Kiriman dibuat oleh Rani Wulan Ningsih

PGSD_PPIPS_E_Ganjil 24/25 -> FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

oleh Rani Wulan Ningsih -
Saya Rani Wulan Ningsih izin menjawab pertanyaan dari saudari Sabna.
Profil Pelajar Pancasila menekankan nilai Gotong Royong, yang dalam pembelajaran IPS diterapkan melalui berbagai aktivitas yang mengedepankan kolaborasi dan kerja sama. Implementasinya meliputi:

Proyek kelompok di mana siswa bekerja sama untuk memecahkan masalah sosial atau ekonomi, seperti proyek lingkungan atau kegiatan sosial berbasis komunitas. Ini mengajarkan siswa pentingnya bekerja bersama dalam menyelesaikan masalah.
Pembelajaran interaktif seperti diskusi kelompok, studi kasus, atau simulasi masalah masyarakat, yang mengembangkan kemampuan siswa untuk saling berkomunikasi dan menyelesaikan tantangan bersama.
Nilai solidaritas diperkenalkan melalui materi yang membahas peran gotong royong dalam sejarah bangsa, serta bagaimana masyarakat Indonesia menggunakan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai tujuan bersama.
Melalui pendekatan ini, siswa diharapkan dapat memahami bahwa kerja sama dan kebersamaan adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan bermasyarakat.