mudah mengingat. Hasil belajar memiliki efek transfer yang lebih baik. Meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Melatih kemampuan kognitif peserta didik untuk menemukan dan memecahkan masalah tanpa bantuan orang lain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by CHRISTINA DINI ANGGRAINI_2113053036 -
Nama: Christina Dini Anggraini
NPM: 2113053036

Izin menjawab
1. Discovery learning
Model pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang menekankan pada penemuan konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui hingga mampu menyusun sebuah kesimpulan. Masalah yang harus diselesaikan siswa merupakan hasil rekayasa oleh guru sehingga peserta didik dapat berpikir kreatif dan inovatif.
2. Inquiry learning
Model pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan cara penyelidikan atau pencarian untuk memuaskan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran ini masalah yang dipelajari merupakan bukan hasil dari rekayasa.
3. Problem based learning
Model pembelajaran ini guru yang secara terus-menerus membimbing siswa dengan cara mendorong dan mengarahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan memberi penghargaan untuk pertanyaan-pertanyaan berbobot yang mereka ajukan dengan begitu siswa memiliki motivasi dalam mencari solusi atau penyelesaian terhadap masalah nyata yang dirumuskan nya sendiri. Dalam model pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator dengan memberikan bimbingan serta arahan.
4. Project based learning
Model pembelajaran ini menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dan beraktivitas secara nyata. Pembelajaran ini menggunakan proyek sebagai inti pembelajarannya.

Untuk kelas rendah di sekolah dasar, menurut pendapat saya adalah model pembelajaran discovery learning. Discovery learning memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan konsep dan prinsip-prinsip penting secara mandiri melalui tugas-tugas yang dirancang khusus. Metode ini cocok untuk siswa yang masih dalam tahap pengenalan konsep dan pemahaman awal, karena mereka dapat mengalami belajar secara aktif dan langsung, sehingga memiliki dampak positif kepada peserta didik yaitu dapat membantu mereka memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by FITA FATIMAH -
Nama : Fita Fatimah
NPM : 2113053148

Model pembelajaran yang ada pada video tersebut adalah model discovery learning, model Inquiry learning, model problem based learning (PBL), dan model project based learning (PjBL)

- Model pembelajaran discovery learning adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan.

- Model pembelajaran inquiry learning adalah model pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses belajar siswa.

- Model pembelajaran problem based learning (PBL) adalah pembelajaran dengan berbasis masalah yang dapat meningkatkan siswa untuk berpikir kritis.

- Model pembelajaran project based learning (PjBL) adalah pembelajaran dengan berbasis proyek.

Menurut pendapat saya, dari ke empat model pembelajaran tersebut, yang cocok untuk di kelas rendah yaitu model inquiry learning, karena inquiry-based learning menuntut peserta didik untuk terlibat langsung dengan fenomena dan kasus kehidupan nyata tanpa membekali mereka dengan teori tetap. Peserta didik dituntut untuk menghasilkan aturan dan teori pemandu berdasarkan pengamatan mereka terhadap kasus dan fenomena nyata tersebut. Dengan begitu, peserta didik tidak akan bosan ketika proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by NANDITA YOSI ERISCA -
Nama : Nandita Yosi Erisca
Npm : 2153053023
Izin menjawab
Video diatas berisi macam macam model pembalajaran seperti :
1. Discovery learning
Model pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang menekankan pada penemuan konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui hingga mampu menyusun sebuah kesimpulan.
2. Inquiry learning
Model pembelajaran yang dilakukan dengan cara penyelidikan atau pencarian untuk memuaskan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran ini masalah yang dipelajari merupakan bukan hasil dari rekayasa.
3. Problem based learning
Model pembelajaran ini guru yang secara terus-menerus membimbing siswa dengan cara mendorong dan mengarahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan memberi penghargaan untuk pertanyaan-pertanyaan berbobot yang mereka ajukan dengan begitu siswa memiliki motivasi dalam mencari solusi atau penyelesaian terhadap masalah nyata yang dirumuskan nya sendiri.
4. Project based learning
Model pembelajaran ini menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dan beraktivitas secara nyata.
Untuk sd kelas rendah menurut saya model pembelajaran yang tepat adalah model discovery learning. Karena dengan menggunakam model discovery learning khususnya kelas rendah sangat efesien dan mudah di pahami oleh peserta didik, karena mereka dituntut aktif sendiri, menemukan atau menyelesaikan permasalahan yang diberikan, mereka bisa belajar sambil bermain.
Dampaknya peserta didik bisa menerima pembelajaran dengan baik dan menyenangkan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ismul Nurul Khasanah -
Nama : Ismul Nurul Khasanah
NPM : 2113053204

Izin menjawab,
Dari penjelasan video tentang macam-macam model pembelajaran tematik, menurut saya yang paling tepat untuk peserta didik di kelas rendah adalah model pembelajaran Discovery Learning, karena model pembelajaran ini mengarahkan peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan yang ingin disampaikan dalam pembelajaran. Pada pembelajaran lebih berpusat pada peserta didik, bukan guru, pengalaman langsung dan proses pembelajaran menjadi patokan utama dalam pelaksanaannya. Dampak bagi peserta didik, model pembelajaran ini peserta didik dapat mengembangkan kesiapan serta penguasaan keterampilan saat proses kognitif, peserta didik mendapatkan pengetahuan secara individual sehingga pengetahuan tersebut dan dipahami dan bertahan lama, serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa agar lebih semangat lagi menuntut ilmu.
Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by darista darista -
Nama: Darista
Npm:2113053303

Izin menjawab
Didalam video tersebut ada beberapa macam-macam model pembelajaran yaitu:
1.Discovery learning: menekankan pada penemuan konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui hingga mampu menyusun sebuah kesimpulan.
2.Inquiri learning: masalah dalam pembelajaran bukan hasil rekayasa, penyelidikan/pencarian untuk memuaskan rasa ingin tahu siswa.
3.Problem based learning:Guru yang terus menerus membimbing siswa dengan cara mendorong dan mengarahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan penghargaan untuk pertanyaan - pertanyaan berbobot yang mereka ajukan, dengan mendorong siswa mencari solusi/penyelesaian terhadap masalah nyata yang dirumuskan oleh siswa sendiri.
4.Project based learning: menggunakan proyek sebagai inti pembelajaran.

Model pembelajaran yang cocok diterapkan di kelas rendah model discovery learning karena dengan menggunakan model discovery learning mampu membantu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan siswa yang menemukan informasi sendiri sehingga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa baik di Sekolah Dasar (SD),Melatih keterampilan-keterampilan kognitif siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah tanpa pertolongan orang lain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by MUHAMMAD YOGYA ANDIKA -
Nama : Muhammad Yogya Andika
Npm : 2113053144
Izin menjawab

Didalam video tersebut ada model pembelajaran inquiry learning,problem solving,discovery learning,project based learning

Menurut saya model pembelajaran yg cocok adalah model discovery learning karena mendorong siswa untuk mencari jawaban secara mandiri serta aktif sehingga bisa memunculkan pengetahuan baru pada setiap mata pelajaran yg telah diberikan dan membuat siswa lebih kreatif dan inovatif disetiap kegiatan pembelajaran,selain itu model discovery learning memiliki konsep belajar sambil bermain,jadi inilah alasan mengapa model pembelajaran ini sangat cocok untuk peserta didik dikelas rendah

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by BERLYANA AMANDA -
Nama : Berlyana Amanda
Npm : 2113053100
Izin menjawab
Di dalam video tersebut terdapat model pembelajaran discovery learning, inquiry learning, promblem besed learning, dan model pembelajaran project based learning.
Menurut saya model yang tepat untuk anak kelas rendah yaitu model dicovery learning, karena mampu membantu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan siswa yang menemukan informasi sendiri sehingga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa .

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by AINUN AINUN RAZELLA DAMA PUTRI -
Nama : Ainun Razella Dama Putri
Npm : 2113053093

Izin menjawab,
Menurut saya model pembelajaran tematik yang paling tepat untuk peserta didik kelas rendah di antara 4 model yang di jelaskan di dalam Vidio tersebut yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dimana Guru berperan penting dalam suatu pembelajaran dimana membimbing, mendorong atau mengarahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan serta penghargaan atas pertanyaannya yang telah di ajukan peserta didik dan juga mendorong siswa mencari solusi terhadap masalah nyata dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan mandiri. Mengingat di kelas rendah tepatnya kelas 1 yang masih awam dengan pembelajaran dan suasana baru di dalam kelas dimana mereka masih kebanyakan terbawa suasana saat mereka TK suka bermain dengan model ini yang menjadikan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran maka akan lebih menjadikan pembelajaran bermakna karena peserta didik yang masih belum bisa Fokus belajar sangat memerlukan bimbingan serius dari pendidik, dan peserta didik yang masih kebanyakan memiliki rasa tidak percaya diri atau malu sangat memerlukan peserta didik yang membimbing atau mendorong dia untuk mengungkapkan potensi yang ada pada dirinya, Dan dengan pendidik memberikan suatu penghargaan saat peserta didik berani dalam bertanya maka itu akan menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didik dan dengan itu peserta didik akan lebih percaya diri untuk melakukan kegiatan yang baru. Selain itu model pembelajaran ini akan membuat siswa lebih terbuka dan mengasah berfikir kritis dan bekerja sama dengan kelompok kecil dimana peserta didik akan lebih mengenal dan menghargai perbedaan yang ada antara peserta didik satu dengan yang lainnya.
Dengan itu pembelajaran dengan model PBL ini akan jauh lebih cocok dan efektif diterapkan dalam kelas rendah dengan berorientasi pula dengan kehidupan -kehidupan nyata peserta didik dibantu dengan guru yang menjadi fasilitator bagi mereka yang memang masih sangat membutuhkan bimbingan dan dorongan.

Sekian Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ANISA 21 -
Nama : Anisa
NPM : 2113053246
Izin menjawab bu :

1. Discovery learning
Pembelajaran yang menekankan pada penemuan konsep atau prinsip yang sebelumnya belum diketahui hingga mampu menyusun kesimpulan. Masalah yang diberikan merupakan masalah rekayasa dari guru

2. Inquiry learning
Penyelidikan masalah dalam pembelajaran bukan hasil rekayasa dan mengaktifkan siswa.

3. Problem based learning (PBL)
Guru secara terus menerus membimbing siswa dengan cara mendorong agar siswa bertanya dan memberikan penghargaan dari pertanyaan yang diajukan dan guru menjadi fasilitator bagi siswa.

4. Projects based learning (PJBL)
Menggunakan proyek dalam inti pembelajaran dan menjadikan masalah nyata sebagai langkah awal.

Menurut pendapat saya model pembelajaran yang cocok pada kelas rendah adalah inquiry karena guru melatih siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran serta aktivitas siswa ditekan pada proses mencari dan menemukan pada masalah yang bukan rekayasa.

Dampak bagi siswa : Siswa akan terdorong untuk belajar secara aktif, karena model pembelajaran ini sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang diharapkan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Pandu Adithia R 2113053298 -
Nama : Pandu Adithia. R
Npm : 2113053298

izin menjawab

Menurut saya model pembelajaran yang sesuai untuk siswa kelas bawah adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Karena dengan model ini siswa kelas rendah dapat lebih mudah memahami pembelajaran, dimana siswa dituntut untuk aktif secara individu, untuk menemukan atau memecahkan masalah yang telah ditentukan sebelumnya. Model pembelajaran ini juga memberikan gambaran kepada anak tentang belajar melalui bermain, oleh karena itu model pembelajaran Discovery Learning sangat cocok digunakan di kelas bawah.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Khusnul Ramdhani Rianata -
Nama : Khusnul Ramdhani Rianata
NPM : 2153053029

Izin menjawab
Menurut saya, model pembelajaran yang cocok untuk kelas rendah adalah discoverry learning. Discovery learning merupakan sebuah model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan yang ingin disampaikan dalam pembelajaran. Pembelajaran discovery learning adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis sehingga dampaknya mereka dapat menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai wujud adanya perubahan perilaku.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Miftahul Ulum -
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Miftahul Ulum
NPM : 2113053177

Izin menjawab,
Menurut saya model pembelajaran tematik yang paling tepat untuk peserta didik di kelas rendah adalah model Pembelajaran Discovery Learning. Karena, pengetahuan itu bertahan lama atau lebih mudah diingat, hasil belajar mempunyai efek transfer yang lebih baik, dan meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan untuk berpikir. Sangat penting untuk mengembangkan pembelajaran pada anak usia dini karena pada saat itu anak-anak memiliki kemampuan untuk berpikir melalui gerakan atau tindakan, serta memiliki kebutuhan yang sangat besar untuk memulai atau memegang.

Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yola Fatika Zikas -
Nama: Yola Fatika Zikas
NPM: 2113053271

menurut saya model pembelajaran yang paling tepat untuk peserta didik di kelas rendah yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Dampak dari penerapan model pembelajaran PBL ini peserta didik secara individu maupun kelompok akan dituntut berfikir aktif dan kreatif dalam menggunakan berbagai kemampuan berpikir untuk mengatasi masalah khusunya dalam kegiatan pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Himawan Dwi Caksono Algibran ALGIBRAN -
Nama : Himawan Dwi Caksono Algibran
NPM : 2113053304

Izin menjawab,
Menurut saya model pembelajaran tematik yang paling tepat untuk peserta didik di kelas rendah adalah model Pembelajaran Discovery Learning. Karena, pengetahuan itu bertahan lama atau lebih mudah diingat, hasil belajar mempunyai efek transfer yang lebih baik, dan meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan untuk berpikir. Sangat penting untuk mengembangkan pembelajaran pada anak usia dini karena pada saat itu anak-anak memiliki kemampuan untuk berpikir melalui gerakan atau tindakan, serta memiliki kebutuhan yang sangat besar untuk memulai atau memegang.