Nama : Daffa Syifaa Nabiiah
NPM : 2153053016
Izin menjawab pertanyaan yang telah diberikan bu,
1. Kompetensi Inti adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Kompetensi inti terdiri dari 3 aspek, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Contoh kompetensi inti di Sekolah Dasar adalah:
• Aspek Sikap: Menerapkan sikap bertanggung jawab terhadap
tugas dan kewajiban sebagai siswa.
• Aspek Pengetahuan: Mengenal, memahami, dan menerapkan pengetahuan dasar matematika seperti bilangan, operasi hitung, dan pengukuran.
• Aspek Keterampilan: Mampu membaca dan menulis dengan baik dan benar dalam bahasa Indonesia.
2. Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi inti. Kompetensi dasar lebih spesifik dan terukur, dan berfungsi sebagai target pencapaian pembelajaran. Contoh kompetensi dasar di Sekolah Dasar adalah:
• Memahami operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat.
• Menyebutkan nama-nama benda di sekitar sekolah dalam bahasa Inggris.
• Menuliskan cerita pendek sederhana dengan menggunakan kalimat yang baik dan benar.
3. Indikator Pencapaian adalah kriteria atau tanda-tanda yang mengindikasikan bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar. Indikator pencapaian juga berfungsi sebagai alat ukur untuk mengevaluasi dan memonitor kemajuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Contoh indikator pencapaian di Sekolah Dasar adalah:
• Dapat menjawab soal cerita perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan benar.
• Mampu mengucapkan nama-nama benda di sekitar sekolah dalam bahasa Inggris dengan benar.
• Menulis cerita pendek sederhana dengan menggunakan kalimat yang baik dan benar.
4. Cara merumuskan indikator pencapaian adalah dengan mengacu pada kompetensi dasar yang ingin dicapai. Indikator pencapaian harus spesifik, terukur, dan realistis. Langkah-langkah merumuskan indikator pencapaian adalah sebagai berikut:
• Tentukan kompetensi dasar yang ingin dicapai.
• Identifikasi keterampilan, pengetahuan, atau sikap yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar tersebut.
• Tentukan tanda-tanda atau kriteria yang mengindikasikan bahwa peserta didik telah mencapai keterampilan, pengetahuan, atau sikap tersebut.
• Pastikan indikator pencapaian yang dirumuskan dapat diukur dan realistis sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Sekian, Terima Kasih.