Nama : Septa Anggraeni
NPM : 2213053241
Metode Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13) di Sekolah Dasar (SD) adalah pendekatan yang berorientasi pada pembelajaran aktif, keterlibatan siswa secara langsung, dan pembentukan karakter serta sikap kewarganegaraan yang positif. Berikut adalah beberapa prinsip dan karakteristik metode PKN yang sesuai dengan K13 di SD:
1. Pembelajaran Aktif: Metode PKN yang sesuai dengan K13 menekankan pembelajaran aktif, di mana siswa tidak hanya menjadi objek pasif dalam proses pembelajaran, tetapi juga aktif terlibat dalam kegiatan diskusi, permainan peran, simulasi, dan proyek-proyek praktis.
2. Pembelajaran Berbasis Masalah: Menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah untuk merangsang pemikiran kritis siswa tentang isu-isu kewarganegaraan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.
3. Pembelajaran Kolaboratif: Mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil atau dalam proyek kolaboratif untuk memecahkan masalah-masalah atau mengatasi tantangan-tantangan yang terkait dengan nilai-nilai kewarganegaraan.
4. Pembelajaran Kontekstual: Mengaitkan pembelajaran PKN dengan konteks nyata siswa, seperti lingkungan sekolah, lingkungan sosial, dan masalah-masalah aktual yang ada dalam masyarakat.
5. Penggunaan Sumber Belajar Diversifikasi: Menggunakan berbagai sumber belajar seperti teks, video, gambar, dan kunjungan lapangan untuk memberikan pengalaman belajar yang bervariasi dan menarik bagi siswa.