UAS
Rekan-rekan Mahasiswa selamat mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan menulis tangan menggunakan kertas polio scan rubah dalam bentuk PDF share ke soal UAS terimakasih
1. Istilah manajemen berasal dari “manage” yang berasal dari bahasa ... yaitu ...
a. Latin, Maneggio
b. Italia, Maneggiare
c. Inggris, Management
d. Sanskerta, Maneggio
2. Ilmu manajemen menurut Stoner adalah ...
a. Kemampuan dan ketrampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan tertentu melalui orang lain
b. Suatu proses yang khas yang terdiri atas tindakan Perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan tertentu melalui pemanfaatan sumber daya.
c. Suatu ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi.
d. Proses Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organising), Memimpin (Leadership), dan Pengawasan (controlling) usaha dari suatu organisasi dan dari sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan tertentu
3. Fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah ...
a. Planning, Organizing, Actuating, Controlling
b. Planning, Organizing, Comanding, Coordinating, dan Controlling
c. Planning, Organizing, Motivating, Conditioning, Controlling
d. Planning, Staffing, Coordinating, Reporting, Budgeting, Organizing, Directing
4. Salah satu kegiatan badan usaha yang dilakukan oleh pimpinan untuk menggerakkan karyawan agar bekerja keras dengan tujuan yang telah ditetapkan dan memberikan motivasi kerja serta suasana kerja yang nyaman, hal yang dilakukan pimpinan tersebut adalah termasuk dalam fungsi manajemen ...
a. Planning
b. Organizing
c. Actuating
d. Controlling
5. Fungsi manajemen untuk menggerakkan orang-orang untuk bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan adalah ...
a. Planning
b. Actuating
c. Controlling
d. Directing
6. Pak Rakhman adalah seorang manajer personalia merencanakan penerimaan pegawai baru. Dalam rangka merealisasikan rencananya, Pak Rakhman melakukan kegiatan-kegiatan mulai dari menetukan panitia, menetapkan tugas, dan tanggung jawab masing-masing individu, serta pendelegasian wewenang kepada bawahan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pak Rakhman sesuai dengan fungsi manajemen, yaitu ...
a. Forcasting
b. Controlling
c. Planning
d. Organizing
7. Prinsip penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan menurut pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003 secara lengkap berbunyi ...
a. Berkeadilan,menjaga hak azasi manusia, nilai agama, menjaga kemajemukan bangsa dan tidak bersikap
b. Berkeadilan, menjaga hak azasi manusia, nilai agama, kultur dan kemajemukan bangsa
c. Demokrasi, berkeadilan, menjaga kemajemukan bangsa, tidak diskriminatif dan memberi kesempatan yang sama bagi warga negara
d. Demokrasi berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjujung hak azasi manusia, nilai agama, kultur dan kemajemukan bangsa
8. Kepala sekolah yang senantiasa memberi arahan, mengendalikan, dan memotivasi stafnya agar menjalankan tugas sehari-hari dengan baik, menandakan bahwa kepala sekolah tersebut telah menjalankan fungsinya sebagai ...
a. Pemimpin
b. Manager
c. Organisator
d. Perencana
9. Bila kurikulum suatu sekolah dikembangkan untuk membantu siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi kehidupannya, artinya sekolah tersebut telah memiliki fungsi ...
a. Sosial
b. Spiritual
c. Ekonomi
d. Politik
10. Input dan proses pendidikan merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan menentukan output pendidikan. Salah satu input pendidikan yang mempengaruhi proses pendidikan adalah....
a. Tenaga pengajar
b. Biaya pendidikan
c. Kurikulum
d. Teknologi
11. Kebijakan pembangunan pendidikan yg berhubungan dng upaya peningkatan pengelolaan pendidikan dapat dicapai dengan ...
a. Terwujudnya organisasi sekolah di setiap kabupaten
b. Meningkatkan angka partisipasi siswa dlm pendidikan
c. Diterapkannya manajemen berbasis sekolah/masyarakat
d. Mengurangi jumlah buta aksara
12. Bila suatu sekolah mempunyai visi "menjadikan siswa unggul di bidang masing-masing" maka untuk mencapai masa kegiatan utama yang dilakukan
a. Selalu menerapkan pendidikan berbasis ke berbagai kecerdasan jasmani
b. Mengirim siswa yang berbakat ke berbagai kompetisi di tingkat sekolah
c. Mengadakan kegiatan unggul untuk mengetahui bakat sebagai unggulan
d. Mengadakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan keunggulan siswa sesuai dengan hobinya
13. Peningkatan ilmu dan teknologi dapat dilakukan melalui pengembangan berbagai program pendidikan, hal ini sesuai dengan fungsi pendidikan sebagai upaya untuk...
a. Memasyarakatkan kemajuan bidang teknologi
b. Meningkatkan solideritas bangsa
c. Mempertinggi peradaban manusia
d. Menggali budaya bangsa
14. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai baru dalam….
a. Melaksanakan proses belajar mengajar
b. Melaksanakan supervisi atau pengawasan
c. Memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
d. Membimbing anak belajar di rumah
15. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru
sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa
sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk
dalam peran ....
a. Konservatif
b. Kreatif
c. Kritis
d. Evaluatif
16. Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari
total sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu
adalah pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ....
a. Interdisipliner
b. Terintegrasi
c. Broadfield
d. Mata Pelajaran
17. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan
isi pendidikan adalah pelajaran harus ....
a. Disusun secara logis dan sistematis
b. Sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
c. Bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
d. Sesuai dengan perbedaan individu siswa
18. Penerapan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan / atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah diharuskan ...
a. Melakukan berbagai inovasi
b. Menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan
c. Mendesain kembali organisasi sekolah
d. Merekrut staf baru untuk teman manajemen sekolah
19. Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan
dan perkembangan peserta didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang
ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ....
a. Menganalisis konteks
b. Menelaah standar lulusan dan standar isi
c. Memilih dan mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi pelajaran
d. Menentukan sumber belajar
20. Komite sekolah dapat dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ....
a. Mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
b. Memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
c. Memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
d. Memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
21. Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan
yang menyatakan bahwa kemampuan dan memahami informasi baru secara cepat untuk
menguasai suatu perubahan yang terjadi adalah ....
a. Pembelajaran dipercepat
b. Pembelajaran kuantumig
c. Pembelajaran kooperatif
d. E-learning
22. Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkut-paut dengan masalah ....
a. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
b. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
c. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
d. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
23. Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan adalah ....
a. iklim kerja yang kondusif dan professional
b. terciptanya perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
c. profesi tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari masyarakat
d. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
24. Sebuah SMP negeri memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas masalah yang ditemukan adalah ....
a. jumlah siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar
b. pendidik yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100 %
c. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
d. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
25. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk kegiatan pembinaan staf, salah satunya adalah melalui pemberian umpan balik dari kepala sekolah tentang observasi dan diskusi kepada seorang staf yang sesuai dalam bidang profesinyA. Pembinaan staf seperti ini merupakan bentuk dari ... .
a. pengamatan mengajar (teaching observation)
b. diskusi
c. Pengamatan perkembangan anak
d. konferensi individual
26. Salah satu tugas tenaga administrasi / TU sebagai tenaga kependidikan adalah ... .
a. membina kegiatan administrasi kelembagaan
b. membuat rekapitulasi dan pelaporan perkembangan anak
c. membuat grafik keadaan anak dan profil guru
d. membuat perencanaan anggaran sekolah
27. Sistem pelayanan yang memungkinkan anak merasa aman dan nyaman ketika mengikuti dan terlibat langsung dalam aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu sistem pelayanan yang disediakan harus ... .
a. mengakomodasi kemampuan, minat, dan kebutuhan anak
b. menggunakan sarana dan prasarana yang bagus dan mahal
c. sistem pelayanannya menggunakan sarana yang mutakhir dan canggih
d. sederhana
28. Ruang lingkup manajemen pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) berbasis sekolah.
1. Perencanaan
2. Rekrutmen/pengadaan
3. Pembinaan
4. Penugasan
5. Pemberhentian pendidik
dari pernyataan di atas yang termasuk Ruang lingkup manajemen PTK terdapat pada nomor…
a. 1,3,5
b. 5,4,3
c. 1,2,4
d. 1,2,3
29. yang tidak termasuk Jenis layanan khusus di lembaga pendidikan adalah….
a. Kamar tidur
b. Perpustakaan sekolah
c. Tempat ibadah
d. Laboratorium
30. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
31. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
32. Yang tidak termasuk dalam dampak positif globalisasi Pendidikan…
a. Akan mudahnya akses informasi
b. Globalisasi akan membawa dunia Pendidikan Indonesia bias bersaing dengan negara-negara lain.
c. Globalisasi akan melahirkan golongan-golongan didalam dunia Pendidikan. Akan semakin terkikisnya kebudyaan bangsa akibat masuknya budaya dari luar.
d. Globalisasi akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing
33. Yang termasuk dalam dampak negative globalisasi Pendidikan…
a. Globalisasi akan melahirkan golongan-golongan didalam dunia Pendidikan, akan semakin terkikisnya kebudayaan bangsa akibat masuknya budaya dari luar
b. Globalisasi akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing
c. Globalisasi akan membawa dunia Pendidikan Indonesia biar bersaing dengan negara-negara lain
d. Akan mudahnya akses informasi
34. Usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia yang dilaksanakan didalam maupun diluar sekolah ,dan berlangsung seumur hidup adalah ?
a. Pengajaran
b. Pelatihan
c. Pendidikan
d. Pelajaran
35. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional diatur dalam pasal, ?
a. pasal 1 UUD No. 20 Tahun 2003
b. pasal 2 UUD No. 20 Tahun 2003
c. pasal 3 UUD No. 20 Tahun 2003
d. pasal 4 UUD No. 20 Tahun 2003
36. institusi atau lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat,seperti lembaga kursus,dan pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) yang diselenggarakan oleh masyarakat.disebut pendidikan jalur ?
a. Jalur beasiswa
b. Jalur formal
c. Jalur informal
d. Jalur prestasi
37. pembangunan pendidikan dilaksanakan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 telah merumuskan empat tujuan kemerdekaan kebangsaan Indonesia, kecuali :
a. Menjaga persangainan dengan kultur budaya
b. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
c. Memajukan kesejahteraan umum.
d. Mencerdaskan kehidupan bangsa,dan
38. Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ....
a. Penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaikan pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
b. Pengembangan semua komponen pesanan untuk Pemesanan pribadi yang utuh
c. Pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
d. Adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
39. Di bawah ini yang bukan merupakan kelebihan organisasi fungsional adalah ...
a. Koordinasi terus menerus pada hanya di jenjang atas.
b. Koordinasi secara menyeluruh sulit dilakukan
c. Koordinasi bagi karyawan pada fungsi yang sama mudah karena terdapat persamaan tugas
d. Produktivitas tinggi
40. Adanya sistem penerimaan dan penempatan karyawan yang didasarkan pada kemampuan teknis, tanpa memperhatikan sama sekali koneksi, hubungan keluarga, atau favoritisme merupakan salah satu ciri dari organisasi ....
a. Modern
b. Klasik
c. Birokratis
d. Neoklasik
soal essay
1. Bagaimana cara pendidik dalam meningkatkan efisiensi kerja menuju arah tercapainya hasil kerja yang optimal dalam mewujudkan sekolah dasar yang efektif
2. Bagaimana cara lembaga pendidikan untuk tetap bisa menyukupi kebutuhan sekolahnya dalam memenuhi fasilitas baik sarana maupun prasarana yang jauh dari kata cukup
3. Bagaimana cara anda menyelesaikan kendala dalam proses mencapai tujuan dari manajemen pendidikan di sekolah dasar?
4. siapakah yang paling bertanggung jawab dalam Pemeliharaan Fasilitas sarana dan prasarana di sekolah, dan bagaimana mengatasi kerusakan fasilitas sarana dan prasarana yang diakibatkan oleh peserta didik,
5. jelaskan hambatan dalam peningkatan efektivitas sekolah
| Status | Discussion | Group | Started by | Last post | Replies | Actions |
|---|---|---|---|---|---|---|
|
soal uas
Locked
|
|
|
49 |
|