Nama : Yunida Nurlina
NPM : 2213032103
Tinjauan pustaka dalam sebuah penelitian memiliki peran penting dalam memberikan landasan teoritis serta mengidentifikasi research gap yang menjadi dasar penelitian yang dilakukan. Berdasarkan pedoman penyusunan tinjauan pustaka, tujuan utama dari kajian pustaka adalah untuk meninjau kembali berbagai literatur yang telah dipublikasikan sebelumnya guna memperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang topik yang akan diteliti. Selain itu, tinjauan pustaka bertujuan untuk menyusun sintesis dan evaluasi terhadap berbagai temuan penelitian terdahulu, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang perkembangan penelitian dalam bidang tertentu. Dengan demikian, kajian pustaka tidak hanya berfungsi sebagai kumpulan referensi, tetapi juga sebagai analisis kritis terhadap teori-teori dan konsep yang telah ada untuk memperjelas arah penelitian yang sedang dilakukan
Dalam konteks penelitian ini, yaitu tentang pengaruh pembelajaran berbasis studi kasus kontekstual terhadap critical thinking skill mahasiswa PPKn Universitas Lampung, tinjauan pustaka menjadi bagian yang sangat penting. Berdasarkan latar belakang yang telah disusun, salah satu masalah utama yang ditemukan adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang masih dominan. Oleh karena itu, kajian pustaka dalam penelitian ini akan mengulas berbagai teori tentang critical thinking skill, model pembelajaran berbasis studi kasus kontekstual, serta hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah mengkaji efektivitas model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dengan melakukan kajian pustaka secara sistematis, penelitian ini dapat menunjukkan bagaimana penelitian yang dilakukan mampu mengisi kekosongan dalam kajian akademik sebelumnya dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.