Posts made by Iftah Farida Reza Nur 2213053184

PKn SD 4J -> TUGAS

by Iftah Farida Reza Nur 2213053184 -
Nama : Iftah Farida Reza Nur
Npm : 2213053184

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran dapat dijelaskan dengan mempertimbangkan fokus utama dan sudut pandang masing-masing konsep.

Teori belajar merujuk pada pemahaman tentang bagaimana individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalaman yang mereka alami. Teori belajar lebih menekankan pada proses internal dalam diri individu yang terlibat dalam memproses, menyimpan, dan mengaplikasikan informasi yang diperoleh. Contohnya, teori belajar behavioristik oleh Ivan Pavlov dan B.F. Skinner menekankan pada respons terhadap rangsangan tertentu. Misalnya, dalam kelas, guru mungkin menggunakan penguatan positif, seperti pujian, untuk meningkatkan keinginan siswa untuk belajar.

Di sisi lain, teori pembelajaran menekankan pada proses penyampaian materi pembelajaran dan interaksi antara guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Teori pembelajaran mencakup strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk memfasilitasi proses belajar siswa. Contohnya, teori pembelajaran kognitif oleh Jean Piaget menyoroti pentingnya penyampaian informasi secara bertahap sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa. Misalnya, guru bisa menggunakan pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran matematika di kelas dengan memberikan tugas-tugas yang menantang untuk membangun pemahaman siswa.

Jadi, sementara teori belajar berkaitan dengan proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap, teori pembelajaran berkaitan dengan strategi dan metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memfasilitasi proses belajar siswa.

PKn SD 4J -> Tugas 2

by Iftah Farida Reza Nur 2213053184 -

Nama : Iftah Farida Reza Nur

Npm : 2213053184

Materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) untuk kelas rendah SD biasanya fokus pada pemahaman konsep dasar tentang negara, lambang negara, dan nilai-nilai moral. Contohnya, mengenalkan bendera, lagu kebangsaan, serta nilai-nilai seperti gotong royong dan menghargai perbedaan.

Sementara untuk kelas tinggi SD, materi PKN bisa lebih mendalam, misalnya mempelajari lembaga negara, hak dan kewajiban warga negara, serta proses demokrasi. Contohnya, pembelajaran tentang struktur pemerintahan, pemilihan umum, dan cara berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat.

Nama : Iftah Farida Reza Nur
Npm : 2213053184

Penanaman nilai dan moral pada tiga lingkungan tersebut memegang peranan penting. Di keluarga, model perilaku orang tua menjadi kunci; di sekolah, pendekatan pembelajaran yang inklusif; dan di masyarakat, adanya contoh positif dari tokoh-tokoh.

Hambatannya termasuk pengaruh lingkungan eksternal yang negatif dan kurangnya konsistensi dalam memberikan contoh. Strategi yang efektif melibatkan keterlibatan aktif, dialog terbuka, dan penguatan positif untuk membangun kebiasaan yang kuat pada anak didik.
Nama : Iftah Farida Reza Nur
Npm : 2213053184

Identitas Jurnal
Nama Jurnal : Jurnal Pengabdian
Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri
Volume : 3
Nomor : 1
Halaman : 78-84
Tahun Terbit : 2020
Judul Jurnal : MENANGKAL DEGRADASI MORAL DI ERA DIGITAL BAGI
KALANGAN MILLENIAL
Nama Penulis : Ahmad Yani Nasution, Moh Jazuli
Kata Kunci : Degradasi Moral, Era Digital Dan Millenial


Jurnal tersebut membahas mengenai menangkal degadrasi di era digital bagi kalangan milenial.

Kegiatan PKM dengan tema “Menangkal Degradasi Moral di Era Digital bagi kalangan Millenial di Mts Insan Madani Kp. Rahong Desa Tegallega Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogo Bogor yang telah dilaksanakan oleh tim pengabdian kepada masyarakat program studi Manajemen Universitas Pamulang terlaksana dengan baik sesuai dengan yang direncanakan Saran dari pelatihan menangkal degradasi moral dalam rangka kegiatan PKM ini adalah hendaknya tim dosen ataupun berbagai pihak lainnya turut serta dalam mendukung program untuk membuat para generasi muda, termasuk pemuda agar mempunyai bekal moral yang baik yang berguna bagi mereka. Tidak hanya itu Siswa harus diarahkan dan dibantu agar tidak hanya cerdas dalam akdemis tapi juga mempunayi kemampuan softskill yang baik, terutama bagi siswa yang sedang mencari jati diri. Harapannya pelatihan-pelatihan semacam ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen untuk memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi aksi dari keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan nasional. Dari kegiatan ini, masyarakat juga akan mendapatkan bekal untuk menyelesaikan permasalahan dan menjawab tantangan dalam kehidupannya. Masyarakat juga nantinya akan memberikan pembelajaran bagi perguruan tinggi tentang realitas kehidupan.

Diharapkan PKM yang dilaksanakan dengan sasaran Siswa di Mts Insan Madani Kp. Rahong Desa Tegallega Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogo Bogor ini dapat bermanfaat kepada semua pihak yang terlibat baik secara langsung ataupun tidak. Selain itu diharapkan PKM ini dapat menginspirasi berbagai pihak untuk terus mendukung berbagai kegiatan yang serupa.