Tugas 3

Tugas 3

Number of replies: 29

mahasiswa berikan tanggapan terkait bagaimana pentingnya sekolah menciptkan ekstrakulikuler dokter kecil disekolah apa fungsi dan manfaatnya bagi siswa sekolah dasar. bagaimana jika kalian ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang kalian akan berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya.

In reply to First post

Re: Tugas 3

by Rani Khoerul Hidayah -
Nama : Rani Khoerul Hidayah
NPM : 1913053081
No. Absen : 24
Kelas : 6E

Izin menanggapi, Menurut Departemen Pendidikan Nasional (2013 : 1), tujuan dokter
kecil adalah agar murid dapat menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat. Agar siswa dapat membina teman-temannya dan berperan
sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan kesehatan terhadap diri
masing-masing. Agar siswa dapat membantu guru, keluarga, dan masyarakat
di sekolah dan di luar sekolah. Sedangkan Menurut Handrawan Nadesul (2007 :21), manfaat dokter kecil bagi
dokter kecil itu sendiri yaitu meningkatnya pengetahuan, sikap dan perilaku
hidup bersih dan sehat, bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong
hidup sehat bagi kawan-kawannya, memiliki rasa kepedulian sosial, untuk
siswa lainnya yaitu ikut tergerak dan terbiasa berperilaku hidup bersih dan
sehat. Bagi guru di sekolah manfaat adanya dokter kecil yaitu untuk
meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugaskesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan
sekolah, sedangkan bagi orang tua didik dapat meningkatkan kesadaran orang
tua dalam berperilaku hidup bersih dan sehat bagi diri sendiri, keluarga dan
lingkungannya serta mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan
peningkatan kesehatan anak sekolah. Manfaatnya bagi masyarakat agar masyarakat tergerak untuk hidup bersih dan sehat dan akhirnya akan
berdampak pada meningkatnya kualitas hidup sehingga dapat menurunkan
angka kesakitan dan kematian.

Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil, maka saya akan Menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal dilanjutkan dengan Tahap Pemberian materi, Lalu Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas.

Materi yang diberikan yaitu materi inti. Sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi
pelatihan Dokter Kecil meliputi materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti : kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi
penunjang untuk membangun komitmen belajar siswa.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Helvara Oktariyani -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Helvara Oktariyani
Npm : 1913053114
Kelas : 6 E
Izin menanggapi, Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Dokter kecil merupakan istilah yang sering dikenal di lingkungan sekolah dasar. 

Kegiatan dokter kecil di UKS yaitu membantu kegiatan- kegiatan UKS (menjaga ruang UKS), memberi pertolongan pertama pada siswa yang sakit (Martunus, 2013).

Tugas dan Kewajiban Dokter Kecil : Selalu bersikap dan berperilaku sehat sehingga dapat menjadi contoh bagi temen-temennya. Dapat menggerakkan sesame teman untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah dan di rumah.

Jika saya ditunjuk ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan saya berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya yang pertama yaitu ketika melakuan pelatihan terhadap siswa maka saya akan menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu
1. Tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal
2. Tahap Pemberian materi,
3. Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas.

Materi yang diberikan yaitu materi inti. Sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi pelatihan Dokter Kecil meliputi Materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti : kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi penunjang untuk membangun komitmen belajar siswa.

Dan dalam melaksanakan tugas sy sebagai pembina dokter kecil saya akan melaksanakan tujuan dari tugas saya yang meliputi:
1) meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada siswa; 
2) memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana;
3) bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya;
4) memiliki rasa kepedulian sosial; 
5) meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya pendampingan dokter kecil saya sebagai pembinanya adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya, serta siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

Terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh. 
In reply to First post

Re: Tugas 3

by ari puspita -
nama : ari puspita
npm : 1913053109
kelas : 6e
Izin memberikan tanggapan.
Dokter kecil atau biasanya disingkat dokcil merupakan ekstrakurikuler pada tingkat sekolah dasar.
Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.
program tersebut biasanya memang diadakan oleh dinas pendidikan setempat yang bekerja sama dengan unit pelayanan kesehatan masyarakat.
Anak-anak yang terpilih menjadi dokter kecil biasanya dilatih untuk berpartisipasi maupun mendorong teman-temannya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.
Kegiatan dokter kecil
1. Menggerakkan dan membimbing teman melaksanakan.
a. Pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi.
b. Pengukuran Tinggi Badan dan Berat badan.
c. Penyuluhan Kesehatan.
2. Membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan kesehatan di sekolah , antara lain :
a. Distribusi obat cacing, vitamin dan lain-lain.
b. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
c. Pertolongan Pertama Pada Penyakit.
3. Pengenalan dini tanda-tanda penyakit.
4. Pengamatan kebersihan Ruang UKS , warung sekolah dan lingkungan sekolah.
5. Pengamatan kebersihan di sekolah separti halaman sekolah, ruang kelas , perlengkapan, persediaan air bersih, tempat cuci, WC,kamar mandi, tempat sampah dan saluran pembuangan termasuk PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).
6. Pencatatan dan pelaporan, antara lain Buku harian Dokter Kecil.
7. Melaporkan hal-hal khusus yang ditemuinya kepada guru UKS / Kepala Sekolah / Guru yang ditunjuk.

Manfaat dari pendampingan dokter kecil meliputi: 1) meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat; 2) memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan
kesehatan sederhana; 3) bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya; 4)memiliki rasa kepedulian sosial; 5) meningkatkan kerjasama
antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dengan
pendampingan dokter kecil adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan
lingkungannya, serta siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.
Keberadaan UKS yang sehat beserta peralatan penunjangnya serta pendampingan dokter kecil merupakan
merupakan solusi yang baik bagi pihak sekolah dan siswanya untuk mencapai kesehatan yang optimal bagi dirinya sendiri dan lingkungannya.
Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil, maka saya akan Menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal dilanjutkan dengan Tahap Pemberian materi, Lalu Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas.

Materi yang diberikan yaitu materi inti. Sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi
pelatihan Dokter Kecil meliputi materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti : kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi penunjang untuk membangun komitmen belajar siswa.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Sri Munjiati -
Nama : Sri Munjiati
Npm : 1913053078
Kelas : Semester 6E
Izin menanggapi, Dokter kecil atau biasanya disingkat dokcil merupakan ekstrakurikuler pada tingkat sekolah dasar. Program tersebut biasanya memang diadakan oleh dinas pendidikan setempat yang bekerja sama dengan unit pelayanan kesehatan masyarakat.
Anak-anak yang terpilih menjadi dokter kecil biasanya dilatih untuk berpartisipasi maupun mendorong teman-temannya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.

Kegiatan dokter kecil di UKS yaitu membantu kegiatan- kegiatan UKS (menjaga ruang UKS), memberi pertolongan pertama pada siswa yang sakit (Martunus, 2013).

Tugas dan Kewajiban Dokter Kecil : Selalu bersikap dan berperilaku sehat sehingga dapat menjadi contoh bagi temen-temennya. Dapat menggerakkan sesame teman untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah dan di rumah.

Jika saya ditunjuk ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan saya berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya yang pertama yaitu ketika melakuan pelatihan terhadap siswa maka saya akan menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu
1. Tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal
2. Tahap Pemberian materi,
3. Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Diah Ayu Kumalasari -
Nama : Diah Ayu Kumalasari
NPM : 1913053058
Kelas : 6E
No. Absen : 08

Izin menanggapi, dokter kecil sangat diperlukan di sekolah dasar karena ekstrakulikuler dokter kecil memiliki beberapa manfaat dan tujuan yang dimilikinya.
Manfaat dari kegiatan dokter kecil meliputi: 1) meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat; 2) memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana; 3) bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya; 4) memiliki rasa kepedulian sosial;
Tujuan dibentuknya dokter kecil di sekolah adalah untuk memberikan pertolongan pertama pada teman yang mengalami gaguan kesehatan.

Jika saya menjadi pembina dokter kecil materi yang akan saya berikan yaitu
1. Program Trias UKS
2. Perilaku hidup bersih dan sehat
3. Tanaman toga
4. Gejala penyakit.
5. Cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan
6. Cara gizi
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Alfiza Fauziah -
Nama : Alfiza Fauziah
NPM : 1913053107
Absen : 2
Kelas : 6 E

Izin menanggapi, ekstrakulikuler dokter kecil disekolah itu penting, karena dengan adanya dokter kecil ini kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) menjadi lebih hidup dan partisipasi peserta didik dalam peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah.

Dokter kecil atau biasa disingkat “Dokcil” adalah Peserta Didik (siswa sekolah) yang memenuhi kriteria dan telah dilatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

Dengan adanya ekstrakulikuler dokter kecil ini siswa dapat membina teman-temanya dan berperan sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing serta dapat membantu guru, keluarga, masyarakat di sekolah dan di luar sekolah agar tercipta suasana bergairah menjalankan Usaha Kesehatan Sekolah di sekolahnya.

Manfaat dari kegiatan ekstrakulikuler dokter kecil yaitu :
1. Meningkatkan pengetahuan, sikap
dan perilaku hidup bersih dan sehat
2. Memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana
3. Bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya
4. Memiliki rasa kepedulian sosial
5. Meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya ekstrakulikuler dokter kecil adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya, serta siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

Jika saya ditunjuk ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan saya berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya yang pertama yaitu ketika melakukan pelatihan terhadap siswa maka saya akan menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan menggunakan 3 tahap yang terdiri dari : 
1. Tahap pencairan yaitu tahap sebelum pelatihan dimulai. 
2. Tahap Pemberian materi, peserta didik dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan kegiatan Dokter kecil. Materi yang 
diberikan lebih di titik beratkan pada peningkatan pemahaman peserta didik tentang berbagai faktor penyebab penyakit, cara pencegahan dan pertolongan pertama.
3. Tahap konsolidasi merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yang diterima pada tahap pembekalan. Pada tahap ini peserta didik diberikan tugas untuk menanggulangi kasus, menyusun rencana kegiatan pencegahan dan menanggulangi masalah kesehatan di lingkungan sekolah.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Via Inka Eliska 1913053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
Absen : 26

Izin menanggapi mengenai pertanyaan diatas.

1. Dokter kecil sangat penting diterapkan dalam ekstrakurikuler SD karena dengan terbentuknya dokter kecil di sekolah dasar, diharapkan dapat memberi contoh yang baik bagi siswa-siswa lain untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari. Selain itu diharapkan dengan adanya pembinaan dokter kecil di tingkat Sekolah Dasar dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap kebersihan dan kesehatan, dan juga bagi peserta didik yang tergabung dalam dokter kecil dapat menjadi panutan bagi peserta didik lain dalam intervensi kesehatan di sekolah dasar, sehingga pengetahuan dan ilmu yang didapat, dapat disebarkan dan diamalkan oleh sekolah.
2. Fungsi dokter kecil bagi sekolah dasar yaitu meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS, agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya dan siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa, dan orang lain untuk hidup sehat.
Manfaat dokter kecil untuk sekolah tingkat dasar yaitu siswa diharapkan mampu memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh, pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
3. Jika saya ditunjuk sebagai pembina dokter kecil, maka saya akan bersedia dan perlu perbanyak belajar mengenai dunia dokter kecil. Dimulai dari persiapan penguasaan materi, persiapan alat dan bahan yang diperlukan, ruangan nya, dan kerjasama terhadap siswa.
4. Materi yang diberikan berupa materi umum dokter kecil seperti:
A) Dokter kecil
B) Gizi seimbang
C) Jajanan sehat
D) CTPS
E) Imunisasi MR
F) Dokter kecil pemantau jentik
G) Kesehatan gigi mulut
H) Program UKS serta tugas dan fungsi dokter kecil
I) Perilaku hidup bersih dan sehat
J) Penyakit menular langsung dan tidak langsung
K) Tanaman obat keluarga (TOGA)
L) Rokok dan napza
M) Penanggulangan sakit darurat dan P3K
N) Kesehatan indera pendengaran dan penglihatan

Cukup sekian dan terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Lulu Nafisa Sani -
Nama : Lulu Nafisa Sani
Npm : 1913053035
Kelas : 6E

Izin menanggapi pertanyaan yang diberikan menurut saya kegiatan ekstrakurikuler dokter kecil ini penting dilaksanakan di sekolah dasar karena Peserta Didik dapat menambah wawasan tentang melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.
Fungsi dan manfaat adanya ekstrakurikuler dokter kecil ini yaitu meningkatkan Partisipasi peserta didik dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Agar peserta didik dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, rumah dan lingkungannya. Agar peserta didik dapat menolong dirinya sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.
Jika saya menjadi pembina saya akan memberikan materi sebagai berikut:
1. Menggerakkan dan membimbing peserta didik dalam melaksanakan: pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi, pengukuran tinggi badan, berat badan dan penyuluhan kesehatan.
2. Membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanan kesehatan di sekolah.
3. Memperoleh pembekalan materi pelatihan, missal: pengenalan tanda-tanda penyakit, kesehatan lingkungan, dll.
4. Pengamatan kebersihan Ruang UKS, Kantin Sekolah, lingkungan sekolah, dan toilet.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Gita Indah Mustika 1913053007 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
Semester 6B

Izin memberikan tanggapan terkait pentingnya ekstrakurikuler dokter kecil di sekolah, bagaimana fungsi dan manfaat dokter kecil bagi siswa sekolah dasar, serta bagaimana saat menjadi pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan diberikan terkait materi bagi siswa.

Ekstrakurikuler dokter kecil penting untuk diterapkan di sekolah dasar karena adanya ekstrakurikuler dokcil dapat melatih kemampuan peserta didik terkait pengetahuan tentang kesehatan, rasa tanggung jawab, dan sikap tolong menolong

Fungsi dan manfaat dokter kecil bagi siswa yaitu agar dapat meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS, agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya dan siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa, dan orang lain untuk hidup sehat.

Saat menjadi pembina ekstrakurikuler dokcil, hal yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan materi-materi kesehatan seperti gizi seimbang, jajanan sehat, CTPS, PHBS, Dokmantik, menyikat gigi yang benar, dan P3K. Berdasarkan materi-materi kesehatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran diri terhadap kesehatan dan sikap membantu sesama.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Maydhea Priska Ulpama 1953053020 -
Nama: Maydhea Priska Ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21

Izin menanggapi, menurut saya biasanya disingkat dokcil merupakan ekstrakurikuler pada tingkat sekolah dasar. Program tersebut biasanya memang diadakan oleh dinas pendidikan setempat yang bekerja sama dengan unit pelayanan kesehatan masyarakat.
Anak-anak yang terpilih menjadi dokter kecil biasanya dilatih untuk berpartisipasi maupun mendorong teman-temannya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.

Kegiatan dokter kecil di UKS yaitu membantu kegiatan- kegiatan UKS (menjaga ruang UKS), memberi pertolongan pertama pada siswa yang sakit (Martunus, 2013).

Tugas dan Kewajiban Dokter Kecil : Selalu bersikap dan berperilaku sehat sehingga dapat menjadi contoh bagi temen-temennya. Dapat menggerakkan sesame teman untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah dan di rumah.
Jika saya ditunjuk ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan saya berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya yang pertama yaitu ketika melakukan pelatihan terhadap siswa maka saya akan menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan menggunakan 3 tahap yang terdiri dari :
1. Tahap pencairan yaitu tahap sebelum pelatihan dimulai.
2. Tahap Pemberian materi, peserta didik dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan kegiatan Dokter kecil. Materi yang
diberikan lebih di titik beratkan pada peningkatan pemahaman peserta didik tentang berbagai faktor penyebab penyakit, cara pencegahan dan pertolongan pertama.
3. Tahap konsolidasi merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yang diterima pada tahap pembekalan. Pada tahap ini peserta didik diberikan tugas untuk menanggulangi kasus, menyusun rencana kegiatan pencegahan dan menanggulangi masalah kesehatan di lingkungan sekolah.

Sekian, Terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Eka Wulandari 1913053006 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
Kelas: 6B

Izin memberikan tangg terkait bagaimana pentingnya sekolah menciptakan ekstrakulikuler dokter kecil disekolah, fungsi dan manfaatnya bagi siswa sekolah dasar, serta bagaimana sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan berikan terkait materi bagi siswa.
Pentingnya sekolah menciptakan ekstrakurikuler dokter kecil di sekolah.
Sebagai generasi penerus bangsa, penting untuk dilakukan pembinaan terutama dalam hal kesehatan, dimana semakin dini usia akan semakin tertanam dalam diri anak tersebut perilaku yang baik yang dapat dilaksanakan dalam kehidupannya. Dengan terbentuknya doker kecil di sekolah dasar, diharapkan dapat memberi contoh yang baik bagi siswa-siswa lain untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari, dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap kebersihan dan kesehatan, dan juga bagi peserta didik yang tergabung dalam dokter kecil dapat menjadi panutan bagi peserta didik lain dalam intervensi kesehatan di sekolah dasar, sehingga pengetahuan dan ilmu yang didapat, dapat disebarkan dan diamalkan oleh sekolah.

Fungsi dan manfaat ekstrakurikuler dokter kecil di sekolah dasar. Menurut Handrawan Nadesul (2007 :21), manfaat dokter kecil
a. Bagi dokter kecil itu sendiri yaitu meningkatnya pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat, bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan- kawannya, memiliki rasa kepedulian sosial,
b. Untuk siswa lainnya yaitu ikut tergerak dan terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat.
c. Bagi guru di sekolah manfaat adanya dokter kecil yaitu untuk meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah
d. Bagi orang tua didik dapat meningkatkan kesadaran orang tua dalam berperilaku hidup bersih dan sehat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya serta mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan peningkatan kesehatan anak sekolah.
e. Manfaatnya bagi masyarakat agar masyarakat tergerak untuk hidup bersih dan sehat dan akhirnya akan berdampak pada meningkatnya kualitas hidup sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian.

Jika ditunjuk sebagai pembina ekstrakurikuler dokter kecil, materi yang akan saya berikan bagi siswa-siswa diantaranya yaitu:
1) Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
2) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
3) Penyakit Menular Langsung dan Tidak Langsung, seperti: Penyakit Kulit, Tuberculosis, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Influenza dan Radang Tenggorokan), Cacingan, Demam Berdarah, Diare, Cacar air.
4) Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
5) Imunisasi
6) Rokok dan NAPZA Rokok
7) Penanggulangan Sakit Darurat dan Praktik P3K
8) Kesehatan gigi dan mulut
9) Gizi anak sekolah
10) Kesehatan indera penglihatan dan pendengaran.

Terima kasih,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Suci Wulandari 1913053037 -
Nama : Suci Wulandari
NPM : 1913053037
Absen : 25
Kelas : 6B

Izin menanggapi terkait pertanyaan yang diberikan, dokter kecil merupakan salah satu program ekstrakulikuler di sekolah dasar dan merupakan bagian dari Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Adapun tujuan dokter kecil menurut depkes.go.id yakni: secara umum: Meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS. Sedangkan secara khusus: 1. Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah
dan lingkungannya.
2. Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.
Ekskul Dokter kecil diharapkan dapat menyuarakan perilaku hidup sehat dan gizi seimbang kepada siswa
yang lain. Maka dari itu pengetahuan tentang perilaku hidup sehat dan gizi seimbang untuk dokter kecil amatlah penting (Istiarti dkk, 2003). Peran dokter kecil yang merupakan ujung tombak program
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam memperhatikan
kesehatan anak sekolah. Dokter kecil membuat anak sekolah jadi sadar sehat. Karena kesadaran arti pentingnya kesehatan harus ditanamkan sejak kecil, dokter kecil di tingkat sekolah dasar pun akan direvitalisasi yang nantinya bisa menjadi pahlawan kesehatan Indonesia.

Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil maka materi yang akan saya berikan kepada peserta didik antara lain:
1. Pengenalan gizi seimbang
2. Pencegahan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2)
2. Imunisasi
3. Upaya Kesehatan Mata/Pencegahan Kebutaan (UKM/PK),
4. Kesehatan reproduksi remaja
5. Kesehatan kulit, mata, gigi dan mulut, kaki dan tangan, rambut, telinga, hidung, tenggorokan
6. Kesehatan remaja
7. Pengenalan anak berkelainan
8. Konseling Kesehatan Remaja
9. Perilaku hidup bersih dan sehat
10. Tanaman obat keluarga (Toga)

Sekian jawaban dari saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Sekar Wulan Sari -
Nama : Sekar Wulan Sari
Npm : 1913053080
No ab : 25
Kelas : 6E

Izin menanggapi, menurut saya biasanya disingkat dokcil merupakan ekstrakurikuler pada tingkat sekolah dasar. Program tersebut biasanya memang diadakan oleh dinas pendidikan setempat yang bekerja sama dengan unit pelayanan kesehatan masyarakat.
Anak-anak yang terpilih menjadi dokter kecil biasanya dilatih untuk berpartisipasi maupun mendorong teman-temannya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.
Fungsi dan manfaat ekstrakurikuler dokter kecil di sekolah dasar. Menurut Handrawan Nadesul (2007 :21), manfaat dokter kecil
a. Bagi dokter kecil itu sendiri yaitu meningkatnya pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat, bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan- kawannya, memiliki rasa kepedulian sosial,
b. Untuk siswa lainnya yaitu ikut tergerak dan terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat.
c. Bagi guru di sekolah manfaat adanya dokter kecil yaitu untuk meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah
d. Bagi orang tua didik dapat meningkatkan kesadaran orang tua dalam berperilaku hidup bersih dan sehat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya serta mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan peningkatan kesehatan anak sekolah.
e. Manfaatnya bagi masyarakat agar masyarakat tergerak untuk hidup bersih dan sehat dan akhirnya akan berdampak pada meningkatnya kualitas hidup sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian.

Jika ditunjuk sebagai pembina ekstrakurikuler dokter kecil, materi yang akan saya berikan bagi siswa-siswa diantaranya yaitu:
1) Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
2) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
3) Penyakit Menular Langsung dan Tidak Langsung, seperti: Penyakit Kulit, Tuberculosis, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Influenza dan Radang Tenggorokan), Cacingan, Demam Berdarah, Diare, Cacar air.
4) Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
5) Imunisasi
6) Rokok dan NAPZA Rokok
7) Penanggulangan Sakit Darurat dan Praktik P3K
8) Kesehatan gigi dan mulut
9) Gizi anak sekolah
10) Kesehatan indera penglihatan dan pendengaran.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Asvyatul Mukaromah -
Nama: Asvyatul Mukaromah
NPM: 1913053073
Absen: 6

Keberadaan ekstrakurikuler dokter kecil di sekolah tentunya memiliki peran penting dalam memberikan pengetahuan baru diluar materi yang ada pada mata pelajaran. Ekstrakurikuler ini melatih sikap siap dalam menangani luka ringan akibat terjatuh atau kecelakaan. Terutama untuk siswa sekolah dasar, dimana dalam aktifitasnya mereka lebih sering terkena luka akibat dari terjatuh saat naik sepeda, atau kegiatan bermain lainnya. Dengan dibekali pengetahuan tentang bagaimana mengobati luka atau hal-hal yang harus dilakukan untuk meminimalisir akibat yang lebih buruk.

Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekstrakurikuler dokter kecil, maka hal pertama yang akan saya lakukan adalah melakukan perencanaan yang sebaik mungkin guna mencapai hasil yang maksimal lewat proses pelaksanaan. Berdiskusi dengan guru yang lain terkait dengan hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan dan perhatian dalam mengelola ekstrakurikuler ini. Sementara untuk materi, akan lebih merujuk pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang selaras dengan materi dokcil, seperti tentang bagaimana menangani tulang yang cidera, bagaimana cara mengobati sakit demam, serta tentang bagaimana melakukan langkah kecil untuk mengobati luka-luka akibat goresan dan lain sebagainya.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Devita Auliya 1913053103 -
Nama: Devita Auliya
Npm: 1913053103
No. Absen: 07
Kelas: 6B

Izin menanggapi, Dokter Kecil atau biasa disingkat “Dokcil” adalah Peserta Didik (siswa sekolah) yang memenuhi kriteria dan telah dilatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.
Tujuan Khusus
1. Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya.
2. Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

Kriteria peserta :
1. Siswa kelas 4 atau 5 SD atau MI dan belum pernah mendapatkan pelatihan dokter kecil.
2. Berprestasi sekolah
3. Berbadan sehat.
4. Berwatak pemimpin dan bertanggung jawab.
5. Berpenampilan bersih dan berperilaku.
6. Berbudi pekerti baik dan suka menolong.
7. Izin orang tua

Tugas dan kewajiban dokter kecil
1. Selalu bersikap dan berperilaku sehat.
2. Dapat menggerakkan sesama teman-teman siswa untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing.
3. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah.
4. Membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah.
5. Berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan ,antara lain : Pekan kebersihan, Pekan Gizi, Pekan Penimbangan BB dan TB di sekolah, Pekan Kesehatan Gigi, Pekan Kesehatan Mata, dan lain-lain.

Kegiatan dokter kecil
1. Menggerakkan dan membimbing teman melaksanakan.
a. Pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi.
b. Pengukuran Tinggi Badan dan Berat badan.
c. Penyuluhan Kesehatan.
2. Membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan kesehatan di sekolah , antara lain :
a. Distribusi obat cacing, vitamin dan lain-lain.
b. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
c. Pertolongan Pertama Pada Penyakit.
3. Pengenalan dini tanda-tanda penyakit.
4. Pengamatan kebersihan Ruang UKS , warung sekolah dan lingkungan sekolah.
5. Pengamatan kebersihan di sekolah separti halaman sekolah, ruang kelas , perlengkapan, persediaan air bersih, tempat cuci, WC,kamar mandi, tempat sampah dan saluran pembuangan termasuk PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).
6. Pencatatan dan pelaporan, antara lain Buku harian Dokter Kecil.
7. Melaporkan hal-hal khusus yang ditemuinya kepada guru UKS / Kepala Sekolah / Guru yang ditunjuk.

Manfaat dari pendampingan dokter kecil meliputi: 1) meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat; 2) memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana; 3) bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya; 4) memiliki rasa kepedulian sosial.

Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil, maka saya akan Menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal dilanjutkan dengan Tahap Pemberian materi, Lalu Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas.

Sekian, Terimakasih.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Lisa Kumalasari 1913053130 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Lisa Kumalasari
NPM: 1913053130
Absen: 19
Kelas: 6B
Izin menanggapi,

Dokter kecil atau biasanya disingkat dokcil merupakan ekstrakurikuler pada tingkat sekolah dasar.
Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.
program tersebut biasanya memang diadakan oleh dinas pendidikan setempat yang bekerja sama dengan unit pelayanan kesehatan masyarakat.
Anak-anak yang terpilih menjadi dokter kecil biasanya dilatih untuk berpartisipasi maupun mendorong teman-temannya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.

Tujuan dibentuknya dokter kecil di sekolah adalah untuk memberikan pertolongan pertama pada teman yang mengalami gaguan kesehatan.

Manfaat dari kegiatan dokter kecil meliputi:
1) Meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat;
2) Memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana;
3) Bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya;
4) Memiliki rasa kepedulian sosial.

Jika saya ditunjuk ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan saya berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya yang pertama yaitu ketika melakuan pelatihan terhadap siswa maka saya akan menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap, yaitu:
1. Tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal
2. Tahap Pemberian materi,
3. Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas.

Materi yang diberikan yaitu materi inti. Sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi pelatihan Dokter Kecil meliputi Materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti : kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi penunjang untuk membangun komitmen belajar siswa.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Intannia Putri -
Nama : Intannia Putri
Npm : 1913053084
Kelas : 6E

Izin menanggapi menurut saya Ekstrakurikuler dokter kecil penting untuk diterapkan di sekolah dasar karena adanya ekstrakurikuler dokcil dapat melatih kemampuan peserta didik terkait pengetahuan tentang kesehatan, rasa tanggung jawab, dan sikap tolong menolong

Fungsi dan manfaat dokter kecil bagi siswa yaitu agar dapat meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS, agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya dan siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa, dan orang lain untuk hidup sehat.

Saat menjadi pembina ekstrakurikuler dokcil, hal yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan materi-materi kesehatan seperti gizi seimbang, jajanan sehat, CTPS, PHBS, Dokmantik, menyikat gigi yang benar, dan P3K. Berdasarkan materi-materi kesehatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran diri terhadap kesehatan dan sikap membantu sesama.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Dini Indah Nur'aini -
Nama: Dini Indah Nur'aini
NPM: 1913053120
Kelas: 6E

Izin menanggapi pernyataan di atas.

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

Tujuan umum
Meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS

Tujuan Khusus
1. Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya.
2. Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

Melihat dari hal tersebut, menciptakan ekstrakurikuler Docil (Dokter Cilik) di sekolah memiliki manfaat yang besar bagi sekolah dan siswa. Manfaat untuk sekolah sendiri adalah terbantu jika terdapat keadaan kegawatdaruratan saat proses pembelajaran, upacara, olahraga, dll. Selain itu sekolah juga bisa mendapatkan predikat sekolah ramah anak. Manfaat untuk siswanya sendiri adalah dapat mengembangkan kemampuan kegawatdaruratan dan sebagai permulaan untuk mencapai cita-cita.

Jika saya menjadi pembina ekstrakurikuler dokter kecil materi yang akan saya berikan di awal adalah dimulai dari proses seleksi yang menjelaskan mengenai kriteria dokter kecil serta tugas dan kewajiban sebagai dokter kecil, sebagai berikut:

Kriteria peserta :
1. Siswa kelas 4 atau 5 SD atau MI dan belum pernah mendapatkan pelatihan dokter kecil.
2. Berprestasi sekolah
3. Berbadan sehat.
4. Berwatak pemimpin dan bertanggung jawab.
5. Berpenampilan bersih dan berperilaku.
6. Berbudi pekerti baik dan suka menolong.
7. Izin orang tua

Tugas dan kewajiban dokter kecil
1. Selalu bersikap dan berperilaku sehat.
2. Dapat menggerakkan sesama teman-teman siswa untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing.
3. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah.
4. Membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah.
5. Berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan ,antara lain : Pekan kebersihan, Pekan Gizi, Pekan Penimbangan BB dan TB di sekolah, Pekan Kesehatan Gigi, Pekan Kesehatan Mata, dan lain-lain.

Selain itu, Materi yang diberikan yaitu materi inti. Sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi pelatihan Dokter Kecil meliputi materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti: kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi penunjang untuk membangun komitmen belajar siswa.

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam ekstrakurikuler dokter kecil adalah sebagai berikut:
1. Menggerakkan dan membimbing teman melaksanakan.
a. Pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi.
b. Pengukuran Tinggi Badan dan Berat badan.
c. Penyuluhan Kesehatan.
2. Membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan kesehatan di sekolah , antara lain :
a. Distribusi obat cacing, vitamin dan lain-lain.
b. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
c. Pertolongan Pertama Pada Penyakit.
3. Pengenalan dini tanda-tanda penyakit.
4. Pengamatan kebersihan Ruang UKS , warung sekolah dan lingkungan sekolah.
5. Pengamatan kebersihan di sekolah separti halaman sekolah, ruang kelas , perlengkapan, persediaan air bersih, tempat cuci, WC,kamar mandi, tempat sampah dan saluran pembuangan termasuk PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).
6. Pencatatan dan pelaporan, antara lain Buku harian Dokter Kecil.
7. Melaporkan hal-hal khusus yang ditemuinya kepada guru UKS / Kepala Sekolah / Guru yang ditunjuk.

Sumber Rujukan: 
Admin. 2018. PEMBINAAN DOKTER KECIL. https://dinkes.tanjungbalaikota.go.id/pembinaan-dokter-kecil/
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Wahyuni Sartika 1913053059 -
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyuni Sartika
Npm : 1913053059
Semester : 6B

Izin menanggapi pertanyaan tersebut. bagaimana pentingnya sekolah menciptkan ekstrakulikuler dokter kecil disekolah apa fungsi dan manfaatnya bagi siswa sekolah dasar. bagaimana jika kalian ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang kalian akan berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya.

Ekstrakurikuler dokter kecil penting untuk diterapkan di sekolah dasar karena adanya ekstrakurikuler dokcil dapat melatih kemampuan peserta didik terkait pengetahuan tentang kesehatan, rasa tanggung jawab, dan sikap tolong menolong
Dengan adanya ekstrakulikuler dokter kecil ini siswa dapat membina teman-temanya dan berperan sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing serta dapat membantu guru, keluarga, masyarakat di sekolah dan di luar sekolah agar tercipta suasana bergairah menjalankan Usaha Kesehatan Sekolah di sekolahnya.

Manfaat dari kegiatan ekstrakulikuler dokter kecil yaitu :
1. Meningkatkan pengetahuan, sikap
dan perilaku hidup bersih dan sehat
2. Memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana
3. Bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya
4. Memiliki rasa kepedulian sosial
5. Meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil maka materi yang akan saya berikan kepada peserta didik antara lain:
1. Pengenalan gizi seimbang
2. Pencegahan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2)
2. Imunisasi
3. Upaya Kesehatan Mata/Pencegahan Kebutaan (UKM/PK),
4. Kesehatan reproduksi remaja
5. Kesehatan kulit, mata, gigi dan mulut, kaki dan tangan, rambut, telinga, hidung, tenggorokan
6. Kesehatan remaja
7. Pengenalan anak berkelainan
8. Konseling Kesehatan Remaja
9. Perilaku hidup bersih dan sehat
10. Tanaman obat keluarga (Toga)

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Andaru Pramia Putri 1913053138 -
Nama : Andaru Pramia Putri
NPM : 1913053138
Semster : 6 B

Izin menanggapi, Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Menurut Departemen Pendidikan Nasional (2013 : 1), tujuan dokter
kecil adalah agar murid dapat menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat. Agar siswa dapat membina teman-temannya dan berperan
sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan kesehatan terhadap diri
masing-masing. Agar siswa dapat membantu guru, keluarga, dan masyarakat
di sekolah dan di luar sekolah.
Fungsi dokter kecil bagi sekolah dasar yaitu meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS, agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya dan siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa, dan orang lain untuk hidup sehat.
Manfaat dokter kecil untuk sekolah tingkat dasar yaitu siswa diharapkan mampu memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh, pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
Saat menjadi pembina ekstrakurikuler dokcil, hal yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan materi-materi kesehatan seperti gizi seimbang, jajanan sehat, CTPS, PHBS, Dokmantik, menyikat gigi yang benar, dan P3K. Berdasarkan materi-materi kesehatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran diri terhadap kesehatan dan sikap membantu sesama.
Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Rima Novita sari 1913053033 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rima Novita Sari
NPM : 1913053033
No. Absen : 24
Kelas : 6B
Izin menanggapi, Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Pentingnya sekolah menciptakan ekstrakurikuler dokter kecil yaitu untuk meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS, agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya dan
agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

Tugas dan kewajiban dokter kecil
1. Selalu bersikap dan berperilaku sehat.
2. Dapat menggerakkan sesama teman-teman siswa untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing.
3. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah.
4. Membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah.
5. Berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan ,antara lain : Pekan kebersihan, Pekan Gizi, Pekan Penimbangan BB dan TB di sekolah, Pekan Kesehatan Gigi, Pekan Kesehatan Mata, dan lain-lain.

Kegiatan dokter kecil
1. Menggerakkan dan membimbing teman melaksanakan.
a. Pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi.
b. Pengukuran Tinggi Badan dan Berat badan.
c. Penyuluhan Kesehatan.
2. Membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan kesehatan di sekolah , antara lain :
a. Distribusi obat cacing, vitamin dan lain-lain.
b. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
c. Pertolongan Pertama Pada Penyakit.
3. Pengenalan dini tanda-tanda penyakit.
4. Pengamatan kebersihan Ruang UKS , warung sekolah dan lingkungan sekolah.
5. Pengamatan kebersihan di sekolah separti halaman sekolah, ruang kelas , perlengkapan, persediaan air bersih, tempat cuci, WC,kamar mandi, tempat sampah dan saluran pembuangan termasuk PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).
6. Pencatatan dan pelaporan, antara lain Buku harian Dokter Kecil.
7. Melaporkan hal-hal khusus yang ditemuinya kepada guru UKS / Kepala Sekolah / Guru yang ditunjuk.

Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil akan mendapatkan berbagai manfaat dari pendampingan dokter kecil meliputi: meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat, memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana, bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya, memiliki rasa kepedulian sosial. Dan manteri yang akan saya ajakan adalah Materi yang sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi
pelatihan Dokter Kecil meliputi materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti : kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi penunjang untuk membangun komitmen belajar siswa.
Sekian Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Fatma Trisnawati 1913053018 -
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Fatma Trisnawati
Npm : 1913053018
Semester : 6B

ekstrakulikuler ini sangat penting siswa dapat membina teman-temanya dan berperan sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing serta dapat membantu guru, keluarga, masyarakat di sekolah dan di luar sekolah agar tercipta suasana bergairah menjalankan Usaha Kesehatan Sekolah di sekolahnya.

Fungsi dan manfaat dokter kecil bagi siswa yaitu agar dapat meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS, agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya dan siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa, dan orang lain untuk hidup sehat.

Materi yang diberikan yaitu materi inti. Sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi pelatihan Dokter Kecil meliputi materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti: kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi penunjang untuk membangun komitmen belajar siswa.

Terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Lusiana Dewi 1913053015 -

Nama : Lusiana Dewi

Npm : 1913053015

Absen : 20

Kelas : 6 B

Izin menanggapi 

Ekstrakulikuler dokter kecil di sekolah itu penting karena dengan adanya ekstrakulikuler dokter kecil ini siswa dapat membina teman-temanya dan berperan sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing serta dapat membantu guru, keluarga, masyarakat di sekolah dan di luar sekolah agar tercipta suasana bergairah menjalankan Usaha Kesehatan Sekolah di sekolahnya.


Manfaat dari kegiatan ekstrakulikuler dokter kecil yaitu :
1. Meningkatkan pengetahuan, sikap
dan perilaku hidup bersih dan sehat
2. Memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana
3. Bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya
4. Memiliki rasa kepedulian sosial
5. Meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya ekstrakulikuler dokter kecil adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya, serta siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil, maka saya akan Menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal dilanjutkan dengan Tahap Pemberian materi, Lalu Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas.

Sekian terimakasih. 
In reply to First post

Re: Tugas 3

by ira halimatus sadiyah 1913053068 -
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Kelas: Semester 6B
Izin menggapi,
Dokter kecil sangat penting diterapkan dalam ekstrakurikuler SD karena dengan terbentuknya dokter kecil di sekolah dasar, diharapkan dapat memberi contoh yang baik bagi siswa-siswa lain untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari. Selain itu diharapkan dengan adanya pembinaan dokter kecil di tingkat Sekolah Dasar dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap kebersihan dan kesehatan, dan juga bagi peserta didik yang tergabung dalam dokter kecil dapat menjadi panutan bagi peserta didik lain dalam intervensi kesehatan di sekolah dasar, sehingga pengetahuan dan ilmu yang didapat, dapat disebarkan dan diamalkan oleh sekolah.

Fungsi dan manfaat ekstrakurikuler dokter kecil di sekolah dasar. Menurut Handrawan Nadesul (2007 :21), manfaat dokter kecil
a. Bagi dokter kecil itu sendiri yaitu meningkatnya pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat, bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan- kawannya, memiliki rasa kepedulian sosial,
b. Untuk siswa lainnya yaitu ikut tergerak dan terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat.
c. Bagi guru di sekolah manfaat adanya dokter kecil yaitu untuk meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah
d. Bagi orang tua didik dapat meningkatkan kesadaran orang tua dalam berperilaku hidup bersih dan sehat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya serta mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan peningkatan kesehatan anak sekolah.
e. Manfaatnya bagi masyarakat agar masyarakat tergerak untuk hidup bersih dan sehat dan akhirnya akan berdampak pada meningkatnya kualitas hidup sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian.

Jika ditunjuk sebagai pembina ekstrakurikuler dokter kecil, materi yang akan saya berikan bagi siswa-siswa diantaranya yaitu:
1) Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
2) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
3) Penyakit Menular Langsung dan Tidak Langsung, seperti: Penyakit Kulit, Tuberculosis, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Influenza dan Radang Tenggorokan), Cacingan, Demam Berdarah, Diare, Cacar air.
4) Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
5) Imunisasi
6) Rokok dan NAPZA Rokok
7) Penanggulangan Sakit Darurat dan Praktik P3K
8) Kesehatan gigi dan mulut
9) Gizi anak sekolah
10) Kesehatan indera penglihatan dan pendengaran.
Sekian Terima kasih
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Dionisius Bintoro 1953053014 -
Dionisius Bintoro
1953053014
6B

Izin menanggapi, Dokter kecil atau biasanya disingkat dokcil merupakan ekstrakurikuler pada tingkat sekolah dasar. Program tersebut biasanya diadakan oleh dinas pendidikan setempat yang bekerja sama dengan unit pelayanan kesehatan masyarakat.
Anak-anak yang terpilih menjadi dokter-dokter kecil mereka yang diundang untuk berpartisipasi maupun mendorong teman-teman untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.

Kegiatan dokter kecil di UKS yaitu membantu kegiatan-kegiatan UKS (menjaga ruang UKS), memberi pertolongan pertama pada siswa yang sakit (Martunus, 2013).

Tugasdan Kewajiban Dokter Kecil : Selalu waspada dan berperilaku sehat sehingga dapat menjadi contoh bagi temen-temennya. Dapat menggerakkan teman untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing. Berusaha mencapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah dan di rumah.

Jika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan saya berikan terkait materi bagi siswa nantinya yang pertama yaitu ketika melakuan pelatihan terhadap siswa maka saya akan menggunakan metode dan proses pelatihan dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu
1. Tahap pembukaan yaitu tahap pengenalan dan inisiasi awal
2. Tahap Pemberian materi,
3. Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu mempersembahkan kasus dan tugas .
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Dina Rahmawati -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Dina Rahmawati
NPM : 1913053025
No. Absen : 08
Kelas : 6B
Izin memberikan tanggapan.
1. Bagaimana pentingnya sekolah menciptakan ekstrakulikuler dokter kecil disekolah ?
Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Dokter kecil merupakan istilah yang sering dikenal di lingkungan sekolah dasar.
Tingginya kesakitan pada siswa sekolah dasar pada saat pembelajaran sehingga meninggalkan pembelajaran di kelas, menjadi permasalahan yang serius karena dapat menimbulkan dampak negatif bagi pihak sekolah dan siswanya. Dampak yang ditimbulkan karena permasalahan di atas meliputi: terganggunya proses pembelajaran yang kondusif, menurunnya hasil belajar siswa, dan menurunnya kondisi kesehatan.
Keberadaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) memiliki fungsi yang sangat vital. Saat ini UKS yang dimiliki oleh mitra menempati ruang yang bergabung dengan perpustakaan dengan peralatan yang minimal. Guru olah raga sebagai penanggung jawab UKS tidak memiliki tim yang dapat segera memberikan pertolongan pertama pada kesakitan maupun kecelakaan.
Maka dari itu Keberadaan Dokter Kecil diharapkan dapat membantu dalam pengelolaan dan pelayanan UKS.

2. Apa fungsi dan manfaatnya bagi siswa sekolah dasar?
Fungsi dan manfaat dokcil di sekolah adalah : Meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS; Agar siswa menjadi penggerak hidup sehat; Siswa mampu menolong dirinya, keluarga, dan orang lain untuk hidup sehat; Membantu pengelolaan UKS.

3. Bagaimana jika kalian ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang kalian akan berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya? 
Jika ditunjuk menjadi pembina ekstrakurikuler Dokter Kecil, maka sebaiknya pembina akan melakukan pendampingan. Manfaat dari pendampingan dokter kecil meliputi: 1) meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat; 2) memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana; 3) bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi teman-temannya; 4) memiliki rasa kepedulian sosial; 5) meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan
dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dengan pendampingan dokter kecil adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya, serta siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.
Adapun materi umum yang harus dikuasai oleh dokter kecil yaitu :
a. Dokter Kecil
b. Gizi seimbang
c. Jajanan sehat
d. CTPS
e. Imunisasi MR
f. Dokter kecil pemantau jentik
g. Kesehatan Gigi mulut

Sekian, terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Arif Catur Febriansyah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Arif Catur Febriansyah
NPM : 1913053093
Absen : 04

Izin menanggapi mengenai pertanyaan diatas.

1. Dokter kecil sangat penting diterapkan dalam ekstrakurikuler SD karena dengan terbentuknya dokter kecil di sekolah dasar, diharapkan dapat memberi contoh yang baik bagi siswa-siswa lain untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari. Selain itu diharapkan dengan adanya pembinaan dokter kecil di tingkat Sekolah Dasar dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap kebersihan dan kesehatan, dan juga bagi peserta didik yang tergabung dalam dokter kecil dapat menjadi panutan bagi peserta didik lain dalam intervensi kesehatan di sekolah dasar, sehingga pengetahuan dan ilmu yang didapat, dapat disebarkan dan diamalkan oleh sekolah.
2. Fungsi dokter kecil bagi sekolah dasar yaitu meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS, agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya dan siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa, dan orang lain untuk hidup sehat.
Manfaat dokter kecil untuk sekolah tingkat dasar yaitu siswa diharapkan mampu memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh, pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
3. Jika saya ditunjuk sebagai pembina dokter kecil, maka saya akan bersedia dan perlu perbanyak belajar mengenai dunia dokter kecil. Dimulai dari persiapan penguasaan materi, persiapan alat dan bahan yang diperlukan, ruangan nya, dan kerjasama terhadap siswa.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Kunci rahayu 1913053043 -
Nama: kunci rahayu
Npm:1913053043
Absen:18
Kelas :6B
Izin menanggapi, Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Dokter kecil merupakan istilah yang sering dikenal di lingkungan sekolah dasar.

Kegiatan dokter kecil di UKS yaitu membantu kegiatan- kegiatan UKS (menjaga ruang UKS), memberi pertolongan pertama pada siswa yang sakit (Martunus, 2013).

Tugas dan Kewajiban Dokter Kecil : Selalu bersikap dan berperilaku sehat sehingga dapat menjadi contoh bagi temen-temennya. Dapat menggerakkan sesame teman untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah dan di rumah.

Jika saya ditunjuk ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil dan apa yang akan saya berikan terkait materi bagi siswa siswa nantinya yang pertama yaitu ketika melakuan pelatihan terhadap siswa maka saya akan menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu
1. Tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal
2. Tahap Pemberian materi,
3. Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas.

Materi yang diberikan yaitu materi inti. Sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi pelatihan Dokter Kecil meliputi Materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti : kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi penunjang untuk membangun komitmen belajar siswa.

Dan dalam melaksanakan tugas sy sebagai pembina dokter kecil saya akan melaksanakan tujuan dari tugas saya yang meliputi:
1) meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada siswa;
2) memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana;
3) bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya;
4) memiliki rasa kepedulian sosial;
5) meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya pendampingan dokter kecil saya sebagai pembinanya adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya, serta siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

Terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Tugas 3

by Heni Afirika Sari -
Nama : Heni Afirika Sari
Npm : 1913053057
No.absen : 14
Kelas : 6B

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Tujuan umum diadakannya dokter kecil adalah untuk meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS sedangkan tujuan khususnya adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya dan agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.
Manfaat dari pendampingan dokter kecil meliputi: 1) meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat; 2) memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana; 3) bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya; 4) memiliki rasa kepedulian sosial; 5) meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.
Keberadaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) memiliki fungsi yang sangat vital. Saat ini UKS yang dimiliki oleh mitra menempati ruang yang bergabung dengan perpustakaan dengan peralatan yang minimal. Guru olah raga sebagai penanggung jawab UKS tidak memiliki tim yang dapat segera memberikan pertolongan pertama pada kesakitan maupun kecelakaan. Keberadaan Dokter Kecil yang semestinya dapat membantu dalam pengelolaan UKS masih belum dapat terrealisasikan karena belum adanya pelatihan terhadap murid.

Ketika saya ditunjuk sebagai pembina ekskul dokter kecil, maka saya akan menggunakan metode dan proses pelatihan Dokter kecil dengan 3 tahap. Yaitu tahap pencairan yaitu tahap perkenalan dan inisiasi awal dilanjutkan dengan Tahap Pemberian materi, Lalu Tahap konsolidasi yang merupakan tahap internalisasi komprehensif dari pengetahuan dan keterampilan yaitu pemberian kasus dan tugas. Materi yang akan saya berikan sesuai Direktorat Bina Kesehatan Anak, Depkes RI(2011 : 1-8), bahwa materi pelatihan Dokter Kecil meliputi materi dasar program UKS dan program dokter kecil, dengan materi inti : kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan indera penglihatan, kesehatan indera pendengaran, imunisasi dan Gizi, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), NAPZA, pemeriksaan kesehatan peserta dan materi

sekian, Terimakasih