PARTISIPASI

PARTISIPASI

Number of replies: 17
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

by Tria Anisa -
Berdasarkan kajian materi pada pertemuan ini, dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peluang yang sangat besar dalam mendukung tujuan pendidikan nasional melalui kurikulum yang adaptif dan implementasi yang inovatif. Implementasi IPS yang efektif dapat dilakukan melalui pemanfaatan media digital, pembelajaran berbasis proyek, kolaborasi dengan masyarakat, serta integrasi isu-isu global dan lokal.
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

by Abdaa Idzaa Shollaa -
Berdasarkan analisis mendalam terhadap materi yang dibahas dalam pertemuan ini, dapat diambil kesimpulan bahwa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki potensi yang sangat signifikan untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional. Hal ini dapat diwujudkan melalui pengembangan kurikulum yang bersifat adaptif dan penerapan metode pembelajaran yang inovatif. Untuk mencapai implementasi IPS yang efektif, beberapa strategi dapat diterapkan, seperti pemanfaatan media digital yang semakin berkembang, penerapan pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa secara aktif, kolaborasi yang erat dengan masyarakat sekitar, serta integrasi isu-isu global dan lokal yang relevan. Dengan pendekatan-pendekatan ini, diharapkan IPS dapat berkontribusi secara maksimal dalam membentuk karakter dan pemahaman siswa terhadap lingkungan sosial mereka.
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

by Indah Handayani -
Izin menanggapi, Bapak. Menurut Indah, keberadaan Pendidikan IPS dalam kurikulum persekolahan sangat strategis untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan karakter sosial siswa. Di tingkat SD, IPS sudah diintegrasikan dalam pembelajaran tematik sesuai Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka. Hal ini bertujuan agar siswa sejak dini bisa memahami kehidupan sosial, budaya, ekonomi, dan kewarganegaraan secara kontekstual. Namun, aplikasinya di kelas harus benar-benar disesuaikan dengan karakter siswa, misalnya melalui kegiatan observasi lingkungan, diskusi isu sosial sederhana, atau simulasi peran. Dengan begitu, IPS tidak hanya jadi hafalan teori, tapi benar-benar melatih siswa berpikir kritis dan peduli terhadap lingkungannya.