forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 27

silahkan kalian tuliskan apa sajakaah media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tsb....

In reply to First post

Re: forum diskusi

by Destiana Puanda Ashari -
Nama : Destiana Puanda Ashari
Npm : 2053053021
Izin menjawab

Media pembelajaran yang tepat untuk SD kelas tinggi antara lain:
1. Audio
Media audio merupakan media berupa suara yang dapat didengar. Dibandingkan dengan peserta didik SD kelas rendah, media audio ini lebih cocok digunakan untuk kelas tinggi. Peserta didik kelas tinggi umumnya sudah dapat berimajinasi atau membayangkan apa yang didengarnya sehingga media audio ini dapat digunakan untuk peserta didik kelas tinggi dalam pembelajaran.
2. Audio visual
Media audio visual sangat cocok digunakan untuk peserta didik kelas tinggi baik dalam menyampaikan materi atau mengilustrasikan sesuatu, seperti halnya untuk kelas rendah. Contoh penggunaan audio visual untuk kelas tinggi yaitu dalam menjelaskan tentang contoh hak dan kewajiban untuk materi PKn.
3. Peta/globe
Peta merupakan gambaran sebuah daerah, sedangkan globe dapat disebut juga sebagai bola dunia. Peta dan globe ini cocok digunakan dalam pembelajaran kelas tinggi karena materi pembelajarannya yang lebih sulit. Peta dan globe ini digunakan untuk mencari letak suatu Negara atau daerah.
4. Media cetak
Media cetak yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran contohnya koran dan majalah. Pendidik dapat memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat kliping dari Koran dan majalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran PKN.
Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Diva syafira rahmadani 2053053001 -
Nama : Diva Syafira Rahmadani
NPM : 2053053001
Izin menjawab

Media yang tepat bagi anak SD kelas Tinggi adalah :
1. Media Audio
Media Audio merupakan media yang hanya dapat didengar saja, atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio dan rekaman suara. Baik dari suara guru maupun suara kaset. Alasannya yaitu karena pada anak kelas tinggi, mereka sudah dapat diberikan stimulus berupa rekaman suara saja tanpa harus menggunakan visualisasi.

2. Media Visual
Media pembelajaran visual merupakan media yang dimanfaatkan dengan cara dilihat saja, tidak mengandung unsur suara dalam penggunaannya. Media berbasis visual merupakan jenis media yang memiliki unsur utama berupa bentuk nyata, tekstur, dan warna dalam penyajiannya. Alasannya yaitu karena media visual yang menarik dapat mempermudah pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran. Media visual dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dengan menggunakan indera penglihatan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dewi Nurhanifah 2053053025 -
Nama : Dewi Nurhanifah
NPM : 2053053025

Izin menjawab
Media yang cocok digunakan untuk kelas tinggi yaitu
1. Media visual
Media pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses belajar mengajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi, salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor.

Keunggulan dari media pembelajaran menggunakan alat bantu visual ini ialah dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat dicerna dengan baik oleh siswa siswi.
2. Media audio
Proses belajar mengajar dengan menggunakan media ini difokuskan pada indra pendengaran.

Alat bantu yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar menggunakan media audio ini di antaranya tape recorder, radio, telepon, dan lain sebagainya
3. Peta dan globe
Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan.

Salah satu jenis media pembelajaran ini dapat memungkinkan siswa untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Shafa Mutiara Maharani -
Izin menjawab
Sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama:Shafa Mutiara Maharani
Npm:2053053002
Jawabannya
Media yang tepat untuk anak kelas tinggi:
1.Peta dan Globe
Salah satu jenis media pembelajaran yang sering digunakan adalah peta dan globe. Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan.
Salah satu jenis media pembelajaran ini dapat memungkinkan siswa untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia. Selain itu jenis media pembelajaran juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis

2.Gambar Fotografi
Macam media pembelajaran berikutnya ialah gambar fotografi. Media pembelajaran ini dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, seperti surat kabar, kartun, ilustrasi, dan foto. Sistem pembelajaran dalam menggunakan media ini menjadi salah satu cara efektif untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar.
Di samping itu, untuk dapat menunjang keberhasilan secara optimal dibutuhkan sebuah gambar fotografi yang memenuhi persyaratan artistik tertentu. Hal ini agar para siswa tertarik dan mengerti dengan jelas apa materi yang disampaikan.

3.Media Serba Aneka
Media serba aneka merupakan salah suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah. Salah satu yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia ialah media papan tulis, tiga dimensi, dan berbagai sumber lainnya. Selain itu, media serba aneka juga dapat dilakukan dengan menggunakan aneka benda yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar.
Metode pembelajaran ini dapat menarik minat siswa untuk belajar apabila memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang ada. Salah satu contoh lainnya ialah mengajak siswa untuk mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan fokus mata pelajaran. Sehingga hal ini dinilai efektif untuk membuat siswa tidak bosan saat melakukan proses belajar mengajar.

4.Media Audio Visual
Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar ialah menggunakan media audio visual. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa.
Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Regita Tri Astuti 2053053016 -
Nama : regita tri astuti
Npm : 2053053016

Assalamualaikum wr wb
Izin menjawab pak , bu

Menurut saya ada 2 jenis media yang cocok digunakan untuk kelas tinggi
1. Media audio
Media audio adalah media yang mengandalkan indra pendengaran saja. Hanya berupa suara tidak ada gambarnya. Contohnya laboratorium bahasa. Hal ini dapat digunakan untuk kelas tinggi karena dapat memicu ke fokusan peserta didik.
2. Media audio visual
Media audio visual adalah media yang melibatkan indra pendengaran dan penglihatan, contohnya vidio pembelajaran. Hal ini bisa digunakan untuk kelas tinggi agar peserta didik lebih mudah untuk memahami materi

Sekian jawaban dari saya kurang lebih saya mohon maaf

Wassalamualaikum wr wb
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Intan Dewi Pangestika 2013053183 -
Nama : Intan Dewi Pangestika
NPM : 2013053183

Izin menjawab,
Media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu :
1. Media visual. Media pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses pembelajaran. Contohnya gambar, bagan, grafis, dan segala bentuk media yang bisa dilihat oleh mata. Keunggulan dari media pembelajaran menggunakan alat bantu visual ini ialah dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat.
2. Peta dan Globe. Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan. Selain itu jenis media pembelajaran ini juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis.
In reply to Intan Dewi Pangestika 2013053183

Re: forum diskusi

by Regita Aprilia 2053053022 -
Nama : Regita Aprillia
Npm : 2053053022
Izin menjawab
Menurut saya media yang tepat digunakan untuk SD kelas tinggi yaitu yang pertama
1. Media audio
Karena media audio merupakan media yang bersumber dari suara yang dapat didengar dibandingkan dengan peserta didik di kelas rendah media audio ini sangat cocok untuk kelas tinggi karena peserta didik umumnya sudah dapat melakukan kegiatan berimajinasi atau membayangkan apa yang telah mereka dengarkan sehingga media ini sangat tepat untuk digunakan di kelas tinggi.
2. peta atau globe
Media ini merupakan gambaran sebuah daerah sedangkan globe itu disebut juga dengan bola dunia peta dan globe ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran kelas tinggi karena metode pembelajarannya yang lebih sulit dibandingkan kelas rendah dan peta dan global ini digunakan untuk mencari. Atau letak suatu negara atau daerah
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Intan Bestika Putri 2053053026 -
Nama : Intan Bestika Putri
NPM : 2053053026

Izin menjawab,
Jenis Media yang Tepat bagi Anak SD Kelas Tinggi
a. Media Audio
Media pembelajaran audio ini tepat bagi anak kelas tinggi karena berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio berkaitan erat dengan indera pendengaran. Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi). Contoh media seperti radio, alat perekam pita magnetic, laboratorium bahasa, dan lain-lain.

b. Media Visual
Media pembelajaran visual ini juga tepat bagi anak kelas tinggi karena media ini hanya mengandalkan indera penglihatan. Jenis media pembelajaran visual menampilan materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam bentuk-bentuk visual. Selain itu fungsi media visual juga berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dan diingat jika disajikan dalam bentuk visual.

c. Media Audio Visual
Media pembelajaran audio visual ini juga tepat bagi anak kelas tinggi karena merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Media audio visual tentunya menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak menjadikan model yang akan ditiru oleh siswa, menyiapkan variasi yang menarik dan perubahan tingkat kecepatan belajar mengenai suatu pokok bahasan atau sesuatu masalah, dan kemampuan media ini dianggap lebih baik dan menarik karena dua unsur media, yaitu audio dan visual.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Amanda Surya Widiyati 2053053020 -
Nama : Amanda Surya Widiyati
NPM : 2053053020

Izin menanggapi atas pertanyaan tersebut pak..
Menurut saya, media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu sebagai berikut :
1) Media audio
Jenis media audio ini lebih memfokuskan pada indra pendengaran, jadi peserta didik akan diajak untuk lebih focus mendengarkan serta mengkap makna apa yang telah ia dengarkan melalui media audio tersebut, setelah peserta didik dapat makna kemudian peserta didik dapat mencatat ataupun memberi tanggapan apa yang telah dia dengar. Media audio ini dapat melatih focus dan ketelitian peserta didik. Adapun media audio ini seperti radio, tape recorder, dam lain sebgagainya.
2) Peta da Globe
Salah satu jenis media pembelajaran kelas tinggi ini dapat memungkinkan peserta didik untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia. Selain itu jenis media pembelajaran juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis.
3) Media visual
Media pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses belajar mengajar. Dalam media pembelajaran seperti media visual ini berbagai pembelajaran akan terasa muda dan menyenangkan bgai peserta didik karena dapet memperjelas suatu sajian. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi, salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005 -
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005

Izin menjawab, pak.
media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi antara lain:
1. Media Visual
Media visual merupakan media yang hanya menampipkan gambar saja atau hanya mengandalkan indera penglihatan dan pikiran saja. Dengan menggunakan media visual, maka peserta didik dapat dilatih cara berpikir kristisnya, seperti misalnya mengamati dan menganalisa sebuah gambar yang berisi perilaku yang tidak sesuai moral.

2. Media Audio Visual
Media audio visual adalah media yang menampilkan gambar dan juga suara atau mengandalkan indera penglihatan dan pendengaran. Dengan media audio visual pendidik dapat menyajikan materi pembelajaran yang sulit divisualisasikan seperti bagaimana bentuk planet diluar angkasa dan bagaimana sejarah pancasila. Melalui media audio visual, peserta didik dapat lebih mudah memahami materi karena telah diberikan visualisasi dan juga penjelasanya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Herma Handani -
Nama : Herma Handani
Npm : 2053053029
Izin menjawab
media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu :
1 media audio
Dengan adanya media ini kita dapat mendengar berita apa saja, atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio dan rekaman suara. Baik dari suara guru maupun suara kaset.
Alasannya yaitu dengan media audio ini lebih cocok digunakan untuk kelas tinggi. Peserta didik kelas tinggi umumnya sudah dapat berimajinasi

2.Gambar Fotografi
Media pembelajaran ini dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, seperti surat kabar, kartun, ilustrasi, dan foto. media ini menjadi salah satu cara efektif untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar.Hal ini agar para siswa tertarik dan mengerti dengan jelas apa materi yang disampaikan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by MUKTI SETIAWAN 2053053003 -
nama: mukti setiawan
npm: 2053053003
izin menjawab media yang cocok untuk kelas tinggi
A. Media visual
Media ini memfokuskan indra penglihatan saat proses pembelajaran mengajar hal ini dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor. Media ini sangat cocok untuk diterapkan untuk di kelas tinggi agar proses belajar mengajar menggunakan media visual dapat dicerna dengan baik oleh siswa-siswi sehingga hal ini menjadi menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang menyenangkan.

B. Media audio
Media ini sangat berguna agar difokuskan pada Indra pendengar hal ini menjadi salah satu yang cocok media pembelajaran bagi peserta didik agar menunjang proses pembelajaran menggunakan media audio dapat berjalan dengan baik diantaranya media audio antara lain tape recorder, radio, telepon dan lain-lain

C. Media audio visual
Media ini sangat cocok untuk diterapkan di kelas tinggi agar pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses pembelajaran mengajar menggunakan media audio visual media ini sering menampilkan suara dan gambar sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa. Contoh dari media audio visual gerak ialah film TV gambar bersuara dan lain-lain

Menurut saya itulah media yang cocok diterapkan untuk di kelas tinggi supaya pemahaman materi yang telah diberikan oleh pendidik agar dapat dipahami oleh peserta didik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lesi Agustin 2053053037 -
Media pembelajaran yang tepat untuk SD kelas tinggi antara lain:
1. Peta/globe
Peta merupakan gambaran sebuah daerah, sedangkan globe dapat disebut juga sebagai bola dunia. Peta dan globe ini cocok digunakan dalam pembelajaran kelas tinggi karena materi pembelajarannya yang lebih sulit. Peta dan globe ini digunakan untuk mencari letak suatu Negara atau daerah.
2. Media cetak
Media cetak yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran contohnya koran dan majalah. Pendidik dapat memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat kliping dari Koran dan majalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran PKN.
Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by resti septika 2013053061 -
Nama : Resti Septika
Npm : 2013053061

Izin menjawab
Media yang cocok untuk anak SD kelas tinggi antara lain :
1. Media visual

Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat saja atau media yang mengandalkan Indra penglihatan saja ,misalnya alat proyeksi .Media pembelajaran visual ini cocok untuk anak SD kelas tinggi karena dapat membantu perserta didik dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat kepada perserta didik .

2. Media audio

Media yang memanfaatkan Indra pendengaran saja ,Media ini cocok untuk perserta didik kelas tinggi karena dapat mengingat materi dengan baik dengan cara mengulang - mengulang pembelajaran yang sudah direkam.

Sekian jawaban dari saya
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Aditya Mahendra 2053053012 -
1.Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan visual (melihat). Media Audio-visual merupakan sebuah alat bantu audio-visual yang berarti bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide. Alasan saya memilih jenis media ini dikarenakan dalam pengajaran dapat direkam dan isi pesan dapat dipergunakan berulang-ulang kali dengan konsisten, program dapat diedit sesuai dengan yang dikehendaki, membuat suasana belajar lebih mantap dan dapat mengembangkan kemampuan apresiasi dan imajinasi siswa terhadap hal-hal yang sedang disajikan dan memberikan pemahaman kepada peserta didik agar pembelajaran berjalan secara maksimal.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Novia purnamasari 2053053028 -
Nama : Novia purnamasari
Npm :2053053028
Izin menjawab

Media pembelajaran yang tepat untuk SD kelas tinggi antara lain:
1. Audio
Media audio merupakan media berupa suara yang dapat didengar. Dibandingkan dengan peserta didik SD kelas rendah, media audio ini lebih cocok digunakan untuk kelas tinggi. Peserta didik kelas tinggi umumnya sudah dapat berimajinasi atau membayangkan apa yang didengarnya sehingga media audio ini dapat digunakan untuk peserta didik kelas tinggi dalam pembelajaran.
2. Audio visual
Media audio visual sangat cocok digunakan untuk peserta didik kelas tinggi baik dalam menyampaikan materi atau mengilustrasikan sesuatu, seperti halnya untuk kelas rendah. Contoh penggunaan audio visual untuk kelas tinggi yaitu dalam menjelaskan tentang contoh hak dan kewajiban untuk materi PKn.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Cindy Ardila Putri 2053053043 -
Izin menyampaikan pendapat pak
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043
Izin menyampaikan pendapat

Media yang cocok digunakan untuk kelas tinggi yaitu
1. Media visual
Media pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses belajar mengajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi, salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor. Keunggulan dari media pembelajaran menggunakan alat bantu visual ini ialah dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat dicerna dengan baik oleh siswa siswi.
2. Media audio
Proses belajar mengajar dengan menggunakan media ini difokuskan pada indra pendengaran.Alat bantu yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar menggunakan media audio ini di antaranya tape recorder, radio, telepon, dan lain sebagainya
3. Peta dan globe
Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Alma Afifah 2053053044 -
Nama: Alma Afifah
Npm: 2053053044

izin menjawab
Menurut saya, media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu:
1) Media Audio (dengar)
yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau mediayang hanya memiliki unsur suara

2) Media Visual (melihat),
yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara.

3) Media Audio-Visual (dengar-melihat),
yaitu jenis media yang selain bisa dilihat juga bisa didengar
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Fikri abdurrahman zaki 2053053010 -
Nama : Fikri abdurrahman zaki
Npm : 2053053010

Media yang cocok bagi anak sd kelas tinggi :

1) Media audio
Jenis media audio ini lebih memfokuskan pada indra pendengaran, jadi peserta didik akan diajak untuk lebih focus mendengarkan serta mengkap makna apa yang telah ia dengarkan melalui media audio tersebut, setelah peserta didik dapat makna kemudian peserta didik dapat mencatat ataupun memberi tanggapan apa yang telah dia dengar. Media audio ini dapat melatih focus dan ketelitian peserta didik. Adapun media audio ini seperti radio, tape recorder, dam lain sebgagainya.
2) Peta dan Globe
Salah satu jenis media pembelajaran kelas tinggi ini dapat memungkinkan peserta didik untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia. Selain itu jenis media pembelajaran juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis.
3) Media visual
Media pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses belajar mengajar. Dalam media pembelajaran seperti media visual ini berbagai pembelajaran akan terasa muda dan menyenangkan bgai peserta didik karena dapet memperjelas suatu sajian. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi, salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nurulita Kurniasih 2053053006 -
Nama : Nurulita Kurniasih
NPM : 2053053006

Izin menjawab
Pemilihan media pembelajaran untuk peserta didik kelas tinggi dapat bervariasi bergantung dengan materi dan tujuan yang inign dicapai. Hal itu dikarenakan perkembangan kognitif peserta didik kelas tinggi sudah lebih berkembang seiring bertambahnya usia dan pengalaman belajar. Beberapa jenis media yang sesuai bagi peserta didik kelas tinggi adalah sebagai berikut.
1) Media Audio
Jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan indera pendengaran peserta didik. Pengalaman belajar yang akan didapatkan adalah dengan mengandalkan indera kemampuan pendengaran dapat berupa rekaman, kaset, radio dan sebagainya.
2) Media Visual
Jenis media yang digunakan hanya mengandalkan indera penglihatan peserta didik semata-mata, sehingga pengalaman belajar yang diterima peserta didik sangat tergantung pada kemampuan penglihatannya seperti gambar, slide, poster, foto, bagan, dan sebagainya
3) Media Audio-Visual
Jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan. Pesan dan informasi yang dapat disalurkan melalui media ini dapat berupa pesan verbal dan nonverbal yang mengandalkan penglihatan maupun pendengaran. Media ini dapat berupa video, film fiksi atau non fiksi, dokumenter, dan sebagainya.
4) Media konkret
Media konkret dapat berupa benda yang sebenarnya yang dapat dilihat dan disentuh serta diamati oleh peserta didik, dapat berupa papan tulis, alat peraga dan sebagainya. Selain itu juga dapat berupa gerak dan sikap yang dalam mewujudkannya dapat dengan melakukan simulasi, bermain peran (role playing), permainan, alam sekitar, peristiwa atau cerita yang mengandung moral, dan sebagainya disesuaikan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari.
5) Media cetak
Media cetak yang dapat digunakan berupa buku, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Pendidik dapat mencari berbagai topik pembahasan terkait materi pada media cetak tersebut seperti cerita pendek fiksi atau nonfiksi, berita, dan sebagainya sebagai bahan pembahasan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Reni Dwi yulianti 2053053013 -
Nama : reni dwi yulianti
npm : 2053053013
izin menjawab
media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, yaitu :
1. Media visual, yaitu pada media ini memfokuskan indra pengelihatan saat proses pembelajaran.
Contohnya yaitu menggunakan peta/ globe, gambar, proyektor, bagan, dll.
2. Media audio, yaitu pada media ini difokuskan pada indra pendengaran saat proses pembelajaran.
Contohnya pada laboratorium bahasa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Alifiya Prabita Rahayu 2053053008 -
Nama : Alifiya Prabita Rahayu
Npm : 2053053008
Izin menjawab

Media pembelajaran yang tepat untuk SD kelas tinggi ada
Media Visual
Menurut saya, alasannya adalah media visual ini membantu guru dalam memberikan materi dalam pembelajaran dengan mudah dipahami. Hal tersebut sesuai dengan manfaat media visual itu sendiri yaitu, menarik perhatian siswa, memudahkan guru dalam memberikan materi, membuat semangat siswa untuk aktif, dan berakhir pada kualitas hasil belajar.

Kemudian Media Peta dan Globe
Media ini memungkinkan siswa untuk mengerti posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan sungai; memberikan keterangan tentang wilayah, jarak, arah, bentuk luas, dan hubungan; melengkapi orientasi pengertian dan pengalaman tentang berbagai daerah.
Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Clarissa Fara Adellia 2053053034 -
nama : clarissa fara adellia
npm : 2053053034

media pembelajaran yang cocok digunakan untuk anak kelas tinggi

1. Media Cetak (Print Out)

Media pembelajaran dalam bentuk cetak adalah media yang berasal dari teks, gambar serta ilustrasi pendukung lainnya yang digunakan sebagai penyampai informasi belajar.

Media cetak terbagi kedalam 3 golongan, yakni (1) media cetak lepas (buku, modul, majalah, gambar, leaflet, handout dan foto-foto. (2) Media cetak dipajang (poster, peta, papan planel, mading) dan (3) Media cetak diproyeksikan seperti OHP atau slide proyektor.

2. Media Audio
Media audio adalah media berbasis suara. bunyi-bunyian dan kesan non-verbal. Media pembelajaran ini cocok untuk siswa bertipe auditori. Contoh media audio diantaranya radio, cd dvd player, mp3, game interaktif dll.

3. Media Audio Visual
Media yang menayangkan gambar dan audio dalam waktu bersamaaan. Media ini adalah media yang dapat didengar sekaligus dilihat.

4. Multimedia Interaktif
Multimedia Interaktif adalah media pembelajaran berbasis multimedia yang dilengkapi alat pengontrol yang dapat dioperasikan pengguna sehingga alat dapat memberi respon dan ada hubungan timbal-balik antara alat dan pengguna.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Laras Putria -
Nama = Laras Putria
NPM = 2053053007
Izin menjawab
Media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi adalah

1. Audio
Media audio merupakan media berupa suara yang dapat didengar. Peserta didik kelas tinggi umumnya sudah dapat berimajinasi atau membayangkan apa yang didengarnya sehingga media audio ini dapat digunakan untuk peserta didik kelas tinggi dalam pembelajaran.
2. Media Visual
Media visual merupakan media yang hanya menunjukan gambar saja atau hanya mengandalkan indera penglihatan dan pikiran saja. Dengan menggunakan media visual, maka peserta didik dapat dilatih cara berpikir kristisnya, seperti misalnya mengamati dan menganalisa sebuah gambar yang berisi perilaku yang tidak sesuai moral.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by FUJI BESTARI 2053053019 -
Nama : Fuji Bestari
NPM : 2053053019
Izin Menjawab pak

1. Media Visual
Macam-macam media pembelajaran visual adalah media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Jenis media pembelajaran visual menampilan materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam bentuk-bentuk visual. Selain itu fungsi media visual juga berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dan diingat jika disajikan dalam bentuk visual. Macam-macam media pembelajaran visual ini dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Berikut penjelasannya:
a. Media visual diam
Berupa foto, ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rngkai, OHP, grafik, bagan, diagram, poster, peta, dan lain-lain.
b. Media visual gerak
Berupa gambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu dan sebagainya.
Media ini cocok untuk anak SD tingkat tinggi karena media yang digunakan dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik. tentunya hal ini akan mempermudah pendidik dalam mengajarkan materi pembelajaran serta mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan.
2. Media Audio Visual
Macam-macam media pembelajaran audio visual merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Apabila menggunakan media ini akan semakin lengkap dan optimal untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan penyajian bahan ajar kepada peserta didik, selain itu dengan media ini dalam batasan tertentu dapat menggantikan peran dan tugas guru. Dalam hal ini, guru tidak selalu berperan sebagai penyaji materi tetapi karena penyajian materi bisa digantikan oleh media, maka peran guru bisa beralih menjadi fasilitator belajar, yaitu memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk belajar. Contoh dari media audio visual diantaranya program video/televisi pendidikan, video/televisi instruksional, dan program slide suara. Jadi pembelajaran menggunakan media audio visual dapat menyampaikan pesan pembelajaran.
Ditinjau dari karakteristiknya media audio visual dibedakan menjadi 2 yaitu madia audio visual diam, dan media audio visual gerak. Berikut penjelasannya:
a. Media audiovisual diam
Berupa TV diam, film rangkai bersuara, halaman bersuara, buku bersuara.
b. Media audio visual gerak
Berupa film TV, TV, film bersuara, gambar bersuara, dan lain-lain.
3. Media Serbaneka
Macam-macam media pembelajaran serbaneka merupakan suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah, di sekitar sekolah atau di lokasi lain atau di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media pengajaran. Sederhananya, media pembelajaran ini hanya akan berpusat pada potensi lingkungan saja dan memanfaatkannya. Bukan malah memaksakan diri untuk memenuhi media pembelajaran. Contoh macam-macam media pembelajaran serbaneka di antaranya adalah papan tulis, media tiga dimensi, realita, dan sumber belajar pada masyarakat. Berikut penjelasannya :
a. Papan (board) yang termasuk dalam media ini di antaranya papan tulis, papan buletin, papan flanel, papan magnetik, papan listrik, dan papan paku.
b. Media tiga dimensi di antaranya model, mock up, dan diorama.
c. Realita adalah benda-benda nyata seperti apa adanya atau aslinya. Contoh pemanfaatan realit misalnya guru membawa kelinci, burung, ikan atau dengan mengajak siswanya langsung ke kebun sekolah atau ke peternakan sekolah.
d. Sumber belajar pada masyarakat di antaranya dengan karya wisata dan berkemah.
4. Peta dan Globe
Macam-macam media pembelajaran berikutnya adalah peta dan globe ini berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi. Seperti keadaan permukaan (bumi, daratan, sungai sungai, gunung-gunung), dan tempat- tempat serta arah dan jarak. Kelebihan lain dari peta dan globe, dalam kegiatan belajar mengajar adalah:
a. Memungkinkan siswa mengerti posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain lain.
b. Merangsang minat siswa terhadap penduduk dan pengaruh- pengaruh geografis.
c. Memungkinkan siswa memperoleh gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta bentuk bumi yang sebenarnya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ira nursanti 2053053024 -
Nama : Ira Nursanti
NPM : 2053053024

izin menjawab pak
1. Media Visual
Jenis media pembelajaran berikutnya ialah menggunakan media audio. Proses belajar
mengajar dengan menggunakan media ini difokuskan pada indra pendengaran.
Alat bantu yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar menggunakan media
audio ini di antaranya tape recorder, radio, telepon, dan lain sebagainya.

2. Media Audio Visual
Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses
belajar mengajar ialah menggunakan media audio visual. Pasalnya media audio visual dapat
menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang
menarik untuk para siswa.
Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan
gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan
halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar
bersuara, dan lain sebagainya.

3. Media Serba Aneka
Media serba aneka merupakan salah suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu
daerah. Salah satu yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia ialah media papan tulis,
tiga dimensi, dan berbagai sumber lainnya. Selain itu, media serba aneka juga dapat
dilakukan dengan menggunakan aneka benda yang dapat digunakan untuk menunjang
proses belajar mengajar.
Metode pembelajaran ini dapat menarik minat siswa untuk belajar apabila memanfaatkan
berbagai macam fasilitas yang ada. Salah satu contoh lainnya ialah mengajak siswa untuk
mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan fokus mata pelajaran. Sehingga hal ini
dinilai efektif untuk membuat siswa tidak bosan saat melakukan proses belajar mengajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by aliffia hanif ariyani -
Izin menjawab ,
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011

Media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu :
1. Media Audio : Mengapa saya memilih media ini untuk kelas tinggi yaitu karena Anak diusia kelas tinggi umumnya mereka menyukai dengan hal-hal yang menarik untuk di dengar sehingga siswa tidak mudah bosan saat pembelajaran. Melalui media ini pesan disampaikan dan dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal (kedalam kata-kata/bahasa lisan) maupun non verbal. Contoh media audio diantaranya radio, cd dvd player, mp3, game interaktif dll.

2. Media Visual alasanya yaitu karena media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektif, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi
dengan visual (image) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi. Yangtermasuk dalam kelompok ini yaitu Gambar representasi, Diagram, Peta, Grafik, Overhead Projektor (OHP), Slide, dan Filmstrip.