Kiriman dibuat oleh Indah Purwoningsih

Nama : Indah Purwoningsih
NPM : 2213032106

1. Judul : Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
2. Judul : Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan, Perpepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNESA)
3. Judul : Persepsi Mahasiswa tentang Peranan Mata Kuliah Microteaching terhadap Kesiapan Mengajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP
Nama : Indah Purwoningsih
NPM : 2213032106
Tujuan penyusunan kajian pustaka yakni untuk memahami suatu permasalahan yang relevan dengan topik pembahasan penelitian, sehingga bisa menghasilkan penelitian yang solutif. Dalam hal ini harus dilakukan peninjauan terhadap topik pembahasan yang akan diteliti atau dianalisis lewat literatur atau karya tulis untuk mengetahui para peneliti sebelumnya yang sudah melakukan penelitian dengan topik pembahasan atau topik permasalahan yang sama. Selain itu, untuk memahami setiap teori yang akan digunakan sebagai literatur pada proses penelitian yang sedang dilakukan yang kemudian akan dituliskan. Hal ini bertujuan untuk penentuan sikap pada saat melakukan penelitian yang sudah dilakukan dan diselesaikan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atau tidak sesuai dengan tujuan utama dari penelitian.
Kaitannya dengan penelitian yang akan saya lakukan yakni penelitian tentang evaluasi pengaruh PLP terhadap kesiapan mengajar mahasiswa FKIP Universitas Lampung memiliki relevansi yang tinggi dengan kebutuhan peningkatan kualitas calon pendidik di Indonesia. Sebagaimana dijelaskan dalam latar belakang, PLP merupakan sarana penting untuk menjembatani kesenjangan antara teori yang dipelajari di perkuliahan dengan praktik nyata di lapangan. Untuk penelitian ini, perlu dilakukan sintesis dan evaluasi terhadap berbagai publikasi terkait kesiapan mengajar mahasiswa dan efektivitas program praktik lapangan dalam mempersiapkan calon guru. Dalam mengembangkan tinjauan pustaka untuk penelitian ini, sebaiknya mengikuti enam langkah yang diuraikan dalam pedoman, yaitu: menentukan topik, mencari literatur terkait, mengembangkan argumen, melakukan survei terhadap literatur, mengkritisi literatur, dan menulis tinjauan.