mahasiswa berikut forum untuk menanngapi artikel 14 a dan 14 b, setelah dibaca untuk dirangkum sesuai analisis kalian apakah yang disajikan dalam isi materi artikel keduanya. apa saja yang dibahas.
Forum Diskusi Pertemuan 14
2217061077
Artikel a
Pada artikel tersebut membahas mengenai pengaruh iptek beserta dampak positif yang dapat mempermudah kita dalam mengakses segala hal dan juga dampak negatif yang diakibatkan dari kemudahan menjadi kemalasan, dan juga membahas nilai nilai dari Pancasila bagaimana cara menyikapi dampak positif dan negatif tersebut menggunakan nilai dari Pancasila yang dimulai dari penerapan kehidupan sehari hari
Artikel b
Pada artikel b membahas mengenai pengembangan Pancasila terhadap ilmu pengetahuan, membahas epistemologi, menjelaskan pengetahuan yang sistematis
1. Empiris
2. Sistematis
3. Obyektif
4. Analisis
5. Verifikatif
Kemudian dilanjut dengan ciri yang menandakan ilmu
1. Ilmu pengetahuan secara metode harus
mencapai suatu keseluruhan yang
logis koheren. Itu berarti adanya sistem
dalam penelitian (metode) maupun harus
(susunan logis).
2. Ilmu pengetahuan tanpa pamrih, karena hal
itu erat kaitannya dengan tanggung jawab
ilmuwan.
3. Universalitas ilmu pengetahuan.
4. Obyektivitas, artinya setiap ilmu terpimpin
oleh obyek dan tidak didistorsi oleh
rekaman-prasangka subyektif.
5. Ilmu pengetahuan harus dapat dikumpulkan
oleh semua peneliti ilmiah yang
bersangkutan, karena itu ilmu pengetahuan
harus dapat dikomunikasikan.
6. Progresivitas artinya suatu jawaban ilmiah
baru bersifat ilmiah sungguh-sungguh, bila
mengandung pertanyaan-pertanyaan baru
dan menimbulkan masalah-masalah baru
lagi.
7. Kritis, artinya tidak ada teori yang berbeda,
setiap teori terbuka bagi suatu pemulihan
kritis yang memanfaatkan data-data baru.
8. Ilmu pengetahuan harus dapat digunakan
sebagai perwujudan kebertauan antara teori
dengan praktis.
Dan dari sistematis serta ciri ilmu tadi digabung juga dengan peran nilai Pancasila dalamm ilmu perkembangan tersebut.
NPM:2217061044
Artikel A
Pada artikel ini membahas kemajuan pesat terjadi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi hal ini menyebabkan peradaban manusia mengalami perubahan yang sangat signifikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini selain dapat memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan untuk kehidupan manusia selain dampak positif ada juga dampak negatifnya yaitu kita terlalu kecanduan terhadap gadget membuat kita tidak menghiraukan lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu IPTEK perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai nilai luhur bangsa agar tidak merugikan manusia dan Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa sebagai perisai pelindung bangsa tentunya juga harus ikut berperan dalam menghadapi kemajuan IPTEK
Artikel B
Pada artikel ini membahas tentang pengembangan ilmu di Indonesia juga harus dikembalikan pada manusia Indonesia,jati diri bangsa Indonesia. Dalam kaitannya dengan perkembangan ilmu di Indonesia,maka perlu dikaji kebenarannya yang khas menurut Pancasila terlebih dahulu. Terkait dengan masalah kebenaran,sejak dahulu selalu menyertai setiap kegiatan ilmiah. Di dalam metode ini dilakukan pengolahan data dan penyimpulan.Teori kebenaran Pancasila menghendaki,bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus memenuhi kebenaran.untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya.
Kelas: Biologi Terapan c
Npm: 2217061048
Menurut Artikel yang saya baca artikel a adalah pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan iptek. Di mana pada gimana pada artikel ini yaitu lebih membahas tentang pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di mana kita sebagai warga negara perlu menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tidak lupa terhadap nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila. Sehingga kita mampu bersaing dalam perkembangan iptek dengan tidak menghilangkan nilai-nilai khas yang memang sudah ada sejak dulu yang menjadi ciri khas bangsa kita sendiri. Pada artikel ini juga membahas tentang dampak positif dan negatif perkembangan iptek di masa sekarang ini yang dapat dan bagaimana cara menghadapi dampak negatif itu.
Artikel b yaitu teori kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan
Pada artikel ini membahas tentang kebenaran suatu ilmu pengetahuan, kebenaran akan nilai nilai Pancasila,dan pengertian akan ilmu pengetahuan itu menurut berbagai sumber.
Bahwa ilmu harus diusahakan dengan aktivitas manusia, aktivitas methodist itu mendatangkan pengetahuan yang sistematis. Pembahasan tentang kebenaran Pancasila yang harus memenuhi 3 teori kebenaran: yaitu teori kebenaran koherensi, korespondensi dan pragmatik.Dengan berorientasi Pancasila secara
ilmiah dalam upaya mencari kebenaran
dan konsep bahwa Pancasila sebagai dasar
pengembangan ilmu di Indonesia serta
visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu
yang dikembangkan di Indonesia tidak
akan ada alienasi terhadap bangsa
Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan
sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa
Indonesia.
NPM : 2217061039
Artikel 14a
"Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK"
Upaya Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Kepada Masyarakat
Pancasila sebagai ideologi negara memiliki nilai-nilai luhur yang merupakan cerminan dari masyarakat Indonesia yang harus senantiasa dijaga.
• Melalui dunia pendidikan,yaitu dengan menambahkan mata pelajaran khusus pancasila pada setiap satuan pendidikan bahkan sampai ke perguruan tinggi.
• Penyuluhan/ Sosialisasi tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
• Menjadikan Pancasila sebagai acuan dalam bertindak dan memanfaatkan teknologi. Nilai-nilai Pancasila ini dapat dijadikan pedoman dalam menggunakan teknologi yaitu sebagai filter dimana dengan menjadikan Pancasila acuan atau pedoman ini kita dapat mengetahui mana hal yang baik dan yang buruk.
Sebagai masyarakat Indonesia kita semua harus selalu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, bijak menggunakan teknologi dan berusaha tidak terpengaruh oleh dampak negatif dari perkembangan IPTEK. Jadilah masyarakat yang cerdas yang dapat memanfaatkan teknologi untuk hal-hal baik yang dapat berguna untuk diri sendiri, orang lain, lingkungan dan juga bangsa Indonesia.
Artikel 14b
"Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks Pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pancasila, kebenaran adalah
1) tiadanya pertentangan dengan Tuhan,
2) aktualisasi atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia,
3) suatu hal yang satu, tidak dapat dibagi-bagi,
4) kemanfaatan pada semua pihak,
5) terpenuhinya hakekat keadilan (adil). Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya.
Npm : 2217061110
Artikel A
Artikel ini membahas tentang iptek yang mengalami kemajuan pesat dan menyebabkan perubahan terhadap peradaban manusia yang sangat signifikan. Selain itu perkembangan iptek juga memberikan dampak positif dan dampak negatif. Oleh karena itu iptek harus sesuai dengan nilai nilai luhur bangsa indonesia agar tidak merugikan manusia dan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang tentunya sebagai pelindung bangsa dalam menghadapi kemajuan iptek
Artikel B
Artikel ini membahas tentang teori kebenaran pancasila sebagai dasar pengembangan . Artikel ini membahas tentang suatu kebenaran,ilmu pengetahuan dan kebenaran akan nilai nilai pancasila dan pengertian ilmu pengetahuan yang dikutip dari berbagai sumber pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks Pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pancasila, kebenaran adalah
1) tiadanya pertentangan dengan Tuhan,
2) aktualisasi atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia,
3) suatu hal yang satu, tidak dapat dibagi-bagi,
4) kemanfaatan pada semua pihak,
5) terpenuhinya hakekat keadilan (adil). Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya.
NPM :2217061109
KELAS :BIOLOGI TERAPAN C
artikel 14 a
"Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi
Perkembangan IPTEK"
Perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi saat ini dapat memberikan dampak positif dan
kemudahan untuk kehidupan
manusia, selain itu juga dapet memberikan dampak negatif bagi kehidupan.Oleh karena itu IPTEK juga dapet menyesuaikan dan
mempertimbangkan nilai-nilai ideologi dalambangsa dan dalam pengembangnya dari aspek nilai agama maupun budaya semua harus relevan dan senantiasa mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa agar tidak merugikan manusia dan merusak kehidupan bangsa sendiri.
Ilmu pengetahuan dan teknologi sendiri
biasa dikenal dengan singkatan IPTEK
yaitu sumber dimana seseorang
dapat mengelola dan juga menggunakannya dalam kehidupan sehari hari.IPTEK ini tujuannya untuk memudahkan kehidupan manusia diberbagai bidang kehidupan.Perkembangan IPTEK dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia diantaranya yaitu :
1.Menunjang kegiatan produksi
2.Memudahkan komunikasi dengan orang lain
3.Memudahkan proses pembelajaran
adapun dampak negatif dari
perkembangan IPTEK bagi kehidupan
yaitu :
1.Carding
2.Membuat ketergantungan dan rasa malas
3.Mengandung unsur kekerasan bahkan pornografi
artikel 14 b
"Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Pancasila digali dari budaya bangsa
Indonesia maka Pancasila itu
mempunyai fungsi dan peranan yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat, berbangsa maupun bernegara. Fungsi dan peranan itu sendiri terus berkembang dengan zaman.
Pancasila sebagaimana juga terdapat dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 adalah dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. Tujuannya
itu ditegaskan dalam Pembukaan
Undang Undang Dasar 1945 diwujudkan melalui pelaksanaan dan penyelenggaraan negara yang berkedaulatan rakyat dan demokratis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.
Pengetahuan ilmiah menurut The Liang
Gie (2000; 127-130) mempunyai 5 ciri pokok
1. Empiris
2. sistematis
3. obyektif
4. Analitis
5. verifikatif
Sedangkan Daoed Joesoef (1987)
menunjukkan pengertian tentang ilmu itu mengacu pada tiga hal, yaitu : produk, proses, masyarakat.Ilmu pengetahuan sebagai proses artinya kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan demi penemuan dan pemahaman dunia alami
sebagaimana adanya, bukan sebagaimana yang kita kehendaki.
NPM : 2257061005
- Artikel a
Dapat diketahui bahwasanya Pancasila diartikan sebagai ideologi bangsa yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya, agama, pancasila juga sebagai pandangan hidup yang bersifat meta yuridis dan moraditas.
Dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah mencapai kemajuan pusat. Dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan mempengaruhi bahwa kebanyakan orang menyampur aduk antara kebenaran dan kemajuan.
Dalam moral dalam Pancasila terhadap IPTEK juga dikaitkan pada sila-sila Pancasila. Hal ini juga menjadi upaya pembenahan untuk terbebas dari penjajahan fisik, kemiskinan, dan kebodohan. Pada dasarnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK dapat ditemukan dalam sikap masyarakat di balik peristiwa yang terjadi pada masyarakat, sehingga pengembangan IPTEK tidak keluar dari nilai pada bangsa melainkan dengan nilai budaya.
Artikel b
Pada artikel tersebut dapat kita ketahui bahwa Pancasila berperan penting dan luas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bangsa Indonesia memiliki akar budaya dan religi yang kuat dan tumbuh sejak lama dalam masyarakat. Sebab Pancasila sebagai pandangan hidup bagi setiap sikap dan perbuatan.
Disini dikaitkan dengan perilaku dan sikap serta tutur kata dalam ilmu pengetahuan dalam masyarakat terdapat teori dalam sistem filsafat Pancasila sehingga sistem etika dalam pembangunan IPTEK yang di atur oleh sila-sila dalam Pancasila. Dengan begitu Pancasila sebagai ilmiah dalam mencari kebenaran harus berorientasi.
Kelas: Biologi Terapan c
NPM : 2217061055
Berdasarkan Artikel yang saya baca pada pertemuan 14 ini di Artikel A bahwasannya Artikel ini membahas tentang bagaimana pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan iptek.
Seperti yang kita ketahui bahwasanya perkembangan Iptek pada saat ini sangat berkembang begitu pesat sehingga sehingga membuat sehingga membawa banyak perubahan besar dalam kehidupan masyarakat perkembangan Iptek ini juga memberikan dampak positif maupun negatif oleh karena itu dengan adanya perkembangan Iptek perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai ideologi bangsa dalam pengembangannya baik dari aspek nilai agama maupun budaya.
Pancasila juga merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang mengandung nilai-nilai luhur dan sebagai perisai pelindung bangsa tentunya ikut berperan dalam menghadapi kemajuan iptek.
Dalam artikel ini juga dijelaskan bagaimana perkembangan Iptek di Indonesia kemudian bagaimana dampak positif dan negatif dengan adanya perkembangan Iptek kemudian Pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup yang meliputi :
1.Pancasila sebagai sumber solusi penyelesaian masalah
2.Pancasila sebagai pembangunan karakter
3.Pancasila sebagai pemersatu bangsa
implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat diterapkan dengan cara penyuluhan atau sosialisasi tentang betapa pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila kemudian memperkenalkan nilai-nilai Pancasila melalui media massa dan menjadikan Pancasila sebagai acuan dalam bertindak.
Pada Artikel B yaitu berjudul “Teori kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan Ilmu”
Pada artikel ini membahas tentang kebenaran suatu ilmu pengetahuan, kebenaran akan nilai nilai Pancasila, dan pengertian akan ilmu pengetahuan itu menurut berbagai sumber.
Teori kebenaran Pancasila menghendaki, bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus memenuhi kebenaran koherensi, korespondensi, dan pragmatik. Ketiga hal tersebut secara simultan saling melengkapi dalam kerja ilmiah. Artinya tidak menonjolkan atau mementingkan salah satunya.
Pancasila sebagai ideologi negara merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya agama bangsa Indonesia dan Pancasila sebagai asas persatuan dan kesatuan.
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada beberapa jenis pemahaman.
- Pertama, bahwa setiap ilmu pengetahuan yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
- Kedua, bahwa setiap ilmu yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan iptek itu sendiri.
- Ketiga, bahwa nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan ilmu di Indonesia, artinya mampu mengendalikan ilmu agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia.
- Keempat, bahwa setiap pengembangan ilmu harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah indegenisasi ilmu.
Adanya Pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks Pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pancasila, kebenaran adalah
1) tiadanya pertentangan dengan Tuhan,
2) aktualisasi atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia,
3) suatu hal yang satu, tidak dapat dibagi-bagi,
4) kemanfaatan pada semua pihak, dan
5)terpenuhinya hakekat keadilan (adil). Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya.
Dengan berorientasi Pancasila secara ilmiah dalam upaya mencari kebenaran dan konsep bahwa Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu di Indonesia serta visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu yang dikembangkan di Indonesia tidak akan ada alienasi terhadap bangsa. Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa Indonesia.
NPM : 2217061030
Artikel a
Pancasila adalah paradigma ilmu
bagi aktivitas ilmiah di Indonesia, oleh
karena itu ilmuwan harus mengembangkan
ilmunya dengan pertimbangan apakah
tujuannya sudah sesuai dan tidak
merugikan manusia, serta harus diimbangi
juga dengan pelestarian alam dan budaya. Bangsa Indonesia sendiri
telah memiliki akar budaya dan religi yang
sangat kuat sejak dahulu kala, sehingga
jika ilmu pengetahuan dan teknologi
dibiarkan berkembangkan begitu saja
tanpa berakar pada ideologi itu sama
halnya menjadikan IPTEK tanpa arah dan
orientasi yang jelas yang bisa saja
membawa kehancuran bagi kehidupan
masyarakat dan bangsa Indonesia.
1.Alasan Pentingnya Implementasi
Nilai-nilai Pancasila dalam
Perkembangan IPTEK
2. Substansi Nilai-Nilai Pancasila
Dalam Perkembangan IPTEK
3. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila
Dalam Perkembangan IPTEK Dan
Kehidupan Masyarakat Modern
4. Upaya Pengimplementasian Nilai-
Nilai Pancasila Kepada Masyarakat
Artikel b
Pancasila digali dari budaya bangsa
Indonesia sendiri, maka Pancasila
mempunyai fungsi dan peranan yang sangat
luas dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Fungsi dan peranan
itu terus berkembang sesuai dengan tuntutan
zaman. Itulah sebabnya, Pancasila memiliki
berbagai predikat sebagai sebutan nama yang
menggambarkan fungsi dan peranannya.
Pancasila sebagaimana terdapat dalam
Pembukaan UUD 1945 adalah dasar negara
dari Negara Kesatuan Republik Indonesia
harus dilaksanakan secara konsisten dalam
kehidupan bernegara. Tujuan nasional
sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan
UUD 1945 diwujudkan melalui pelaksanaan
penyelenggaraan negara yang berkedaulatan
rakyat dan demokratis dengan
mengutamakan persatuan dan kesatuan
bangsa, berdasarkan Pancasila dan UUD
1945. Penyelenggaraan negara dilaksanakan
melalui pembangunan nasional dalam segala
aspek kehidupan bangsa, oleh penyelenggara
negara, bersama-sama segenap rakyat
Indonesia di seluruh wilayah Negara
Republik Indonesia
5 ciri pengetahuan ilmiah:
1. Empiris
2. Sistematis
3. Obyektif
4. Analitis
5. Verifikatif
NPM : 2217061107
Kelas : Biologi Terapan C
Analisis Artikel
Artikel A
Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK
Pada artikel ini membahas mengenai Perkembangan IPTEK di Indonesia yang saat ini semakin pesat, hal ini menyebabkan peradaban masyarakat Indonesia mengalami perubahan yang sangat signifikan. Perkembangan IPTEK yang ada saat ini selain memberikan dampak positif dan kemudahan tapi juga memberikan dampak negatif. Perkembangan IPTEK yang ada di Indonesia haruslah senantiasa dikawal dengan nilai-nilai agama dan budaya yang terkandung dalam ideologi bangsa yaitu Pancasila agar kehidupan bangsa tidak rusak karena pengaruh buruk IPTEK yang tidak sesuai dengan jati diri masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, nilai-nilai pancasila harus senantiasa ditanamkan dalam diri tiap warga negara agar mereka tetap memiliki pribadi yang baik sesuai dengan kepribadian bangsanya. Selain itu pancasila juga sebagai pedoman untuk masyarakat selalu bijak dan dapat membedakan hal yang baik dan yang buruk dalam menggunakan dan menikmati kemajuan teknologi yang ada saat ini. Artikel ini juga membahas mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memperkuat pengimplementasian nilai-nilai Pancasila, seperti menerapkan pelajaran Pancasila di sekolah, melakukan penyuluhan/sosialisasi tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, memperkenalkan nilai-nilai Pancasila melalui media massa, menjadikan Pancasila sebagai acuan dalam bertindak dan memanfaatkan teknologi dan masih banyak lagi.
Artikel B
Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu
Pada artikel ini membahas mengenai konsep teori kebenaran Pancasila dan konsep Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu. Teori kebenaran Pancasila menghendaki, bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus memenuhi kebenaran koherensi, korespondensi, dan pragmatik. Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada beberapa jenis pemahaman yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila itu sendiri serta tidak dapat bertentangan dengan nilai-nilai tersebut. Oleh karena itu sila-sila dalam Pancasila menunjukkan sistem etika dalam pembangunan IPTEK. Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu di Indonesia serta visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu yang dikembangkan di Indonesia tidak akan ada alienasi terhadap bangsa Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa Indonesia.
Kelas: 2217061042
Kelas: Biologi Terapan Ca
Artikel A:
Membahas tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK.
Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa Indonesia dimana di dslam nya mengandug nilai-nilai luhur sebagai perisai pelindung bangsa untuk menghadapi kemajuan IPTEK. Oleh karena itu IPTEK menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai ideologi bangsa dalam perkembangannya mulai dari aspek nilai agama maupun budaya agar tidak merusak atau merugikan bangsa atau diri sendiri.
Perkembangan IPTEK yang sangat pesat yang mempunyai tujuan memudahkan hidup manusia, salah satu contohnya adanya satelit palapa yang dimana dapat mengakses berbagai informasi melalui sinyal yang di pancarkan sebagai dampak positif dari perkembangan IPTEK. Disisi lain IPTEK juga memberikan dampak negatif contohnya seperti carding, membuat ketergantungan dan menyebarkan unsur kekerasan dan pornografi.
Implementasi nilai-nilai pancasila dalam perkembangan IPTEK menjadi keharusan agar ttidak menjadi individu yang tertinggal dan penyaalahgunaan teknologi yang harus di dasarkan oleh keyakinan religius , nilai-nilai kemanusian , sikap demokratis.
Adapun cara untuk mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan dapat di awali melalui dnia pendidikan dimana dengan menambahkan mata pelajaran pancasila pada setiap satuan pendidikan hingga perguruan tinggi, dilakukan nya sosialisasi tentang menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta memperkenalkan nilai-nilai pancasila melalui media massa.
Artikel B:
Ilmu pengetahuan yang dikembangkan harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal sebagai pengendali. Setiap perkembangan ilmu harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sebagai proses indegenisasi ilmu mengendalikan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar nilai pnembangan ilmu, tetapi menjadi paradigma ilmu yang berkembang di Indonesia. Kebeneran Pancasila harus memenuhi kebenaran koherensi,koresprodensi, dan pragmatik yang saling melengkapi, kebeneran Pancasila harus memuat konteks tidak adanya hal yang bertentangan dengan tuhan,bermanfaat bagi semua pihak, memenuhi hakekat keadilan, serta visi ilmu Indonesia dalam hal mengembakan ilmu pengetahuan yang sejalan dengan jati diri serta nilai budaya yang ada di Indonesia
NPM 2217061049
Artikel A
Membahas tentang tentang bagaimana sains dan teknologi telah berkembang maju dengan sangat cepat sehingga mengubah peradaban manusia secara mendalam. Kemajuan IPTEK ini telah memberikan berbagai keuntungan dan kerugian. Pancasila disini berperan sebagai landasan negara dan pandangan hidup bangsa yang menjadi pelindung dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dari itu ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat ini haruslah sejalan dengan cita-cita luhur bangsa Indonesia dengan tidak melunturkan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila .
Artikel B
menjelaskan kebenaran suatu ilmu, kebenaran sila-sila pancasila, dan berbagai interpretasi sumber tentang ilmu tersebut.
Upaya manusia diperlukan untuk menciptakan sains karena tindakan sebagai teknik menghasilkan pengetahuan yang terorganisir. Pembahasan kebenaran Pancasila yang harus berpegang pada tiga teori kebenaran yaitu kebenaran pragmatis, koherensi, dan korespondensi. Perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia didasarkan pada pengejaran kebenaran melalui ilmu pengetahuan dan filsafat pancasila. Menurut visi ini, ilmu pengetahuan yang diciptakan di Indonesia tidak akan mengasingkan negara tetapi justru akan sangat cocok dengan identitas dan budaya nasionalnya.Pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks Pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pancasila, kebenaran adalah
1) tiadanya pertentangan dengan Tuhan,
2) aktualisasi atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia,
3) suatu hal yang satu, tidak dapat dibagi-bagi,
4) kemanfaatan pada semua pihak,
5) terpenuhinya hakekat keadilan
NPM : 2217061054
Kelas : Biologi Terapan C
Artikel A
"Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi
Perkembangan IPTEK"
Pancasila merupakan dasar negara dan Ideologi bangsa kita, dimana Pancasila ini lahir pada 1 Juni 1945. Pancasila ini memuat lima sila yang berisikan cita-cita negara Indonesia. Adapun pokok-pokok nilai dalam Pancasila yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, dan Kerakyatan, serta Keadilan. Selain menjadi ideologi dasar. Pancasila juga menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia dimana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ini dijadikan petunjuk masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara oleh karena itu semua tindakan masyarakat Indonesia tidak boleh menyimpang dengan nilai-nilai Pancasila.
Implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap pribadi, perseorangan, setiap warga negara, setiap individu, setiap penduduk, setiap orang Indonesia. Pelaksanaan dalam perilaku sehari-hari ini lebih berkaitan dengan norma-norma moral. Jika aktualisasi dari Pancasila dalam kehidupan sehari-hari benar benar dilakukan maka akan tercapailah warga negara yang Pancasila yaitu Pancasila telah melekat dalam hati sanubari bangsa Indonesia, dan yang demikian itu disebut dengan kepribadian Pancasila.
Artikel B
"Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Pancasila sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 adalah dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. Dalam pelaksanaannya mengacu pada kepribadian bangsa dan nilai-nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, berkeadilan, sejahtera, maju, dan kukuh kekuatan moral dan etikanya.
Pancasila sebagai ideologi negara merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya dan agama dari bangsa Indonesia. mengakomodir seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, demikian pula halnya dalam aktivitas ilmiah. Oleh karena itu, perumusan Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu bagi aktivitas ilmiah di Indonesia merupakan sesuatu yang bersifat niscaya. Sebab Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara akan selalu menjadi ukuran bagi setiap sikap dan perbuatan, termasuk kegiatan para ilmuwan dengan produk ilmunya.
Terkait dengan masalah kebenaran, sejak dahulu selalu menyertai setiap kegiatan ilmiah. Hal yang demikian ini karena pada ilmu, baik sebagai satu sistem maupun proses senantiasa ditujukan untuk mencapai kebenaran.
Nama:Chanda Rizkia Rahma
Npm: 2217061050
Kelas: Biologi Terapan c
Mata kuliah :pendidikan pancasila
1.membandingkan artikel a dan artikel b
Menurut pendapat saya mengenai Artikel yang saya baca
Pertama artikel a berisi pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan iptek. Di dalam artikel ini mempunyai 3 kata kunci yaitu IPTEK, nilai nilai pancasila dan perkembangan zaman. Jadi artikel ini lebih membahas tentang pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan terutama dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Artikel b berisi tentang teori kebenaran pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu. Terdapat 3 kata kunci pada artikel ini yaitu teori kebeneran,ilmu pengetahuan dan pancasila .dalam artikel ini dapat di ada Teori kebenaran Pancasila ,Pemahaman filosofis tentang kebenaran ,dan orientasi Pancasila
bahwa Pancasila sebagai dasar
pengembangan ilmu di Indonesia.
Perkembangan IPTEK"
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini selain dapat memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan untuk kehidupan manusia, tak bisa kita pungkiri juga perkembangan IPTEK ini juga dapat mendatangkan berbagai hal-hal yang negatif. Oleh karena itu IPTEK perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai ideologi bangsa dalam pengembangnya baik dari aspek nilai agama maupun budaya semua haruslah relevan dan senantiasa mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa agar tidak merugikan manusia dan merusak sendi-sendi
kehidupan bangsa.
Pancasila adalah paradigma ilmu bagi aktivitas ilmiah di Indonesia, oleh karena itu ilmuwan harus mengembangkan Ilmunya dengan pertimbangan apakah
tujuannya sudah sesuai dan tidak merugikan manusia, serta harus diimbangi juga dengan pelestarian alam dan budaya.
a.) Perkembangan IPTEK di Indonesia.
Ilmu pengetahuan dan teknologi atau yang biasa dikenal dengan singkatan IPTEK adalah suatu sumber yang mana seseorang
bisa mengelola dan juga menggunakannya dalam kehidupannya baik dari penemuan baru tentang suatu ilmu atau teknologi dan juga perkembangan dari ilmu dan teknologi itu sendiri .
b.) Dampak Positif dan Negatif
Perkembangan Iptek
Perkembangan IPTEK dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia diantaranya yaitu :
• Menunjang kegiatan produksi.
• Memudahkan komunikasi dengan orang lain.
•Memudahkan proses pembelajaran.
Dampak negatif nya yaitu:
•Carding,yaitu pembobolan kartu kredit melalui internet untuk mendapatkan kode
kartu.
•Membuat ketergantungan dan rasa malas.
•Mengandung unsur kekerasan.
c.) Pancasila Sebagai Pandangan Hidup
Bangsa.
Adapun kedudukan
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
adalah sebagai berikut :
• Pancasila sebagai sumber solusi
penyelesaian masalah.
•Pancasila sebagai pembangun karakter.
•Pemersatu Bangsa Pancasila memiliki
kedudukan sebagai alat pemersatu bangsa.
d.) Makna Tiap Sila Pancasila.
Sila Pertama: menunjukkan bahwa
Tuhan menjadi pedoman yang utama bagi setiap manusia.
Sila Kedua: mengajarkan mengenai nilai kemanusiaan yang adil dan beradab hal ini
dapat diterapkan dengan mengakui persamaan derajad,
Sila ke tiga: walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan unsur
latar belakang yang berbeda namun tetap
bisa bersatu untuk negara.
Sila Keempat: menjadikan musyawarah sebagai
solusi untuk setiap perbedaan atau
pertentangan yang terjadi di kehidupan.
Sila Kelima: keadilan sosial yang mana keadilan social ini berhak didapatkan oleh setiap masyarakat tanpa melihat status.
Artikel B
"Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Pengetahuan adalah hasil tahu manusia
terhadap sesuatu, atau segala perbuatan
manusia untuk memahami suatu obyek yang dihadapinya, atau hasil usaha manusia untuk memahami suatu obyek tertentu.
1. Empiris.
Pengetahuan itu diperoleh berdasarkan pengamatan dan percobaan.
2. Sistematis.
Berbagai keterangan dan data yang tersusun sebagai kumpulan pengetahuan itu mempunyai hubungan ketergantungan dan teratur.
3. Obyektif.
Ilmu berarti pengetahuan itu bebas dari prasangka perseorangan dan
kesukaan pribadi.
4. Analitis.
Pengetahuan ilmiah berusaha membeda-bedakan pokok-soalnya ke
dalam bagian-bagian yang terperinci untuk
memahami berbagai sifat, hubungan, dan
peranan dari bagian-bagian itu.
5. Verifikatif.
Dapat diperiksa kebenarannya oleh siapapun juga.
mengemukakan ada delapan ciri yang
menandai ilmu, yaitu :
1. Ilmu pengetahuan secara metodis harus
mencapai suatu keseluruhan yang secara logis koheren.
2. Ilmu pengetahuan tanpa pamrih, karena hal itu erat kaitannya dengan tanggung jawab
ilmuwan.
3. Universalitas ilmu pengetahuan.
4. Obyektivitas, artinya setiap ilmu terpimpin
oleh obyek dan tidak didistorsi oleh prasangka-prasangka subyektif.
5. Ilmu pengetahuan harus dapat diverifikasi
oleh semua peneliti ilmiah yang bersangkutan.
6. Progresivitas artinya suatu jawaban ilmiah
baru bersifat ilmiah sungguh-sungguh.
7. Kritis, artinya tidak ada teori yang difinitif,
setiap teori terbuka bagi suatu peninjauan
kritis yang memanfaatkan data-data baru.
8. Ilmu pengetahuan harus dapat digunakan
sebagai perwujudan kebertauan antara teori
dengan praktis.
Berdasarkan uraian diatas maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Teori kebenaran Pancasila menghendaki,
bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus
memenuhi kebenaran koherensi,korespondensi, dan pragmatik. Ketiga hal tersebut secara simultan saling melengkapi dalam kerja ilmiah. Artinya tidak
menonjolkan atau mementingkan salah
satunya.
2. Pemahaman filosofis tentang kebenaran
dalam konteks Pancasila dapat direalisasikan bahwa dalam konteks
Pancasila, kebenaran adalah
1) tiadanya
pertentangan dengan Tuhan.
2) aktualisasi
atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia.
3) suatu hal yang satu,
tidak dapat dibagi-bagi, 4) kemanfaatan
pada semua pihak, dan 5) terpenuhinya
hakekat keadilan (adil). Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai
kebenaran Pancasila harus dijadikan
dasarnya
3. Dengan berorientasi Pancasila secara
ilmiah dalam upaya mencari kebenaran
dan konsep bahwa Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu di Indonesia serta visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu yang dikembangkan diIndonesia tidak
akan ada alienasi terhadap bangsa
Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan
sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa indonesia.
Kelas: Biologi Terapan c
Npm: 2217061041
Yang saya tangkap dari artikel ini adalah pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan iptek di mana pada gimana pada artikel ini yaitu lebih membahas tentang pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di mana kita sebagai warga negara perlu menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tidak lupa terhadap nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila. Sehingga kita mampu bersaing dalam perkembangan iptek dengan tidak menghilangkan nilai-nilai khas yang memang sudah ada sejak dulu yang menjadi ciri khas bangsa kita sendiri. Pada artikel ini juga membahas tentang dampak positif dan negatif perkembangan iptek di masa sekarang ini yang dapat dan bagaimana cara menghadapi dampak negatif itu.
Artikel b yaitu teori kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan
Pada artikel ini membahas tentang kebenaran suatu ilmu pengetahuan, kebenaran akan nilai nilai Pancasila,dan pengertian akan ilmu pengetahuan itu menurut berbagai sumber.
Bahwa ilmu harus diusahakan dengan aktivitas manusia, aktivitas methodist itu mendatangkan pengetahuan yang sistematis. Pembahasan tentang kebenaran Pancasila yang harus memenuhi 3 teori kebenaran: yaitu teori kebenaran koherensi, korespondensi dan pragmatik.Dengan berorientasi Pancasila secara
ilmiah dalam upaya mencari kebenaran
dan konsep bahwa Pancasila sebagai dasar
pengembangan ilmu di Indonesia serta
visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu
yang dikembangkan di Indonesia tidak
akan ada alienasi terhadap bangsa
Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan
sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa
Indonesia.
Kelas: Biologi Terapan C
NPM: 2217061119
Menurut analisis artikel yang saya baca tentang "Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK" yaitu
Indonesia telah memasuki zaman modern dimana kemajuan sangat pesat terjadi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi hal ini menyebabkan yang sangat signifikan. Kemajuan teknologi ini bertujuan untuk mempermudah berbagai urusan dan pekerjaan dari manusia, contohnya dalam kehidupan sehari-hari yaitu saat jika kita Ingin memesan atau membeli makanan kita tidak perlu lagi membeli langsung dari tempat makannya, kita bisa memesan nya lewat aplikasi-aplikasi seperti gofood dan lain sebagainya. IPTEK yang ada saat ini dapat memberikan dampak yang positif dan negatif.
Analisis artikel yang B tentang "Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Menurut artikel yang saya baca yaitu Pancasila mempunyai fungsi dan peranan yang sangat luas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Fungsi dan peranan itu terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Itulah sebabnya, Pancasila memiliki berbagai predikat sebagai sebutan nama yang menggambarkan fungsi dan peranannya. Pancasila juga sebagai ideologi negara merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya dan agama dari bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, nilai-nilai tadi akan menuntun atau mengarahkan seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sama halnya dalam aktivitas ilmiah. Dalam perkembangan IPTEK di Indonesia di dasarkan ke-5 sila dalam pancasila yang menjadi pedoman, pegangan, dan pengembangan IPTEK. Contohnya dalam sila ketuhan yang maha esa. Berdasarkan sila ini IPTEK tidak hanya memikirkan apa yang diciptaka, dibuktikan dan ditemukan tetapi juga harus dipertimbangkan resiko yang akan terjadi, apakah merugikan orang lain atau tidak merugikan makhluk hidup lain atau tidak, contoh nya pada bidang biologi ada yang namanya transfer inti sel / kloning, kloning yaitu proses menghasilkan organisme baru menggunakan DNA identic atau DNA yang hampir identik, perkembangan IPTEK ini menuai kontrovesi karna sepemahaman saya yang menciptakan makhluk hidup adalah Allah swt, itulah mengapa banyak menuai kontroversi
Npm:2217061040
Biologi terapan C
#Artikel A
Pancasila diartikan sebagai ideologi bangsa yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya, agama, pancasila juga sebagai pandangan hidup yang bersifat meta yuridis dan moraditas. Dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan mempengaruhi bahwa kebanyakan orang menyampur aduk antara kebenaran dan kemajuan.
Dalam moral dalam Pancasila terhadap IPTEK juga dikaitkan pada sila-sila Pancasila. Yang menjadi kan masyarakat Indonesia yang terbebas dari penjajahan fisik, kemiskinan, dan kebodohan. Pada dasarnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK dapat ditemukan dalam sikap masyarakat di balik peristiwa yang terjadi pada masyarakat, sehingga pengembangan IPTEK tidak keluar dari nilai pada bangsa melainkan dengan nilai budaya.
#Artikel B
Artikel ini membahas tentang suatu kebenaran,ilmu pengetahuan dan kebenaran akan nilai nilai pancasila dan pengertian ilmu pengetahuan yang dikutip dari berbagai sumber pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pancasila, kebenaran adalah
•tiadanya pertentangan dengan Tuhan,
• aktualisasi atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia.
• suatu hal yang satu, tidak dapat dibagi-bagi
•kemanfaatan pada semua pihak.
•terpenuhinya hakekat keadilan (adil). Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya
Npm:2217061113
Artikel A
Ugrasi penegasan Pancasila sebagai dasar nilai perkembangan IPTEK
Pada perkembangan IPTEK ini berdampak luas pada kemaslahatan di dalam kehidupan bangsa Indonesia.iptek juga berkembang dan maju namun harus di imbangi dengan Menjaga dan mengimplementasikan nilai nilai leluhur ideologi bangsa di seluruh aspek kehidupan bangsa dan bernegara.
dan hadirnya ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah tengah kita akan memberikan kemudahan dan memecahkan berbagai persoalan hidup dan kehidupan yang terjadi di dunia.
Mempunyai dampak negatif dan mempunyai dampak positif
Negatifnya seperti:banyak nya berita hoax di media sosial,pinjol(pinjaman online)dan masih banyak lagi
Kalau positifnya seperti: mempermudah belaja,kerja, belajar
Tetapi juga kembali ke diri kita masing-masing kalo menjalankan sisi positif dengan baik juga menimbulkan efek baik kalo menjalankan dengan buruk menimbulkan akibat buruk.
Artikel b
Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi
Perkembangan IPTEK
Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa yang
mengandung nilai-nilai luhur yang
dipercaya sebagai perisai pelindung
bangsa tentunya juga harus ikut berperan
dalam menghadapi kemajuan IPTEK ini,
dan sebaliknya IPTEK juga harus
senantiasa berdasar pada nilai-nilai
pancasila, karena pancasila sejatinya
adalah media akulturasi dari berbagai
pemikiran mengenai agama, pendidikan,
politik, sosial, budaya, dan juga ekonomi
yang mengkoordinir berbagai aktivitas
kehidupan dalam masyarakat
Jika IPTEK dianggap tidak berhubungan
dengan nilai budaya ataupun agama hal ini
akan menyebabkan tidak adanya nilai
human-religius. Perkembangan IPTEK
yang ada di Indonesia haruslah senantiasa
dikawal dengan nilai-nilai agama dan
budaya yang terkandung dalam ideologi
bangsa yaitu pancasila agar kehidupan
bangsa tidak rusak karena pengaruh buruk
IPTEK yang tidak sesuai dengan jati diri
masyarakat Indonesia.
Npm:2217061108
Kelas:bioter c
ARTIKEL A
Pentingnya implementasi nilai nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK
Indonesian telah memasuki zaman modern, dimana kemajuan pesat terjadi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan peradaban manusia berubah secara signifikan.
Dampak positif dari perkembangan IPTEK
-Menunjang kegiatan produksi, dengan
adanya kemajuan IPTEK terciptalah
berbagai mesin-mesin canggih yang dapat
digunakan untuk menunjang dihasilkannya
suatu barang atau jasa tentunya dengan
hasil yang lebih baik, waktu yang lebih
cepat, dan hasil yang lebih banyak
-Memudahkan komunikasi dengan orang
lain
-memudahkan proses pembelajaran
Dampak negatif IPTEK
-Carding, yaitu pembobolan kartu kredit
melalui internet untuk mendapatkan kode
kartu, penipuan melalui pesan singat,
pembajakan akun
-Membuat ketergantungan dan rasa malas,
karena terlalu nyaman dan dimudahkan
oleh teknologi orang-orang bisa saja
timbul rasa malas dan sangat tergantung
pada teknologi
-Mengandung unsur kekerasan bahkan
pornografi.
Pancasila sebagai dasar negara dipercaya sebagai perisai pelindung bangsa,bangsa Indonesia sendiri telah memiliki akar budaya dan religi yang kuat sejak dulu,jika IPTEK di biarkan berkembang tanpa di dasari oleh ideologi takutnya akan membawa kehancuran bagi masyarakat itu sendiri.
ARTIKEL B
TEORI KEBENARAN PANCASILA SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN ILMU
Pancasila
mempunyai fungsi dan peranan yang sangat
luas dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Fungsi dan peranan
itu terus berkembang sesuai dengan tuntutan
zaman. Itulah sebabnya, Pancasila memiliki
berbagai predikat sebagai sebutan nama yang
menggambarkan fungsi dan peranannya.
Pancasila sebagai ideologi negara
merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya dan
agama dari bangsa Indonesia. Pancasila
sebagai ideologi bangsa Indonesia mengakomodir seluruh aktivitas kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,
demikian pula halnya dalam aktivitas ilmiah.
Oleh karena itu, perumusan Pancasila
sebagai dasar pengembangan ilmu bagi
aktivitas ilmiah di Indonesia merupakan
sesuatu yang bersifat niscaya.Bangsa Indonesia
memiliki akar budaya dan religi yang kuat
dan tumbuh sejak lama dalam kehidupan
masyarakat sehingga manakala
pengembangan ilmu tidak berakar pada
ideologi bangsa, sama halnya dengan
membiarkan ilmu berkembang tanpa arah
dan orientasi yang jelas.
Ada
tiga alasan yang menjadi landasan perlunya
Pancasila ditelusuri secara ilmiah yakni: 1.
Menteri Roeslan Abdulgani yang pada
seminar Manipol di Bandung pada tanggal 28
Januari 1961 menyatakan bahwa Presiden
Soekarno menghendaki penarikan ke atas
(perumusan teori Pancasila, khususnya
Filsafat Pancasila) dan penarikan ke bawah
ajaran Pancasila (tingkat penjabaran dan
pelaksanaannya, yang boleh disebut dengan
sikap hidup). 2. Jawaban Presiden Soekarno
dalam rapat DPA sebelum 28 Januari 1961
yang menegaskan bahwa Sosialisme
Indonesia dan ajaran Pancasila bersifat
ilmiah dan religius. Ilmiah dalam arti: 1)
suatu ajaran ilmiah, yang bersifat khusus
berlaku bagi waktu, tempat, keadaan,
golongan manusia, atau bangsa tertentu; 2)
lebih tinggi tingkatnya daripada itu ialah
suatu teori ilmiah yang meliputi segala faktor
tadi yang lebih luas; dan 3) tingkat yang lebih
tinggi lagi ialah sistem kefilsafatan yang
terluas dalam segala faktornya, sampai dapat
mencapai tingkat dan luas yang abstrak,
umum, dan universal. 3. Ketetapan MPRS
no. II/MPRS/1960/ yang menentukan tentang
pembangunan mental berdasarkan Pancasila
yang menghendaki pula berfikir secara
abstrak, secara ilmiah dan secara filsafati terhadap Pancasila .
Teori Kebenaran Pancasila
Dalam lingkup perbincangan
kefilsafatan, sistem filsafat Pancasila harus
memenuhi tiga teori kebenaran, yakni teori
kebenaran koherensi, korespondensi, dan
pragmatik.
dapat di simpulkan dari kedua arti sama sama membahas mengenai pentingnya peran ideologi Pancasila bagi masyarakat dalam menghadapi perkembangan IPTEK
NPM : 2217061103
Kelas : Biologi Terapan C
Artikel 14. A
Pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK
Perkembangan IPTEK saat ini memberikan dampak positif namun juga dapat memberikan dampak negatif. Contoh dampak positif diantaranya menunjang kegiatan produksi, mempermudah komunikasi dengan orang lain, dan memudahkan proses pembelajaran. Sedangkan dampak negatifnya yaitu pembobolan kartu kredit atau penipuan melalui internet membuat ketergantungan dan rasa malas dan mengandung unsur kekerasan bahkan pornografi. Oleh karena itu, IPTEK perlu menyesuaikan dengan nilai-nilai ideologi bangsa yaitu Pancasila agar kehidupan bangsa tidak rusak karena pengaruh buruk IPTEK.
selain dampak yang sudah disebutkan di atas iptek juga membuat pengaruh budaya luar dengan mudah masuk ke Indonesia yang membuat masyarakat lupa akan budayanya sendiri oleh karena itu Pancasila sebagai pedoman atau pandangan hidup bangsa harus ditanamkan pada setiap warga negara agar mereka tetap memiliki pribadi yang baik dapat membedakan hal yang baik dan yang buruk dalam menggunakan dan menikmati kemajuan teknologi yang ada. Dan sebagai masyarakat Indonesia kita harus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bijak menggunakan teknologi dan berusaha tidak terpengaruh oleh dampak negatif iptek dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang berguna untuk diri sendiri lingkungan dan bangsa Indonesia.
Artikel 14.B
Teori kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu
Ada tiga teori yaitu :
• Teori koherensi, Pancasila dasar filsafat negara merupakan suatu kesatuan tersusun atas berbagai bagian namun tidak saling bertentangan.
• Teori korespondensi, sistem filsafat pancasila dinyatakan sebagai jiwa bangsa Indonesia, berkepribadian, pandangan hidup dan pedoman hidup bangsa Indonesia.
• Teori pragmatik, Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia menunjukkan bahwa sistem filsafat Pancasila berfungsi secara praktis.
Konsep Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu yaitu:
• Bahwa setiap ilmu pengetahuan haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai dalam Pancasila
• Bahwa setiap ilmu yang dikembangkan harus menyertakan nilai-nilai Pancasila
• Bahwa Pancasila berperan sebagai pengendali ilmu agar tidak keluar dari cara berpikir dan bertindak bangsa
• Bahwa setiap pengembangan ilmu harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia
NPM : 2217061052
Analisis jurnal a dan b
Jurnal a
Judul "Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi
Perkembangan IPTEK"
Dalam artikel ini membahas tentang perkembangan IPTEK di Indonesia yang semakin pesat sehingga peradaban manusia semakin mengalami perubahan yang luar biasa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini selain dapat memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan untuk kehidupan manusia, tak bisa kita pungkiri juga perkembangan IPTEK ini juga dapat mendatangkan berbagai hal-hal yang negatif. Oleh karena itu IPTEK perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai ideologi bangsa dalam pengembangnya baik dari aspek nilai agama maupun budaya semua haruslah relevan dan senantiasa mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa agar tidak merugikan manusia dan merusak sendi-sendi kehidupan bangsa. Pancasila yang mana merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa mengandung nilai-nilai luhur yang dipercaya sebagai perisai pelindung bangsa tentunya juga harus ikut berperan dalam menghadapi kemajuan IPTEK. Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang mengandung nilai-nilai luhur yang dipercaya sebagai perisai pelindung bangsa tentunya juga harus ikut berperan dalam menghadapi kemajuan IPTEK ini, dan sebaliknya IPTEK juga harus senantiasa berdasar pada nilai-nilai pancasila, karena pancasila sejatinya adalah media akulturasi dari berbagai pemikiran mengenai agama, pendidikan, politik, sosial, budaya, dan juga ekonomi yang mengkoordinir berbagai aktivitas kehidupan dalam masyarakat. Bangsa Indonesia sendiri telah memiliki akar budaya dan religi yang sangat kuat sejak dahulu kala, sehingga jika ilmu pengetahuan dan teknologi dibiarkan berkembangkan begitu saja tanpa berakar pada ideologi itu sama halnya menjadikan IPTEK tanpa arah dan orientasi yang jelas yang bisa saja membawa kehancuran bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Dan juga dalam artikel ini membahas upaya upaya yang dapat dilakukan untuk memperkuat pengimplementasian nilai nilai pancasila yang dapat dilakukan melalui dunia pendidikan, penyuluhan atau sosialisasi tentang pentingnya menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari, memperkenalkan nilai nilai pancasila di media sosial dan lain sebagainya.
Analisis Jurnal b
Judul " Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Teori kebenaran Pancasila menghendaki, bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus memenuhi kebenaran koherensi, korespondensi, dan pragmatik, Ketiga hal
tersebut secara simultan saling melengkapi dalam kerja ilmiah. Artinya tidak menonjolkan atau mementingkan salah satunya. Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya. Dalam kaitannya dengan perkembangan ilmu di Indonesia, maka perlu dikaji kebenaran yang khas menurut Pancasila terlebih dahulu. Sebab Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara akan selalu menjadi ukuran bagi setiap sikap dan perbuatan, termasuk kegiatan para ilmuwan dengan produk ilmunya. Terkait dengan masalah kebenaran, sejak dahulu selalu menyertai setiap kegiatan ilmiah. Hal yang demikian ini karena pada ilmu, baik sebagai satu sistem maupun proses senantiasa ditujukan untuk mencapai
kebenaran. Pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks Pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pancasila, kebenaran adalah 1) tiadanya pertentangan dengan Tuhan, 2) aktualisasi atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia, 3) suatu hal yang satu, tidak dapat dibagi-bagi, 4) kemanfaatan pada semua pihak, dan 5) terpenuhinya hakekat keadilan (adil). Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan
dasarnya. Dengan berorientasi Pancasila secara ilmiah dalam upaya mencari kebenaran dan konsep bahwa Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu di Indonesia serta visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu yang dikembangkan di Indonesia tidak akan ada alienasi terhadap bangsa Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa Indonesia.
NPM : 2217061105
Kelas : Biologi Terapan
Tugas : PKN(menganalisis Jurnal)
Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu
Artikel 14a
Pada artikel ini kita di beritahu bahwa kini Indonesia telah memasuki zaman modern yang berkembang begitu pesat dimana dalam ilmu pengetahuan dan juga teknologi hal ini menyebabkan peradaban manusia mengalami perubahan yang sangat signifikan. Kemajuan teknologi ini tentunya bertujuan untuk mempermudah berbagai urusan dan pekerjaan dari manusia. Saat ini tentunya kita semua dapat melihat dan merasakan perkembangan IPTEK tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita dan akan terus berkembang.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selain dapat memberikan dampak positif dan tidak bisa kita pungkiri bahwa juga perkembangan IPTEK ini juga dapat mendatangkan berbagai hal-hal yang negatif.
Oleh sebab itu IPTEK juga harus senantiasa berdasarkan pada nilai nilai pancasila, karena pancasila sejatinya adalah nilai dasar dari berbagai pemikiran mengenai agama,pendidikan, politik, sosial, budaya, dan juga ekonomi.
Artikel 14b
Dari artikel yang saya baca ini berisi tentang bagaimana pancasila sebagai tujuan untuk mencapai kebenaran dan pengembangan kebenaran di Indonesia, semua itu juga harus dikembalikan lagi pada manusia Indonesia itu sendiri dan bagaimana jati diri bangsa Indonesia sebenarnya. Maka dari itu fungsi dan peranan pancasila sangat penting sebagai dasar pengembangan ilmu, visi dan misi indonesia kedepannya. Karena pancasila mencangkup semua aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta harus sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa indonesia. Tidak terjerumus dampak negatif karna globalisasi.
Npm : 2217061120
Judul 14a : Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi
Perkembangan IPTEK
penulis : Nabila Ratri Widya Astuti1
, Dinie Anggraeni
Isi : Pengimplementasian nilai-nilai
Pancasila dalam perkembangan IPTEK
sangatlah penting dimana Pancasila dapat
menjadi rambu-rambu normatif bagi
pengembangan dan juga pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi agar tetap
sesuai dengan kepribadian masyarakat
Indonesia yang luhur dan mulia.
Pengembangan IPTEK juga harus
senantiasa berakar pada budaya bangsa,
serta IPTEK harus senantiasa
menghormati dan terbuka dengan segala
kritik yang ada dari masyarakat yang
tentunya untuk arah yang lebih baik.
Sebagai masyarakat Indonesia kita
semua harus selalu mengimplementasikan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari, bijak menggunakan teknologi
dan berusaha tidak terpengaruh oleh
dampak negatif dari perkembangan
IPTEK. Jadilah masyarakat yang cerdas
yang dapat memanfaatkan teknologi untuk
hal-hal baik yang dapat berguna untuk diri
sendiri, orang lain, lingkungan dan juga
bangsa Indonesia.
Judul 14b : Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu
Penulis : Surajiyo
Isi : Ilmu dengan metode ilmiahnya bertujuan untuk mencapai kebenaran. Karena yang berilmu itu
manusia, maka kebenaran semata-mata tidak hanya murni memenuhi kriteria koherensi dan
korespondensi saja tetapi kebenaran juga harus dikembalikan pada manusianya.Pemahaman filosofis tentang kebenaran
dalam konteks Pancasila dapat
digeneralisasikan bahwa dalam konteks
Pancasila, kebenaran adalah 1) tiadanya
pertentangan dengan Tuhan, 2) aktualisasi
atau perwujudan dan terpenuhinya
hakekat manusia, 3) suatu hal yang satu,
tidak dapat dibagi-bagi, 4) kemanfaatan
pada semua pihak, dan 5) terpenuhinya
hakekat keadilan (adil). Untuk
pengembangan ilmu di Indonesia nilai
kebenaran Pancasila harus dijadikan
dasarnya.
Npm 2217061106
Hasil analisis saya dari artikel A
Perkebangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini selain ini dapat memberi dampak positif,perkembangan iptek juga dapat mendatangkan berbagai hal negatif.
Dalam kehidupan saat ini pengembangan penggunaan saat dan juga pemanfaatan teknologi merupakan suatu hal yang penting dan bahkan telah menjadi suatu keharusan agar masyarakat tidak tertinggal.
Adapun hal yang terkait pancasila yang berkedudukan sebagai landasan kebijakan dari pengambangan IPTEK yaitu:
*IPTEK yang di kembangkan harus menghormati keyakinan religus masyarkat indonesia.
*IPTEK harus bertujuan untuk pengembangan manusia dan berdasarkan nilai nilai kemanusiaan.
*IPTEK menjadi unsur yang menghomoganisasi budaya dan memperkuat persatuan.
penguasaan IPTEK harus lah demokratis dan merata.
Analisis artikel B
Hasil analisis saya
Pancasila sebagai tujuan untuk mencapai kebenaran dan pengembangan di Indonesia.
fungsi dan peranan pancasila sangat penting sebagai dasar pengembangan ilmu, visi dan misi indonesia kedepannya. Karena pancasila mencangkup semua aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta harus sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa indonesia. Tidak terjerumus dampak negatif karna globalisasi.
Npm : 2217061053
Kelas : BIT C
Analisis Artikel
Artikel A yang sudah saya analisis berjudul "Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK "
Indonesia kini telah memasuki zaman modern dimana kemajuan pesat terjadi dalam ilmu pengetahuan dan juga teknologi hal ini menyebabkan peradaban manusia mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam perkembangan IPTEK sangatlah penting dimana Pancasila dapat
menjadi rambu-rambu normatif bagi pengembangan dan juga pemanfaatan ilmu.pengetahuan dan teknologi agar tetap
sesuai dengan kepribadian masyarakat
Indonesia yang luhur dan mulia.
Pengembangan IPTEK juga harus senantiasa berakar pada budaya bangsa, serta IPTEK harus senantiasa menghormati dan terbuka dengan segala
kritik yang ada dari masyarakat yang tentunya untuk arah yang lebih baik. Sebagai masyarakat Indonesia kita semua harus selalu mengimplementasikan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, bijak menggunakan teknologi
dan berusaha tidak terpengaruh oleh
dampak negatif dari perkembangan IPTEK. Jadilah masyarakat yang cerdas yang dapat memanfaatkan teknologi untuk hal-hal baik yang dapat berguna untuk diri sendiri, orang lain, lingkungan dan juga bangsa Indonesia.
Artikel B yang telah saya lakukan analisis yang berjudul "Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada beberapa jenis pemahaman. Pertama, bahwa setiap ilmu pengetahuan yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Kedua, bahwa setiap ilmu yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan iptek itu sendiri. Ketiga, bahwa nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan ilmu di Indonesia, artinya mampu mengendalikan ilmu agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia. Keempat, bahwa setiap pengembangan ilmu harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sendiri atau yang lebih dikenal
dengan istilah indegenisasi ilmu.
1. Teori kebenaran Pancasila menghendaki, bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus memenuhi kebenaran koherensi, korespondensi, dan pragmatik. Ketiga hal tersebut secara simultan saling melengkapi dalam kerja ilmiah. Artinya tidak menonjolkan atau mementingkan salah satunya.
2. Pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks Pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pancasila, kebenaran adalah 1) tiadanya pertentangan dengan Tuhan, 2) aktualisasi atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia, 3)suatu hal yang satu, tidak dapat dibagi-bagi, 4)kemanfaatan pada semua pihak, dan 5)terpenuhinya hakekat keadilan (adil). Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya
3. Dengan berorientasi Pancasila secara ilmiah dalam upaya mencari kebenaran dan konsep bahwa Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu di Indonesia serta visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu yang dikembangkan di Indonesia tidak akan ada alienasi terhadap bangsa Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa Indonesia.
NPM : 2217061047
Kelas : biologi terapan kelas c
analisis artikel a!
judul : pentingnya implementasi nilai pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK
Dalam kemajuan iptek ini juga selain dampak positif dan ada juga dampak negatifnya, misalnya pengaruh budaya luar yang mudah sekali masuk kedalam negara indonesia karena kemajuan teknologi dapat membuat masyarakat lupa akan budayanya sendiri, oleh karena itu Nilai pancasila dalam perkembangan iptek sangatlah penting karena pancasila dapat menjadi rambu-rambu normatif bagi pengembangan iptek, maksudnya pancasila mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berfikir dan cara bertindak pada bangsa indonesia. pengembangan iptek juga harus senantiasa berakar pada budaya bangsa.
sebagai masyarakat indonesia kita harus mengemplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, bijak dalam menggunakan teknologi dan berusaha agar tidak terjerumus oleh dampak negatif dari perkembangan iptek
cara mengemplementasikannya :
senantiasa mencintai tanah air, melestarikan warisan budaya bangsa, menjaga hubungan baik dengan setiap warga yang memiliki perbedaan
analisis artikel b!
judul : teori kebenaran pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu
Pada artikel ini diejlaskan tentang teori kebenaran pancasila, pada teori ini mengehendaki bahwa kebenaran ilmiah sangat memenuhi kebenaran. saling melengkapi dan tidak menonjolkan salah satunya.
pemahan filosofi kebenaran dalam konteks pancasila
1. tiadanya pertentangan pada tuhan
2. kemanfaatan pada semua pihak
3. aktualisasi dan terpenuhnya hakekat manusia
adapun 5 ciri pokok pada pengetahuan ilmiah antara lain :
1. empiris
2. sistematis
3. obyektif
4. verifikatif
NPM : 2217061117
KELAS : BIT C
analisis jurnal 14 a
judul : pentingnya implementasi nilai nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan iptek
isi :
Dijelaskan pada jurnal ini bahwa perkembangan iptek sudah semakin pesat dan terjadi perubahan signifikan pada peradaban manusia. Kemajuan iptek itu sendiri bertujuan untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia. Perkembangan iptek itu sendiri menimbulkan dampak negatif dan positif, dari sisis negatif itu sndiri maka iptek perlu di sesuaikan dan di seimbangkan dengan nilai-nilai ideologi bangsa, budaya maupun agama, agar tifak merusak sendi sendi kehidupan masyarakat itu sendiri. Nilai nilai ideologi tersebut berdasar pada nilai nilai Pancasila pada ke lima silanya. dan pada tiap sila Pancasila tersebut memiliki makna yang dapat menjadi pedoman bermasyarakat dan bernegara, dengan cara mengimplementasikan pancasila pada kehidupan sehari hari, dengan itu dapat menjadi pelindung bangsa dari pengaruh pengaruh buruk iptek.
upaya yang dapat di lakukan dalam implementasi Pancasila di sekitar:
• melalui dunia pendidikan
• penyuluhan atau sosialisasi tentang pentingnya nilai nilai Pancasila
• memperkenalkan nilai nilai Pancasila melalui media masa
kesimpulan oleh penulis yaitu :
Pengimplementasian nilai-nilai
Pancasila dalam perkembangan IPTEK
sangatlah penting dimana Pancasila dapat
menjadi rambu-rambu normatif bagi
pengembangan dan juga pemanfaatan ilmu
pengetahuan dan teknologi agar tetap
sesuai dengan kepribadian masyarakat
Indonesia yang luhur dan mulia.
Pengembangan IPTEK juga harus
senantiasa berakar pada budaya bangsa,
serta IPTEK harus senantiasa menghormati dan terbuka dengan segala
kritik yang ada dari masyarakat yang
tentunya untuk arah yang lebih baik.
Sebagai masyarakat Indonesia kita
semua harus selalu mengimplementasikan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari, bijak menggunakan teknologi
dan berusaha tidak terpengaruh oleh
dampak negatif dari perkembangan
IPTEK. Jadilah masyarakat yang cerdas
yang dapat memanfaatkan teknologi untuk
hal-hal baik yang dapat berguna untuk diri
sendiri, orang lain, lingkungan dan juga
bangsa Indonesia.
analisis jurnal 14 b
judul : teori kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu
isi :
dijelaskan dalam jurnal ini bahwa Pancasila tercipta dan digali dari budaya bangsa Indonesia sendiri. pancasila di pembukaan UUD adalah dasar negara dari NKRI yang harus dilaksanakan dalam berkehidupan berbangsa. Oleh karena itu, perumusan Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu bagi
aktivitas ilmiah di Indonesia merupakan sesuatu yang bersifat niscaya. Sebab,
pengembangan ilmu yang terlepas dari nilai
ideologi bangsa, justru dapat mengakibatkan
sekularisme, seperti yang terjadi pada zaman
Renaissance di Eropa. Bangsa Indonesia
memiliki akar budaya dan religi yang kuat
dan tumbuh sejak lama dalam kehidupan masyarakat sehingg manakala
pengembangan ilmu tidak berakar pada
ideologi bangsa, sama halnya dengan
membiarkan ilmu berkembang tanpa arah
dan orientasi yang jelas. banyak dipaparkan tentang teori teori dan pengertian pengertian tentang Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu yang terdapat makna pada ke lima sila nya.
dapat di simpulkan oleh penulis pada jurnal tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Teori kebenaran Pancasila menghendaki,
bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus memenuhi kebenaran koherensi,
korespondensi, dan pragmatik. Ketiga hal
tersebut secara simultan saling melengkapi
dalam kerja ilmiah. Artinya tidak menonjolkan atau mementingkan salah
satunya.
2. Pemahaman filosofis tentang kebenaran
dalam konteks Pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks
Pancasila, kebenaran adalah 1) tiadanya
pertentangan dengan Tuhan, 2) aktualisasi
atau perwujudan dan terpenuhinya
hakekat manusia, 3) suatu hal yang satu,
tidak dapat dibagi-bagi, 4) kemanfaatan
pada semua pihak, dan 5) terpenuhinya
hakekat keadilan (adil).
Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai
kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya
3. Dengan berorientasi Pancasila secara
ilmiah dalam upaya mencari kebenaran dan konsep bahwa Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu di Indonesia serta visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu yang dikembangkan di Indonesia tidak akan ada alienasi terhadap bangsa indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan
sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa
Indonesia.
npm :2257061006
Biologi terapan
artikel a
pada artikel a membahas tentang pengaruh perkembangan iptek bagi masyarakat serta dampak positif dan negatif yang didapat oleh masyarakat Indonesia dampak positifnya adalah dapat mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengakses segala hal dan dapat berkomunikasi dalam jarak titik dampak negatifnya dapat mengakibatkan masyarakat lupa akan nilai-nilai Pancasila karena terlalu malas dalam berkomunikasi karena semakin berkembangnya ilmu teknologi. sinilah dari sinilah akan melunturkan nilai Pancasila yang dasarnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
artikel b
pada artikel b tentang kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu membahas tentang pembangunan nasional merupakan salah satu peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional, dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global dalam pelaksanaannya mengacu pada kepribadian bangsa dan nilai-nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat mandiri, berkeadilan sejahtera, maju dan kuku kekuatan moral dan etikanya.
Npm : 2217061116
artikel A
Menjelaskan mengenai Perkembangan IPTEK yang ada saat ini selain memberikan dampak positif dan kemudahan tapi juga memberikan dampak negatif. Perkembangan IPTEK yang ada di Indonesia haruslah senantiasa dikawal dengan nilai-nilai agama dan budaya yang terkandung dalam ideologi bangsa yaitu Pancasila agar kehidupan bangsa tidak rusak karena pengaruh buruk IPTEK yang tidak sesuai dengan jati diri masyarakat Indonesia.
Dalam moral dalam Pancasila terhadap IPTEK juga dikaitkan pada sila-sila Pancasila. Hal ini juga menjadi upaya pembenahan untuk terbebas dari penjajahan fisik, kemiskinan, dan kebodohan. Pada dasarnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK dapat ditemukan dalam sikap masyarakat di balik peristiwa yang terjadi pada masyarakat, sehingga pengembangan IPTEK tidak keluar dari nilai pada bangsa melainkan dengan nilai budaya.
artikel B
menjelaskan tentang Ilmu pengetahuan yang dikembangkan harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal sebagai pengendali. Setiap perkembangan ilmu harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sebagai proses indegenisasi ilmu mengendalikan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar nilai pnembangan ilmu, tetapi menjadi paradigma ilmu yang berkembang di Indonesia. Kebeneran Pancasila harus memenuhi kebenaran koherensi,koresprodensi, dan pragmatik yang saling melengkapi, kebeneran Pancasila harus memuat konteks tidak adanya hal yang bertentangan dengan tuhan,bermanfaat bagi semua pihak, memenuhi hakekat keadilan, serta visi ilmu Indonesia dalam hal mengembakan ilmu pengetahuan yang sejalan dengan jati diri serta nilai budaya yang ada di Indonesia
NPM : 2217061064
Artikel 14a
"Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi
Perkembangan IPTEK"
IPTEK ini dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan kehidupan manusia di berbagai bidang kehidupan.Perkembngan
IPTEK di Indonesia dapat dilihat dengan adanya teknologi yang terus berkembang.
Perkembangan IPTEK dapat memberikan dampat positif bagi kehidupan
manusia,seperti :
1.dengan adanya kemajuan IPTEK terciptalah berbagai mesin-mesin canggih.
2.Memudahkan komunikasi
3.Memudahkan proses pembelajaran
Adapun menimbulkan dampak negatif yang diantaranya yaitu :
1.terjadi pembobolan kartu kredit
melalui internet
2.Membuat ketergantungan dan rasa malas, karena terlalu nyaman dan dimudahkan oleh teknologi
Dengan kemajuan IPTEK ini juga
tak bisa kita pungkiri selain dampak positif juga terdapat dampak negatif, pengaruh budaya luar yang dengan mudah masuk ke Indonesia karena kemajuan teknologi juga dapat membuat masyarakat lupa akan
budayanya sendiri dan lebih menyukai
budaya asing. Oleh karena itu nilai-nilai pancasila harus senantiasa ditanamkan dalam diri tiap warga negara agar mereka tetap memiliki pribadi yang baik sesuai dengan kepribadian bangsanya.Pancasila sebagai dasar
pengembangan IPTEK bertujuan untuk
menjamin kesejahteraan masyarakat serta pelindung bangsa dari pengaruh-pengaruh buruk. IPTEK sebagai hasil budaya masyarakat harus berlandaskan nilai-nilai luhur pancasila. Pancasila sebagai sumber berfikir menunjukan sistem-sistem etika
dalam pengembangan IPTEK, hal itu dapat dilihat dan ada pada tiap sila pancasila.
Artikel 14b
"Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Menurut Notonagoro,
kebenaran dalam konteks Pancasila dimaknai sebagai tiadanya pertentangan dengan Tuhan.Atau dalam makna lain, kebenaran diartikan sebagai kesesuaian dengan nilainilai ketuhanan. Hidup yang benar apabila
kehidupan yang dijalani mengandung
harmonisasi dengan kehendak Tuhan.Yang dimana hal ini
tentu berbeda dengan dunia ilmu
pengetahuan di Barat yang seringkali
mengabaikan harmonisasi dengan kehendak dalam mencapai kebenaran.
Teori kebenaran Pancasila menyimpulkan
bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus
memenuhi kebenaran koherensi,
korespondensi, dan pragmatik. Ketiga hal tersebut saling melengkapi
dalam kerja ilmiah.Dimana tidak
menonjolkan atau mementingkan salah satunya .
NPM: 2217061038
KELAS: BIOLOGI TERAPAN C
Menganalisis artikel A dan artikel B
Judul artikel A: pentingnya implementasi nilai nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan Iptek.
Isi artikel A:
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini selain dapat memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan untuk kehidupan manusia, tak bisa kita pungkiri juga perkembangan IPTEK ini juga dapat mendatangkan berbagai hal-hal yang negatif, Oleh karena itu IPTEK perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai ideologi bangsa dalam pengembangnya baik dari aspek nilai agama maupun budaya semua haruslah relevan dan senantiasa mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa agar tidak merugikan manusia dan merusak sendi-sendi kehidupan bangsa.
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang mengandung nilai-nilai luhur yang dipercaya sebagai perisai pelindung bangsa tentunya juga harus ikut berperan dalam menghadapi kemajuan IPTEK ini, dan sebaliknya IPTEK juga harus senantiasa berdasar pada nilai-nilai pancasila, karena pancasila sejatinya adalah media akulturasi dari berbagai pemikiran mengenai agama, pendidikan, politik, sosial, budaya, dan juga ekonomi yang mengkoordinir berbagai aktivitas kehidupan dalam masyarakat, Perkembangan IPTEK yang ada di Indonesia haruslah senantiasa dikawal dengan nilai-nilai agama dan budaya yang terkandung dalam ideologi bangsa yaitu pancasila agar kehidupan bangsa tidak rusak karena pengaruh buruk IPTEK yang tidak sesuai dengan jati diri masyarakat Indonesia.
Bangsa Indonesia sendiri telah memiliki akar budaya dan religi yang sangat kuat sejak dahulu kala, sehingga jika ilmu pengetahuan dan teknologi dibiarkan berkembangkan begitu saja tanpa berakar pada ideologi itu sama halnya menjadikan IPTEK tanpa arah dan orientasi yang jelas yang bisa saja membawa kehancuran bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.
IPTEK ini dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan kehidupan manusia di berbagai bidang kehidupan.Perkembangan IPTEK di Indonesia dapat dilihat dengan adanya teknologi yang terus berkembang seperti adanya satelit di Indonesia misalnya ada satelit Palapa yang menjadikan Indonesia dapat mengakses berbagai informasi melalui sinyal yang dipancarkan ke perangkat elektronik seperti televisi, radio, telepon dan yang lainnya, adanya smartphone dan gadget beserta berbagai aplikasi yang ada dengan adanya jaringan internet juga merupakan contoh kemajuan IPTEK dimana semua hal dapat dilakukan melalui alat canggih tersebut baik komunikasi, mencari informasi, menjual barang, membeli barang, belajar dan masih banyak lagi.
-Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Iptek.
Perkembangan IPTEK dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia diantaranya yaitu : Menunjang kegiatan produksi, dengan adanya kemajuan IPTEK terciptalah berbagai mesin-mesin canggih yang dapat digunakan untuk menunjang dihasilkannya suatu barang atau jasa tentunya dengan hasil yang lebih baik, waktu yang lebih cepat, dan hasil yang lebih banyak, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya pabrik yang menggunakan mesin-mesin modern dalam memproduksi produk mereka, selain itu juga kemajuan IPTEK bisa membantu memasarkan produk melalui sosial media dan juga berbagai online shope yang tersedia.
Pancasila juga menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia dimana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ini dijadikan petunjuk masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara oleh karena itu semua tindakan masyarakat Indonesia tidak boleh menyimpang dengan nilai-nilai Pancasila, Pancasila dapat menyatukan perbedaan dan akan selalu menjadikan bangsa ini hidup dalam keharmonisan dan toleransi.
Judul artikel B: Teori kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu
Pengembangan ilmu di Indonesia juga harus dikembalikan pada masyarakat Indonesia, dan jati diri bangsa Indonesia.
Teori kebenaran Pancasila menghendaki, bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus memenuhi kebenaran koherensi, korespondensi, dan pragmatik.
Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya, Metode dalam penelitian ini dengan metode deskripsi yaitu pembahasan yang bersifat literer, khususnya literatur yang membahas masalah ilmu, teori kebenaran dalam ilmu, masalah Pancasila baik sebagai secara ilmiah maupun secara filsafat.
Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif kemudian diolah dengan metode analisa dan reflektif, dilengkapi dengan metode 'verstehen'.
Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional, dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global.
Dalam pelaksanaannya mengacu pada kepribadian bangsa dan nilai-nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, berkeadilan, sejahtera, maju, dan kukuh kekuatan moral dan etikanya.
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengakomodir seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, demikian pula halnya dalam aktivitas ilmiah. Oleh karena itu, perumusan Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu bagi aktivitas ilmiah di Indonesia merupakan sesuatu yang bersifat mutlak.
Bangsa Indonesia memiliki akar budaya dan religi yang kuat dan tumbuh sejak lama dalam kehidupan masyarakat sehingga manakala pengembangan ilmu tidak berakar pada ideologi bangsa, sama halnya dengan membiarkan ilmu berkembang tanpa arah dan orientasi yang jelas, Dengan metode ini berarti berbagai pengertian dan ciri ilmu serta teori kebenaran, kajian Pancasila secara ilmiah dan filosofis yang beragam dipilah-pilahkan, kemudian diambil khususnya yang relevan dengan tema yakni teori kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu saja.
Metode reflektif yakni dalam memecahkan masalah dengan suatu proses berpikir aktif, hati-hati, yang dilandasi proses berpikir mendalam, istilah lain dalam kepustakaan filsafat dari epistemologi adalah Filsafat pengetahuan, Sosiologi, Kritika pengetahuan, logika material, teori pengetahuan, kriteriologi.
Epistemologi adalah cabang filsafat yang membicarakan tentang terjadinya pengetahuan, sumber pengetahuan, asal mula pengetahuan, batas-batas, sifat, metode dan validity pengetahuan, Dari definisi tersebut jika digambarkan ke dalam suatu bagan akan terlihat sebagai berikut : Aktivitas Ilmu Metode Pengetahuan Dari bagan tersebut menggambar bahwa ilmu harus diusahakan dengan aktivitas manusia, aktivitas itu harus dilaksanakan dengan metode tertentu, dan akhirnya aktivitas metodis itu mendatangkan pengetahuan yang sistematis.
Berbagai keterangan dan data yang tersusun sebagai kumpulan pengetahuan itu mempunyai hubungan ketergantungan dan teratur.
NPM : 217061114
Kelas: Biologi Terapan C
Artikel 14 A
Pada artikel ini dibahas tentang Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi
Perkembangan IPTEK.
Seperti yang kita ketahui perkembangan iptek memberikan banyak perubahan terhadap peradaban manusia. Tujuan awal dari perkembangan iptek adalah untuk mempermudah hidup manusia. Namun hal tersebut terkadang memberikan dampak negatif yang ditimbulkannya. Pada artikel ini dibahas mengenai dampak negatif dan positif dari perkembangan iptek itu sendiri. Adapun Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi
Perkembangan IPTEK sangat diperlukan dalam membangun kembali jati diri bangsa yang kian terkikis oleh perkembangan teknologi.
Artikel 14 B
Pada artikel ini dibahas tentang Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu.
Perkembangan ilmu itu sendiri didasari pada pengetahuan ilmiah, karena dari pengetahuan yang ilmiah dapat terjadi perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin baik. Menuntut The liang gie, pengetahuan ilmiah perlu didasari pada 5 aspek.diantaranya.
1. Empiris, yaitu didasari pada sebuah pengamatan atau percobaan.
2. Sistematis, yaitu diambil dari banyaknya data yang disusun sedemikian rupa agar membentuk sebuah kebenaran
3. Objektif, yaitu didasari pada fakta lapangan yang sebenernya
4. Analisis, dimana pengetahuan ilmiah menganalisis suatu permasalahan sehingga didapat pengetahuan yang lebih mendalam terkait iptek tersebut
5. Verifikatif, yaitu dapat diperiksa kebenarannya.
Teori kebenaran Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu itu sendiri tidak menonjolkan atau mementingkan salah satu pihak, ras, golongan ataupun yang lainnya. Konsep dari kebenaran Pancasila itu sendiri mengacu pada sebuah titik yang jika dilihat dari berbagai sisi adalah benar adanya dan tidak berpihak kepada pihak manapun.
Adapun pemahaman filosofis tentang kebenaran Pancasila itu didasarkan pada konteks Pancasila yang berarti kebenaran adalah...
1. Tiadanya pertentangan dengan Tuhan untuk perwujudan dari sila pertama.
2. Untuk sila kedua adalah penuhinya hakikat manusia
3. Dari sila ketiga yaitu kebenaran adalah suatu hal yang satu dan tidak berarti berbeda-beda jika dilihat dari satu pihak ke pihak lainnya
4. dari sila ke-empat yaitu manfaatnya didapat oleh semua pihak. Kebenaran itu bermanfaat bagi semua pihak
5. Untuk perwujudan sila kelima yaitu isinya memenuhi hakikat keadilan yang ada.
Jadi diharapkan kebenaran itu sendiri tidak bertentangan dari nilai-nilai Pancasila yang tadi dijelaskan dan sejalan dengan jati diri bangsa Indonesia agar dalam berbangsa dan bernegara tidak terjadi ketimbang tindihan antara kebenaran di satu pihak maupun pihak yang lainnya.
Npm: 2217061115
Kelas: BIT C
Artikel A
Pancasila sebagai dasar pandangan hidup negara indonesia( The way of life) serta dasar dari negara Indonesia mengemukakan yang berhubungan dengan perkembangan -perkembangan IPTEK yang ada saat ini selain memberikan dampak positif dan kemudahan tapi juga memberikan dampak negatif. Perkembangan IPTEK yang ada di Indonesia haruslah senantiasa dikawal dengan nilai-nilai agama dan budaya yang terkandung dalam ideologi bangsa yaitu Pancasila agar kehidupan bangsa tidak rusak karena pengaruh buruk IPTEK yang tidak sesuai dengan jati diri masyarakat Indonesia.
Dalam moral dalam Pancasila terhadap IPTEK juga dikaitkan pada sila-sila Pancasila. Hal ini juga menjadi upaya pembenahan untuk terbebas dari penjajahan fisik, kemiskinan, dan kebodohan. Pada dasarnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK dapat ditemukan dalam sikap masyarakat di balik peristiwa yang terjadi pada masyarakat, sehingga pengembangan IPTEK tidak keluar dari nilai pada bangsa melainkan dengan nilai budaya dan sosial lingkungan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.
Artikel b
Mengemukakan Ilmu pengetahuan dikembangkan harus serta menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal sebagai pedoman dalam hidup berbangsa dan setiap individu oleh masyarakat. Perkembangan ilmu nilai nilai pancasila harus berakar dan bertujukan dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sebagai proses indegenisasi ilmu mengendalikan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, tetapi menjadi paradigma ilmu yang berkembang di Indonesia. Pancasila harus memenuhi kebenaran koherensi,korespodensi, dan pragmatik yang saling melengkapi, kebenaran Pancasila harus memuat konteks tidak adanya hal yang bertentangan dengan tuhan,bermanfaat bagi semua pihak, memenuhi hakekat keadilan, serta visi ilmu Indonesia dalam hal mengembangkan ilmu pengetahuan yang sejalan dengan jati diri serta nilai budaya yang ada di Indonesia serta yang ada di dalam kehidupan setiap individu individu para masyarakat yang berbangsa.
NPM: 2217061051
Kelas: Biologi Terapan C
Analisis Artikel : Pentingnya Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK
Nilai budaya dan agama sebagai faktor eksternal pengembangan IPTEK. dalam perkembangan IPTEK sendiri ada dampak positif dan negatifnya. untuk mencegah dampak negatif tersebut kita perlu mengingat dan menerapkan nilai nilai pancasila agar dalam menghadapi perkembangan IPTEK kita tahu batasan batasannya dan mampu menyesuaikan diri dimanapun kita berada tanpa melupakan nilai nilai pancasila.
Lunturnya nilai nilai pancasila pada generasi muda adalah permasalahan yang serius faktor utamanya adalah karena mereka kurangnya pengetahuan dalam menggunakan IPTEK dan terjerumus ke dalam dampak negatifnya.
untuk itu perlu adanya penanggulangan terkait masalah seperti itu, contohnya dengan:
1. memberikan pendidikan di sekolah tekait pentingnya nilai nilai pancasila dari sekolah tingkat dasar sampai tigkat lanjut
2. Memberikan sosialisasi terkait nilai nilai pancasila
3. Membuat platform di media massa terkait pentingnya penerapan pancasila
dll.
Analisi Artikel: Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu
pengembangan ilmu harus didampingi dengan penerapan nilai nilai pancasila agar ilmu yang berkembang di Indonesia dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan tidak melenceng dari norma norma berbangsa dan bernegara. dengan selalu mengedepankan dan mengingat aspek yang terkandung di Pancasila kita dapat mengerti bagaimana cara kita menerima sebuah ilmu pengethuan yang baik, dan menerapkannya dengan baik agar nilai nilai pancasila di negara kita ini tidak luntur tergerus oleh zaman.
NPM : 2217061043
Prodi :Biologi Terapan
ANALISIS JURNAL
ARTIKEL 14a : “Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK”
Perkembangan ilmu pengetahuan
Dan teknologi saat ini dapat memberikan dampak positif dan
Kemudahan untuk kehidupan
Manusia, selain itu juga dapat memberikan dampak negatif bagi kehidupan.Oleh karena itu IPTEK juga dapat menyesuaikan dan
Mempertimbangkan nilai-nilai ideologi dalam bangsa dan dalam pengembangnya dari aspek nilai agama maupun budaya semua harus relevan dan senantiasa mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa agar tidak merugikan manusia dan merusak kehidupan bangsa sendiri.
Ilmu pengetahuan dan teknologi sendiri
Biasa dikenal dengan singkatan IPTEK
Yaitu sumber dimana seseorang
Dapat mengelola dan juga menggunakannya dalam kehidupan sehari hari.IPTEK ini tujuannya untuk memudahkan kehidupan manusia diberbagai bidang kehidupan.Perkembangan IPTEK dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia diantaranya yaitu :
✓Menunjang kegiatan produksi
✓Memudahkan komunikasi dengan orang lain
✓Memudahkan proses pembelajaran
Adapun dampak negatif dari
Perkembangan IPTEK bagi kehidupan
Yaitu :
✓Carding
✓Membuat ketergantungan dan rasa malas
✓Mengandung unsur kekerasan bahkan pornografi
ARTIKEL 14 b : “Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu”
Pancasila digali dari budaya bangsa
Indonesia maka Pancasila itu
Mempunyai fungsi dan peranan yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat, berbangsa maupun bernegara. Fungsi dan peranan itu sendiri terus berkembang dengan zaman.
Pancasila sebagaimana juga terdapat dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 adalah dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. Tujuannya
Itu ditegaskan dalam Pembukaan
Undang Undang Dasar 1945 diwujudkan melalui pelaksanaan dan penyelenggaraan negara yang berkedaulatan rakyat dan demokratis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Pengetahuan ilmiah menurut The Liang
Gie (2000; 127-130) mempunyai 5 ciri pokok
1. Empiris
2. sistematis
3. obyektif
4. Analitis
5. verifikatif
Sedangkan Daoed Joesoef (1987)
Menunjukkan pengertian tentang ilmu itu mengacu pada tiga hal, yaitu : produk, proses, masyarakat.Ilmu pengetahuan sebagai proses artinya kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan demi penemuan dan pemahaman dunia alami
Sebagaimana adanya, bukan sebagaimana yang kita kehendaki
.
Npm : 2217061045
Kelas : Biologi Terapan C
Artikel A
Pada artikel ini membahas kemajuan pesat terjadi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi hal ini menyebabkan peradaban manusia mengalami perubahan yang sangat signifikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini selain dapat memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan untuk kehidupan manusia selain dampak positif ada juga dampak negatifnya yaitu kita terlalu kecanduan terhadap gadget membuat kita tidak menghiraukan lingkungan sekitar kita,Sehingga kita mampu bersaing dalam perkembangan iptek dengan tidak menghilangkan nilai-nilai khas yang memang sudah ada sejak dulu yang menjadi ciri khas bangsa kita sendiri. Pada artikel ini juga membahas tentang dampak positif dan negatif perkembangan iptek di masa sekarang ini yang dapat dan bagaimana cara menghadapi dampak negatif nya.
Artikel B
Artikel ini membahas tentang teori kebenaran pancasila sebagai dasar pengembangan . Artikel ini membahas tentang suatu kebenaran,ilmu pengetahuan dan kebenaran akan nilai nilai pancasila dan pengertian ilmu pengetahuan yang dikutip dari berbagai sumber pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pemahaman filosofis tentang kebenaran dalam konteks Pancasila dapat digeneralisasikan bahwa dalam konteks Pancasila, kebenaran adalah
1) tiadanya pertentangan dengan Tuhan,
2) aktualisasi atau perwujudan dan terpenuhinya hakekat manusia,
3) suatu hal yang satu, tidak dapat dibagi-bagi,
4) kemanfaatan pada semua pihak,
5) terpenuhinya hakekat keadilan (adil). Untuk pengembangan ilmu di Indonesia nilai kebenaran Pancasila harus dijadikan dasarnya.
2217061046
Artikel A
"Pentingnya Implementasi Nilai - nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK"
Saat ini Indonesia telah memasuki zaman modern dimana kemajuan iPTEK telah berkembang dengan pesat. Perkembangan ilmu saat ini selain dapar memberikan dampak positif. IPTEK juga mendatangkan dampak negatif. Karena itu IPTEK perlu menyesuaikan dan mempertimbangan nilai - nilai ideologi bangsa dalam pengembangan nya dalam aspek nilai agama maupun budaya harus relevan dan mengacu nilai nilai luhur bangsa.
Sebagai masyarakat Indonesia kita semua harus selalu mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam hehidupan sehari-hari, bijak menggunakan teknologi dan berusaha tidak terpengaruh oleh dampak negatif dari perkembangan IPTEK
Artikel B
"Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu"
Pancasila digali dari budaya bangsa Indonesia sendiri, maka Pancasila mempunyai fungsi dan peranan yang sangat luas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Fungsi dan peranan itu terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Itulah sebabnya, Pancasila memiliki berbagai predikat sebagai sebutan nama yang menggambarkan fungsi dan peranannya
Ilmu pengetahuan diambil dari kata
bahasa Inggris science, yang berasal dari bahasa latin scientia dari bentuk kata kerja scire yang berarti mempelajari, mengetahui. Pertumbuhan selanjutnya pengertian ilmu mengalami perluasan arti sehingga menunjuk pada segenap pengetahuan sistematik.
Dengan berorientasi Pancasila secara
ilmiah dalam upaya mencari kebenaran
dan konsep bahwa Pancasila sebagai dasar
pengembangan ilmu di Indonesia serta
visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu
yang dikembangkan di Indonesia tidak
akan ada alienasi terhadap bangsa Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan
sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa
Indonesia
2217061112
Biologi Terapan C
Artikel A)
Pada artikel tersebut membahas mengenai pengaruh iptek beserta dampak positif yang dapat mempermudah kita dalam mengakses segala hal dan juga dampak negatif yang diakibatkan dari kemudahan menjadi kemalasan, dan juga membahas nilai nilai dari Pancasila bagaimana cara menyikapi dampak positif dan negatif tersebut menggunakan nilai dari Pancasila yang dimulai dari penerapan kehidupan sehari hari
Artikel B)
Pada artikel b membahas mengenai pengembangan Pancasila terhadap ilmu pengetahuan, membahas epistemologi, menjelaskan pengetahuan yang sistematis
1. Empiris
2. Sistematis
3. Obyektif
4. Analisis
5. Verifikatif
Adapun ciri yang menandakan ilmu
1. Ilmu pengetahuan secara metode harus
mencapai suatu keseluruhan yang
logis koheren. Itu berarti adanya sistem
dalam penelitian (metode) maupun harus
(susunan logis).
2. Ilmu pengetahuan tanpa pamrih, karena hal
itu erat kaitannya dengan tanggung jawab
ilmuwan.
3. Universalitas ilmu pengetahuan.
4. Obyektivitas, artinya setiap ilmu terpimpin
oleh obyek dan tidak didistorsi oleh
rekaman-prasangka subyektif.
5. Ilmu pengetahuan harus dapat dikumpulkan
oleh semua peneliti ilmiah yang
bersangkutan, karena itu ilmu pengetahuan
harus dapat dikomunikasikan.
6. Progresivitas artinya suatu jawaban ilmiah
baru bersifat ilmiah sungguh-sungguh, bila
mengandung pertanyaan-pertanyaan baru
dan menimbulkan masalah-masalah baru
lagi.
7. Kritis, artinya tidak ada teori yang berbeda,
setiap teori terbuka bagi suatu pemulihan
kritis yang memanfaatkan data-data baru.
8. Ilmu pengetahuan harus dapat digunakan
sebagai perwujudan kebertauan antara teori
dengan praktis.
Dan dari sistematis serta ciri ilmu tadi digabung juga dengan peran nilai Pancasila dalamm ilmu perkembangan tersebut.
npm : 2217061102
bioter c
Artikel A
Pentingnya implementasi nilai pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK
Dalam kemajuan iptek ini juga selain dampak positif dan ada juga dampak negatifnya, misalnya pengaruh budaya luar yang mudah sekali masuk kedalam negara indonesia karena kemajuan teknologi dapat membuat masyarakat lupa akan budayanya sendiri, oleh karena itu Nilai pancasila dalam perkembangan iptek sangatlah penting karena pancasila dapat menjadi rambu-rambu normatif bagi pengembangan iptek, maksudnya pancasila mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berfikir dan cara bertindak pada bangsa indonesia. pengembangan iptek juga harus senantiasa berakar pada budaya bangsa.
sebagai masyarakat indonesia kita harus mengemplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, bijak dalam menggunakan teknologi dan berusaha agar tidak terjerumus oleh dampak negatif dari perkembangan iptek
cara mengemplementasikannya :
senantiasa mencintai tanah air, melestarikan warisan budaya bangsa, menjaga hubungan baik dengan setiap warga yang memiliki perbedaan
Artikel B
Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu
Pada artikel ini membahas mengenai konsep teori kebenaran Pancasila dan konsep Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu. Teori kebenaran Pancasila menghendaki, bahwa kebenaran ilmiah itu sekaligus memenuhi kebenaran koherensi, korespondensi, dan pragmatik. Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada beberapa jenis pemahaman yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila itu sendiri serta tidak dapat bertentangan dengan nilai-nilai tersebut. Oleh karena itu sila-sila dalam Pancasila menunjukkan sistem etika dalam pembangunan IPTEK. Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu di Indonesia serta visi ilmu di Indonesia tersebut maka ilmu yang dikembangkan di Indonesia tidak akan ada alienasi terhadap bangsa Indonesia, tetapi sepenuhnya cocok dan sejalan dengan budaya dan jati diri bangsa Indonesia.