Relevansi
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tidak dapat dilepaskandari dunia komunikasi, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali. Sebelum berangkat kerja atau sekolah, berbagai kegiatan komunikasi mereka lakukan, seperti mendengarkan radio atau musik dalam format CD(Compact Disc) atau DVD (Digital Versatile Disc), menonton acara televisi, membaca koran, tabloid atau majalah, melihat instagram, membaca Face book, membaca line, atau bercengkrama dengan keluarga.
Kegiatan komunikasi yang dilakukan dapat menggunakan berbagai media komunikasi yangada, baik komunikasi nonelectronik/ konvensional maupun media komunikasi electronik. Media komunikasi non elektronik antara lain penggunaan bahasa lisan, bahasa isyarat/ bahasa tubuh, dananeka media komunikasi yang menggunakan kertas (aneka macam syratmenyurat, surat kabar, majalah, dan tabloid). Sedangkan media komunikasi elektronik antara lain adalah media audiovisual (televisi), intrkom,internet (situs Web dan e-mail, teleconference,video conference, telepon biasa (fixed line), dan telepon genggam/ seluler ( handphone)
Dalam dunia bisnis yang berskala kecil, menengah, maupun besar, orang-orang yang berkecimpung di dalamnya ( para pelaku bisnis) tidak terlepas dari kegiatan komunikasi. Oleh karena itu,bagi mereka komunikasi merupakan faktor yang sangat penting demi pencapaian tujuan organisasi.Mereka dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, baik konvensional maupun elektronik sebagai sarana penyampaian pesan-pesan bisnis