link ppt: https://prezi.com/view/QD1WVFTFxzRDh6jKmlkM/?referral_token=vxUO6RlnB3FN
གནས་བསྐྱོད་བཟོ་མི་ CLARA KELVIANA KERIN 2313031064
Assalamualaikum. Izin bu mengirimkan ppt dan makalah Akuntansi Perbankan Kelompok 7
Dan untuk ppt kami menggunakan prezi, link berikut: https://prezi.com/view/QD1WVFTFxzRDh6jKmlkM/?referral_token=vxUO6RlnB3FN
izin mengirimkan ppt, proposal penelitian, dan link vidio presentasi bu
Nama: Clara Kelviana Kerin
NPM 2313031064
Kelas: 23C
Link youtube: https://youtu.be/o8OB_JkCtxA?si=V-RdrlDy-gJsVAyL
Nama: Clara Kelviana Kerin
NPM 2313031064
Kelas: 23C
Link youtube: https://youtu.be/o8OB_JkCtxA?si=V-RdrlDy-gJsVAyL
Nama: Clara Kelviana Kerin
NPM 2313031064
Skala pengukuran dalam penelitian adalah prosedur sistematis untuk menetapkan aturan yang menghubungkan angka atau simbol dengan karakteristik objek, peristiwa, atau fenomena yang diamati, sehingga memungkinkan pengumpulan data yang akurat dan analisis statistik yang tepat.
Jenis Skala Pengukuran
Skala nominal mengklasifikasikan data ke dalam kategori tanpa urutan, seperti jenis kelamin atau status siswa (eksperimen/kontrol). Skala ordinal menyusun data berdasarkan tingkatan relatif, misalnya peringkat hasil belajar (sangat baik, baik, cukup). Skala interval memiliki jarak yang sama antar nilai tetapi tanpa nol absolut, seperti skor tes (0-100), sementara skala rasio tidak mutlak untuk perbandingan proporsional, seperti waktu belajar dalam menit.
Rencana Data Penelitian PBL
Untuk penelitian “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Ekonomi kelas 11 SMAN 15 Bandar Lampung”, rancang data kuantitatif dengan sampel kelas eksperimen (PBL) dan kontrol (konvensional) menggunakan purposive sampling sekitar 60-80 siswa. Variabel independen (PBL) diukur dengan observasi dan kuesioner skala Likert (ordinal/interval: 1=Sangat Tidak Setuju hingga 5=Sangat Setuju) untuk sikap siswa terhadap model.Variabel dependen (hasil belajar ekonomi) menggunakan tes pre-post skala interval (skor 0-100) untuk mengukur peningkatan kognitif, dianalisis dengan t-test atau ANOVA.
Skala pengukuran yang Direkomendasikan
Gunakan skala interval untuk hasil belajar agar memungkinkan operasi aritmatika lengkap seperti mean dan standar deviasi, sesuai standar penelitian pendidikan ekonomi. Skala Likert interval untuk variabel moderator seperti motivasi siswa, dengan reliabilitas Cronbach's Alpha >0.7. Ini selaras dengan jurnal pendidikan ekonomi sebelumnya yang menerapkan triangulasi campuran data untuk validitas tinggi.
NPM 2313031064
Skala pengukuran dalam penelitian adalah prosedur sistematis untuk menetapkan aturan yang menghubungkan angka atau simbol dengan karakteristik objek, peristiwa, atau fenomena yang diamati, sehingga memungkinkan pengumpulan data yang akurat dan analisis statistik yang tepat.
Jenis Skala Pengukuran
Skala nominal mengklasifikasikan data ke dalam kategori tanpa urutan, seperti jenis kelamin atau status siswa (eksperimen/kontrol). Skala ordinal menyusun data berdasarkan tingkatan relatif, misalnya peringkat hasil belajar (sangat baik, baik, cukup). Skala interval memiliki jarak yang sama antar nilai tetapi tanpa nol absolut, seperti skor tes (0-100), sementara skala rasio tidak mutlak untuk perbandingan proporsional, seperti waktu belajar dalam menit.
Rencana Data Penelitian PBL
Untuk penelitian “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Ekonomi kelas 11 SMAN 15 Bandar Lampung”, rancang data kuantitatif dengan sampel kelas eksperimen (PBL) dan kontrol (konvensional) menggunakan purposive sampling sekitar 60-80 siswa. Variabel independen (PBL) diukur dengan observasi dan kuesioner skala Likert (ordinal/interval: 1=Sangat Tidak Setuju hingga 5=Sangat Setuju) untuk sikap siswa terhadap model.Variabel dependen (hasil belajar ekonomi) menggunakan tes pre-post skala interval (skor 0-100) untuk mengukur peningkatan kognitif, dianalisis dengan t-test atau ANOVA.
Skala pengukuran yang Direkomendasikan
Gunakan skala interval untuk hasil belajar agar memungkinkan operasi aritmatika lengkap seperti mean dan standar deviasi, sesuai standar penelitian pendidikan ekonomi. Skala Likert interval untuk variabel moderator seperti motivasi siswa, dengan reliabilitas Cronbach's Alpha >0.7. Ini selaras dengan jurnal pendidikan ekonomi sebelumnya yang menerapkan triangulasi campuran data untuk validitas tinggi.
Nama: Clara Kelviana Kerin
NPM 2313031064
Berikut link jurnal nasionalnya, Bu:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE