Forum Diskusi Pertemuan-7

Forum Diskusi Pertemuan-7

Number of replies: 15
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-3, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Yogi Dwi Pambudi -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Baik rekan-rekan mahasiswa semuanya, tadi kelompok 3 sudah memaparkan materi via gmeet dengan materi "TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar"
Jadi, kepada rekan-rekan mahasiswa semuanya jika ingin bertanya saya persilahkan, Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Yogi Dwi Pambudi

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Icha Puspita -
Asalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh, sebelumnya izin memperkenalkan diri nama saya
Icha puspita
2153053010
izin bertanya moderator

Hambatan apa yang ditemui guru dalam memanfaatkan TIK dalam kegiatan belajar mengajar?

terimaksih
In reply to Icha Puspita

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Rania Zahra -
Nama : Rania Zahra
NPM : 2113053264
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Icha Puspita

Kendala dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yang dihadapi guru di sekolah adalah sarana dan prasarana pendukung yang terbatas, tidak adanya akses, pembelajaran tidak mengintegrasikan TIK, guru tidak memiliki pengetahuan tentang TIK, tidak adanya kemauan guru untuk memanfaatkan TIK. Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah komputer, laptop, dan infokus. Kendala berikutnya yang cukup tinggi mempengaruhi guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran adalah ketersediaan jaringan internet dan sinyal. Selanjutnya kendala berikutnya adalah ketersediaan listrik. Pengetahuan teknis guru tentang teknologi informasi dan komunikasi yang terbatas menjadi kendala berikutnya dalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran di kelas. Kemudian, ketakutan dan pertimbangan dampak negatif dari penggunaan alat berupa handphone (HP) dan laptop di sekolah menjadi kendala guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas. Atas pertimbangan ketakutan penyalahgunaan alat TIK tersebut, sekolah mengeluarkan kebijakan melarang guru membawa HP ke sekolah. Kendala terkecil penghambat guru memanfaatkan TIK adalah terkait pengelolaan data.

Selain kekurangan tersebut, masih ada jenis kekurangan lainnya yang dikemukakan oleh beberapa peneliti sebelumnya, seperti kurangnya waktu, kurangnya pelatihan TIK, kurangnya kesempatan mengembang diri dan lain sebagainya. Tantangan yang paling umum lainya dilaporkan oleh para guru, misalnya, kurangnya waktu mereka miliki. Mereka tidak punya cukup waktu untuk merencanakan pelajaran teknologi yang luar biasa atau menjelajahi berbagai aspek world wide web (www) atau perangkat lunak. Sebagian guru berkomentar bahwa dibutuhkan lebih banyak waktu untuk merancang proyek yang mencakup penggunaan teknologi baru daripada menyiapkan pelajaran untuk mengajar dengan cara tradisional dengan buku dan lembar kerja.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, jika ada salah kata dan kekurangan saya mohon maaf, dan jika ada teman-teman yang ingin menambahkan dipersilahkan.
Terimakasih
In reply to Yogi Dwi Pambudi

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by TITI ANISANTURI -
Assalamualaikum. Izin bertanya moderator, sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202

Menurut kelompok kalian, dari ke delapan jenis-jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK tersebut mana yang cocok untuk diterapkan pada pembelajaran bagi anak SD? Dan mengapa?
Terima kasih
In reply to TITI ANISANTURI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by NOVITA SARI -
waalaikumusalaam, izin menjawab pertanyaan dari saudari titi tentang pertannyaan dari ke delapan jenis-jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK tersebut mana yang cocok untuk diterapkan pada pembelajaran bagi anak SD dan mengapa?

Jadi menurut kelompok kami dari 8 jenis sumber dan media pembelajaran berbasis tik tersebut yang cocok untuk peserta didik adalah komputer dan juga internet. Karena untuk siswa sekolah dasar khususnya untuk siswa kelas rendah 1 2 3, media yang sangat membantu sekali dalam penyampaian pembelajaran itu adalah media pembelajaran visual dan animasi yang biasanya dibuat guru dalam bentuk PPT. PPT adalah salah satu jenis media pembelajaran audio visual di mana dengan PPT dapat menampilkan teks gambar bahkan suara. Dengan media visual ini tentu saja dapat menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Jadi dengan komputer dan jaringan itu dapat memberikan kesempatan kepada setiap pembelajaran untuk mengakses materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan komputer. Namun tentunya saat proses pembelajaran di kelas pembelajaran visual dan animasi ini tidak hanya memerlukan komputer dan juga jaringan internet tapi juga memerlukan alat-alat pendukung lain seperti LCD (untuk memperbesar gambar) dan CD pembelajaran.

Terima kasih
In reply to Yogi Dwi Pambudi

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by TRY WAHYUNING UTAMI -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Try Wahyuning Utami
NPM: (2153053041)
Izin bertanya moderator
Bagaimana menurut kelompok kalian mengenai media tik saat ini di sekolah dasar itu yang masih jarang digunakan di daerah tertentu karena kurang nya sarana dan prasarana pendukung dan juga guru-guru nya yang sudah senior sehingga kurang menguasai tik?
Sekian, terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to TRY WAHYUNING UTAMI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by RISTA NURCAHYANI -
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Rista Nurcahyani
NPM: 2113053114
izin menjawab pertanyaan saudari Try,

Menurut kami, sekolah yang masih terbatas dalam menggunakan media TIK yang disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana tentunya harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Pemerataan sarana dan prasarana tentunya harus ditangani sedikit demi sedikit. Namun, beberapa guru yang masih terbilang muda tentunya menguasai TIK minimal internet atau smartphone. Hal ini dapat membantu guru-guru senior untuk memahami media TIK dan pembelajaran dapat berjalan meskipun tak secepat dan selincah penggunaan guru-guru muda. Media TIK tentu menjadi penunjang pembelajaran yang efektif, oleh karena itu hambatan seperti kurangnya sarana dan prasarana harus mulai diatasi seiring berkembangnya teknologi dan kemajuan jaman.

itu saja jawaban yang dapat saya sampaikan, terima kasih :)
In reply to Yogi Dwi Pambudi

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Eka Septiana Putri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarukatuh
Sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Eka Septiana Putri
Npm : 2113053085

Izin bertanya moderator
Pada kelas berapa tik dapat diajarkan di SD dan bagaimana langkah-langkah yang perlu ditempuh guru sebelum mengembangkan media pembelajaran tik di SD?
In reply to Eka Septiana Putri

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by ZHULFA AULIA HAFIDHO TURAYA -
Waalaikumsallam warahmatullahi wabarakatuh.

Saya Zhulfa Aulia NPM 2113053294
izin menjawab pertanyaan dari saudari Eka Septiana Putri

Tik dapat diajarkan di SD mulai dari kelas satu hingga kelas enam SD

sebelum mengembangkan media pembelajaran di SD guru perlu mengetahui langkah langkah yang perlu ditempuh terlebih dahulu berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh guru sebelum mengembangkan media pembelajaran di SD

1.menentukan tujuan pembelajaran 2.menentukan materi pembelajaran 3.menentukan model pembelajaran
4.menentukan media pembelajaran 5.menentukan metode evaluasi

Semoga dapat difahami
In reply to Yogi Dwi Pambudi

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Raissa Lestari -
Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Raissa Lestari
Npm : 2113053237
Izin bertanya kepada kelompok 3

Bagaimana hasil pemanfaatan tik hingga detik ini di dunia pendidikan? Lalu jelaskan hambatan tik yang ada serta penanganan yang seperti apa yang akan dilakukan dalam penerapan nya di pendidikan indonesia?
In reply to Raissa Lestari

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Dinda Rahmawati -
Nama : Dinda Rahmawati
NPM : 2113053138
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Raissa Lestari

Penggunaan TIK telah terbukti memudahkan berbagai pekerjaan dalam pendidikan, bahkan menjadi solusi dalam kegiatan belajar. Dengan TIK, informasi edukatif dapat disampaikan dengan cepat dan disajikan secara efektif. Contohnya sistem pembelajaran daring atau E-Learning. E-Learning membantu pelajar mencari informasi tanpa harus tatap muka dengan guru. Hasil pemanfaatan TIK di dunia pendidikan hingga detik ini bisa kita lihat dari penggunaan zoom atau gmeet yang kita gunakan saat ini, zoom atau gmeet ini dapat memudahkan kita dalam proses pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung sekalipun.

Kendala utama dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yang dihadapi guru di sekolah adalah sarana dan prasarana pendukung yang terbatas. Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah komputer, laptop, dan infokus. Kendala berikutnya yang cukup tinggi mempengaruhi guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran adalah ketersediaan jaringan internet dan sinyal. Pengetahuan teknis guru tentang teknologi informasi dan komunikasi yang terbatas menjadi kendala berikutnya dalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran di kelas.
Salah satu alternatif solusi mengatasi hambatan pemanfaatan TIK adalah dengan penerapan model BYOD (Bring Your Own Devices), di mana guru atau siswa membawa perangkat elektronik mereka sendiri (seperti laptop, tablet, USB flash drive dan perangkat lain yang sejenis) untuk kegiatan belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
In reply to Yogi Dwi Pambudi

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by DHEA APRIANI -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dhea Apriani
NPM: 2113053257

Apakah ada tantangan bagi guru menggunakan media tik dalam meningkatkan proses pembelajaran? Lalu bagaimana solusinya dalam mengatasi hp hal tersebut?
In reply to DHEA APRIANI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by ADELIA EKA PITALOKA -
Izin menjawab pertanyaan dari Dhea Apriani
Nama : Adelia Eka Pitaloka
NPM : 2113053102

Tantangan guru dalam menggunakan media tik yaitu
1. Sarana dan prasarana pendukung yang terbatas. Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah komputer, laptop, dan infokus. Kendala berikutnya yang cukup tinggi mempengaruhi guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran adalah ketersediaan jaringan internet dan sinyal.
2. Ketersediaan listrik. Pengetahuan teknis guru tentang teknologi informasi dan komunikasi yang terbatas menjadi kendala berikutnya dalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran di kelas.
3. Ketakutan dan pertimbangan dampak negatif dari penggunaan alat berupa handphone (HP) dan laptop di sekolah menjadi kendala guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas. Atas pertimbangan ketakutan penyalahgunaan alat TIK tersebut, sekolah mengeluarkan kebijakan melarang guru membawa HP ke sekolah.

Solusi untuk menangani permasalahan tersebut adalah Salah satu alternatif solusi mengatasi hambatan pemanfaatan TIK adalah dengan penerapan model BYOD (Bring Your Own Devices). BYOD memiliki banyak keuntungan, seperti mengurangi biaya sekolah dan meningkatkan produktivitas guru atau siswa, menghemat anggaran dalam pengadaan perangkat keras, perangkat lunak, lisensi, perjanjian jasa, dan tambahan asuransi, serta meningkatkan mobilitas, fleksibilitas, produktivitas dan kepuasan guru dan siswa dalam pembelajaran. BYOD merupakan sebuah fenomena yang mulai berkembang dan dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, di mana guru atau siswa membawa perangkat elektronik mereka sendiri (seperti laptop, tablet, USB flash drive dan perangkat lain yang sejenis) untuk kegiatan belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

terimakasih