Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 37

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Regita Aprilia 2053053022 -
menurut saya menanamkan civic partisipan adalah dengan cara kita sebagai pendidik mengajak anak didik tentunya di SD untuk mewujudkan generasi yang demokratis. sikap demokratis yang di ajarkan ke pada siswa SD supaya mengajak anak untuk menghargai tentang perbedaan, perbedaan bukan berarti kesalahan, mengajarkan tanggung jawab, dan tidak menghakimi.
Contoh penerapan civic partisipan di lingkungan SD adalah bermusyawarah untuk penyusunan tata tertib sekolah, terutama di lingkungan kelas, dan pemilihan ketua kelas.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Aditya Mahendra 2053053012 -
Izin menjawab pak,
Menurut saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu guru sangat berperan penting didalamnya dalam memberikan ilmu pengetahuan tentang demokrasi/politik dan cara yang paling sederhana yaitu pemilihan ketua kelas serta perangkat kelas dengan menggunakan cara voting atau kesepakatan bersama, nah disitulah anak akan tau mengenai pentingnya mengenal demokrasi agar di lakukan dikemudian hari sebagai pedoman dalam berpolitik.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by MUKTI SETIAWAN 2053053003 -
nama: mukti setiawan
npm: 2053053003
izin menjawab pak,Menurut pendapat saya Civic partisipan Sangatlah penting bagi siswa SD hal ini agar penerapan tujuan sampai kepada siswa SD yaitu dengan demokrasi hal ini penting dikarenakan jiwa mudah lebih gampang dipengaruhi, dan dilatih sehingga jiwa tanggung jawab dan kepemimpinan ada dalam diri setiap siswa.
Contohnya ketika suatu kelas dalam pemilihan pengurus kelas hal ini bersifat demokrasi agar dilakukan seperti pedoman dalam berpolitik
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Amanda Surya Widiyati 2053053020 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,, Izin menjawab pak..

Civic partisipan adalah bagaimana kemampuan berpartisipasi dalam bernegara yang merupakan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang demokratis. Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan mentaati tata tertib sekolah, serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Reni Dwi yulianti 2053053013 -
Nama : reni dwi yulianti
Npm : 2053053013
Izin menjawab pak
Menurut saya menanamkan civic partisipan dalam lingkungan sd yaitu dengan cara demokrasi pada lingkungan sekolah contohnya bermusyawarah untuk menentukan ketua kelas.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Shafa Mutiara Maharani -
Izin menjawab pak sebelumnya izin memperkenalkan diri,
Nama: Shafa Mutiara Maharani
Npm:2053053002
Jawabnya:
Menurut pendapat saya untuk menanamkan Civic partisipan di lingkungan SD yaitu dengan cara menanamkan keimanan terhadap Tuhan YME dan mencintai sesama manusia dan alam sekitar. Contohnya dengan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan, pencita alam, dan bakti sosial. Harapannya jika semua itu dapat dilaksanakan dengan baik itu sama artinya PPKN sudah berhasil.
Menurut
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Diva syafira rahmadani 2053053001 -
Izin menjawab pak.
Nama : diva syafira rahmadani
Npm : 2053053001

Menurut saya, yang dimaksud dengan civic participant itu sendiri yaitu partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat pembelajaran PPKn itu sendiri yaitu untuk memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility.
Dalam penerapannya civic participant dapat dilakukan dengan cara memberi contoh yang baik kepada peserta didik, dan membuat mereka menerapkan hal-hal baik untuk berpartisipasi menjadi warga negara yang baik.
Misalnya, pendidik dapat memberikan contoh kepada peserta didik untuk berlaku santun terhadap orang lain, mengajak mereka semua untuk berpartisipasi dalam hal gotong royong,pemilihan ketua kelas,membuat aturan kelas, dsb
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Laras Putria -
Izin menjawab
Nama : Laras Putria
NPM : 2053053007

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Contoh penerapannya yaitu :
Mengadakan pemilihan ketua kelas dengan cara voting. Karena hal yang bisa membuat peserta didik belajar demokratis sejak SD
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Novia purnamasari 2053053028 -
Izin menjawab pak
Menurut saya

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah.


Contohnya: berpartisipasi dalam pentas budaya, berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005 -
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005
Izin menjawab, Pak.

Menurut pendapat saya, cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah dengan cara mengajak, melibatkan, dan membiasakan peserta didik. Jika peserta didik selalu terlibat secara langsung dalam setiap kegiatan, maka lambat laun mereka akan terbiasa melakukannya, sehingga civic partisipan akan tertanam di dalam dirinya. Contohnya yaitu, pemilihan ketua kelas. Melalui pemilihan ketua kelas, pendidik dapat mengajak dan melibatkan peserta didik untuk melakukan voting atau pemilihan secara langsung, adil, dan jujur, sehingga peserta didik akan merasakan bahwa mereka memiliki hak yang sama dalam berpartisipasi. Contoh lainnya yaitu, membiasakan anak untuk menjaga kebersihan seperti ikut serta bekerja bakti membersikan lingkungan sekolah. Dengan begitu peserta didik akan merasa bahwa dirinya mempunyai tanggung jawab dan rasa peduli atas kebersihan sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Alma Afifah 2053053044 -
Nama: Alma Afifah
Npm: 2053053044

Civic partisipan mengajarkan dan mewujudkan generasi yang demokratis.
Menurut saya, cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dengan cara guru mengikutsertakan murid dalam pemilihan ketua kelas melalui voting, penyusunan peraturan kelas dan guru menanamkan nilai demokrasi kepada murid.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Dewi Nurhanifah 2053053025 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dewi Nurhanifah
NPM. : 2053053025
Izin menjawab pak

Upaya dalam meningkatkan civic
participation siswa dapat dilakukan sebagai berikut:
1. Religius

karakter religius di antaranya ialah memberikan
senyum, sapa, salam, sopan dan santun. setiap mengawali dan mengakhiri kegiatan maupun mengerjakan tugas-tugas pelajaran berdoa terlebih
dahulu mengembangkan toleransi beragama dalam keberagaman yang ada melaksanakan ibadah dengan
baik sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-
masing , menghormati orang yang sedang melaksanakan ibadah.
Kejujuran. Indikator seorang siswa dapat dikatakan
memiliki karakter jujur di antaranya ialah menepati
janji, berkata dan bertindak dengan benar sesuai
dengan fakta yang ada dan tidak berbohong melakukan pekerjaan berdasarkan kewenangan yang dimiliki,
memiliki komitmen dalam menjaga dan
mengekspresikan kebenaran.
2. Kecerdasan

karakter cerdas di antaranya ialah siswa berkata dan
bertindak secara benar, cepat, dan akurat, siswa
mampu menerapkan pengetahuannya (knowledge)
terhadap sesuatu yang baru.
3. Ketangguhan
seorang siswa dapat dikatakan memiliki
karakter tangguh di antaranya ialah memiliki sikap dan
tindakan untuk pantang menyerah dalam situasi
tertentu dan tidak mudah berputus asa, mampu
menyelesaikan permasalahan dan kesulitan yang terjadi
sehingga berhasil meraih tujuan atau cita-citanya.
4. Kepedulian
seorang siswa dapat dikatakan memiliki
karakter kepedulian di antaranya ialah siswa dapat
memelihara kebersihan, siswa dapat berbagi dengan berpartisipasi
memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan
terhadap orang lain yang dilanda musibah atau kurang
beruntung dalam kehidupannya,siswa tidak pasif
(tidak bersifat masa bodoh) melainkan proaktif dengan
adanya perubahan keadaan lingkungan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nurulita Kurniasih 2053053006 -
Izin menjawab pak
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari mata pelajaran PKN dalam mewujudkan generasi yang demokratis berdasarkan tiga karakteristik pokok yaitu kecerdasan, tanggung jawab, dan partisipasi warga negara. Untuk itu cara menanamkan civic participation menurut saya adalah dengan cara mengembangkan kemampuan peserta didik dalam tiga karakteristik tersebut adalah melalui penyusunan dan perancangan pada silabus dan RPP mengunakan standar materi yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Penanaman civic participation pada peserta didik dapat dilaksanakan dalam berbagai kegiatan seperti guru membimbing peserta didik untuk melaksanakan upacara bendera, menaati peraturan disekolah, aktif bermusyawarah, dan kegiatan yang berkaitan dengan demokrasi seperti pemilihan ketua kelas beserta perangkat kelas lainnya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Alifiya Prabita Rahayu 2053053008 -
Menurut saya, yang dimaksud dengan civic participant itu sendiri yaitu partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Dalam penerapannya civic participant dapat dilakukan dengan cara memberi contoh yang baik kepada peserta didik. Yaitu diantaranya dengan melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, dan lain sebagainya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Intan Bestika Putri 2053053026 -
Nama : Intan Bestika Putri
NPM : 2053053026

Izin menanggapi pak,
Menurut saya, cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD itu diantaranya dengan cara kita sebagai pendidik nantinya mampu mengajak peserta didik untuk selalu bersikap demokratis misalnya yaitu dengan mengajak peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat, mampu bekerjasama antarsesama, dan bisa menghargai keputusan akhir bersama. Contoh implementasi di sekolah dasar yaitu saling bekerja sama dalam menentukan perangkat kelas dengan cara bermusyawarah atau melakukan voting, membuat peraturan kelas, dan mematuhi segala peraturan yang sudah dibuat bersama. Dengan menanamkan civic partisipan di sekolah dasar, akan terwujud generasi yang demokratis.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Cindy Ardila Putri 2053053043 -
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043
Izin menjawab pak,
cara menanamkan civic partisipan siswa  dapat dilakukan dengan cara:

1.Nasionalis
 siswa mampu berbahas Indonesia secara baik dan benar; menghormati pahlawan, berpartisipasi dalam perayaan hari-haribesar nasional, mampu menyanyikan lagu-lagukebangsaan; melakukan kegiatan pelestarianlingkungan hidup; memiliki sikap setia kawan terhadap sesama anak bangsa; menggunakan produksi dalam negeri; mengutamakan persatuan dan kesatuan serta kepentingan bangsa dan negara dengan mengedepankan semboyan Bhinekha Tunggal Ika;Memiliki komitmen penuh dan menaruh kepercayaanserta menjaga Pancasila bukan hanya sebagai 27philosofische grondslag namun berusaha untuk menjiwainya sebagai volkgeist

2.Kepatuhan pada aturan
siswa mampu mematuhi tatatertib yang berlaku di sekolah; mematuhi nilai, norma,kebiasaan, adat dan peraturan yang berlaku di sekolahmaupun masyarakat; tidak memiliki sikap anarkhi dan sewenang-wenang.

3.Menghargai keberagaman
 siswa memiliki sikap saling menghormati menghargai dalam membangun sikap gotong royong; tidak membeda-bedakan teman dengan latar belakang apapun; menghargai hasil karya atau produk suku lain, dengan memberikan suatu apresiasi,mengkoleksi, memakai, atau menyanyikan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Regita Tri Astuti 2053053016 -
Izin menjawab pak
Nama : Regita tri astuti
Npm : 2053053016

Karakter kewarganegaraan (Civic Disposition) merupakan sifat yang harus dimiliki setiap warga negara untuk mendukung efektivitas partisipasi politik, berfungsinya sistem politik yang sehat, berkembangnya martabat dan harga diri dan kepentingan umum.

Cara menanamkan civic partisipan yaitu dengan mengenalkan kepada peserta didik mengenai politik, demokrasi, pemilihan umum dengan menjelaskan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh peserta didik.

Contohnya menggunakan media seperti vidio mengenai cara memilih dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden dan kita jelaskan juga, supaya peserta didik lebih mudah mengerti.

Sekian terimakasih
In reply to Regita Tri Astuti 2053053016

Re: Forum Diskusi

by Regita Tri Astuti 2053053016 -
Mohon maaf pak ada ralat dari saya

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari mata pelajaran PKN dalam mewujudkan generasi yang demokratis berdasarkan tiga karakteristik pokok yaitu kecerdasan, tanggung jawab, dan partisipasi warga negara

Cara menanamkan civic partisipan yaitu dengan mengenalkan kepada peserta didik mengenai politik, demokrasi, pemilihan umum dengan menjelaskan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh peserta didik.

Contohnya menggunakan media seperti vidio mengenai cara memilih dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden dan kita jelaskan juga, supaya peserta didik lebih mudah mengerti.

Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Clarissa Fara Adellia 2053053034 -
nama : clarissa fara adellia
npm : 2053053034

izin menjawab,
menanamkan civic participan dapat diterapkan dengan cara pendidik melibatkan langsung peserta didik pada kegiatan yang dapat membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi yang bertanggung jawab, memiliki jiwa kepemimpinan, sosial, adil dan tolong menolong, contohnya pendidik dapat melibatkan siswa untuk pemilihan ketua kelas, kemudian pendidik memberikan arahan untuk bergotong royong dan memberikan tanggung jawab kepada salah satu peserta didik untuk mengatur jalannya kegiatan tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Fikri abdurrahman zaki 2053053010 -
Izin menjawab pak
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis
Contohnya penanamannya adalah
- memberikan kebebasan pengeluaran ide atau gagasan dalam kegiatan belajar mengajar.
- berdiskusi dalam menyelesaikan suatu maslah dalam pembelajaran
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Antika Tri Purnamasari 2053053014 -
Izin menjawab pak
Nama: Antika Tri Purnamasari
Npm:2053053014

Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah Dengan cara:

1.Kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang lain.
Karakter tersebut yaitu siswa harus memiliki kesadaran untuk bersikap dan bertindak secara adil,mau bekerja
keras untuk belajar dengan tekun dan disiplin,memelihara keseimbangan dalam memenuhi hak dan
melaksanakan kewajiban,menghargai hak-hak orang lain,
melaksanakan apa yang telah menjadi suatu kewajiban bagi dirinya.

2.Bertanggung jawab.
Karakter yaitu siswa mempunyai sikap seperti mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu; berani
menanggung resiko atas apa yang telah dilakukan,mengerjakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan waktu yang ditetapkan,memiliki kesediaan untuk bersedia meminta maaf jika melakukan kesalahan terhadap orang lain dan berjanji tidak mengulangi,
bersedia diberikan sanksi atas pelanggaran yang telah dilakukan.

3.Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
Karakter tersebut apabila siswa mampu memberikan usulan yang masuk akal dengan menggunakan akal yang sehat dengan mengelaborasikan antara teori dan
praktik nya di lapangan; memberikan kritik, saran yang bersifat membangun,
memberikan ide atau
gagasan yang baik untuk kepentingan umum.

4.Kemandirian.
Karakter kemandirian di antaranya siswa tidak bergantung pada orang lain; melaksanakan kegiatan
atas dasar kemampuan sendiri;
Dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan telah teridentifikasi 18 nilai yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa
ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by aliffia hanif ariyani -
Izin Menjawab pak ,
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
Npm : 2053053011
Menurut pendapat saya cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan civic partisipan pada lingkungan SD yaitu guru dapat memulainya dengan mengembangkan 3 aspek kompetensi, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk melihat perkembangan aspek kompetensi tersebut terutama dalam aspek psikomotorik, guru dapat berupaya membentuk civic participation dari peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah.
Contohnya pelaksanaanya yaitu guru lebih aktif menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab, menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya,berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan ketua kelas .
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Fendera Gali Akbar -
Izin menjawab pak
Nama : Fendera Gali Akbar ( 2053053045 )

Menurut pendapat saya, hal ini sangat penting untuk ditanamkan dalam anak usia dini karena civic partisipan merupakan partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis, dan peran guru sangat dibutuhkan dalam hal ini karena untuk kehidupan didalam NKRI.
Sebagai contoh, cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dengan cara mengadakan voting pemilihan perangkat kelas, menentukan jadwal piket, dan membuat peraturan kelas bersama.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by NURHIDAYATI 2053053039 -
Assalamuailaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab pak
Menurut saya cara menanamkan civic partisipan di lingkungan SD sangat dibutuhkan karena hal tersebut dapat mengajarkan peserta didik untuk memiliki jiwa yang demokratis, dengan adanya jiwa demokratis tersebut peserta didik dapat menghargai perbedaan suku,agama,ras,dan budaya, selain itu juga dapat menghargai perbedaan pendapat antar kelompok, contoh lainnya yaitu pemilihan ketua kelas dalam sekolah dasar tersebut.
Sekian jawaban dari saya, Terimakasih pak.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Intan Dewi Pangestika 2013053183 -
Izin menjawab pak
Nama : Intan Dewi Pangestika
NPM : 2013053183

Menurut saya, yang dapat diterapkan untuk menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu dengan memberi dorongan kepada peserta didik untuk memiliki ketertarikan pada politik dan demokratis, seperti mengajak peserta didik berdiskusi, berani mengemukakan pendapat, dan menghargai kesepakatan bersama. Selain itu yang dapat dilakukan yaitu mengajak peserta didik untuk berpartisipasi di sekolah, contohnya sebagai pendidik kita memberi pemahaman kepada peserta didik mengenai suatu hal yang bersifat publik, seperti mengikuti pemilihan ketua kelas, ikut serta pada kegiatan pramuka, dan ekstrakurikuler lainnya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nyimas Ulfa Monalisa -
Izin menjawab pak
Nama : Nyimas Ulfa Monalisa
Npm : 1913053140

Menurut saya Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis
Contohnya penanamannya adalah
- memberikan kebebasan pengeluaran ide atau gagasan dalam kegiatan belajar mengajar.
- berdiskusi dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran
Contoh lainnya yaitu, membiasakan anak untuk menjaga kebersihan seperti ikut serta bekerja bakti membersikan lingkungan sekolah. Dengan begitu peserta didik akan merasa bahwa dirinya mempunyai tanggung jawab dan rasa peduli atas kebersihan sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by FUJI BESTARI 2053053019 -
Civic partisipasi adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Jika kita terapkan dalam lingkungan SD dapat kita tanamkan dengan cara :
1. Mengajarkan arti dari civic partisipasi itu sendiri dan memberikan pemahaman kepada peserta didik akan pentingnya civic partisipasi.
2. Selaku pendidik kita dapat menanamkan civic partisipasi dengan menjadi contoh kepada peserta didik, hingga mereka dapat mencontoh kita selaku pendidik.
3. Civic Partisipasi juga dapat kita tanamkan dengan cara menanamkan secara langsung dan melibatkan peserta didik di dalamnya seperti, pemilihan ketua kelas dengan cara voting sehingga adanya demokrasi yang dimana seluruh warga kelas memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan untuk pemiliha ketua kelas.
civic partipasi juga dapat kita tanamkan dengan cara mengajarkan kepada anak untuk toleransi akan sesama, mengenai perbedaan yang ada di tengah tengah mereka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by M. Dicky Kurniawan 2053053031 -
Nama: M. Dicky Kurniawam
Npm: 2053053031

Izin menjawab:
Menurut saya menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD sebagai pendidik dengan mengajak peserta didik untuk menanamkan kesadaran sebagai warga negara yang demokratis dengan tujuan mewujudkan generasi yang demokratis.
Contoh dari penerapan civic partisipan yaitu saat pemilihan ketua kelas beserta perangkat kelas yang dimana terdapat unsur demokratis dalam politik
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Vinsensius Asto Adi Pranata 2053053017 -
Menurut pendapa saya, civic partisipan jika dilihat dari pengertiannya merupakan kewajiban wara negara dalam ikut andil atau menyadari partisipasinya dalam membangun negaranya. Jika kita integrasikan ke pada siswa di sekolah dasar, maka kita dapat mengajak atau membawa peserta didik ikut andil dalam proses demokrasi di sekolah. Seperti pemilihan ketua kelas, musyawarah dalam pembuatan tata tertib di kelas.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nur Meitiana Zalianti 2053053027 -
Nama : Nur Meitiana Zalianti
NPM: 2053053027

Menurut saya, cara menanamkan civic partisipan salah satunya dengan memilih salah satu model pembelajaran yaitu tanya jawab dan diskusi. dengan metode tersebut peserta didik di SD dapat lebih aktif, kreatif, dan berpikir secara kritis mengenai materi yang diberikan pada saat proses pembelajaran. melalui model pembelajaran ini peserta didik belajar untuk mengemukakan pendapat, mendengarkan opini orang lain, mencari informasi, menyadari adanya perbedaan, membangun empati dan pengertian, untuk kemudian mengambil kesimpulan. Contoh dari penanaman civid yaitu peserta didik bebas mengemukakan pendapat dan berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Ira nursanti 2053053024 -
Izin menjawab pak
Menurut saya
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. cara menanamkan civic participation pada peserta didik yaitu :
1. kita sebagai pendidik bisa mengkoordinir dan melihat perkembangan spek kompetensi tersebut terutama dalam aspek psikomotorik guru PPKn berupaya membentuk civic participation dari peserta didikdalam kegiatan pembelajaran. 2. memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Contoh ditunjukkan dengan adanya bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah seperti melaksanakan upacara bendera,berpartisipasi dalam pentas budaya.
Sekian jawaban dari saya pak
terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Tedi Kurniawan2053053040 -
Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh Izin Menjawab Pak,

Nama : Tedi Kurniawan
Npm : 2053053040

Menurut Saya Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. ... Untuk melihat perkembangan aspek kompetensi tersebut terutama dalam aspek psikomotorik guru PPKn berupaya membentuk civic participation dari peserta didikdalam kegiatan pembelajaran.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Lesi Agustin 2053053037 -
Menurut pendapat saya, cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah dengan cara mengajak, melibatkan, dan membiasakan peserta didik. Jika peserta didik selalu terlibat secara langsung dalam setiap kegiatan, maka lambat laun mereka akan terbiasa melakukannya, sehingga civic partisipan akan tertanam di dalam dirinya. Contohnya yaitu, pemilihan ketua kelas. Melalui pemilihan ketua kelas, pendidik dapat mengajak dan melibatkan peserta didik untuk melakukan voting atau pemilihan secara langsung, adil, dan jujur, sehingga peserta didik akan merasakan bahwa mereka memiliki hak yang sama dalam berpartisipasi. Contoh lainnya yaitu, membiasakan anak untuk menjaga kebersihan seperti ikut serta bekerja bakti membersikan lingkungan sekolah. Dengan begitu peserta didik akan merasa bahwa dirinya mempunyai tanggung jawab dan rasa peduli atas kebersihan sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Herma Handani -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,, Izin menjawab pak..
menurut saya menanamkan civic pada siswa SD supaya mengajak anak untuk menghargai tentang perbedaan, perbedaan bukan berarti kesalahan, mengajarkan tanggung jawab, dan tidak menghakimi.guru sangat berperan penting didalamnya dalam memberikan ilmu pengetahuan tentang demokrasi/politik dan cara yang paling sederhana yaitu pemilihan ketua kelas
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by resti septika 2013053061 -
Izin menjawab pak

Menurut saya ,cara menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu melalui pembelajaran PPKn sebagai alat dalam menerapkan Civic partisipan kepada perserta didik SD itu .karena pembelajaran PPKn ini merupakan Proses pendidikan secara utuh dan menyeluruh dalam pembentukan karakter individu setiap perserta didik Yang cerdas dan baik sesuai dengan nilai - nilai Pancasila dan UUD 1945 .misalnya : saat pemilihan perangkat kelas seperti ketua kelas maka kita sebagai pendidik dapat mengajak perserta didik untuk memilih secara jujur dan demokratis .Tidak membeda - bedakan teman nya .
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Rosa Ramayanti 2053053030 -
Izin pak memperkenalkan diri, 


Nama : Rosa Ramayanti

Npm: 2053053030

Jawabnya: Menurut pendapat saya dalam berpartisipasi di lingkungan SD yaitu dengan cara mengarahkan untuk taat kepada Tuhan YME, mencintai sesama manusia dan alam, serta menjelaskan norma norma apa saja yang di dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Contohnya dengan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan, pencita alam, dan bakti sosial. Harapannya jika semua itu dapat dilaksanakan dengan baik itu sama artinya PPKN sudah berhasil.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Andhara Hani Pramesty -
Menurut saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu guru sangat berperan penting didalamnya dalam memberikan ilmu pengetahuan tentang demokrasi atau politik dan cara yang paling sederhana yaitu pemilihan ketua kelas serta perangkat kelas dengan menggunakan cara voting atau kesepakatan bersama, nah disitulah anak akan tau mengenai pentingnya mengenal demokrasi agar di lakukan dikemudian hari sebagai pedoman dalam berpolitik.