forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 39

silahkan kalian tuliskan apa sajakaah media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tsb....

In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ely Annisa 2013053068 -
Nama : Ely Annisa
NPM : 2013053068

Izin menjawab bu,

Media Pembelajaran adalah perantara untuk menyampaikan informasi dari sumber ke penerima informasi Proses belajar mengajar media pembelajaran adalah alat untuk menyampaikan informasi dari sumber informasi kepada penerima agar dapat merangsang perasaan, pikiran serta dapat mendorong dirinya dalam proses belajar.

Media Pembelajaran bagi anak Kelas Tinggi:
1. Multimedia
Multimedia merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket. Contohnya suatu modul belajar yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio, dan bahan audiovisual.

Kelebihan multimedia antara lain: siswa memiliki pengalaman yang beragam dari segala media, dapat menghilangkan kebosanan siswa karena media yang digunakan lebih bervariasi, sangat baik untuk kegiatan belajar mandiri.

Kelemahan multimedia antara lain: biayanya cukup mahal dan memerlukan perencanaan yang matang dan tenaga yang profesional.

Alasan: Media pembelajaran ini cocok digunakan di kelas tinggi tinggi karena dalam penerapan media ini perlu adanya pemahaman yang lebih luas dari peserta didik.


2. Media Grafis
Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Yang termasuk media grafis antara lain:
a) Grafik, yaitu penyajian data berangka memalui perpaduan antara angka, garis, dan simbol.
b) Diagram, yaitu gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis simbol.
c) Bagan, yaitu perpaduan sajian kata-kata, garis, dan simbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
d) Sketsa, yaitu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar.
e) Poster, yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
f) Papan Flanel, yaitu papan yang berlapis kain flanel untuk menyajikan gambar atau kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
g) Bulletin Board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flanel. Gambar-gambar atau tulisan-tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.
Kelebihan media grafis antara lain: dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan, dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa, pembuatan mudah dan harganya murah.

Kelemahan media grafis antara lain: membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks, penyajian pesan hanya berupa unsur visual.

Alasan: Media ini cocok digunakan di kelas tinggi karena grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.


3. Media Film
Film disebut juga gambar hidup (motion pictures), yaitu serangkaian gambar diam (still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan pesan audiovisual dan gerak. Oleh karenanya, film memberikan kesan yang impresif bagi pemirsanya. Ada beberapa jenis film, diantaranya film bisu, film bersuara, dan film gelang yang ujungnya saling bersambungan dan diproyeksikan tak memerlukan penggelapan ruangan.

Kelebihan media film antara lain: memberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswa, sangat bagus untuk menerangkan suatu proses, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, lebih realitis, dapat diulang-ulang dan dihentikan sesuai dengan kebutuhan, memberikan kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi sikap siswa.

Kelemahan media film antara lain: harga produksinya cukup mahal, pembuatannya memerlukan banyak waktu dan tenaga, memerlukan operator khusus untuk mengoperasikannya, memerlukan penggelapan ruangan.

Alasan: media ini cocok diberikan di kelas tinggi karena film memberikan kesan yang impresif bagi pemirsanya dan memberikan kesan yang mendalam.


4. Media Bahan Cetak
Media bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan/printing atau offset. Media bahan cetak ini menyajikan pesannya melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustarikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan. Jenis media bahan cetak ini diantaranya adalah:
a) Buku Teks, yaitu buku tentang suatu bidang studi atau ilmu tertentu yang disusun untuk mempermudah para guru dan siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Penyusunan buku teks ini disesuaikan dengan urutan (sequence) dan ruang lingkup (scope) GBPP tiap bidang studi tertentu.
b) Modul, yaitu suatu paket programyang disusun dalam bentuk satuan tertentu dan didesain sedemikian rupaguna kepentingan belajar siswa. Satu paket modul biasanya memiliki komponen petunjuk guru, lembaran kegiatan siswa, lembaran kerja siswa, kunci lembaran kerja, lembaran tes, dan kunci lembaran tes.
c) Bahan Pengajaran Terprogram, yaitu paket program pengajaran individual, hampir sama dengan modul. Perbedaaannya dengan modul, bahan pengajaran terprogram ini disusun dalam topik-topik kecil untuk setiap bingkai/halamannya. Satu bingkai biasanya berisi informasi yang merupakan bahan ajaran, pertanyaan, dan balikan/respon dari pertanyaan bingkai lain.

Kelebihan media bahan cetak antara lain: dapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah yang banyak, pesan atau informasi dapat dipelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing, dapat dipelajari kapan dan dimana saja karena mudah dibawa, akan lebih menarik apabila dilengkapi dengan gambar dan warna, perbaikan/revisi mudah dilakukan.

Kelemahan media bahan cetak antara lain: proses pembuatan membutuhkan waktu yang cukup lama, bahan cetak tebal mungkin dapat membosankan dan mematikan minat siswa untuk membacanya, apabila jilid dan kertasnya jelek, bahan cetak akan mudah rusak dan sobek.

Alasan: Media ini cocok digunakan dikelas tinggi karena media bahan cetak perlu pemahaman yang tinggi, lebih cocok dengan kelas tinggi yang perlu berpikir kritis dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lintang Septianingrum -
Lintang Septianingrum
2013053100
Izin menjawab,
Jenis media pembelajaran yang cocok untuk peserta didik Sekolah Dasar kelas tinggi adalah media komputer.
Alasan media komputer:
Melalui media pembelajaran berbasis komputer, dapat menampilkan berbagai objek secara visual berupa gambar, grafik, video dan ilustrasi. Adanya objek-objek tersebut dapat memudahkan peserta didik dalam memahami suatu konsep yang sedang dipelajari. Selain itu, melalui media pembelajaran berbasis komputer dapat ditampilkan juga objek secara verbal berupa audio atau represetasi lain seperti runing teks dan lainnya. Audio dan teks dalam media pembelajaran berbasis komputer akan membantu peserta didik dalam pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Silvia Ananda -
Silvia Ananda (2013053077) Izin menjawab.
Menurut saya media-media yang tepat bagi kelas tinggi yaitu :
1. Peta dan Globe
Karena menurut saya, peta dan globe menambah minat siswa terhadap penduduk dan pengaruh- pengaruh geografis serta memungkinkan siswa memperoleh gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta bentuk bumi yang sebenarnya.
2. Media Relia
Karena media pembelajaran ini memaparkan tentang benda nyata. Media ini tidak selalu harus dihadirkan di dalam kelas, tetapi bisa mengajak langsung murid atau pelajar untuk mengamatinya. Misalnya seperti belajar mengenai fotosintesis atau praktikum laboratorium.
3. Media Video
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan melihat secara visual dan mendengarkan sesuatu, murid atau pelajar akan lebih mudah memahami bahan yang diajarkan. Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik seperti video bisa dijadikan salah satu cara agar proses pembelajaran tidak membosankan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Della Delista -
Della Delista
2013053115
Media yang tepat untuk peserta didik SD kelas tinggi

1. Media Visual
media ini mudah digunakan, ,udah untuk dicari, serta dapat mengambarkan ataupun menjelaskan materi yang tidak dapat langsung dilihat di dalam kelas.
contohnya: Gambar peristiwa, Tokoh nasional, dll

2. Media audio visual
media ini sangat menarik karena diisi oleh karakter ataupun suara-suara yang kreatif. Penjelasannya pun dapat mendetai dengan memasukkan unsur-unsur materi secara keseluruhan
contohnya: Video animasi penjelasan materi hak dan kewajiban

3. Media audio
media ini juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi para pendidik. Implemntasinya pendiidk dpat membuat sebuah lagu yang liriknya mengandung materi seperti simbol pancasila. kemudia direkam dan dengarkan ke peserta didik.
contohnya: Rekaman lagu yang didengarkan melalui speaker
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yohana Aguslina. S 2013053084 -
Yohana Aguslina S
2013053084
Izin menjawab, media yang tepat untuk anak SD kelas tinggi ialah media visual, media audio visual, dan media sumber aneka.
Media visual ialah media yang memfokuskan indera penglihatan saat proses belajar mengajar. Media ini memiliki kelebihan mampu menarik perhatian siswa, memperjelas materi, dan menggambarkan ide pokok materi yang mudah diingat.
Media audio visual ialah media yang menampilkan gambar dan suara. Media ini dapat meningkatkan rasa semangat siswa dalam belajar serta menunjang keberhasilan
Media serba aneka ialah media yang disesuaikan dengan potensi di suatu negara.
media serba aneka juga dapat dilakukan dengan menggunakan aneka benda yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. mengajak siswa untuk mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan fokus mata pelajaran. Sehingga hal ini dinilai efektif untuk membuat siswa tidak bosan saat melakukan proses belajar mengajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dela Nowinda Citra -
Dela Nowinda Citra (2013053134) izin menjawab. Menurut saya, media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu:
1. Komik pendidikan.
Media ini cocok untuk kelas tinggi karena tampilan nya menarik dan mengasah kemampuan siswa untuk memahami keadaan cerita yang ada dikomik tersebut yang berhubungan dengan mata pelajaran atau materi yang akan dibahas. Selain itu, media komik pendidikan juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu:
a) Komik menambah perbendaharaan kata-kata pembacanya, penggunaan warna dalam komik akan membuat konsentrasi dan daya tangkap otak akan meningkat. Peserta didik akan lebih mudah mengingat huruf, kata bahkan kalimat dan menyimpan dalam waktu yang lama.
b) Mempermudah siswa menangkap hal-hal atau rumusan yang abstrak, kerumitan bahan ajar dapat disederhanakan seperti objek-objek yang terlalu besar, berbahaya, atau terlalu jauh untuk dikunjungi dapat dihadirkan melalui media komik.
c) Dapat mengembangkan minat baca anak, media pembelajaran yang menarik membuat minat baca siswa meningkat, terutama ketika komik berisi cerita yang menuntut siswa untuk mencari tahu sesuatu seperti komik detektif.
d) Seluruh jalan cerita komik menuju pada satu hal yakni kebaikan, jalan cerita didalam komik endingnya selalu yang menag itu yang baik dan benar serta tokoh dalam cerita berakhlir bahagia.
2. Media Interaktif.
Media Pembelajaran Interaktif dapat dijadikan sebagai alat untuk menyalurkan pesan (materi-materi pembelajaran) agar lebih menarik, sehingga lebih disukai oleh peserta didik dan tidak membosankan. Dengan adanya penerapan pembelajaran multimedia interaktif ini bisa mengubah mindset para peserta didik yang mengira bahwa dalam pembelajaran hanya itu-itu saja dan setiap materi akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik.
Media interaktif juga memiliki beberapa keunggulan yaitu:
• Meningkatkan “level” pembelajaran dengan menampilkan materi dalam bentuk video, animasi, game, dan lain sebagainya.
• Membuat waktu pembelajaran lebih efektif dan efisien
• Karena bersifat interaktif, maka akan lebih mudah menarik para peserta didik untuk berinteraksi dengan pengajar, selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik
• Menambah motivasi belajar peserta didik
Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nila Amalia Nabila -
Saya Nila Amalia Nabila dengan NPM 2013053107 izin menjawab,
Media yang tepat untuk pembelajaran dikelas tinggi adalah media yang bersumber dari: (1) lingkungan kelas/sekolah, (2) lingkungan rumah siswa, (3) internet (gambar, video, audio), (4) buku, dan (5) tubuh guru/siswa. Keunggulan dari media pembelajaran menggunakan alat bantu ini ialah dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat dicerna dengan baik oleh siswa siswi. Sehingga hal ini menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang menyenangkan. Kemudian alasan saya memilih beberapa media tersebut karena Media ini memiliki kelebihan mampu menarik perhatian siswa, memperjelas materi, dan menggambarkan ide pokok materi yang mudah diingat. Dengan media tersebut juga bisa menambah rasa semangat dan menghilangkan kejenuhan belajar dikelas. Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Annisa Hasbid 2013053075 -
Annisa Hasbid (2013053075)
1. Media Grafik
Fungsi grafik sendiri sebagai penggambaran data kuantitatif untuk menerangkan sesuatu. Beberapa macam grafik yang dikenal, antara lain grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, hingga grafik gambar.

Untuk grafik lingkaran biasanya menjadi penggambaran informasi mengenai porsi data tertentu. Kalau grafik gambar biasanya menjadi pilihan lain, selain grafik batang untuk melukiskan nilai. Jangan lupa cantumkan keterangan lengkap agar siswa tidak kebingungan

2. Media Relia dan Poster
Melakukan praktikum di laboratorium juga termasuk dalam media pembelajaran relia ini.
Untuk subjek tertentu, Anda juga bisa menggunakan poster. Tampilkan poster yang menarik, dinamis, namun tetap berkualitas. Sebaiknya tingkat kerumitan poster juga disesuaian dengan kelas siswa. Poster yang ditampilkan untuk siswa kelas 6 SD tentunya memiliki kerumitan berbeda dibandingkan dengan poster untuk siswa kelas di bawahnya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nanda Novitasari 2013053175 -
Nanda Novitasari (2013053175) izin menjawab.
Menurut saya, media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada kelas tinggi di sekolah dasar ialah media audio dan media multimedia. Hal tersebut karena kedua media tersebut memiliki peran serta kelebihan yang baik untuk dapat mengefektifkan proses pembelajaran terutama di dalam tahapan penyampaian materi yang memang membutuhkan media yang sifatnya variatif agar peserta didik lebih termotivasi dan memahami terkait materi tersebut berkat penggunaan media yang disesuaikan tersebut. Media audio sangat tepat untuk digunakan di kelas tinggi ialah karena peserta didik pada tingkatan kelas tinggi memiliki tingkat fokus untuk mendengarkan sesuatu jauh lebih baik daripada tingkatan rendah, dan dengan melalui mendengarkan tersebut, peserta didik juga di usia tingkatan kelas tinggi sudah bisa lebih mudah untuk memahami serta mengingat materi yang diberikan. Adapun kelebihan dari media audio ini ialah, di dalam penerapannya media ini dapat digunakan dengan cara bersama-sama, dan karena media ini bisa berbentuk file, hal tersebut memudahkan peserta didik untuk dapat mengulang untuk mendengarkan materi tersebut dengan cara memutar kembali.
Lalu, media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada peserta didik kelas tinggi selanjutnya ialah media multimedia, media ini sangat tepat untuk digunakan pada kelas tinggi, hal tersebut karena peserta didik pada kelas tinggi sudah lebih mampu untuk dapat mengoperasikan suatu media. Adapun kelebihan dari media ini ialah media ini sangat bersifat interaktif, hal tersebutlah yang sangat memungkinkan adanya suatu umpan balik yang didapat oleh peserta didik dari media yang digunakan tersebut, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan motivasi belajar peserta didik.
Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yenny Nafisah 2013053143 -
Yenny Nafisah (2013053143) izin menjawab
Media yang dapat digunakan yaitu;
1. Media Pop-up Book
Media ini digunakan untuk pembelajaran bertema NKRI. Didalam Pop-Up Book ini menampilkan gambar-gambar keragaman suku bangsa dan banyak sekali gambar yang akan membuat peserta didik menyukai pembelajaran NKRI ini. Dengan media ini guru dapat menjelaskan pentingnya toleransi demi menjaga keutuhan NKRI.
2. Media audio visual
Media ini akan menyenangkan bagi peserta didik karena mereka bisa melihat gambaran dan mendengar materi yang disampaikan. Sehingga peserta didik akan tertarik untuk memperhatikannya.
3. Media audio
Media pembelajaran ini dapat mengembangjan iimajinasi dan kemampuan menyimak peserta didik.
4. Media sebaneka (Media sumber belajar masyarakat),dengan Peserta didik akan terjun ke masyarakat dan meningkat kan jiwa sosialnya serta mereka dapat memeplajarinya secara nyata.

Alasan memilih media tersebut yaitu proses pembelajaran di kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematis untuk membelajarkan siswa tentang konsep dan generalisasi sehingga penerapannya (menyelesaikan masalah, menggabungkan, menghubungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat, dan membagi). Maka dari itu media yang digunakan untuk kelas tinggi yaitu media yang interaktif.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Kamila Khusna Amalia 2013053063 -
Kamila Khusna Amalia
2013053063
Izin menjawab
Menurut saya media pembelajaran yang cocok untuk kelas tinggi yaitu
1. menggunakan media audio visual, karena dengan media pembelajaran ini peserta didik dapat memahami pembelajaran karena didalamnya terdapat suara dan gambar. kelebihan media ini adalah peserta didik dapat lebih memahmi pembelajaran yang disampaikan dengan media pembelajaran ini juga peserta didik lebih dapat fokus memperhatikan materi yang diberikan.
2. Media grafis termasuk media visual yang berfungsi menyalurkan pesan dari sumber pesan ke penerima pesan. Saluran yang digunakan adalah mengutamakan indra penglihatan (visual). Karena agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien, pesan yang disampaikan dituangkan ke dalam simbol komunikasi yang digunakan adalah simbol visual.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Uswatun Isna Lutfiani 2013053074 -
Saya Uswatun Isna Lutfiani
NPM 2013053074
Izin menjawab,
Pada jenjang peserta didik kelas tinggi memiliki karakteristik yaitu adanya minat terhadap aktivitas yang melibatkan sesuatu yang konkret dan cenderung membandingkan aktivitas-aktivitas praktis. Dengan melihat karakteristik tersebut, menurut saya media yang cocok untuk peserta didik kelas tinggi ini adalah media gerak dan media yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat materil. Kelebihan dari media tersebut antara lain, menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik, memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya, metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan, membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya.

selain media gerak dan media yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat materil, media audio juga cocok diterapkan di kelas tinggi karena usia peserta didik kelas tinggi yang sudah dapat menangkap dengan cepat apa-apa saja yang mereka dengarkan. Misalnya diputar lagu anak-anak, kemudian mereka diminta untuk menebak tentang apa lagu tersebut maka mereka sudah dapat menjawabnya.

kemudian, media komputer. media ini sudah cukup sesuai untuk peserta didik kelas tinggi karena mereka sudah mampu menggunakan media elektronik. dengan komputer juga peserta didik menjadi lebih bisa mengikuti perkembangan zaman.
Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nurul Aulia Azharie -
Nurul Aulia Azharie
2013053151

Izin menjawab,
Jenis media pembelajaran yang cocok untuk peserta didik Sekolah Dasar kelas tinggi adalah Media Audio Visual

Media Audio Visual merupakan jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsur jenis media yang pertama dan kedua.

Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang akan disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara.

Salah satu teknologi dalam proses pengajaran itu adalah memilih media pembelajaran. Media pembelajaran menurut Rossi dan Breidle adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan, seperti radio, televisi, buku, koran, majalah, dan sebagainya. Media pembelajaran inilah yang akan membantu memudahkan siswa dalam mencerna informasi pengetahuan yang disampaikan. Media pembelajaran menurut karakteristik pembangkit rangsangan indera dapat berbentuk Audio (suara), Visual (gambar), maupun Audio Visual.

Pengajaran melalui audio visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyektor film, televisi, tape recorder dan proyektor visual yang lebar. Jadi pengajaran melalui audio visual adalah penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata simbol-simbol yang serupa. Jenis audio visual media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua. Media ini dibagi menjadi dua:

Audio visual diam: yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti film bingkai suara (sound slides), film rangkai suara, cetak suara.

Audio visual gerak: yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video-cassette.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Adelia Grita Sasena 2013053158 -
Adelia Grita Sasena (2013053158)
Izin menjawab,
Beberapa media pembelajaran untuk anak SD kelas tinggi adalah :
1. Media Gambar
Menurut saya dengan penggunaan media gambar pada penjelasan materi akan lebih memudahkan peserta didik memahami materi yang dipelajari karena mereka dapat melihat seperti apa objek yang sedang dibahas. Misalnya saja seperti materi mengenal Pancasila, disini peserta didik dapat mengerti gambar-gambar pada sila-sila, dan lainnya.
2. Media pembelajaran Sederhana/Alat peraga
Hampir sama seperti media gambar, hanya saja media ini lebih 3D. Artinya media ini bisa dilihat berbagai arah serta peserta didik dapat berinteraksi dengan media ini secara langsung. Dengan interaksi ini peserta didik jadi lebih tertarik dalam menggali lebih ilmu yang sedang dia pelajari.
3. Media Pembelajaran Interaktif berbasis Digital
Ini memungkinkan peserta didik belajar sambil bermain. Biasanya dalam penggunaannya menggunakan powerpoint interaktif. Dalam ppt interaktif ini, peserta didik dapat mendengarkan/membaca materi dan menjawab pertanyaan secara langsung di komputer yang akan menimbulkan semangat belajar. Dengan penggunaan komputer ini juga mengajarkan peserta didik di bidang teknologi.

Sekian jawaban dari saya, mohon maaf atas kesalahannya.
Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Safitri Wahyuningtias -
Saya Safitri Wahyuningtias (2013053095)
izin menjawab, menurut saya media yang tepat bagi kelas tinggi adalah sebagai berikut:
  1. Media sumber belajar masyarakat (karyawisata, kemah). Dengan menggunakan jenis media ini anak akan belajar secara langsung dari apa yang terjadi di lingkup masyarakat sehingga peserta didik bisa mengamati langsung dan mencoba memahami seputar yang disampaikan.

  2. Media Proyeksi (LCD, Film). Media proyeksi merupakan media visual yang digunakan dengan menggunakan proyektor sehingga media ini membutuhkan alat elektronik. menurut saya anak akan tertarik belajar menggunakan media-media yang berhubungan dengan teknologi, selain memberi kemudahan dalam proses menyampaikan materi, anak juga akan menerima materi tersebut dengan baik pula karena beragam bentuk, warna yang ditampilkan.

  3. Media powerpoint. Media ini tepat digunakan untuk kelas tinggi karena materi yang lebih kompleks dan penalaran peserta didik sudah mumpuni jika menggunakan media ini. Materi materi kelas tinggi tergolong lebih berat misalnya pada muatan pelajaran IPA yakni fungsi rangka manusia, jelas jika hanya menggunakan sumber belajar seperti buku pasti akan membuat peserta didik cukup bosan maka dari itu bisa menggunakan media powerpoin dengan memasukan gambar rangka manusia kemudian bisa menggunakan proyektor untuk menghasilkan gambar yang lebih besar sehingga peserta didik dalam satu kelas bisa melihat obyek tersebut.


In reply to First post

Re: forum diskusi

by Agista Rahma Utami 2013053076 -
Saya Agista Rahma Utami (2013053076), izin menanggapi.

Menurut saya, media yang tepat bagi peserta didik sekolah dasar tingkat kelas tinggi ialah multimedia dan media bahan cetak.
Media multimedia digunakan agar proses pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton. Tingkat materi untuk peserta didik kelas tinggi tentunya lebih kompleks daripada peserta didik kelas rendah. Untuk itulah, untuk meminimalisir peserta didik mengalami kemunduran semangat dalam belajar, maka pendidik perlu menyelingi proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia.
Namun, kita tahu bahwa dapat kita jumpai sekolah yang memiliki keterbatasan dalam sarana dan prasana yang kurang mendukung proses pembelajaran. Untuk itulah, pendidik dapat menyiasati agar peserta didik didukung media pembelajaran berupa media cetak. Pertimbangan ini mengenai peserta didik kelas tinggi telah dapat mengikuti pembelajaran yang lebih abstrak. Untuk itulah, media cetak dapat mendukung peserta didik untuk mendalami materi. Media ini dapat menutup kekurangan pada media pembelajaran multimedia yang relatif lebih kompleks dalam pengadaannya.

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Batrisya Aulia 2013053170 -
Batrisya Aulia (201303170)
Izin menjawab,

Menurut saya, media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi adalah sebagai berikut.
1. Media Audio Visual
Karena media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa.
Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

2. Peta dan Globe
Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan.
Salah satu jenis media pembelajaran ini dapat memungkinkan siswa untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia. Selain itu jenis media pembelajaran juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis.
Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by anggun anjela 2013053091 -
Saya Anggun Anjela, (2013053091) izin menjawab Bu, beberapa media yang tepat untuk digunakan bagi siswa kelas tinggi yaitu media audio,seperti tape recorder, laboratorium bahasa dan lain-lain. Media visual, seperti grafis, peta dan globe, Bagan dan segala bentuk media yang bisa dilihat oleh mata. Media audio visual, seperti video pembelajaran.

Alasan mengapa saya memilih media tersebut karena dalam pembelajaran khususnya seperti sekarang ini siswa akan merasa bosan bila hanya menggunakan media seperti buku cetak saja, namun jika menggunakan media seperti video pembelajaran, gambar yang menarik, siswa akan lebih tertarik dan tidak akan mudah merasa bosan dalam pembelajaran. Selain itu beberapa media pembelajaran tersebut memiliki kelebihan-kelebihan diantaranya :
1. Dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainnya.
2. Meningkatkan perhatian dan daya tarik bagi siswa.
3. Pemakainya tidak membosankan
4. Hasilnya lebih mudah untuk dimengerti dan difahami.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Widya sulistiyani -
Nama : Widya Sulistiyani
Npm : 2013053172

Izin menjawab

1. Media Audio Visual
Karena media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Dengan begitu metode pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan untuk para siswa.
Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

2. Peta dan Globe
Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan.
Salah satu jenis media pembelajaran ini dapat memungkinkan siswa untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia. Selain itu jenis media pembelajaran juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by bella selvana -
Bella Selvana (2013053104)
Izin menjawab,
Menurut saya media pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu
1.Media audio visual
Alasan memilih media ini karena media ini dapat dimaknai
sebagai alat yang bisa menampilkan gambar dan memunculkan suara. Media
audio visual bisa diartikan juga sebagai jenis suatu media yang memuat unsur
gambar dan juga memuat unsur suara yang bisa didengar, misalnya slide suara,
film, rekaman video, dan lainnya.

2.Media serbaneka ( media tiga dimensi )
Media pembelajaran ini hanya akan berpusat pada potensi lingkungan
saja dan memanfaatkannya. Contoh dari media pembelajaran ini adalah
papan tulis, realitas, media tiga dimensi, sampai dengan sumber belajar pada
masyarakat. Dari media-media tersebut kami memilih 1 media yaitu media
tiga dimensi. Contoh media tiga dimensi yaitu diorama. Diorama adalah
suatu kotak yang di dalamnya berisi dengan tiruan pemandangan atau suatu
benda yang lengkap dengan sesuatu yang berada di sekitarnya
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Putri ristamarin 2053054009 -
Nama : Putri Ristamarin
NPM : 2013053185

Izin Menjawab
1. Media visual
Alasan:
Media visual bisa membangkitkan minat belajar pada siswa karena dapat menghubungkan materi yang dipelajari oleh siswa dengan keadaan aslinya pada dunia nyata. “Media visual merupakan alat bantu mengajar yang dipakai guru dalam proses pembelajaran yang bisa dinikmati oleh siswa melalui visi atau panca indera." Media visual dikatakan mampu menampilkan, hal-hal nyata dari fenomena yang dipelajari. Dengan memakai media visual ini, siswa tidak hanya membayangkan fenomena dalam pembelajaran yang dipelajari, guru bisa lebih mudah menunjukkan apa yang dimaksud dan apa yang akan disampaikan.

2. Media audio-visual
Alasan:
Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah meda audio visual. Media ini mempunyai kemampuan yang lebih, karena media ini mengandalkan dua indera sekaligus, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan. Dengan media tersebut diharapkan bisa membangkitkan motivasai dalam belajar dan memperjelas materi yang disampaikan.
Media audio-visual juga bisa dimanfaatkan untuk hampir semua topik, tipe peserta didik, dan setiap ranah baik ranah kognitif, afektif, psikomotorik, dan interpersonal. Pada ranah kognitif, peserta didik bisa mengobservasi rekreasi dramatis dari kejadian sejarah masa lalu dan rekaman aktual dari peristiwa terkini, karena unsur warna, suara dan gerak di sini mampu membuat karakter berasa lebih hidup. Selain itu menonton video, setelah atau sebelum membaca, dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi ajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rizaluddin Armandri 2013053145 -
Media yang tepat untuk peserta didik SD kelas tinggi

1. Media Visual
media visual lebih mudah didapatkan serta lebih mudah digunakan karena kita bisa menjelaskan materi melalui sebuah gambar yang belum tentu ada di dalam kelas.
contohnya: Gambar hewan, tumbuhan, pahlawan nasional, dll.

2. Media audio
Untuk beberapa mata pelajaran perlu menggunakan model pembelajaran yang berbasis listening (mendengarkan) seperti pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris, muatan lokal, dll. Maka media audio menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam contoh tersebut.
contohnya: Laboratorium bahasa, Radio, Alat perekam pita maknetik

3. Media audio visual
media audio visual merupakan media yang komplek dan sangat menarik karena bisa menampilkan suara serta gambar/visual sehingga media ini dapat digunakan pada hampir setiap situasi dan kondisi.
contohnya: Video pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Aisyah Mutiara Sani 2013053102 -
Nama : Aisyah Mutiara Sani
NPM : 2013053102
izin menjawab :

Menurut saya media pembelajaran dikelas tinggi adalah menggunakan media audio dengan media audio visual,karena anak kelas tinggi pastinya sudah memiliki imajinasi yang lebih tinggi serta daya tanggap yang lebih baik,sehingganya ketika pembelajaran disajikan dengan sebuah video ataupun audio mereka sudah bisa mengerti sebagain besar isi dari pembelajaran tersebut meskipun tanpa penjelasan pendidik.
Kelebihan dan kekurangan media audio antara lain : harga murah dan sifatnya mudah untuk dipindahkan, dapat digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali,serta dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya. Kekurangannya antara lain : media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berpikir abstrak,dan media audio menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif yang bersifat abstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.

Kelebihan dan kekurangan media audio visual antara lain : materi pelajaran yang sama dapat disebarkan secara serentak,perhatian anak-anak dapat dipusatkan,dan menghemat waktu dan rekaman dapat diputar berulang-ulang.Kekurangannya antara lain : sifat komunikasinya yang bersifat satu arah haruslah diimbangi dengan pencarian bentuk umpan balik yang lain,dan audien tidak akan dapat mengikuti dengan baik kalau video diputar terlalu cepat.
Sekian jawaban dari saya,mohon maaf jika terdapat kekeliruan.Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yuliana Vira 2013053118 -
Yuliana Vira
2013053118

Media yang tepat untuk kelas tinggi yaitu :

1. Media visual
Media pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses belajar mengajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi, salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor.

Keunggulan dari media pembelajaran menggunakan alat bantu visual ini ialah dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat dicerna dengan baik oleh siswa siswi.

2. Media audio
Proses belajar mengajar dengan menggunakan media ini difokuskan pada indra pendengaran.

Alat bantu yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar menggunakan media audio ini di antaranya tape recorder, radio, telepon, dan lain sebagainya.

3. Media audio visual
Media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa.

Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

4. Media peta dan globe
Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan.

Jenis media pembelajaran ini dapat memungkinkan siswa untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia. Selain itu jenis media pembelajaran juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nanda Nur Romadhanita -
Nama : Nanda Nur Romadhanita
NPM : 2013053111

Izin Menjawab
1. Media visual
Alasan:
Media visual (image atau perumpamaan) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Media visual bisa membangkitkan minat belajar pada siswa karena dapat menghubungkan materi yang dipelajari oleh siswa dengan keadaan aslinya pada dunia nyata. “Media visual merupakan alat bantu mengajar yang dipakai guru dalam proses pembelajaran yang bisa dinikmati oleh siswa melalui visi atau panca indera." Media visual dikatakan mampu menampilkan, hal-hal nyata dari fenomena yang dipelajari. Dengan memakai media visual ini, siswa tidak hanya membayangkan fenomena dalam pembelajaran yang dipelajari, guru bisa lebih mudah menunjukkan apa yang dimaksud dan apa yang akan disampaikan.


2. Media audio-visual
Alasan:
Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah meda audio visual. Media ini mempunyai kemampuan yang lebih, karena media ini mengandalkan dua indera sekaligus, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan. Dengan media tersebut diharapkan bisa membangkitkan motivasai dalam belajar dan memperjelas materi yang disampaikan.
Media audio-visual juga bisa dimanfaatkan untuk hampir semua topik, tipe peserta didik, dan setiap ranah baik ranah kognitif, afektif, psikomotorik, dan interpersonal. Pada ranah kognitif, peserta didik bisa mengobservasi rekreasi dramatis dari kejadian sejarah masa lalu dan rekaman aktual dari peristiwa terkini, karena unsur warna, suara dan gerak di sini mampu membuat karakter berasa lebih hidup. Selain itu menonton video, setelah atau sebelum membaca, dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi ajar. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang akan disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Alasan pemilihan media audiovisual karena pada kelas tinggi isi pembelajaran sudah mulai kompleks dan perlu alat pendukung seerti proyektor agar pembelajaran menjadi eketif.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by DEVITA SARI 2013053125 -
NAMA : Devita Sari
NPM : 2013053125

Izin menjawab
1. Media Audio Visual
Media pembelajaran audio visual merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Tujuan dari penggunaan media audio visual untuk mengembangkan kemampuan kognitif dengan memberikan rangsangan berupa gambar bergerak dan suara, serta menyampaikan pesan untuk mempengaruhi sikap dan emosi. Oleh karena itu, media audio visual sangat cocok bagi anak SD kelas tinggi. Kelebihan dari media audio visual, yaitu :
1) Memperjelas penyajian pesan,
2) Konsep yang terlalu luas dapat divisualkan dalam bentuk film, film bingkai, dan gambar.
3) Media audio visual berperan dalam pembelajaran tutorial,
4) Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
5) Mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan katakata oleh guru. Sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.

2. Media Peta dan Globe
Peta dan globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi, sebagai alat peraga, sebagai catatan visual permanen, memberikan pengetahuan relatif dan tetap tentang posisi suatu wilayah, sebagai alat komunikasi dan alat analisis serta sebagai media pembelajaran, tetapi secara khusus peta dan globe tersebut memberikan informasi tentang keadaan permukaan bumi, tempat, arah, jarak, data-data budaya, informasi tentang permukaan bumi, dapat melengkapi pengetahuan dan informasi tentang arah, jarak, bentuk dan ukuran suatu wilayah, dapat menambah arti dari suatu bahan deskriptif, dapat memperlihatkan bentuk bumi yang mendekati kebenarannya, dapat mendemontrasikan gerakan rotasi bumi dari barat ke timur dan menunjukan suatu lokasi walaupun tidak sedetail peta, serta mengumpulkan dan menyeleksi data-data atau keterangan dari suatu daerah yang akan disajikan pada peta dengan bentuk simbol yang konvensional.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by HANISA PUTRI 2013053121 -
Nama: Hanisa Putri
NPM : 2013053121

Izin menjawab bu,

Media pembelajaran yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, menurut saya yaitu:
1. Media Pembelajaran Multimedia Interaktif ( Audio Visual)
Media pembelajaran ini cocok digunakan pada mata pelajaran PKN SD, karena materi pkn di rasa banyak hafalan, harus berulang-ulang membaca untuk menghafal, sering bingung, mudah bosan dan kurang termotivasi sehingga peserta didik merasa sulit dan tidak menyukai pelajaran pkn. Dengan menggunakan media multimedia interaktif ini dapat meningkatkan kembali motivasi dan ketertarikan mereka dalam pembelajaran, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Contoh media multimedia interaktif ini seperti, PPT interaktif, Vidio pembelajaran, Film dan sebagainya.

2. Media Barang Cetak (Visual)
Media jenis ini sangat mendukung pembelajaran di kelas tinggi, karena peserta didik dapat mampu memahami suatu materi dengan langsung melihat media pembelajaran visual yang memperjelas materi yang dipahami sebelumnya. Contoh nya seperti, buku, surat kabar, flip chart, flannel, matrik, gambar, brosur, dan sebagainya.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rosyid Bayu Pamungkas -
Nama : Rosyid Bayu Pamungkas
NPM : 2013053144

Menurut saya media yang tepat bagi peserta didik SD kelas tinggi adalah media pembelajaran baik audio, visual, ataupun audio-visual.
1) Media audio ini dapat berupa media radio, kaset atau rekaman suara. Peserta didik kelas tinggi sudah dapat membayangkan materi yang abstrak, selain itu media audio ini juga dapat mengasah keterampilan mendengarkan peserta didik sehingga dapat lebih fokus.
2) Media visual ini dapat berupa gambar, poster, globe, PPT ataupun peta. Peserta didik kelas tinggi tepat menggunakan media visual ini karena memudahkan mereka melihat materi yang diajarkan sehingga dapat memberikan materi pelajaran yang konkrit.
3) Media audio-visual ini dapat berupa video animasi ataupun video pembelajaran. Media ini tepat digunakan karena dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, hal ini terjadi karena media yang digunakan menarik.
Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Kori Alfina Martatilofa -
Kori Alfina Martatilofa
2013053161
- Media audio visual
Dengan menayangkan video pembahasan dan pengenalan sikapsikap yang berkarakter kepada anak didik, diharapkan anak mampu memahami materi pembelajaran PKN SD dengan lebih mudah, alas an memilih media audio visual cocok untuk media pembelajaran anak kelas tinggi karena akan menarik perhatian siswa dan anak cenderung lebih focus karena tidak membosankan. Media ini mempunyai kemampuan yang lebih, karena media ini mengandalkan dua indera sekaligus, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan.
- Media audio
Dengan mendengarkan Suatu penjelasan dari guru yang menambah pemahaman dan wawasan anak didik diharapkan dengan begitu anak didik dapat menerima dan menyerap informasi dengan baik, anak didik akan berlatih kemampuan menyimaknya dan menjadi lebih kritis terhadap permasalahan dan penjabaran yang dijabarkan oleh Pendidik, media audio sangatlah mudah didapat dan murah, dengan metode guru menjelaskan materi namun tantangannya guru harus mengemas materi itu dengan baik supaya tidak membosankan.
-Media pembelajaran peristiwa 
media pembelajaran ini peserta didik kelas tinggi mampu untuk mengembangkan kemampuan kecerdasan moralitasnya. Media pembelajaran ini mengadakan perbincangan ilmiah untuk mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau penyusun berbagai alternative pemecahan atas sesuatu masalah.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Tika Rahmawati 2013053090 -
Nama : Tika Rahmawati
NPM : 2013053090

Izin menjawab,
Menurut pendapat saya, media yang tepat digunakan untuk peserta didik kelas tinggi yaitu:
1. Media interaktif
Media interaktif ini biasanya mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video, audio, dan video game. Media interaktif sangat cocok digunakan karena mampu menarik perhatian peserta didik dan peserta didik menjadi senang atau termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

2. Media pop up book
Media pop up book merupakan jenis media 3D yang mampu memberikan efek menarik, karena setiap halamannya dibuka akan menampakkan sebuah gambar yang timbul dan materi yang terdapat di Pop-Up Book bisa disesuaikan dengan materi ajar yang ingin disampaikan. Alasan saya memilih Media pop up book karena media ini memberikan visualisasi cerita yang lebih menarik mulai dari tampilan gambar yang terlihat lebih memiliki dimensi hingga gambar yang dapat bergerak ketika halamannya dibuka atau bagiannya digeser. dapat memberikan kejutan-kejutan ketika setiap sisinya dibuka; memancing antusias dalam membaca. Namun dalam pembuatannya media ini membutuhkan biaya yang cukup mahal dibandingkan media lainnya.

3. Media yang menggunakan alat peraga
Media alat bantu pembelajaran dan segala macam benda yang digunakan untuk memperagakan materi pelajaran. pembelajaran dengan segala macam benda yang digunakan untuk memperagakan materi pelajaran. Alasan saya memilih media pembelajaran ini adalah media alat peraga memiliki beberapa Kelebihan, yaitu: (a) Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran lebih menarik; (b) Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa tidak akan mudah bosan; (c) Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti: mengamati, melakukan, mendemonstrasikan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Arum Mustika Sari 2013053088 -
Nama : Arum Mustika Sari
NPM : 2013053088

Izin menjawab,
1. Media Audio
Media audio merupakan media yang tepat untuk kelas tinggi karena media pembelajaran ini hanya bisa menikmati suara saja tanpa ada visualisasi ataupun teks. Dengan media pembelajaran ini peserta didik kelas tinggi sudah mampu untuk merangsang daya pikirnya. Dalam model ini peserta didik juga harus mampu mengembangkan daya imajinasi pendengar memusatkan perhatian atau fokus pada penggunaan kata, bunyi dan arti dari kata atau bunyi sehingga apabila untuk kelas rendah media ini kurang sesuai.
2. Barang Cetakan Seperti Buku, Surat Kabar, Majalah, Jurnal, dan Brosur.
Media cetakan merupakan media yang tepat untuk kelas tinggi karena media ini dapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah yang banyak dan pesan atau informasi dapat dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas tinggi. Media ini menyajikan pesan atau informasi melaui huruf atau gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang akan disampaikan. Media cetakan meliputi bahan-bahan yang disiapkan di atas kertas pengajaran dan informasi. Media pembelajaran ini mampu menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan dengan fakta maupun konsep abstrak yang bersifat pengetahuan, keterampilan ataupun sikap.
3. Media Pembelajaran Cerita Kasus atau Peristiwa
Media pembelajaran cerita kasus atau peristiwa sangat tepat untuk peserta didik kelas tinggi karena media pembelajaran ini menggunakan bahan diskusi yang berupa cerita-cerita, atau permasalahan yang sangat dilematis (rumit). Media pembelajaran ini mengadakan perbincangan ilmiah untuk mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau penyusun berbagai alternatif pemecahan atas sesuatu masalah. Dengan media ini peserta didik diskusi atau diminta untuk menanggapi kasus dan masalah yang rumit yang dilematis yang telah diberikan pada peserta didik. Kemudian peserta didik dilibatkan pada diskusi berikutnya untuk pencapaian tingkat atau tahapan yang lebih tinggi sehingga media ini tepat untuk kelas tinggi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Gabriel Mario Rivaldo -
Nama : Gabriel Mario Rivaldo
NPM : 2013053132
izin menanggapi

Media relia dan poster
Media pembelajaran yang termasuk relia adalah benda nyata. Media tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, namun Anda bisa langsung mengajak siswa untuk mengamatinya. Melakukan praktikum di laboratorium juga termasuk dalam media pembelajaran relia ini.
Media grafik
Media ini sangat cocok ketika digunakan dalam pembelajaran matematika. Fungsi grafik sendiri sebagai penggambaran data kuantitatif untuk menerangkan sesuatu. Beberapa macam grafik yang dikenal, antara lain grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, hingga grafik gambar.
Media peta dan globe
Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan.
Media Audio Visual
Media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa. Media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

Media Serba Aneka
Media serba aneka merupakan salah suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah. Salah satu yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia ialah media papan tulis, tiga dimensi, dan berbagai sumber lainnya. Selain itu, media serba aneka juga dapat dilakukan dengan menggunakan aneka benda yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nita Yulistiana Nita -
Nita Yulistiana (2013053122)
1. Media papan tulis
2. Video
3. Gambar
4.grafik
5. Manipulatif
6. Relia

Contoh sebagian dari media yang dapat digunkan, seperti papan tulid yang biasa digunakan seharihari saat belajar mengajar, dan untuk penggunaan media lainnya disesuaikan dengan materi belajarnya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Agung Kurniawan 2013053103 -
Nama : Agung Kurniawan
NPM : 2013053103
Izin menjawab,
1. Media Audio Visual
Media audio visual dapat diartikan sebagai media yang memuat unsur gambar dan suara, misalnya slide suara, fil, rekaman video, dan lainnya. Penggunaan media ini didalam kelas tinggi jelas lebih menarik dan memiliki kemampuan
lebih baik. Selain itu penggunaan media ini juga sesuai dengan kebutuhan
peserta didik kelas tinggi yang materi pembelajarannya lebih lua dan lebih
kompleks.
2. Media Serbaneka (Media Tiga Dimensi)
Media pembelajaran ini hanya akan berpusat pada potensi lingkungan saja dan memanfaatkannya. Contoh dari media pembelajaran ini adalah papan tulis,
realitas, media tiga dimensi, sampai dengan sumber media pada masyarakat.
3. Media Diorama
Diaroma merupakan suatu kotak yang didalamnya berisi dengan tiruan
pemandangan atau suatu benda yang lengkap dengan sesuatu yang berada
disekitarnya. Semuanya dibuat lebih kecil daripada keadaan sebenarnya.
Diaroma ini dapat dibuat oleh pendidik dan peserta didik dengan alat dan
bahan seperti kardus, kertas, karton, kawat, busa, pewarna, dan lainnya.
Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lutfia Asnur -
Lutfia Asnur/2013053178, izin menjawab. Menurut saya cukup beragam media pembelajaran yang kiranya tepat digunakan untuk kelas tinggi diantaranya yakni.
1) Media Audio Visual. Penggunaan media audio visual yang bisa dimanfaatkan pendidik untuk pembelajaran kelas tinggi yakni seperti video pembelajaran youtube, video pembelajaran interaktif, video presentasi yang disajikan langsung. Media audio visual tentunya sangat tepat dan penting, dengan penggunaan media audio visual, diharapkan dapat menarik perhatian peserta didik. Hal itu pula diharapkan dapat memudahkan penyampaian pembelajaran oleh pendidik dan juga memudahkan penyerapan pembelajaran bagi peserta didik. Alasan memilih meida ini, sebab media audio visual dapat dapat mengemas materi dengan baik sehingga isi dari mata pelajaran tersebut dapat tersampaikan kepada peserta didik. Dengan dikemas sebaik dan semenarik mungkin oleh pendidik, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dan lebih mudah memahami pelajaran, serta tidak begitu jenuh. 
2) Media Visual, pengajaran media visual secara umum mampu menarik perhatian peserta didik sama seperti media audio-visual. Media visual juga membantu menjaga agar fokus peserta didik tetap berada pada pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Contoh media visual yang bisa disajikan pendidik yakni 1) poster atau gambar digital, 2) infografis yang berisi dan mampu merangkum serta menghadirkan materi informasi secara luas, 3) bagan, globe atau peta konsep materi berwarna, 4) ppt, dll. Alasan memilih media ini, peserta didik kelas tinggi akan lebih mudah memahami yang disampaikan dengan melihat gambar, poster, foto, dan alat peraga. Selain itu perhatian peserta didik juga akan terfokus dengan adanya media visual pada proses penjelasan materi di pembelajaran dengan isi materi yang lengkap dan cakupan yang berbobot. 
3) Media Realia, mslalui media realia ini informasi pembelajaran yang diberikan akan lebih jelas dan akurat, mengingat benda realia merupakan benda yang nyata. Media realia merupakan media yang berupa obyek nyata pada suatu benda yang dapat dilihat, diraba dan dipegang. Alasan mengunakan media ini bagi kelas tinggi, sebab dengan menggunakan benda nyata peserta didik dapat dengan mudah memahami materi yang diajarkan, mereka akan lebih peka dengan kondisi nyata yang ada disekitar. Sehingga memudahkan peserta didik untuk mengingat materi pelajaran karena berinteraksi langsung dengan media atau obyek tersebut, maka penjelasan atau informasi yang berkaitan benda tersebut menjadi jelas dan lebih akurat bagi peserta didik. Terimakasih mohon maaf bila terdapat kekeliruan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Salma Safinatunnajah 2013053093 -

Saya Salma Safinatunnajah (2013053093) izin menjawab,

Media pembelajaran yang tepat untuk anak kelas tinggi. 

1.     Media Audio

Media pembelajaran audio berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media pembelajaran yang tepat untuk anak kelas tinggi adalah laboratorium bahasa dan rekaman pembelajaran.

2.     Media Visual

Media pembelajaran visual adalah penyalur pesan dalam bentuk-bentuk visual, yang berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dan diingat jika disajikan dalam bentuk visual. Jenis media pembelajaran visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak.

  • Media visual diam dapat berupa foto, ilustrasi, grafik, bagan, diagram, poster, peta, dan lainnya.
  • Media visual gerak dapat berupa gambar proyeksi bergerak seperti film bisu.

3.     Media Audio Visual

Media pembelajaran audio visual merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Media pembelajaran yang tepat untuk anak kelas tinggi adalah film, televisi, dan video pembelajaran.


In reply to First post

Re: forum diskusi

by Wahyu Rano Nugroho -

Wahyu Rano Nugroho (2013053120)

Izin menjawab, terdapat beberapa media yang tepat digunakan untuk kelas tinggi, diantaranya:

1.      Media Visual

Media visual merupakan media yang memanfaatkan indera penglihat. Media ini biasanya berupa gambar, baga, grafis, peta, globe, dan media-media lain yang dapat dilihat oleh mata. Media ini dapat digunakan untuk kelas tinggi maupun kelas rendah.

2.      Media Audio Visual

Media audio visual merupakan media yang cukup kompleks karena dapat menyajikan materi dalam bentuk-bentuk visual beserta suaranya. Contoh media audio visual berupa video atau film yang ditayangkan melalui laptop atau televisi. Media ini dapat diterapkan di kelas tinggi maupun kelas rendah. Melalui media ini peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih baik karena dapat menyaksikan materi yang disajikan meski hanya melalui sebuah tayangan.

3.      Media audio

Media audio merupakan alat bantu yang memanfaatkan indera pendengar. Contoh dari media ini seperti speaker. Melalui media audio pendidik dapat menyajikan materi pelajaran dengan lebih menarik serta memberikan kesan kepada peserta didik.Semisal memperdengarkan lagu-lagu wajib nasional dan pembacaan teks proklamasi. Dalam penggunaannya, media audio memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi sehingga cocok digunakan untuk kelas tinggi.     

4.      Media cetak

Media cetak merupakan media berbahan kertas yang berisi informasi dan disajikan dalam bentuk cetak. Contoh media cetak seperti koran, majalah, buku, dan sejenisnya. Media ini mampu memberikan informasi secara lebih detail atau rinci dan dapat melatih kemampuan membaca serta nalar peserta didik sehingga media ini cocok untuk kelas tinggi.   

 



In reply to First post

Re: forum diskusi

by Alga Rahmad Prasetyo -
Alga Rahmad Prasetyo
2013053174

Izin menjawab,
1. Media Audio-Visual
Media ini dapat melatih siswa belajar secara efisien karena audio visual bisa merangsang daya fikir siswa dan mengstimulus siswa untuk berfikir kritis. Media audio visual memberikan sejumlah manfaat bagi proses belajar mengajar. Manakala media ini digunakan dengan tepat guna, media ini mampu menarik perhatian, menantang untuk dilihat, dan memberikan stimulus kerja pada otak. Informasi verbal hanya berfungsi sebagai suplemen namun media ini sekaligus dapat mengurangi informasi verbal yang dibutuhkan, hanya saja penggunaanya harus tepat disesuaikan dengan kebutuhan materi ajar. Contoh dari media audio-visual yang dapat digunakan adalah video yang berisikan sebuah peristiwa yang berkaitan tentang materi yang diberikan.

2. Media Komputer
Media ini memiliki prospek arah pengembangan yang lebih luas secara bertahap komputer dapat dikembangkan untuk meliputi media belajar yang sudah ada dengan mengaplikasikan berbagai macam sofware dan program aplikasi serta menambahkan beberapa hardware sesuai kebutuhan, sehingga guru tinggal meningkatkan keterampilan dan kecakapannya dalam menggunakan teknologi canggih ini.

3. Media Visual ( berupa gambar terkait materi)
Karena, media ini dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat dicerna dengan baik oleh siswa siswi. Sehingga hal ini menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang menyenangkan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Miftahul Khoiriyah -
Nama : Miftahul Khoiriyah
NPM : 2013053169

izin menjawab.
• Media audio
media ini juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi para pendidik. Implemntasinya pendiidk dpat membuat sebuah lagu yang liriknya mengandung materi seperti simbol pancasila. kemudia direkam dan dengarkan ke peserta didik.
contohnya: Rekaman lagu yang didengarkan melalui speaker
• Media audio visual
Media ini akan menyenangkan bagi peserta didik karena mereka bisa melihat gambaran dan mendengar materi yang disampaikan. Sehingga peserta didik akan tertarik untuk memperhatikannya.