Tugas Latihan 3

Tugas Latihan 3

Number of replies: 24

Mahasiswa sekalian.. silahkan dikerjakan latihan berikut ya

In reply to First post

Re: Tugas Latihan 3

by Berti Yolida -
silahkan dituliskan jawabannya pada kolom replay ya..
Mengapa Etnosains menjadi penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi? Jelaskan alasannya
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Anisa Hikmawati -
Saya Anisa Hikmawati dengan NPM 1913024028, izin menjawab, Etnosains menjadi penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi karena pembelajaran yang menggunakan pendekatan budaya lokal dan lingkungan sekitar atau pendekatan etnosains sebagai sumber belajar supaya proses belajar lebih bermakna bagi peserta didik dan dapat mempengaruhi peningkatan hasil akademik peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran berbasis etnosains dapat dijadikan acuan sebagai upaya untuk meningkatkan literasi sains.
In reply to Anisa Hikmawati

Re: Tugas Latihan 3

by Fajriani Nur Matin -
Saya Fajriani Nur Matin (1913024006) izin menjawab, Pendekatan etnosains merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintregasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Pentingnya pembelajaran menggunakan pendekatan budaya lokal dan lingkungan sekitar atau pendekatan etnosains sebagai sumber belajar supaya proses belajar lebih bermakna bagi peserta didik dan dapat mempengaruhi peningkatan hasil akademik peserta didik. Dengan demikian, pentingnya pembelajaran berbasis etnosains pada kurikulum 2013 edisi revisi juga dapat dijadikan acuan sebagai upaya untuk meningkatkan literasi sains.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Nabila Herlinawati -
Saya Nabila Herlinawati NPM 1913024004 Izin menjawab , etnosains menjadi penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi karena etnosains merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintregasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. peserta didik sebagai generasi penerus bangsa perlu ditanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan dan kearifan lokal dengan cara mengintegrasikan pengetahuan budaya dalam proses pembelajaran. Etnosains mendorong guru dan juga praktisi pendidikan untuk mengajarkan sains yang berlandaskan kebudayaan, kearifan lokal dan permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga peserta didik dapat memahami dan mengaplikasikan sains yang mereka pelajari di dalam kelas dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang mereka temui dalam kehidupan sehari–hari.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Eliska Bia Kusuma Putri -
Assalamualaikum, Bu. Saya Eliska abia NPM 1913024018 mohon izin menjawab tugas latihan 3.
Karena struktur kurikulum yang di kembangkan dalam Kurikulum 2013 (Permendikbud, 2013) di sekolah dasar harus bersifat holistik berbasis sains (alam, sosial, dan budaya).
Dalam kurikulum 2013 edisi revisi, pendidikan berakar pada budaya bangsa untuk membangun kehidupan bangsa masa kini dan masa mendatang.
Sehingga dalam pembelajaran, Siswa yang merupakan pewaris budaya bangsa diharapkan dapat mempelajari dan memunculkan rasa cinta pada budayanya sendiri dengan cara mengintegrasikan pengetahuan budaya dalam proses pembelajaran. Sehingga terciptalah pembelajaran bersifat holistik berbasis sains (alam, sosial, dan budaya) serta pembelajaran menjadi lebih nyata dan bermakna bagi siswa.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by ade amalia chansa -
Saya Ade Amalia Chansa 1963024002
Mohon izin menjawab pertanyaan ,

Sistem Kurikulum 2013 edisi revisi muncul sesuai dengant kebutuhan dan perkembangan yang terjadi di era globalisasi saat ini. Kurikulum 2013 edisi revisi menargetkan perubahan besar pada aspek berpikir, produktif, kreatif, dan inovatif dari peserta didik, serta tetap melahirkan rasa dan sikap cinta tanah air. Dengan ini etnosains penting diterapkan dalam pembelajaran, karena dengan etnosains pembelajaran akan lebih mudah dilakukan. Peserta didik akan mendapat contoh - contoh yang mudah mereka pahami. Sehingga pembelajaran bermakna akan mudah dicapai.
Etnosains juga menjadikan guru lebih mahir dalam mengajar. Etnosains juga mendorong guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi dengan menggunakan penedekatan kearifan lokal yang dihubungkan dengan permasalahan yang ada dimasyarakat , sehingga peserta didik dapat denga mudah menyerap materi pelajaran, menerapkan nya di kehidupan sehari - hari, sehingga pembelajarannya menjadi bermakna.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Rifki Muhaimin -
Saya Rifki Muhaimin Syahputra NPM 1913024044 ingin menjawab etnosains merupakan kegiatan mentransformasikan sains asli (pengetahuan yang berkembang di masyarakat) menjadi sains ilmiah. Dengan etnosains dalam pembelajaran kurikulum 2013 dapat membuat siswa memperoleh pembelajaran yang bermakna, .s. Dengan etnosains juga siswa tidak memandang sains sebagai suatu budaya asing yang mereka pelajari,
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Catharina Anandasari -
Saya Catharina Anandasari NPM 1913024022
Dengan pembelajaran melalui etnosains pembelajaran akan lebih mudah di terima dan tersapaikan ke peserta didik karena dalam pembelajaran dengan etnosains yang biasanya terjadi di kehidupan sehari-hari peserta didik. Sehingga etnosains menjadi penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi agar pembelajaran lebih bermakna dan mempengaruhi hasil pembelajaran peserta didik

Terimakasih
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Widya Wafa Karimah -
Saya Widya Wafa Karimah nom 1953024004 izin menjawab Pembelajaran berbasis budaya sangat penting karena pembelajaran di sekolah dasar tidak hanya ditujukan kepada siswa, tetapi juga menekankan pada pembentukan nilai-nilai karakter budaya suatu bangsa. Dimana pembelajaran berbasis etnosains juga dilengkapi dengan faktor pendukung dalam keterlaksanaan pembelajaran antara lain silabus berbasis etnosains, RPP berbasis etnosains, bahan ajar etnosains, dan soal Secara keseluruhan guru dapat menerapkan kegiatan pembelajaran sesuai perencanaan. Kegiatan pada pembelajaranini dapat melatih siswa untuk berpikir secara kritis melalui aktivitas psikologis yang memungkinkan siswa untuk menyelesaikan topik-topik permasalahan dengan keampuan kognitifnya dan kemudian melakukan penalaran teoritis yang telah dikaji. Dengan begitu pelaksanaan belajar mengajar dapat bermakna sehingga mudah untuk dipahami oleh
siswa, karena siswa belajar secara langsung mengenai Ilmu Pengetahuan Alam.

Pentingnya pembelajaran menggunakan pendekatan budaya lokal dan lingkungan sekitar atau pendekatan etnosains sebagai sumber belajar supaya proses belajar lebih bermakna bagi peserta didik dan dapat mempengaruhi peningkatan hasil akademik peserta didik. Dengan demikian, pentingnya pembelajaran berbasis etnosains pada kurikulum 2013 edisi revisi juga dapat dijadikan acuan sebagai upaya untuk meningkatkan literasi sains.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Rima Mei Yanti -
Saya Rima Mei Yanti NPM 1913024008 izin menjawab, jadi pembelajaran berbasis entnosains akan mendorong guru untuk mengajarkan sains yg berlandaskan kebudayaan, sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna, dengan pembelajaran etnosains dikurikulum 2013 maka akan menciptakan pembelajaran kolaboratif, aktif dan dapat bekerjasama dalam memecahkan masalah dengan adanya etnosains kreatifitas siswa itu menghubungkan dengan sains yang ada dimasyarakat.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Tina Febriani -
Assalamualaikum wr.wb , saya Tina Febriani npm 1913024046 izin menjawab mengapa Etnosains penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 karena Dalam kurikulum 2013 edisi revisi menempatkan budaya sebagai salah satu bentuk pengembangan karakter anak. Tanpa disadari budaya dapat membentuk kepribadian individu manusia menjadi lebih baik, sehingga dalam pendidikan formal perlu memasukan budaya di dalam kelas sebagai inovasi pembelajaran. Inovasi dalam pembelajaran yang berkaitan dengan budaya adalah etnosains. Selain itu pembelajaran berbasis budaya akan menjadi lebih bermakna bagi siswa sehingga siswa mampu menghubungkan isi dari subjek-subjek akademik dengan konteks kehidupannya. Terimakasih
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Komang Ayu Juni Harsini -
Selamat sore Ibu dan teman teman
Saya Komang Ayu Juni Harsini, NPM 1913024042 izin mencoba menjawab
Berdasarkan artikel penelitian yang saya baca, Kurikulum 2013 menyatukan sekolah dan masyarakat pada dimensi pendidikan. sehingga; K1, K2, K3, dan K4 bersifat holistik. Untuk itu inovasi pembelajaran dengan memasukan budaya dalam kelas sebagai solusi dalam mengembangkan kompetensi siswa.
Dalam kurikulum 2013 budaya sebagai bentuk pengembangan karakter anak. Inovasi dalam pembelajaran yang berkaitan dengan budaya adalah etnosains. keberhasilan proses pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh latar belakang budaya yang dimiliki oleh siswa atau masyarakat dimana sekolah itu berada. sehingga etnosains menjadi penting dalam pembelajaran kurikulum 2013 edisi revisi.
Sekian terima kasih ibu dan teman-teman.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Arinda Marsyahda Zaniarti -
Saya Arinda Marsyahda Zaniarti NPM 1913024012 izin menjawab,
Pentingnya pembelajaran menggunakan pendekatan budaya lokal dan lingkungan sekitar atau pendekatan etnosains sebagai sumber belajar supaya proses belajar lebih bermakna bagi peserta didik. Struktur kurikulum yang di kembangkan dalam Kurikulum 2013 (Permendikbud, 2013) di sekolah dasar harus bersifat holistik berbasis sains (alam, sosial, dan budaya). Melalui pembelajaran berbasis etnosains siswa akan melakukan observasi langsung sehingga siswa dapat mengidentifikasi pertanyaan ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan dapat membuat kesimpulan. Jika karakter kerja ilmiah dan kemampuan berpikir kritis sudah terbentuk dalam pembelajaran etnosains, siswa akan terbiasa dalam mengembangkan kemampuan kerja ilmiah dan kemampuan berpikir kritis sehingga prestasi siswa akan meningkat.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Rizka Fathi Aulia -
Saya Rizka Fathi Aulia NPM 1953024008, Izin menjawab , Pembelajaran Etnosains merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia pendidikan yang menggabungkan antara budaya dengan sains. Etnosains mengangkat budaya dan kearifan lokal untuk dijadikan objek pembelajaran sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna. Etnosains adalah pengetahuan yang dimiliki oleh suatu bangsa atau lebih tepat lagi suatu suku bangsa atau kelompok sosial tertentu sebagai system of knowledge and cognition typical of a givel culture. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, pengembangan kurikulum 2013 haruslah berakar pada budaya bangsa, kehidupan bangsa masa kini, dan kehidupan bangsa di masa mendatang. Melalui pendidikan, diharapkan nilai dan keunggulan budaya di masa lampau dapat diperkenalkan, dikaji, dan dikembangkan menjadi budaya dirinya, masyarakat, dan bangsa yang sesuai dengan zaman dimana peserta didik tersebut hidup dan mengembangkan dirinya. Pembelajaran berbasis etnosains meliputi evaluasi kognitif, afektif, dan psikomotorik sesuai dengan standar evaluasi dalam kurikulum 2013.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Rafika Dinda Febriana -
Rafika Dinda Febriana 1953024002 izin menjawab, karena kurikulum diperbarui mengikuti tantangan di setiap perkembangan jaman. pada era globalisasi ini tak bisa dipungkiri bahwa akan adanya penggeseran nilai-nilai budaya lokal asli Indonesia. budaya lokal yang tergeser oleh budaya asing bisa diperbaiki melalui pendidikan, adanya pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, selain itu pentingnya pembelajaran etnosains untuk penggalian khusus mengenai pengetahuan asli di suatu masyarakat untuk dikaji yang pada giliranya dapat menjadi jembatan untuk menuju IPA yang formal sebagai kajian pembelajaran di sekolah (Parmin, 2017).
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Chipta Wahyu Marwana -
Permisi Bu, saya Chipta Wahyu NPM: 1913024024 ingin mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan. Menurut saya, pembelajaran berbasis etnosains dapat menciptakan suatu kerangka berpikir yang menyeluruh, siswa bukan hanya belajar mengenai materi pelajaran saja, melainkan siswa juga belajar mengenai kearifan lokal/kebiasaan-kebiasaan masyarakat di sekitar lingkungannya. Lalu pentingnya entosains dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi adalah dalam suatu kebudayaan/kearifan lokal sering tersirat pesan moral budi pekerti yang baik, contohnya seperti sikap saling menghargai satu sama lain dan gotong royong. Hal ini sejalan dengan pembelajaran kurikulum 2013 edisi revisi, karena dalam kurikulum ini bukan hanya aspek kognitif saja yang dikembangkan, melainkan aspek afektif dan motorik jg harus berjalan secara beriringan.

Terima kasih
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Ghaisani Nadhila Siswoyo -
Nama : Ghaisani Nadhila Siswoyo
NPM : 1913024016

Etnosains merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintregasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan etnosain dalam pembelajaran IPA yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran tersebut tidak terasa abstrak, dan dapat dipahami dengan lebih jelas oleh peserta didik sehingga pembelajaran tersebut dapat bermakna. Pembelajaran dengan K13 menuntut siswa untuk lebih aktif, etnosains dapat digunakan sebagai sumber belajar supaya proses belajar peserta didik lebih bermakna dan mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecemerlangan akademik.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Nigita Kusuma Ningrum -
Saya Nigita Kusuma Ningrum NPM 1913024020 izin menjawab etnosains menjadi penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi karena etnosains dapat diintegrasikan dalam pembelajaran ipa di sekolah dengan berbagai tema pembelajaran. Sehingga, pengetahuan merupakan hasil konstruksi dari pengetahuan peserta didik itu sendiri. Melalui pembelajaran berbasis etnosains siswa akan melakukan observasi langsung sehingga siswa dapat mengidentifikasi pertanyaan ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan dapat membuat kesimpulan. Peran pembelajaran yang mempelajari tentang pengetahuan yang khas dari suatu masyarakat tertentu (Etnosains) sangat penting dimiliki oleh siswa untuk mengetahui gejala yang dianggap penting dan mengorganisir dalam proses pembelajaran.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by berliana putri -
Saya Berliana Putri (1913024308) izin menjawab Bu. Etnosain menjadisangat penting dalam pembelajaran dikarenakan karena dengan menerapkan pembelajaran berbasis budaya akan mengajarkan sikap cinta terhadap budaya dan bangsa, karena pembelajaran berbasis etnosains akan memperkenalkan kepada siswa tentang potensi-potensi sebuah daerah, sehingga siswa akan lebih mengenal budaya daerahnya. Dengan begitu pembelajaran tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akademik, tetapi juga menjadi sarana pelestarian dan pengembangan budaya bangsa.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Inggrid Purwaningtyas -
Inggrid Purwaningtyas
1913024040

Etnosains penting dalam pembelajaran pada K13 karena pendekatan etnosains tersebut sangat relevan dengan landasan K13 yang mana pendidikan di Indonesia ini mengedepankan nilai-nilai budaya pada peserta didik pewaris budaya bangsa yang kreatif. Selain itu, pembelajaran berbasis etnosains dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013 dengan kegiatan yang meliputi : mengamati, menanya, mengumpukan informasi, mencoba, dan mengkomunikasikan yang nantinya tidak hanya sesuai dengan perkembangan zaman namun juga bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki karakter diantaranya mencintai lingkungannya, meningkatkan pemahaman terhadap budaya, memberikan wawasan potensi terhadap siswa tentang kebudayaan yang ada di lingkungan sekitarnya, dan pembentukan karakter nasionalisme untuk siswa.
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Rizky Angka Wijayanto -
saya rizky angka wijayanto npm 1913024048 izin menjawab
Etnosains sendiri merupakan kegiatan mentransformasikan sains asli (pengetahuan yang berkembang di masyarakat) menjadi sains ilmiah. Dengan etnosains dalam pembelajaran kurikulum 2013 dapat membuat siswa memperoleh pembelajaran yang bermakna. Dengan etnosains juga siswa tidak memandang sains sebagai suatu budaya yang dapat mereka pelajari,
In reply to Berti Yolida

Re: Tugas Latihan 3

by Tazkya Aulia -
Tazkya aulia Rahma
1913024306

Etnosains menjadi penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi karena berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, pengembangan kurikulum 2013 haruslah berakar pada budaya bangsa, kehidupan bangsa masa kini, dan kehidupan bangsa di masa mendatang. Pembelajaran menggunakan pendekatan budaya lokal dan lingkungan sekitar atau pendekatan etnosains sebagai sumber belajar dapat membuat proses belajar lebih bermakna bagi peserta didik. Karena kebudayaan daerah, kearifan lokal, dan lingkungan sekitar dapat memberikan kontribusi tertentu terhadap pengalaman belajar peserta didik berupa pola pikir (kognitif), pola sikap (afektif), dan pola perilaku (psikomotorik). Oleh sebab itu, diperlukan sebuah terobosan pendidikan yang menggabungkan antara budaya dengan sains atau biasa disebut dengan etnosains.
In reply to First post

Re: Tugas Latihan 3

by Nisrina Nur Azizah -
Saya Nisrina Nur Azizah NPM 1913024032. Izin menjawab etnosains menjadi penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi karena etnosains merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintregasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Serta pembelajaran dengan etnosains siswa merasa yang dipelajari itu dekat dengan kehidupannya sehingga pembelajaran lebih bermakna dan lebih mudah diterima oleh siswa
In reply to First post

Re: Tugas Latihan 3

by Annisa Defy Shafira -
saya Annisa Defy Shafira NPM 1913024026 izin menjawab, etnosains merupakan pembelajaran yang menggunakan lingkungan sekitar menjadi sarana belajar karena dalam pembelajaran dengan etnosains yang biasanya terjadi di kehidupan sehari-hari peserta didik. Sehingga etnosains menjadi penting dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 edisi revisi agar pembelajaran lebih dekat dengan peserta didik dan mempengaruhi hasil pembelajaran peserta didik