forum pertanyaan

forum pertanyaan

Number of replies: 33

tuliskan macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?

In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Yugi Utami -
Nama: Yugi Utami
NPM: 2113053132

tuliskan macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?
1. Penilaian Sikap:
Observasi langsung: Guru mengamati sikap siswa selama aktivitas pembelajaran sehari-hari.
Daftar periksa: Guru menggunakan daftar periksa untuk menilai sikap siswa berdasarkan kriteria tertentu.
Portofolio: Siswa mengumpulkan contoh-contoh kerja atau bukti yang menunjukkan sikap yang diharapkan.

2. Penilaian Pengetahuan:
Tes tulis: Siswa menjawab pertanyaan dalam bentuk tulisan untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi.
Ujian lisan: Siswa memberikan jawaban secara lisan dalam sesi tanya jawab dengan guru.
Proyek atau tugas: Siswa menghasilkan produk atau tugas yang menunjukkan pemahaman mereka terhadap konsep atau topik tertentu.

3. Penilaian Keterampilan:
Penilaian kinerja: Siswa melakukan tugas atau aktivitas praktis yang relevan dengan keterampilan yang ingin dinilai.
Simulasi: Siswa berpartisipasi dalam situasi simulasi yang meniru situasi nyata di mana mereka dapat menunjukkan keterampilan yang dipelajari.
Portofolio keterampilan: Siswa mengumpulkan contoh-contoh pekerjaan atau bukti keterampilan yang mereka kuasai.

Buku lapor Dalam konteks pendidikan, istilah "buku lapor" mungkin mengacu pada buku yang digunakan untuk mencatat informasi terkait perkembangan, prestasi, dan catatan lainnya tentang peserta didik. Buku lapor ini berfungsi sebagai alat komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua atau wali murid. Buku lapor dalam pendidikan umumnya berisi informasi mengenai Catatan Akademik, Catatan Kehadiran, Catatan Perilaku dan Sikap, Komentar Guru. Buku lapor digunakan sebagai alat untuk mengkomunikasikan informasi penting tentang perkembangan siswa kepada orang tua atau wali murid. Hal ini membantu orang tua atau wali murid memahami kemajuan akademik dan perilaku siswa serta memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan guru dalam mendukung pembelajaran siswa.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by NUR ANISA -
Nama : Nur Anisa
NPM : 2153053018

Izin menjawab Bu,

Ada beberapa macam penilaian dalam dunia pendidikan, antara lain:
1.Penilaian Afektif
Penilaian ini mengukur aspek emosional, sikap, dan nilai yang dimiliki peserta didik terhadap suatu topik atau situasi. Contohnya adalah penilaian terhadap kejujuran, tanggung jawab, kerjasama, dan sikap positif lainnya.

2.Penilaian Kognitif
Penilaian ini mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran secara umum. Jenis penilaian ini mencakup pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Contoh jenis penilaian kognitif adalah tes pilihan ganda, tes uraian, dan proyek penelitian.

3.Penilaian Psikomotorik
Penilaian ini mengukur kemampuan fisik dan motorik peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas. Jenis penilaian ini mencakup kemampuan peserta didik dalam menggunakan alat, menggambar, menari, atau olahraga. Contoh jenis penilaian psikomotorik adalah ujian praktek, observasi, dan penilaian portofolio.

Buku lapor adalah buku yang digunakan di sekolah sebagai alat untuk menginformasikan orang tua atau wali murid tentang kegiatan, prestasi, dan masalah yang dihadapi oleh peserta didik selama masa belajar di sekolah. Biasanya, buku lapor ini berisi informasi tentang nilai ujian, kehadiran peserta didik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perkembangan peserta didik di sekolah.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by MASITA PUTRI KIRANA -
Nama : Masita Putri Kirana
NPM : 2113053182

Macam-macam penilaian, penilaian pembelajaran dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu :
1) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagai macam tes baik tes lisan maupun tes secara tertulis, atau bisa juga dengan menggunakan kuis yang relevan dengan KD pembelajaran
2) Penilaian Sikap
Penilaian sikap dapat dilakukan dengan menggunakan metode observasi, penilaian diri dan kinerja. Dimana pada penilaian ini terfokus pada penilaian peserta didik, baik secara individu, maupun penilaian antar teman
3) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan bagi peserta didik dapat dilakukan dengan penilaian berbasis proyek, portofolio dan kinerja, yang menekankan pada aspek kerja sama, keterampilan dan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, dengan menggunakan metode yang sistematis dan terstruktur.

apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?
Buku lapor merupakan hasil evaluasi atas apa yang telah dipelajari dan diujikan baik saat pelajaran harian maupun ujian sekolah. Pada umumnya sistem pelaporan yang diberikan menggunakan skala pemeringkatan tertentu yang dibagi ke dalam beberapa kategori nilai. Sistem skala tersebut bisa dalam bentuk huruf seperti A untuk nilai 90 – 100, B untuk nilai 80 – 89, dan seterusnya. Ada juga yang menggunakan skala nilai angka. Rapor juga bisa menjadi dokumen yang menjadi penghubung antara pihak sekolah dengan orang tua untuk mengetahui hasil belajar anak-anak mereka. Setiap akhir semester, biasanya akan ada pembagian buku laporan hasil pembelajaran siswa-siswi setelah enam bulan belajar di bangku sekolah buku itulah yang disebut buku lapor.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by HANA JANATAN SALSABIELA -
Nama: Hana Janatan Salsabiela
NPM: 2113053120

Berikut adalah jawaban dari saya atas pertanyaan di atas:

a. Penilaian Sikap
Penilaian sikap memiliki tujuan untuk mengevaluasi perilaku peserta didik dalam konteks pembelajaran, termasuk sikap spiritual dan sosial. Evaluasi sikap memiliki karakteristik yang berbeda dengan evaluasi pengetahuan dan keterampilan, sehingga teknik evaluasi yang digunakan juga berbeda. Evaluasi sikap lebih difokuskan pada pembinaan perilaku untuk membentuk karakter peserta didik.
1) Sikap Spiritual
Evaluasi sikap spiritual (KI-1) melibatkan pengamatan terhadap penerimaan, pelaksanaan, dan penghargaan terhadap ajaran agama yang dianut oleh peserta didik.
2) Sikap Sosial
Evaluasi sikap sosial (KI-2) meliputi perilaku seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, sopan santun, kepedulian, dan kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara. Evaluasi sikap melibatkan evaluasi utama dan evaluasi penunjang. Evaluasi utama didapatkan melalui observasi harian yang dicatat dalam jurnal harian. Evaluasi penunjang melibatkan evaluasi diri dan evaluasi antarteman, yang dapat digunakan sebagai konfirmasi hasil evaluasi sikap oleh pendidik. Teknik evaluasi yang digunakan meliputi observasi melalui wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu (incidental record) sebagai unsur evaluasi utama.

b. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.
Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi. Angka menggunakan rentang nilai 0 sampai dengan 100. Predikat disajikan dalam huruf A, B, C, dan D. Rentang predikat (interval) ini ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan KKM.
Deskripsi dibuat dengan menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tertulis, lisan, dan penugasan.
1) Tes Tertulis
Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal.
• Menyusun pedoman penskoran.
• Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran.
2) Tes Lisan
Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, mengecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Membuat pertanyaan atau perintah.
• Menyusun pedoman penilaian
• Memberikan tindak lanjut hasil tes lisan
3) Penugasan
Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tugas dapat dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas. Tugas tersebut dapat dilakukan di sekolah, di rumah, atau di luar sekolah.

c. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.
1) Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja (performance assessment) adalah penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya dapat dilakukan pada proses atau produk. Penilaian kinerja yang menekankan pada produk disebut penilaian produk, misalnya poster, puisi, dan kerajinan. Penilaian kinerja yang menekankan pada proses disebut penilaian praktik, misalnya bermain sepak bola, memainkan alat musik, menyanyi, melakukan pengamatan menggunakan mikroskop, menari, bermain peran, dan membaca puisi.
2) Penilaian Proyek
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan. Pada penilaian proyek ada 4 (empat) hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
(a) Kemampuan pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi, mengelola waktu pengumpulan data, dan penulisan laporan yang dilaksanakan secara kelompok.
(b) Relevansi
Kesesuaian tugas proyek dengan muatan pelajaran.
(c) Keaslian
Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karya sendiri di bawah bimbingan pendidik.
(d) Inovasi dan kreativitas
Proyek yang dilakukan peserta didik mengandung unsur-unsur kebaruan atau sesuatu yang berbeda dari biasanya.
3) Penilaian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu. Pada akhir periode portofolio tersebut dinilai oleh pendidik bersama-sama dengan peserta didik dan selanjutnya diserahkan kepada pendidik pada kelas berikutnya dan dilaporkan kepada orangtua sebagai bukti autentik perkembangan peserta didik.

Berkaitan dengan hal di atas ada yang namanya buku lapor. Buku lapor, atau sering juga disebut sebagai buku penghubung atau buku harian, adalah sebuah buku yang digunakan untuk mencatat informasi, perkembangan, atau kejadian yang terjadi di suatu tempat atau dalam suatu konteks tertentu. Buku lapor umumnya digunakan dalam konteks pendidikan, terutama pada tingkat pendidikan dasar atau sekolah-sekolah yang melibatkan komunikasi antara guru, orang tua, dan siswa.

Buku lapor biasanya berisi catatan harian atau mingguan tentang kegiatan belajar-mengajar, tugas-tugas yang diberikan, penilaian atau evaluasi, kehadiran siswa, kedisiplinan, catatan penting, atau pesan-pesan yang ingin disampaikan antara guru dan orang tua. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi komunikasi antara semua pihak yang terlibat dalam pendidikan, serta memberikan pemantauan dan pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan dan kinerja siswa. Buku lapor sering kali merupakan sarana komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua, sehingga mereka dapat saling berbagi informasi mengenai prestasi siswa, masalah yang muncul, kebutuhan khusus, atau perubahan dalam kehidupan siswa. Hal ini membantu membangun kolaborasi yang baik antara rumah dan sekolah untuk mendukung perkembangan akademik dan sosial siswa.

Sekian dari saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by I wayan Suberata -
Nama : I Wayan Suberata
NPM : 2153053007

Ada tiga jenis penilaian utama dalam pendidikan yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing jenis penilaian:

1. Penilaian Sikap: Penilaian sikap mengukur nilai-nilai dan norma yang dimiliki oleh siswa dalam perilaku sehari-hari. Sikap dapat didefinisikan sebagai kecenderungan individu untuk menunjukkan suatu jenis reaksi dalam situasi tertentu. Contoh sikap yang dapat dinilai adalah sikap positif terhadap pelajaran, sikap disiplin, sikap kerjasama, dan sebagainya.

2. Penilaian Pengetahuan: Penilaian pengetahuan mengukur pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang dipelajari. Penilaian pengetahuan dapat berupa tes tulis, lisan, atau tugas. Tujuannya adalah untuk menilai pemahaman siswa tentang konsep-konsep, fakta, prinsip, atau teori tertentu yang terkait dengan mata pelajaran tertentu.

3. Penilaian Keterampilan: Penilaian keterampilan mengukur kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam situasi nyata. Penilaian keterampilan dapat berupa tes praktik, proyek, atau presentasi. Tujuannya adalah untuk menilai kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam situasi yang relevan.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Niki Sasi Kirani -
Nama: Niki Sasi Kirani
NPM: 2113053027

Izin menjawab bu
a. Penilaian sikap adalah penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam pembentukan karakter peserta didik.
b. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian. Teknik pengetahuan ini berupa tes tertulis, tes lisan, dan penugasan.
c. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.
d. Buku lapor adalah buku yang berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka. Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah.

Sekian, terima kasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Syifa Azzahra Riyadi -
Nama : Syifa Azzahra Riyadi
Npm : 2113053003

1. Penilaian sikap
Observasi : penilaian sikap merupakan teknik penilaian terhadap diri sendiri (peserta didik) dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sikapnya dalam berperilaku. Hasil penilaian diri peserta didik dapat digunakan sebagai data konfirmasi perkembangan sikap peserta didik. Adapun cara melakukan penilaian sikap peserta didik yaitu dengan menggunakan teknik observasi selama pembelajaran. Semua tindakan atau perilaku, perubahan, serta perkembangan sikap peserta didik dicatat oleh pendidik dalam buku nilai.

2. Penilaian pengetahuan
Test tulis : penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.Bentuk penilaian aspek pengetahuan terbagi dalam delapan bentuk yaitu pilihan ganda, isian, benar salah, menjodohkan, uraian, tanya jawab, penugasan individu, dan penugasan kelompok.

3. Penilaian keterampilan
Penilaian kinerja: Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Pelaksanaan penilaian keterampilan dilaksanakan dengan penilaian kinerja praktik.Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan teknik, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Teknik penilaian keterampilan yang digunakan dipilih sesuai dengan karakteristik KD pada KI.


4. Buku lapor
Rapor merupakan laporan hasil dari suatu kegiatan yang disusun secara benar. Materi yang dilaporkan dalam hal ini adalah hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, kepribadian, ekstrakurikuler beserta data yang diperlukan yang berkaitan dengan rapor.Buku rapor adalah suatu cara pengukuran kinerja peserta didik.


Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by DAFFA SYIFAA NABIILAH -
Nama : Daffa Syifaa Nabiilah
NPM : 2153053016

Izin menjawab pertanyaan yang telah diberikan bu,
Macam-macam penilaian yang umumnya digunakan dalam pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Penilaian Sikap: Penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi sikap seseorang terhadap sesuatu, misalnya sikap terhadap lingkungan, pekerjaan, atau rekan kerja. Penilaian sikap biasanya dilakukan melalui observasi, kuesioner, atau wawancara.

2. Penilaian Pengetahuan: Penilaian yang dilakukan untuk mengukur pengetahuan seseorang terhadap suatu topik atau bidang tertentu. Penilaian pengetahuan bisa dilakukan dengan cara tes tertulis, ujian lisan, atau tugas yang harus diselesaikan.

3. Penilaian Keterampilan: Penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam melakukan suatu aktivitas atau tugas tertentu. Penilaian keterampilan biasanya dilakukan dengan cara observasi, simulasi, atau proyek.

Buku lapor adalah sebuah dokumen yang berisi catatan tentang kegiatan atau pekerjaan yang telah dilakukan oleh seseorang atau suatu kelompok. Buku lapor biasanya digunakan dalam lingkungan kerja atau pendidikan untuk memantau perkembangan atau progres seseorang atau kelompok dalam mencapai tujuan tertentu. Buku lapor dapat berisi catatan harian, laporan proyek, atau dokumentasi kegiatan.

Sekian, Terima Kasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Andriyani Merkuri -
Nama: Andriyani Merkuri
NPM: 2113053247
Kelas: 4E

Izin menjawab Bu.

a. Penilaian sikap dilakukan dengan teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Penilaian diri dan penilaian antar teman dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter peserta didik, yang hasilnya dapat dijadikan sebagai salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
b. penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi peserta didik yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif (kecakapan berpikir) mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi dengan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif.
c. Penilaian keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks keterampilan, sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK). Penilaian keterampilan tersebut meliputi ranah berpikir dan bertindak. Keterampilan ranah berpikir meliputi keterampilan menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat. Keterampilan dalam ranah bertindak meliputi membaca, menulis, menghitung, menggambar, dan mengarang.

Berdasakan KBBI arti rapor yaitu buku yang berisi nilai kepandaian dan prestasi belajar murid di sekolah, berfungsi sebagai laporan guru kepada orangtua atau wali murid.
Rapor merupakan salah satu pertanggungjawaban sekolah terhadap masyarakat tentang kemampuan yang telah dimiliki siswa yang berupa sekumpulan hasil penilaian. Kegiatan penilaian dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dalam suatu unit tertentu. Untuk memperoleh informasi yang akurat penilaian harus dilakukan secara sistematik dengan menggunakan prinsip penilaian.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Friska Aprilya Saputri -
Nama : Friska Aprilya Saputri
Npm : 2113053072

Izin menjawab pertanyaan dari Bu Dayu Rika Perdana, yaitu tentang tuliskan macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?
Jawab:
Ada beberapa macam penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilain keterampilan. Berikut adalah macam macam penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
1. Penilaian sikap
Penilaian sikap ini dilakukan guna mengetahui perilaku sosial dan spiritual peserta didik baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Penilaian sikap itu dapat dilakukan dengan metode observasi, metode ini dilakukan dengan mengamati perilaku peserta didik ketika sedang melakukan suatu kegiatan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, kemudian pendidik melakukan penilaian diri dan penilaian antar teman yang dilakukan setiap 1x per semester.

2. Penilaian pengetahuan
Penilaian pengetahuan merupakan penilaian yang dilakukan oleh pendidik untuk mengetahui tingkat kognitif masing-masing peserta didik dengan memberikan ujian. Dalam penilaian pengetahuan dapat menggunakan beberapa macam teknik, yaitu
a. Tes tertulis
Pada teknik tes tertulis ini, pendidik dapat memberikan soal-soal berupa pilihan ganda, soal esai, dan menjodohkan.
b. Tes lisan
Pada teknik tes lisan ini, pendidik memberikan suatu bentuk tes menggunakan metode tanya jawab kepada peserta didik terhadap materi yang diberikan.
c.Penugasan
Pada teknik penugasan ini, pendidik memberikan tugas kepada peserta didik yang harus dikerjakan secara individu atau kelompok.

3. Penilaian keterampilan
Penilaian keterampilan merupakan penilaian yang digunakan untuk mengetahui bakat atau keterampilan apa saja yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Dalam penilaian keterampilan ini dapat menggunakan beberapa macam teknik penilaian keterampilan, yaitu:
a. Keterampilan praktik
Pada keterampilan ini dilakukan dengan mengamati kegiatan yang sedang peserta didik dalam melakukan suatu praktikum.
b. Keterampilan proyek
Pada keterampilan proyek ini dilakukan dengan melakukan penyelidikan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil proyek.
c. Keterampilan portofolio
Pada keterampilan ini, dilakukan dengan memberikan hasil rekaman pembelajaran dan penilaian kemajuan pekerjaan masing-masing peserta didik.
d. Keterampilan produk
Pada keterampilan ini, peserta didik dapat membuat suatu bentuk produk kerajinan, kesenian, dan sebagainya.

Kemudian, yang saya ketahui tentang buku lapor adalah suatu buku yang berisi laporan setiap akhir semester yang dibagikan ke peserta didik dan orang tua akan mengetahuinya pada akhir semester genap. Buku lapor ini berisi hasil kinerja peserta didik selama 1 semester berdasarkan dengan kemampuan masing-masing dalam mencapai setiap mata pelajaran tertentu.

Sekian, Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Andini Putri Oktaviana -
Nama : Andini Putri Oktaviana
NPM : 2113053016

Macam-macam Penilaian : Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik. Penilaian sikap terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual(KI-1) dan sosial (KI-2). Sikap spiritual yang diamati dapat berupa menerima, menghargai, dan menjalankan keagamaan. Sedangkan, sikap sosial lebih kepada penilaian sikap jujur, bertanggung jawab, dan disiplin.

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KI-3) lebih mengacu pada kognitif peserta didik, bagaimana kemampuan peserta didik dalam memahamii materi pelajaran. Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi. Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tertulis, lisan, dan penugasan.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KI-4) mengacu pada keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Penilaian ini dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio.


Apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?
Buku lapor merupakan buku yang memuat tentang laporan hasil belajar peserta didik. Biasanya didalam buku lapor memuat tentang hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, kepribadian, ekstrakurikuler serta data data lain seperti identitas sekolah dan identitas peserta didik. Penilaian diterapkan pada buku lapor merupakan penilaian terhadap hasil pencapaian kompetensi siswa. Dengan adanya lapor tersebut, maka orang tua dan siswa dapat mengetahui pelajaran apa yang paling dikuasai dan pelajaraan apa yang memiliki nilai yang kurang.


Sekian. Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Irma Tri Susanti -
Nama : Irma Tri Susanti
Npm : 2113053069

Mohon izin menjawab mengenai pertanyaan diatas, Bu.

Dalam melakukan penilaian didalamnya terdapat 3 penilaian yaitu,
1. Penilaian sikap (Afektif)
Dalam penilaian ini pendidik menilai bagaimana perilaku atau sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Didalamnya ada penilaian sikap tanggung jawab, disiplin, kerja sama dan lain sebagainya.

2. Pengetahuan (Kognitif)
Pada penilaian ini pendidik melakukan penilaian pada peserta didik tentang tingkat pengetahuan nya dalam memahami materi pembelajaran. Untuk menilai nya pendidik dapat memberikan tes berupa soal, tugas kelompok, dan lain sebagainya.

3. Keterampilan (Psikomotorik)
Pada penilaian ketrampilan ini pendidik dapat melakukan penilaian tentang tingkat ketrampilan peserta didik dalam menggunakan alat sebagai media pembelajaran, dalam penilaian nya dapat dilakukan dengan memberikan tugas ujian praktek kepada peserta didik, dan lain sebagainya.

Menurut saya buku lapor adalah suatu buku yang berisikan tentang kumpulan kumpulan nilai peserta didik dalam setiap semester. Buku ini biasanya diberikan kepada peserta didik disaat akhir pembelajaran dan sering diperintahkan untuk orang tua yang mengambilnya. Dengan adanya buku ini juga dapat memberikan informasi terkait nilai peserta didik kepada wali murid atau orang tua peserta didik.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Ida Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Wahyuni
Npm : 2113053193

Izin menjawab bu,
1. Penilaian Kognitif atau pengetahuan
Ialah penilaian yang mencakup kegiatan mental (otak). Menurut Bloom, segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam penilaian kognitif. Penilaian kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi.

2. Penilaian afektif atau sikap
Penilaian afektif ialah penilaian yang berkaitan dengan sikap dan nilai moral. Penilaian afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku.

3. Penilaian psikomotorik atau ketrampilan
psikomotor merupakan penilaian yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Penilaian psikomotor adalah penilaian yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.

4. Buku lapor
Menurut saya buku lapor merupakan buku dari hasil pembelajaran yang sering dikenal juga dengan istilah lapor. Buku ini pada umumnya berisi hasil kinerja peserta didik yang diberikan oleh sekolah kepada peserta didik untuk diketahui orang tua mereka. Buku lapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan peserta didik selama belajar di sekolah.


Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Zahra Dika Ramadhona -
Nama: Zahra Dika Ramadhona
Npm: 2113053156

Macam macam penilaian
1. Sikap (afektif)
Penilaian sikap merupakan penilaian yang dilakukan oleh pendidik dalam menilai aktivitas kegiatan peserta didik didalam kelas, seperti sikap sopan santun, sikap kepada teman, sikap tanggung jawab dan sebagainya

2. Pengetahuan (kognitif)
Penilaian kognitif dilakukan dengan cara memberikan tugas - tugas kepeserta didik berupa pengetahuan atau pembelajaran yang telah dipelajari. Kita bisa menilai sejauh mana kemampuan pengetahuan peserta didik tersebut.

3. Keterampilan (psikomotorik)
Penilaian keterampilan merupakan penilaian dari kemampuan membaca, kemampuan menggunakan alat dan bahan ajar, kemampuan dalam membuat suatu benda atau mempraktikkan apapun dalam kegiatan pembelajaran.

Buku lapor merupakan buku penilaian yang diisi oleh pendidik dalam menilai peserta didik. Buku lapor akan diberikan di waktu tertentu untuk dapat dilihat oleh peserta didik dan orang tua untuk meninjau sejauh mana penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan selama kegiatan belajar mengajar dikelas.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by SEPTIANA 21 -
Nama : Septiana
NPM : 2113053139

Izin menjawab,

1. Penilaian sikap,
1)Sikap Spiritual
Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2) Sikap Sosial
Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.

2. Penilaian pengetahuan
cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Pendidik melakukan penilaian pengetahuan dengan cara Tes tertulis, tes lisan, atau penugasan.

3. Penilaian keterampilan/ psikomotorik
Untuk mengetahui keterampilan peserta didik, pendidik bisa melakukan cara penilaian kinerja. Penilaian kinerja yang menekankan pada produk disebut penilaian produk, misalnya poster, puisi, dan kerajinan. Kemudian penilaian proyek dan portofolio.

Menurut saya, Buku lapor adalah buku hasil belajar peserta didik, yang dimana akan direkap selama 1 semester pembelajaran. Buku lapor adalah hasil belajar peserta didik guna untuk memberi tahu kepada orang tua hasil belajar anaknya selama di sekolah. Dimana lapor berisi Nilai-nilai (nilai tugas dan nilai ulangan, sikap peserta didik selama di sekolah, kehadiran peserta didik selama pembelajaran, dan catatan dari pendidik kepada peserta didik, biasanya catatan tersebut berisi wejangan untuk peserta didik lebih semangat dalam belajar di semester selanjutnya.

Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Fauriza Agustina -
Nama : Fauriza Agustina
NPM : 2153053004

Izin menjawab bu..

1. Penilaian sikap adalah kegiatan untuk mengetahui kecenderungan perilaku spiritualdan sosial peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di dalam dan di luar kelas sebagai hasil pendidikan. Penilaian sikap ditujukan untuk mengetahui capaian dan membina perilaku serta budi pekerti peserta didik sesuai KI-1 dan KI-2.
Dengan melalui penilaian antar teman, penilaian diri, serta observasi oleh guru mata pelajaran maupun wali kelas. 
Misal seperti diberikan kuisioner untuk peserta didik menjawab pertanyaan yang terkait dengan sikap yang dimiliki peserta didik. 

2. Penilaian pengetahuan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan peserta didik yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian ini berkaitan dengan ketercapaian KD pada KI-3 yang dilakukan oleh guru mata pelajaran. Dengan penugasan, tes lisan, tes tertulis serta melalui portofolio. 

3. Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Kaitannya dalam pemenuhan kompetensi, penilaian keterampilan merupakan penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik terhadap kompetensi dasar pada KI-4. Dengan portofolio, kinerja dan proyek.

Buku lapor adalah buku harian peserta didik sebagai media komunikasi antara orang tua peserta didik dengan pendidik. Buku lapor ini untuk mengetahui perkembangan anak, kemajuan akademik dan perilaku anak, aktivitas atau kegiatan anak di sekolah, tugas-tugas anak, serta buku harian peserta didik digunakan untuk pendampingan belajar anak di rumah, menyemangati dan menasihati anak sesuai laporan guru. Penggunaan buku lapor oleh guru bermanfaat antara lain untuk mengetahui aktivitas atau kegiatan anak di rumah, memantau perkembangan peserta di rumah, melaporkan perkembangan peserta didik dan kegiatan peserta didik di kelas, serta menginformasikan tugas - tugas peserta didik kepada orangtua dan pendidik. Orangtua senantiasa melakukan tindak lanjut terhadap laporan di buku harian peserta didik, antara lain orangtua mendampingi belajar anak, menyemangati anak, serta menasehati anak sesuai dengan laporan dari pendidik, kemudian pendidik juga memperhatikan peserta didik sesuai dengan tanggapan orangtua serta menyemangati anak dalam belajar di sekolah.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by EMA NOFITA SARI -
Nama : Ema Nofita Sari
NPM : 2113053108

mohon izin menjawab bu

1. Penilaian sikap bertujuan untuk mengevaluasi perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran. Contoh penilaian ini adalah seperti sikap jujur, sikap disinplin, toleransi dll.

2. Penilain pengetahuan bertujuan untuk menfetahuk tingkat pemahama peserta didik terhadap pembelajaran yang telah diberikan. Penilaian ini dapat dilakukan secara lisan. Maupun tertulis seperti soal pilihan ganda maupun essay dll.

3. Penilaian keterampilan bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik dan motorik peserta didik. Contohnya seperti ujian praktek maupun observasi.

Buku lapor adalah buku yang digunakan sekolah untuk menginformasikan kepada orang tua tau wali murid terhadap perkembangan peserta didik baik dalam prestasi, kegiatan maupun masalah yang dialami peserta didik. Selama pembelajaran.

Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Siti Nadya Nur Amaliya -
Nama : Siti Nadya Nur Amaliya
NPM : 2113053118
Kelas : 4E

Penilaian sikap adalah penilaian terhadap kecenderungan perilaku siswa sebagai hasil pendidikan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.  penilaian sikap ditujukan untuk mengetahui capaian dan membina perilaku serta budi pekerti siswa sesuai butir-butir  sikap dalam KD pada KI-1 dan KI-2.

Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian ini berkaitan dengan ketercapaian Kompetensi Dasar pada KI-3.

Penilaian keterampilan adalah penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa terhadap kompetensi dasar  pada KI-4. Penilaian keterampilan menuntut siswa mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu.

Buku Lapor atau dikenal buku rapor adalah dokumen hasil belajar siswa yang dibagiakan setiap semester oleh sekolah. . Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah. Tujuan rapor ini juga adalah untuk menjadi sarana komunikasi kepada orang tua tentang bagaiaman kinerja anak disekolah.

Sekian
terimakasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Siti Nadya Nur Amaliya -
Nama : Siti Nadya Nur Amaliya
NPM : 2113053118
Kelas : 4E

Penilaian sikap adalah penilaian terhadap kecenderungan perilaku siswa sebagai hasil pendidikan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.  penilaian sikap ditujukan untuk mengetahui capaian dan membina perilaku serta budi pekerti siswa sesuai butir-butir  sikap dalam KD pada KI-1 dan KI-2.

Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian ini berkaitan dengan ketercapaian Kompetensi Dasar pada KI-3.

Penilaian keterampilan adalah penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa terhadap kompetensi dasar  pada KI-4. Penilaian keterampilan menuntut siswa mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu.

Buku Lapor atau dikenal buku rapor adalah dokumen hasil belajar siswa yang dibagiakan setiap semester oleh sekolah. . Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah. Tujuan rapor ini juga adalah untuk menjadi sarana komunikasi kepada orang tua tentang bagaiaman kinerja anak disekolah.

Sekian
terimakasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Khusnul Khotimah -
Nama : Khusnul Khotimah
NPM : 2113053122

Izin menjawab pertanyaan diatas, terdapat 3 penilaian dalam pembelajaran, diantaranya :
1. Penilaian sikap
Yaitu berkaitan dengan kondisi dan keadaan peserta didik meliputi perilaku, kondisi emosional, sikap positif yang dilakukan peserta didik selama mengikuti pembelajaran. Penilaian sikap dilakukan melalui beberapa cara, yaitu pengamatan/observasi, penilaian teman sejawat, penilaian diri, dan jurnal yang dilakukan ketika pembelajaran.

2. Penilaian pengetahuan
Biasa disebut juga dengan penilaian kognitif, yang merupakan proses penilaian sesuai dengan bagaimana peserta didik mendapatkan dan memakai pengetahuannya dalam proses pembelajaran. Penilaian ini dapat dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.

3. Penilaian keterampilan (psikomotor)
Merupakan penilaian yang berhubungan dengan kemampuan atau skill peserta didik dalam melakukan gerak atau tindakan yang ditunjukan selama melaksanakan proses pembelajaran. Penilaian ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : tes praktik, penilaian portofolio, dan project.

Sedangkan buku lapor atau yang lebih familiar dikenal dengan buku rapor merupakan sebuah dokumen tertulis yang diberikan sekolah kepada peserta didik atau orang tua wali yang berisi nilai dan menjelaskan tentang proses pendidikan peserta didik selama mengikuti pembelajaran. Buku rapor ini diberikan setiap semester setelah peserta didik melaksanakan Ujian semester yang dapat dijadikan tolak ukur kemampuan peserta didik selama proses pembelajaran.

Sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Sekar Tyas Ayu Ningrum -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Sekar Tyas Ayu Ningrum
NPM : 2113053011
Kelas : 4E
Prodi : PGSD

tuliskan macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?
Jawab :
Macam-macam penilaian
1. Penilaian sikap
Penilaian sikap adalah penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. 
2. Penilaian pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian. Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tertulis, lisan, dan penugasan.
3. Penilaian keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio

Yang saya ketauhi mengenai buku lapor adalah suatu cara pengukuran kinerja peserta didik. Umumnya laporan ini diberikan oleh sekolah kepada peserta didik atau orang tua peserta didik dua kali hingga empat kali dalam setahun. Dengan Sistem Pelaporan menggunakan skala pemeringkatan untuk menentukan kualitas hasil kerja peserta didik di sekolah. Sistem skala ini dapat berupa huruf (misalnya A, B, C, D) atau angka (misalnya A= 90-100, B=80-89, C=70-79, D=60-69).

Baik Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Debi Elisa Prasasti -
Nama : Debi Elisa Prasasti
NPM : 2113053158

1. Penilaian sikap : Penilaian sikap adalah bagian daripada proses penilaian yang bertujuan untuk melihat kepribadian atau keberhasilan seseorang dalam kegiatan belajar, khususnya pada seorang peserta didik yang tidak mempunyai karakter atau daya minat mengenai mata pelajaran tertentu sehingga dianggap cenderung akan sulit menerima materi tersebut dengan mudah.

2. Penilaian Pengetahuan : Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang
meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir
tingkat rendah hingga tinggi

3. Penilaian Keterampilan : Penilaian Keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Pelaksanaan penilaian keterampilan dilaksanakan dengan penilaian kinerja praktik.

4. Buku lapor juga biasa disebut dengan raport. Raport merupakan laporan hasil dari suatu kegiatan yang disusun secara benar. Materi yang dilaporkan dalam hal ini adalah hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, kepribadian, ekstrakurikuler beserta data yang diperlukan yang berkaitan dengan raport. Pada umumnya buku laporan ini berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Valentina Setiyawati 2113053024 -
nama : Valentina Setiyawati
NPM : 2113053024

1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur sikap dan perilaku seseorang. Sikap yang diukur dapat berupa sikap terhadap lingkungan, kedisiplinan, kerja sama, etika, kejujuran, dan lain-lain. Penilaian sikap dapat dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, atau pengisian kuesioner. Penilaian sikap dilakukan untuk membantu mengembangkan sikap positif dan memperbaiki sikap negatif siswa.

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman dan pengetahuan seseorang tentang suatu materi atau topik tertentu. Penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tes tertulis, tes lisan, presentasi, proyek, dan sebagainya. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk memastikan bahwa siswa telah memahami konsep dan informasi yang diajarkan dan mampu mengaplikasikannya dalam situasi yang berbeda.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam melakukan suatu tugas atau kegiatan. Keterampilan yang diukur dapat berupa keterampilan berbicara, menulis, memecahkan masalah, berpikir kritis, dan sebagainya. Penilaian keterampilan dapat dilakukan melalui observasi langsung, tes praktikum, portofolio, atau presentasi. Penilaian keterampilan dilakukan untuk membantu mengembangkan keterampilan siswa dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas.

lalu buku lapor pendidikan adalah sebuah buku catatan atau jurnal yang digunakan oleh guru atau pendidik untuk mencatat perkembangan dan kemajuan siswa dalam belajar. Buku lapor pendidikan biasanya mencakup catatan tentang absensi, nilai, kehadiran, tugas, ujian, dan observasi terhadap perilaku dan kemampuan belajar siswa.

terima kasih Bu
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by NOVITA ANGGARWATI -
Nama : Novita Anggarwati
NPM : 2113053200
tuliskan macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?

1. Penilian Sikap, merupakan penilaian yang dilakukan pendidik terhadap peserta didik dalam menilai atau mengidentifikasi sikap peserta didik dalam berperilaku. Instrumen penilaian sikap ada 3, yaitu instrumen penilaian diri, instrumen penilaian teman sejawat, dan instrumen observasi sikap.
Macam-macam penilaian sikap: pendidik observasi secara langsung kepada peserta didik
2. Penilaian pengetahuan, merupakan teknik penilaian yang digunakan dalam mengukur kemampuan peserta didik yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian pengetahuan dapat dilakukan melalui tes dan non tes.
3. Penilaian keterampilan, yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Contoh penilaian keterampilan adalah kinerja praktik
Buku lapor atau raport adalah sebuah buku dokumentasi atau hasil laporan kegiatan peserta didik yang telah disusun oleh pendidik selama satu semester atau dalam kurun waktu tertentu.Isi yang dilaporkan dalam hal ini adalah hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, kepribadian, ekstrakurikuler beserta data yang diperlukan yang berkaitan dengan rapor
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by ADELLA SHALSABILA -
Nama : Adella Shalsabila
NPM : 2113053259
Kelas : 4E

Izin menjawab bu

Penilaian adalah proses pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur pencapaian suatu tujuan.
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dimaksudkan untuk evaluasi perilaku siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap lebih berfungsi untuk meningkatkan perilaku sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa. Penilaian sikap meliputi penlaian sikap dan spiritual.
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Proses evaluasi data dimulai dengan pembuatan rencana, pengembangan alat evaluasi, pelaksanaan evaluasi, pengolahan dan pelaporan, serta penggunaan hasil evaluasi.
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian ini dilakukan melalui teknik penilaian kinerja, penilaian proyek dan portofolio. Keterampilan dinilai menggunakan angka dengan skor 0-100, predikat dan deskripsi. Penilaian kompetensi meliputi penilaian kinerja, penilaian proyek dan penilaian portofolio.

Buku laporan hasil belajar sering disebut dengan transkrip. Laporan ini biasanya berisi hasil kinerja siswa yang disediakan sekolah bagi siswa untuk informasi orang tua mereka. Rapor juga sering dijadikan sebagai acuan kemampuan siswa dalam belajar di sekolah.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Ella septiani 2113053054 -
Nama: Ella Septiani
NPM: 2113053054

Sebelumnya izin menjawab terkait pertanyaan diatas,macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor
a. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.
b. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.
c. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.

Apa yang dimaksud dengan rapor?
Rapor merupakan laporan hasil dari suatu kegiatan yang disusun secara benar. Materi yang dilaporkan dalam hal ini adalah hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, kepribadian, ekstrakurikuler beserta data yang diperlukan yang berkaitan dengan rapor.
Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by IRHAN ADITYA -
Nama : Irhan Aditya
Npm : 2113053183

Izin memberikan jawaban Bu.

Dalam kegiatan penilaian ada 3 aspek yang di nilai, yaitu Afektif atau penilaian sikap, Kognitif atau pengetahuan, Psikomotorik atau keterampilan.
1. penilaian sikap atau Afektif, yang di nilai adalah perilaku dan sikap peserta dalam pembelajaran di kelas, maupun ketika berinteraksi dengan teman sebayanya, sikap-sikap yang di nilai antara lain: tanggung jawab, disiplin, kerja sama, dan lainnya.

2. Penilaian pengetahuan atau Kognitif.
penilaian ini di lakukan untuk melihat seberapa tinggi pengetahuan dan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran yang di lalui selama di kelas. Penilaian yang di lakukan melalui tes mengerjakan soal, tugas kelompok dan lainnya

3. Penilaian Keterampilan atau Psikomotorik
Tujuan dari penilaian ini adalah untuk melihat tingkat keterampilan dari peserta didik, untuk menilai keterampilan tersebut dapat di gunakan penugasan ujian praktek.

Berdasarkan pemahaman saya selama bersekolah, buku lapor adalah buku yang berisikan hasil akhir nilai dari peserta didik yang di kelompokan berdasarkan semester.
Buku lapor ini di bagikan pada akhir semester, biasanya orang tua langsung yang di perintahkan untuk mengambil buku lapor tersebut. Buku lapor ini akan memberikan informasi mengenai nilai akhir semester peserta didik kepada wali atau orang tua peserta didik.

Sekian, Terima kasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Aminata Zuhriyah -
Nama: Aminata Zuhri yah
NPM: 2113053067

Penilaian Sikap:
Penilaian sikap merupakan sebuah evaluasi atau penilaian terhadap perilaku, nilai, dan sikap seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain, lingkungan sekitar, dan diri sendiri. Contoh penilaian sikap adalah penilaian terhadap etika, tanggung jawab, disiplin, kerja sama, dan kejujuran. Sikap adalah kecenderungan atau keadaan psikologis seseorang terhadap objek, situasi atau orang yang mempengaruhi cara bertindak dan perilaku. Sikap mencakup aspek emosional, kognitif, dan perilaku. Dalam konteks sosial, sikap mencakup pandangan, keyakinan, perasaan, dan tindakan seseorang terhadap orang lain atau suatu masalah. Sikap dapat berdampak pada cara seseorang berinteraksi dengan orang lain, lingkungan sekitar, dan dirinya sendiri.

Penilaian Pengetahuan:
Penilaian pengetahuan merupakan evaluasi atau penilaian terhadap pengetahuan yang dimiliki seseorang dalam suatu bidang tertentu. Contoh penilaian pengetahuan adalah ujian, tes, dan tugas yang melibatkan pengetahuan tentang teori, konsep, dan fakta dalam suatu bidang.

Penilaian Keterampilan:
Penilaian keterampilan merupakan evaluasi atau penilaian terhadap kemampuan seseorang dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keahlian dalam situasi praktis. Contoh penilaian keterampilan adalah praktikum, simulasi, dan proyek yang melibatkan kemampuan dalam menghasilkan produk atau melakukan tugas yang memerlukan keterampilan khusus.

Buku Lapor merupakan sebuah buku catatan atau jurnal yang digunakan untuk mencatat aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Buku Lapor biasanya digunakan di tempat kerja, sekolah, atau organisasi untuk mencatat tugas yang telah dilakukan, hasil kerja, atau masalah yang ditemukan. Buku Lapor dapat membantu seseorang dalam memantau kemajuan atau pencapaian yang telah dicapai dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi atau penilaian kinerja.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Ririn Dwiyanti -
Nama : Ririn Dwiyanti
Npm : 2153053044

1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana karakter atau perilaku siswa di kelas atau luar kelas, dalam sosial maupun spiritual. Penilaian sikap juga menjadi hasil pendidikan untuk mengontrol atau membimbing perkembangan sikap siswa selama belajar di sekolah.
2. penilaian pengetahuan
Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.
3. penilaian ketrampilan
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Pelaksanaan penilaian keterampilan dilaksanakan dengan penilaian kinerja praktik.
4. apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?
laporan hasil pembelajaran sering dikenal juga dengan istilah rapor. Laporan ini pada umumnya berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka. Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by MUTHIAH MUALIMAH -
Nama : Muthiah Mualimah
NPM : 2113053284

Izin menjawab bu

Macam-macam penilaian yang umum digunakan dalam konteks sikap, pengetahuan, dan keterampilan adalah sebagai berikut:

Penilaian Sikap: Penilaian ini melibatkan pengukuran sikap seseorang terhadap suatu topik atau situasi. Beberapa metode penilaian sikap yang umum meliputi skala likert, observasi langsung, wawancara, dan kuesioner sikap. Contoh penilaian sikap dapat berkaitan dengan sikap terhadap lingkungan, sikap terhadap kerja tim, atau sikap terhadap kedisiplinan.

Penilaian Pengetahuan: Penilaian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan seseorang tentang suatu materi atau topik. Metode penilaian pengetahuan umumnya melibatkan tes atau kuis yang mencakup pertanyaan-pertanyaan objektif, seperti pilihan ganda, isian singkat, atau pertanyaan esai. Contoh penilaian pengetahuan dapat melibatkan penilaian dalam mata pelajaran seperti matematika, sains, atau sejarah.

Penilaian Keterampilan: Penilaian ini melibatkan pengukuran kemampuan seseorang dalam menggunakan keterampilan praktis atau teknis. Metode penilaian keterampilan dapat mencakup observasi langsung, portofolio karya, tes praktis, atau simulasi. Contoh penilaian keterampilan meliputi keterampilan komunikasi, keterampilan pemecahan masalah, atau keterampilan teknis dalam bidang tertentu seperti desain grafis atau pengkodean komputer.

Tentang "buku lapor", istilah ini tidak umum digunakan dalam konteks yang jelas. mengacu pada laporan buku atau buku harian siswa, Laporan buku sering kali digunakan sebagai alat untuk merefleksikan diri, melacak perkembangan, atau mencatat catatan penting dalam kehidupan pribadi atau profesional seseorang. Buku lapor dapat menjadi bentuk evaluasi diri atau alat untuk merekam peristiwa pembelajaran siswa.

sekian, terimakasih bu
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by ADILLA DWI PUTRI LESTARI -
Nama : Adilla Dwi Putri Lestari
NPM : 2113053255

Izin menjawab, mengenai pertanyaan diatas bu

tuliskan macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?

Jawab :
Berikut adalah beberapa macam penilaian untuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan:

A. Penilaian Sikap:
1. Observasi perilaku peserta didik dalam kelas atau lingkungan sosial tertentu
2. Penilaian diri peserta didik atau teman sekelas mengenai sikap mereka
3. Kuesioner untuk mengukur sikap peserta didik terhadap topik atau situasi tertentu

B. Penilaian Pengetahuan:
1. Tes tertulis atau lisan mengenai materi pelajaran yang telah dipelajari
2. Proyek atau tugas yang menunjukkan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran
3. Diskusi kelas atau presentasi peserta didik yang menunjukkan pemahaman mereka terhadap topik yang dibahas

C. Penilaian Keterampilan:
1. Tes keterampilan praktis seperti menyusun atau merakit suatu produk atau alat
2. Penilaian keterampilan komunikasi seperti presentasi atau menulis esai
3. Simulasi situasi nyata atau peran untuk menguji keterampilan peserta didik dalam situasi tertentu

Buku Lapor/Rapor
Buku rapor adalah dokumen yang berisi evaluasi dan catatan mengenai prestasi belajar seorang peserta didik selama periode tertentu. Buku ini umumnya digunakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan untuk memberikan informasi kepada orang tua atau wali peserta didik tentang kemajuan akademik dan perilaku peserta didik.

Buku rapor biasanya mencakup informasi seperti nilai ujian, tugas, proyek, dan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, buku rapor juga dapat mencakup komentar atau penilaian dari guru mengenai kemampuan, kekuatan, dan area yang perlu diperbaiki oleh peserta didik.

Buku rapor biasanya diberikan kepada peserta didik secara berkala, seperti akhir semester atau akhir tahun pelajaran. Tujuan utama dari buku rapor adalah untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan orang tua mengenai kemajuan belajar peserta didik serta memberikan panduan untuk perbaikan atau pengembangan lebih lanjut dalam proses belajar mengajar.

Sekian, terimakasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Ditya Aslamiyah Ditya Aslamiyah -
Nama : Ditya Aslamiyah
NPM : 2113053291

Izin menjawab bu
Macam-macam penilaian, yaitu:
1. Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam materi pembelajaran untuk menambah wawasan siswa di suatu bidang. Di dalam struktur kurikulum ini, jenjang SD memiliki bobot pengetahuan sebanyak 20% dan 80% aspek karakter, jenjang SMP memiliki bobot pengetahuan 40% dan 60% aspek karakter, dan jenjang SMA memiliki bobot pengetahuan 80% dan 20% aspek karakter. Kurikulum 2013 memang diintegrasikan dengan pendidikan karakter yang sebelumnya telah dicanangkan pemerintah sebelum terbentuknya kurikulum ini.
2. Aspek keterampilan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat, melaksanakan, dan mengerjakan suatu soal atau proyek sehingga siswa dapat terlatih sifat ilmiah dan karakter yang merujuk pada aspek keterampilan. Aspek keterampilan dapat berupa keterampilan pengerjaan soal, keterampilan pengerjaan dan pelaksanaan proyek, keterampilan membuat teks, dan keterampilan dalam menjawab soal lisan.
3. Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian, teman sejawat dalam sebuah lembaran nilai, dan oleh diri sendiri.
Buku laporan hasil pembelajaran sering dikenal juga dengan istilah rapor. Laporan ini pada umumnya berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka. Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah.