Forum menanggapi video 1

Forum menanggapi video 1

Number of replies: 36

setelah menyimak video mahasiswa diharapkan memberikan tanggapan terkait isi materi yang dijelaskan pada video pertemuan 14 pada forum ini.

In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by ELLEN KUMALA DEWI 2013053050 -
Assalamualaikkum.
Izin memperkenalkan diri.
Nama : Ellen Kumala Dewi
Npm : 2013053050
Izin menjawab: saya setuju dengan apa yang dikatakan dalam video tersebut yang mana Seorang pendidik harus mampu menilai secara objektif. Maksudnya adalah pendidik tidak boleh membeda bedakan masing masing peserta didiknya.
Serta pendidik juga tidak boleh membedakan peserta didik dengan arti harus tertuju pada kemampuan peserta didik nya masing masing.
Ketika pendidik membuat soal untuk peserta didik nya baik itu berbentuk soal pilihan ganda dan uraian harus mengacu pada tingkatan nya dan harus di sesuaikan dengan karakter serta kemampuan peserta didiknya. Penjelasan yang ada di dalam video menurut saya sudah cukup lengkap dan jelas. Berdasarkan K13 penilaian dilakukan dengan berbagai pendekatan seperti penilaian Otentik dan penilaian acuan kriteria (sesuai KKM).
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Amalia Indah 2013053008 -
Nama : Amalia Indah
Npm : 2013053008
Izin menanggapi , saya setuju dengan yang di katakan oleh pemateri dalam video tersebut bahwasanya di sekolah dasar kita harus mengetahui kedudukan siswa itu levelnya kemampuan intelektual anak kita itu sampai mana baik tuh salah satunya pengukurannya adalah lewat penilaian itu sendiri, jadi kita harus tahu apalagi guru kelas harus mampu dan mengetahui keadaan atau karakter anak didiknya khususnya dalam hal kemampuan intelektual, dalam kemampuan intelektual kondusifnya fisiknya dan psikomotoriknya di mana itu biasanya berbeda.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Ade Suryani 2013053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Ade Suryani
Npm: 2013053002

Izin menanggapi pak, saya setuju mengenai apa yang telah disampaikan oleh pemateri dalam video tersebut bahwa ketepatgunaan program dan metode mengajar yang digunakan harus sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan seperti dari program yang direncanakan yaitu RPP, apakah sesuai atau tidak antara RPP dan keadaan lapangan. Dengan begitu untuk mengetahui kesesuaian tersebut yaitu menggunakan penilaian. Dari penilaian tersebut kita sebagai pendidik dapat tahu metode mana yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran agar peserta didik dapat terfokus pada pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian pendidik dapat mengetahui ketepatgunaan dari metode itu sendiri.

Sekian, terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Veronika Aprilia 2013053014 -
Selamat siang
Nama : Veronika Aprilia Dasilva
NPM : 2013053014

Izin menjawab pak,saya setuju dengan yang dikatakan oleh pemateri dalam video tersebut bahwa dalam penilaian sebagai seorang pendidik harus menilai secara objektif.Dalam melakukan penilaian pendidik harus tau tujuan dari penilaian tersebut seperti mengetahui kemampuan intelektual yang dimiliki oleh peserta didik.Adapun jenis jenis dari penilaian tersebut adanya tes lisan,tes tertulis,dan tes perbuatan.

Sekian dan Terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Fajrin Hana Hamidah 2013053016 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama : Fajrin Hana Hamidah
Npm : 2013053016

Sebelumnya izin menanggapi video 1 pada pertemuan ke 14 mengenai Penilaian PKN SD

Didalam video tersebut dijelaskan bahwasannya penilaian sangat diperlukan karena akan digunakan untuk dapat mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Penilaian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk dapat membuat sebuah keputusan mengenai hasil pembelajaran dari masing-masing peserta didik serta keberhasilan peserta didik dalam kelas. Dalam hal ini seorang pendidik dalam melakukan penilaian harus mampu menilai peserta didiknya secara objektif, dalam artian pendidik tidak boleh membeda-bedakan antara satu peserta didik dengan peserta didik yang lain. Serta dalam melakukan penilaian pendidik juga harus mampu mengetahui level kemampuan intelektual, keadaan serta karakter peserta didik khususnya dalam kemampuan kognitif, psikomotorik, dan juga afektifnya. Sehingga soal-soal atau latihan yang dapat dikerjakan oleh peserta didik, baik dalam uraian, pilihan ganda disesuaikan dan mengacu pada tingkatan kemampuan serta karakter peserta didik .

Dalam melakukan penilaian program yang telah dibuat disusun berdasarkan RPP dan juga penggunaan metode disesuaikan dengan menggunakan penilaian. Sehingga dalam hal ini akan dapat mengatasi kendala dan juga kesulitan belajar peserta didik dalam mengerjakan soal yang diberikan. Oleh karena itu seorang pendidik harus tanggap dan juga responsif dalam menghadapi kesulitan belajar peserta didik.

Sekian, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Herma Zuliyanti 2013053053 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Herma zuliyanti

Npm : 2013053053

Izin memberikan tanggapan terkait video 1 di atas, di dalam video tersebut pemateri menjelaskan bahwasanya seorang guru itu harus mampu menempatkan peserta didiknya sesuai dengan kemampuan intelektual yang dimiliki jadi setiap peserta didik itu tidak boleh disamaratakan kemampuannya. itu merupakan salah satu dari tujuan pembelajaran PKN di SD. Dan saya setuju dengan apa yang telah disampaikan oleh pemateri tersebut hal itu sangat diperlukan karena ketika akan melakukan sebuah penilaian maka pendidik harus memberikan sebuah tes atau uji coba dari masing-masing peserta didik itu tidak sama artinya harus dilihat dari seberapa kemampuan mereka karena setiap masing-masing peserta didik itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Nah penilaian itu sendiri merupakan sebuah pengukuran kemampuan dari peserta didik yang dilakukan oleh pendidik guna mengetahui seberapa banyak pengetahuan yang telah didapatkan oleh peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.

Mungkin itu saja tanggapan yang dapat saya berikan.Sekian terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Shofia Habibah 2013053040 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Shofia Habibah
NPM : 2013053040
izin menanggapi dan menyimpulkan isi dalam video tersebut, dalam video pemateri menjelaskan bahwa penilaian pada hakikatnya merupakan proses pengambilan keputusan terhadap keberhasilan anak didik, apakah anak didik dapat dinyatakan berhasil atau gagal dalam menguasai suatu keterampilan tertentu. Dalam prosedur dan pelaksanaan penilaian yang dilakukan dengan tidak mengindahkan norma-norma akan berakibat fatal bagi nasib anak didik kita contohnya seperti pendidik harus mampu menilai peserta didiknya secara objektif, dalam artian pendidik tidak boleh membeda-bedakan antara satu peserta didik dengan peserta didik yang lain. Pendidik juga berkehendak mengetahui apakah peserta didiknya telah mengusai proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, orangtua ingin mengetahui sampai sejauh mana anaknya mengalami kemajuan sebagai hasil proses pembelajaran, juga ingin mengetahui sampai sejauh mana tingkat prestasi belajar siswa secara umum, sehingga dapat menyimpulkan kualitas pendidikan yang ada. Keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada kemampuan profesional guru maka, diharapkan guru dapat memilih strategi/metode mengajar yang sesuai dengan kejelasan tuntutan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa sehingga memungkinkan guru dapat melakukan penilaian tentang apakah sebuah kompetensi yang diperlukan benar-benar telah dimiliki siswa atau belum, melalui standar- standar penilaian kompetensi.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabaralatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Wahyu Lestari 2013053023 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Wahyu Lestari
NPM : 2013053023

Izin menanggapi video pertama, saya setuju bahwasannya memang benar penilaian merupakan salah satu hal yang penting dalam menentukan keberhasilan dari suatu pembelajaran secara keseluruhan. Pendidik dalam melakukan penilaian harus dilakukan secara objektif terhadap masing-masing peserta didiknya, serta memahami prinsip penilaian lainnya seperti harus terfokus pada kompetensi, menyeluruh, mendidik, dan terbuka. Selain itu juga sebagai seorang pendidik sudah harus paham karakteristik peserta didiknya dan sejauh mana kemampuan peserta didik tiap individunya. Dalam melakukan penilaian khususnya pada mata pelajaran PKn di SD terdapat beberapa model diantaranya test, non-test, catatan anekdot, sosiometri, dll.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Rissa Ade Kusuma 2013053031 -
Nama : Rissa Ade Kusuma
NPM : 2013053031

Di dalam Vidio yang dibagikan menjelaskan tentang penilian. Dimana sangat setuju sekali Seorang guru harus mampu menilai secara objektif. Karnea itu harus ada prinsip objektif.
penilaian adalah Penilian di pandang sebagai keberhasilan suatu proses Dan hasil pembelajaran bukan hanya Sebagai cara untuk menilai keberhasilan belajar siswa. banyak sekali model-model untuk melakukan penilian. Tujuan, syarat, prinsip, dalam penilian harus di laksanakan dengan baik untuk melihat kemampuan dari siswa itu sendiri. Penilian juga berguna untuk melihat berhasil tidaknya seorang guru dalam melaksanakan prigram-programnya.

Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Sella Agustin Sriwinarti 2013053039 -
Nama : Sella Agustin S
Npm : 2013053039
Izin menanggapi video 1 tentang Penilaian adalah suatu kegiatan untuk membuatkeputusan tentang hasil pembelajaran dari masing-masing siswa serta keberhasilan siswa dalam kelas secara keseluruhan. Penilaian juga merupakan bagian yang integral dalam keseluruhan proses belajar yang harus dipandang sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran bukan hanya sebagai cara untuk menilai keberhasilan belajar siswa. t
Tujuan penilaian sendiri adalah ketika kita menjadi guru atau pendidik di SD maka kita harus mengetahui kedudukan siswa itu level kemampuan intelektualnya itu sudah sampai mana,serta keadaan serta karakter peserta didik khususnya dalam kemampuan kognitif, psikomotorik, dan juga afektifnya. Dan salah satu pengukurannya itu menggunakan penilaian itu sendiri. Kemudian ketepatgunaan program dan metode mengajar yang digunakan yang sudah tertera di RPP. Selanjutnya, untuk mengetahui kesulitan kesulitan belajar siswa tertentu.

Fungsi penilaian sendiri adalah sebagai bahan diagnosis dan pengembangan, bahan seleksi, sebagai bahan pertimbangan kenaikan kelas, bahan pertimbangan untuk penempatan.

Syarat penilaian yang baik adalan dilihat dari validitas,reabilitas, dan kepraktisan.

Prinsip penilaian yang baik yaitu objektif,terfokus pada kompetensi, menyeluruh (komprehensif), mendidik, terbuka.
Model-Model Alat Penilaian PKn SD meliputi Test,Non-test, Model Penilaian Catatan Anekdot, Model Penilaian Cocok, Model Penilaian Skala Bertingkat (Numerical Rating Scale), Model Penilaian Sosiometri, Model Penilaian Pedoman Wawancara (Interview), Model Penilaian Daftar Baik Buruk, dan Model Penilaian Daftar Tingkat Urutan.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Khairunnisa aulia 2013053025 -
Nama : Khairunnisa Aulia
Npm : 2013053025

Izin menanggapi terkait video 1 tentang "Penilaian PKN SD", Penilaian dalam pendidikan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan berdasarkan standar kompetensi yang kemudian diperluas menjadi kompetensi dasar, penilaian juga dilakukan secara terstruktur, mempunyai jangka waktu untuk mengamati keberhasilan dan pencapaian peserta didik. Untuk pengelolaan penilaian di SD dalam mata pelajaran PKN dapat disimpulkan bahwa pengelolaan nilai hasil belajar bersumber dari pengolahan nilai aspek pengetahuan, aspek ketrampilan dan aspek sikap yang diperoleh dengan menggunakan berbagai instrumen.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Salwa Faadhila Barmuranbi 2013053052 -
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama: Salwa Faadhila Barmuranbi
NPM: 2013053052
Kelas: 5E

Izin memberikan tanggapan terhadap video 1 bahwasanya saya setuju dengan pendapat yang disampaikan di dalam video tersebut. Penilaian merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran, karena dengan dilakukan penilaian maka dapat terukur berhasil atau tidaknya pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dalam melakukan penilaian pun seorang pendidik haruslah objektif, maksudnya ialah tidak boleh membeda-bedakan antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya. Jadi harus disamaratakan proses penilainnya secara objektif dan adil. Sebagai seorang pendidik harus bisa mengetahui karakteristik masing-masing peserta didiknya, dengan begitu maka pendidik dapat mengetahui tingkat intelektual yang dimiliki oleh peserta didiknya. Hal tersebut tentunya memudahkan pendidik dalam melakukan penilaian. Penilaian yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik khususnya dalam pembelajaran PKn seperti penilaian tes tertulis, tes perbuatan, tes lisan, dan nontes. Dalam melakukan penilaian pun seorang pendidik harus berpedoman pada langkah-langkah pengembangan penilaian. Yaitu harus menyusun spesifik tes, menentukan KD yang diukur, menyusun kisi-kisi tes, menulis tes, menulis soal tes, menelaah tes, melakukan uji coba tes, menganalisis butir soal, memperbaiki soal tes, merakit tes, melaksanakan tes, dan yang terakhir menganalisis hasil tes yang telah dilaksanakan.

Sekian dan terima kasih,
Wassalamualaikum Wr. Wb
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Jessica Rindiani 2013053021 -
Assalammualaikum wr.wb
Nama : Jessica Rindiani
NPM : 2013053021
Izin menanggapi video 1
pada dasarnya penilaian diperlukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dalam pembelajaran dan juga mengetahui kemampuan intelektual nya dengan memperhatikan keadaan dan karakteristik peserta didik nya, untuk mengetahui kesulitan kesulitan belajar yang dialami atau mengetahui ketepatgunaan metode yg digunakan bisa dilakukan dengan cara memberikan soal soal, sehinggal pendidik dapat mengetahui informasi selama pembelajaran yang nanti nya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan yaitu dengan penilaian secara objektif dan penilaian yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik dalam pembelajaran PKn yaitu seperti penilaian tes tertulis, tes perbuatan, tes lisan, dan nontes.

sekian terima kasih
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Sofi Cahya Fitri 2013053028 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Nama : Sofi Cahya Fitri
Npm : 2013053028

Izin menanggapi dari Vidio pertama yang di tayangkan.
Menurut saya dari Vidio tersebut sangat bagus dan sangat lengkap karena berisikan penengai apa itu penilaian, tujuan penulisan, aspek penilaian, cara penilaian yang baik dan sebagainya. Selanjut nya saya setuju dengan salah satu pendapat pada bagian penilaian yang objektif yang maksudnya adalah dimana penilaian yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik itu tidak memandang dari latar belakang peserta didik tersebut di samping itu pula di perlukan nilai menyeluruh yang maksudnya adalah di mana penilaian di lakukan secara adil sesuai dengan pemberian tugas dan apa saja yang digunakan pendidik untuk menilai peserta didik hingga menghasilkan nilai akhir yang akurat dari semua peserta didik. Di samping itu juga saya setuju dengan instrumen dari penilaian PKN diantara nya adalah meliputi tes tertulis , tes lisan dan tes perbuatan. Dari tes tertulis kita mengetahui seberapa rapih dari peserta didik itu mengerjakan soal, dari tes lisan pendidik dapat mengetahui pengetahuan peserta didik dari pengetahuan yang dimiliki dengan cara mempelajari dan dari tes perbuatan pendidik dapat mengetahui cara perilaku, sikap dan watak peserta didik dalam kehidupan sehari hari selama proses pelajaran berlangsung.

Sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Desvi Lenais Putri 2013053010 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Desvi Lenais Putri
NPM : 2013053010

Izin menjawab: poin yang saya ambil dari penjabaran materi oleh pemateri adalah dalam prosedur dan pelaksanaan penilaian yang dilakukan dengan tidak mengindahkan norma-norma akan berakibat fatal bagi nasib anak didik kita contohnya seperti pendidik harus mampu menilai peserta didiknya secara objektif, dalam artian pendidik tidak boleh membeda-bedakan antara satu peserta didik dengan peserta didik yang lain. Dan saya setuju dengan apa yang telah disampaikan oleh pemateri tersebut hal itu sangat diperlukan karena ketika akan melakukan sebuah penilaian maka pendidik harus memberikan sebuah tes atau uji coba dari masing-masing peserta didik itu tidak sama artinya harus dilihat dari seberapa kemampuan mereka karena setiap masing-masing peserta didik itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada kemampuan profesional guru maka, diharapkan guru dapat memilih strategi/metode mengajar yang sesuai dengan kejelasan tuntutan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa.

Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Novita Sari -
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Nama : Novita Sari
Npm : 2013053029
Kelas : 5 E

Izin menanggapi,terkait vidio mengenai penilaian PKN SD bahwasannya saya setuju pada dasarnya penilaian itu sendiri sangat penting diperlukan untuk dapat mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dalam suatu pembelajaran.sehingga tujuan dari penilaian itu sendiri (1)dapat mengetahui kedudukan siswa dalam kelompok kelasnya, artinya ketika menjadi seorang pendidik khususnya di sekolah dasar pendidik harus mengetahui kedudukan siswa itu levelnya/kemampuan intelektual anak tersebut sampai mana,(2)mengetahui ketepatgunaan program dan metode mengajar yang digunakan,(3)mengetahui kesulitan kesulitan dalam belajar siswa,(4)memperoleh informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan atau pembuatan laporan.kemudian aspek aspek yang di nilai dalam PKN terdiri dari aspek kognitif(pengetahuan,pemahaman,penerapan,analisis, sistasis,dan evaluasi) ,aspek afektif(attending,responding,valuing,organization,dan charactizhation by value or value complec. Instrumen penilaian pkn juga terdiri dari instrumen penilaian tes, tes tertulis, tes lisan, tes perbuatan.selain itu juga ada beberapa prinsip penilaian yang baik dalam menilai seperti objektif, terfokus pada kompetensi, menyeluruh, terdidik, dan terbuka.

Sekian terimakasih
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Shela Febriani 2013053032 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Shela Febriani
NPM : 2013053032
Kelas : 5E
Izin menanggapi video yang telah disajikan,
Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Hal ini menyangkut beberapa hal diantaranya yaitu :
1. Tujuan penilaian, contohnya : Mengetahui kedudukan siswa dalam kelompok kelasnya
2. Fungsi penilaian, contohnya : Sebagai bahan seleksi
3. Aspek yang dinilai dalam PKn, contohnya : Aspek kognitif (pengetahuan, pemahaman dan penerapan)
4. Prinsip penilaian yang baik, contohnya : terbuka, obyektif, fokus pada kompetensi dan tentunya mendidik.
5. Instrumen penilaian, contohnya : tes tertulis, tes lisan dan tes perbuatan. Instrumen penilaian nontes yaitu, skala sikap, checklist, quesioner, catatan harian dan portofolio.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Astrit Ardiana Lestari 2013053055 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarabarakatuh
Nama : Astrit Ardiana Lestari
Npm : 2013053055
Kelas : 5E

Izin menanggapi pak, saya setuju dengan apa yang telah disampaikan dalam vidio ke-1 bahwasannya dalam proses pembelajaran seorang pendidik harus dapat melakukan penilaian secara objektif, artinya pendidik tidak boleh membeda-bedakan antara peserta didik satu dengan peserta didik yang lain. Seperti yang sudah diucapkan oleh pemateri di dalam vidio bahwa di sekolah dasar, seorang pendidik harus paham mengenai kedudukan kemampuan intelektual dari siswanya yaitu ada di level kemampuan mana, yang dimana untuk mengetahui hal tersebut pendidik bisa melakukan suatu penilaian. Dalam melakukan penilaian pendidik juga harus memahami bagaimana kondisi dan karakteristik dari peserta didiknya. Hal ini dilakukan agar materi, soal-soal, ataupun latihan yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik dapat disesuaikan dan harapannya mampu meningkatkan kemampuan dari peserta didik itu sendiri.


Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Azzahra addinu nayla 2013053037 -
Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
Nama : Azzahra Addinu Nayla
NPM : 2013053037

Izin menanggapi vidio pertama,

Penilaian adalah suatu kegiatan untuk membuatkeputusan tentang hasil pembelajaran dari masing-masing siswa serta keberhasilan siswa dalam kelas secara keseluruhan. Penilaian juga merupakan bagian yang integral dalam keseluruhan proses belajar yang harus dipandang sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran bukan hanya sebagai cara untuk menilai keberhasilan belajar siswa. Pendidik dalam melakukan penilaian harus dilakukan secara objektif terhadap masing-masing peserta didiknya, serta memahami prinsip penilaian lainnya seperti harus terfokus pada kompetensi, menyeluruh, mendidik, dan terbuka. Selain itu juga sebagai seorang pendidik sudah harus paham karakteristik peserta didiknya dan sejauh mana kemampuan peserta didik tiap individunya. Dalam melakukan penilaian khususnya pada mata pelajaran PKn di SD terdapat beberapa model diantaranya test, non-test, catatan anekdot, sosiometri, dll.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Faula Firmayasari 2013053056 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Faula Firmayasari
Npm : 2013053056

Izin menanggapi berdasarkan video 1 tentang penilaian Pkn SD, penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Di dalam video pembicara mengatakan bahwa penilaian sangat diperlukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Saya juga sangat setuju dengan pendapat pembicara bahwa sebagai seorang pendidik harus mampu menilai secara objektif tidak boleh membedaka-bedakan dan harus bersikap adil agar tidak terjadi penilaian sepihak dan penilaian harus dilakukan secara adil kepada seluruh peserta didik. Pembicara menjelaskan mengenai pengertian dari penilaian, tujuan penilaian, fungsi penilaian. Ada berbagai macam aspek-aspek yang dinilai dalam Pkn yaitu:
1. Aspek kognitif (knowledge, comprehension, application, analysis,synthesis, evaluation)
2. Aspek afektif (receiving, responding, valuing, organization, characterization by value or value complex).
Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Puja Lestari 2013053011 -
Nama : Puja Lestari
Npm : 2013053011
Izin menanggapi terkait video 1, benar sekali bahwasannya dalam penilaian itu pendidik harus terlebih dahulu memahami bagaimana karakteristik peserta didik nya, bagaimana cara belajarnya serta bagaimana cara mereka memahami sesuatu dengan baik. Pendidik harus membuat metode-metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pada dasarnya peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, dengan demikian pendidik bisa menilai baik dari cara mereka belajar, mengingat, bagaimana sikap mereka serta cara mereka bekerja sama dengan temannya. Selain itu juga, penilaian yang baik mencakup prinsip obyektif, terfokus pada kompetensi, secara menyeluruh, mendidik dan terbuka.
Sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Ninda Nirmala Septiani 2013053047 -
Nama : Ninda Nirmala Septiani
Npm : 2013053047
Kelas : 5E

Izin menanggapi pak, dalam video 1 dijelaskan materi mengenai penilaian PKn SD, disampaikan oleh pemateri bahwa pada dasarnya penilaian itu sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Pengertian penilaian itu sendiri dapat dijelaskan yaitu suatu kegiatan membuat keputusan tentang hasil pembelajaran, siswa dalam kelas secara keseluruhan. Penilaian juga merupakan indikator keberhasilan guru dalam proses pembelajaran (Supratiningsih dan Suharja, 2006). Seorang guru harus mampu menilai secara objektif dan tidak membedakan. Tujuan penilaian itu digunakan bagi guru untuk mengetahui kedudukan siswa atau kemampuan intelektual peserta didik itu sampai mana, mengetahui ketepatan media/metode saat mengajar, mengetahui kesulitan belajar, memperoleh informasi sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan pembuatan laporan. Fungsi penilaian itu sendiri yaitu sebagai bahan pengembangan, bahan seleksi, bahan pertimbangan kenaikan kelas, dan bahan pertimbangan kejenjang berikutnya. Oleh karena itu, sebagai pendidik seharusnya kita dapat memberikan penilaian yang baik kepada peserta didik, serta memberikan penilaian yang objektif, dan sesuai dengan apa yang telah di capai oleh peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Gita Putri Anjali 2013053035 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Putri Anjali
NPM : 2013053035

Izin menanggapi terkait video 1, yang dimana dalam video tersebut si pemateri menyampaikan bahwasanya penilaian sendiri sangat penting untuk dilakukan guna mengukur tingkat keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran atau sebagai indikator keberhasilan seorang pendidik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam hal sebagai seorang pendidik itu harus bisa melakukan penilaian terhadap peserta didik secara objektif yang dimana tidak boleh membeda-bedakan, maksudnya seorang pendidik itu dalam menilai tingkat keberhasilan peserta didik baik itu pengetahuan, keterampilan maupun kognitif tidak boleh membandingkan peserta didiknya, karena biasanya ada pendidik yang pilih kasih terhadap peserta didik yang itu akan membuat peserta didik merasa tidak mendapatkan keadilan dalam hal penilaian yang diberikan oleh pendidik. Jadi intinya yang disampaikan oleh pemateri itu dalam mengukur tingkat keberhasilan peserta didik maka pendidik bisa melakukan misalnya dengan memberikan tes baik itu secara lisan maupun tulisan, maka dengan itu pendidik bisa mengukur sejauh mana tingkat kemampuan peserta didik dalam belajar karena kita tidak semua peserta didik itu mempunyai kemampuan yang sama Jadi dengan melakukan tes tersebut bisa dilihat peserta didik mana yang berhasil dan mana yang belum berhasil.

Sekian dan terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Rizkina Anggraini Wijaya 2013053020 -
Nama : Rizkina Anggraini Wijaya
Npm : 2013053020

Izin menanggapi pak mengenai video pertama, saya setuju dengan pemateri yang ada dalam video bahwa memang benar penilaian itu merupakan salah satu hal yang penting dalam menentukan keberhasilan dari suatu pembelajaran secara keseluruhan.
Dimana seorang pendidik dalam melakukan penilaian harus dilakukan secara objektif terhadap masing-masing peserta didiknya, serta memahami prinsip penilaian lainnya seperti harus terfokus pada kompetensi, menyeluruh, mendidik, dan terbuka, dalam memberikan penilaian terhadap peserta didik seorang pendidik juga tidak boleh membeda-bedakan antara satu siswa dengan siswa lainnya. Selain itu juga sebagai seorang pendidik sudah harus paham mengenai karakteristik peserta didiknya dan sejauh mana kemampuan peserta didik pada tiap individunya. Dalam melakukan penilaian khususnya pada mata pelajaran PKn di SD terdapat beberapa prinsip dan model diantaranya :
Prinsip penilaian yang baik yaitu objektif,terfokus pada kompetensi, menyeluruh (komprehensif), mendidik, terbuka.
Model-Model Alat Penilaian PKn SD meliputi Test,Non-test, Model Penilaian Catatan Anekdot, Model Penilaian Cocok, Model Penilaian Skala Bertingkat (Numerical Rating Scale), Model Penilaian Sosiometri, Model Penilaian Pedoman Wawancara (Interview), Model Penilaian Daftar Baik Buruk, dan Model Penilaian Daftar Tingkat Urutan.

Sekian terimakasih 
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Siska Siska Wulandari -
Nama: Siska Wulandari
NPM : 2013053001
izin menanggapi atau menambahkan sedikit tentang materi yang dijelaskan dalam video,
Didalam video tersebut, pemateri menjelaskan bahwasanya prinsip penilaian yang baik harus obyektif yang mana artinya penilaian dilaksanakan secara adil dan tidak pandang bulu. mungkin yang dimaksudkan disini adalah terhadap siapapun, standar penilaian yang digunakan guru harus sama. Misalnya, untuk soal kapan Indonesia merdeka jawaban yang benar adalah tanggal 17 Agustus 1945. Siapa pun siswa yang menjawab benar, wajib sifatnya untuk dibenarkan. Akan tetapi, kalau jawabannya salah maka wajib juga disalahkan, meskipun ia keponakan atau anak tetangga guru tersebut. Dengan demikian, prinsip objektif berlaku untuk semua siswa.
sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Indah Aprilia Akmal 2013053033 -
Assalamualaikum wr wb,

Nama : Indah Aprilia Akmal
NPM : 2013053033
Kelas : 5E

Izin menanggapi mengenai video yg 1 pak,
menurut saya, penilaian sangat diperlukan karena akan digunakan untuk dapat mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Dalam melakukan penilaian seorang pendidik haruslah objektif dan adil. Penilaian yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik khususnya dalam pembelajaran PKn seperti penilaian tes tertulis, tes perbuatan, tes lisan, dan nontes.

Terima kasih,
Wassalamualaikum wr wb.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Eni Annisa 2013053045 -
Nama : Eni Annisa
Npm : 20130503045
Izin menanggapi pada video pertama saya setuju karena dengan penilaian, guru dapat mengetahui keberhasilan pencapaian tujuan, penguasaan peserta didik terhadap pelajaran, serta ketepatan atau keefektifan metode mengajar. Suatu penilaian haruslah bersifat adil dan objektif. Penilaian yang adil dan objektif dapat memberikan informasi yang tepat terkait kemajuan belajar peserta didik, sebagai bahan mendiagnosa kesulitan belajar dan merangsangnya melakukan usaha perbaikan.
Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by ELSYAH KURNIA 2013053044 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri, saya
Nama: Elsyah Kurnia
Npm: 2013053044

Izin menanggapi dan mereview video 1 pada pertemuan 14 ini.
Pada video tersebut dijelaskan bahwa penilaian biasa dijadikan tolak ukur pendidik terhadap pengetahuan atau keberhasilan peserta didik. Penilaian juga harus dilakukan secara objektif. Dengan adanya penilaian, maka pendidik dapat mengetahui tindakan apa yang sebaiknya dilakukan, jika hasil pembelajaran kurang maka diperbaiki dan jika sudah bagus maka dipertahankan atau ditingkatkan. Untuk melakukan penilaian, pendidik dapat menggunakan berbagai cara yang tepat dan disesuaikan dengan materi ajar dan kebutuhan pendidik serta peserta didik. Penilaian bukan semata-mata hanya mengenai pengetahuan kognitif saja, tetapi juga pengetahuan afektif peserta didik. Penilaian yang dilakukan tidak dapat dilakukan secara sembarangan, tetapi harus disesuaikan dengan standar yang ada.

Terima kasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Dinda Ayu Muslimah 2013053009 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dinda Ayu Muslimah
NPM : 2013053009

Izin menanggapi video pertama yaitu mengenai prinsip penilaian yang baik yaitu penilaian yang obyektif, terfokus pada kompetensi, menyeluruh (komprehensif), mendidik, dan terbuka. Saya setuju dengan apa yang sudah dipaparkan bahwa pada saat penilaian, pendidik tidak boleh membedakan atau menganak emaskan peserta didik tertentu. Seperti membedakan peserta didik berdasarkan fisik atau memperlakukan baik hanya pada peserta didik yang pintar. Hal ini tidak boleh dilakukan karena setiap peserta didik memiliki kemampuan berfikir yang berbeda-beda, ada yang cepat tangkap dan lambat memahami sesuatu. Untuk itu, pendidik harus bersikap adil dan membimbing peserta didik dengan baik selama penilaian. Selain itu, penilaian juga harus bersifat terbuka atau transparan, agar peserta didik tau dimana letak kesalahannya dan bisa jadi pembelajaran bagi mereka kedepannya.

Terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Mu'tas Ulil Absor 2013053038 -
Nama : Mu'tas Ulil Absor
Npm : 2013053038
Kelas : 5E

Izin menanggapi terkait materi yang sudah di sampaikan didalam video tersebut Bapak, saya setuju dengan pernyataan beliau bahwa penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Untuk pengelolaan penilaian di SD pada makalah video tersebut banyak sekali yang sudah disampaikan, sehingganya dapat disimpulkan bahwa pengelolaan nilai hasil belajar bersumber dari pengolahan nilai aspek pengetahuan, aspek ketrampilan dan aspek sikap yang diperoleh dengan menggunakan instrumen: (1) observasi; (2) Penilaian diri sendiri; (3) Penilaian antarteman; dan (4) Jurnal catatan guru. Tetapi dalam pengolahan nilai yang akan diisikan pada buku rapor, penilaian diri sendiri dan penilaian antarteman hanya digunakan sebagai bahan konfirmasi. kemudian aspek aspek yang di nilai dalam PKN terdiri dari aspek kognitif(pengetahuan,pemahaman,penerapan,analisis, sistasis,dan evaluasi) ,aspek afektif(attending,responding,valuing,organization,dan charactizhation by value or value complec. Instrumen penilaian pkn juga terdiri dari instrumen penilaian tes, tes tertulis, tes lisan, tes perbuatan.selain itu juga ada beberapa prinsip penilaian yang baik dalam menilai seperti objektif, terfokus pada kompetensi, menyeluruh, terdidik, dan terbuka.

Sekian dan Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Nurma yunita 2013053024 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Nurma Yunita
Npm : 2013053024
Izin menanggapi terkait video 1 bahwa penilaian bagi peserta didik merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah pembelajaran dan video diatas didapatkan bahwa penilaian memiliki peran yang sangat penting dari sebuah pembelajaran, dimana terdapat 4 tujuan penilaian :
1. Mengetahui kedudukan peserta didik dalam kelompok kelasnya
2. Mengetahui ketepat gunaan program dan metode mengajar yang dilakukan
3. Mengetahui kesulitan kesulitan belajar peserta didik tertentu
4. Dapet memperoleh informasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan atau pembuatan laporan. Contohnya seperti penilaian akhir semester
Serta fungsi penilaian yaitu sebagai bahan diagnosis dan pengembangan, sebagai bahan seleksi, bahan pertimbangan kenaikan kelas, bahan pertimbangan untuk penempatan. Syarat penilaian yang baik yaitu validitas, realibilitas, dan kepraktisan. Sedangkan prinsip penilaian yang baik yaitu obyektif, terfokus pada komponen, menyeluruh, mendidik dan terbuka. Instrumen dalam penilaian PKN SD yaitu (1) Instrumen penilaian tes (tes tertulis, tes lisan, dan tes perbuatan) (2) Instrumen penilaian non tes meliputi skala sikap, check list, quesioner, catatan harian dan portofolio.

Prinsip-prinsip penilaian kelas yaitu :
1. Valid
2. Mendidik
3. Berorientasi pada kompetensi
4. Adil dan objektif
5. Terbuka
6. Berkesinambungan
7. Menyeluruh
8. Bermakna
9. Penilaian berbasis kelas pada mata pelajaran PKn meliputi 3 ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.
Hal tersebut harus benar benar diperhatikan dalam penilaian kelas, tidak serta merta membuat penilaian dengan sembarang apalagi dalam penilaian harus bersifat objektif.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Lidya Fransiska 2013053015 -
Nama: lidya fransiska
Npm: 2013053015
Tabggapan saya mengenai vidio 1 diatas aadalah saya setuju bahwa Penilaian yang merupakan proses pengambilan keputusan terhadap kebrhasilan anak didik , apakah anak didik dinyatakan berhasil atau gagal dalam menguasai suatu keterampilan tertentu. Penilaian tebtunya dilakukan dengan tahapan-tahapan dan Penilaian dalam pendidikan juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan berdasarkan standar kompetensi yang kemudian diperluas menjadi kompetensi dasar, penilaian juga dilakukan secara terstruktur, mempunyai jangka waktu untuk mengamati keberhasilan dan pencapaian peserta didik.
Tambahan dari saya yaitu mengenai Nilai yang terdapat dalam pendidikan kewarganegaraan yaitu nilai religiusitas, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kapedulian, demokratis, nasionalis, kepatuhan terhadap aturan sosial, menghargai keberagaman, sadar akan hak dan kawajiban diri dan orang lain. Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Hanifa Cahaya Putri 2013053042 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Hanifa Cahaya Putri
NPM: 2013053042
Kelas: 5E

Izin menanggapi dan menambahkan sedikit pada video 1 tentang "Penilaian PKn SD". Sebelumnya saya sangat setuju apa yang telah dipaparkan pemateri dalam video tersebut. Penilaian dalam pendidikan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan berdasarkan standar kompetensi yang kemudian diperluas menjadi kompetensi dasar, penilaian juga dilakukan secara terstruktur, mempunyai jangka waktu untuk mengamati keberhasilan dan pencapaian peserta didik , dalam pembelajaran juga proses penilaian dapat guru lakukan untuk melihat sampai mana keberhasilan belajar siswa. Proses penilaian meliputi serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh, menganalisis, serta menafsirkan informasi hasil belajar siswa.

Bagi siswa, melalui proses penilaian siswa bisa mengetahui sejauh mana keberhasilannya dalam mengikuti pelajaran yang diberikan guru. Dari hasil yang diperoleh, ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu di mana nilai tersebut memuaskan atau tidak memuaskan. Sedangkan bagi guru, dari proses penilaian, guru bisa mengetahui sampai mana siswa bisa memahami dan menguasai pelajaran. Selain itu, proses penilaian juga bisa memberikan gambaran apakah materi yang diajarkan dan metode pembelajaran yang digunakan sudah tepat untuk siswa.

Sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Desni Lia Pramesti 2013053057 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Desni Lia Pramesti
Npm : 2013053057

Izin menanggapi Pak, mengenai video 1 pada hakikatnya penilaian merupakan sesuatu yang penting dalam suatu proses pembelajaran disekolah. Penilaian dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan dari peserta didik, penilaian juga bertujuan untuk mengukur suatu keberhasilan program pembelajaran yang dilakukan, penilaian yang baik adalah penilaian yang benar-benar mengukur secara murni kemampuan peserta didik tanpa adanya campur tangan dari pihak manapun. Penilaian dilakukan dengan beberapa cara dan harus sesuai dengan prinsip prinsip penilaian yang telah ditetapkan.

Sekian terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Hanifatun Nabila -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Hanifatun Nabila
NPM : 2013053012
Izin menanggapi pak tekait video diatas,

Video diatas memaparkan mengenai penilaian pembelajaran PKN Sd. Dimana saya terfokus pada pembahasan prinsip penilaian yang baik. Saya setuju bahwa penilaian yang baik itu harus obyektif, terfokus pada kompetensi, menyeluruh, mendidik dan terbuka. Dengan kelima prinsip ini maka penilaian akan terasa mudah dan tidak ada yang direkayasa. Siswa akan merasa puas jika penilaian itu mereka ketahui, maksutnya mereka akan paham dimana letak kekurangan mereka. Pada saat pembelajaran juga harus ditekankan bahwa setiap aktivitas suswa itu dinilai dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dari pemberitahuan itu maka siswa akan berfikir bagaimana mendapatkan nilai yang baik. Kemudian penilaiannya juga harus sesuai kompetensi yang mereka kuasai, jangan sampai asal memberikan nilai, sehingga siswa berfikiran tidak belajar pun mereka akan mendapat nilai.

Sekian pendapat dari saya pak wasaalamu'alaikum wahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum menanggapi video 1

by Fitrya Dwi Rahmadhani -
Assalamualaikum Wr Wb.
Nama: Fitrya Dwi Rahmadhani
NPM: 2013053026

Izin menanggapi terkait video 1 yang berjudul "Penilaian PKn SD". Berdasarkan materi yang dijabarkan di dalam video tersebut, kesimpulan yang dapat saya tarik adalah sistem penilaian secara signifikan memengaruhi pembelajaran baik dari segi proses maupun hasil.
Hal itu dikarenakan dengan sistem penilaian kita bisa mengetahui kedudukan siswa dalam kelompok kelas, mengetahui ketepatgunaan program dan metode mengajar yang digunakan, mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa tertentu, memperoleh informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan atau pembuatan laporan. Dengan demikian sistem penilaian dapat menjadi sarana evaluasi bagi guru terkait metode dan hasil pengajarannya sudah tepat atau belum, dan menjadi evaluasi bagi murid agar dapat mengetahui kesulitan dan kekurangan yang dimiliki agar dapat dibenahi kedepannya.

Sekian, Terimakasih.