Nama : Hesti Diantini
NPM : 2213023007
Kelas : 3A
Progran Studi : Pendidikan Kimia
Analisis Video 1
Ribbie Handmade merupakan salah satu usaha sukses yang ada di Kudus, lebih tepatnya berlokasi di Jalan Santren Pedak, Desa Klumpit, Kecamatan Gebok, Kabutan Kudus. Ribbie Handmade terkenal sebagai bisnis konveksi yang mengahasilkan berbagai jenis produk, seperti gamis, tas, masker, dan masih banyak lagi. Selain itu, Ribbie Handmade juga merupakan produsen terkenal dengan souvenirnya. Sesuai dengan namanya, produk yang dihasilkan oleh Ribbie Handmade ini benar-benar dibuat dengan tangan sendiri secara manual tanpa bantuan alat modern lainnya, sehingga karya yang dihasilkan memiliki nilai keindahan dan tingkat kesulitan tersendiri. Salah satu proses pembuatan produk Ribbie Handmade yaitu dilakukan dengan membuat pola terlebih dahulu sebelum membordirnya yang nantinya akan dibuat pouch, pola yang dibuat pun beraneka ragam sehingga hal inilah yang membuat produk yang dihasilkan Ribbie Handmade memiliki keunikan tersendiri. Selain memproduksi baju-baju dan masker, Ribbie Handmade juga terkenal dengan memproduksi bantal-bantal yang unik, seperti bantal duduk, bantal ruang tamu, bantal souvenir, bantal animasi, dan masih banyak lagi, dimana bantal-bantal yang diproduksi oleh Ribbie Handmade dibuat sekreatif mungkin dan seunikan mungkin, sehingga dapat menarik perhatian para pembeli. Salah satunya bantal yang dibuat dengan bordiran gambar sebuah keluarga dan dibawah gambar diberi tulisan sekreatif mungkin yang membuat bantal dari produk Ribbie Handmade sangat menarik dan unik.
Ribbie Handmade didirikan oleh Maulida Arifyani, dimana awal mulanya berdiri Ribbie Handmade yaitu pada tahun 2010 ketika Maulida Arifyani masih kuliah dan Maulida mencoba membuat bross dengan modal Rp 70.000,00. Setelah menikah Maulida Arifyani kemudian membuka usahanya bersama suaminya dan sudah berjalan cukup lama usahanya sekitar 10 tahunan lebih . Dan sekarang sudah banyak produk yang dihasilkan dari usaha Maulida Arifyani ini, seperti gamis, tunik, bantal, handuk, tas dan masih banyak lagi. Dan pada waktu pandemi Maulida Arifyani membuka usaha masker, karena banyaknya permintaan dari pasar yang ingin membeli masker dari produksi Ribbie Handmade. Pemasaran yang dilakukan oleh Ribbie Handme yaitu dilakukan secara offline dan juga online, sehingga pemasaran yang dilakukan juga lebih effesien. Ribbie Handmade juga membuka resseler dan pernah menjadi resseler sampai ke Malaysia.
Analisis Video 2
Dalam sebuah bisnis harus memiliki ide bisnis yang inovatif, meskipun untuk menghasilkan ide bisnis yang inovatif itu tidak mudah. Untuk menghasilkan ide bisnis yang inovatif dapat dirumuskan dengan model persamaan:
Y + (-k + s) = I
Dimana Y= produk, (-k) = kekurang produk hari ini, (s) = solusi yang diberikan atas kekurangan dari produk, (I)= inovasi. Dengan (-k<s). Berdasarkan rumus tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa inovasi adalah sama dengan produk hari ini ditambah dengan selisis antara kekurangan dengan solusi yang ditawarkan oleh kita, model tersebut mensyaratkan kondisi minus k (kekurangan) itu harus lebih kecil daripada s (soulisi yang ditawarkan). Hal ini berarti kekurangan yang ada diproduk hari ini harus lebih kecil dari solusi yang ditawarkan. Jika terdapat kondisi yang sama maka tidak menjadi inovasi, namun hanya menjadi produk saja. Contoh ilustrasi dari rumus tersebut:
Contohnya adalah Gojek, dimana Gojek sendiri merupakan hasil dari pengembangan yang sudah ada hingga hari ini, dimana ketika dimasukkan ke dalam rumus persamaan maka dihasilkan:
Y+ (-k + s)=I
Dimana,
Y= ojek pangkalan
(-k)= kekurangan dari ojek pangkalan salah satunya yaitu kekurangan aksesibilitas pelanggan terhadap layanan ojek pangkalan dimana pelanggan harus ke pangkalan ojek terlebih dahulu untuk menemukan ojek.
(s)= solusi dengan menawarkan kemudahan aksesibilitas ditambah smarphone untuk mengatasi kekurangan asksesibilitas pelanggan terhadap layanan ojek dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah sangat modern dan canggih, sehingga dengan memanfaatkan hal ini para pengguna ojek tidak perlu lagi datang kepangkalan untuk menggunakan ojek.
(I)= inovasi yang dihasilkan berupa gojek
Berdasarkan data tersebut maka rumusnya dapat dituliskan sebagai berikut:
Ojek pangkalan + kekurangan aksesibilitas pelanggan terhadap layanan ojek pangkalan + solusi menawarkan kemudahan aksesibilitas dengan memanfaatkan smartphone = inovasi berupa gojek.
Jika ditinjau dari persamaan rumus diatas ide bisnis yang kita lakukan belum tentu 100% akan berhasil atau sukses, karena persamaan rumus tersebut hanya merupakan rumus secara umum atau secara general. Untuk memastikan ide bisnis yang sukses dapat menggunakan formula rumus yang kedua, yaitu:
Y + {[-ka.A ] + [sa.A ]} = I
Dimana Y= produk, (-k)= kekurangan dari produk hari ini, (s)= solusi
yang ditawarkan atas kekurangan dari produk, (a.A) = anxiety index, (I)= Inovasi. Anxiety index sendiri merupakan
keresahan, maksudnya adalah apakah kekurangan yang dimiliki oleh produk hari
ini merupakan keresahan dari konsumen, jika merupakan keresahan dari konsumen
berarti anxiety index-nya besar. Semakin besar anxiety index maka semkain besar
pula ide bisnis yang menarik minat konsumen. Salah satu contohnya adalah mie
ayam dengan mie yang bermacam warna, dimana yang menjadi kekurangannya adalah
mie ayam yang pada umumnya hanya berwarna kuning, kemudian ditawarkan solusi
berupa mie yang berwarna warna. Namun ternyata, mie ayam yang hanya berwarna
kuning pada umumnya bukan menjadi keresahan bagi masyrakat atau konsumen,
karena masyrakat tidak mempermasalahkan warna mie yang hanya begitu-begitu
saja. Hal ini berarti dalam mengidentifikasi masalah tidak tepat atau meleset
karena tidak signifikan masalah yang diidentifikasi, sehingga produk yang
ditawarkan tidak menjadi ide bisnis yang sukses. Untuk memastikan ide bisnis
kita yang sukses maka kita harus teliti dalam melihat anxiety index tersebut.
Kesimpulan dari kedua video tersebut:
Dalam sebuah bisnis harus memiliki ide bisnis yang inovatif dan kreatif, meskipun untuk menghasilkan ide bisnis yang inovatif itu tidak mudah. Untuk menghasilkan ide bisnis yang inovatif maka kita harus dapat mengidentifikasi masalah yang signifikan dan teliti dalam melihat anxiety index supaya bisnis yang kita menjadi sukses. Selain itu juga, dalam sebuah bisnis diperlukan ide yang kreatif agar produk yang dihasilkan dalam bisnis kita memiliki nilai tersendiri dimata para konsumen, sehingga menarik perhatian konsumen. Dalam berbisnis kita juga harus melihat peluang usaha dalam ide bisnis yang akan kita lakukan, agar nantinya tidak salah dalam menjalankan sebuah bisnis. Dalam berbisnis juga diperlukan startegi pemasaran yang efektif, agar produk yang kita hasilkan dilirik oleh para konsumen.