གནས་བསྐྱོད་བཟོ་མི་ Wayan Cindy Alya Maharani 2413021027

BPMA -> DIskusi 3

Wayan Cindy Alya Maharani 2413021027 གིས-
Izin menjawab pertanyaan "menurut anda, Faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas?"

Efektivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor utama. Salah satunya adalah minat belajar siswa, di mana siswa yang memiliki ketertarikan terhadap suatu mata pelajaran akan lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diberikan. Faktor ini berkaitan dengan perhatian, antusiasme, serta partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, strategi dan metode pengajaran yang digunakan oleh guru juga berperan penting. Guru yang mampu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, seperti metode diskusi, problem solving, atau pendekatan konstruktivisme, akan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Faktor berikutnya adalah lingkungan belajar yang kondusif, baik dari segi fisik seperti kenyamanan ruang kelas, pencahayaan, dan fasilitas pendukung, maupun dari segi psikologis seperti hubungan yang harmonis antara guru dan siswa. Lingkungan yang nyaman akan membantu siswa lebih fokus dalam belajar. Motivasi belajar, baik yang berasal dari dalam diri siswa maupun dari dukungan guru dan orang tua, juga mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Siswa yang memiliki motivasi tinggi cenderung lebih tekun dalam menghadapi tantangan akademik. Terakhir, kualitas interaksi antara guru dan siswa menjadi faktor penting dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Guru yang komunikatif dan mampu memahami kebutuhan siswa akan lebih mudah dalam menyampaikan materi, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna.

BPMA -> Diskusi 2

Wayan Cindy Alya Maharani 2413021027 གིས-
Izin menjawab pertanyaan apa perbedaan dasar belajar dan pembelajaran?

Belajar dan pembelajaran memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Belajar merupakan proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, sikap, atau perilaku sebagai hasil dari pengalaman dan latihan. Belajar bisa terjadi secara mandiri tanpa adanya intervensi dari pihak lain, seperti membaca buku, mengamati lingkungan, atau melakukan percobaan sendiri.
Sementara itu, pembelajaran adalah suatu proses yang dirancang secara sistematis oleh pendidik untuk membantu peserta didik dalam mencapai tujuan belajar. Pembelajaran melibatkan interaksi antara guru, siswa, dan materi pelajaran dengan menggunakan strategi, metode, dan media tertentu agar proses belajar menjadi lebih efektif. Dalam pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan dan memberikan bimbingan agar siswa dapat memahami materi dengan lebih baik.

BPMA -> Diskusi 1

Wayan Cindy Alya Maharani 2413021027 གིས-
izin menjawab pertanyaan Jelaskan alasan pentingnya mengenal teori-teori belajar bagi seorang calon guru?
Mengenal teori-teori belajar itu penting untuk calon guru, terutama dalam merancang dan menjalankan pembelajaran yang efektif. Dengan memahami berbagai teori belajar, guru bisa menentukan cara mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Karena, setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Jika guru mengetahui & memahami berbagai teori-teori belajar, mereka bisa menyesuaikan metode pengajaran agar lebih efektif dan tidak membuat siswa cepat bosan.
Selain itu, teori belajar juga membantu dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan interaktif. Guru yang paham teori belajar bisa membuat siswa lebih aktif dalam diskusi, memahami materi dengan lebih mudah, dan termotivasi untuk belajar. Ini sangat penting karena kalau pembelajaran terlalu monoton, siswa bisa kehilangan minat.
Intinya, memahami teori belajar membuat guru lebih siap dalam mengajar dan memastikan siswa bisa menyerap pelajaran dengan maksimal. Bukan hanya untuk guru, tapi kita sebagai mahasiswa pendidikan matematika juga perlu paham ini supaya nanti bisa mengajar dengan lebih baik. Dengan teori belajar, kita bisa tahu cara menyampaikan materi yang tidak hanya mudah dipahami tapi juga membuat siswa lebih aktif dalam belajar.