jelaskan masing masing hal berikut ini dan berikan contohnya sesuai dengan materi Sekolah dasar:
1. kompetensi inti
2. kompetensi dasar
3. indikator pencapaian
4. dan bagaimana cara merumuskan indikator pencapaian
silahkan di jawab....
jelaskan masing masing hal berikut ini dan berikan contohnya sesuai dengan materi Sekolah dasar:
1. kompetensi inti
2. kompetensi dasar
3. indikator pencapaian
4. dan bagaimana cara merumuskan indikator pencapaian
silahkan di jawab....
Nama : Najoya Dolok Saribu
Npm : 1953053012
No absen : 22
Izin menjawab,
1. Kompetensi inti merupakan operasionalisasi Standar Kompetensi Lulusan dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu, yang menggambarkan kompetensi utama yang dikelompokan dalam aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik umtuk selaku jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian Hard skill dan Soft skills. “Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia perseta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertical berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berkut: (1) kompetensi inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual; (2) kompetensi inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial; (3) kompetensi inti-3 (KI- 3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan (4) kompetensi inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
2. Kompetensi dasar merupakan arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi untuk pencapaian untuk penilaian. Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal yang harus dilakukan oleh guru supaya tercapainya suatu tujuan dari pembelajaran. Belajar dengan kompetensi dasar berarti belajar dengan proses yang berkelanjutan, pengujian yang dilakuakan berkelanjutan, guru selalu menganalisis hasil yang dicapai oleh siswa.
3. indikator adalah penjabaran dari kompetensi dasar yaitu berupa perilaku yang dapat diukur atau di observasi untuk melihat ketercapaian dari kompetensi dasar yang menjadi acuan penilaian suatu mata pelajaran.
4. Cara merumuskan indikator pencapaian
1. Menganalisis tingkat kompetensi yang digunakan pada KD
a. Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taxonomi Bloom.
b. Menentapkan KD yang akan diturunkan menjadi indikator.
c. Menentukan kata kerja dari Kompetensi Dasar sesuai dengan Taxonomi Bloom.
2. Menganalisis Indikator berdasarkan tingkat UKRK (Urgensi,Kontinuitas, Relevansi, Keterpakaian) kompetensi pada KD.
a. UKRK (Urgensi,Kontinuitas, Relevansi, Keterpakaian) dijadikan kiteria dalam memilih dan memilah ketepatan indikator kunci atau indikator penunjang.
b. Kategorikan Indikator:
1) Indikator Kunci
Indikator yang sangat memenuhi kriteria UKRK, Kompetensi yang dituntut adalah kompetensi minimal yang terdapat pada KD, Memiliki sasaran untuk mengukur ketercapaian standar minimal dari KD, dan Dinyatakan secara tertulis dalam pengembangan RPP dan harus teraktualisasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
2) Indikator Pendukung atau indikator prasyarat
Membantu peserta didik memahami indikator kunci dan Kompetensi yang sebelumnya telah dikuasai siswa dikaitkan dengan indikator kunci yang dipelajari.
3) Indikator Pengayaan
Mempunyai tuntutan kompetensi yang melebihi dari tuntutan kompetensi dari standar minimal, Tidak harus selalu ada, dan Dirumuskan apabila siswa berpotensi memiliki kompetensi yang lebih tinggi dan perlu peningkatan dari standar minimal.
Contoh
Tema : (1) Indahnya Kebersamaan
Subtema : (1) Keberagaman Budaya Bangsaku
Kelas/Semester : 4/1
Mata pelajaran : PKn
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Mata pelajaran PKn
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerjasama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
C. Indikator
1.4.1 Mengikuti berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.4.1 Meyakini berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4.1 Mengidentifika si pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
3.4.2 Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
3.4.3 Menyimpulkan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
4.4.1 Mengidentifika sikan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.
4.4.2 Menemukan contoh-contoh
sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.
4.4.3 Mengoperasikan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
D. Merumuskan Indikator
Indikator kunci
3.4.2 Mengidentifika si pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
Indikator pendukung
3.4.3 Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
Indikator pengayaan
3.4.4 Menyimpulkan pentingnya
sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
Indikator kunci
4.4.1 Mengidentifikasikan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.
Indikator pendukung
4.4.2 Menemukan contoh-contoh
sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.
Indikator pengayaan
4.4.3 Mengoperasikan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.