forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 36

menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,? terimakasih..

silahkan dijawab: 

In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ely Annisa 2013053068 -
Nama : Ely Annisa
NPM : 2013053068

Izin menjawab
Media pembelajaran merupakan unsur yang penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat membantu guru dalam memperkaya wawasan siswa, dengan berbagai jenis media pembelajaran oleh guru maka dapat menjadi bahan dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Pemakaian media pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru dalam materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dapat dengan mudah dipahami. Media pembelajaran yang menarik bagi siswa dapat menjadi rangsangan bagi siswa dalam proses pembelajaran.

Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus menerus. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa.
Menurut saya, cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media-media belajar dikelas rendah antara lain:
1. Guru harus menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan bagi setiap peserta didiknya
2. Guru harus berupaya seoptimal mungkin agar pelajaran yang diberikan dapat diterima peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah.
3. Guru mengenalkan konsep kepada peserta didik dan peserta didik mengembangkan konsep tersebut, guru bertindak sebagai fasilitator sehingga pengetahuan peserta didik tidak hanya dari guru, dan materi yang dikuasai akan lebih luas.
4. Media belajar dipilih dan digunakan oleh guru harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sehingga kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan peserta didik dapat mengerti materi yang disampaikan.
5. Guru harus memilih media belajar yang paling efektif dari berbagai media yang ada sehingga media yang digunakan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik adalah yang paling tepat dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
6. Dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, guru harus memilih media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan peserta didik dengan proses belajar yang menarik perhatian.
7. Dalam memilih media belajar, guru harus memilih media yang fleksibelitas sehingga dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama, menghemat biaya dan tidak berbahaya semakin digunakan dalam proses pembelajaran
8. Guru haruslah kreatif dalam menyediakan media pembelajaran, contohnya dengan membuat sendiri media pembelajaran yang sederhana atau membuat bersama-sama dengan peserta didik
9. Dalam memilih media pembelajaran, guru harus dapat mempertimbangkan manfaat yang didapat dari pengadaan media tersebut bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
10. Dalam pengadaan media, guru harus mempertimbangkan kualitas dari media tersebut.

Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Media-media belajar tersebut dapat diperoleh dari beberapa sumber sebagai berikut: (1) lingkungan kelas/sekolah, (2) lingkungan rumah siswa, (3) internet (gambar, video, audio), (4) buku, dan (5) tubuh guru/siswa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Della Delista -
Della Delista (2013053115)
Izin menjawab,
Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Pemilihan media juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, ketersediaan, dan implementasinya pada materi yang akan di pelajari. Penggunaan media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak. Hal inilah yang akan membangun motivasi anak dalam belajar.
Untuk siswa kelas rendah terdapat berbagai macam media pembelajaran yang bisa digunakan, contohnya saja media visual yang disajikan dalam bentuk gambar dan media audio visual yang berbentuk video animasi. Pada gambar atau video tersebut berisi penjelasan materi yang akan di pelajari. Atau dapat juga menggunakan media lain, seperti permainan sederhana yang didalamnya di implementasikan materi pembelajaran. Hal ini juga sangat efektif mengingat karakteristik peserta didik kelas rendah masih sangat senang bermain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Silvia Ananda -
Silvia Ananda 2013053077
Izin menjawab, Adapun cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah
1. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan beragam
2. Menjadikan siswa sebagai peserta didik yang aktif
3. Memanfaatkan media seoptimal mungkin
4. Menciptakan kompetisi
5. Mengadakan evaluasi secara berkala
6. Sampaikan motivasi secara langsung
7. Dermawan akan pujian
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Annisa Hasbid 2013053075 -
Annisa Hasbid (2013053075)
Izin menjawab, Bu.
Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan dengan memanfaatkan media belajar. Media belajar yang kreatif dan menarik merupakan daya tarik bagi peserta didik saat belajar. Dengan begitu, peserta didik lebih fokus belajar. Media belajar yang dapat dijadikan alternatif mendukung proses belajar, di antaranya adalah video belajar berbentuk animasi.
Kemudian, ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Peserta didik membutuhkan suasana menyenangkan untuk bisa belajar dengan baik. Ciptakan kegiatan belajar yang santai namun serius, agar peserta didik tidak merasa terlalu tegang. Pendidik juga bisa menyelipkan humor dalam menyampaikan materi pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by NURUL HIDAYAH -
Nurul Hidayah (2013053124)
Izin menanggapi,
Cara saya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas rendah ialah dengan melakukan pembelajaran dengan menggunakan emdia yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. Sebagai contoh, usia pada siswa kelas rendah cenderung masih senang untuk menghabiskan waktu dengan bermain, sehingga fokus mereka terhadap pembelajaran hanya sedikit. Maka dari itu, sebagai pendidik hendaknya membuat kreasi media belajar yang menarik dengan memuat banyak warna dan gambar contohnya. Media belajar yang dapat digunakan seperti permainan mencocokkan kartu dan penggunaan media audio visual seperti power point dan video animasi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yenny Nafisah 2013053143 -
Yenny Nafisah (2013053143)
Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu dengan membuat media pembelajaran yang menarik, interaktif, menyenangkan, dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari. Dengan adanya media pembelajaran yang seperti itu, siswa akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal. Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari bergabagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan.Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran.
Cara yang dapat digunakan agar siswa tertarik dengan media pembelajran tersebut misalnya siswa diajak ikut dalam pembuatan media pembelajaran, siswa yang mengoperasikan media pembelajaran, mengaitkan dengan pengalaman peserta didik. Selain itu cara guru menjelaskan materi melalui media pembelajaran juga harus yang bersemangat. Guru juga perlu menjelaskan manfaat dan cara kerja media pembelajaran tersebut. Usahakan juga media pembelajaran yang digunakan tidak hanya satu, tetapi bervariasi. Diakhir penggunaan media pembelajaran, tanyakan pada peserta didik mengenai media tersebut apakah cukup menarik atau belum.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Tika Rahmawati 2013053090 -
Tika Rahmawati (2013053090)
izin menjawab,

Sebagai seorang pendidik, tidak hanya berkewajiban mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tapi juga harus bisa menjadi motivator belajar untuk peserta didik.

pada abad 21 ini, pendidik dituntut untuk mampu memfasilitasi dan menginspirasi belajar dan kreativitas peserta didik serta merancang dan mengembangkan pengalaman belajar dan asesmen era digital.

Oleh karena itu, untuk mendorong motivasi belajar peserta didik, pendidik dapat memanfaatkan media belajar guna menarik perhatian peserta didik dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi pelajaran.

caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada, seperti membuat media pembelajaran dengan video animasi, multimedia interaktif (game, ppt) yang dapat menarik perhatian peserta didik SD kelas rendah.
terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by anggun anjela 2013053091 -
Saya anggun anjela,NPM (2013053091) izin menjawab bu,
Dalam pelaksanaan pembelajaran motivasi merupakan syarat utama dalambelajar, motivasi juga merupakan modal utama untuk terciptanya aktivitas dalam
belajar. Hal ini dikarenkan penyebab terjadinya segala suatu perubahan energy yang ada pada diri manusia itu disebabkan karena motivasi. Taktik untukmeningkatkan hasil belajar atau pemahaman siswa salah satunya adalah dengan menggunakan media dalam pembelajaran. Media atau benda asli merupakan benda yang dapat membantu pengalaman nyata peserta didik dan menarik minat dan semangat belajar siswa. Dengan menggunakan media benda asli akan memberikan rangsangan yang amat sangat penting bagi siswa untuk mempelajari berbagai hal terutama untuk mempelajari berbagai hal, terutama yeng menyangkut pengembangan keterampilan. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat mengaktifkan
komunikasi antar guru dan para peserta didik dalam kegiatan beajar-mengajar.
Penggunaan media juga dapat membuat pembelajaran lebih bermakna kepada para
peserta didik, dan yang lebih penting lagi adalah dengan menggunakan media dapat memberikan pengalaman yang nyata yang dapat menumbukan kemandirian siswa
dalam belajar. Dengan kata lain penggunaan media pembelajaran sangat berpengaruh dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa SD kelas rendah.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nila Amalia Nabila -
Saya Nila Amalia Nabila dengan npm 2013053107 izin menjawab, upaya atau cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar adalah seorang pendidik harus mampu membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan aktif. Mulai dari cara mengondisikan kelas maupun cara memilih media yang cocok untuk diterapakan pada peserta didik kelas rendah. Kemudian cara guru dalam menyampaikan materi juga harus dikemas semenarik mungkin lewat media belajar tadi, agar peserta didik mampu menangkap informasi atau materi yang diberikan tanpa merasa bosan didalam kelas. Mungkin sekian jawaban singkat dari saya, Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Kamila Khusna Amalia 2013053063 -
Nama : Kamila Khusna Amalia
NPM : 2013053063
Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar yaitu dengan bisa memanfaatkan teknologi atau media yang mudah dijangkau media yang dibuat juga haruslah sesuai dengan materi yang akan diajarkan dengan menggunakan media yang sesuai maka peserta didik dengan begitu akan lebih termotivasi apalagi media pembelajarannya itu dapat menjadi permainan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Agista Rahma Utami 2013053076 -
Saya Agista Rahma Utami (2013053076), izin berpendapat.

Pembelajaran menggunakan media akan membantu memusatkan konsentrasi peserta didik. Media pembelajaran yang dapat diamati langsung oleh peserta didik akan membuatnya memusatkan konsentrasi untuk menyimak penjelasan dari pendidik. Informasi abstrak yang disampaikan oleh pendidik menjadi lebih mudah dicerna karena telah dikonkretisasi. Untuk itulah, cara menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik dengan media pembelajaran yakni menggunakan media pembelajaran yang dapat peserta didik praktikkan juga. Sebab, peserta didik yang mendapat andil untuk menggunakan media pembelajaran akan membuatnya berfokus untuk berpraktik. Sehingga pembelajaran dapat lebih hidup. Misalnya ketika pendidik membawa peraga hitung bagi peserta didik kelas rendah guna membantu mempelajari materi operasi hitung bilangan bulat. Ketika peserta didik dapat mempraktikkan langsung media pembelajaran tersebut, proses pembelajaran menjadi lebih berkesan karena peserta didik termotivasi untuk turut andil menunaikan rasa penasarannya untuk mencoba sendiri media yang dibawa pendidik tersebut. Proses pembelajaran pun lebih berkesan dan berpusat pada peserta didik.

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Aisyah Mutiara Sani 2013053102 -
Nama : Aisyah Mutiara Sani
NPM : 2013053102

izin menjawab,
Beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran yaitu: a) menarik perhatian peserta didik sehingga menumbuhkan motivasi belajar, b) memberikan pengalan nyata,c) mengatasi keterbatasan, d) bahan ajar lebih bermakna dan dapat dipahami peserta didik, e) mengajar lebih bervariasi karena tidak hanya verbal dan membosankan, f) peserta didik lebih banyak belajar, tidak hanya mendengarkan, g) mengembangkan minat dan motivasi, h) menuntun berfikir kongkrit, i) memberikan pengalaman yang tak mudah didapat, j) mempermudah pengajaran.

Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Dimana proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari berbagai sumber akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan. Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran,karakteristik peserta didik,media serta pendidik itu sendiri yang dibuat secara menarik dan benar.
Sekian jawaban dari saya,mohon maaf jika terdapat kekeliruan.Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rosyid Bayu Pamungkas -
Rosyid Bayu Pamungkas
2013053144

Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media belajar bagi kelas rendah yaitu dengan cara menggunakan media belajar yang menyenangkan. Peserta didik kelas rendah cenderung masih suka bermain dan belajar, sehingga untuk membuat peserta didik senang untuk belajar maka kita harus membuat media pembelajaran yang menyenangkan.

Selain itu, membuat media belajar yang interaktif yang dapat dipegang, digunakan, dan dimainkan peserta didik akan membuat peserta didik aktif dan antusias dengan pembelajaran yang berlangsung.

Dengan membuat media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif diharapkan akan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Widya sulistiyani -
Nama : Widya Sulistiyani
Npm : 2013053172

Izin menjawab

Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu sebagai pendidik harus pandai memilih dan menentukan media pembelajaran yang menarik, kreatif sederhana dan menyenangkan, dengan begitu akan Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan dalam pemanfaatkan media belajar. Media belajar juga dapat di peroleh dari lingkungan dengan begitu siswa akan lebih merasakan suasana nya secara langsung dan dapat menghubungkan dengan kehidupan sehari -hari. 
Selain itu dapat juga dengan
Membentuk kelompok belajar, Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran,
Dan tentunya Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat, menarik dan tidak monoton,
ciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar dan
Mengguanakan variasi metode penyajian yang menarik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Safitri Wahyuningtias -
Safitri Wahyuningtias (2013053095)
Izin menjawab upaya yang bisa dilakukan pendidik untuk menumbuhkan motivasi belajar anak bisa dilakukan dengan memberikan cerita-cerita sederhana yang bisa membangkitkan semangat belajar mereka. Kemudian dalam proses pembelajaran juga bisa digunakan media pembelajaran sebagai cara lain agar peserta didik kelas rendah bisa fokus pada materi yang disampaikan. Media yang digunakan juga sebaiknya bervariasi agar peserta didik tidak jenuh dalam proses pembelajaran tersebut sehingga dapat menjadi pembelajaran yang efektif dan mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yuliana Vira 2013053118 -
Yuliana Vira (2013053118)

Izin menjawab

Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Melalui berbagai metode dan media pembelajaran, pembelajar akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa, tentu saja media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Cara yang dapat digunaka yaitu :

a) Media yg digunakan menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar

b)memberikan pengalan nyata,

c) mengatasi keterbatasan

d) bahan ajar lebih bermakna dan dapat dipahami siswa

e) mengajar lebih bervariasi karena tidak hanya verbal dan membosankan

f)siswa lebih banyak belajar, tidak hanya mendengarkan

g) mengembangkan minat dan motivasi

h) menuntun berfikir kongkrit

i) memberikan pengalaman yang tak mudah didapat

 j) mempermudah pengajaran.

In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nandang Ferdiansyah -
Nama : Nandang Ferdiansyah
Npm 2013053181

Izin menjawab
Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Melalui berbagai metode dan media pembelajaran, pembelajar akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa, tentu saja media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kebanyakan siswa akan cepat paham ketika melihat vidio pembelajaran atau melihat suatu pembelajaran dalam bentuk visual atau gambar. Nah, memang ada beberapa pelajaran yang mesti memperlihatkan vidio supaya siswa cepat paham. Seperti contohnya: dalam pelajaran IPA untuk melihat jenis-jenis hewan, tumbuhan dan lain sebagainya.

Intinya, gunakan media yang tepat. Matematika tidak bisa jika siswa hanya melihat vidio pembelajaran, pasti akan ada pertanyaan dari siswa ketika mereka belum paham.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lintang Septianingrum -
Lintang Septianingrum 2013053100
Izin menjawab ,
Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh – pengaruh psikologis terhadap pembelajaran.
cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media-media belajar dikelas rendah antara lain:
1. Guru harus berupaya seoptimal mungkin agar pelajaran yang diberikan dapat diterima peserta didik.
2. Guru harus menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan bagi setiap peserta didiknya.
3. Guru harus memilih media belajar yang paling efektif dari berbagai media yang ada sehingga media yang digunakan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik adalah yang paling tepat dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
4. Dalam memilih media belajar, guru harus memilih media yang fleksibelitas sehingga dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama, menghemat biaya dan tidak berbahaya semakin digunakan dalam proses pembelajaran
5. Guru haruslah kreatif dalam menyediakan media pembelajaran,
6. Dalam memilih media pembelajaran, guru harus dapat mempertimbangkan manfaat yang didapat.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lutfia Asnur -
Lutfia Asnur/2013053178, izin menjawab. Diantara cara menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas dengan media pembelajaran, tentu diantaranya; 1) dengan pendidik menyiapkan media pembelajaran yang kreatif dan menarik yang telah disesuaikan dengan karakter peserta didik kelas rendah yang diajar misalnya dengan media yang cocok dikelas rendah adalah media visual, pendidik bisa membuat poster, gambar, bagan dll 2) media yang ditentukan telah diobservasi dengan materi yang akan disampaikan, 3) media itu telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran agar berjalan efektif dan efisien, 4) media yang digunakan tidak memberatkan atau justru menyulitkan namun sebaliknya memperjelas dan lugas isi pesan pembelajaran dan menarik minta peserta didik kelas rendah, 5) media yang ada disesuaikan dengan ketersediaan alat dan bahan dll, misal lingkungan sekolah, sosial, atau media manipulatif. Dengan keterampilan dan kreativitas yang dimiliki, pendidik dapat menciptakan media pembelajaran yang bisa menumbuhkan semangat belajar dan menarik minat peserta didik untuk mencoba, memperhatikan media yang disediakan terlebih jika media itu berkaitan dengan pengalaman peserta didik sehari-hari.
Motivasi akan membangkitkan semangat dalam belajar. Apabila motivasi peserta dididi dalam belajar tinggi, maka hasil belajarnya akan optimal dan sebaliknya jika motivasi belajar rendah, maka hasil belajar akan menjadi kurang maksimal. Salah satu hal yang mempengaruhi motivasi peserta didik dalam belajar adalah pengggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Tanpa adanya media pembelajaran yang memadai, kegiatan belajar menagajar di sekolah akan terhambat. Dalam proses pembelajaran media pembelajaran diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar diantaranya yaitu buku, benda, atau alat peraga, maupun perlengkapan kelas yang diperlukan. Tersedianya media pembelajaran di lingkungan sekolah yang lengkap disertai pemanfaatan yang maksimal oleh siswa akan membantu mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan adanya media pembelajaran yang memadai, peserta didik akan termotivasi dan lebih mudah dalam mengerjakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ada dan akan lebih maju dalam belajar serta mencapai hasil belajar yang maksimal. Dengan demikian kelengkapan media pembelajaran yang ada sangat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Terimakasih, mohon maaf bila terdapat kekeliruan
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Uswatun Isna Lutfiani 2013053074 -
Saya Uswatun Isna Lutfiani
2013053074
Izin menjawab,
Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar dan berfungi untuk membantu dalam menyampaikan pesan kepada siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Dengan media pembelajaran maka kualitas belajar menjadi meningkat karena tidak hanya guru yang aktif memberikan materi kepada siswa tetapi siswa juga dapat aktif di dalam kelas dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru.
Menurut saya cara yang dapat guru lakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas rendah dengan menggunakan media pembelajaran diantaranya yaitu:
1. Guru memilih media pembelajaran yang sesuai bagi siswa di kelas rendah, seperti media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil bermain, misalnya guru perlu merancang pembelajaran dalam bentuk permainan yang menyenangkan seperti melalui media microsoft power point yang dirancang berupa permainan multiple choice dan lain-lain. Selain itu, ada juga media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil berbuat, misalnya guru perlu menyiapkan kegiatan yang menarik dalam proses pembelajaran. Contohnya seperti role playing/ bermain peran.
2. Guru menciptakan media pembelajaran dengan semenarik mungkin sehingga memancing siswa untuk belajar serta memperhatikan dan menyimak media pembelajaran tersebut dengan hal tersebut maka proses pembelajaran menjadi efektif serta menyenangkan.
3. Guru perlu menyusun isi dari media pembelajaran yang memuat materi secara ringkas dan padat namun jelas sehingga media pembelajaran tersebut tidak bertele-tele dan siswa tidak mudah jenuh.
Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rizaluddin Armandri 2013053145 -
Nama : Rizaluddin Armandri
NPM : 2013053145
Izin menjawab,
Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah yaitu melalui pendidik yang membuat media pembelajaran menjadi semenarik mungkin sehingga peserta didik menjadi tertarik dan memperhatikan apa yang sedang dijelaskan. Di era sekarang ini banyak aplikasi ataupun situs penyedia layanan yang membantu dalam membuat media pembelajaran lebih menarik seperti aplikasi canva, videomaker, tiktok maupun situs flip HTML5, powtoon, animaker dan lain sebagainya yang semua itu bisa digunakan secara gratis. Untuk menumbukan motivasi belajar anak bisa juga dengan anak diberi tugas pekerjaan rumah dengan membuat alat pembelajaran sederhana melalui barang bekas semenarik mungkin sehingga anak dalam mengerjakan tidak merasa terbebani dan lebih mengarah pekerjaan yang menyenangkan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Batrisya Aulia 2013053170 -
Nama : Batrisya Aulia
Npm : 2013053170

Izin menjawab,
Media pembelajaran berasal dari kata media dan pembelajaran. Media
pembelajaran diartikan sebagai penyalur pesan atau informasi belajar untuk mengondisikan seseorang (siswa) untuk belajar atau segala sesuatu yang dapat mrnyalurkan pesan, dapat meransang pikiran, kemauan sehingga mendorong terjadinya belajar pada siswa.
Salah satu cara meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik pada kepas rendah yaitu menghunakan
media pembelajaran yang tepat, baik, benar serta menarik. Melalui media
pembelajaran, pembelajar akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala
potensi yang dimiliki siswa, tentu saja media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari bergabagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan. Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan
lain-lain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Putri ristamarin 2053054009 -
Putri ristamarin
2013053185

izin menjawab
Upaya guru dalam meningkatkan motivasai belajar dan penanaman karakter semangat kebangsaan pada diri siswa tidak lepas dari kegiatan pembelajaran. Oleh karena
itu, guru haruslah berinovasi dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif sebagai syarat keberhasilan proses pembelajaran. Guru wajib
memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar agar mampu mengingat dan menyimpaninformasi dengan cepat dan mudah diingat. Guru memerlukan media yang berfungsi untuk menjembatani materi yang abstrak bagi siswa agar menjadi lebih konkret.
cara meningkatkan motivasi belajar siswa
1. Tingkatkan Kualitas Guru. Guru menjadi pioner dalam proses kegiatan belajar mengajar.
2. Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran.
3. Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat.
4. Memanfaatkan Media Belajar.
5. Lakukan Evaluasi Pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by HANISA PUTRI 2013053121 -
Nama : Hanisa Putri
NPM : 2013053121
Izin menjawab,

Menurut saya, media belajar yang dapat memotivasi peserta didik untuk semangat dalam melakukan proses pembelajaran yaitu 1) media pembelajaran yang disajikan menarik minat peserta didik, misalnya dengan bentuk yang lucu, warna-warna yang mencolok, dan tentunya mudah untuk dipahami. 2) media yang disajikan sesuai dengan topik materi yang sedang dibahas. 3) media harus disesuaikan dengan model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendukung. 4) pada saat penggunaan media pembelajaran pendidik harus mampu membuat suasana pembelajarannya lebih aktif, kondusif dan menyenangkan.

Media pembelajaran yang digunakan untuk peserta didik kelas rendah biasanya berupa media pembelajaran visual (mengandalkan penglihatan), karena media jenis ini sangat sederhana, mudah di buat dan digunakan, menarik perhatian peserta didik dengan gambar, bentuk dan warnanya, serta terbukti efektif membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Kori Alfina Martatilofa -
Kori Alfina Martatilofa
2013053161
Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh – pengaruh psikologis terhadap pembelajaran. Dengan adanya motivasi, siswa akan belajar lebih keras, ulet, tekun dan memiliki dan memiliki konsentrasi penuh dalam proses belajar pembelajaran. Dorongan motivasi dalam belajar merupakan salah satu hal yang perlu dibangkitkan dalam upaya pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal.
Upaya pendidik agar media berpengaruh terhadap motivasi belar yaitu:
1. Pendidik harus memiliki persiapan yang matang 
2. Pendidik harus memahami serta menguasai terlebih dahulu konsep penggunaan media pembelajaran 
3. Pendidik harus memiliki kepedulian dan keinginan untuk selalu memotivasi siswa agar lebih giat dan lebih baik dalam belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nanda Novitasari 2013053175 -
Nanda Novitasari (2013053175) izin menjawab.

Menurut saya, adapun beberapa cara untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media belajar yang disesuaikan bagi kelas rendah ialah dengan cara mampu memaksimalkan berbagai jenis penggunaan media belajar, serta mampu membuat media pembelajaran tersebut menjadi hal yang menarik dan menyenangkan. Hal tersebut karena, pada usia kelas rendah, peserta didiknya masih cenderung menyukai permainan, jika permainan tersebut bisa diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, maka akan tercipta pembelajaran yang menyenangkan dengan media pembelajaran yang menarik tersebut. Untuk menumbuhkan motivasi belajar dengan menggunakan media belajar juga dapat digunakan media yang dekat dengan pengalaman hidup peserta didik, semisal media tersebut dekat kehidupan sekitar, atau bahkan media tersebut dapat disentuh, sehingga peserta didik mampu memahami tentang konsep materi yang diajarkan melalui media yang ternyata dekat dengan kehidupan mereka.
Sekian jawaban dari saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Gabriel Mario Rivaldo -
saya Gabriel Mario Rivaldo dengan NPM 2013053132
izin menjawab
Hal yang dapat dilakukan supaya menumbuhkan motivasi belajar belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu seorang pendidik harus mampu mengkondisikan kelas agar nyaman kemudian memilih media yang tepat dengan materi yang ingin disampaikan setelah itu pendidik dapat menyampaikan materi dengan semenarik mungkin menggunakan media pembelajaran tersebut. agar perhatian para peserta didik tertuju pada materi yang disampaikan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yohana Aguslina. S 2013053084 -
Yohana Aguslina S
2013053074
Izin menjawab,
Cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu dengan membuat media belajar yang melibatkan benda atau alam sekitar yang konkret atau nyata bentuknya, media belajar yang nyata akan menambahkan minat siswa untuk belajar dan akan menstimulus rasa penasaran sehingga akan tercipta beragam pertanyaan. Guru perlu memanfaatkan media belajar. Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Arum Mustika Sari 2013053088 -
Nama : Arum Mustika Sari
NPM : 2013053088

Izin menjawab,
Cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu dengan membuat, memilih, memodifikasi atau merancang dan mengembangkan media yang tepat dan menarik. Tips-tips dalam membuat media pembelajaran yang menarik untuk peserta didik, yaitu sebagai berikut.
a) Perencanaan Penggunaan Media
Guru harus melakukan identifikasi kebutuhan dan karakteristik bagi peserta didik dalam penggunaan media pembelajaran. Sebuah perencanaan tersebut didasarkan atas kebutuhan. Salah satu indikator adanya kebutuhan yaitu kemampuan, keterampilan, dan sikap peserta didik yang kita inginkan agar dapat dikuasai peserta didik.
b) Perumusan
Media pembelajaran harus dibuat sedemikian rupa sehingga akan membantu dan memudahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran harus berisi materi yang berkaitan dengan substansi isi pelajaran yang harus dikuasai peserta didik.
c) Memilih dan Merancang Media Pembelajaran
Untuk membuat media yang tepat bagi kegiatan pembelajaran biasanya akan meliputi salah satu dari tiga kemungkinan yaitu menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia, mengubah media yang sudah ada, atau merancang pembuatan media yang baru.
d) Pelibatan Peserta Didik
Situasi belajar yang paling efektif adalah situasi belajar yang memberikan kesempatan peserta didik merespon dan terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu peserta didik harus dilibatkan semaksimal mungkin dalam pemanfaatan penggunaan media pembelajaran tersebut.
e) Melakukan Evaluasi
Tujuan evaluasi media pembelajaran adalah untuk memilih media pembelajaran yang akan digunakan di kelas, melihat prosedur penggunaan media, untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan media tersebut telah tercapai, menilai kemampuan pendidik menggunakan media, memberikan informasi untuk kepentingan administrasi, dan untuk memperbaiki media itu sendiri.
Media pembelajaran bisa digunakan sebagai alat bantu yang berfungsi melancarkan jalannya kegiatan belajar mengajar, agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dalam kegiatan belajar mengajar, terutama untuk tingkat sekolah dasar khususnya kelas rendah sangatlah penting. Hal ini dikarenakan kehadiran media pembelajaran yang menarik sangat membantu peserta didik kelas rendah dalam memahami suatu konsep tertentu dan menumbuhkan motivasi belajar. Karena pada usia ini peserta didik masih berfikir konkret/nyata dan belum mampu berfikir abstrak terutama siswa SD kelas rendah, untuk itulah pendidik seharusnya memilih media yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Ketidakmampuan pendidik dalam menjelaskan suatu bahan dapat diwakili oleh peranan media, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai yang telah direncanakan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Adelia Grita Sasena 2013053158 -
Saya Adelia Grita Sasena (2013053158)
Izin menjawab,
Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar untuk kelas rendah bisa menggunakan alat peraga yang dapat dimainkan. Misalnya seperti untuk pelajaran berhitung, peserta didik diajarkan berhitung dengan bantuan media kertas warna-warni ataupun benda-benda disekitar yang bisa digunakan misalnya seperti pensil dan penghapus.
Dengan adanya bantuan dari alat bantu objek terlebih yang berwarna-warni serta dengan pengajaran sambil bermain, motivasi belajar pada anak akan tumbuh.

Sekian jawaban dari saya, mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan.
Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nita Yulistiana Nita -
Nita Yulistiana ,(2013053122)
Izin menjawab,

Pertama yang hal yang perlu dilakukan adalah pingkatkan Kualitas Guru. Guru menjadi pioner dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kepala sekolah bisa mengikutkan pelatihan-pelatihan untuk para guru agar bisa lebih profesional bisa mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dan bisa terus berinovasi dan memaksimalkan Fasilitas Pembelajaran yang ada.

Kemudian pilih Metode Pembelajaran yang Tepat.
Pada kelas rendah contoh pada pembelajaran tematik dapat menggunkan media gambar (media visual). Sebagai seorang guru, tentunya lebih banyak tahu tentang kondisi yang dihadapinya didalam kelas, seringkali menemukan siswa yang pasif saat pembelajaran.
Media pembelajaran Pkn yang digunakan harus dapat memberikanpengalaman yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Pemakaian media dalam pembelajaran PKN dapat membangkitkan keinginan minat yang baru, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap peserta didik.

Dengan memanfaatkan media yang benar memungkinkan peserta didik dapat menjalankan pembelajaran dengan rasa senang, sehingga tumbuh keinginan untuk belajar PKN lebih dalam.
Contohnya
Scrapbook sebagai suatu media visual mempunyai fungsi yaitu menambah minat siswa dalam proses pembelajaran agar tidak monoton yang disertai pemberian informasi dan memudahkan siswa dalam menangkap data kualitatif dan dapat menggambarkan pertumbuhan atau perkembangan suatu peristiwa atau objek dengan jelas
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dela Nowinda Citra -
Dela Nowinda Citra (2013053134) izin menjawab.
Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu sebagai pendidik harus pandai memilih dan menentukan media pembelajaran yang menarik, kreatif sederhana dan menyenangkan, dengan begitu akan Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan dalam pemanfaatkan media belajar. Media belajar juga dapat di peroleh dari lingkungan dengan begitu siswa akan lebih merasakan suasana nya secara langsung dan dapat menghubungkan dengan kehidupan sehari -hari.
Selain itu dapat juga dengan
Membentuk kelompok belajar, Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran,
Dan tentunya Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat, menarik dan tidak monoton,
ciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar dan
Mengguanakan variasi metode penyajian yang menarik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by DEVITA SARI 2013053125 -
Nama : Devita Sari
NPM : 2013053125

Izin menjawab
Media pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat digunakan seorang pendidik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didiknya.
Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran terutama untuk tingkat Sekolah Dasar sangatlah penting, sebab kehadiran media belajar akan menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong peserta didik untuk lebih fokus dalam pembelajaran. Terlebih lagi pada usia ini peserta didik masih berpikir konkret/nyata belum mampu berpikir abstrak terutama peserta didik SD kelas rendah, untuk itulah seorang pendidik harus memilih media yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu seorang pendidik harus dapat memilih dan membuat media belajar yang kreatif dan menarik tentunya disesuaikan dengan karakter peserta didik kelas rendah yang diajar. Contoh media yang cocok digunakan pada kelas rendah adalah media visual, pendidik bisa membuat poster, gambar, dengan bentuk dan warna-warna yang menarik perhatian peserta didik atau menayangkan video belajar berbentuk animasi, dengan begitu peserta didik akan menjadi lebih fokus lagi dalam pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Alga Rahmad Prasetyo -
Alga Rahmad Prasetyo
12013053174
Izin menjawab,

Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah adalah dengan cara memberikan atau membuat media pembelajaran yang semenarik mungkin, sehingga saat proses pembelajaran berlangsung siswa menjadi fokus ke materi yang pendidik berikan dan membuat siswa dapat mengerti dan memahami maksud dari materi yang diajarkan. Dan juga dengan media pembelajaran yang menarik, maka proses pembelajaran tidak akan membosankan dan akan menjadi lebih menyenangkan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Salma Safinatunnajah 2013053093 -
Saya Salma Safinatunnajah (2013053093) izin menjawab,
cara menumbuhkan motivasi belajar anak kelas rendah adalah dengan mengetahui ketertarikan mereka dalam belajar, setelahnya pendidik dapat menyusun pembelajaran sesuai minat peserta didik. Misalnya dengan belajar dan bermain, diusia kelas rendah ini akan sangat menyenangkan rasanya jika belajar diiringi dengan bermain. Kemudian, hal lainnya yang dapat pendidik lakukan adalah dengan memberikan hadiah atau penghargaan atas tercapainya suatu prestasi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by bella selvana -
Bella Selvana (2013053104)
Izin menjawab,
membuat media pembelajaran yang menarik, interaktif, menyenangkan, dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari. Dengan adanya media pembelajaran yang seperti itu, siswa akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal. Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari bergabagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan.Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran.
Menurut saya cara yang dapat guru lakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas rendah dengan menggunakan media pembelajaran diantaranya yaitu:
1. Guru memilih media pembelajaran yang sesuai bagi siswa di kelas rendah, seperti media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil bermain, misalnya guru perlu merancang pembelajaran dalam bentuk permainan yang menyenangkan seperti melalui media microsoft power point yang dirancang berupa permainan multiple choice dan lain-lain. Selain itu, ada juga media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil berbuat, misalnya guru perlu menyiapkan kegiatan yang menarik dalam proses pembelajaran. Contohnya seperti role playing/ bermain peran.
2. Guru menciptakan media pembelajaran dengan semenarik mungkin sehingga memancing siswa untuk belajar serta memperhatikan dan menyimak media pembelajaran tersebut dengan hal tersebut maka proses pembelajaran menjadi efektif serta menyenangkan.
3. Guru perlu menyusun isi dari media pembelajaran yang memuat materi secara ringkas dan padat namun jelas sehingga media pembelajaran tersebut tidak bertele-tele dan siswa tidak mudah jenuh.