Waalaikumsalam Wr. Wb
Nama : M. Fathurozak Alfayet
NPM : 2213032105
Kelas : 4C
Izin menjawab, Sebagai mahasiswa, mahasiswa dapat membantu pihak sekolah dalam mengatasi permasalahan yang sedang terjadi. Misalnya, mengadakan sesi penyuluhan atau workshop di sekolah tersebut untuk membahas pentingnya perilaku yang baik, menghormati teman, dan menghindari pacaran di usia dini. Berikan informasi yang jelas dan mudah dipahami tentang dampak negatif dari perilaku tersebut. Bentuk kelompok pembinaan atau mentoring di mana Anda dapat memberikan teladan dan membimbing anak-anak tersebut untuk memahami nilai-nilai positif, mengembangkan kepercayaan diri, dan meningkatkan keterampilan sosial mereka. Ajak guru dan orang tua untuk bekerja sama dalam mendukung upaya perbaikan perilaku anak-anak. Diskusikan strategi dan tindakan konkret yang dapat dilakukan secara bersama-sama untuk mengatasi permasalahan yang ada. Selenggarakan program ekstrakurikuler atau kegiatan kelas yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial, seperti komunikasi yang baik, empati, dan penyelesaian konflik secara positif. Mendorong sekolah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung, di mana setiap anak merasa diterima dan dihargai. Lakukan kegiatan yang memperkuat rasa persaudaraan dan kerjasama antar siswa.
Untuk mengatasi masalah konkret yang disebutkan, seperti perilaku pacaran dan bullying, perlu adanya pendekatan yang holistik melalui kombinasi tindakan edukasi, pembinaan, kolaborasi, dan pembentukan lingkungan yang positif. Dengan konsistensi dan kerjasama semua pihak terkait, diharapkan dapat mengubah perilaku anak-anak tersebut menuju yang lebih baik. Dengan dilakukannya hal tersebut secara konsisten diharapkan siswa SD dapat menjadi siswa yang mempunyai nilai positif dan manjadi siswa yang berkarakter.
Nama : M. Fathurozak Alfayet
NPM : 2213032105
Kelas : 4C
Izin menjawab, Sebagai mahasiswa, mahasiswa dapat membantu pihak sekolah dalam mengatasi permasalahan yang sedang terjadi. Misalnya, mengadakan sesi penyuluhan atau workshop di sekolah tersebut untuk membahas pentingnya perilaku yang baik, menghormati teman, dan menghindari pacaran di usia dini. Berikan informasi yang jelas dan mudah dipahami tentang dampak negatif dari perilaku tersebut. Bentuk kelompok pembinaan atau mentoring di mana Anda dapat memberikan teladan dan membimbing anak-anak tersebut untuk memahami nilai-nilai positif, mengembangkan kepercayaan diri, dan meningkatkan keterampilan sosial mereka. Ajak guru dan orang tua untuk bekerja sama dalam mendukung upaya perbaikan perilaku anak-anak. Diskusikan strategi dan tindakan konkret yang dapat dilakukan secara bersama-sama untuk mengatasi permasalahan yang ada. Selenggarakan program ekstrakurikuler atau kegiatan kelas yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial, seperti komunikasi yang baik, empati, dan penyelesaian konflik secara positif. Mendorong sekolah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung, di mana setiap anak merasa diterima dan dihargai. Lakukan kegiatan yang memperkuat rasa persaudaraan dan kerjasama antar siswa.
Untuk mengatasi masalah konkret yang disebutkan, seperti perilaku pacaran dan bullying, perlu adanya pendekatan yang holistik melalui kombinasi tindakan edukasi, pembinaan, kolaborasi, dan pembentukan lingkungan yang positif. Dengan konsistensi dan kerjasama semua pihak terkait, diharapkan dapat mengubah perilaku anak-anak tersebut menuju yang lebih baik. Dengan dilakukannya hal tersebut secara konsisten diharapkan siswa SD dapat menjadi siswa yang mempunyai nilai positif dan manjadi siswa yang berkarakter.