Sebutkan teori van hiele?silahkan isi nama dan NPM
Pertemuan ke-2
Nama : Ikhsan Kurniawan
NPM : 2013053164
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.
Nama : Dhea Ayu Purba Laras
NPM : 2013053119
Teori Van Hiele merupakan teori geometri. Van hiele menemukan tahapan tahapan perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri.
Adapun tahapaj anak dalam belajar geometri adalah :
1. Tahap pengenalan
2. Tahap analisis
3. Tahap pengurutan
4. Tahap deduksi
5. Tahap akurasi
Terimakasih pak
NPM : 2013053054
Menurut van Hiele, terdapat lima tahapan pemahaman geometri, yaitu:
a. Tahap Pengenalan
b. Tahap Analisis
c. Tahap Pengurutan
d. Tahap Deduksi
e. Tahap Keakuratan
Menurut van Hiele, terdapat tiga unsur utama dalam pengajaran geometri, yaitu:
waktu, meteri pengajaran, dan metode pengajaran. Apabila ketiga unsur itu dikelola
dengan baik, maka peningkatan kemampuan berpikir anak lebih tinggi.
Bila dua orang mempunyai tahap berpikir yang berlainan, kemudian mereka
bertukar pikiran, maka keduanya tidak akan saling mengerti.
Kegiatan belajar siswa harus disesuaikan dengan tahap berpikir siswa.
Menurut van Hiele, pengurutan topik-topik geometri harus disesuaikan dengan
tingkat kesukarannya.
NPM : 2013053083
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Dengan di terapkannya teori belajar van Hiele diharapkan siswa mampu bersikap aktif selama proses pembelajaran. 5 tahapan pembelajaran geometri yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.
NPM : 2013053148
5 tahapan pembelajaran dalam teori Van Hiele antara lain
1). Tahap informasi
2). Tahap orientasi terarah
3). Tahap eksplisitasi
4). Tahap orientasi bebas
5). Tahap integrasi
Npm : 2013053128
No absen : 9
Izin menjawab pak,
Van Hiele melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Van Hiele (dalam Ismail, 1998) menyatakan bahwa terdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: Tahap pengenalan,
analisis, pengurutan, deduksi, dan keakuratan.
1. Tahap pengenalan
Pada tahap ini siswa hanya baru mengenal bangun-bangun geometri seperti bola, kubus, segitiga, persegi dan bangun-bangun geometri lainnya.
2. Tahap analisis
Pada tahap ini anak sudah dapat memahami sifat-sifat dari bangun-bangun geometri.
3. Tahap pengurutan
Pada tahap ini pemahaman siswa terhadap geometri lebih meningkat lagi dari sebelumnya yang hanya mengenal bangun-bangun geometri beserta sifat- sifatnya, maka pada tahap ini anak sudah mampu mengetahui hubungan yang terkait antara suatu bangun geometri dengan bangun geometri lainnya.
4. Tahap deduksi
Pada tahap ini anak sudah dapat memahami deduksi, yaitu mengambil kesimpulan secara deduktif. Pengambilan kesimpulan secara deduktif yaitu penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus.
5. Tahap akurasi
Pada tahap ini anak sudah memahami betapa pentingnya ketepatan dari prinsip-prinsip dasar yang melandasi suatu pembuktian.
Terimakasih
Nama : Tamam Abdiella Sancari
NPM : 2013053176
Teori Van Hiele merupakan teori khusus yang digunakan dalam bidang geometri. Teori ini memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan , tahap orientasi deduksi, dan tahap akurasi.
NPM : 2013053017
Menurut Teori Belajar Van Hiele terdapat 5 tahapan anak belajar geometri, yaitu tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi.
Nama : Dinda Wahyu Puspita
Npm : 2013053137
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu :
1. Tahap informasi
2. Tahap orientasi terarah
3. Tahap eksplisitasi
4. Tahap orientasi bebas
5. Tahap integrasi.
Terimakasih
Nama : Dita Khoirunnisa
NPM : 2013053106
Teori belajar van hiele merupakan teori perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Tahapan-tahapan anak belajar geometri menurutnya ada 5 yaitu, tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi
Nama : Arif Rahman
Npm : 2013053069
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1.Tahap Pengenalan (Visualisasi).
Pada tahap ini siswa memandang suatu bangun geometri secara keseluruhan (holistic).
2.Tahap Analisis.
Pada tahap ini siswa telah mulai mengenal sifat, ciri atau unsur-unsur dari suatu bangun geometri.
3.Tahap Pengurutan.
Pada tahap ini siswa telah mulai megenal pengurutan dan hubungan antar bangun.
4.Tahap Deduksi.
Pada tahap ini siswa telah mengenal definisi-definisi, teorema, postulat dan aksioma-aksioma.
5.Tahap Akurasi ( Rigor).
Tahap ini disebut juga tahap metamatematis, dimana siswa mampu melakukan penalaran secara formal tentang sistem-sistem matematika bekerja, tanpa membutuhkan benda yang kongkret sebagai acuan.
NPM: 2013053073
Absen: 22
izin menjawab pak.
menurut van hiele terdapat 5 tahapan dalam pembelajaran geometri anak yaitu:
1. tahapan pengenalan
2. tahapan analisis
3.tahapan pengurutan
4. tahapan deduksi
5. tahapan akurasi
Nama : Nova Atika Royani
NPM : 2013053163
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Teori Van Hiele ini membantu siswa untuk lebih memahami geometri dengan belajar melalui pengalaman, siswa tidak dituntut untuk mengetahui terlebih dahulu materi geometri yang akan diajarkan sehingga siswa akan menemukan pengetahuannya sendiri melalui proses belajar yang mereka lakukan.
Menurut teori Van Hiele, siswa akan melalui lima tingkat berpikir dalam mempelajari dan memahami geometri, yaitu tahap-1 (visualisasi), tahap-2 (analisis), tahap-3 (deduksi informal), tahap-4 (deduksi), dan tahap-5 (rigor).
Terimakasih
Nama : Ida Farida
NPM : 2013053051
Izin menjawab pak
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran, yaitu :
1. Tahap pengenalan
2. Tahap analisis
3. Tahap pengurutan
4. Tahap dedukasi
5. Tahap akurasi
NPM : 2013053003
Izin menjawab, Van hiele adalah seorang pengajar matematika Belanda yang telah mengadakan penelitian di lapangan, melalui obsesfasi dan tanya jawab, kemudian hasilnya ditulis dalam desertasi pada 1954. Penelitian yang dilakukan oleh Van hiele melahirkan beberapa kesimpulan tentang tahapan perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri seperti tahap pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi.
Terima kasih.
Nama : Sonnya Adelia
NPM : 2013053140
Izin menjawab
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Dengan di terapkannya teori belajar van Hiele diharapkan siswa mampu bersikap aktif selama proses pembelajaran.
Menurut Van Hiele mterdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi. Berikut ini tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri yang bisa dikembangkan dalam pembelajaran lainnya.
NPM : 2013053004
Izin menjawab pak,
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Dengan di terapkannya teori belajar van Hiele diharapkan siswa mampu bersikap aktif selama proses pembelajaran.
Dimana tahapannya ialah :
1.Tahap pengenalan
2. Tahap Analisis
3.Tahap pengurutan
4.Tahap Dedukasi
5. Tahap Akurasi/ keakuratan
Terimakasih
Nama : Rahmat Agung Dwisarjana
NPM : 2013053086
Teori Van Hiele adalah teori yang digunakan untuk membantu kognitif anak dalam memahami geometri. Teori Van Hiele dibagi menjadi 5 tahap, yaitu tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi
terima kasih
Npm : 2013053046
Menurut Van Hiele ada tiga unsur yang ada dalam pembelajaran matematika yaitu waktu, materi pengajaran dan metode pengajaran yang jika ketiganya ditata secara terpadu maka akan meningkatkan kemampuan berfikir anak kepada tingkatan berfikir yang lebih tinggi.
Npm : 2013053082
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.
NPM : 2013052168
Teori van hiele adalah teori yang digunakan khususnya pada teori geometri dan memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu
1. Tahap pengenalan
2. Tahap analisis
3. Tahap pengurutan/rerasional
4. Tahap deduksi
5. Tahap akurasi
NPM : 2013053126
Teori van hiele adalah tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Menurut Van Hiele terdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi.
Nama : Niken Ayu Saputri
Npm : 2013053005
Izin menjawab pak
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu :
1.Tahapan pengenalan
2.Tahapan analisis
3.Tahapan pengurutan
4.Tahapan deduksi
5.Tahapan Akurasi
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Npm : 2013053034
Izin menjawab pak
Penelitian yang dilakukan van Hiele melahirkan kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Adapun tahapan-tahapannya adalah tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi.
Terimakasih...
NPM: 2013053105
Teori van Hiele merupakan teori belajar mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami teori geometri dari pemahaman sifat-sifat bangun yang telah diketahui sebelumnya.
Adapun tahapan-tahapan anak belajar geometri menurutnya ada 5 tahapan, yaitu tahap pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi.
Nama : Safira Ulfa
NPM : 2013053110
Izin menjawab pak,
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri. Teori ini ditemukan oleh Van Hiele yaitu seorang pengajar matematika Belanda yang telah mengadakan penelitian di lapangan, melalui obsesfasi dan Tanya jawab, kemudian hasil penelitiannya ditulis dalam desertasi pada talman 1954. penelitian yang dilakukan oleh Van Hiele melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Adapun tahapan-tahapan anak belajar geometri menurutnya ada 5 tahapan, yaitu tahap pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi :
1. Tahap Pengenalan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Pengurutat
4.Tahap Deduksi
5.Tahap Akurasi
Namav Nisa Rizki El Balqis
NPM: 2013053155
Izin menjawab pak, menurut Van hielle tahapan dalam geometri terbagi menjadi 5, yaitu:
1. Tahap pengenalan
2. Tahap analisis
3. Tahap pengurutan
4. Tahap dedukasi
5. Tahap akurasi
Nama : Lutfi Qurrotul A'yun
NPM : 2013053135
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi
NPM : 2013053006
Teori Belajar Van Hiele dikembangkan dalam geometri. Menurut Van Hiele terdapat 5 pemahaman geometri yaitu
1. Pengenalan,
2. Analisis,
3. Pengurutan,
4. Deduksi, dan
5. Akurasi.
Nama : Dinda Maharani
NPM : 2013053036
Izin menjawab bapak, teori belajar van Hiele sendiri adalah teori belajar dimana lebih menekankan daya berpikir siswa dalam pembelajaran matematika yaitu geometri sehingga dengan diterapkannya teori belajar van Hiele siswa diharapkan mampu untuk bersikap aktif selama proses pembelajaran namun pendidik atau guru harus mampu bersikap aktif juga dengan memberikan materi pembelajaran dengan baik sehingga diperlukan kerjasama yang baik antara pendidik dan siswa dalam penerapan teori belajar ini. Dalam teori belajar van Hiele ini pokok bahasan yang dibahas adalah mengenai luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IV. Teori ini lebih mengutamakan pada pemahaman kognitif siswa dalam memahami geometri yang meliputi 5 tahapan belajar yaitu :
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Resa Kurnia
Npm : 2013053071
Izin menjawab pak, Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap pengenalan, analisis,pengurutan, dedukasi serta akurasi.
Terima kasih
Nama : Rita Septiana
Npm : 2013053048
Izin menyampaikan pendapat Pak
Sebelum kita mengetahui teori belajar menurut Van Hiele, ada baiknya kita mengena siapa Van Hiele.
Van Hiele adalah seorang pengajar matematika Belanda yang telah mengadakan penelitian di lapangan melalui observasi dan tanya jawab, kemudian hasil penelitiannya ditulis dalam desertasi pada tahun 1954. Penelitian yang dilakukan oleh Van Hiele melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap- tahap pengembangan kognitif anak dalam memahami geometri .
Adapun tahapan-tahapan anak belajar geometri menurutnya ada 5 tahapan yaitu :
1. Tahap Pengenalan
Terimakasih Bapak
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
NPM : 2013053097
Izin menjawab pak,
Teori Van hiele memiliki 5 tahapan anak dalam belajar geometri, yaitu : 1) Tahap Pengenalan, 2) Tahap Analisis, 3) Tahap Pengurutan, 4) Tahap Deduksi, dan 5) Tahap Akurasi.
Dan teori belajar van Hiele ini diharapkan mampu membuat siswa bersikap aktif selama proses pembelajaran dan untuk saling membantu serta bekerja sama selama proses pembelajaran berlangsung.
Terima kasih
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh
Nama : Indah Hartini
Npm : 2013053162
izin menjawab pak,
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.
Teori Van Hiele ini membantu siswa untuk lebih memahami geometri dengan belajar melalui pengalaman, siswa tidak dituntut untuk mengetahui terlebih dahulu materi geometri yang akan diajarkan sehingga siswa akan menemukan pengetahuannya sendiri melalui proses belajar yang mereka lakukan.
Menurut Van Hiele ada tiga unsur yang ada dalam pembelajaran matematika yaitu waktu, materi pengajaran dan metode pengajaran yang jika ketiganya ditata secara terpadu maka akan meningkatkan kemampuan berfikir anak kepada tingkatan berfikir yang lebih tinggi.
terima kasih.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh
Nama : Arawinda Olatta
NPM : 2013053089
Izin menjawab
Teori Van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Pajar Irawan
NPM : 2013053085
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Dengan di terapkannya teori belajar van Hiele diharapkan siswa mampu bersikap aktif selama proses pembelajaran.
Menurut van Hiele, terdapat lima tahapan pemahaman geometri, yaitu:
a. Tahap Pengenalan
b. Tahap Analisis
c. Tahap Pengurutan
d. Tahap Deduksi
e. Tahap Keakuratan
NPM : 2013053114
Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam pembelajaran matematika di bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu :
1. Tahap Pengenalan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Pengurutan
4. Tahap Dedukdi
5. Tahap Akurasi
Izin menjawab
Nama : Risca Wulantika
NPM : 2013053147
Teori belajar Van hiele
Teori belajar van Hiele adalah teori belajar tentang tahap berpikir siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Van hiele sendiri merupakan seorang pengajar matematika yang berasal dari Belanda beliau melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Adapun tahap-tahap tersebut yaitu tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi.
Nama : Rinta Renjani
NPM : 2013053098
Penelitian yang dilakukan oleh Van Hiele melahirkan kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri.
Adapun tahapan-tahapan anak belajar geometri kepemimpinan ada 5 tahapan menurut Van Hiele, yaitu :
1. Tahap Pengenalan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Pengurutan
4. Tahap Deduksi
5. Tahap Akurasi
Nama : M. Zauzi Turseno
Npm : 2013053146
Teori Belajar Van Hiele dikembangkan dalam geometri. Van Hiele adalah seorang pengajar matematika Belanda yang telah mengadakan penelitian di lapangan, melalui observasi dan tanya jawab, kemudian hasil penelitiannya ditulis dalam disertasinya pada tahun 1954. Penelitian yang dilakukan Van Hiele melahirkan beberapa kesimpulan mengenai tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri. Menurut Van Hiele mterdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi.
Nama : Ely Lupita Sari
NPM : 2013053133
Menurut teori Van Hiele siswa akan mengalami tingkatan berfikir tentang geometri melalui 5 tahap yaitu:
1.Tahap Pengenalan (Visualisasi).
Pada tahap ini siswa memandang suatu bangun geometri secara keseluruhan (holistic).
2.Tahap Analisis.
Pada tahap ini siswa telah mulai mengenal sifat, ciri atau unsur-unsur dari suatu bangun geometri.
3.Tahap Abstraksi.
Pada tahap ini siswa telah mulai megenal pengurutan dan hubungan antar bangun.
4.Tahap Deduksi.
Pada tahap ini siswa telah mengenal definisi-definisi, teorema, postulat dan aksioma-aksioma.
5.Tahap Akurasi ( Rigor).
Tahap ini disebut juga tahap metamatematis, dimana siswa mampu melakukan penalaran secara formal tentang sistem-sistem matematika bekerja, tanpa membutuhkan benda yang kongkret sebagai acuan.
Menurut van Hiele semua anak mempelajari geometri pasti melalui urutan dari tahap-tahap diatas , tanpa bisa di diubah urutannya atau diloncati. Akan tetapi kapan seorang siswa memasuki tahapan-tahapan tersebut tidaklah sama antar anak yang satu dengan yang lain.