PENUTUP
Demikian pengantar awal sebelum perkuliahan pada hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami pokok-pokok bahasan yang akan dipelajari selama mengikuti perkuliahan Perencanaan Pembelajaran. Untuk pertemuan selanjutnya, kalian akan melakukan diskusi kelompok melalui form diskusi yang ada pada LMS. Hal yang perlu dipersiapakan adalah bahan diskusi dalam bentuk word dan PPT. Diskusi dilakukan secara berkelompok, sehingga kalian perlu membentuk 10 kelompok diskusi. Bahan diskusi, sebagai berikut:
- Desain Pembelajaran: Pengertian; Kriteria; serta pendekatan system dan model-model desain pembelajajaran: Pendekatan sistem, Model Bela H. Benathy, Model PPSI, Model Kemp, Model Gerlach & Elly, Model IDI, Model Briggs, Model Dick & Carey, Model Dick & Kemp
- Hakekat Perencanaan Pembelajaran: Pengertian perencanaan & perencanaan pembelajaran.; Karakteristik dan Dimensi Perencanaan Pembelajaran; Muatan perencanaan pembelajaran; Tujuan & Manfaat perencanaan pembelajaran; Produk Perencanaan Pembelajaran
- Analisis kurikulum operasional: Pengertian Analisis Kurikulum; Tujuan dan Fungsi Analisis Kurikulum; Ruang Lingkup Analisis Kurikulum; Pengembangan Kurikulum yang digunakan di Indonesia, Luaran Analisis Kurikulum
- Analisis silabus (pengertian, prinsip pengembangan silabus, tahapan Pengembangan Silabus, Komponen dan Format Silabus, Contoh Silabus sesuai dengan kurikulum yang berlaku)
- Analisis RPP (pengertian, prinsip pengembangan RPP, tahapan Pengembangan RPP, Komponen dan Format RPP, Contoh RPP sesuai dengan kurikulum yang berlaku)
- Analisis Bahan Ajar: Pengertian Bahan Ajar, Karakteristik Bahan Ajar, Macam-macam Bahan ajar dan contohnya, Kriteria Penyusunan Bahan Ajar, Prosedur Penyusun dan Pengembangan Bahan Ajar.
- Analisis Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran: Memahami Kembali Pendekatan, Metode dan Teknik Pembelajaran; Startegi Penentuan Pendekatan Metode, dan Teknik Pembelajaran
- Penyusunan Langkah-Langkah Pembelajaran: Konsep Dasar Langkah Pembelajaran; Kriteria Langkah Pembelajaran; Tahapan dan Ruang Lingkup Tahapan Pembelajaram; Strategi Penyusunan Tahapan Pembelajaran.
- Penentuan media dan sumber belajar: Pengertian Media dan Sumber Belajar; Jenis Media dan Sumber Belajar; Kriteria Pemilihan Media dan Sumber Belajar; Penentuan (Pembuatan) Media dan Sumber Belajar
- Analisis Alat Penilaian (Evaluasi): Pengertian Penilaian; Jenis, Bentuk, dan Ragam Penilaian; Instrumen Penilaian
Kelompok penyaji diskusi disesuaikan dengan topik pembahasan pada LMS. Untuk pertemuan selanjutnya akan membahasa TOPIK Desain Pembelajaran. Jangan lupa pelajari topik selanjutnya dan persiapkan bahan diskusi dalam bentuk word dan ppt/Video pemaparan. Usahakan selalu aktif dalam perkuliahan. Karena keaktifan merupakan salah satu penilaian mata kuliah ini. Salam hangat dan tetap semangat.
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh